Serba-serbi Minyak Rem

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Serba-serbi Minyak Rem

Post by BADAK »

Perkenankan nubie membuka tret baru, karena sangat ingin mengetahui info2 dlm dunia otomotif..
Kebanyakan didalam forum otomotif membahas fluida semacam oli mesin, oli ATF, radiator coolant, etc.
Sedangkan minyak rem jarang dibahas karena minyak rem sendiri umurnya sangat panjang & tidak begitu terasa perbedaan antara yg satu dgn yg lainnya. Padahal disadari atau tidak, minyak rem juga merupakan fluida penting dalam sistem rem mobil.
Walaupun harganya murah, tapi minyak rem memiliki fungsi yg sangat vital, bahkan lebih vital drpd oli mesin.
Minyak rem sendiri dibagi berdasarkan kandungan (glycol-based / silicone-based) dan standard DOT (Departement Of Transportation USA). Dan saat ini banyak sekali produsen oli yg juga ikut2an memproduksi minyak rem, baik itu DOT3 ataupun DOT4.
Yang nubie ingin tanyakan;
1. Apakah tidak ada standard khusus mengenai kualitas minyak rem? Sebagai perbandingan pada oli ada stadard API service dan JASO.
2. Bagaimanakah ciri2 minyak rem yg bagus, apakah bisa dilihat dr kekentalan dan warnanya saja?
Mungkin master2 disini bisa menjelaskan perbedaan2 antara minyak rem yg berkualitas tinggi dgn minyak rem yg kualitasnya rendah. Karena saya heran jg, ada minyak rem seharga 10rb, tp ada juga minyak rem dr produsen oli terkenal seharga 50rb ke atas..
:thanks:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by imsus2c »

belom bisa kasih komen...
cuman sharing aja, sekarang pakai minyak rem conoco, sudah setahun lebih dan waktunya kuras:
Image
Image
mungkin ada yg pake barang se-merk?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by doq »

menarik!!
betul sekali oom badak, walaupun mempunyai peran yg sangat vital, namun di lapangan masih merupakan barang yg kurang diperhatikan..........
sy juga sama, klo utk oli mesin sudah memiliki merk2 dan spek tertentu utk dijadikan pegangan dalam memilih, lain hal nya dengan minyak rem (selain DOT nya aja), terus terang saya sendiri juga sdh lupa terakhir pakai minyak rem merk apa :oops: :ungg:

hal2 yg diketahui sehubungan minyak rem jg tdk terlalu banyak pembahasan nya, di bandingkan misal nya tentang oli mesin. Hampir mirip dengan oli power steering.
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by m4rio »

kalo ane selami ini pake patokan DOT aja, yang ane pake itu DOT 3 Merek Shell.

selain DOT 3 yang ane tau ada juga DOT 4. yang dimana perbedaannya hanyalah pada ketahanan panas minyak rem itu sendiri.

CMIIW
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by ak4ng »

sy mah pake minyak rem toyota............ ga tau merk apaan........
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by BADAK »

Sebenernya yg saya ingin tau lebih drpd merk itu sendiri. Tapi perbedaan & spec drpd merk2 yg beredar dipasaran. Selama ini dipasaran minyak rem didominasi merk Prest*n*, tanpa kita tahu keunggulan & kandungan didalamnya. Sementara itu dipasaran semakin banyak dibanjiri merk2 baru dgn harga & kualitas unknown. Bisa dipastikan produsen oli sekarang jg msmbuat minyak rem.
Susahnya, tidak ada standard baku mengenai kualitas minyak rem yg tercantum dikemasan & apa aja kandungannya. Akhirnya muncul berbagai macam merk & harga minyak rem dipasaran.
Mungkin rekan2 yg mengerti hal teknisnya bisa dishare, krn hal ini cukup berguna drpd saling meledek antar member :D
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3107
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by m4rio »

wuahhh kalo bicara kandungan minyak rem mah ane gk faham.

kalo kandungan ............ hmmmm.. :e-think: :e-think:
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.

sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Turboman »

AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1

Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid

DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)

Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.

DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.

Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by DOHC »

om turbo... mau nanya donk... kan mobil2 skrg biasanya utk minyak kopling dan minyak rem jadi satu reservoir tuh... nah kira2 ada perbedaan ga kalo pake dot 3 atau 4 gt...

dan sdikit oot neh om.. kalo ane mau kuras minyak kopling ipah, dmana yahh.. scara kalo kuras minyak rem.. kayanya yg bagian jalur pipa yg kopling kaga kena terkuras jg tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Andrian »

@om turboman : om, kalo DOT 2 gimana om?
di motor kalo gak salah pake yg DOT 2 / DOT 3 ya?
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by BADAK »

@Andrian: Standard DOT cmn mengukur titik didih dr minyak rem bro. Aku blm pernah tau kl DOT2. Yg umum dipake DOT3, kemudian DOT4 di racing, dan 5.1 di mbl dgn sistem ABS+EBD.

Yg kita tidak ketahui adalah spec kualitas masing2 merk, knapa ada yg seharga 10rb tp ada jg yg seharga 50rb. Kalo cmn berdasarkan DOT mestinya gak ada bedanya antara minyak rem hrg murah dgn yg mahal..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by maskopat »

Turboman wrote:AFAIK
Standard di minyak rem so far yah DOT, ada 3 / 4 / 5 / 5.1

Umumnya minyak rem terbuat dr bahan Glycol
http://en.wikipedia.org/wiki/Brake_fluid

DOT 3 / 4 / 5.1 umumnya terbuat dr senyawa Glycol sedang DOT 5 banyak yg terbuat dari senyawa Silicone (DOT 5 umumnya utk race purpose)

Percobaan oweh selama ini DOT 4 aman utk banyak mobil, DOT 5.1 pernah coba di panther LS AT selama hampir 5 tahun juga aman.

DOT makin tinggi = boiling point makin tinggi, tapi sifatnya higroskopis-nya juga umumnya makin besar.

Minyak rem di pasaran banyak merek, kalo di rumah mobil2 ane standarin pake Shell DOT-4, including ToKiDies en Katana tuwir ane.
higroskopis itu apaan ya? :e-think:

ane sih selama ini pake DOT3 untuk SL... pake merk sieken putih...
nah satu lagi, bedanya warna merah dan putih apaan ya? dicampur merah dan putih boleh kah? :e-think:
:thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Andrian »

@badak : maksudny makin tinggi DOT makin gimana bro? ane beneran blom paham nih. :ungg:
Image
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6007
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by BADAK »

@pak kopat: Kalo gak salah higroskopis itu daya serap air, yg mana jd kelemahan minyak rem. Merah & putih gak boleh dicampur om, kl dicampur pst jebol karet rem nya. CMIIW.

@Andrian: makin tinggi DOT makin tinggi titik didihnya. Jadi lebih tahan thd kerja rem yg berat. CMIIW lg..

Ini gw yg pgn tanya koq mlh jd yg jawab ya :e-doh:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Turboman »

Kalo ane sih beli minyak rem dari trusted producer aja dah......

So far yg ane pernah pake :
- Shell DOT 4 (sampe skg), terbukti ramah thd karet2
- Igol / Motul DOT 5.1 di Panther LS AT dulu, juga ramah thd karet2.

Kalo buat minyak kopling di ToKiDies ane pake Shell DOT 3, dimana gak butuh performa khusus.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by maskopat »

benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Turboman »

maskopat wrote:benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:
DOT 3 lebih ramah

Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.

Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by Andrian »

minyak rem buat mobil gak apa2 kan dipeke ke motor (sama2 DOT 3)?
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by maskopat »

Turboman wrote:
maskopat wrote:benerin kalo ane salah... DOT4 lebih ramah terhadap karet ya?
ane pernah pengen coba DOT4, tapi montir ngelarang, karena katanya terlalu keras dan bikin karet2 jebol...
jadi DOT4 di SL tua ane gak masalah? :e-think:
DOT 3 lebih ramah

Tergantung situasi, jika karet2 sistem rem baru diganti semua (yg di booster / seal piston caliper) monggo pake DOT 4, tapi jika karet2 dah belasan tahun pake DOT 3 better tetep DOT 3.

Katana 97 saya sih pake DOT 4 so far aman2 aja.
terima kasih om turbo untuk penjelasannya... sangat bermanfaat.
jadi untuk SL ane, ane akan tetap ke DOT3 aja dulu...

nah, kalo warna, bedanya merah dan putih apa ya? katanya sama aja? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by andy1800 »

hari gini dmana pabrikan mobil umumnya jg udah ngeluarin/ngelabelin produk2 minyak dan oli....
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by y_anjasrana »

terakhir ganti bbrp bulan yg lalu, itu jg sekalian ganti master rem. pakai yg warna bening. tp merknya lupa, prestone dot 3 kalu ga salah. tp efeknya ga jelas juga, soalnya barengan dgn ganti master rem. jd pastinya jelas lebih baik dibanding sebelumnya.

:mky_01:
Accurate V5 Accounting System Consultant
poorboys
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Feb 07, 2015 17:00

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by poorboys »

diatas ada dibahas DOT 4 sifatnya higroskopis, klo daya serap airnya tinggi efeknya gimana oom?

minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?

dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?

thx
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10950
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by marmut »

poorboys wrote:diatas ada dibahas DOT 4 sifatnya higroskopis, klo daya serap airnya tinggi efeknya gimana oom?

minyak rem ini baiknya diganti setiap berapa lama?

dan apa beda minyak rem dan minyak kopling?

thx
ganti minyak rem disarankan 1 tahun sekali.
minyak rem dan minyak kopling sama aja cairannya. tapi tabung reservoir-nya ada yang terpisah dan ada juga yang menyatu.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by b8099ok »

Ane pake castrol dot 4 warna bening,... Biar tabung minyak rem kaga jorok (klo pake warna merah/biru, suka nempel pewarnanya).
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
poorboys
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Feb 07, 2015 17:00

Re: Serba-serbi Minyak Rem

Post by poorboys »

marmut wrote: ganti minyak rem disarankan 1 tahun sekali.
minyak rem dan minyak kopling sama aja cairannya. tapi tabung reservoir-nya ada yang terpisah dan ada juga yang menyatu.
mobil saya sudah 4th lebih belum pernah diganti dari pabrik, berarti sangat terlambat ya oom. :big_childish:
klo bawaan mobil biasa menggunakan minyak DOT berapa oom marmut?
semisal DOT3 apakah sebaiknya tetap atau ganti DOT4?
b8099ok wrote:Ane pake castrol dot 4 warna bening,... Biar tabung minyak rem kaga jorok (klo pake warna merah/biru, suka nempel pewarnanya).
bening jadi terlihat lebih bersih ya oom, baru tau klo pewarnanya bisa nempel :big_slap:
efek higroskopis DOT4 yang oom rasakan bagaimana? apa harus lebih sering diganti?