New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26942
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by DOHC »

om turbo... kalo utk coil high power ama busi halo tuh ada referensi kahh beli dmana dan merek nya apa gt ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by iamwewe »

ikut nanya deh mumpung om donny jg lagi nanya hehe.. iya, jujur saya penasaran sama replacement air filter bermerk, logikanya apa mungkin dgn ganti filter udara trus naek HP or torque gitu? paling dia kan cuma nambah udara yg masuk aja toh.. apa iya bisa naekkin hp or torque cuma dgn ganti replacement air filter gitu?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: 1. ane bukan hanya ingin performance-nya naik (secara power / torque), tapi ane jg sangat concern mengenai FC yang baik...

2. intercooler active, itu plug and play? bukannya setau ane intercooler itu dipasangkan apabila ada turbo yang terpasang?

3. Bagaimana dengan air filter bro Turboman? Apakah itu akan improve performance (plus FC)? Karena ane sering denger ttg K&N air filter, sorry ane awam banget mengenai hal 'menggarap' engine / power :D
Gini aja deh, mending disebutkan dulu budget-nya brp utk Modif, lalu target kenaikan Power-nya brp, target perbaikan kons BBM nya brp %

1. Kalo concern utama perbaikan kons BBM step yg paling awal yg ane rekomendasikan yaitu penggunaan BBM berkualitas / additip BB berkualitas, menjaga kebersihan ruang bakar / Piggyback yg bisa kontrol Timing pengapian dan yang terpenting adalah teknik mengemudi Pulse & Glide

Kalo mobil sudah jalan lebih dr 40 rb. Km boleh lakukan pembersihan ruang bakar sistem sembur - hisap lewat lubang busi / purging Injector

2. AIC sistem-nya mendinginkan udara masuk yg menuju filter udara, sistemnya dengan box dan evaporator di balik bumper, udara dingin lebih padat means lebih kaay Oksigen.

3. Air filter free flow model cartridge yes, krn volume udara yg lewat jadi lebih banyak per menit-nya.

Lalu gunakan oli mesin 5W30 Semi synth / Full Synth, agar kerja mesin sedikit lebih ringan.

Btw suka cek celah busi nggak ? TR-FE celah busi harus dijaga 1,1 mm
* Bukan ajakan Beli *
diesellover
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 24, 2012 19:22

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by diesellover »

salam kenal bro turboman.

mau tanya donk bro, kok torsinya GNKI D4D yang a/t dan m/t beda yah? apakah torsinya bisa dibikin sama dengan kondisi standar begitu? mohon pencerahannya juga dari bro2 sekalian yang mungkin tau tentang ini.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

diesellover wrote:salam kenal bro turboman.

mau tanya donk bro, kok torsinya GNKI D4D yang a/t dan m/t beda yah? apakah torsinya bisa dibikin sama dengan kondisi standar begitu? mohon pencerahannya juga dari bro2 sekalian yang mungkin tau tentang ini.
Torsi D4 D M/T biar cuman 200 Nm tapi bentangan bandwidth RPM-nya lebar, sedangkan yg Matic 260 Nm tapi bentangannya lebih sempit.

Paling mudah naekkin Torsi ya pakai Piggyback, kalo gak mau potong kabel bisa pakai PowerPlug / RaceChip Pro

ECU Ipah D4 setahu saya belom bisa ada yang Re-Map / Re-Flash, kalo ada yg claim bisa Re-Map ECU tuk naekkin Hp / Torsi ya suru buktikan hasilnya di Dyno test aza.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

DOHC wrote:om turbo... kalo utk coil high power ama busi halo tuh ada referensi kahh beli dmana dan merek nya apa gt ??
Koil high power bisa hubungi pak hendry di 0815 8800 847
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: 1. ane bukan hanya ingin performance-nya naik (secara power / torque), tapi ane jg sangat concern mengenai FC yang baik...

2. intercooler active, itu plug and play? bukannya setau ane intercooler itu dipasangkan apabila ada turbo yang terpasang?

3. Bagaimana dengan air filter bro Turboman? Apakah itu akan improve performance (plus FC)? Karena ane sering denger ttg K&N air filter, sorry ane awam banget mengenai hal 'menggarap' engine / power :D
Gini aja deh, mending disebutkan dulu budget-nya brp utk Modif, lalu target kenaikan Power-nya brp, target perbaikan kons BBM nya brp %

1. Kalo concern utama perbaikan kons BBM step yg paling awal yg ane rekomendasikan yaitu penggunaan BBM berkualitas / additip BB berkualitas, menjaga kebersihan ruang bakar / Piggyback yg bisa kontrol Timing pengapian dan yang terpenting adalah teknik mengemudi Pulse & Glide

Kalo mobil sudah jalan lebih dr 40 rb. Km boleh lakukan pembersihan ruang bakar sistem sembur - hisap lewat lubang busi / purging Injector

2. AIC sistem-nya mendinginkan udara masuk yg menuju filter udara, sistemnya dengan box dan evaporator di balik bumper, udara dingin lebih padat means lebih kaay Oksigen.

3. Air filter free flow model cartridge yes, krn volume udara yg lewat jadi lebih banyak per menit-nya.

Lalu gunakan oli mesin 5W30 Semi synth / Full Synth, agar kerja mesin sedikit lebih ringan.

Btw suka cek celah busi nggak ? TR-FE celah busi harus dijaga 1,1 mm
OK bro... penjelasannya sangat ilmiah dan lengkap (kyknya ane udah agak "nangkep" dikiiiittt), kalo bbm yg berkualitas, itu bisa dimengerti, itu bisa langsung aplikasi, tapi nanti dulu -- karena bisa berbahaya bagi budget utk long term, soalnya ane masih penasaran ttg bagaimana dengan menaikkan FC dengan sedikit modifikasi, let's say max. 2 jutaan - mana dulu nih yg harus "disentuh" bro?
Ane bukan mekanik, jd ngga pernah ngecek celah busi... lokasinya aja kurang tau dimana, taunya yg ada kabel2 di atas mesin itu biasanya ada busi dibalik itu semua :shrug:
nah kalo fix AIC system itu berapaan ya bro? bisa hubungi siapa kalau di jakarta? trus piggyback yang ekonomis berapaan? *duh udah gatel nih pengen ngeracunin ipah bensin ane* :mky_03:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26942
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by DOHC »

ane jg bukan mekanik.. ga perna mengenyam ilmu permesinan resmi... cuman bermodalkan nanya2 master2 d forum ini ama gugel.... tapi kalo mnurut nubie ane, sejauh ini, ini mobil mesin bensin yg paling gampang utk di kerjain maintenance nya dari smua mobil bensin yg perna menghuni garasi ane slama ini.. utk perawatan ganti busi, semprot2 carbjet, bersihin filter bensin, ganti seal cover busi, ganti oli ampe ganti belt pun bisa ane kerjakan sendiri... emang bener2 ini mobil garis keturunan habitat nya emang utk mobil kelas pekerja... gampang di rawat oleh siapa aja... ga perlu mekanik khusus.. :mrgreen: :mrgreen: :upss: :upss: :upss:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

DOHC wrote:ane jg bukan mekanik.. ga perna mengenyam ilmu permesinan resmi... cuman bermodalkan nanya2 master2 d forum ini ama gugel.... tapi kalo mnurut nubie ane, sejauh ini, ini mobil mesin bensin yg paling gampang utk di kerjain maintenance nya dari smua mobil bensin yg perna menghuni garasi ane slama ini.. utk perawatan ganti busi, semprot2 carbjet, bersihin filter bensin, ganti seal cover busi, ganti oli ampe ganti belt pun bisa ane kerjakan sendiri... emang bener2 ini mobil garis keturunan habitat nya emang utk mobil kelas pekerja... gampang di rawat oleh siapa aja... ga perlu mekanik khusus.. :mrgreen: :mrgreen: :upss: :upss: :upss:
makin menguatkan keinginan ane untuk merombak sesuatu yg ada pada ipah ini :mky_06:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: OK bro... penjelasannya sangat ilmiah dan lengkap (kyknya ane udah agak "nangkep" dikiiiittt), kalo bbm yg berkualitas, itu bisa dimengerti, itu bisa langsung aplikasi, tapi nanti dulu -- karena bisa berbahaya bagi budget utk long term, soalnya ane masih penasaran ttg bagaimana dengan menaikkan FC dengan sedikit modifikasi, let's say max. 2 jutaan - mana dulu nih yg harus "disentuh" bro?
Ane bukan mekanik, jd ngga pernah ngecek celah busi... lokasinya aja kurang tau dimana, taunya yg ada kabel2 di atas mesin itu biasanya ada busi dibalik itu semua :shrug:
nah kalo fix AIC system itu berapaan ya bro? bisa hubungi siapa kalau di jakarta? trus piggyback yang ekonomis berapaan? *duh udah gatel nih pengen ngeracunin ipah bensin ane* :mky_03:
Kalo dgn budget 2 jt solusinya :
- Carbon Clean Ruang bakar & intake valve (Odonya udah brp Km belom dijawab)
- Oli 5W30
- Racun bensin macam Redline CFSC
- Selalu isi bensin Lux 100 rb aja ke Premium pultenk
- Koil High Power
- Busi Halo
- Feeler Gauge busi tuk ukur celah busi
- Kunci sok utk buka busi
- KnN air filter
- Belajar nyetir Pulse & Glide

Kalau Piggyback yg bisa kontrol AFR & Timing Pengapian = 4,5 jt (Dastek Q)

Nyetir scr Pulse & Glide dan jangan pernah nunggu lama di mobil sambil mesin hidup, itu yg paling penting.
* Bukan ajakan Beli *
diesellover
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 24, 2012 19:22

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by diesellover »

Turboman wrote:
diesellover wrote:salam kenal bro turboman.

mau tanya donk bro, kok torsinya GNKI D4D yang a/t dan m/t beda yah? apakah torsinya bisa dibikin sama dengan kondisi standar begitu? mohon pencerahannya juga dari bro2 sekalian yang mungkin tau tentang ini.
Torsi D4 D M/T biar cuman 200 Nm tapi bentangan bandwidth RPM-nya lebar, sedangkan yg Matic 260 Nm tapi bentangannya lebih sempit.

Paling mudah naekkin Torsi ya pakai Piggyback, kalo gak mau potong kabel bisa pakai PowerPlug / RaceChip Pro

ECU Ipah D4 setahu saya belom bisa ada yang Re-Map / Re-Flash, kalo ada yg claim bisa Re-Map ECU tuk naekkin Hp / Torsi ya suru buktikan hasilnya di Dyno test aza.
ok bro turboman, thanks banget untuk pencerahannya. :big_peace:

mau tanya lagi nih bro, kalo pake powerplug gitu bisa di remap juga gak powerplug nya? karena ane lebih mentingin efisiensi FC sebenarnya :e-think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

diesellover wrote: mau tanya lagi nih bro, kalo pake powerplug gitu bisa di remap juga gak powerplug nya? karena ane lebih mentingin efisiensi FC sebenarnya :e-think:
Kalo mau yg bisa disetel setel = RaceChip Pro, sistem coloknya di konektor sensor FRP, sama persis spt PP.

Baik RCP maupun PP harga kalo ga salah sekitar 3,5 jt.

Kalo utk Territory harga sekitar 3,5 jt yg fitur paling kumplit yah ECU Shop Cube, ada 2 Map, bisa bikin Map Power dan Map irit + OFF (By-Pass)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: OK bro... penjelasannya sangat ilmiah dan lengkap (kyknya ane udah agak "nangkep" dikiiiittt), kalo bbm yg berkualitas, itu bisa dimengerti, itu bisa langsung aplikasi, tapi nanti dulu -- karena bisa berbahaya bagi budget utk long term, soalnya ane masih penasaran ttg bagaimana dengan menaikkan FC dengan sedikit modifikasi, let's say max. 2 jutaan - mana dulu nih yg harus "disentuh" bro?
Ane bukan mekanik, jd ngga pernah ngecek celah busi... lokasinya aja kurang tau dimana, taunya yg ada kabel2 di atas mesin itu biasanya ada busi dibalik itu semua :shrug:
nah kalo fix AIC system itu berapaan ya bro? bisa hubungi siapa kalau di jakarta? trus piggyback yang ekonomis berapaan? *duh udah gatel nih pengen ngeracunin ipah bensin ane* :mky_03:
Kalo dgn budget 2 jt solusinya :
- Carbon Clean Ruang bakar & intake valve (Odonya udah brp Km belom dijawab)
- Oli 5W30
- Racun bensin macam Redline CFSC
- Selalu isi bensin Lux 100 rb aja ke Premium pultenk
- Koil High Power
- Busi Halo
- Feeler Gauge busi tuk ukur celah busi
- Kunci sok utk buka busi
- KnN air filter
- Belajar nyetir Pulse & Glide

Kalau Piggyback yg bisa kontrol AFR & Timing Pengapian = 4,5 jt (Dastek Q)

Nyetir scr Pulse & Glide dan jangan pernah nunggu lama di mobil sambil mesin hidup, itu yg paling penting.
Bro...mobil ane masih baru, sekitar 1500 km - jadi asumsi masih belum perlu carbon clean ya?
Pertanyaan:
1. oli 5W30 contohnya apa ya bro? bisa dikasi masukan? oli ini setiap berapa sekali ganti? let's say 10rb km?
2. Redline CFSC, bisa beli dimana nih bro? apakah sama antara yang STP octance booster? yg sekali isi 1 tabung untuk 21 galon (60 liter)?
3. Busi Halo kalo dibandingin dengan yang Bosch atau Duration Racing / Iridium, sama ngga? atau better Halo?
4. K&N air filer untuk ipah bensin berapaan ya bro? bisa pasang dimana?
5. Ada referensi Feeler Gauge Busi dan kunci sok yg diperlukan untuk check busi?

Pulse & Glide, i got the idea - tapi soal tunggu di mobil pada saat idle mgkn bisa tak terhindarkan karena suhu jkt yg sangat panas, ga kuat kalo ngga nyala AC kalo pas lg nunggu bini di parkiran (kalo doi lagi turun sebentar)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: A. mobil ane masih baru, sekitar 1500 km -
A.1 jadi asumsi masih belum perlu carbon clean ya?
Pertanyaan:
1. oli 5W30 contohnya apa ya bro? bisa dikasi masukan? oli ini setiap berapa sekali ganti? let's say 10rb km?
2. Redline CFSC, bisa beli dimana nih bro? apakah sama antara yang STP octance booster? yg sekali isi 1 tabung untuk 21 galon (60 liter)?
3. Busi Halo kalo dibandingin dengan yang Bosch atau Duration Racing / Iridium, sama ngga? atau better Halo?
4. K&N air filer untuk ipah bensin berapaan ya bro? bisa pasang dimana?
5. Ada referensi Feeler Gauge Busi dan kunci sok yg diperlukan untuk check busi?

B. Pulse & Glide, i got the idea - tapi soal tunggu di mobil pada saat idle mgkn bisa tak terhindarkan karena suhu jkt yg sangat panas, ga kuat kalo ngga nyala AC kalo pas lg nunggu bini di parkiran (kalo doi lagi turun sebentar)
A. Masa break in mesin Ipah sampai benar2 optimal itu 5000 Km, sebelum 5000 Km kalo FC kurang optimal yah wajar.
A.1 Belum perlu

1. Mau cari yg harga berapa per Liternya ?
2. Toda / ACE Hrdw & berbagai toko oli ada
3. Belom pernah banding2-in, tapi enaknya pakai busi Halo gak usah ukur2 Gap lagi.
4. Sekitar 650 rb., pasang aja sendiri
5. Bisa beli lewat internet, keyword : Spark Plug Feeler gauge

B. Idealnya cari tempat parkir dan matikan mesin, kecuali nunggu 1 - 2 menit aja. Kita asumsikan aja kalo nunggu 10 menit dgn mesin nyala, jika mobil jalan rata rata 30 km/jam saja, maka 10 menit sudah bisa tempuh jarak 5 Km.....heheheheh
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

donnyng wrote:
Turboman wrote:
donnyng wrote:

- Selalu isi bensin Lux 100 rb aja ke Premium pultenk
bro...maksudnya 100rb yang octane berapa ya? let's say untuk ipah bensin, pultenk sekitar 225rb premium, berarti perbandingannya sbb:
14-15 liter Octane 92 (12.25 liter yang octane 95) + 28 liter premium = total: 42-43 liter (92 + 88) / 40-41 liter (95 + 88)? Apakah benar demikian?

Bro...kalau benar demikian, kenapa ya ane denger bahwa perbandingan bensin yg octane 92-95 ini harus lebih banyak daripada premium di dalam 1 tangki? (katanya sih menyangkut efisiensi bakar masing2 type BBM yang ada dan ngga ada aditif-nya) mohon pencerahannya bro. Tengkiu.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: 1. bro...maksudnya 100rb yang octane berapa ya? let's say untuk ipah bensin, pultenk sekitar 225rb premium, berarti perbandingannya sbb:
14-15 liter Octane 92 (12.25 liter yang octane 95) + 28 liter premium = total: 42-43 liter (92 + 88) / 40-41 liter (95 + 88)? Apakah benar demikian?

2. Bro...kalau benar demikian, kenapa ya ane denger bahwa perbandingan bensin yg octane 92-95 ini harus lebih banyak daripada premium di dalam 1 tangki? (katanya sih menyangkut efisiensi bakar masing2 type BBM yang ada dan ngga ada aditif-nya) mohon pencerahannya bro. Tengkiu.
1. Bebas mau pakai RON 92 / 95......gak perlu ribet2, setiap mau isi BBM isi aja bensin Lux 100 rb., kemudian baru isi dgn premium sampai penuh. Soal komposisi bensin lux juga bebas mau isi brp disesuaikan dgn budget aja, angka 100 rb utk permisalan spy mudahnya aja

2. Yah idealnya sih mmg jangan pakai RON 88 yg miskin additive, tapi kan krn petrimbangan cost aja kita isi bensin Lux 100 rb ke premium pultenk + kasih racun dikit utk meminimalisir efek negative premium yg miskin additive.

Bensin jika miskin additive detergent akan cepat membentuk kerak krn unsur pembentuk bensin itu sendiri spt Aromatic & Olefin mmg bertendensi membuat endapan, apalagi jika kadar Olefin-nya masih cukup tinggi.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: A. mobil ane masih baru, sekitar 1500 km -
A.1 jadi asumsi masih belum perlu carbon clean ya?
Pertanyaan:
1. oli 5W30 contohnya apa ya bro? bisa dikasi masukan? oli ini setiap berapa sekali ganti? let's say 10rb km?
2. Redline CFSC, bisa beli dimana nih bro? apakah sama antara yang STP octance booster? yg sekali isi 1 tabung untuk 21 galon (60 liter)?
3. Busi Halo kalo dibandingin dengan yang Bosch atau Duration Racing / Iridium, sama ngga? atau better Halo?
4. K&N air filer untuk ipah bensin berapaan ya bro? bisa pasang dimana?
5. Ada referensi Feeler Gauge Busi dan kunci sok yg diperlukan untuk check busi?

B. Pulse & Glide, i got the idea - tapi soal tunggu di mobil pada saat idle mgkn bisa tak terhindarkan karena suhu jkt yg sangat panas, ga kuat kalo ngga nyala AC kalo pas lg nunggu bini di parkiran (kalo doi lagi turun sebentar)
A. Masa break in mesin Ipah sampai benar2 optimal itu 5000 Km, sebelum 5000 Km kalo FC kurang optimal yah wajar.
A.1 Belum perlu

1. Mau cari yg harga berapa per Liternya ?
2. Toda / ACE Hrdw & berbagai toko oli ada
3. Belom pernah banding2-in, tapi enaknya pakai busi Halo gak usah ukur2 Gap lagi.
4. Sekitar 650 rb., pasang aja sendiri
5. Bisa beli lewat internet, keyword : Spark Plug Feeler gauge

B. Idealnya cari tempat parkir dan matikan mesin, kecuali nunggu 1 - 2 menit aja. Kita asumsikan aja kalo nunggu 10 menit dgn mesin nyala, jika mobil jalan rata rata 30 km/jam saja, maka 10 menit sudah bisa tempuh jarak 5 Km.....heheheheh
Amazing bro Turboman...tengkiu atas ulasannya, ada beberapa jawaban yg ane perlu torehkan:
1. Dulu ane isi Shell yg botol biru sekitar 70rb / liter, apakah ada yg available dgn harga segitu untuk yang 5W30? brand apa tuh? Anyway ipah perlu berapa liter ya? maklum pemakai baru nih
4. Apakah K&N Air Filter ini di Toda / ACE ada juga? Atau harus ke specific speed shop?
B. I agree, that change my perception a lot :off_good_job:

oyah... katanya FC juga sedikit dipengaruhi oleh tekanan ban, ane seminggu sekali selalu check dan make sure di angka 35 psi untuk all tyres.. ok kah?
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: 1. bro...maksudnya 100rb yang octane berapa ya? let's say untuk ipah bensin, pultenk sekitar 225rb premium, berarti perbandingannya sbb:
14-15 liter Octane 92 (12.25 liter yang octane 95) + 28 liter premium = total: 42-43 liter (92 + 88) / 40-41 liter (95 + 88)? Apakah benar demikian?

2. Bro...kalau benar demikian, kenapa ya ane denger bahwa perbandingan bensin yg octane 92-95 ini harus lebih banyak daripada premium di dalam 1 tangki? (katanya sih menyangkut efisiensi bakar masing2 type BBM yang ada dan ngga ada aditif-nya) mohon pencerahannya bro. Tengkiu.
1. Bebas mau pakai RON 92 / 95......gak perlu ribet2, setiap mau isi BBM isi aja bensin Lux 100 rb., kemudian baru isi dgn premium sampai penuh. Soal komposisi bensin lux juga bebas mau isi brp disesuaikan dgn budget aja, angka 100 rb utk permisalan spy mudahnya aja

2. Yah idealnya sih mmg jangan pakai RON 88 yg miskin additive, tapi kan krn petrimbangan cost aja kita isi bensin Lux 100 rb ke premium pultenk + kasih racun dikit utk meminimalisir efek negative premium yg miskin additive.

Bensin jika miskin additive detergent akan cepat membentuk kerak krn unsur pembentuk bensin itu sendiri spt Aromatic & Olefin mmg bertendensi membuat endapan, apalagi jika kadar Olefin-nya masih cukup tinggi.
mantaaab...ok deh..tengkiu Bro Turboman
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

donnyng wrote: 1. Dulu ane isi Shell yg botol biru sekitar 70rb / liter, apakah ada yg available dgn harga segitu untuk yang 5W30? brand apa tuh? Anyway ipah perlu berapa liter ya? maklum pemakai baru nih
2. Apakah K&N Air Filter ini di Toda / ACE ada juga? Atau harus ke specific speed shop?

3. katanya FC juga sedikit dipengaruhi oleh tekanan ban, ane seminggu sekali selalu check dan make sure di angka 35 psi untuk all tyres.. ok kah?
1. Utk rentang harga 75 - 90 rb. / L bisa consider Motul H-Tec 5W30 / sainz genius 5W30 / Kendall 5W30 semi synthetic API SN / Honda Genuine oil 5W30

Volume oli mesin dgn ganti filter 5,5 - 5,6 L bisa dilihat di buku manual atau mudahnya install APG di BB, ada datanya di bagian Handbook.

2. Toko asesoris di sentra2 asesoris parts spt MGK / PMK / DTMF, nah skg mudahnya ke lokasi yg mana dulu ?

3. betul sekali, segitu dah pas
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
donnyng
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Jun 04, 2012 8:50

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by donnyng »

Turboman wrote:
donnyng wrote: 1. Dulu ane isi Shell yg botol biru sekitar 70rb / liter, apakah ada yg available dgn harga segitu untuk yang 5W30? brand apa tuh? Anyway ipah perlu berapa liter ya? maklum pemakai baru nih
2. Apakah K&N Air Filter ini di Toda / ACE ada juga? Atau harus ke specific speed shop?

3. katanya FC juga sedikit dipengaruhi oleh tekanan ban, ane seminggu sekali selalu check dan make sure di angka 35 psi untuk all tyres.. ok kah?
1. Utk rentang harga 75 - 90 rb. / L bisa consider Motul H-Tec 5W30 / sainz genius 5W30 / Kendall 5W30 semi synthetic API SN / Honda Genuine oil 5W30

Volume oli mesin dgn ganti filter 5,5 - 5,6 L bisa dilihat di buku manual atau mudahnya install APG di BB, ada datanya di bagian Handbook.

2. Toko asesoris di sentra2 asesoris parts spt MGK / PMK / DTMF, nah skg mudahnya ke lokasi yg mana dulu ?

3. betul sekali, segitu dah pas
sippp deh. tengkiu bro Turboman... :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26942
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by DOHC »

spark plug feeler gauge bisa di beli di glodok... harga kisaran 20an - 50an rebu... tergantung merek..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
v4ldi5
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 242
Joined: Tue Apr 24, 2007 12:26

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by v4ldi5 »

donnyng wrote:
v4ldi5 wrote:Ada yang pernah ngitung gak selisih harga mesin bensin dengan diesel, kalo dibelikan solar tuh bisa dapet berapa liter?
seharusnya dihitung ke mesin bensin karena ipah bensin lebih murah drpd diesel, jadi kalau selisih ipah bensin dan ipah diesel adalah 15jt, sedangkan premium di angka 4500 / ltr, maka akan total akan didapat 3,333 liter bensin dengan selisih harga tsb, apabila FC ipah bensin di angka 1;7, maka didapatkan extra 23,331 km atau sekitar setahunan extra mileage dengan bensin - saya masih pikir dengan perawatan yang lebih mudah dan murah, dan biaya tahunan yang lebih ringan (sedikit) dan kebersihan mesin bensin, mesin bensin ipah akan tetap diminati, walau torsi-nya kalah dengan diesel. Again, apabila ada penemuan2 yang sensasional ttg bagaimana lebih meningkatkan performa mesin bensin ipah (dalam segi torsi dan FC) - ipah bensin akan sangat diminati, providing harga ipah bensin akan tetap lebih murah dari ipah diesel ya untuk kedepannya (IMHO)
ya beli bensin maksudnya. Dari itung2 an diatas udah jelas untuk jangka pendek mending bensin kalo pake mobilnya luamaa di atas 5 tahun atau jarak tempuh tinggi mending diesel.
diesellover
Visitor
Visitor
Posts: 5
Joined: Tue Jul 24, 2012 19:22

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by diesellover »

Turboman wrote:
Kalo utk Territory harga sekitar 3,5 jt yg fitur paling kumplit yah ECU Shop Cube, ada 2 Map, bisa bikin Map Power dan Map irit + OFF (By-Pass)
thank you atas pencerahannya bro turboman.

untuk 2 Map yang bro bilang seperti di atas itu, apa mapnya masi bisa kita customised ulang atau emank udah pre-custom dari ECU Shop Cube nya sendiri? maksud saya, kalau misalnya kita mau setting untuk curva torsi yang bandwidth peak torque nya berada di RPM 1400-3000 gitu bisa ga? :ungg:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

v4ldi5 wrote: ya beli bensin maksudnya. Dari itung2 an diatas udah jelas untuk jangka pendek mending bensin kalo pake mobilnya luamaa di atas 5 tahun atau jarak tempuh tinggi mending diesel.
Kalo buat yg nggak hobby nyetir / tahunya disupirin mungkin begitu.

Tapi kalo selalu bawa sendiri akan tahu Fun to Drive factor D4 D itu gimana..........nggak cuman hanya menang irit doank.

Terbukti di milis IC yg ganti dr 1TR-FE ke D4 D dah gak keitung banyaknya, sampai ada yg komen "Tahu begini gw dari dulu ambil D4 D"
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: New Grand Innova 2011 G A/T, bensin atau solar

Post by Turboman »

diesellover wrote: 1. untuk 2 Map yang bro bilang seperti di atas itu, apa mapnya masi bisa kita customised ulang atau emank udah pre-custom dari ECU Shop Cube nya sendiri?
2. maksud saya, kalau misalnya kita mau setting untuk curva torsi yang bandwidth peak torque nya berada di RPM 1400-3000 gitu bisa ga? :ungg:
1. Customize di atas Dyno kayak Dastek

2. Utk membuat Torsi dari 1500 - 3000 RPM cukup tinggi bisa, hanya saja mekanisme mesin D4 D sedemikian rupa karakter kurva Torsi-nya gak bisa flat, jadi biasanya dari 1500 ke sekitar 2500 dia naik tinggi, lalu di atas 3000 RPM dia drop. Zona Torsi tinggi umumnya antara 2000 - 3000 RPM (Puncak bukit)

Tapi kalo yg dicari antara 1500 - 3000 RPM Torsi yg tinggi yah bisa, cuman zona 1500 - 2000 RPM nya gak setinggi 2000 - 3000 RPM

Eniwei kalo dari RPM rendah Torsi sudah tinggi sekali juga yg ada BBM jadi lebih boros dan Stress Powertrain sangat tinggi.

Ini utk D4 D yg skg ada = yg non VN Turbo
* Bukan ajakan Beli *