"teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

"teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

di yamaha AIS (AIR INDUCTION SYSTEM)
di honda SASS (Secondary Air Supply System)
di suzuki PAIR (Pulsed Secondary Air Injection System)
di kawasaki HSAS (High-performance Secondary Air System).


mereka pabrikan mengatakan :

"Menginjeksikan udara ke lubang exhaust, sehingga kepekatan gas buang jadi berkurang
dan akhirnya polutan gas buang jadi berkurang"



dimana pembodohan - pembohongannya ?

BAGAIMANAPUN POLUSI GAS BUANG YANG DIHASILKAN MESIN MEREKA TIDAK BERUBAH !! SEBELUM ATAUPUN SESUDAH SISTEM INDUKSI UDARA DIAPLIKASI

reaksi kimia antara oksigen dan polutant tetap akan terjadi baik di dalam exhaust (knalpot) ataupun di luar knalpot
"TERGANTUNG KITA MENGUKUR KADAR POLUSI DI MANA ? DI UJUNG KNALPOT ATAU DI 5 METER SETELAH KNALPOT "


JADI "TEKNOLOGI ATAU PEMBODOHAN ?"
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

kalau saya sih bilang ini PEMBODOHAN buat ngakalin alat test polusi yang ditempelin di knalpot
:big_slap: :big_slap: :big_slap:

tapi kok gak ada yang keberatan dibodohin ya ?
:big_weee:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by doq »

wah kurang tau mengenai teknologi ini di motor oom :ungg:
mungkin bsa dikasi penjelasan mengenai cara kerjanya?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by jalu »

mungkin TS bs menjelaskan cara kerja dr sistem2 yg disebutkan diatas

selain secara teroritis, akan lbh mantap kalo didukung ada data hasil uji emisi dengan atau tanpa (mungkin bs di non aktifkan sementara) sistem tsb, jadi bs ketauan apakah bener ada perbedaan emisi atau tidak. Saya yakin info tsb akan sangat bermanfaat untuk forum ini
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

jalu wrote:mungkin TS bs menjelaskan cara kerja dr sistem2 yg disebutkan diatas

selain secara teroritis, akan lbh mantap kalo didukung ada data hasil uji emisi dengan atau tanpa (mungkin bs di non aktifkan sementara) sistem tsb, jadi bs ketauan apakah bener ada perbedaan emisi atau tidak. Saya yakin info tsb akan sangat bermanfaat untuk forum ini
Setuju! TS mohon jangan mencerca dengan huge size gitu yaa... Memangnya TS sudah mengetes???
Tesnya bisa dengan 2 metode:
1. Apple to apple dengan motor yang sama, tapi yang satu induksi udaranya dilepas, yang satu terpasang. Masing2 harus dengan standar penyetelan mesin standard pabrik. Ga boleh di stel sendiri!
2. Almost apple to apple. Contoh, untuk Honda, bisa dengan mengukur pada Honda Karisma 125D (sebelum Karisma X), dengan SupraX 125D awal (yang lampu depan tunggal pakai lensa tambahan didalamnya). Itu mesin sama 125cc nya. Konstruksi hanya berbeda di injeksi udara pada lubang exhaust.

Bisa kasih kami data..?

Kalau engga bisa kasih data kongkrit, dan kesaksian penyetelan mesin dari bengkel Ahass, jangan asal bikin thread yaa...! :big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

bukan gk mau buktiin :big_peace:

tapi teknologi pembodohan-pembohongan ini memang cerdik luar biasa.
salut to japanese motorcycle industry, bisa kompakan gitu. :frm_salut:

kan udah saya bilang, mau ngukurnya di ujung knalpot atau 5 meter di belakang knalpot.
bagusan lagi ngukurnya 1 km di belakang knalpot. :big_slap:
yang susah kalau ngukurnya di mulut exhaust sebelum alat ini terpasang.

polusi mesina sendiri tetep aja. :off_bored:
sekali lagi ini teknologi yang sangat cerdik,efektif, dan murah (tanpa membuat mesin yang memang menghasilkan polusi yang lebih rendah) supaya pabrikan bisa declare lolos EURO-2 (kalau gak salah)

pinginnya kalau di SM ada orang pabrikan yang bisa nyangkal.

kita mah hanya sesama korban pembodohan tersebut.
cuman bisa gemes aja dibodohin. :capede:



maksud saya, beda dengan penggunaan CATALYTIC CONVERTER, yang menangkap - mengumpulkan polusi, kalau penuh harus diganti CC-nya dan CC yang penuh bisa didaur ulang.

tapi susah juga ya manusia, kadang CC dilepas supaya bisa lebih kenceng.
ada kabar di Amrik, CC bahkan dicuri buat diambil logam mulia-nya. :big_weee:
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

Kamu mengerti, om sx4user. Tapi kalo nggak didukung data konkret, akan dianggap asbun.
no signature
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

sx4user wrote:bukan gk mau buktiin :big_peace:

tapi teknologi pembodohan-pembohongan ini memang cerdik luar biasa.
salut to japanese motorcycle industry, bisa kompakan gitu. :frm_salut:

kan udah saya bilang, mau ngukurnya di ujung knalpot atau 5 meter di belakang knalpot.
bagusan lagi ngukurnya 1 km di belakang knalpot.
:big_slap:
yang susah kalau ngukurnya di mulut exhaust sebelum alat ini terpasang.

polusi mesina sendiri tetep aja. :off_bored:
sekali lagi ini teknologi yang sangat cerdik,efektif, dan murah (tanpa membuat mesin yang memang menghasilkan polusi yang lebih rendah) supaya pabrikan bisa declare lolos EURO-2 (kalau gak salah)

pinginnya kalau di SM ada orang pabrikan yang bisa nyangkal.

kita mah hanya sesama korban pembodohan tersebut.
cuman bisa gemes aja dibodohin. :capede:



maksud saya, beda dengan penggunaan CATALYTIC CONVERTER, yang menangkap - mengumpulkan polusi, kalau penuh harus diganti CC-nya dan CC yang penuh bisa didaur ulang.

tapi susah juga ya manusia, kadang CC dilepas supaya bisa lebih kenceng.
ada kabar di Amrik, CC bahkan dicuri buat diambil logam mulia-nya. :big_weee:
Tolong perhatikan yang saya BOLD di atas:
1. Cara menguji emisi sepeda motor yang benar :

Image

Image

Image

Ngerti yaa...? Jadi bukan di mulut exhaust atau 5 meter di belakang atau 1 km yaa! :off_good:

2. Polusi pasti tetep ada, makanya sekarang standard Euro tuh udah sampe Euro6!. Kita ketinggalan 2 step dari Singapore en China yang udah berlakukan Euro4. Tapii, kalo Anda hanya cuap2 disini tanpa bukti print out hasil uji emisi dengan cara tadi, yaa gimana Anda buktiin bahwa cara pabrikan tadi membodohi konsumen? Nih contoh print out hasil uji emisi :

Image

Image

Silaken Anda servis dulu motor Anda dengan standard pabrik, isi bbm yang bagus, pastikan injeksi udara sekunder ke exhaust masih bagus, saat uji emisi motor Anda, Anda photo, mejeng narsis, trs hasil uji emisi di upload kesini. Okay...?

Kami tunggu hasil uji emisi Motor Anda! Mungkin Anda punya ingpoh, bengkel yang ngelayanin uji emisi motor dimana aja? Saya juga tertarik untuk menguji emisi Honda Revo100 saya, lo..!

:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
M-90
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Tue Dec 04, 2007 2:54

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by M-90 »

Yang ane tau AIS dan semacamnya bukanlah suatu "pembodohan" dan sudah teruji secara ilmiah. Banyak mahasiswa jurusan Teknik Mesin yg menggunakan pengujian AIS sebagai skripsi mereka. Tabloid otomotif kalo nggak salah pernah juga melakukan pengujian AIS dan terbukti dapat mengurangi emisi gas buang.

Secara teori juga masuk akal karena secara prinsip berfungsi sebagai penambah udara bersih (O2) di sistem gas buang dengan mengubah racun hidrokarbon (HC) dan karbon monoksida (CO) menjadi karbondioksida (CO2) dan uap air . Sehingga bahan bakar yang tidak terbakar dapat dinetralisir dengan cara menginjeksikan udara segar ke saluran knalpot dan berdampak pada pengurangan kadar CO dan HC.

Menurut ane sich, sangat konyol jika suatu pabrikan sepeda motor besar spt Yamaha dan Honda mengklaim sesuatu aplikasi atau teknologi spt "AIS" tanpa melalui pengujian ilmiah.

Peace
M90 :big_peace:
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by doq »

seperti yg sudah disebutkan rekan2 diatas, lebih baik oom TS memberikan data konkret yg bisa mendukung klaim oom TS.................
dari pada cuap2 aja, taunya nanti beneran nongol salah satu pihak pabrikan yg bisa memberikan bukti2 perbedaan antara penggunaan air induction dan non air induction :mrgreen: ......................
klo udh begitu nanti malah oom TS yg di cap ke-cap :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

doq wrote: di cap ke-cap :mrgreen:
Ehm, penggemar kecap oom? Saya juga jualan Kecap salah satu produk aseli Jawa Tengah.. :big_smoking:


Hidup OOT-er!....................................... :ngacir: :glodak:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by doq »

kecap mantaaaap!!!! Image Image
VanzMatic wrote:
doq wrote: di cap ke-cap :mrgreen:
Ehm, penggemar kecap oom? Saya juga jualan Kecap salah satu produk aseli Jawa Tengah.. :big_smoking:


Hidup OOT-er!....................................... :ngacir: :glodak:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Hansen »

No iklan pliz :big_smoking:
Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

:e-doh: :e-doh: :e-doh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by doq »

no smoking plizz Image
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by BADAK »

@doq: sales kecap ya? :big_smoking:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by doq »

bwakakaka..........sales selang oom :upss:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
sx4user
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Fri Aug 06, 2010 14:12

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by sx4user »

astaga ?
kok gak kelihatan sih esensi dari pembodohan-pembohongan ini ?

sorry no offense :big_peace:

@VanzMatic
karena metode pengujian emisinya seperti itulah (yang anda sebut "1. Cara menguji emisi sepeda motor yang benar :"
maka mereka membuat alat pembodohan-pembohongan tersebut.

"bagaimana caranya agar pada parameter pengujian itu emisi bisa berkurang ?"

"oh... kasih aja udara bersih sebelum diukur, sehingga pada waktu sampai di sensor pengukuran emisi sudah tidak pekat lagi"


TAPI KITA KAN NGGAK ADA YANG BERNAFAS DI UJUNG KNALPOT KAN ?


KITA BERNAFAS SETIDAK-TIDAKNYA 1 METER DARI KNALPOT.
(TANPA ALAT TERSEBUT, EMISI JUGA SUDAH KURANG PEKAT, SUDAH BERCAMPUR DENGAN UDARA SEBELUM NYAMPE DI HIDUNG KITA)

makanya saya kasih contoh extreme kalau ngukurnya 5meter atau 1km :big_peace:



@M-90
saya mah kasihan dengan mahasiswa kita, pendapat saya mereka hanya bisa mengagumi karya orang lain dan rame-rame membebek supaya lulus.

akan sangat membanggakan kalau orang kita mampu menghasilkan mesin yang RAMAH LINGKUNGAN, yang emisinya bisa sama dengan mesin jepang, tanpa menggunakan AIS.
kalau sudah bisa buat, lalu ditambah AIS lagi, bisa bisa waktu uji emisi jadi hampir nol malah
:frm_salut:




@doq
enakan jual kecap kayanya :big_peace:



saya tidak salut untuk teknologi ini AIS/SASS/PAIR/HSAS
menurut saya alat ini hanya diciptakan agar produk mereka lolos standar uji emisi (au' ah EURO berapa)
karena lebih murah daripada riset mesin yang memang menghasilkan emisi rendah.


saya salut untuk teknologi ramah lingkungan :
-catalytic converter
-CECS (Crankcase Emission Control System), honda punya; gak tau yang lain.
User avatar
Sinyo_agus
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 154
Joined: Thu Dec 09, 2010 10:06
Location: serang_banten

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Sinyo_agus »

PAIR ane udah tak copot tuch..
gnti carbu soalnya..
hee...hhee.....
:big_smoking: :big_smoking:
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
HIU
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by jalu »

TS dr atas sana sudah berposting dengan panjang lebar tapi blm juga menjelaskan cara kerja secara detail dari sistem2 tsb yg disebut diatas. Dalam logika saya sesorang akan layak menjelaskan suatu statement jika memang sudah menguasai secara detail ttg sistem yg dibahas ini.

Kalo TS bs menjelaskan dng detail lengkap dng data2 yg valid tentu akan bs ditarik kesimpulan apakah benar teknologi tsb sebuah pembodohan ataukah semata2 terjebak dengan teknologi karena kebodohan
Last edited by jalu on Wed Apr 13, 2011 7:34, edited 1 time in total.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by VanzMatic »

sx4user wrote:astaga ?
kok gak kelihatan sih esensi dari pembodohan-pembohongan ini ?

sorry no offense :big_peace:

@VanzMatic
karena metode pengujian emisinya seperti itulah (yang anda sebut "1. Cara menguji emisi sepeda motor yang benar :"
maka mereka membuat alat pembodohan-pembohongan tersebut.

"bagaimana caranya agar pada parameter pengujian itu emisi bisa berkurang ?"

"oh... kasih aja udara bersih sebelum diukur, sehingga pada waktu sampai di sensor pengukuran emisi sudah tidak pekat lagi"


TAPI KITA KAN NGGAK ADA YANG BERNAFAS DI UJUNG KNALPOT KAN ?


KITA BERNAFAS SETIDAK-TIDAKNYA 1 METER DARI KNALPOT.
(TANPA ALAT TERSEBUT, EMISI JUGA SUDAH KURANG PEKAT, SUDAH BERCAMPUR DENGAN UDARA SEBELUM NYAMPE DI HIDUNG KITA)

makanya saya kasih contoh extreme kalau ngukurnya 5meter atau 1km :big_peace:



@M-90
saya mah kasihan dengan mahasiswa kita, pendapat saya mereka hanya bisa mengagumi karya orang lain dan rame-rame membebek supaya lulus.

akan sangat membanggakan kalau orang kita mampu menghasilkan mesin yang RAMAH LINGKUNGAN, yang emisinya bisa sama dengan mesin jepang, tanpa menggunakan AIS.
kalau sudah bisa buat, lalu ditambah AIS lagi, bisa bisa waktu uji emisi jadi hampir nol malah
:frm_salut:




@doq
enakan jual kecap kayanya :big_peace:



saya tidak salut untuk teknologi ini AIS/SASS/PAIR/HSAS
menurut saya alat ini hanya diciptakan agar produk mereka lolos standar uji emisi (au' ah EURO berapa)
karena lebih murah daripada riset mesin yang memang menghasilkan emisi rendah.


saya salut untuk teknologi ramah lingkungan :
-catalytic converter
-CECS (Crankcase Emission Control System), honda punya; gak tau yang lain.
Selow gan.... Ga usah ngamuk2 gitu...

CC udah ada di Vixion gan.. Jupie MX juga ada. .
Kalau diukur di ujung luar knalpot, bukan karena ente napas di situ gan.... Justru diukur di ujung knalpot (alatnya malah di dalem knalpot) karena kadar polutan paling tinggi justru di dalem knalpot, yaa! Kalo udah di luar knalpot kan sudah bereaksi dengan O2, oom... Jadinya kadar kepekatan polusi udah jauh berkurang... Justru malah ga real donk oom... Misalnya kadar kepekatannya X mg. Kalo udah kecampur ama O2 di luar knalpot, pasti udah menurun jadi X' mg donk oom?

Contoh kongkrit, gas polutan didalam knalpot juga mengandung NOx. Kalo gas ini udh kecampur dengan udara di luar knalpot, jadi NO2. Karena tipikal Nitrogen gampang terikat dengan O2. Jadi kadar NOx murni buangan dari hasil pembakaran harus diukur secara akurat di dalam knalpot, supaya kalo ketinggian kadar NOx nya, Pabrikan bisa meriset ulang agar kadar NOx engga tinggi. Jadi, siapa bilang metode injeksi udara adalah akal2an pabrik males riset mesin baru....?

SupraX125 injeksi, komposisi campuran BBM dan udara serta pelepasan gas buangnya udah fully programmed by computer. Jadi, logikanya, tingkat emisinya bisa lebih ditekan dibanding SupraX125 Karbu, karena pencampuran pembakarannya tertakar oleh komputer.

Jadi, Anda mau cari ke luar negeri sekalipun, cara ngukur tingkat emisi ya seperti di gambar yang saya sajikan di atas, oom..!

Kalo Anda merasa Ais dan kawan2 adalah akal2an, mungkin benar, mungkin salah. Tanya kenapa:
1. Mesin motor yang dijual dengan teknologi itu, adalah mesin motor cc kecil, om, yang sasaran pasar nya adalah <17juta. Kalo kita udah masuk ke Euro3, saya yakin semua motor udah wajib injeksi. Masalahnya, sudahkah semua konsumen sanggup membayar harga motor Euro3..?
2. Mesin dengan cc kecil, dengan teknologi injeksi udara untuk menekan emisi, adalah cara terbaik dari sisi value for money, maupun sisi teknologi. Mau teknologi secanggih apapun, kalo konsumen engga mampu beli, mau apa? Lagian, masih beruntung kita baru regulasi Euro2. Jadi teknologinya masih murah, tapi mampu meredam emisi.

Sekarang gini deh, om SX4user udah praktekkan cara2 usulan ana pa belum?

Ane aja udah nyoba secara manual, tanpa alat2 apapun. Ane coba secara penginderaan hidung ana, antara gas buang Honda Astrea Grand 1996 punya bini, dengan Revo100 ane. Sama2 belom servis sampe 8000km loh! Berarti harusnya kandungan emisinya sama2 parah ya? Sama2 pas satu tangki isinya premium. Grand 1996 tercium bau bensin yang terasa banget di hidung. Sementara Revo100 enggak bau premium di ujung knalpotnya.. Grand 1996 belum mengaplikasi selang breather dari crankcase ke boks filter udara. Revo sudah pakai. Karena cc sama2 98cc, engga perlu teknologi AIS dkk karena emisi tidak setinggi >100cc. (Lihat, VegaR maupun ZR, cc >110cc, jadi udah perlu secondary air induction). Ini yang bikin emisi bisa berkurang.

Test dulu aja ya oom, ntar kasih hasilnya ke kita2 yaa...!

:big_peace:

Test emisi di luar negeri:
Image

Image

Image

Menurut Anda, bagaimana contoh yang Anda anut?
Tolong tempel gambarnya seperti saya!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Abu2 »

asik nih, numpang nongkrong disini ya>>
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4426
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Ryan Steele »

Nah, makanya om TS. Kita2 di sini nungguin hasil datanya.
Bukan apa, ni. Ntar takutnya malah jadi thread berantem, seperti beberapa thread yang sudah ada.
no signature
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by ZombiEE »

Asiiikk...numpang parkir di pejwan....‎​​メίίメίίメίί‎​​メίίメίίメίί
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: "teknologi" atau PEMBODOHAN - PEMBOHONGAN ?

Post by Abu2 »

apakah polusi gas buang, hanya bergantung kepada AIS SAIS PAIR saja?