BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

wongpantai
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 249
Joined: Thu Jan 06, 2011 6:00

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by wongpantai »

@kanu: bukan knapa2, cuma ngrasa paling bocah disini(18th), jadi panggil om.
btw, pajaknya wedyan, mahal pisan.
u/ brazilian montera taun03 brp ya pjknya?
User avatar
frandika
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Wed Jun 25, 2008 16:17
Location: Jakarta Barat

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by frandika »

fikrimuchlis wrote:Oya sekalian mau bertanya ke suhu2 sekalian...
Masalah fan / kipas di blazer, mohon pencerahan dan koreksi jika saya salah..

Di blazer itu kan ada 2 kipas, yang 1 extra fan dan yang satunya kipas AC / Main fan (?)..yang extra fan hidupnya setelah temperatur 102 deg (input dari temperature switch ke ECM), dan untuk yang main fan apakah hidupnya hanya diswitch ON dari AC saja ??

Apakah ada yang pernah mencoba memodifikasi manin fan / fan AC dengan menambahkan satu temperature switch lagi (yg bekerja pada suhu lebih rendah di 85-95 deg C)??
halo Om.. salam kenal yah hehee.. btw, belum lama di milis blasmon ada bahasan tentang switch fan, bisa ditambahkan/suntik resistor di ecu, jadi maen nya fan extra di temp yg om maksud di atas. untuk gimana2 masangnya saya sudah pasti ndak paham ahahaa..(maklum aliran bingkil terdekat terima beres ngikutin aliran sesat om tumis, dan yg rajin ngekor nambah bro boris jugak :mrgreen: ) ... kalo di kebo jadul saya, sudah disuntikkan resistor 1k, sehingga fan extra jalan di 85-95 C, ada juga thermoswitch (yg ini peninggalan old kebo jadul) yg bikin extra fan maen di 75-83 C (ada switch kontak tersendiri) dipake jika ketemu trayek ekstrem (kebiasaan pas turing neh :e-dance: ). sebagai catatan, jika disuntikkan resistor akibatnya tiap pagi (mesin dingin) lebih susah starter karena ecu membaca mesin lebih panas dari aktualnya sehingga semprotan bensin lebih sedikit. untuk menyiasati starter pagi diusahakan resistor suntikan dibikin non aktif dolo lalu starter biar langsung jrenggggg :frm_tumbright:
kanu wrote:selamat sore penggemar blazer sekalian...

Gue orang yg sangat awam mengenai dunia otomotif... pertama beli mobil kijang lgx diesel 2000 dan dipakai sampe sekarang...

Kebetulan ada temen yg nawarin montera XR se 2005 dan gue kepincut dengan mobilnya...
Sebelumnya sudah melahap habis review dr blazer masih worthed gak Part1.. Panjang Buanget sampe mataku masih perih sekarang... diskusi dengan beberapa temen semuanya menyarankan untuk jgn mengambil blazer tersebut... hadoh bingung dach...

Ada beberapa pertanyaan mohon dibantu pencerahan ya :
1. Montera XR se 2005.. saya baca dali part1 katanya generasi ini type brazilian style dan kurang digemari mania blazer.. benarkah demikian.?
2. Apa Kekurangan dan kelebihan varian Montera XR dibanding varian blazer yg lain ( DOHC LT )?
3. Harga lego 80jt... Apakah termasuk harga yg bagus? (mobil saya yakin terawat dengan baik, km78.000)
4. Lebih irit BBM yg mana? LGX diesel VS Montera XR
5. Apakah ada bengkel Blazer yg bagus di Medan? Domisli saya di Medan dan salah satu kekhawatiran setiap ada masalah mesti berhubungan dengan bengkel resmi yg notebene lebih mahal dan selalu menganjurkan pergantian spare part....

Dikasih kesempatan pikir2 sampe akhir maret ini... bingung dach hihihihi... diharian lokal kota medan ada 2 blazer yg lg diiklanin LT01 67jt dan LT99 60jt. Tp montera xr yg ditawarin temen ini emang mulus banget... warna gold..

Thanx for advice

Salam
Kanu
advice saya: ambil!
*sembari ngencesmodeON
-------#BIC-701#--------
kanu
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Mar 12, 2011 9:43

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by kanu »

uits...
ngomong2 ada kepengurusan BIC cabang medan ga? gue baca thread ini sampai part2 page 15 kayanya BIC JKT dan BDG rame banget ya? kok di Medan kayanya sepi2 aja...
Berhubung dari minggu kemaren udah tertarik ama ini kebo, selama seminggu ini gue selalu pelototin tuch jalanan kota medan, eh selama sepekan cuman ketemu seekor kebo warna biru yg udah kucel banget... kynya populasi kebo di medan emang dikit banget, kijang dimana mana, wakakkakak,

last.. ntar tgl 26 -27 kan mo test driving experience kebo ini total 370km pp, nah abis tuch kan tgl 27 tuch hr minggu... bisa ngecek dimana ya mengenai kondisi tuch kebo secara gue awam banget mengenai mesin dan kondisi kenderaan...

thanx alot
kanu
Signing
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Tue Mar 15, 2011 11:54

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by Signing »

minat banget pngen ambil opel blazer montera thn 2000...
nek dana 50 juta dapet nda yah... :upss:
yang sehat aja,ndak perlu custom :ungg:
ada rekomendasi mas bro sekalian...?
sebelomnya salam kenal dulu semuanya yah :big_peace:
saya dari jogja.. :e-whistle:
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

setelah akhirnya kebo (montera 2000) dibawa pulang, lanjut kencan pertama di "bengkelnya donnie", ternyata pengeluaran cukup 1/3 dari estimasi awal general check up. denan PR lanjutan :
- knalpot mentok body--> kok bisa ? apa sdh dirubah ya? atau ada hubungannya dengan mounting (kok lolos dari chek up)?
- perlu spooring--> habis ganti idle arm, baut ...., karet...
- ganti besi recklening driver + tuasnya..ada info yang murmer ?
- ban serep (ternyata gak ada) tapi untung tempat gantungnya masih nempel, telp pemilik sebelumnya ilang dibengkel katanya (kok gak bilang)..ada yg punya dah gak kepake? perlu 1 biji aja nih buat serep, kalo bisa ada ban sekalian tapi harga sangat bersahabat ya..
- baca buku manual, memang ada tempat tool box ya? disebelah mana kah?
User avatar
Aripndut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Mar 16, 2010 10:05

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by Aripndut »

setelah hampir setaun mengadapi cobaan dan rongrongan montera mulai shockbreker, AC, selang radiator, paking top, power window, central lock, storing audio, ternyata muncul lagi rongrongan baru. menjelang perpanjangan stnk montera, pemilik kebo yang lama gak boleh dipinjemin ktpnya. terpaksa kudu balik nama cabut berkas dari jakarta ke tangsel, asyik beneer.. :)

Ya Allah berilah ketabahan hambamu ini dalam mengangon kebo, karena ini mungkin satu2nya kendaraan yang masih dicariin parkir di depan pintu PIM oleh satpam dengan harga dibawah ava*za seken.....

@jono: kalo gak salah toolbox hanya ada di bazer DOHC LT dibagasi/dibelakang kursi baris kedua
User avatar
borisraikkonen
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Sun May 23, 2010 18:10
Location: Jakarta Selatan, Pejaten

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by borisraikkonen »

@om fikrimuchlis
kebalik om, yg extra fan itu akan nyala jika AC ON, atau jika AC off, namun suhu mencapai 102deg.
yg main fan, nyala begitu kebo di starter.
utk swicth kayaknya udh bnyk tuh yg ngakalin atau bs juga di jumper jd main extra nyala bersamaan..
klo saya sih belum secanggih kebo jadul, fan'nya msh standar mode on...hehehe...cuma ngekor aja rumah sakitnya yg "punya indosat" jd klo ada apa2 percayakan pada bengkel indosat..hehehe...

@om kanu
coba gabung aja ke milis [email protected] om trus tanyakan bgekel terdekat di daerah om dimana..setau saya sih BIC ada rayon aceh om..ga tau deh klo di medan.
tapi sabar om, pasti ada kok bengkel yg bisa di jabanin disana..tenang aja..tinggal tunggu pencerahan saja...
wah pasti si om, udh ga sabar nih pengen ngerasain sambanya..menanti2 tgl 26 rasanya kok jd lama bgt ya om..hehehe..

@om signing
salam kenal om, teman saya kayaknya ada mau jual kebo dohc lt 2002, hny acnya yg bermasalah (itu sih gampang cukup sediakan dan cadangan aja paling ganti kompresor) cm ga tau hrganya berapa..
mudah2an belum kebeli hrg cocok...nanti coba tak tanyakan ya om.

@om aripdut
ada kok om, di bagasi, sebelah kiri..semua blazer saya rasa sih ada..

@om siapa ya yg ga ada ban blkgnya? maap ga apal IDnya, susah scroll ke atas pk hp om..
beli aja ban bekas om 250rb udh dpt dueler AT cr yg plg bagus..kl velgnya yg kaleng aja om, cr ditempat tkg ban bekas, paling total 700rb om..
sama saya juga gitu soalnya om...hehehe...
Boris #BIC1037#
-Blazer SLi 2.2 Light Compressor-
LONG LIVE THE BLAZER
kempor
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Mar 12, 2011 13:53

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by kempor »

fikrimuchlis wrote:@ Kebolover : itu spionnya udah ganti yg 4x4 punya ya bro? kena brapa bro?

@ Kanu : Medan posisi dimana bro? saya juga di medan soalnya..Kalo masalah bengkel alternatif bisa coba ke Khatulistiwa Motor atau Inti Sejati Motor, di jalan Ayahanda...mereka spesialisasi mobil eropa / amerika..rata2 yg masuk ke bengkel mereka Jeep, BMW, Land Rover dan termasuk blazer saya salah satunya..
Salam kenal seblmnya buat semua kebo lovers. Saya warga medan, jd pemulung rupiah di rantau prapat. Dah baca trit ini dr part 01, jd ngimpi suatu saat hrs bisa pny 1 ekor kebo ginian. Apalg ada yg rekomendasiin bengkel dimedan buat ngobatin kebo klo lg meriang, soalnya dua hari dimedan kmrn tgl 11-12 cuma liat kebo 2 ekor seliweran dijalan dan 3 ekor lg parkir yg salah satunya parkir dipajangan showroom mbl jln sutrisno. Btw.. Biar kata kebo bukan favoritnya org medan, mimpi suatu saat hrs punya kebo jalan terus... Salam kebo(ngumpul koin buat beli kebo - activated)
User avatar
bendhot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 71
Joined: Mon Feb 08, 2010 23:26

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by bendhot »

Gak terasa hampir 10 bulan kebo LT 2000 sudah di tangan dan sampai dengan saat ini tidak ada satu penyesalan meminang kebo coklat itu... :beer:
Gimana engga adem di hati :
- baca di koran...browisng di internet...hasilnya sama, kebo LT 2000 harga tetep nangkring di kisaran 70-75 jeti :e-dance:
- kebo suka nya "sekolah" terus di bingkil dan harga parts mahal juga engga terbukti :off_good_job:
- komunitas member maupun non member BIC sangat erat dan bersahabat :big_peace:
- masuk area bandara juga dikasih hormat...cuma gara2 secuil sticker AU...hwahahaha...

@ bro Signing...coba aja maen ke dukunnya Blazer jogja di AN Blazer di seputaran depan RM Ny. Suharti Janti ketemu sama mas Santo. Selain punya stock sendiri beliau juga bisa bantu carikan kebo yang sehat...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Benny/926/Ngayogyakartohadinigrat
Kebo coklat mata mengkilat
fikrimuchlis
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Mar 06, 2011 13:57

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by fikrimuchlis »

kempor wrote:
fikrimuchlis wrote:@ Kebolover : itu spionnya udah ganti yg 4x4 punya ya bro? kena brapa bro?

@ Kanu : Medan posisi dimana bro? saya juga di medan soalnya..Kalo masalah bengkel alternatif bisa coba ke Khatulistiwa Motor atau Inti Sejati Motor, di jalan Ayahanda...mereka spesialisasi mobil eropa / amerika..rata2 yg masuk ke bengkel mereka Jeep, BMW, Land Rover dan termasuk blazer saya salah satunya..
Salam kenal seblmnya buat semua kebo lovers. Saya warga medan, jd pemulung rupiah di rantau prapat. Dah baca trit ini dr part 01, jd ngimpi suatu saat hrs bisa pny 1 ekor kebo ginian. Apalg ada yg rekomendasiin bengkel dimedan buat ngobatin kebo klo lg meriang, soalnya dua hari dimedan kmrn tgl 11-12 cuma liat kebo 2 ekor seliweran dijalan dan 3 ekor lg parkir yg salah satunya parkir dipajangan showroom mbl jln sutrisno. Btw.. Biar kata kebo bukan favoritnya org medan, mimpi suatu saat hrs punya kebo jalan terus... Salam kebo(ngumpul koin buat beli kebo - activated)
@ Bro Kempor :
kalo dibandingin ama mobil sejuta umat Kijang n Avanza jelas populasi kebo kalah jauh Bro...pas mau beli kebo kemarin saya mulai buka mata di jalan2 ternyata banyak juga ternyata kebo yg berseliweran...tp pas udah deket2 mau beli kebo2nya pada ngilang..bahkan yang nangkring di showroom pun kagak ada...aneh memang.... :e-doh:

@ Bro Kanu :
Jangan lupa sharing pengalamannya nanti setelah test blazer-nya yah Bro...

@ Bro Boris :
Hmmm....begitu ya bro....okeh..okeh di noted Bro... :frm_salut:
Soalnya saya lagi beres-beres kebo nih..sekalian mau dibenarin lagi semua cooling system-nya
FIKRI MUCHLIS | BIC#1160
Enjoy the life with SONY A700 and OPEL BLAZER DOHC
didie
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Mar 19, 2009 4:37

UpGrade interior...

Post by didie »

suhu2 kalo bole info untuk up grade interior montera ke lt,door trim udah pada pecah nih..kalo ada yang pernah upgrade tolong penampakannya....posisi saya di Bali.tx
fikrimuchlis
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Mar 06, 2011 13:57

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by fikrimuchlis »

@ All :
Ada info untuk oli transmisi Blazer DOHC disarankan pakai Oli apa ya? Ada yg bilang pake ATF benarkah ?? atau malah pakai Oli SAE 90 bagusnya ya ?

Please advice...
FIKRI MUCHLIS | BIC#1160
Enjoy the life with SONY A700 and OPEL BLAZER DOHC
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

borisraikkonen wrote:@om fikrimuchlis
kebalik om, yg extra fan itu akan nyala jika AC ON, atau jika AC off, namun suhu mencapai 102deg.
yg main fan, nyala begitu kebo di starter.
utk swicth kayaknya udh bnyk tuh yg ngakalin atau bs juga di jumper jd main extra nyala bersamaan..
klo saya sih belum secanggih kebo jadul, fan'nya msh standar mode on...hehehe...cuma ngekor aja rumah sakitnya yg "punya indosat" jd klo ada apa2 percayakan pada bengkel indosat..hehehe...

@om kanu
coba gabung aja ke milis [email protected] om trus tanyakan bgekel terdekat di daerah om dimana..setau saya sih BIC ada rayon aceh om..ga tau deh klo di medan.
tapi sabar om, pasti ada kok bengkel yg bisa di jabanin disana..tenang aja..tinggal tunggu pencerahan saja...
wah pasti si om, udh ga sabar nih pengen ngerasain sambanya..menanti2 tgl 26 rasanya kok jd lama bgt ya om..hehehe..

@om signing
salam kenal om, teman saya kayaknya ada mau jual kebo dohc lt 2002, hny acnya yg bermasalah (itu sih gampang cukup sediakan dan cadangan aja paling ganti kompresor) cm ga tau hrganya berapa..
mudah2an belum kebeli hrg cocok...nanti coba tak tanyakan ya om.

@om aripdut
ada kok om, di bagasi, sebelah kiri..semua blazer saya rasa sih ada..

@om siapa ya yg ga ada ban blkgnya? maap ga apal IDnya, susah scroll ke atas pk hp om..
beli aja ban bekas om 250rb udh dpt dueler AT cr yg plg bagus..kl velgnya yg kaleng aja om, cr ditempat tkg ban bekas, paling total 700rb om..
sama saya juga gitu soalnya om...hehehe...


tempo hari dapat velg kaleng dimana om? berapaan ?
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

Newbie mau bertanya pada para senior,

1. Apa efeknya (jangka pendek dan panjang) pemakaian shock belakang blazer yang ternyata lebih panjang (posisi terpanjang bukan terpendeknya) 3-5cm dari standard dan tanpa penambahan anting per?
2. Di buku manual ada anjuran menggunakan radiator coolant? apa efelnya jika menggunakan air biasa atau air AC (pernah saya ukur kandungan besi air tetesan AC paling kecil dibandingkan air tanah, air isi ulang maupun air mineral ber-merk) ? coolant merk apa yang biasa digunakan ?
3. Sesuai penjelasan terdahulu "engine gages = kontrol pendinginan dan oli" , kondisinya kadang nyala cuma sekali lalu pernah "gambar helikopter" juga nyala apa indikasinya? sudah di cek mesin di 2 bengkel rujukan millis hasinya mesin normal. Apakah soket di dashboard jadi penyebabnya? disarankan oleh salah satu bengkel tersebut untuk di cek/servis. Karena RPM terlihat di 600 padahal sebelumnya selalu 900
4. Pada buku manual, sesuai KM di ODO harusnya sudah ganti oli transmisi. Merk apa yang biasa digunakan? SAE ? adakah yang menggunakan RORED, hasilnya?

tks,
-jono-
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by maskopat »

jono wrote:Newbie mau bertanya pada para senior,

1. Apa efeknya (jangka pendek dan panjang) pemakaian shock belakang blazer yang ternyata lebih panjang (posisi terpanjang bukan terpendeknya) 3-5cm dari standard dan tanpa penambahan anting per?
2. Di buku manual ada anjuran menggunakan radiator coolant? apa efelnya jika menggunakan air biasa atau air AC (pernah saya ukur kandungan besi air tetesan AC paling kecil dibandingkan air tanah, air isi ulang maupun air mineral ber-merk) ? coolant merk apa yang biasa digunakan ?
3. Sesuai penjelasan terdahulu "engine gages = kontrol pendinginan dan oli" , kondisinya kadang nyala cuma sekali lalu pernah "gambar helikopter" juga nyala apa indikasinya? sudah di cek mesin di 2 bengkel rujukan millis hasinya mesin normal. Apakah soket di dashboard jadi penyebabnya? disarankan oleh salah satu bengkel tersebut untuk di cek/servis. Karena RPM terlihat di 600 padahal sebelumnya selalu 900
4. Pada buku manual, sesuai KM di ODO harusnya sudah ganti oli transmisi. Merk apa yang biasa digunakan? SAE ? adakah yang menggunakan RORED, hasilnya?

tks,
-jono-
coba buka link ini om... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=13944
ada temen kita yang nyobain perbandingan coolant dan air ac.. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

maskopat wrote:
jono wrote:Newbie mau bertanya pada para senior,

1. Apa efeknya (jangka pendek dan panjang) pemakaian shock belakang blazer yang ternyata lebih panjang (posisi terpanjang bukan terpendeknya) 3-5cm dari standard dan tanpa penambahan anting per?
2. Di buku manual ada anjuran menggunakan radiator coolant? apa efelnya jika menggunakan air biasa atau air AC (pernah saya ukur kandungan besi air tetesan AC paling kecil dibandingkan air tanah, air isi ulang maupun air mineral ber-merk) ? coolant merk apa yang biasa digunakan ?
3. Sesuai penjelasan terdahulu "engine gages = kontrol pendinginan dan oli" , kondisinya kadang nyala cuma sekali lalu pernah "gambar helikopter" juga nyala apa indikasinya? sudah di cek mesin di 2 bengkel rujukan millis hasinya mesin normal. Apakah soket di dashboard jadi penyebabnya? disarankan oleh salah satu bengkel tersebut untuk di cek/servis. Karena RPM terlihat di 600 padahal sebelumnya selalu 900
4. Pada buku manual, sesuai KM di ODO harusnya sudah ganti oli transmisi. Merk apa yang biasa digunakan? SAE ? adakah yang menggunakan RORED, hasilnya?

tks,
-jono-
coba buka link ini om... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=13944
ada temen kita yang nyobain perbandingan coolant dan air ac.. :big_peace:
tks om kopat, cuma masih rada bingung nih..pernah ketemu di tukang radiator waktu servis radiator jikang..
si om dateng naek sedan thn.2000-an komplen katanya panas lagi..setelah di cek ternyata mampet lagi tuh radiator gara2 coolant padahal belum lama diservis ..kliatan keraknya ijo semua..
apa gara2 jenis/merk coolantnya ya ? ada recommend merk coolant untuk blazer?

selama ane pake mobil lawas < 90-an gak pernah pake coolant dan selalu pake air AC, makanya bingung milih coolant nih..dibantu ya..dibantu..
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by maskopat »

kalo ane sih di SL pakenya yang ada di perkulakan aja.... yang kelihatannya bagus, bungkus.... eh salah, masukin ke troli...

kurang tahu apakah blazer rada2 bawel.. kalo mau yang bagusan, maen ke toko perangkat keras... nah, di situ banyak jenis dan macam coolant... ane juga bingung mana yang mau dipake.

kalo masalah pake coolant jadi mampet, ane kurang tahu juga. dulu sih si SL kagak pernah dikasih coolant. cuman aer tanah doang... :mrgreen:
sekarang udah kasih coolant. alhamdulillah gak ada masalah... kecuali tutup radiatornya aja yang rada2 bocor halus... :frm_bang_head:
padahal tutupnya udah diganti merk ND pulak... :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
jimmyneutron
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Fri Dec 17, 2010 6:32

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jimmyneutron »

jono wrote:Newbie mau bertanya pada para senior,

1. Apa efeknya (jangka pendek dan panjang) pemakaian shock belakang blazer yang ternyata lebih panjang (posisi terpanjang bukan terpendeknya) 3-5cm dari standard dan tanpa penambahan anting per?
2. Di buku manual ada anjuran menggunakan radiator coolant? apa efelnya jika menggunakan air biasa atau air AC (pernah saya ukur kandungan besi air tetesan AC paling kecil dibandingkan air tanah, air isi ulang maupun air mineral ber-merk) ? coolant merk apa yang biasa digunakan ?
3. Sesuai penjelasan terdahulu "engine gages = kontrol pendinginan dan oli" , kondisinya kadang nyala cuma sekali lalu pernah "gambar helikopter" juga nyala apa indikasinya? sudah di cek mesin di 2 bengkel rujukan millis hasinya mesin normal. Apakah soket di dashboard jadi penyebabnya? disarankan oleh salah satu bengkel tersebut untuk di cek/servis. Karena RPM terlihat di 600 padahal sebelumnya selalu 900
4. Pada buku manual, sesuai KM di ODO harusnya sudah ganti oli transmisi. Merk apa yang biasa digunakan? SAE ? adakah yang menggunakan RORED, hasilnya?

tks,
-jono-
Mau share, untuk yang nomor 3. Beberapa waktu yang lalu, samba saya juga sempat mengalami penyakit "gambar helikopter" yang tiba2 nyala sebentar terus mati lagi. Dashboard sempat dioprek beberapa kali, tapi masalah tersebut ga kunjung hilang. Sampai akhirnya "indikator aki" juga ikut2an menyala, artinya akinya ga keisi. Sehingga dilakukan penggantian Alternator total (buka cuma IC nya aja)..... Setelah alternator diganti, sekarang masalah "helikopter nyala" tsb ga ada lagi.... Jadi mungkin maslah helikopter tsb. ada hubungannya dengan alternator atau aki atau sistem kelistrikan.... Ga tau deh, mohon pencerahan. Makasih.
:big_peace:
fikrimuchlis
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Mar 06, 2011 13:57

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by fikrimuchlis »

jono wrote:
maskopat wrote:
coba buka link ini om... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=13944
ada temen kita yang nyobain perbandingan coolant dan air ac.. :big_peace:
tks om kopat, cuma masih rada bingung nih..pernah ketemu di tukang radiator waktu servis radiator jikang..
si om dateng naek sedan thn.2000-an komplen katanya panas lagi..setelah di cek ternyata mampet lagi tuh radiator gara2 coolant padahal belum lama diservis ..kliatan keraknya ijo semua..
apa gara2 jenis/merk coolantnya ya ? ada recommend merk coolant untuk blazer?

selama ane pake mobil lawas < 90-an gak pernah pake coolant dan selalu pake air AC, makanya bingung milih coolant nih..dibantu ya..dibantu..
Sekedar nyumbang pendapat ya Bro Jono...

Kalau menurut pemikiran sok tau sau aja ni ya...jika sebelumnya mobil bro pakenya air dan sudah menyebabkan terbentuknya lapisan karat pada radiotor atau engine blok, maka ketika di ganti dengan coolant, kemungkinan karat yang ada tersebut jadi rontok sehingga bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada selang-selang radiator.

Kalau memang berniat untuk menggati pendingin dari Air menjadi Coolant, baiknya radiator di kuras dan di flushing dulu selama beberapa kali untuk meyakinkan kerak-kerak karat terebut sudah bersih semua...jika sudah kelihatan bersih maka bisa dilanjutkan untuk seterusnya menggunakan coolant...

Salam sok teu.... :big_peace:
FIKRI MUCHLIS | BIC#1160
Enjoy the life with SONY A700 and OPEL BLAZER DOHC
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by maskopat »

fikrimuchlis wrote:
jono wrote:
maskopat wrote:
coba buka link ini om... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=13944
ada temen kita yang nyobain perbandingan coolant dan air ac.. :big_peace:
tks om kopat, cuma masih rada bingung nih..pernah ketemu di tukang radiator waktu servis radiator jikang..
si om dateng naek sedan thn.2000-an komplen katanya panas lagi..setelah di cek ternyata mampet lagi tuh radiator gara2 coolant padahal belum lama diservis ..kliatan keraknya ijo semua..
apa gara2 jenis/merk coolantnya ya ? ada recommend merk coolant untuk blazer?

selama ane pake mobil lawas < 90-an gak pernah pake coolant dan selalu pake air AC, makanya bingung milih coolant nih..dibantu ya..dibantu..
Sekedar nyumbang pendapat ya Bro Jono...

Kalau menurut pemikiran sok tau sau aja ni ya...jika sebelumnya mobil bro pakenya air dan sudah menyebabkan terbentuknya lapisan karat pada radiotor atau engine blok, maka ketika di ganti dengan coolant, kemungkinan karat yang ada tersebut jadi rontok sehingga bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada selang-selang radiator.

Kalau memang berniat untuk menggati pendingin dari Air menjadi Coolant, baiknya radiator di kuras dan di flushing dulu selama beberapa kali untuk meyakinkan kerak-kerak karat terebut sudah bersih semua...jika sudah kelihatan bersih maka bisa dilanjutkan untuk seterusnya menggunakan coolant...

Salam sok teu.... :big_peace:
siap2 ganti radiator kalau radiator flush. karena bisa jadi karat2 tersebut akan rontok dan bisa mengakibatkan radiator atau jalur pendinginan air akan bocor... :big_peace:
cmiiw...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
panembahan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Nov 10, 2010 22:20

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by panembahan »

jono wrote:Newbie mau bertanya pada para senior,

1. Apa efeknya (jangka pendek dan panjang) pemakaian shock belakang blazer yang ternyata lebih panjang (posisi terpanjang bukan terpendeknya) 3-5cm dari standard dan tanpa penambahan anting per?
2. Di buku manual ada anjuran menggunakan radiator coolant? apa efelnya jika menggunakan air biasa atau air AC (pernah saya ukur kandungan besi air tetesan AC paling kecil dibandingkan air tanah, air isi ulang maupun air mineral ber-merk) ? coolant merk apa yang biasa digunakan ?
3. Sesuai penjelasan terdahulu "engine gages = kontrol pendinginan dan oli" , kondisinya kadang nyala cuma sekali lalu pernah "gambar helikopter" juga nyala apa indikasinya? sudah di cek mesin di 2 bengkel rujukan millis hasinya mesin normal. Apakah soket di dashboard jadi penyebabnya? disarankan oleh salah satu bengkel tersebut untuk di cek/servis. Karena RPM terlihat di 600 padahal sebelumnya selalu 900
4. Pada buku manual, sesuai KM di ODO harusnya sudah ganti oli transmisi. Merk apa yang biasa digunakan? SAE ? adakah yang menggunakan RORED, hasilnya?

Coba jawab ya:
1. Shock pepanjangan maupun ke pendekan pengaruhnya ke shock itu sendiri. Jika kepanjangan dan stopernya rusak maka as shock akan bengkok pada saat Roda terkena lubang dengan keras. Jika kependekan pada kasus yang sama unjungnya akan jebol atau asa bengkok.
2. Silakan baca ulasan air radiator di www.bic.or.id pada menu FAQ.
3. saran service alternator dapat dicoba dulu.
4. Tipe oli silahkan baca juga di www.bic.or.id

tks,
-jono-
Panembahan Cilacap
S7600395
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

fikrimuchlis wrote:
jono wrote:
maskopat wrote:
coba buka link ini om... http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=13944
ada temen kita yang nyobain perbandingan coolant dan air ac.. :big_peace:
tks om kopat, cuma masih rada bingung nih..pernah ketemu di tukang radiator waktu servis radiator jikang..
si om dateng naek sedan thn.2000-an komplen katanya panas lagi..setelah di cek ternyata mampet lagi tuh radiator gara2 coolant padahal belum lama diservis ..kliatan keraknya ijo semua..
apa gara2 jenis/merk coolantnya ya ? ada recommend merk coolant untuk blazer?

selama ane pake mobil lawas < 90-an gak pernah pake coolant dan selalu pake air AC, makanya bingung milih coolant nih..dibantu ya..dibantu..
Sekedar nyumbang pendapat ya Bro Jono...

Kalau menurut pemikiran sok tau sau aja ni ya...jika sebelumnya mobil bro pakenya air dan sudah menyebabkan terbentuknya lapisan karat pada radiotor atau engine blok, maka ketika di ganti dengan coolant, kemungkinan karat yang ada tersebut jadi rontok sehingga bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada selang-selang radiator.

Kalau memang berniat untuk menggati pendingin dari Air menjadi Coolant, baiknya radiator di kuras dan di flushing dulu selama beberapa kali untuk meyakinkan kerak-kerak karat terebut sudah bersih semua...jika sudah kelihatan bersih maka bisa dilanjutkan untuk seterusnya menggunakan coolant...

Salam sok teu.... :big_peace:
thanks sarannya om, jadi musti di flushing dulu ya, kebetulan newbie banget nih ane liat di reservoir kok bening mungkin memang belum pakai coolant..
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

panembahan wrote:
jono wrote:Newbie mau bertanya pada para senior,

1. Apa efeknya (jangka pendek dan panjang) pemakaian shock belakang blazer yang ternyata lebih panjang (posisi terpanjang bukan terpendeknya) 3-5cm dari standard dan tanpa penambahan anting per?
2. Di buku manual ada anjuran menggunakan radiator coolant? apa efelnya jika menggunakan air biasa atau air AC (pernah saya ukur kandungan besi air tetesan AC paling kecil dibandingkan air tanah, air isi ulang maupun air mineral ber-merk) ? coolant merk apa yang biasa digunakan ?
3. Sesuai penjelasan terdahulu "engine gages = kontrol pendinginan dan oli" , kondisinya kadang nyala cuma sekali lalu pernah "gambar helikopter" juga nyala apa indikasinya? sudah di cek mesin di 2 bengkel rujukan millis hasinya mesin normal. Apakah soket di dashboard jadi penyebabnya? disarankan oleh salah satu bengkel tersebut untuk di cek/servis. Karena RPM terlihat di 600 padahal sebelumnya selalu 900
4. Pada buku manual, sesuai KM di ODO harusnya sudah ganti oli transmisi. Merk apa yang biasa digunakan? SAE ? adakah yang menggunakan RORED, hasilnya?

Coba jawab ya:
1. Shock pepanjangan maupun ke pendekan pengaruhnya ke shock itu sendiri. Jika kepanjangan dan stopernya rusak maka as shock akan bengkok pada saat Roda terkena lubang dengan keras. Jika kependekan pada kasus yang sama unjungnya akan jebol atau asa bengkok.
2. Silakan baca ulasan air radiator di http://www.bic.or.id pada menu FAQ.
3. saran service alternator dapat dicoba dulu.
4. Tipe oli silahkan baca juga di http://www.bic.or.id

tks,
-jono-
om panembahan, memang siy "helikopter" nyala pada saat macet malam hari ditengah hujan jadi kelistrikan digunakan maksimal dan pada ampere meter sampai di angka 13 (normalnya 14 bukan?). kemungkinan pengisian sudah kurang bagus ya ?

tks,
-jono-
User avatar
panembahan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Wed Nov 10, 2010 22:20

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by panembahan »

Problem di alternator memang menimbulkan beberapa masalah pada indikator.
Panembahan Cilacap
S7600395
User avatar
jono
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Wed Mar 09, 2011 4:18

Re: BLAZER masih worthed gak? - PART 04

Post by jono »

panembahan wrote:Problem di alternator memang menimbulkan beberapa masalah pada indikator.
terima kasih atas pencerahannya om panembahan, sekarang sudah lebih tenang dan lebih terang :frm_tumbright: