perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
12punch
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Wed Apr 10, 2019 8:58
Location: Tangerang
Daily Vehicle: Mazda 6 2017

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by 12punch »

halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti

ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk

1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
" In times of crisis, we stand united! “
- Ford Fiesta MK 7 Sedan 2012
- Mazda 6 Sedan 2017
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 506
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by RezPrat »

12punch wrote: Tue May 10, 2022 9:23 halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti

ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk

1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
Bantu jawab Om, for Ford engine, better cepat2 ganti Om, waktu ganti pake jumper ya Om, jgn biarkan lepas aki tanpa aki jumper lainnya soalnya Ford temen ane gak bisa nyala mesti panggil beres buat reset check engine nya kalo low batt gitu.

In general CCA makin gede makin bagus, cepat starternya, Amaron semua rata2 tahan koq.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ctopher7 »

12punch wrote:halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti

ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk

1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
gatau ya om ada buat fiesta apa engga, tapi wktu itu perna baca disini disaranin sama suhu pake aki merk delkor. katanya buatan korea masih sepabrik sama merk terkenal juga

kalo ah makin gede sih stau saya kalo mobilnya memang perlu supply listrik yang lebih gde aja sih, ga nentuin panjanganya umur aki spertinya.
pecinta bio solar
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by ginting »

12punch wrote: Tue May 10, 2022 9:23 halo gan,
ane user Ford Fiesta sedang pakai aki kering amaron Go 60aH,
umur aki udah 2 tahun 3 bulan
kmaren lebaran mobil tidak dinyalakan selama 5 hari, pas skrg di nyalain agak susah nyala mobilnya.
apakah ini tanda2 memang aki uda harus diganti? karena TCM ford fiesta cukup sensitif ya kalo aki ud ga bagus bkin lifetime TCM nya jd cepet rusak..
jadi ane ada rencana ganti

ane mau menanyakan pertanyaan yang ane yakin sudah berulang dan basic
wkwkwk

1. makin gede AH(ampere hour) = makin panjang umur aki kah?
2. CCA itu apa? bagaimana pilih aki yang tepat?
3. pada suka pake aki apa nih warga SM? Amaron?
4. Amaron bedanya Go, Hilife pro, dll itu apa ya ?
5. kalo sudah ganti audio, ganti lampu HID projector dll2, yg dilihat itu aH atau CCA ? bolehkan dibesarkan dari standard pabrik ?
Terkait CCA, saya pernah baca begini :
asumsi :

Merk sama
MAh sama
tapi CCA beda
berarti itu luas bidang permukaan timahnya beda
makin luas bidang timah maka makin tinggi CC
tapi juga makin cepat reaksi kimianya (which is literrally potensi aki jadi soak juga lebih cepat)

arus listrik di aki muncul dari reaksi kimia.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 loh

bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah

atauuu

ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:27
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 loh

bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah

atauuu

ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap ini :big_bored:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 11:43
DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:27
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 loh

bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah

atauuu

ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap ini :big_bored:
kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:45
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 11:43
DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:27

ini utk ukuran user honda , si mbah ud super maha dewa sakti mandraguna tembus langit ke 9 loh

bsa2 nya aki tahan ampe lebi dari setaon stengah

atauuu

ntuh GK saking kbanyakan ga dipake ya :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap ini :big_bored:
kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?
jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij. :upss:

abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:01
DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:45
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 11:43

justru itu ai bingung mbah krn kl liat odo pemakaian aki baru 9k km. cumaaaa kan tetep dihitung brp kali mesin di start cranking dong. ngeri2 sedap ini :big_bored:
kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?
jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij. :upss:

abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.
loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem ruma :upss: :upss: )
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:07
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:01
DOHC wrote: Fri May 20, 2022 11:45

kl mobil parkir di gerasi, di konci pake remot apa kaga mbah ? trus kl mobil abis dipake, kap mesin di buka ga ?
jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij. :upss:

abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.
loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem ruma :upss: :upss: )
yg parasitic kan si vrz mbah bukan si gk.

dulu kunci taro kamar di atas, tiap kali mau jalan ke garasi kelupaan mulu bikin males balik lagi ke kamar udah dikonci musti nyari2 konci kamar. kita yg simple aja lah mbah. tinggal nunggu kapan mobil pake fingerprint kaya HP buat nyalainnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:12
DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:07
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:01

jij kan tau mobilnya ga dikonci, konci nya ada di dlm mobil. cuma di depan pager ai ksh plang "awas anjing galak" buat nakut2in temen2 jij. :upss:

abis dipake skrg jd rajin buka kap mesin semenjak tau dr SM hehehe. tapi kan kl di tempat tujuan kaya ke tempat kerja atau ke mall ya engga dibuka kan.
loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem ruma :upss: :upss: )
yg parasitic kan si vrz mbah bukan si gk.

dulu kunci taro kamar di atas, tiap kali mau jalan ke garasi kelupaan mulu bikin males balik lagi ke kamar udah dikonci musti nyari2 konci kamar. kita yg simple aja lah mbah. tinggal nunggu kapan mobil pake fingerprint kaya HP buat nyalainnya.
hmmm

jadi kl gt konci ud fix d dalem mobil y

hmm ya ya

kl gt ga perlu bobok kabel starter dari bawah setir ya (padahal ud sempet plajarin perkabelan nya dari hrv kita orang)
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:14
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 12:12
DOHC wrote: Fri May 20, 2022 12:07

loh koq masi ditaroh d dalem mobil, kan waktu itu katanya ada parasitic draw current gara2 konci kyeless di dalem mobil , musti nya di taroh di kamar donk (lah ini koq malah ngajarin suru taroh konci di dalem ruma :upss: :upss: )
yg parasitic kan si vrz mbah bukan si gk.

dulu kunci taro kamar di atas, tiap kali mau jalan ke garasi kelupaan mulu bikin males balik lagi ke kamar udah dikonci musti nyari2 konci kamar. kita yg simple aja lah mbah. tinggal nunggu kapan mobil pake fingerprint kaya HP buat nyalainnya.
hmmm

jadi kl gt konci ud fix d dalem mobil y

hmm ya ya

kl gt ga perlu bobok kabel starter dari bawah setir ya (padahal ud sempet plajarin perkabelan nya dari hrv kita orang)
ga usah bobok bawah setir. itu malah ai udah siapin petunjuk cara nyalain mesin buat yg ga biasa pake tombol start stop. :big_weee:

... :ngacir:
well
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 846
Joined: Thu Jul 02, 2020 3:03
Location: Sub
Daily Vehicle: Sepeda Ontel

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by well »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

well wrote: Fri May 20, 2022 14:12
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
tanda nya agak susah nih. barusan jd parno sendiri lampu kabin yg tengah msh pake bohlam pijar biasa kok berasa agak redup hehehe. kl starter msh greng
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by yanuarra »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Biarin aja smpe 3 taun :big_weee:
Taufiq6210
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 347
Joined: Mon May 27, 2019 13:07

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Taufiq6210 »

Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 14:59
well wrote: Fri May 20, 2022 14:12
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 9:00 aki ns40zl (38b20l) umur udah 2 thn 4 bulan. ditest msh oke semua parameternya. perlu diganti skrg ga ya? :big_think: takutnya tiba2 KO di jalan lagi.
Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
tanda nya agak susah nih. barusan jd parno sendiri lampu kabin yg tengah msh pake bohlam pijar biasa kok berasa agak redup hehehe. kl starter msh greng
Bukannya mbah waktu itu pernah cerita ngecek kondisi aki melalui tegangan minimum pas lagi starter ya?
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

Taufiq6210 wrote: Fri May 20, 2022 16:06
Omnibus wrote: Fri May 20, 2022 14:59
well wrote: Fri May 20, 2022 14:12

Biasanya kalau mau koit kan ada tanda2nya om, staternya agak berat.
Aki sy jg kira kira sama, 2 tahun 4 bulan masih sy pakai, so far no problem.. bawa kabel jumper aja
tanda nya agak susah nih. barusan jd parno sendiri lampu kabin yg tengah msh pake bohlam pijar biasa kok berasa agak redup hehehe. kl starter msh greng
Bukannya mbah waktu itu pernah cerita ngecek kondisi aki melalui tegangan minimum pas lagi starter ya?
justru masih bagus, msh nahan di 9 voltan. dr baru juga segitu.
indikator juga warna hijau.

ya cuma itu, umurnya yg jd concern. sy males aja stranded di jalan cuma gara2 aki. pernah dan kapok. waktu itu mobilnya sama2 honda, city GM2, sebelumnya ga ada tanda2 aki mau tewas. tp dulu ga pernah ngecek tegangan dll, belom komplit alatnya. hehe
yanuarra
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3925
Joined: Sat Dec 28, 2019 9:55
Location: Jakarta

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by yanuarra »

Kmren ganti aki.. jd usianya 3 tahun 4 hari semenjak beli...
Ga ada perlakuan khusus . Bener2 mantenen free :mky_01:
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by benzz89 »

Kl aki kering kayanya tdk ada tanda2 kl mau koit yah spt pd aki basah.

Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.

Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.

Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.

Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

benzz89 wrote: Sat May 21, 2022 2:23 Kl aki kering kayanya tdk ada tanda2 kl mau koit yah spt pd aki basah.

Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.

Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.

Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.

Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.
di SM om benz mah layak dinobatkan sbg King of Additives. :big_biglaugh:

semua yg bisa dikasih aditip disikat semua gitu.
benzz89
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1240
Joined: Sat Feb 09, 2008 14:32

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by benzz89 »


Omnibus wrote:
benzz89 wrote: Sat May 21, 2022 2:23 Kl aki kering kayanya tdk ada tanda2 kl mau koit yah spt pd aki basah.

Dulu pernah pakai aki kering MF, untung koitnya di rumah, cuman rese jg pas mau berangkat jd gak bisa.

Sejak itu ane pake aki basah aja lah, ketahuan kl sdh mau koit start jd agak berat, gak kaya aki kering yg langsung gak bisa start sama sekali.

Aki basah memang hrs sering cek & maintain level air nya hrs selalu di posisi yg sama.

Tiap top up air aki tutup biru selalu kasih EDTA-4Na lumayan memperpanjang pemakaian umur aki.
di SM om benz mah layak dinobatkan sbg King of Additives. :big_biglaugh:

semua yg bisa dikasih aditip disikat semua gitu.
Bukan aditip tp vitamin aki mbah... murmer & sdh terbukti at least buat ane sih.

Sdh lama pakenya dr aki baru smp umur 2,5 taon msh "good battery" hasil cek kemarin pake alat di cakra pas ganti oli.

Pengen tau sampai berapa lama ini koitnya aki, semoga bisa bertahan 3,5 - 4 taon deh hahahah...

Kl mau lebih awet lg itu aki hrs disarungin yah spy tdk terpapar panas yg berlebih dr mesin.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC »

Ini koq pd awet banget ya aki nya

Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah

Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11316
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by Omnibus »

DOHC wrote: Sat May 21, 2022 6:21 Ini koq pd awet banget ya aki nya

Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah

Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
tergantung merknya juga mbah. jij pake merk apa?

tuh om benz bilang disarungin spy ga kena panas. yg jazz sih mayan panas tp udah dpt plastik deflektor nya dr sono nya. cobain mbah kasih sarung yg kaya aluminum foil gitu, ada jual di olshop.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26907
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: perlakuan thd aki & embel2nye (bag. 2).....

Post by DOHC »

Omnibus wrote: Sat May 21, 2022 7:51
DOHC wrote: Sat May 21, 2022 6:21 Ini koq pd awet banget ya aki nya

Pd ngisi aer nya pake aer hasil semedi gunung salak, ijen ama kawi yah

Kita orang mah tembus 2 taon aj ud kamsia banget
tergantung merknya juga mbah. jij pake merk apa?

tuh om benz bilang disarungin spy ga kena panas. yg jazz sih mayan panas tp udah dpt plastik deflektor nya dr sono nya. cobain mbah kasih sarung yg kaya aluminum foil gitu, ada jual di olshop.
Kita orang pake nya di inofa ama hrv merk GS ama amaron silver yg aki kering

Kl d 1KR-JZGTE lg pake merek korea ga jlas , dulu nya pake aki gs premium

Yg pake plastik deflektor cuman si 1KR dr sono nya

Kl inofa kita orang fikir ga ad bedanya seh soalnya ruang mesin nya kan lowong gt, ga tralu panas mustinya

Kl si hrv, ud ktutup ama kotak sekring dan ecu, jd mustinya aman kl yah dr pnas enjin
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: