perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ak4ng wrote:bang sjamsul: ciri2 aki soak tu selain susah start apa lagi ya?? apa bisa tiba2 mati lagi dipake??
ciri lainnya adalah air aki akan cepat menguap atau cepat berkurang dibandingkan dlm keadaan normal, selain itu di bagian bodi akinya agak melendung......
maksudnya aki tiba2 mati atau mesin mblnya bisa mati gara2 aki soak nih ?......
- klo aki tiba2 mati dari keadaan normal bisa aja terjadi, tp kejadiannya sangat jarang. Hal ini disebabkan krn sambungan pada cell akinya ada yg putus, jadi aki kehilangan dayanya, wlp secara pisik akinya ga masalah.
- mesin mbl bisa mati krn aki soak, nampaknya ga mungkin deh. Kecuali saat lagi jalan, secara ga sengaja mesin mati, kmd ga bisa distarter lagi....

smoga bermanfaat..........
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ilhami wrote:Deep cycle battery itu jenis aki yang pemakaiannya sampai habis kapasitasnya trus isi ulang berkali-kali.
Biasanya dipakai untuk kendaraan listrik, atau baterai cadangan. Cirinya pelat nya lebih tebel.

Kalau aki mobil itu digunakan untuk start saja, cirinya mampu menghasilkan arus besar, dalam waktu singkat saja, trus diisi ulang lagi ketika mobilnya dipakai. Kalau aki mobil dipakai sampai habis kapasitas nya, maka akan cepat rusak.
setau ane yg namanya aki, klo dipake sampai habis kapasitasnya trus isi ulang berkali2 ga masalah, selama cara stroomnya benar. Hal ini dibuktikan saat listrik masih susah, sekitar th 70an. Banyak televisi yg pake aki mbl, n bisa tahan tahunan. Nah, prinsip kerjanya khan sama dg deep cycle spt yg nt jelaskan. Jadi aki ga akan cepat rusak klo dipake ampe habis stroomnya trus dicharge berulang2.....

Smoga bermanfaat.....
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1259
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by singachu »

sjamsul wrote:
ilhami wrote:Deep cycle battery itu jenis aki yang pemakaiannya sampai habis kapasitasnya trus isi ulang berkali-kali.
Biasanya dipakai untuk kendaraan listrik, atau baterai cadangan. Cirinya pelat nya lebih tebel.

Kalau aki mobil itu digunakan untuk start saja, cirinya mampu menghasilkan arus besar, dalam waktu singkat saja, trus diisi ulang lagi ketika mobilnya dipakai. Kalau aki mobil dipakai sampai habis kapasitas nya, maka akan cepat rusak.
setau ane yg namanya aki, klo dipake sampai habis kapasitasnya trus isi ulang berkali2 ga masalah, selama cara stroomnya benar. Hal ini dibuktikan saat listrik masih susah, sekitar th 70an. Banyak televisi yg pake aki mbl, n bisa tahan tahunan. Nah, prinsip kerjanya khan sama dg deep cycle spt yg nt jelaskan. Jadi aki ga akan cepat rusak klo dipake ampe habis stroomnya trus dicharge berulang2.....

Smoga bermanfaat.....
menunggu pencerahan cara buat batery UPS bisa dipake buat jumpstart :off_good:

Image

regards,
singachu
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ilhami »

Deep cycle battery memiliki pelat lebih tebal dan separator lebih tebal. Alloy yg digunakan mengandung lebih banyak antimony daripada aki biasa. Pelat yang lebih tebal lebih tahan korosi akibat siklus charge dan discharge.
Menggunakan aki deep cycle untuk start mesin, mengakibatkan dibutuhkan kapasitas aki lebih besar daripada aki yang didesain khusus untuk mobil (aki biasa).
Misal aki avanza 35AH, kalau pakai deep cycle mungkin butuh 70AH. akibatnya jatuhnya lebih mahal.

