perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: F 272, b8099ok, ginting, FRD, artoodetoo, y_anjasrana

Post Reply
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3378
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by kunaskun »

ginting wrote: 20 Feb 2019, 10:10 Oom oom, saya mau tanya.

Kalau untuk menncegah AKI Tekor, maka saya lagi kepikir untuk mencoba untuk menambah jumlah AKI jadi 2.
Tujuannya supaya persediaan setrum lebih banyak.
Rencananya saya akan buat gini : saat AKI pertama sudah dipakai sekitar 6 bulan, maka saya tambah 1 lagi aki baru.
dengan asumsi bahwa aki yg pertama akan lebih dahulu rusak.
maka nanti kalau aki pertama sudah lemah, akan saya cabut dan ganti. maka setelah sekian tahun, aki kedua yg akan lemah, lalu diganti, demikian seterusnya.

Nah, selain membuat tatakan tempat aki baru, apakah bisa kalau AKI baru dibuat di bagasi belakang, lalu dihubungkan dengan kabel ke aki yang didepan (paralel).

Apakah ada kabel khusus untuk menghubungkan kedua aki ini ?

sekarang semua alat tambahan (rig, lampu) saya nyantel di kepala aki utama, apakah nantinya perlu untuk dipilah-pilah.
Terima kasih atas masukannya.
daripada repot2 rentan kebakaran dsb kenapa tidak invest saja charger aki yang modern, saya pakai keluaran NOCO G3500 sudah 2 tahun lebih (ini kadang error kalau pas lagi charge, lalu aki ada beban -misal nyalain audio kenceng2- dari mobil maka restart sendiri, atau kepanasan ketika harus charge aki soak atau lagi jalankan fungsi rejuvenate/repair aki) https://www.amazon.com/NOCO-G3500-Ultra ... GC19BHZAP0. charge aki GS 45Ah seminggu sekali, sudah 4 tahun, bulan lalu sempat nyaris soak total, dicolok lagi semalaman, pagi lancar lagi = jangan dicoba2 ya karena ini iseng saya saja.

ada juga satu lagi titip teman beli di Amazon USA hand carry ke Indo ukurannya kecil banget merek mictuning https://www.amazon.com/MICTUNING-Intell ... 1H73DFV8 ini saya pakai colok terus ke aki 70aH untuk inverter 220v.
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1196
Joined: 07 May 2014, 09:36

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by adityabp »

ginting wrote: 20 Feb 2019, 17:22 Terima kasih oom atas masukannya..

Btw, kenapa ya ada aki yang CCAnya rendah, padahal sama sama 70MAh.
Lalu ada yang CCAnya tinggi.
Krn konstruksinya beda om.
CCA tinggi didapat dgn cara membuat elektroda setipis dan seluas mungkin, sehingga reaksi kimia antara elektrolit dan elektroda berlangsung masif dlm waktu yg singkat. Kelemahannya: elektroda rawan hancur saking tipisnya.
Sebaliknya, kalo elektrodanya tebal atau sama tipisnya tapi luasnya gak banyak ya otomatis CCAnya rendah krn jumlah reaksi kimia yg terjadi dlm waktu yg sama tidak se-masif yg CCAnya tinggi.

Aki mobil elektrodanya sdh pasti tipis krn yg dibutuhkan dari aki mobil sebenarnya adalah CCA-nya. Makanya tegangan aki mobil gak boleh kurang dari 10V, krn kalo dibawah itu elektrodanya sudah pasti hancur. Alias soak.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8749
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut »

adityabp wrote: 05 Mar 2019, 09:29
ginting wrote: 20 Feb 2019, 17:22 Terima kasih oom atas masukannya..

Btw, kenapa ya ada aki yang CCAnya rendah, padahal sama sama 70MAh.
Lalu ada yang CCAnya tinggi.
Krn konstruksinya beda om.
CCA tinggi didapat dgn cara membuat elektroda setipis dan seluas mungkin, sehingga reaksi kimia antara elektrolit dan elektroda berlangsung masif dlm waktu yg singkat. Kelemahannya: elektroda rawan hancur saking tipisnya.
Sebaliknya, kalo elektrodanya tebal atau sama tipisnya tapi luasnya gak banyak ya otomatis CCAnya rendah krn jumlah reaksi kimia yg terjadi dlm waktu yg sama tidak se-masif yg CCAnya tinggi.

Aki mobil elektrodanya sdh pasti tipis krn yg dibutuhkan dari aki mobil sebenarnya adalah CCA-nya. Makanya tegangan aki mobil gak boleh kurang dari 10V, krn kalo dibawah itu elektrodanya sudah pasti hancur. Alias soak.

mantap. jadi nambah ilmu lagi....
supriyadi
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 676
Joined: 07 Apr 2015, 19:25
Location: Perawang, Riau
Daily Vehicle: Yamaha Jupiter Z
Contact:

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by supriyadi »

Kalo pas mobil standby dirumah apakah aman saya charge sambil aki terpasang dimobil. Kebetulan ada charger buat baterai kering untuk alat ditempat kerja dulu yang nggak terpakai
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1874
Joined: 23 Jan 2008, 08:48

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ilhami »

supriyadi wrote: 05 Mar 2019, 13:09 Kalo pas mobil standby dirumah apakah aman saya charge sambil aki terpasang dimobil. Kebetulan ada charger buat baterai kering untuk alat ditempat kerja dulu yang nggak terpakai
Aman. Saya sering mengecas aki sambil terpasang begitu. tinggal pasang penjepit buaya di konektor aki.
User avatar
bembenk95
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 214
Joined: 23 Jul 2016, 15:58
Location: Jakarta
Daily Vehicle: G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by bembenk95 »

supriyadi wrote: 05 Mar 2019, 13:09 Kalo pas mobil standby dirumah apakah aman saya charge sambil aki terpasang dimobil. Kebetulan ada charger buat baterai kering untuk alat ditempat kerja dulu yang nggak terpakai
amannya check spec alatnya om,
emang di peruntukkan utk range di aki mobil/ tidak. Kalo salah keluarin tegangan & arus terlalu tinggi, malah bisa bikin meleduk. [emo-police]
i am, a sleeper
G4EE MT 2011 + Hi Grade 1995 C223
NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR »

Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3378
Joined: 26 Mar 2007, 15:16

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by kunaskun »

NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. kalau google si selain kendor, ada juga karena: short/korslet/overload/bad connection dsb
2. meledak karena overcharge atau overload. bisa akibat pengisian, short/korslet, kendor, dsb. intinya mirip pertama.

btw yang maintenance itu fleet siapa? ilmunya kok meragukan :mky_01: apalagi aki ini urusan dengan elektrikal = banyak bahayanya.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8749
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut »

NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:

1. kutub meleleh.
pernah ngalamin bertahun-tahun lalu. mobil lagi jalan normal, mendadak mesin mati. distart langsung nyala. jalan beberapa saat, mati lagi. start ulang langsung nyala. berulang terus beberapa kali sampai akhirnya semua mati tidak ada listrik sama sekali.
setelah diperiksa, salah satu kepala aki meleleh dan kutubnya tinggal setengah karena meleleh.
penyebabnya karena kendor.

2. aki meledak.
bisa karena overcharge, atau dengan sengaja kedua kutubnya disambung.
bisanya overcharge pasti penyebabnya dari alternator.

intinya semua sambungan kelistrikan musti kencang sesuai dengan speknya. tidak boleh kendor atau akibatnya panas kemudian meleleh dan terbakar.
Jagonyaaki
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 179
Joined: 11 Jan 2016, 09:08
Location: Bandung

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Jagonyaaki »

NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. Kepala aki d mbl truk sering meleleh biasanya krn kepala aki/kleman aki longgar ato kotor. Begitu d stater kl longgar/kotor otomatis keluar percikan api d kepala aki. Ini yg lama2 kepala aki meleleh

2. Kl aki meledak d truk yg sering sy tmukan penyebab krn lubang ventilasi d tutup aki tersumbat kotoran. Bisa pasir,tanah dll. Ini biasanya penutup aki bagian atasnya tdk d pasang ato hilang. Krn posisi aki truk ad d bagian bawah d blkng roda depan, jd s aki sering kotor bagian atasnya. Selain itu bs krn air aki abis dan overcharge dr alternator
NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR »

Jagonyaaki wrote: 11 Jul 2019, 12:40
NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. Kepala aki d mbl truk sering meleleh biasanya krn kepala aki/kleman aki longgar ato kotor. Begitu d stater kl longgar/kotor otomatis keluar percikan api d kepala aki. Ini yg lama2 kepala aki meleleh

2. Kl aki meledak d truk yg sering sy tmukan penyebab krn lubang ventilasi d tutup aki tersumbat kotoran. Bisa pasir,tanah dll. Ini biasanya penutup aki bagian atasnya tdk d pasang ato hilang. Krn posisi aki truk ad d bagian bawah d blkng roda depan, jd s aki sering kotor bagian atasnya. Selain itu bs krn air aki abis dan overcharge dr alternator

Makasih banyak ya sudah dikasih info...saya jadi tahu tindakan pencegahan selanjutnya
NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR »

kunaskun wrote: 10 Jul 2019, 21:10
NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
1. kalau google si selain kendor, ada juga karena: short/korslet/overload/bad connection dsb
2. meledak karena overcharge atau overload. bisa akibat pengisian, short/korslet, kendor, dsb. intinya mirip pertama.

btw yang maintenance itu fleet siapa? ilmunya kok meragukan :mky_01: apalagi aki ini urusan dengan elektrikal = banyak bahayanya.
Makasih banyak buat infonya
Nih yg maintanance mekanik sendiri di lapangan... tapi ya gt antara armada ama jumlah yg maintance ga sebanding
Kadang jg aq ragu sih ama mereka...
tp mo gmn lg...pinter2 kita aja yg musti cari tau
NonaR
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: 10 Jul 2019, 19:27
Location: Jakarta Selatan-Kota Jakarta Selatan
Daily Vehicle: Sepeda motor

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by NonaR »

marmut wrote: 10 Jul 2019, 21:16
NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:

1. kutub meleleh.
pernah ngalamin bertahun-tahun lalu. mobil lagi jalan normal, mendadak mesin mati. distart langsung nyala. jalan beberapa saat, mati lagi. start ulang langsung nyala. berulang terus beberapa kali sampai akhirnya semua mati tidak ada listrik sama sekali.
setelah diperiksa, salah satu kepala aki meleleh dan kutubnya tinggal setengah karena meleleh.
penyebabnya karena kendor.

2. aki meledak.
bisa karena overcharge, atau dengan sengaja kedua kutubnya disambung.
bisanya overcharge pasti penyebabnya dari alternator.

intinya semua sambungan kelistrikan musti kencang sesuai dengan speknya. tidak boleh kendor atau akibatnya panas kemudian meleleh dan terbakar.
Makasih banyak buat infonya suhu
Ini buat masukan juga buat para mekanik q yg dilapangan
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5584
Joined: 28 Oct 2012, 11:58

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by kompresorz »

emang aki perlu perlakuan apa sih...

perlu diservis ya kebengkel .. :big_childish:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10367
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Test tulis lagi disini setelah sekian lama absen
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8640
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

sjamsul wrote: 01 Jan 2022, 12:05 Test tulis lagi disini setelah sekian lama absen
mbah sjamsul dipersilahkan corat coret sepatah dua patah kata di tret koleksi handtool yg jij bikin. skrg udah part 9 tuh. :big_exellent:

linknya: https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... start=1125
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10367
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

NonaR wrote: 10 Jul 2019, 20:08 Suhu mau tanya donk... pusing nih masalah aki mobil.
Saya nih purchasing yg kerjaannya beli aki mobil juga.
Truk di kantor banyak nih jadi urusan ama aki jg sering.
Jadi mau nanya:
1.Kenapa sih kutub accu bisa meleleh?
Dulu aki bawaan mobil tu jarang yg kutubnya leleh (seringnya merk GS), trus aku ganti merk bosch awalnya sih ga ada masalah, lama2 banyak yg leleh, trus ganti merk furukawa juga sama kyk merk bosch. Waktu aku komplain ke supplier bilangnya karena kesalahan pemasangan, klem atau konektornya kendor trus dibiarn (itu menurut supplier). Tapi masih penasaran nih, apa bener? Soalnya mayan sering yg leleh.

2. Kenapa sih accu bisa meledak?
Nih accu baru juga sebulan dah meledak, aku komplain jg alasannya sama tuh kayak yg atas, krn connectornya kendor trus didiemin. Nih udah 2 supplier dengan merk beda alasannya gt.
Tapi klo emang kendor knp merk bawaan mobil (GS) ga ada masalah? Emang merek yg berbicara atau gmn nih?
Mohon pencerahannya suhu... gelisah nih krn pengen tau :mky_05:
Ane coba jawab yah...mudah2an tulisan ane bisa sampai ke penanya...
1. Kutub aki bisa meleleh salah 1 penyebabnya adalah kontak ga bagus jadi bisa terjadi hal spt itu. Untuk mengatasinya periksa apakah kepala aki masi ori atau tidak. Kalo masi ori baiknya dibersihkan kepala akinya di bagian dalam dengan amplas atau kikir bulat. Kalo kepala aki sdh ga ori harus diperiksa apakah kepala aki ( kleman aki ) bagus dan juga kabel yg ke kepala aki sdh dijepit ( di crimping ) dg baik atau tidak.

2. Aki bisa meledak banyak penyebabnya.
Balik lagi ke jawaban 1. Harus diperhatikan lbh teliti. Saat aki masih bawaan mobil bisa dipastikan kabel dan kepala aki masih bagus....tapi setelah sekian lama apakah kepala aki masih bagus ?. Merk aki ga masalah ...yg penting harus diperhatikan perawatan aki... salah 1 nya menjaga air aki spy ga berkurang atau dalam keadaan cukup.

Smoga bermanfaat :)
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10367
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Omnibus wrote: 01 Jan 2022, 12:11
sjamsul wrote: 01 Jan 2022, 12:05 Test tulis lagi disini setelah sekian lama absen
mbah sjamsul dipersilahkan corat coret sepatah dua patah kata di tret koleksi handtool yg jij bikin. skrg udah part 9 tuh. :big_exellent:

linknya: https://serayamotor.com/diskusi/viewtop ... start=1125
Siap bro. Tq
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8749
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut »

sjamsul wrote: 01 Jan 2022, 12:05 Test tulis lagi disini setelah sekian lama absen


apa kabar mbah, semoga sehat selalu dan ditunggu tulisan-tulisannya di kamar sebelah....

:frm_salut:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8640
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

marmut wrote: 10 Jul 2019, 21:16
1. kutub meleleh.
pernah ngalamin bertahun-tahun lalu. mobil lagi jalan normal, mendadak mesin mati. distart langsung nyala. jalan beberapa saat, mati lagi. start ulang langsung nyala. berulang terus beberapa kali sampai akhirnya semua mati tidak ada listrik sama sekali.
setelah diperiksa, salah satu kepala aki meleleh dan kutubnya tinggal setengah karena meleleh.
penyebabnya karena kendor.

hehehe kamu ketauan ......... :e-whistle:
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8749
Joined: 16 Oct 2013, 13:27

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by marmut »

Omnibus wrote: 01 Jan 2022, 13:02
marmut wrote: 10 Jul 2019, 21:16
1. kutub meleleh.
pernah ngalamin bertahun-tahun lalu. mobil lagi jalan normal, mendadak mesin mati. distart langsung nyala. jalan beberapa saat, mati lagi. start ulang langsung nyala. berulang terus beberapa kali sampai akhirnya semua mati tidak ada listrik sama sekali.
setelah diperiksa, salah satu kepala aki meleleh dan kutubnya tinggal setengah karena meleleh.
penyebabnya karena kendor.

hehehe kamu ketauan ......... :e-whistle:


kepo...
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10367
Joined: 26 Aug 2008, 00:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

marmut wrote: 01 Jan 2022, 12:22
sjamsul wrote: 01 Jan 2022, 12:05 Test tulis lagi disini setelah sekian lama absen


apa kabar mbah, semoga sehat selalu dan ditunggu tulisan-tulisannya di kamar sebelah....

:frm_salut:
Kabar baik bro....Aminnn... siappp... tp kamar yg mana yah...hahahahaha
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3630
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Suryaputra »

sjamsul wrote: 02 Jan 2022, 08:01
marmut wrote: 01 Jan 2022, 12:22
sjamsul wrote: 01 Jan 2022, 12:05 Test tulis lagi disini setelah sekian lama absen


apa kabar mbah, semoga sehat selalu dan ditunggu tulisan-tulisannya di kamar sebelah....

:frm_salut:
Kabar baik bro....Aminnn... siappp... tp kamar yg mana yah...hahahahaha
My mind is wandering :mky_03:

Image
*Colek me if I'm wrong
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8640
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 02 Jan 2022, 10:24
sjamsul wrote: 02 Jan 2022, 08:01
marmut wrote: 01 Jan 2022, 12:22



apa kabar mbah, semoga sehat selalu dan ditunggu tulisan-tulisannya di kamar sebelah....

:frm_salut:
Kabar baik bro....Aminnn... siappp... tp kamar yg mana yah...hahahahaha
My mind is wandering :mky_03:

Image
kamar yg ada linda, weini, cencen di sebelah mana mbah? :ungg:
User avatar
Suryaputra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3630
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: L15Z1

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 02 Jan 2022, 10:29
Suryaputra wrote: 02 Jan 2022, 10:24
sjamsul wrote: 02 Jan 2022, 08:01

Kabar baik bro....Aminnn... siappp... tp kamar yg mana yah...hahahahaha
My mind is wandering :mky_03:

Image
kamar yg ada linda, weini, cencen di sebelah mana mbah? :ungg:
Plus minus mbah :upss:
*Colek me if I'm wrong
Post Reply