Sharing Review Negatif Mobil Anda

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

AbdulHakim
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1380
Joined: Sun Mar 21, 2021 23:59
Location: Indonesia

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by AbdulHakim »

Untuk mendapatkan kenyamana extra dari rear independent suspension, anda harus bayar lebih.
Tapi khan orang Indo paling jago urusan kompromi :big_blushing:
Untuk penggunaan casual harian lewat jalan keriting, potholes, poldur laknat dsb, yang merasakan dampak dari "kurang nyaman"nya torsion beam ini khan penumpang belakang, kalo mobilnya biasa bawa sendiri siy ga ambil pusing ye khan.

cuma kyk yg dibilang suhu Omnibus, udah "mahal-mahal" dapetnya torsion beam (Corolla Cross hybrid, Altis (?) dan AN HRV), kalo itu siy saya pura-pura ga lihat aja deh :big_grin:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by ChZ »

darrelund wrote: Tue Aug 23, 2022 16:32
torsion beam fun sih, tapi klo independen bakal lebi fun :big_biglaugh:

tapi emg bbrp org bilang klo mazda 3 krn rear torsion beam jadi pointy handlingnya & kadang buntutnya agak liar

beda sama civic yg full independen tapi belakagnya lebih stabil & bisa ngikutin

dari compare civic & mazda 3 sebenernya keliatan fokus enjinir & desainernya kemana
pengalaman bawa agak kenceng sih bukan mazda3 tp CX-3 sama mazda2. sway bokongnya lebih besar di tol. dulu padahal butt o meternya civic FB tapi tetep dobel wishbone civic FB di tol lebih stabil buat speed agak kenceng.

mazdut cuma enaknya di low speed. ya gak salah sih krn lagi-lagi chief engineernya juga bilang ampe si CX-9 aja sengaja dibuat torsinya gede di 2000 rpm krn "kbanyakan orang cuma maen di rpm segini".

yah dari mazdaspeed RIP sama type R harusnya udah keliatan lah yang mana fokusnya kemana :mky_03: gimana gimana civic basicnya harus bagus dulu krn jadi base nya type R.
Omnibus wrote: Tue Aug 23, 2022 22:34 kl mau torsion beam mah ngapain mahal2, njess yasir juga torsion beam. any engineer yg promote torsion beam cuma spy ga dianggap sebelah mata aja. kenyataannya kelebihan torsion beam cuma easier n cheaper buat si pembuat dan lower maintenance cost n durability buat si owner. kl nyari pure driving enjoyment jelas bukan.

kl ai disuruh pilih beli mobil yg bukan top position di resale value (artinya depresiasinya lbh gede) si mobil hrs "lebih" dr competitornya in every way.
pasti harus compromise mbah. ngejar handling jadi keras banget. ngejar kenyamanan jadi floaty banget.

renaultsport megan trophy r terbaru aja menangin margin 4 detik sama FK8 di green hell tp ubahannya ekstrem banget dari versi reguler.
AbdulHakim wrote: Wed Aug 24, 2022 0:50 Untuk mendapatkan kenyamana extra dari rear independent suspension, anda harus bayar lebih.
Tapi khan orang Indo paling jago urusan kompromi :big_blushing:
Untuk penggunaan casual harian lewat jalan keriting, potholes, poldur laknat dsb, yang merasakan dampak dari "kurang nyaman"nya torsion beam ini khan penumpang belakang, kalo mobilnya biasa bawa sendiri siy ga ambil pusing ye khan.

cuma kyk yg dibilang suhu Omnibus, udah "mahal-mahal" dapetnya torsion beam (Corolla Cross hybrid, Altis (?) dan AN HRV), kalo itu siy saya pura-pura ga lihat aja deh :big_grin:
makanya sebagus apapun HRV RS, buat ane it is still a glorified honda jazz SUV. civic RS jadi lebih worth it krn cuma selisih 80 juta tapi rear independent suspension. masih blom rela 520 juta dapet suspensi mobil murah.

apalagi cuma dapet rear solid axle seperti mobil pujaan warga serayainnivi..... mending beli colt canter bisa buat kerja sama sama diesel solid axle ladderprem :ngacir:
Last edited by ChZ on Wed Aug 24, 2022 2:52, edited 3 times in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: Tue Aug 23, 2022 22:34 kl mau torsion beam mah ngapain mahal2, njess yasir juga torsion beam. any engineer yg promote torsion beam cuma spy ga dianggap sebelah mata aja. kenyataannya kelebihan torsion beam cuma easier n cheaper buat si pembuat dan lower maintenance cost n durability buat si owner. kl nyari pure driving enjoyment jelas bukan.

kl ai disuruh pilih beli mobil yg bukan top position di resale value (artinya depresiasinya lbh gede) si mobil hrs "lebih" dr competitornya in every way.
batang torsi... maintenis kaki dan ganti suspensi jg lbh cepet mbah :big_biglaugh:
Last edited by Suryaputra on Wed Aug 24, 2022 2:54, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9521
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by Suryaputra »

AbdulHakim wrote: Wed Aug 24, 2022 0:50 Untuk mendapatkan kenyamana extra dari rear independent suspension, anda harus bayar lebih.
Tapi khan orang Indo paling jago urusan kompromi :big_blushing:
Untuk penggunaan casual harian lewat jalan keriting, potholes, poldur laknat dsb, yang merasakan dampak dari "kurang nyaman"nya torsion beam ini khan penumpang belakang, kalo mobilnya biasa bawa sendiri siy ga ambil pusing ye khan.

cuma kyk yg dibilang suhu Omnibus, udah "mahal-mahal" dapetnya torsion beam (Corolla Cross hybrid, Altis (?) dan AN HRV), kalo itu siy saya pura-pura ga lihat aja deh :big_grin:
Altis yg baru udh tobat skrg belakang pakai independen dobel wishbone.
makanya banyak dipuji sama reviewer, beda sm altis previous gen :mky_03:

kyk alphard jg udah full independent.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by DOHC »

btw, suspensi independen di blakang, ga selalu enak atau empuk koq

cobain aj duduk di city Z, bandingin ama soluna yg torsion beam, rasanya 11 12 loh, malah lebi empuk soluna malah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by ChZ »

DOHC wrote: Wed Aug 24, 2022 6:22 btw, suspensi independen di blakang, ga selalu enak atau empuk koq

cobain aj duduk di city Z, bandingin ama soluna yg torsion beam, rasanya 11 12 loh, malah lebi empuk soluna malah
FD pun keras mbah wkwkwkkw.

tp buat speed di atas 150, independen pengalaman selalu lebih nurut daripada torsion. pdhl torsion nya uda sekelas mazda yang dipuji2 mobil bagus dimana mana.

OS yang multilink, bandingin ma CX3 / HRV pun buat ngetoll high speed lebih stabil OS
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
kendibocor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3387
Joined: Mon Aug 10, 2015 13:13
Location: Jakarta

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by kendibocor »

Engineer mazdut kan selalu hilang ingatan kalo ngedesign akomodasi/kenyamanan row ke-2 :mky_03:
2022 KS Smartstream 1.5G MPi
2022 DM Skyactiv-G PE-VPS
2019 DJ Skyactiv-G P5 VPS
2016 F30 B48B20
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Wed Aug 24, 2022 6:22 btw, suspensi independen di blakang, ga selalu enak atau empuk koq

cobain aj duduk di city Z, bandingin ama soluna yg torsion beam, rasanya 11 12 loh, malah lebi empuk soluna malah
Toyota bukannya cenderung empuk ya mbah. Great Corolla saya jg default nya memang empuk meskipun cuma 1 orang aja di mobil dan shockbreaker pakai tokico.

Tp karakter nyaman suspensi independen emang baru terasa enaknya kalo pas jalan keriting atau high speed sih. Kekurangannya ya biaya perbaikan cukup mahal aja dibanding sistem batang torsi.

