Page 4 of 29

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Mon Jun 11, 2012 12:24
by rfarm
Sebenarnya ada jalan lain untuk pakai oli mineral saja.

Caranya adalah piston dan cylinder dicoating dulu dengan PVD (Physical Vapour Deposition), itu adalah menutup pori-pori logam sehingga permukaan jadi licin bahkan dalam kondisi extreme tanpa olipun masih licin.

Saya sudah praktek denvan Ninja 250 saya.

Sebelumnya menggunakan oli Motul 300V dengan harga setinggi langit, tapi setelah dicoating denvan Titanium (PVD), SEKrang hanya pakai motul 5100 saja sudah bagus sekali, mezin jadi halus, nggak bergetar saat idle, dan tenaga bertambah karena friction berkurang.

Intinya kalo mau paje oli murah dan tetap aman, lakukanlah PVD.

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Mon Jun 11, 2012 15:24
by JESKONENG
rfarm wrote:Sebenarnya ada jalan lain untuk pakai oli mineral saja.

Caranya adalah piston dan cylinder dicoating dulu dengan PVD (Physical Vapour Deposition), itu adalah menutup pori-pori logam sehingga permukaan jadi licin bahkan dalam kondisi extreme tanpa olipun masih licin.

Saya sudah praktek denvan Ninja 250 saya.

Sebelumnya menggunakan oli Motul 300V dengan harga setinggi langit, tapi setelah dicoating denvan Titanium (PVD), SEKrang hanya pakai motul 5100 saja sudah bagus sekali, mezin jadi halus, nggak bergetar saat idle, dan tenaga bertambah karena friction berkurang.

Intinya kalo mau paje oli murah dan tetap aman, lakukanlah PVD.
PVD dimana, brapa biayanya ?

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Mon Jun 11, 2012 16:52
by Turboman
rfarm wrote:Sebenarnya ada jalan lain untuk pakai oli mineral saja.

Caranya adalah piston dan cylinder dicoating dulu dengan PVD (Physical Vapour Deposition), itu adalah menutup pori-pori logam sehingga permukaan jadi licin bahkan dalam kondisi extreme tanpa olipun masih licin.
Mohon informasi workshop yg bisa melakukan hal tsb.

apakah juga bisa melakukan treatment utk benda2 lain spt utk komponen mesin2 industri misalnya.

Plz advise

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Wed Jun 13, 2012 4:22
by rfarm
Di Indonesia yang bisa melakukannya ada beberapa, Cokro Brother (tanya 108 untuk teleponnya), Raycut Innova (Ramto : 08129682642, 0818946888, 083898138118).

Untuk mesin industri sangat bisa sekali dan hasilnya akan sesuai dengan harganya, sudah saya buktikan di piston dan cylinder motor

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Wed Jun 13, 2012 7:19
by yoyoyo
ketahanannya brp lama?

bukan apa2, kalau tujuannya "melicinkan" atau menutup "got" di piston & cylinder, bisa pakai xado atau nano setahu ane. cmiiw.

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Wed Jun 13, 2012 15:11
by rfarm
yoyoyo wrote:ketahanannya brp lama?

bukan apa2, kalau tujuannya "melicinkan" atau menutup "got" di piston & cylinder, bisa pakai xado atau nano setahu ane. cmiiw.
Kalo masalah itu saya akan membuktikan dahulu baru bisa jawab Boss, soalnya saya nggak pernah percaya dengan segala macam garansi, ntar kalo sudah saya pake 1 tahun... akan dapat saya bandingkan apakah lebih worth it beli oli mahal tiap bulan, ataukah PVD sekali bayar mahal tapi biaya bulanan murah.

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Wed Jun 13, 2012 21:44
by asudarsono
Menarik sekali masbro. Followupnya ditunggu.

Tapi bagi saya semurah2nya Motul, masih lebih mahal dari Total. Kalau pakai oli merk murah seperti Shell, masih bisa gak ya?

