oh yg sodaraan sm Hyundait Motor ya?y_anjasrana wrote:Kiat Motor emang udah ngetop duluan dari esemka. Udah mendunia malah....
Btw, ini ngomongin mobil korea pa bukan sih....
ESEMKA
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: ESEMKA
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2782
- Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
- Location: surabaya rek
Re: ESEMKA
Gini ini mentalnya . Orgnya pada lebai2 , esemka blm jadi apa2 , udah jadi tool rebutan orang2 . Norak ah .
Coba kl dibenahin bener, mulai dari planning yg jelas , pengembangan networking bengkel / spare part, peneloran produk yg jelas . pelan2 aja tp pasti .
Dan dibuat branding yg lebih oke lah , jangan SMK dijadiin "tool" , brandnya jadi ESEMKA ...... secara wa org awam lsg nyengir , brandnya norak .
Kl mmg bisa serius dan gak dijadiin bahan aneh2 ama org2 yg haus popularitas dan duit jangka pendek , brand otomotif lokal yg bagus bukanlah mimpi.
Coba liat Proton di negara tetangga. ......
Coba kl dibenahin bener, mulai dari planning yg jelas , pengembangan networking bengkel / spare part, peneloran produk yg jelas . pelan2 aja tp pasti .
Dan dibuat branding yg lebih oke lah , jangan SMK dijadiin "tool" , brandnya jadi ESEMKA ...... secara wa org awam lsg nyengir , brandnya norak .
Kl mmg bisa serius dan gak dijadiin bahan aneh2 ama org2 yg haus popularitas dan duit jangka pendek , brand otomotif lokal yg bagus bukanlah mimpi.
Coba liat Proton di negara tetangga. ......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: ESEMKA
Yah namanya juga baru sekali bikin mobil, kalau Proton khan udah lama.
Biar aja dikatakan jelek, nanti juga nyampe. Tidak perlu besar untuk mulai melangkah, tapi perlu mulai melangkah untuk menjadi besar.
Biar aja dikatakan jelek, nanti juga nyampe. Tidak perlu besar untuk mulai melangkah, tapi perlu mulai melangkah untuk menjadi besar.
Ready to Race
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: ESEMKA
Seperti yang saya khawatirkan sebelumnya, ni mobil gak bakalan lulus uji emisi kalo mesin, sistem bahan bakar ma pembuangannya gak dibenahi, la ini 100% timor dohc, teknologi tahun 1990 an, dipaksa lulus uji emisi standar 2012,
jangan hanya dipolitisir untuk menaikkan pamor pejabat aja,
kasian rakyat indonesia dari dulu dibodohi penguasa terus, dan anehnya, mereka percaya banget, bahkan pasang badan,
seperti kata BJ Habibie, mobil esemka pembuatannya tidak profesional,
jangan hanya dipolitisir untuk menaikkan pamor pejabat aja,
kasian rakyat indonesia dari dulu dibodohi penguasa terus, dan anehnya, mereka percaya banget, bahkan pasang badan,
seperti kata BJ Habibie, mobil esemka pembuatannya tidak profesional,
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1073
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: ESEMKA
maaf ya, mimpi mobil nasional sudah ada di benak kita orang Indonesia sejak tahun 70-an, 40 tahun kemudian, masih belum terwujud.
sebenarnya saya gak ngerti kenapa harus ada mobil nasional?
bukan saya mencibir esemka dll, tapi mau berpikir realistis saja.
tidak semua negara didunia punya merek lokal, hanya sebagian kecil saja.
ok, ada kebanggaan kalau bisa bikin mobil, tapi bikin mudah, jualan yang susah.
malaysia yang dengan bangga punya proton, padahal itu bukan mobil yang bagus. terlihat dari jualannya, kalah kan sama avanza or innova or grand livina or luxio.
soal mobil nasional, rakyat biasa kayak kita, bukan politisi, mana lebih baik? Esemka baru atau toyota kijang kapsul tahun 97? dengan budget 100 juta kalian beli mobil yang mana?
sebenarnya saya gak ngerti kenapa harus ada mobil nasional?
bukan saya mencibir esemka dll, tapi mau berpikir realistis saja.
tidak semua negara didunia punya merek lokal, hanya sebagian kecil saja.
ok, ada kebanggaan kalau bisa bikin mobil, tapi bikin mudah, jualan yang susah.
malaysia yang dengan bangga punya proton, padahal itu bukan mobil yang bagus. terlihat dari jualannya, kalah kan sama avanza or innova or grand livina or luxio.
soal mobil nasional, rakyat biasa kayak kita, bukan politisi, mana lebih baik? Esemka baru atau toyota kijang kapsul tahun 97? dengan budget 100 juta kalian beli mobil yang mana?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Sebenernya, mungkin ini juga akumulasi kekecewaan rahayat jelata yang merasa selalu underdog dibanding tetangga. Kasarannya, pengin pamer dikit lah, karena pada kenyataannya, memang banyak banget generasi2 muda kita yang pinter2 dan banyak invention invention yang cukup memukau. Hanya saja, mandeg sampai disitu...sehingga mereka terpaksa cari makan di negeri orang.aspsilver wrote:maaf ya, mimpi mobil nasional sudah ada di benak kita orang Indonesia sejak tahun 70-an, 40 tahun kemudian, masih belum terwujud.
sebenarnya saya gak ngerti kenapa harus ada mobil nasional?
bukan saya mencibir esemka dll, tapi mau berpikir realistis saja.
tidak semua negara didunia punya merek lokal, hanya sebagian kecil saja.
ok, ada kebanggaan kalau bisa bikin mobil, tapi bikin mudah, jualan yang susah.
malaysia yang dengan bangga punya proton, padahal itu bukan mobil yang bagus. terlihat dari jualannya, kalah kan sama avanza or innova or grand livina or luxio.
soal mobil nasional, rakyat biasa kayak kita, bukan politisi, mana lebih baik? Esemka baru atau toyota kijang kapsul tahun 97? dengan budget 100 juta kalian beli mobil yang mana?