Itu saya terjemahkan dari wikipedia :mky_01:
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1259
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by singachu »

ilhami wrote:Deep cycle battery memiliki pelat lebih tebal dan separator lebih tebal. Alloy yg digunakan mengandung lebih banyak antimony daripada aki biasa. Pelat yang lebih tebal lebih tahan korosi akibat siklus charge dan discharge.
Menggunakan aki deep cycle untuk start mesin, mengakibatkan dibutuhkan kapasitas aki lebih besar daripada aki yang didesain khusus untuk mobil (aki biasa).
Misal aki avanza 35AH, kalau pakai deep cycle mungkin butuh 70AH. akibatnya jatuhnya lebih mahal.

Itu saya terjemahkan dari wikipedia :mky_01:
kalo dibantu ama capacitor bisa nolong buat starter mesin ga ?
tapi gimana ngitung kebutuhan capacitornya ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

singachu wrote: menunggu pencerahan cara buat batery UPS bisa dipake buat jumpstart :off_good:

Image

regards,
singachu
maap bro, klo buat jumpstart pake aki sekecil itu ane blm pernah coba, jadi blm bisa kasi pencerahan. Saran ane drpd repot2 bikin jumpstart pake aki kecil, sebaiknya siapin aja kabel pancing aki yg bagus......

Pernah sekali waktu saat ane beli aki buat spd mtr, si penjual bilang klo aki tsb bisa dipake buat pancing aki mobil. Tapi masalahnya adalah cuma buat sekali starter aja..... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ak4ng »

mbah sjamsul.. kl inverter yg dari DC ke AC gmn tuh?? kira2 aki 40 amper apanja kuat gak
??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
singachu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1259
Joined: Mon Jan 07, 2008 3:10

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by singachu »

sjamsul wrote: maap bro, klo buat jumpstart pake aki sekecil itu ane blm pernah coba, jadi blm bisa kasi pencerahan. Saran ane drpd repot2 bikin jumpstart pake aki kecil, sebaiknya siapin aja kabel pancing aki yg bagus......

Pernah sekali waktu saat ane beli aki buat spd mtr, si penjual bilang klo aki tsb bisa dipake buat pancing aki mobil. Tapi masalahnya adalah cuma buat sekali starter aja..... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
maksudnya sekali buat starter itu abis dipake dah ga bisa distarter dan kudu dicharge ulang, atau sekali starter udah rusak akinya ?

regards,
singachu
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

singachu wrote:
sjamsul wrote: maap bro, klo buat jumpstart pake aki sekecil itu ane blm pernah coba, jadi blm bisa kasi pencerahan. Saran ane drpd repot2 bikin jumpstart pake aki kecil, sebaiknya siapin aja kabel pancing aki yg bagus......

Pernah sekali waktu saat ane beli aki buat spd mtr, si penjual bilang klo aki tsb bisa dipake buat pancing aki mobil. Tapi masalahnya adalah cuma buat sekali starter aja..... :frm_bang_head: :frm_bang_head:
maksudnya sekali buat starter itu abis dipake dah ga bisa distarter dan kudu dicharge ulang, atau sekali starter udah rusak akinya ?

regards,
singachu
yg pertama bro..... jadi mesti dicharge ulang.... klo ampe merusak aki sepertinya ga mungkin deh......
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ak4ng wrote:mbah sjamsul.. kl inverter yg dari DC ke AC gmn tuh?? kira2 aki 40 amper apanja kuat gak
??
seharusnya kuat bro, tp masalahnya ane ga tau bisa dipake berapa lamanya...... misalkan bisa 1 atau 2 jam dst ane ga tau, krn blm pernah coba sedetail itu.....
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ilhami »

accu zuur sama sekali nggak boleh ditambahkan ke aki ya?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

ilhami wrote:accu zuur sama sekali nggak boleh ditambahkan ke aki ya?
sebaiknya jangan..... accu zuur hanya buat pertama kali aki diisi... selebihnya pakai air aki klo mau nambah.....
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by didietkeren »

tegangan pengisian aki pas baru nyalain mesin s/d 14,7V (tanpa beban lampu dll) .. normal kah?
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by BADAK »

didietkeren wrote:tegangan pengisian aki pas baru nyalain mesin s/d 14,7V (tanpa beban lampu dll) .. normal kah?
Normal.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

didietkeren wrote:tegangan pengisian aki pas baru nyalain mesin s/d 14,7V (tanpa beban lampu dll) .. normal kah?
ga normal...baiknya periksakan ke tk alternator....klo ga salah ada part yg ga bener....tp ane lupa nama part tsb....
pada mbl diesel yg pernah ane test yaitu pada panther dan kijang diesel, tegangan maksimal adalah 14,1 volt.....sedangkan pada mbl bensin 13,8 volt...

smoga bermanfaat.....
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Ryan Steele »

Prof, mau tanya donk. Tapi soal motor.
Klo RPM tinggi apakah voltase atau arus yang berkurang?
Soalnya pengalaman ane pake klakson keong, pas RPM rendah-tengah, aki kuat nyalain 2 klakson, Bahkan dengan 2 lampu utama 35W nyala. Klo RPM tinggi cuma kuat nyala 1.

Motor ane Supra injeksi (non helm-in) udah dibikin fullwave. Pake 2 kiprok. Asli motor sama Tiger.
no signature
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Ryan Steele wrote:Prof, mau tanya donk. Tapi soal motor.
Klo RPM tinggi apakah voltase atau arus yang berkurang?
Soalnya pengalaman ane pake klakson keong, pas RPM rendah-tengah, aki kuat nyalain 2 klakson, Bahkan dengan 2 lampu utama 35W nyala. Klo RPM tinggi cuma kuat nyala 1.

Motor ane Supra injeksi (non helm-in) udah dibikin fullwave. Pake 2 kiprok. Asli motor sama Tiger.
hmmm......(sambil usap2 jenggot).....

ada 2 kemungkinan bro....
pertama akinya...apakah akinya dlm kondisi bagus ?....
klo akinya msh bagus, bearti saat starter tangan (electric starter) di pagi hari, mesin gampang idupnya. Klo sdh ga bisa distarter tangan di pagi hari, baiknya periksa kondisi akinya.....

kedua bagian kabelnya...apakah klakson tsb pake relay ?....klo belum, yah kudu dipakein relay klaksonnya.....tp klo sdh pake relay, baiknya diperiksakan kondisi kabel2nya.....

pengalaman ane, di motor honda supra x 125 th 2006.....dr sejak baru ane pasangin klakson keong...ampe sekarang mau jalan pelan atau kenceng...klakson tetep kenceng bunyinya........

smoga bermanfaat.............
User avatar
didietkeren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 491
Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by didietkeren »

Buat pantau tegangan.. saya pasang voltmeter..

Di motor:
Image

Di mobil:
Image

Minimal bisa antisipasi kalau ada gejala tekor atau gangguan pengisian aki.. :big_smoking:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Ryan Steele »

sjamsul wrote:
Ryan Steele wrote:Prof, mau tanya donk. Tapi soal motor.
Klo RPM tinggi apakah voltase atau arus yang berkurang?
Soalnya pengalaman ane pake klakson keong, pas RPM rendah-tengah, aki kuat nyalain 2 klakson, Bahkan dengan 2 lampu utama 35W nyala. Klo RPM tinggi cuma kuat nyala 1.

Motor ane Supra injeksi (non helm-in) udah dibikin fullwave. Pake 2 kiprok. Asli motor sama Tiger.
hmmm......(sambil usap2 jenggot).....

ada 2 kemungkinan bro....
pertama akinya...apakah akinya dlm kondisi bagus ?....
klo akinya msh bagus, bearti saat starter tangan (electric starter) di pagi hari, mesin gampang idupnya. Klo sdh ga bisa distarter tangan di pagi hari, baiknya periksa kondisi akinya.....

kedua bagian kabelnya...apakah klakson tsb pake relay ?....klo belum, yah kudu dipakein relay klaksonnya.....tp klo sdh pake relay, baiknya diperiksakan kondisi kabel2nya.....

pengalaman ane, di motor honda supra x 125 th 2006.....dr sejak baru ane pasangin klakson keong...ampe sekarang mau jalan pelan atau kenceng...klakson tetep kenceng bunyinya........

smoga bermanfaat.............
Makasih prof udah di-reply.
Klo indikator aki bagus dari electric starter gampang, kebetulan gak ada masalah untuk start pagi.
Klakson sudah pakai relay.

Kalo boleh, begitu ada kesempatan ane mau merapat ke tempat prof sjam. Siapa tau jadi ketemu permasalahannya...
no signature
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Ryan Steele wrote:
sjamsul wrote:
Ryan Steele wrote:Prof, mau tanya donk. Tapi soal motor.
Klo RPM tinggi apakah voltase atau arus yang berkurang?
Soalnya pengalaman ane pake klakson keong, pas RPM rendah-tengah, aki kuat nyalain 2 klakson, Bahkan dengan 2 lampu utama 35W nyala. Klo RPM tinggi cuma kuat nyala 1.

Motor ane Supra injeksi (non helm-in) udah dibikin fullwave. Pake 2 kiprok. Asli motor sama Tiger.
hmmm......(sambil usap2 jenggot).....

ada 2 kemungkinan bro....
pertama akinya...apakah akinya dlm kondisi bagus ?....
klo akinya msh bagus, bearti saat starter tangan (electric starter) di pagi hari, mesin gampang idupnya. Klo sdh ga bisa distarter tangan di pagi hari, baiknya periksa kondisi akinya.....

kedua bagian kabelnya...apakah klakson tsb pake relay ?....klo belum, yah kudu dipakein relay klaksonnya.....tp klo sdh pake relay, baiknya diperiksakan kondisi kabel2nya.....

pengalaman ane, di motor honda supra x 125 th 2006.....dr sejak baru ane pasangin klakson keong...ampe sekarang mau jalan pelan atau kenceng...klakson tetep kenceng bunyinya........

smoga bermanfaat.............
Makasih prof udah di-reply.
Klo indikator aki bagus dari electric starter gampang, kebetulan gak ada masalah untuk start pagi.
Klakson sudah pakai relay.

Kalo boleh, begitu ada kesempatan ane mau merapat ke tempat prof sjam. Siapa tau jadi ketemu permasalahannya...
sama2 bro ryan.....

pasti boleh bro.....tp tlp dl yah.... :)
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Ryan Steele »

sjamsul wrote: sama2 bro ryan.....

pasti boleh bro.....tp tlp dl yah.... :)
PM-in nomor prof sjam, ya.
no signature
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by sjamsul »

Ryan Steele wrote:
sjamsul wrote: sama2 bro ryan.....

pasti boleh bro.....tp tlp dl yah.... :)
PM-in nomor prof sjam, ya.
sdh bro...
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Ryan Steele »

sjamsul wrote:
Ryan Steele wrote:
sjamsul wrote: sama2 bro ryan.....

pasti boleh bro.....tp tlp dl yah.... :)
PM-in nomor prof sjam, ya.
sdh bro...
Sudah dibalas juga, prof.
no signature
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4422
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Ryan Steele »

didietkeren wrote:Buat pantau tegangan.. saya pasang voltmeter..

Di motor:
Image

Di mobil:
Image

Minimal bisa antisipasi kalau ada gejala tekor atau gangguan pengisian aki.. :big_smoking:
Pengen, euy... Cuma belom ada waktu....












sama dananya... :mrgreen:
no signature
novel
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Nov 12, 2013 10:09

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by novel »

sjamsul wrote:
indachi wrote:prof.... ane nubie nih, mau nanya beli power batt dimana ya? butuh urgent karena mau ganti aki besok :D
via pm yah bro....
Salken om sjam & all member....sy novel dari cirebon.pas googling tentang life time aki,eh ketemu thread ini.ya langsung join agat bisa tanya" langsung ke pakar nya.tapi sayang banget karena barusan sy beli aki G-F*R*E NX120-7 tuk gantiin N70Z di odong" ane carnival diesel.tadi empunya toko nyaranin agar aki tsb jgn langsung dipasang tapi di charge dulu agar lbh bagus,ya ane ikutin aja saran dia...pertanyaan nya :
1.apakah betul saran empunya toko tsb?
2.apakah msh bisa ditambahkan POWER BATT tuk kondisi aki baru namun udah di beri accu zuur & di charge?
3.bisa minta tolong pm kan hrg powerbatt tsb tuk di kirim ke cirebon?
4.efektif mana powerbatt vs Na4-EDTA?

Sblm & sesudahnya terima kasih + mhn maaf jika salah prosesur(baru join langsung posting disini)

Salam aki-aki...