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Jun 14, 2012 3:42
by rfarm
asudarsono wrote:Menarik sekali masbro. Followupnya ditunggu.

Tapi bagi saya semurah2nya Motul, masih lebih mahal dari Total. Kalau pakai oli merk murah seperti Shell, masih bisa gak ya?
Ini ada review dari pemakai RX KING, setelah melakukan PVD oli samping yang biasanya habis dalam 3 minggu, dicoba disetel irit abis, penggunaan 2 bulan baru habis tuh oli samping. Olinya sendiri menggunakan shell 2T dan oli mesinnya pake idemitsu 4T.

Dia sudah pakai RX KING yang sudah di PVD itu selama 7 bulan dan nggak ada efek buruk yang terjadi, bahkan katanya dalam pemakaian jarak jauh tenaga nggak loyo (2 tak sering loyo kalo mesin overheat)

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Jun 14, 2012 7:44
by yoyoyo
rfarm wrote:
yoyoyo wrote:ketahanannya brp lama?

bukan apa2, kalau tujuannya "melicinkan" atau menutup "got" di piston & cylinder, bisa pakai xado atau nano setahu ane. cmiiw.
Kalo masalah itu saya akan membuktikan dahulu baru bisa jawab Boss, soalnya saya nggak pernah percaya dengan segala macam garansi, ntar kalo sudah saya pake 1 tahun... akan dapat saya bandingkan apakah lebih worth it beli oli mahal tiap bulan, ataukah PVD sekali bayar mahal tapi biaya bulanan murah.
owh, maksud ane, menurut bengkel itu ketahanannya up to brp lama?
setidaknya dia kasih garansi brp lama?
gitu oom :big_peace:

hyundai veloster juga pakai PVD di mesinnya tapi CrN (Chrome Nitride) , bukan titanium.
yg ane nemu CrN sifatnya excellent lubricity, walaupun tidak sekeras TiN (titanium nitride)
http://www.tincoat.net/CrN.html

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Jun 14, 2012 7:55
by rfarm
yoyoyo wrote:
rfarm wrote:
yoyoyo wrote:ketahanannya brp lama?

bukan apa2, kalau tujuannya "melicinkan" atau menutup "got" di piston & cylinder, bisa pakai xado atau nano setahu ane. cmiiw.
Kalo masalah itu saya akan membuktikan dahulu baru bisa jawab Boss, soalnya saya nggak pernah percaya dengan segala macam garansi, ntar kalo sudah saya pake 1 tahun... akan dapat saya bandingkan apakah lebih worth it beli oli mahal tiap bulan, ataukah PVD sekali bayar mahal tapi biaya bulanan murah.
owh, maksud ane, menurut bengkel itu ketahanannya up to brp lama?
setidaknya dia kasih garansi brp lama?
gitu oom :big_peace:

hyundai veloster juga pakai PVD di mesinnya tapi CrN (Chrome Nitride) , bukan titanium.
yg ane nemu CrN sifatnya excellent lubricity, walaupun tidak sekeras TiN (titanium nitride)
http://www.tincoat.net/CrN.html
PVD ini digaransi sampai 10 tahun jika mengelupas akan diganti baru, tapi terbatas coatingnya saja. Bahan dasar beli sendiri.

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Jun 14, 2012 9:06
by VanzMatic
rfarm wrote:
asudarsono wrote:Menarik sekali masbro. Followupnya ditunggu.

Tapi bagi saya semurah2nya Motul, masih lebih mahal dari Total. Kalau pakai oli merk murah seperti Shell, masih bisa gak ya?
Ini ada review dari pemakai RX KING, setelah melakukan PVD oli samping yang biasanya habis dalam 3 minggu, dicoba disetel irit abis, penggunaan 2 bulan baru habis tuh oli samping. Olinya sendiri menggunakan shell 2T dan oli mesinnya pake idemitsu 4T.

Dia sudah pakai RX KING yang sudah di PVD itu selama 7 bulan dan nggak ada efek buruk yang terjadi, bahkan katanya dalam pemakaian jarak jauh tenaga nggak loyo (2 tak sering loyo kalo mesin overheat)
Sepengalaman ane sih, oli Shell bukan termasuk merk kacangan kok om... :mky_01: bukan membela Shell, bukan sales Shell :mky_01:

Duluu waktu jaman punya Force1, pernah tuh waktu dibawa survei lokasi kkn di daerah gunung, pistonnya macet. Alhasil, kudu oversize 50 sekalian. Nah, buat oli 2T masa inreyen, dipakein oli Shell 2T Advance VSX. Pompa oli samping ngga perlu disetting rich. Cukup setting standar pabrik. Kecepatan boleh sampe 80kpj. Paling hanya jangan gas pol aja..
:mky_03:

3 bulan inreyen, lancar tuh om... :mky_01: Makanya buat oli sampingnya, ane ganti dari AGIP 2t Racing ke Shell 2T Adv VSX.

:mky_02:

Oia, mesin 2 tak loyo kalo panas, sebetulnya lebih disebabkan kualitas oli sampingnya, dan reed valve yang bisa melemah kalau di putaran tinggi terus.

Karena itu, untuk meringankan beban mesin, di Force1 saya, saya pakaikan piston Daytona 1 ring, oli samping nya yang tadi. Pompa disetel normal. Sudut transfer case sedikit dirubah, plus porting polish. Kompresi agak dipadatkan. Bensin jangan dipakein Premix (jaman dulu), supaya ngga panas, lagian kompresinya walaupun udh naik, cuman sampei 8:1.

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Fri Sep 14, 2012 10:17
by juanaxel
juanaxel wrote:1. Motul 5100 10w40 semi synthetik (95rb/liter)
2. Motul H-tech 10w40 full synthetik (77.500/liter)
3. Mobil Extra 4T 10w40 (30rb/800cc)
4. Castrol Power1 10w40 (34rb/800cc)
No 1 paleng enak, no 4 paleng ga enak.

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Mon Jan 07, 2013 8:53
by nugroho bagor
juanaxel wrote:
juanaxel wrote:1. Motul 5100 10w40 semi synthetik (95rb/liter)
2. Motul H-tech 10w40 full synthetik (77.500/liter)
3. Mobil Extra 4T 10w40 (30rb/800cc)
4. Castrol Power1 10w40 (34rb/800cc)
No 1 paleng enak, no 4 paleng ga enak.
Itu kalo gak salah Motul 5100, hargannya 95 ribuan ya,bisa gak ya buat matic,biasannya harga g bohong

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Jan 10, 2013 16:48
by JESKONENG
saya sudah 4x ganti oli (setiap 2000-2500km), selalu pake Motul 3100 Gold 15W50 di Pulsar 220, enak2 aja.. harga sekitar 50-55rb dalam kemasan 800cc (beli dua botol, sisanya utk nambah2)

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Jan 10, 2013 20:36
by nugroho bagor
JESKONENG wrote:saya sudah 4x ganti oli (setiap 2000-2500km), selalu pake Motul 3100 Gold 15W50 di Pulsar 220, enak2 aja.. harga sekitar 50-55rb dalam kemasan 800cc (beli dua botol, sisanya utk nambah2)
Itulah yAng bikin malas om,Sky wave saya kan makenya 1 L ,ini nongolnya 800cc,jadi ribet harus beli 2

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Fri Jan 11, 2013 5:58
by juanaxel
Kalo Ъķ salah motor matic pake jaso MB bro, sedangkan Motul 5100 ΐtц masi Jaso MA/ api SL. Memang harga Ъķ boong ya, setelah pakai Motul 5100 sae 10w-40 lgs ketagihan...
*bukan sales Motul

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Mar 07, 2013 2:07
by rikisme
Klo supra x 125 pake oli mesin top1 bagus ga?

Oli apa yg murah tapi kualitasnya bgus buat supra x 125 ane?

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Mar 07, 2013 4:32
by nugroho bagor
rikisme wrote:Klo supra x 125 pake oli mesin top1 bagus ga?

Oli apa yg murah tapi kualitasnya bgus buat supra x 125 ane?
:e-think: Kalo TOP Siji,disini pernah di bahas dulu kurang bagus,gak tau sekarang :e-doh: Coba pakai Enduro Racing mantap Om :mrgreen:


CMIWW

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Sat Mar 23, 2013 6:23
by hafizh
nugroho bagor wrote:
rikisme wrote:Klo supra x 125 pake oli mesin top1 bagus ga?

Oli apa yg murah tapi kualitasnya bgus buat supra x 125 ane?
:e-think: Kalo TOP Siji,disini pernah di bahas dulu kurang bagus,gak tau sekarang :e-doh: Coba pakai Enduro Racing mantap Om :mrgreen:


CMIWW
setuju, buat bebek pemakaian sehari-hari enduro cocok

Re: Tolong bantu pilih oli buat motor

Posted: Thu Apr 18, 2013 10:16
by nugroho bagor
..................... :ngacir:

Oli yang oke menurut suhu seraya

Posted: Wed Aug 06, 2014 2:21
by racenthusiast
Hi Suhu,

mau tanya,,sekarang musim lagi gk begitu jelas..kadang ujan kadang panas...sekali panas penterrrrrr bangettt alias nyelekit

nah saya mau tanya niih

untuk musim kaya gini mending pake oli yang kentel atau yang encer ya?

masih agak bingung juga nih..

Re: Oli yang oke menurut suhu seraya

Posted: Wed Aug 06, 2014 9:02
by grandis_GT
Vote pertamina fastron gold 5w-40 :mky_08:

Re: Oli yang oke menurut suhu seraya

Posted: Wed Aug 06, 2014 9:33
by amfibi
Dari dulu pake oli kalo nggak Motul 10w-40 full synthetic, yaa Shell HX7 10w-40, dan aman2 aja sih... :D

Re: Oli yang oke menurut suhu seraya

Posted: Wed Aug 06, 2014 10:32
by WongZo
HX8 :mky_02: , owh iyh btw bedanya HX7 ma HX8 ap yh? Ane pernah ditawarin HX7 sisa stock dgn hrga murmer, klw bagus mw nyoba ah.

Re: Oli yang oke menurut suhu seraya

Posted: Wed Aug 06, 2014 12:27
by imsus2c
racenthusiast wrote:Hi Suhu,

mau tanya,,sekarang musim lagi gk begitu jelas..kadang ujan kadang panas...sekali panas penterrrrrr bangettt alias nyelekit

nah saya mau tanya niih

untuk musim kaya gini mending pake oli yang kentel atau yang encer ya?

masih agak bingung juga nih..
Ini yg dimaksud/ditanyakan oli utk motor atau mobil? Biar nanti bisa digabungkan dgn topik yg sejenis

Atau jgn2 oli kompresor dan genset ... :ngacir:
grandis_GT wrote:Vote pertamina fastron gold 5w-40 :mky_08:
Fastron Gold ada yg 5w-40 kah? :e-think:
Kalau yg 5w-30 sih sudah bbrp kali pakai dan memang bagus, sebanding sama harganya :frm_tumbleft:
WongZo wrote:HX8 :mky_02: , owh iyh btw bedanya HX7 ma HX8 ap yh? Ane pernah ditawarin HX7 sisa stock dgn hrga murmer, klw bagus mw nyoba ah.
Konon
Yg HX7 msh semi-synth, visko 10w-40 API SM/SN
Yg HX8 sdh full-synth, visko 5w-30 tapi masih API SL --> lebih kuno tapi menurut beberapa sumber justru lebih bagus untuk perlindungan keausan buat mesin yg masih menganut flat-tappet

Normalnya, harga HX8 hampir 2x lipat harga HX7