Satria F150

Segala motor tipe moped (Bebek, Supra, Shogun, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

pk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jan 11, 2005 1:58

Post by pk »

bro riofhaloho, silakan coba kontak suzuki kebayoran di nomor 7202468, 7202880, 7246426. untuk dealer lain yang pernah aku call coba silakan buka arsip di milis SSFC, udah aku post di sana, termasuk kisaran harga masing2 dealer. silakan join ke http://groups.yahoo.com/group/ssfc
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

pk wrote:Bro MCP, thx atas info BBN-nya. Artinya daku harus nyiapin dana 300 rebong lagi buat nebus STNK+BPKB nya hehehehe.

Bro piterr, F150 daku baru 100K, blom bisa ngutik2 lebih lanjut, takut garansi servis gratisnya ilang. Btw, tadi sempet nyoba lepas chop busi aja kok susah yeee... nyempil gitu, ketutup sama slang radiator oli. Huh... blom brasil... ntar deh kalo pas jatahnya 500K ...

Bro riofhaloho, jangan menyerah bro. Kalo perlu masukin tiap2 dealer seperti cari lowongan kerjaan hehehehehe. Kmaren aku juga gitu, ada skitar 15 dealer dari yang besar ampe kecil aku teleponin, termasuk di Tanah Abang dan Roxy. Tapi akhirnya dapet di Bintaro. Pesen tgl 29 Desember 2004, dapetnya 8 Januari 2005. Bahkan kmaren tgl 7 Januari 2005 ada dealer di Kebayoran yang nawarin, katanya tgl 8 ada unit dateng. Cobain bung call ke Suzuki Kebayoran dengan Pak Santo.

Anyway... dari banyak fax harga, rata2 harga mengarah ke seputaran 16,2 jetong cash, meskipun di daftar itu ada yang nyantumin 15,7 jetong. Kalo ditanya, pasti ada komponen "BBN tidak mengikat" yang kadang per dealer ngomongnya beda. Selamat berburu bro rio! Kita tunggu di SSFC (Suzuki Satria F150 Club). Jangan lupa gabung di milisnya, http://groups.yahoo.com/group/ssfc
Ngelepas busi emang agak ribet awalnya, mesti lepar fairing samping kiri, jangan dari kanan karena ada vaccum, pada saat servis 500 coba sebelumnya anda beli spuyer main dan pilotnya, bilang di toko variasi cari spuyer Keihin untuk GL Pro yang asli. main jet 115 dan pilot 15, trus suruh orang bengkel gantiin dan setel anginya ( sekitar 1,75 putaran atau 2 putaran), tidak menghilangkan garansi koq, dijamin satria anda akan berlari kencang......
pk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jan 11, 2005 1:58

Post by pk »

sebelumnya anda beli spuyer main dan pilotnya, bilang di toko variasi cari spuyer Keihin untuk GL Pro yang asli. main jet 115 dan pilot 15, trus suruh orang bengkel gantiin dan setel anginya ( sekitar 1,75 putaran atau 2 putaran)
ada pertanyaan neh bro piterr,
1. kalo ganti main+pilotnya (digedein), tambah boros banget gak bahan bakarnya ?
2. harga main+pilot yang dimaksud kisaran brapa bro ?
thx atas pencerahannya.
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kondisi standar saya punya bisa dapet 1:36, setelah ganti, exhaust dan main 120 dan pilot 17.5 menurun menjadi 1:33, cukup fair saya kira dengan performa yang didapat. kalo exhaust gak ganti mestinya bisa labih ngirit... harga pilot dan main sekitar 55rbx2 =110rb saya brusan ganti CDI merk LEK made in thai, bawahnya jauh lebih bengis, kagak kaya dulu lagi, ciri khas karburator vacuum kan rada lelet di bawahnya karena biasa nya diaplikasi kan di motor gede... tapi kadar polusi yang dihasilkan rendah, dapat info dari Auto jaya, vacuum (yang di mesin) suruh matiin, tarikan juga akan lebih cepet, tapi kadar polusi pasti naik.... lebih oke lagi setelah dimatiin karburator diganti 28PE punya NSR, tapi keliatannya kalo ganti Karbu masih sayang... gak tahu entar kalo gak puas ya bisa ganti... orang barangnya saya udah dapet semua... cuma step by step gantinya biar kerasa bedanya...
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Thank's God..

Post by riofhaloho »

Asyik...
Susi F150 udah daku dapat, tapi?? :mad:
Sebagai pemula, masalah yg saya rasakan disaat pertama kali penggunakan si susi f150 sbb:
--> tarikan di gigi 1 agak berat (disini apa narik gas harus emang kuat tp bukan disentak gitu kali yah??)
--> ada bunyi mendesis di cakram depan dan belakang (apa krn masih baru yah??)
kayaknya masih itu deh...
spiderkids
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22

Post by spiderkids »

hola sf150 mania gabung donk
aduhh pusing nih satraia baru beli udah bikin ulah bohlam depan angus napa yaaaaa ada yg tau ngak??? trus mo nanya nih kalo atria nya masih kondisi standar boleh gak yaa ganti main jet/pilot jet yg tadi nya 102.5 ke 105 and 15 gitu aja nihhhh thanxxx yaaaaa
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

main jet dan pilot standar adalah, 110 dan 12,5 atau kadang dikasih main jet 112,5. anda bisa naikkan satu step saja
spiderkids
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 22
Joined: Wed Jan 19, 2005 6:22

Post by spiderkids »

ohhh gitu tohh thanxs yaa bung piter
but saya kan mau ganti knalpot endurance nih naik nya brapa yaa thanks yaa
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

kalo pake knalpot free flow kasih aja pilotnya 17.5 sedangkan mainnya coba antara 118 dan 120, dirasain mana yang enak... putaran angin dicari lagi ya...
herryganz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45

Post by herryganz »

Salam Kenal Guys,

gua kan udah baca di M Plus, untuk urusan Carburator katanya pilot jetnya ganti 17,5. Tp kok gak dibahas Main Jet-nya yak.

Nah pertanyaan gua :
1. Kalo gua pake knalpot (Endurance) yg bagus pake "Main jet" nya ukuran berapa yaa, biar tarikan lebih mantab?

2. Kalo di pake harian gimana tuh soal bensinnya? Apa ada yg udah nyoba?

Soalnya gua udah nyoba top speednya (+/- 130 km/h) tp masih kurang puas.... Bisa gak yaaa tembus ampe 150 km/h?

Tolong dong pencerahaannya....

Piss ah,
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

herryganz wrote:Salam Kenal Guys,

gua kan udah baca di M Plus, untuk urusan Carburator katanya pilot jetnya ganti 17,5. Tp kok gak dibahas Main Jet-nya yak.

Nah pertanyaan gua :
1. Kalo gua pake knalpot (Endurance) yg bagus pake "Main jet" nya ukuran berapa yaa, biar tarikan lebih mantab?

2. Kalo di pake harian gimana tuh soal bensinnya? Apa ada yg udah nyoba?

Soalnya gua udah nyoba top speednya (+/- 130 km/h) tp masih kurang puas.... Bisa gak yaaa tembus ampe 150 km/h?

Tolong dong pencerahaannya....

Piss ah,
Tidak dibahas karena masalah utama F150 terletak pada tarikan awal, yang disebabkan oleh pilot jet kekecilan, sedang untuk high speed gak masalah.
1. pake endurance mainjet kasih ke 118 ato 120, dicoba mana yang enak. namun hal ini tidak berpengaruh pada tarikan karena kerja mainjet pada bukaan skep/ gas diatas 3/4 putaran.
2. pake harian, bensin jadi 1:33
herryganz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45

Post by herryganz »

piterr wrote:
herryganz wrote:Salam Kenal Guys,

gua kan udah baca di M Plus, untuk urusan Carburator katanya pilot jetnya ganti 17,5. Tp kok gak dibahas Main Jet-nya yak.

Nah pertanyaan gua :
1. Kalo gua pake knalpot (Endurance) yg bagus pake "Main jet" nya ukuran berapa yaa, biar tarikan lebih mantab?

2. Kalo di pake harian gimana tuh soal bensinnya? Apa ada yg udah nyoba?

Soalnya gua udah nyoba top speednya (+/- 130 km/h) tp masih kurang puas.... Bisa gak yaaa tembus ampe 150 km/h?

Tolong dong pencerahaannya....

Piss ah,
Tidak dibahas karena masalah utama F150 terletak pada tarikan awal, yang disebabkan oleh pilot jet kekecilan, sedang untuk high speed gak masalah.
1. pake endurance mainjet kasih ke 118 ato 120, dicoba mana yang enak. namun hal ini tidak berpengaruh pada tarikan karena kerja mainjet pada bukaan skep/ gas diatas 3/4 putaran.
2. pake harian, bensin jadi 1:33
Bro....

kalo masalah top speed gimana tuh, gua kok cuma ampe 130 km/h?
and bro piterr kalo bengkel yg patent di jakarta dimana yaaa.....???
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

Lha, bung herry sendiri kan yang bilang bisa sampe 150?

BTW, sudah coba ganti gir? Siapa tahu bisa lebih tinggi top speednya.
Image
herryganz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45

Post by herryganz »

Crash wrote:Lha, bung herry sendiri kan yang bilang bisa sampe 150?

BTW, sudah coba ganti gir? Siapa tahu bisa lebih tinggi top speednya.
ups...sori bro...

salah pencet (lagian ampe "Pe Go" nya agak lama tuh) .... nah kalo masalah ganti gir gua sih belom.....tapi baru gua mau coba minggu ini, sekalian mau ganti rantainya.... ada yg tau gak gir-nya ama rantainya berapa mata....? and pasnya ukuran berapa 40 ; 39 ;38 yak..?

piss ah,
MCP
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Mon Jan 10, 2005 11:38
Location: JAKARTRA

Post by MCP »

Klo Mo Akselerasi agak kenceng dan tenaga lumayan Guede Coba Deh Ente2 Pada Pake Karburator Ninja RR nyang 28mm Kehin (harga Berkisar 900 Ribu) bukan Promosi, itu bakalan terasa bedanya. dan di tambah Untuk Top Speed Coba Ente2 Pada Pake CDI Unlimited nyang biasa di pake untuk Shogun 125. nah itu bakalan mencapai kecepatan 150Km or More again....
Heeee....
Pasti kayak naik Kuda Terbang...
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

herryganz wrote:
piterr wrote:
herryganz wrote:Salam Kenal Guys,

gua kan udah baca di M Plus, untuk urusan Carburator katanya pilot jetnya ganti 17,5. Tp kok gak dibahas Main Jet-nya yak.

Nah pertanyaan gua :
1. Kalo gua pake knalpot (Endurance) yg bagus pake "Main jet" nya ukuran berapa yaa, biar tarikan lebih mantab?

2. Kalo di pake harian gimana tuh soal bensinnya? Apa ada yg udah nyoba?

Soalnya gua udah nyoba top speednya (+/- 130 km/h) tp masih kurang puas.... Bisa gak yaaa tembus ampe 150 km/h?

Tolong dong pencerahaannya....

Piss ah,
Tidak dibahas karena masalah utama F150 terletak pada tarikan awal, yang disebabkan oleh pilot jet kekecilan, sedang untuk high speed gak masalah.
1. pake endurance mainjet kasih ke 118 ato 120, dicoba mana yang enak. namun hal ini tidak berpengaruh pada tarikan karena kerja mainjet pada bukaan skep/ gas diatas 3/4 putaran.
2. pake harian, bensin jadi 1:33
Bro....

kalo masalah top speed gimana tuh, gua kok cuma ampe 130 km/h?
and bro piterr kalo bengkel yg patent di jakarta dimana yaaa.....???
saya belum tahu bengkel yang oke untuk satria F, di jakarta. mungkin masih baru ya... jadi belum terbukti mana yang terbaik
User avatar
Crash
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Jun 21, 2004 5:44
Location: Jakarta

Post by Crash »

herryganz wrote:ups...sori bro...

salah pencet (lagian ampe "Pe Go" nya agak lama tuh) .... nah kalo masalah ganti gir gua sih belom.....tapi baru gua mau coba minggu ini, sekalian mau ganti rantainya.... ada yg tau gak gir-nya ama rantainya berapa mata....? and pasnya ukuran berapa 40 ; 39 ;38 yak..?

piss ah,
Kalau saya bilang, coba dulu standar. Apakah bro herry bisa sampai top speed yang dikehendaki. Kalau misalnya pada saat mentok rpm belum mentok, coba dientengin (gir belakang diperbesar). Kalau misalnya sudah mentok tapi mesin terus saja naik dan sampai melewati redline atau sampai kena limiter, beratin saja girnya.

Idealnya sih saya nggak tahu, mengingat motor kecil itu sangat dipengaruhi berat pengendaranya gir idealnya tiap2 orang juga bisa beda2. Saya yang beratnya 70kg tentu saja beda dengan orang yang beratnya 60kg. Atau, mungkin orangnya 100kg, kemungkinan besar girnya harus dientengin supaya dapat kecepatan maksimum yang optimal.
Image
herryganz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45

Post by herryganz »

Hola para bikers,

Gua mau sharing nih\untuk bengkel modifikasi, sebelumnya kl untuk modfikasi penampilan sih mungkin tergantung pemilik yaaa... Kl gua sih lebih ke performance engine....

Beberapa hari yg lalu gua nyoba bengkel "CHIPS" yg di pos pengumben (katanya anak "SATRIA F150" nyeting di situ), karena penasaran gua nyoba tuh...

Wal hasil gua cuma bisa ngasi komentar satu gua kecewa berat.

1. Motor gua jadi brebet pas ganti pilit jet 17.5 (pilot jet kayaknya imitasi jadi kalibrasinya gak presisim stamp di pilot jet lebih kasar ama pilot jet original Suziku)

2. tarikan jadi berat banget, pas di rpm atas motor jadi agak nahan gak maksimal.

3. Sering mati sendiri (dari jalan trus berenti di lampu merah).

4. Montir sepertinya bener-2 teks book, apa yg ditulis di "M+" semuanya di ikutin tanpa melihat kondisi/karakter mesin motor. (krn gua percaya 1 pabrik pasti beda karakter), spt bukaan angin harus 1 putran dll, itu di ikutin plek ama dia, gila kan....

Kesimpulan gua udah gak mau balik lagi (itu pasti), mungkin yg rumahnya jauh saran gua mendingan cari bengkel deket aja deh, pengalaman pribadi gua sih tuh bengkel gak patut gua bela-2in.... malah mekanik gua di depok bisa nyeting lebih baik dan gak harus ganti spuyer...tarikan enteng and wus...wus.....wus....

piss ah,
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

ganti pilot emang mesti diimbangi dengan setelan angin yang pas (meski setelan angin karbu vaccum juga ikut nyetel bengsin) jadi mungkin setelan anginnya yang kurang gede tuh.... sebenarnya gampang banget koq nyetelnya.... kalo masih belum enak coba diturunin jadi 15 saja... tapi kalo 12,5. biasanya mbrebet tuh.... kedua buah satria saya ganti pilot tuh, yang satu 17.5 yang satunya 15. tapi lain hal kalo diganti ama yang gak ori, wah, bisa ngaco tuh... belum tentu presisi lubangnya... khan kecil banget toleransinya... minta aja standar GLPro atau asli Keihin (meski karbu nya Mikuni)
User avatar
jihad koplo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 366
Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53

Post by jihad koplo »

ehhh bisa pake premium gak?? klo buat harian pake pertamax terus mending pake scorpio deh
Scorpio Bedebah!!
kymco free LX lamban tapi nyaman
Faster Is Safer
pk
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Tue Jan 11, 2005 1:58

Post by pk »

bro jihad koplo,
udah baca motorplus edisi No. 305-1 Januari 2005 ?
di situ ada artikel menarik mengenai perbandingan antara premium dan pertamax untuk f150. atau bisa juga ke situs ssfc di http://ssfc.or.id, di sana juga ada artikel tersebut. atau... coba saya re-post lagi di sini:

TES PREMIUM DAN PERTAMAX
Rasio kompresi motor, sangat menentukan dalam pemilihan bahan bakar. Em-Plus coba ngetes motor kompresi tinggi diberi perlakuan beda. Seperti Suzuki Satria F150 kompresinya 10,2 : 1. Pertama tes diisi Pertamax. Kemudian digeber keliling Jakarta pas jam macet. Dari pukul 15:50-16:30.

Kondisi berboncengan. Pengendara 70 kg dan boncenger 60 kg. Hasilnya mencapai jarak tempuh 64 km. Menghabiskan Pertamax 2.100 cc, atau 2 liter lebih 100 cc. Berarti bisa dicari pemakaian BBM-nya. Sekitar 30,5 km/liter.

Perlakuan kedua diisi Premium. Tentu setelah tangki dikuras. Dites sendirian alias tanpa boncenger. Berat pengendara 65 kg. Dites di Jakarta sekitar jam 10 pagi

Kesimpulanya, Pertamax lebih irit meski dengan beban berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga gede. Beda dengan pakai Premium. Gas harus dipelintir abis mulu. Sehingga boros.

(Sumber: M+ No. 305-1 Januari 2005 )

Semoga manjadi pencerahan... hehehehe
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

mau nambahin, saya punya perbandingan pake pertamx dan pertamax plus, pada saat pake pertamax 1:33 setelah ganti plus naik jadi 1:35... cukup signifikan mengingat harga yang cuma beda 200 perak dan tenaga yang terasa lebih oke...
herryganz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45

Post by herryganz »

piterr wrote:mau nambahin, saya punya perbandingan pake pertamx dan pertamax plus, pada saat pake pertamax 1:33 setelah ganti plus naik jadi 1:35... cukup signifikan mengingat harga yang cuma beda 200 perak dan tenaga yang terasa lebih oke...
Bro piter,
gimana dengan panas mesin tuh...
Banyak yg bisa mesin jadi lebih panas dan mungkin korelasinya mesin jadi gak awet terutaman knalpot...

BTW...bro piter gua udah liat fotonya di SSFC, tapi kayaknya knalpot endurancenya itu kok gak ngeplak/rapet (kayak standarnya) bgt ya?
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

panas mesin ada kemungkinan emang naik..... tapi gak kentara tuh, ujung manifold knalpot jg gosongnya gak nambah kalo diperhatiin.... yang dimaksud knalpot endurance gak ngeplak yang mana ya bro? belum ngarti maksudnya...
herryganz
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 51
Joined: Mon Nov 29, 2004 10:45

Post by herryganz »

piterr wrote:panas mesin ada kemungkinan emang naik..... tapi gak kentara tuh, ujung manifold knalpot jg gosongnya gak nambah kalo diperhatiin.... yang dimaksud knalpot endurance gak ngeplak yang mana ya bro? belum ngarti maksudnya...
maksudnya setelannya ngeplak kayak orisinilnya (gak ada celah di kolongnnya) gitchu..........