Kekecewaan bertambah memuncak, manakala kebanggaan nasional, IPTN, dibekukan oleh IMF sebagai salah satu syarat pencairan bantuan. Padahal N250 sudah terbang perdana... Istilahnya, teknologi nasional yang mendahului jamannya, yang ditelurkan oleh orang Indonesia asli juga, dibekukan bangsa lain. Nah sekarang, ada invention dengan penguasaan teknologi dalam negeri yang diharapkan bisa lebih menyumbang pendapatan bagi negara (uang belanja mobil tidak dibawa kabur orang asing), memajukan anak2 negeri sendiri, tidak tergantung dengan teknologi luar, memajukan dunia pendidikan kita yang...u know.. isinya kalo ngga tawuran, ya ngartis [cencored] atau narkoba, pantas rasanya kalo kita merasa mendapat angin segar perubahan dari kejenuhan dan kestagnasi-an kehidupan masyarakat kita.
Ini bangsa yang besar. Kenapa mencari bibit2 bermutu yang bisa memajukan bangsa di berbagai sektor seperti berada d suatu negara yang hanya berpenduduk 1000 jiwa? Masyarakat sudah jenuh dengan prestasi bola. Lihat aja, saat U21 menang lawan brunei, kayak apa girangnya masy kita. mereka udh jenuh dengan sandiwara2 politik. Mereka butuh BUKTI bahwa kita INI LHO bukti Indonesia bangsa yang besar.
Lewat sepakbola, maju mundur. Lewat Sea Games, gitu gitu aja. Apalagi Asian Games?
Dengan cara bagaimana lagi kita punya kebanggaan atas jatidiri sebagai bangsa Indonesia?
Mobnas memang bukan satu2nya sarana penemuan jatidiri bangsa. Tapi, kalau memang saat ini semua jalan menemui jalan buntu, bagaimana?
Ini hanya suara rahayat jelata..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: ESEMKA
sapa bilang indonesa ga punya mobnas? ada koq...
Nih... brosurnya....
Siap diekspor....
Lagi buat foto2....
Presiden lagi test drive.... (yg namanya presiden ya pasti disupiri lhaa.... )
Nih... brosurnya....
Siap diekspor....
Lagi buat foto2....
Presiden lagi test drive.... (yg namanya presiden ya pasti disupiri lhaa.... )
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Apr 13, 2012 16:03
Re: ESEMKA
Nih dibaca dan diresapi. Banggalah:
http://www.jpnn.com/read/2012/04/07/123 ... antis-TNI-
http://www.jpnn.com/read/2012/04/07/123 ... antis-TNI-
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: ESEMKA
Wowww....... desainer rantis cuma sertu... wah... hebaattttt......
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: ESEMKA
Mobil ESEMKA, bagaimanapun ceritanya, nampaknya kurang ada dukungan dari pemerintah.....sementara mobil/motor "jadi-jadian" dari ciii-naaah wara-wiri di negeri ini.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Karena mental nya kan masih mental makelar..mansetha wrote:Mobil ESEMKA, bagaimanapun ceritanya, nampaknya kurang ada dukungan dari pemerintah.....sementara mobil/motor "jadi-jadian" dari ciii-naaah wara-wiri di negeri ini.....
Makelar bukanlah pekerjaan hina. Makelar adalah pekerjaan halal..
Tapi kalau mental mental makelar mengisi posisi politis sehingga tidak memihak kepada rakyat yang harus diutamakan, malah memenangkan pengusaha / orang yang mau jualan semata2 demi mendapatkan 'kutipan' imbalan sampingan dari pengusaha yang hanya ingin tau untung, ngga mau tau potensi di dalam negeri, memenangkan yang punya duit, disamping mendapatkan gaji resmi negara, itulah yang HINA.
just my 2 cents
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3051
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: ESEMKA
wacana terus yg jalan cuma dana pengembangannya
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: ESEMKA
Potensi yg realistis cuma dr pemerintah. Mau ga pemerintah mendukung secara nyata. Bukan cuma regulasi aja, tp bener2 membeli produk mobnas utk kendaraan dinas. Ibaratnya presiden US, ga bakalan deh pakai rolls royce atau bentley, begitu juga sbaliknya ratu inggris ga bakalan deh pakai cadillac. Siapa yg bisa menolak brand2 besar pun awalnya dpt dukungan dr pemerintahnya. Seperti VW yg dpt order dari Hitler utk buat mobil rakyat, Mitsubishi yg dpt order buat pesawat tempur, Boeing yg dpt order buat pesawat tempur, dll...
Skrg tinggal mw ga wakil rakyat dikasih mobil dinas buatan dalam negri dan merk asli Indonesia? Klu ga mw, mendingan ga usah buat mobnas aja skalian....
Btw gimana hasil test Esemka yg baru? Lulus ga nih....?
Skrg tinggal mw ga wakil rakyat dikasih mobil dinas buatan dalam negri dan merk asli Indonesia? Klu ga mw, mendingan ga usah buat mobnas aja skalian....
Btw gimana hasil test Esemka yg baru? Lulus ga nih....?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Dan Mr. President of the USA, rela menginjeksi dana gede gedean dari dana pajak rakyat US buat menyelamatkan industri otomotif dalam negeri.y_anjasrana wrote:Potensi yg realistis cuma dr pemerintah. Mau ga pemerintah mendukung secara nyata. Bukan cuma regulasi aja, tp bener2 membeli produk mobnas utk kendaraan dinas. Ibaratnya presiden US, ga bakalan deh pakai rolls royce atau bentley, begitu juga sbaliknya ratu inggris ga bakalan deh pakai cadillac. Siapa yg bisa menolak brand2 besar pun awalnya dpt dukungan dr pemerintahnya. Seperti VW yg dpt order dari Hitler utk buat mobil rakyat, Mitsubishi yg dpt order buat pesawat tempur, Boeing yg dpt order buat pesawat tempur, dll...
Skrg tinggal mw ga wakil rakyat dikasih mobil dinas buatan dalam negri dan merk asli Indonesia? Klu ga mw, mendingan ga usah buat mobnas aja skalian....
Btw gimana hasil test Esemka yg baru? Lulus ga nih....?
Untuk negara sekaliber US aja bisa tekuk lutut thd otomotif jepang dan Eropa. Tapi, Mr President mau membantu back up dana. Biar engga keterusan bangkrut kayak nasib anak perush Poontiac dan Mercury yang udh tutup. Cmiiw..
Ini cukup membanggakan, dan tinggal bagaimana pemerintah mau mewujudkan segera:
Duta Besar Jepang Tantang Mobil Esemka Diproduksi Massal
Sudah jelas, industri otomotif tidak akan bisa wujud kalau tanpa back up penuh pemerintah suatu negara..!!
Begitu liat berita diatas, membandingkan dengan mahasiswa yang menjadi berita malah berita demo demo anarkis....hmmmm
Mahasiswa?? Hellooo.....? Kalah ama anak ABG selevel SMK??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: ESEMKA
mana nih mahasiswa... koq kalah ma anak smk? jgn cuma bisa demo doank.... karya nyatanya ga keliatan....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2289
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: ESEMKA
Akhirnya, Esemka Lulus Uji Emisi
http://oto.detik.com/read/2012/08/02/17 ... -uji-emisi
"Bobot mobil harus dikurangi dari bobot mati 2,4 ton menjadi 1,2-1,4 ton. Saat ini sudah dilakukan pengurangan itu dan mobil sudah dikirim lagi ke Serpong untuk diuji lagi," ujarnya.
Ya ternyata untuk mesin 1500cc, body kaleng ala avanza,rush/terios itu nggak salah desain lho
http://oto.detik.com/read/2012/08/02/17 ... -uji-emisi
"Bobot mobil harus dikurangi dari bobot mati 2,4 ton menjadi 1,2-1,4 ton. Saat ini sudah dilakukan pengurangan itu dan mobil sudah dikirim lagi ke Serpong untuk diuji lagi," ujarnya.
Ya ternyata untuk mesin 1500cc, body kaleng ala avanza,rush/terios itu nggak salah desain lho
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8855
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: ESEMKA
Syukurlah...begini dong, buat kita kita juga lebih oke kalo dari awal sudah didengungkan bahwa kita masih perlu menggandeng dan belajar bersama China..
http://autos.okezone.com/read/2012/11/1 ... hery-foday
Nah, kalo ini, jujur juga kah...? Semoga ya..
http://autos.okezone.com/read/2012/11/2 ... diproduksi
Kalo bener, boleh lah ane mulai menabung buat belii....
http://autos.okezone.com/read/2012/11/1 ... hery-foday
SOLO - Inovasi penyempurnaan terus dilakukan produsen Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) agar kehadirannya di pasar otomotif nasional tidak tergerus pabrikan raksasa. Salah satunya dengan menggandeng perusahaan automotif dari China.
Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Joko Sutrisno mengatakan, Kerjasama itu dilakukan supaya terjadi alih teknologi dari produsen mobil China tersebut terhadap mobil Esemka.
Dua industri otomotif asal negeri Tirai Bambu, yang sudah sepakat menjalin kerjasama alih teknologi dengan produsen mobil Esemka yaitu Chery dan Foday.
"Kita telah sepakat menjalin kerjasama alih teknologi dengan dua perusahaan automotif China. Dua perusahaan tersebut yaitu Chery dan Foday," jelasnya kepada wartawan,di Solo, Jawa Tengah, Senin (12/11/2012).
Lebih lanjut dia menerangkan, untuk pengembangan mesin mobil, Esemka akan belajar kepada Chery. Sedangkan untuk pembuatan body, akan belajar kepada perusahaan mobil Foday.
"Sebenarnya masih ada perusahaan automotif dari China lainnya yang ingin bekerjasama tapi belum sampai perjanjian formal. Yang mau alih teknologi baru Chery," ujarnya.
Dengan langkah kerjasama seperti itu, lanjut dia, secara pelan-pelan nantinya akan diadopsi oleh mobil Esemka. Sehingga kedepannya nanti bisa dikerjakan secara sendiri dan mandiri.
"Kita adopsi dan nanti kita nasionalisasikan supaya UKM-UKM yang nantinya mengerjakan komponen Esemka itu. Pokoknya dengan Esemka kita dorong UKM manufaktur tumbuh," harap dia.
(zwr)
Nah, kalo ini, jujur juga kah...? Semoga ya..
http://autos.okezone.com/read/2012/11/2 ... diproduksi
Omong omong... Esemka Bima 1.5i ini dibanderol 65 juta yah?SOLO – Setelah tidak ada kepastian kapan mulai diproduksi, akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) siap memproduksi 3.000 unit pesanan mobil Esemka.
Manajer Pengendali Produksi PT SMK, Joko Sutrisno mengatakan, kepastian produksi 3.000 unit pesanan ini setelah pihaknya mendapatkan glontoran dana sebesar Rp6 miliar. Dana tersebut akan digunakan memproduksi seluruh pesanan mobil Esemka segala tipe.
Uang sebesar Rp3 miliar ini bukan dari pinjaman bank, melainkan berasal dari uang pangkal yang diberikan para konsumen saat melakukan pemesanan. Konsumen diwajibkan membayar uang tanda jadi sebesar Rp2 juta rupiah saat transaksi awal, dan disusul dengan pembayaran 30 persen kemudian.
“Esemka dipesan wajib setor Rp2 juta dulu minimal. Setelah itu konsumen wajib menyerahkan uang muka sebesar 30 persen dari harga mobil. Dari situlah dana terkumpul. Sehingga esemka bisa diproduksi seluruhnya," paparnya kepada wartawan, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (27/11/2012).
Diakui Joko, sejak diluncurkan secara resmi perlahan pemesanan Esemka terus bertambah. Selain berasal dari pemesan sebelumnya saat diluncurkan, masyarakat luas yang memesan langsung kepada PT SMK juga semakin banyak.
Dari dua unit mobil Esemka yang resmi mengantongi izin, Esemka Rajawali dibanderol seharga Rp140 juta per unit, menjadi mobil yang paling diminati. Esemka Bima yang dijual seharga Rp65 juta, juga cukup banyak.
Meskipun proses produksi massal akan dikerjakan secara profesional sesuai standar pengerjaan automotif, mobil hasil kreasi siswa-siswa SMK ini akan tetap melibatkan usaha kecil mandiri. Setidaknya ada 80 persen komponen Esemka yang akan diproduksi oleh 40 usaha kecil menengah (UKM) rekanan PT SMK.
Sementara komponen yang belum bisa diproduksi sendiri seperti sasis, mesin, gardan dan transmisi mobil. Sedangkan untuk lokasi pabrik, PT SMK melakukan produksinya di kawasan Mojosongo, STP di Solo dan di Jonggol, Jawa Barat.
(zwr)
Kalo bener, boleh lah ane mulai menabung buat belii....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: ESEMKA
untung blum ane post tridnya..
draft trid udah nyaris selesai, 2 mingguan lalu saat di sebelah rame2 dicela si esemka rajawali (new version, beda versi ama yg dipake jokowi tempo hari), bahwa rajawali new version (yg skarang siap jual) adalah produk REBADGING dari chery tiggo !!
ane bikin draft trid utk ngebela, bahwa rajawali BUKAN REBADGING, disertai foto2 'bukti' yg diambil dr fb group esemka plus dr album salah 1 direktur PT SMK yg jg udah temenan by FB.
tapi setelah minta masukan ama seseorang yg juga concern ama mobnas, ane makin yakin, keknya MEMANG REBADGING.
dan link berita di atas udah memvalidasi, bahwa esemka rajawali = REBADGING CHERY TIGGO.
untung blom ane post, bekoar2 sok pahlawan membela mobnas, biuhhhhhhhhh........
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ESEMKA
BEGITU KETAHUAN REBADGING MANA TUH PARA PAHLAWAN PEMBELA ESEMKA YG DULU KOAR KOAR ???
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 944
- Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31
Re: ESEMKA
Hushmpvlover wrote:BEGITU KETAHUAN REBADGING MANA TUH PARA PAHLAWAN PEMBELA ESEMKA YG DULU KOAR KOAR ???
Orangnya lagi monitor thread ini lho...
Tahu-tahu ntar bicara lagi lho...
Hiii kaburrrr aja deh....wuzz wuuzz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: ESEMKA
ini draft thread yang TADINYA akan ane luncurkan, saat , sekitar 2-3 minggu lalu di sebuah forum lg rame2nya hujatan terhadap Esemka Rajawali yg siap jual.
kenapa batal diluncurkan? karena setelah berkonsultasi ama seseorang yg juga concern ama mobnas (maleo, ahmadi, esemka), kami (ane dan dia) narik kesimpulan bahwa si esemka ini REBRANDING, so, trid yg HIPOTESA, ESENSI dan TUJUANNYA adalah pengen bilang 'ESEMKA BUKAN REBRANDING' gugur dgn sendirinya.
beberapa poin ane edit/sensor agar pas ditaruh dimari. here we go.......
----------
sekedar sedikit 'meluruskan sejarah' hehehehe.......
karena di 2 trid ini:
- trid yyy (disensor karena refer to trid di sebelah)
- trid zzz (idem)
banyak banget rekan ****** yang sepertinya masih mislead, menganggap si esemka (kususnya rajawali) adalah produk rebranding dari chery tiggo. FULL diimpor dari cungkwo lalu kita (indonesia) cuman modal ngasih nama plus logo doank.
sepertinya nggak sepenuhnya benar demikian brosist..
beberapa foto berikut saya ambil dari fb pak SR, salah 1 direktur pt SMK (solo manufaktur kreasi), ATPM skaligus perakit esemka. foto2 ini privacy settingnya diset ke 'public' jd bagi saya nggak masalah utk dishare.
saya aplod beserta tanggal foto ini diaplod oleh ybs ke fb nya, plus deskripsi foto saya copast bulat2 dr fb tanpa editing.
mudahan, foto2 berikut bisa bercerita dengan sendirinya. memang, nggak bs boong, basis desain ngambil dr chery tiggo sepertinya yah. tapi, berdasar foto2 berikut, casis dan mesin udah bikin sendiri.
not bad lah sebagai langkah awal, MILESTONE buat kalimat gagah 'mobil nasional sejati (kelak)', imho. terserah pendapat rekan lain.
1) esemka rajawali
[spoiler=esemka rajawali]
diaplod 11 nov '12: Esemka for sale
diaplod 11 nov '12: Esemka rajawali for sale
diaplod 11 nov '12: Esemka rajawali 1.6L for sale
[/spoiler]
[spoiler=pabrik]
diaplod 28 oct '12: Welding line esemka ! On progress
[spoiler=komponen]
diaplod 11 nov '12: Esemka engine block
----------
diaplod 11 nov '12: Gravity aluminium casting
----------
diaplod 11 nov '12: tanpa deskripsi
----------
diaplod 11 nov '12: tanpa deskripsi
----------
diaplod 11 nov '12: tanpa deskripsi
----------
diaplod 11 nov '12: Chasis dies
----------
diaplod 11 nov '12: Body stamping tool
----------
diaplod 11 nov '12: Gearbox gravity dies
[/spoiler]
2) esemka bima (pikap)
[spoiler=esemka bima pikap]
diaplod 11 nov '12: Esemka bima ! Ready for sale !
----------
diaplod 11 nov '12: Esemka bima
----------
diaplod 11 nov '12: Esemka for sale
[/spoiler]
3) esemka bima (mpv) (yg ini kok nggak diendorsed ke publik yah?
[spoiler=esemka bima mpv]
diaplod 11 nov '12: Esemka for sale
[/spoiler]
footnote:
1) melihat pabriknya yg masih kosong ini, SEPERTINYA, MUNGKIN, unit2 yg sekarang ready for sale ini masih impor. entahlah..
tar sy akan konfirmasi dulu soal poin 1 ini ke pihak2 yg terkait.
tapi melihat 'lumayan seriusnya' si APM/perakitnya, besok2, sy percaya bahwa si esemka rajawali/bima ini tidak sekedar merakit. tp juga memproduksi.
mudah2an.
http://www.solopos.com/2012/11/11/prose ... mka-346569
2) ts bukan orang yg nasionalis2 amat ke indo, negara dgn PEMERINTAHAN SAMPAH gini. lead by PARTAI HAMBALANG, fak.
mulai deh political sarcasm nya hahaha.. enggak, bukan gitu, berhubung TS cukup intens ngikut perkembangan esemka plus liat foto2 di fb pak SR, plus ada opini2 mislead beberapa rekan yg udah skeptis duluan ini mobil kek timor yg PURE REBRANDING, maka TS 'terpanggil' utk sedikit meluruskan.
bahwa esemka nggak pure rebranding. udah ada niatan untuk 'bikin sendiri' hehehe.......
3) so, kalo TS lg cari mobil SUV/pikap dgn dana segitu (sepantar harga rajawali/bima) apa TS bakal beli mobil ini?
nggak juga (masih konsisten ama statement di trid esemka berbulan2 lalu).
TS, jujur aja, msh percaya mobil jepangan seken drpd esemka baru. JUJUR NIH. tentu dgn berbagai pertimbangan rasional-obyektif-ekonomis:
built quality, reliabilitas, jaringan bengkel, kemudahan cari spare parts, dll.
kalo esemka udah WAR PROVEN, let's say 2-3-4 taun ke depan, well baru akan masuk dlm opsi TS (dan MOSTLY, sy percaya, jg kayak saya: wait 'n see).
4) yg penting, minimal, kita dukung aja dulu deh embrio 'mobnas' ini. mobnas masih dlm tanda petik karena blom pure.
cacimaki (dlm bentuk paling halusnya yaitu kritik membangun) jelas perlu, biar GAK CENGENG.
memang sih, kesannya 'dukungan semu' kl bilang dukung tp nggak dukung scara ekonomi (baca: BELI UNIT).
disclaimer:
TS bukan sales esemka.
----------
kesimpulan: trid di atas gugur dgn sendirinya. ESEMKA RAJAWALI = REBRANDING CHERY TIGGO wkwkwkwkw..
kenapa batal diluncurkan? karena setelah berkonsultasi ama seseorang yg juga concern ama mobnas (maleo, ahmadi, esemka), kami (ane dan dia) narik kesimpulan bahwa si esemka ini REBRANDING, so, trid yg HIPOTESA, ESENSI dan TUJUANNYA adalah pengen bilang 'ESEMKA BUKAN REBRANDING' gugur dgn sendirinya.
beberapa poin ane edit/sensor agar pas ditaruh dimari. here we go.......
----------
sekedar sedikit 'meluruskan sejarah' hehehehe.......
karena di 2 trid ini:
- trid yyy (disensor karena refer to trid di sebelah)
- trid zzz (idem)
banyak banget rekan ****** yang sepertinya masih mislead, menganggap si esemka (kususnya rajawali) adalah produk rebranding dari chery tiggo. FULL diimpor dari cungkwo lalu kita (indonesia) cuman modal ngasih nama plus logo doank.
sepertinya nggak sepenuhnya benar demikian brosist..
beberapa foto berikut saya ambil dari fb pak SR, salah 1 direktur pt SMK (solo manufaktur kreasi), ATPM skaligus perakit esemka. foto2 ini privacy settingnya diset ke 'public' jd bagi saya nggak masalah utk dishare.
saya aplod beserta tanggal foto ini diaplod oleh ybs ke fb nya, plus deskripsi foto saya copast bulat2 dr fb tanpa editing.
mudahan, foto2 berikut bisa bercerita dengan sendirinya. memang, nggak bs boong, basis desain ngambil dr chery tiggo sepertinya yah. tapi, berdasar foto2 berikut, casis dan mesin udah bikin sendiri.
not bad lah sebagai langkah awal, MILESTONE buat kalimat gagah 'mobil nasional sejati (kelak)', imho. terserah pendapat rekan lain.
1) esemka rajawali
[spoiler=esemka rajawali]
diaplod 11 nov '12: Esemka for sale
diaplod 11 nov '12: Esemka rajawali for sale
diaplod 11 nov '12: Esemka rajawali 1.6L for sale
[/spoiler]
[spoiler=pabrik]
diaplod 28 oct '12: Welding line esemka ! On progress
[spoiler=komponen]
diaplod 11 nov '12: Esemka engine block
----------
diaplod 11 nov '12: Gravity aluminium casting
----------
diaplod 11 nov '12: tanpa deskripsi
----------
diaplod 11 nov '12: tanpa deskripsi
----------
diaplod 11 nov '12: tanpa deskripsi
----------
diaplod 11 nov '12: Chasis dies
----------
diaplod 11 nov '12: Body stamping tool
----------
diaplod 11 nov '12: Gearbox gravity dies
[/spoiler]
2) esemka bima (pikap)
[spoiler=esemka bima pikap]
diaplod 11 nov '12: Esemka bima ! Ready for sale !
----------
diaplod 11 nov '12: Esemka bima
----------
diaplod 11 nov '12: Esemka for sale
[/spoiler]
3) esemka bima (mpv) (yg ini kok nggak diendorsed ke publik yah?
[spoiler=esemka bima mpv]
diaplod 11 nov '12: Esemka for sale
[/spoiler]
footnote:
1) melihat pabriknya yg masih kosong ini, SEPERTINYA, MUNGKIN, unit2 yg sekarang ready for sale ini masih impor. entahlah..
tar sy akan konfirmasi dulu soal poin 1 ini ke pihak2 yg terkait.
tapi melihat 'lumayan seriusnya' si APM/perakitnya, besok2, sy percaya bahwa si esemka rajawali/bima ini tidak sekedar merakit. tp juga memproduksi.
mudah2an.
http://www.solopos.com/2012/11/11/prose ... mka-346569
2) ts bukan orang yg nasionalis2 amat ke indo, negara dgn PEMERINTAHAN SAMPAH gini. lead by PARTAI HAMBALANG, fak.
mulai deh political sarcasm nya hahaha.. enggak, bukan gitu, berhubung TS cukup intens ngikut perkembangan esemka plus liat foto2 di fb pak SR, plus ada opini2 mislead beberapa rekan yg udah skeptis duluan ini mobil kek timor yg PURE REBRANDING, maka TS 'terpanggil' utk sedikit meluruskan.
bahwa esemka nggak pure rebranding. udah ada niatan untuk 'bikin sendiri' hehehe.......
3) so, kalo TS lg cari mobil SUV/pikap dgn dana segitu (sepantar harga rajawali/bima) apa TS bakal beli mobil ini?
nggak juga (masih konsisten ama statement di trid esemka berbulan2 lalu).
TS, jujur aja, msh percaya mobil jepangan seken drpd esemka baru. JUJUR NIH. tentu dgn berbagai pertimbangan rasional-obyektif-ekonomis:
built quality, reliabilitas, jaringan bengkel, kemudahan cari spare parts, dll.
kalo esemka udah WAR PROVEN, let's say 2-3-4 taun ke depan, well baru akan masuk dlm opsi TS (dan MOSTLY, sy percaya, jg kayak saya: wait 'n see).
4) yg penting, minimal, kita dukung aja dulu deh embrio 'mobnas' ini. mobnas masih dlm tanda petik karena blom pure.
cacimaki (dlm bentuk paling halusnya yaitu kritik membangun) jelas perlu, biar GAK CENGENG.
memang sih, kesannya 'dukungan semu' kl bilang dukung tp nggak dukung scara ekonomi (baca: BELI UNIT).
disclaimer:
TS bukan sales esemka.
----------
kesimpulan: trid di atas gugur dgn sendirinya. ESEMKA RAJAWALI = REBRANDING CHERY TIGGO wkwkwkwkw..
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ESEMKA
mantabb mister nighster guy
nih kesaksian dr oknum yg TERLIBAT DLM PENIPUAN MSYRKT INDONESIA. cuma akal akalan pencitraan diri oknum yg skrg sukses jd gubernur naikin gaji buruh setinggi sarjana and memulai deindustrialisasi indonesia dimulai dr jakarta yg ujung ujungnya akan bikin ekonomi negara ini makin KACAU!
-----------------------------------------------
Tabir kebohongan mobil Kiat Esemka mulai terkuak. Mobil yang selama ini digadang-gadang sebagai buah karya siswa SMK itu ternyata hampir semuakomponennya mencomot dari mobil produk lain. Fakta tersebut disampaikan oleh Sukiyat, pengusaha bengkel di Klaten yang selama ini menjadi salah satu mitra dalam perakitan mobil Esemka.
Yang jadi masalah adalah kenapa hasil praktek sejumlah siswa Esemka Trucuk itu kemudian dibawa ke Solo untuk dipamerkan di SMK 2, dan kemudian diklaim sebagai (calon) mobil nasional oleh Walikota Solo Joko Widodo.
Mobil rakitan itu menggunakan sejumlah komponen dari mobil lain karena memang di Indonesia belum bisa memproduksi gigi transmisi. Tidak heran sehingga dipakailah komponen buatan Cina yang dibeli di Surabaya.
Kontroversi Kiat Esemka juga ramai dibicarakan di media sosial. Salah satu yang sering berkomentar adalah Danie H Soe’oed lewat akun @daniesoeoed. Menurut dia mencomot parts mobil lain memang wajar kalau untk belajar, tapi tidak untuk membohongi masyarakat dengan mengatakan itu produksi sendiri.
“Wahai orang2 tolol, taukah bedanya antara membuat dan merakit???? Kalau mau tetap beli mobnas, silahkan,” kicaunya.
Lewat twitter dia membeberkan asal muasal komponen yang menempel pada Kiat Esemka. Menurutnya, mesin Timor digabung transmisi nyomot mobil Cina. Dia menyebut frame kaca depan belakang mengambil Daihatsu Espass, lampu belakang Panther, lampu depan punya Honda CRV. Sedangkan komponen kaki-kaki Esemka pakai milik L-300 dan Kijang. “Kiat mengaku mesin mbl hanya diganti tutup cylinder head nya aja, pake merk Esemka. Aslinya: mesin mbl Timor Kiat: Sy dan siswa SMK Trucuk hanya membuat chasis dan bodi, mesinnya dari antah barantah…….????,” bebernya.
Dia melanjutkan pada saat menggarap proyek itu, Sukiyat ditekan berbagai pihak untk berbohong, tapi dia menolak membangun kebohongan lebih besar. Proyek mobil nasional hanya proyek politik segelintir orang untk mengkatrol nama seseorang. “Makanya kalau jadi jgn sibuk pencitraan aja. Jgn klaim mobnas ….. Kalau semua komponennya dari Cina. Hrsnya masyarakat terbuka matanya melihat politisasi mobnas. Itu hanya tunggangan pencitraan yang gagal total,” ucapnya
nih kesaksian dr oknum yg TERLIBAT DLM PENIPUAN MSYRKT INDONESIA. cuma akal akalan pencitraan diri oknum yg skrg sukses jd gubernur naikin gaji buruh setinggi sarjana and memulai deindustrialisasi indonesia dimulai dr jakarta yg ujung ujungnya akan bikin ekonomi negara ini makin KACAU!
-----------------------------------------------
Tabir kebohongan mobil Kiat Esemka mulai terkuak. Mobil yang selama ini digadang-gadang sebagai buah karya siswa SMK itu ternyata hampir semuakomponennya mencomot dari mobil produk lain. Fakta tersebut disampaikan oleh Sukiyat, pengusaha bengkel di Klaten yang selama ini menjadi salah satu mitra dalam perakitan mobil Esemka.
Yang jadi masalah adalah kenapa hasil praktek sejumlah siswa Esemka Trucuk itu kemudian dibawa ke Solo untuk dipamerkan di SMK 2, dan kemudian diklaim sebagai (calon) mobil nasional oleh Walikota Solo Joko Widodo.
Mobil rakitan itu menggunakan sejumlah komponen dari mobil lain karena memang di Indonesia belum bisa memproduksi gigi transmisi. Tidak heran sehingga dipakailah komponen buatan Cina yang dibeli di Surabaya.
Kontroversi Kiat Esemka juga ramai dibicarakan di media sosial. Salah satu yang sering berkomentar adalah Danie H Soe’oed lewat akun @daniesoeoed. Menurut dia mencomot parts mobil lain memang wajar kalau untk belajar, tapi tidak untuk membohongi masyarakat dengan mengatakan itu produksi sendiri.
“Wahai orang2 tolol, taukah bedanya antara membuat dan merakit???? Kalau mau tetap beli mobnas, silahkan,” kicaunya.
Lewat twitter dia membeberkan asal muasal komponen yang menempel pada Kiat Esemka. Menurutnya, mesin Timor digabung transmisi nyomot mobil Cina. Dia menyebut frame kaca depan belakang mengambil Daihatsu Espass, lampu belakang Panther, lampu depan punya Honda CRV. Sedangkan komponen kaki-kaki Esemka pakai milik L-300 dan Kijang. “Kiat mengaku mesin mbl hanya diganti tutup cylinder head nya aja, pake merk Esemka. Aslinya: mesin mbl Timor Kiat: Sy dan siswa SMK Trucuk hanya membuat chasis dan bodi, mesinnya dari antah barantah…….????,” bebernya.
Dia melanjutkan pada saat menggarap proyek itu, Sukiyat ditekan berbagai pihak untk berbohong, tapi dia menolak membangun kebohongan lebih besar. Proyek mobil nasional hanya proyek politik segelintir orang untk mengkatrol nama seseorang. “Makanya kalau jadi jgn sibuk pencitraan aja. Jgn klaim mobnas ….. Kalau semua komponennya dari Cina. Hrsnya masyarakat terbuka matanya melihat politisasi mobnas. Itu hanya tunggangan pencitraan yang gagal total,” ucapnya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1147
- Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26
Re: ESEMKA
dulu heboh banget yg koar koar ngebela esemka mobil nasional asli
skrg sdh ketahuan MENIPU SESAMA RAKYAT INDONESIA , eh malah sepi kaya kuburan.
BUDAYA LUPA ??
salut utk mister nigthers guy yg dgn hati besar bs admit what is the REAL TRUTH
skrg sdh ketahuan MENIPU SESAMA RAKYAT INDONESIA , eh malah sepi kaya kuburan.
BUDAYA LUPA ??
salut utk mister nigthers guy yg dgn hati besar bs admit what is the REAL TRUTH
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: ESEMKA
hwadhuh yg ini ane kagak ikutan masbro.. soal deindustrialisasi dst tsb plus bakal kacau masih perlu pembuktian empirik lapangan.mpvlover wrote:mantabb mister nighster guy
nih kesaksian dr oknum yg TERLIBAT DLM PENIPUAN MSYRKT INDONESIA. cuma akal akalan pencitraan diri oknum yg skrg sukses jd gubernur naikin gaji buruh setinggi sarjana and memulai deindustrialisasi indonesia dimulai dr jakarta yg ujung ujungnya akan bikin ekonomi negara ini makin KACAU!
----------
nah ini repot.Tabir kebohongan mobil Kiat Esemka mulai terkuak. Mobil yang selama ini digadang-gadang sebagai buah karya siswa SMK itu ternyata hampir semuakomponennya mencomot dari mobil produk lain. Fakta tersebut disampaikan oleh Sukiyat, pengusaha bengkel di Klaten yang selama ini menjadi salah satu mitra dalam perakitan mobil Esemka.
- CUT -
Lewat twitter dia membeberkan asal muasal komponen yang menempel pada Kiat Esemka. Menurutnya, mesin Timor digabung transmisi nyomot mobil Cina. Dia menyebut frame kaca depan belakang mengambil Daihatsu Espass, lampu belakang Panther, lampu depan punya Honda CRV. Sedangkan komponen kaki-kaki Esemka pakai milik L-300 dan Kijang. “Kiat mengaku mesin mbl hanya diganti tutup cylinder head nya aja, pake merk Esemka. Aslinya: mesin mbl Timor Kiat: Sy dan siswa SMK Trucuk hanya membuat chasis dan bodi, mesinnya dari antah barantah…….????,” bebernya.
Dia melanjutkan pada saat menggarap proyek itu, Sukiyat ditekan berbagai pihak untk berbohong, tapi dia menolak membangun kebohongan lebih besar. Proyek mobil nasional hanya proyek politik segelintir orang untk mengkatrol nama seseorang. “Makanya kalau jadi jgn sibuk pencitraan aja. Jgn klaim mobnas ….. Kalau semua komponennya dari Cina. Hrsnya masyarakat terbuka matanya melihat politisasi mobnas. Itu hanya tunggangan pencitraan yang gagal total,” ucapnya
soal big frame bahwa esemka terpuntir pada pusaran politis utk mengatrol citra jokowi, apapun itu, toh faktanya sekarang beliau dipilih mayoritas warga DKI sebagai gubernur mereka.
dan, IMHO nihh, peran esemka nggak signifikan bangetttt bagi jokowi saat masuk berlaga ke ring tinju jakarta (ANGGAPLAH BENAR bahwa proyek 'mobnas esemka' dadalah 'dongkrak' jokowi), nyaris nggak ada korelasinya bagi voters DKI saat nyoblos jokowi karena 'sy coblos jokowi krn bapak ini loh yg bikin proyek mobnas'.
Das Beste oder nichts.