Bahkan saya jauh lebih pede nyetir speed 150 up pake Great Corolla dibanding CRV RM yg jauh lebih muda. Ortu jg seneng nya pake itu kalo buat keluar kota
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by DOHC »

evanbngdor wrote: Thu Aug 25, 2022 4:24
DOHC wrote: Wed Aug 24, 2022 6:22 btw, suspensi independen di blakang, ga selalu enak atau empuk koq

cobain aj duduk di city Z, bandingin ama soluna yg torsion beam, rasanya 11 12 loh, malah lebi empuk soluna malah
Toyota bukannya cenderung empuk ya mbah. Great Corolla saya jg default nya memang empuk meskipun cuma 1 orang aja di mobil dan shockbreaker pakai tokico.

Tp karakter nyaman suspensi independen emang baru terasa enaknya kalo pas jalan keriting atau high speed sih. Kekurangannya ya biaya perbaikan cukup mahal aja dibanding sistem batang torsi.

Bahkan saya jauh lebih pede nyetir speed 150 up pake Great Corolla dibanding CRV RM yg jauh lebih muda. Ortu jg seneng nya pake itu kalo buat keluar kota
:mky_01:
soluna itu utk ukuran sedan (asli buatan) toyota termasuk keras loh om

kl greco, all new, bahkan altis (walaupun ud jd torsion beam) seh bantingan nya khas corolla, empuk
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
darrelund
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1590
Joined: Mon Jun 04, 2018 13:35
Location: Jakarta

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by darrelund »

ChZ wrote: Wed Aug 24, 2022 2:44
pengalaman bawa agak kenceng sih bukan mazda3 tp CX-3 sama mazda2. sway bokongnya lebih besar di tol. dulu padahal butt o meternya civic FB tapi tetep dobel wishbone civic FB di tol lebih stabil buat speed agak kenceng.

mazdut cuma enaknya di low speed. ya gak salah sih krn lagi-lagi chief engineernya juga bilang ampe si CX-9 aja sengaja dibuat torsinya gede di 2000 rpm krn "kbanyakan orang cuma maen di rpm segini".

yah dari mazdaspeed RIP sama type R harusnya udah keliatan lah yang mana fokusnya kemana :mky_03: gimana gimana civic basicnya harus bagus dulu krn jadi base nya type R
klo oonda yg ini gimana mbah, saya sampe binun itu desainnya gimana. masda harus belajar nih, ngasih akomodasi ga mesti korbanin suspensi kok :big_biglaugh:

pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1557
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by pengendiesel »

pengendiesel wrote: Tue Jun 14, 2022 5:36 Anf 2gd gr sport vin 2021

1. Bantingan setipe sama vnt, artinya.....kayak gerobak. Agak empukan dikit, mungkin gara2 masih baru
2. Automatic headlamp. Fitur ini ganggu banget. Tadi ke cucian mobil, kondisi di dalam agak gelap dan taaadaaaa....tuh headlamp memberikan penerangan ke customer2 lain yang lagi duduk nungguin mobilnya. Langsung kena di mata, turun ke hati. Alhasil, petugas yang mindah2in mobil bingung gimana matiinnya, dia geser tuasnya ke lampu kecil. Gantian deh, lampu kecil sama lampu belakang yang nyala :big_biglaugh: buat saya, fitur ini yang ada malah merepotkan. Toh nyalain lampu tinggal putar tuas lampu tanpa perlu tenaga, beda sama power window yang mencegah kita keringetan
3. Matic. Udah pada tau kan ya gimana maticnya. Lemot, gampang bingung, downshift terasa, p ke r jedug kalo tanpa ritual
4. Sampe detik ini masih blm sekalipun berhasil buka pintu bagasi pake kick sensor :big_slap:
5. Setir berasa gledek2 sedikit kalo kena lubang. Dari baru udah kayak gitu
Bakal gebrak2 meja lagi nih waktu servis berkala :big_bored:

Plusnya banyak sih....terutama value for moneynya. Nebus pas ppnbm. Abis itu liat harga mobil taon 2022, berasa bagus banget harganya
Gerobak saya sdh jalan 10k km.

Baca2 di thread sebelah, sepertinya matic upshift dan downshift kasar ini banyak dialami oleh pengguna 2gd, baik forti ataupun innova.
Pas servis berkala saya komplain ke sa dan jawabannya seperti yang sudah saya duga......normal semuanya pak :big_slap:

Sampai akhirnya saya iseng pake eco mode dan waaahhh, maticnya kok jadi jauh lebih enak dibandingkan normal mode?? Jauh lebih alus pindah2 giginya dan mobil jadi terasa lebih effortless menggelindingnya.
Jadinya sampe detik ini pake eco mode terus :big_peace:

Eco mode jadi lemot dong? Lebih tepatnya, nekan gasnya agak lebih dalem dikit. Tp kalo digas pol, larinya mirip2lah. Malah kalo masuk pwr mode, rpm atasnya jadi kecekek banget, betul2 flat tanpa terasa ada penambahan tenaga.

Problem kick sensor juga udah solved....ternyata di sebelah kanan setir situ ada tombol on off kick sensornya dan selama ini gak pernah saya aktifin :ungg: setelah diaktifin, kick sensornya bekerja dengan lancar. Mohon maap ke mbah @omnibus yang sudah panjang lebar jelasin kemungkinan problemnya di mana :mky_01:
User avatar
daimler
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 351
Joined: Wed Aug 24, 2022 8:40
Location: Semarang
Daily Vehicle: DE 2011

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by daimler »

:big_grin: Mazda 2 R DE 2011
-buat penumpang belakang ga ada handle yg di atas itu. Kalo buat gantungin baju2 biar ga kelipet jd ga bisa :big_grin:
-suspensi keras, sebenernya handling jadi bagus di kec. Tinggi pas di tol. Cuma kekurangannya buat dalkot di indo yg jalanannya mulus, jd bantingan di kabin berasa banget
-profil ban bawaannya tips. Again, bagus di handling, cuma kurang di segi kenyamanan dan klo kena lobang lebih rawan benjol bannya (udh kejadian, akhirnya beli ban baru profilnya naik 1 tingkat)
-baris kedua juga terhitung sempit diantara hatchback di kelasnya
Planned Obsolescence is inevitable luxury cars≠more reliable
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: Tue Apr 08, 2008 10:12

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by Omnibus »

pengendiesel wrote: Thu Aug 25, 2022 13:21 ...... Mohon maap ke mbah @omnibus yang sudah panjang lebar jelasin kemungkinan problemnya di mana :mky_01:
no problemo ....

meski terdengar lucu tp tadinya 100% ga bisa (krn tombol belon di on kan), skrg jadi 50-50 bisa nya. nanti ketemu saatnya. baru hrs di hack spt penjelasan sy. :big_grin:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by evanbngdor »

DOHC wrote: Thu Aug 25, 2022 9:30
evanbngdor wrote: Thu Aug 25, 2022 4:24
DOHC wrote: Wed Aug 24, 2022 6:22 btw, suspensi independen di blakang, ga selalu enak atau empuk koq

cobain aj duduk di city Z, bandingin ama soluna yg torsion beam, rasanya 11 12 loh, malah lebi empuk soluna malah
Toyota bukannya cenderung empuk ya mbah. Great Corolla saya jg default nya memang empuk meskipun cuma 1 orang aja di mobil dan shockbreaker pakai tokico.

Tp karakter nyaman suspensi independen emang baru terasa enaknya kalo pas jalan keriting atau high speed sih. Kekurangannya ya biaya perbaikan cukup mahal aja dibanding sistem batang torsi.

Bahkan saya jauh lebih pede nyetir speed 150 up pake Great Corolla dibanding CRV RM yg jauh lebih muda. Ortu jg seneng nya pake itu kalo buat keluar kota
:mky_01:
soluna itu utk ukuran sedan (asli buatan) toyota termasuk keras loh om

kl greco, all new, bahkan altis (walaupun ud jd torsion beam) seh bantingan nya khas corolla, empuk
Saya lupa2 inget sih bantingan soluna gimana, udah bertahun2 lalu naik soluna dan itu ber4 dalem mobil, jd yg keinget empuk aja sih mbah
:mky_01:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by ChZ »

darrelund wrote: Thu Aug 25, 2022 10:57
klo oonda yg ini gimana mbah, saya sampe binun itu desainnya gimana. masda harus belajar nih, ngasih akomodasi ga mesti korbanin suspensi kok :big_biglaugh:

itu multi link mbah. aga mirip2 sama desain suspensinya civic hahahaha.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by DOHC »

ChZ wrote: Fri Aug 26, 2022 7:08
darrelund wrote: Thu Aug 25, 2022 10:57
klo oonda yg ini gimana mbah, saya sampe binun itu desainnya gimana. masda harus belajar nih, ngasih akomodasi ga mesti korbanin suspensi kok :big_biglaugh:

itu multi link mbah. aga mirip2 sama desain suspensinya civic hahahaha.
itu jenis suspensi ksukaan nya mbah kiel konstantin tuh

:big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee: :big_weee:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by ricz »

vein wrote: Wed Aug 17, 2022 3:22
ricz wrote: Tue Jun 14, 2022 11:49 2021 Fortuner VRZ 2GD
-auto headlamp annoying, terlalu sensitif. Udah dari pre FL smpe skrg ga direvisi
-kalo ngunci via remote, agak telmi (kaya kadang gak ngeresponse gitu pas dipencet lock)
-Apple Carplay agak ngebug, kadang bisa disconnect sendiri (saya coba Android Auto pake hp Samsung jadul saya malah no problem)
-kualitas plat body kayanya agak tipis, pintu" udah pada penyok kecil gara" dihantam pintu mobil orang pas parkir
-kualitas bahan jok agak jelek dan bukan kulit asli
saya ganti cover sensor di dashboadnya om, jadi warna bening beli di online...terus sensitifitas di stel ke yg paling low (ada di manual book), lumayan membantuu
Ini menarik juga, kekny pengen coba ganti deh. Thx oom :big_okay:
2021 Fortuner VRZ
Venturtle
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2107
Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12

Re: Sharing Review Negatif Mobil Anda

Post by Venturtle »

Venturer Diesel Matic Facelift
(+) Feel bobot setirnya pas buat ane.. ga seperti mayoritas mobil zaman now yang setirnya agak ringan..
(+) Suspensi depan pas reboundnya.. tekanan angin dengan ban standar bawaan 31..maksimum 33.. lebih dari itu kekerasan..
(+) Desain interior unik dan mewah..Build Quality interior juga oke.. Banyak Tempat Penyimpanan dalam kabin..
(+) Desain Eksterior keren dan banyak aksesoris bawaan tipe Venturer yang cocok dengan selera ane..
(+) AC Dingin sampai baris ketiga..
(+) Torsi bawah 2GD enak buat akselerasi..
(+) Ambient Light dan lampu lampu iluminasi warna biru membuat perjalanan malam hari terasa adem

(-) Cat gampang banget baret..
(-) Harga Pertadex yang mahal sekali..sekarang hampir 20 rb..
(-) Ga hemat hemat banget.. rata rata dalam kota di MID cuma dapat 1:10 .. padahal lampu eco indikator menyala terus tanda eco driving..
(-) Kualitas part payah..Shockbreaker bocor di odometer dibawah 5 rb km..
(-) Tuas Lampu ga ada tuas Off.. Sensor Lampu terlalu sensitif..

dan paling kacau adalah

(-) Rebound Suspensi Belakangnya.. ga enak banget..bantingan keras apalagi pas lewat poldur dan goyang goyang mulu dalam kabin padahal jalan lurus.. baris kedua kebanyakan isi maksimal 2 orang..tekanan ban antara 31-33.. apa ada pengaruh profil ban tipis juga ya..bawaan 215/55 R17..
Suspensi depan pas reboundnya mungkin karena terbantu bobot mesin dieselnya.. apakah harus diisi full 7 penumpang plus barang di bagasi supaya rebound baris kedua lebih nyaman???
jadi mobilnya enak buat row 1 saja..

Ingat ini untuk tipe Venturer Diesel Matic Facelift ya..
untuk tipe lain atau model sebelum Facelift mungkin berbeda experiencenya :mky_04: