Review Mazda2 R A/T non facelift

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Pak Uwo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 349
Joined: Thu Feb 24, 2011 3:32

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by Pak Uwo »

iamwewe wrote:
Pak Uwo wrote:iya juga sih.... skyactive meskipun irit tetapi kompresinya tinggi sekali, jadi harus high octane... terima kasih banyak atas masukannya.
sama-sama pak, kita sama-sama sharing aja :big_peace:
evolution21 wrote:lagipula utk mazda2 skyaktiv hanya tersedia 1.300cc (menurut ane kekecilan ya cc nya)
bener gan.. nanti jadi hilang feeling zoom-zoomnya
kalau tidak salah, skyactive itu juga mengurangi bobot-2 juga. jadi akan didapat power/weight rasio yang optimum.
baca di forum sebelah, banyak juga ya yang kecewa dengan munculnya facelift penuh rahasia ini.
masalahnya majalah manapun tidak ada yang menyinggung sama sekali.
kalau lihat di stiker, m2 saya delivery date / turun kapalnya 30 Mar 2012. Kemungkinan saat itu yang facelift juga sudah turun kapal karena selisih waktu hanya 2 1/2 bulan.
Kalau menurut surat kabar, penjualan CX 5 agak mengecewakan. Mungkin karena ini mereka cepat-2 melepas M2 facelift untuk mengejar kuota penjualan di Indonesia.
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by iamwewe »

betul pak uwo.. skyactive meliputi byk variabel, ya transmisi, ya tipe mesin bensin or diesel, ya sasis jg, dan lain-lainnya.. tapi setau saya di mazda2 jepang, baru mesinnya aja yg pake teknologi skyactive.. kalo mao yg full teknologi skyactive ya cx-5 itu..

btw, di byk majalah dan forum2, semua blg cx-5 laku sekali kok pak, terutama tipe touring. kalau soal kekecewaan mazda2 facelift sih iya, byk yg kecewa karena bnr2 gk ada angin gk ada isu, lgsg jegerrr.. brojol dah tuh facelift..
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by AD74YA »

Gile emang liat spek Mazda2 yang baru...

Awalnya ane pikir.. yang bener aje 230 juta... Sama kayak harga Jazz....

Terus ane liat fitur-fiturnya...

Bujubuneng...... :off_good_job:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Voltz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri May 18, 2012 16:20

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by Voltz »

AD74YA wrote:Gile emang liat spek Mazda2 yang baru...

Awalnya ane pikir.. yang bener aje 230 juta... Sama kayak harga Jazz....

Terus ane liat fitur-fiturnya...

Bujubuneng...... :off_good_job:
Iya nih.. Fitur2 nya bahkan di CX-5 Touring ada yg gak ada..
Mazda Smart Entertainment System dgn Internet dan GPS.. Ada Internet browsernya bo~!
Speed sensitive auto door lock system!!! Bahkan di type paling basic V yg A/T pun ada!!!
Kenapa CX-5 kagak ada!! :frm_bang_head:
Jgn2 mau ikut2an ala jonpis, taon depan tambah 1,2 fitur plus facelift dikiiiitt.. :mky_04:

Tp biarpun gitu.. Gw masih demen sama CX-5.. Hehehe..
Utk Mazda2 mending tunggu taon depan.. Versi skyactiv + kodo design mau keluar..
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by iamwewe »

@om helm
iya, asli mazda2 saya skrg serasa tua (lebay) haha.. kalo blm beli mazda2 sih asli gk pake lama ambil RZ, auto aircon, start stop engine, keyless entry, projie, aaaaaaa... :frm_bang_head:

@om voltz
kalo dibilang all new mazda2 taon dpn sih udh fix dapet info dari org dalem nggak akan ada.. utk versi skyactiv? ini lebih-lebih lagi.. blm cocok segmennya (baca: not premium friendly) :big_slap:
FortunerMan

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by FortunerMan »

Kalo menurut ane ini bukan facelift tapi varian (tertinggi) baru.
Voltz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri May 18, 2012 16:20

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by Voltz »

iamwewe wrote:@om helm
iya, asli mazda2 saya skrg serasa tua (lebay) haha.. kalo blm beli mazda2 sih asli gk pake lama ambil RZ, auto aircon, start stop engine, keyless entry, projie, aaaaaaa... :frm_bang_head:

@om voltz
kalo dibilang all new mazda2 taon dpn sih udh fix dapet info dari org dalem nggak akan ada.. utk versi skyactiv? ini lebih-lebih lagi.. blm cocok segmennya (baca: not premium friendly) :big_slap:
Oh yah?? Wah, sayang sekali yah..
Padahal mesin SkyActiv-G 1.3L nya dah ada tuh: http://www.mazda.com/publicity/release/ ... 0518a.html
Indo "premium" nya sih rendahan banget.. Mungkin kompresinya akan di turunin lg jd 12:1 ato 11:1 kali, buat nelen "premium".
Bisa diakalin lah, di de-tune mesin nya..
At least, klo gak pake SkyActiv-G, design KODO nya lah ada.. 2 taon lg kali yah.. :mky_05:
arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by arnan11 »

iamwewe wrote:
@om voltz
kalo dibilang all new mazda2 taon dpn sih udh fix dapet info dari org dalem nggak akan ada.. utk versi skyactiv? ini lebih-lebih lagi.. blm cocok segmennya (baca: not premium friendly) :big_slap:
hahaha, cx-5 aja dibilang bisa kok pk premium kl darurat, ini kelasnya cx5, palagi kalo 2 :upss: ...biasalah kl jual mobil di indo dibilang saklek ga bs minum premium mah ga bakal laku mobil nya..pdhl jelas2 kompresinya dah ga cucok sm premium :mky_03:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by AD74YA »

Woi siapa tu yang bilang Mazda mirip Jonpis?? Hina banget kalau sampe beneran kayak gitu tiap kali upgrade... Wkwkwk...

CRV dah keluar varian baru, disini dikasih Final Evolution... Isinya? Wood panel berapa biji doang... Wwkkwk.. Please oh please... Mazda begitu keluar upgrade fiturnya worthed banget...

Kalau saya pribadi lihatnya gini, Mazda2 kan CKD, berarti untuk pemasangan mesin dan transmisi juga di Indonesia.. Mungkin dari internal mekanik juga belum siap untuk assembly nya... Solusinya adalah menambahkan fitur kemewahan dominan di produknya sampai menunggu siap merakit Skyactiv disini atau di Thai.. Hemat ane investasi semacam ini paling cepet setahun dua tahun kedepan paling cepet keluar varian Skyactiv nya...

Mengenai mesinnya di Indonesia memang sudah dilakukan penyesuaian si... Sehingga dalam tanda kutip : "premium friendly"... But, cmon man.... Beli CX-5, tapi pakai premium?..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by arnan11 »

AD74YA wrote:
Mengenai mesinnya di Indonesia memang sudah dilakukan penyesuaian si... Sehingga dalam tanda kutip : "premium friendly"... But, cmon man.... Beli CX-5, tapi pakai premium?..
hehehe ane cm mau bikin perbandingan, krn ini kan lg omongin skyactive..Ini jg org mazda sendiri om yg omong, ane cm bc di otomotif,waktu lg di test cx-5 di bali..
skyactive engine kompresi nya dah 13:1, meskipun dilakukan penyesuaian ttp aja sih mnrt ane apa msk tuh premium? ada efeknya ga ke jeroan mesin ?
jangankan cx-5 om, yg klas lbh tinggi jg msh ada kok yg pk premium..yg ane mau bold disini knp tuh ATPM ga ksh penjelasan & sosialisasi gt ke masyarakat awam mengenai efek jangka panjang dr pk premium ke mobil2 yg kompresinya ga cocok pk premium..jgn yg di highlight cm mobilnya msh bs mnm premium meski 'darurat'..
atau kl mau saklek:pk premium =warranty void :big_smoking:..just a dream just a dream... :ungg:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by AD74YA »

Yah jangan gitu juga si... Infrastruktur BBM di negara kita kan masih ngaco.. Banyak yang nimbun pula... Ntar suatu saat darurat kita cuman bisa ngisi premium karena tidak adanya pertamax ya modyar kitanya kalau warranty void... wkwkwk
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by VanzMatic »

AD74YA wrote:Yah jangan gitu juga si... Infrastruktur BBM di negara kita kan masih ngaco.. Banyak yang nimbun pula... Ntar suatu saat darurat kita cuman bisa ngisi premium karena tidak adanya pertamax ya modyar kitanya kalau warranty void... wkwkwk
makanya, carinya ngga usah yang neko2, cari yang masih santei bebeh diglonggong premium, Liat reality aja daah, negara masih acakadut, ngga usah begaya macam udh negara maju... cari aman aja, bisa premium, mau luar kota mana aja, ngga usah kuatirrr...














*kabur ... kabur.... sebelum ditimpuk helm putih...kabooor...shuh..shuh.....buruan!* :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
FortunerMan

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by FortunerMan »

AD74YA wrote:Kalau saya pribadi lihatnya gini, Mazda2 kan CKD, berarti untuk pemasangan mesin dan transmisi juga di Indonesia..
Mazda2 bukannya CBU Thailand? Kayanya gak ada deh pabrik perakitan Mazda di Indonesia. http://teknologi.inilah.com/read/detail ... -indonesia
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by AD74YA »

VanzMatic wrote:
*kabur ... kabur.... sebelum ditimpuk helm putih...kabooor...shuh..shuh.....buruan!* :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Syuh.. syuh.,... Ini nongol aje beginian.. wkwkwk...

:big_weee:
FortunerMan wrote:
AD74YA wrote:Kalau saya pribadi lihatnya gini, Mazda2 kan CKD, berarti untuk pemasangan mesin dan transmisi juga di Indonesia..
Mazda2 bukannya CBU Thailand? Kayanya gak ada deh pabrik perakitan Mazda di Indonesia. http://teknologi.inilah.com/read/detail ... -indonesia
Berarti info dari sales Mazda salah donk... Ane nanya ke salesnya dibilangnye CKD... :e-snooty:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by FortunerMan »

"info sales" - itu dia yg perlu digarisbawahi, jangan pernah percaya apapun omongan mereka...kalo ane sih salesnya iya2in aja, yg penting liat mobilnya wkwkwk...
User avatar
Belphegor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1520
Joined: Mon Sep 08, 2008 3:59
Location: Sunter, Jakarta-Utara

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by Belphegor »

Kalo saya sih yang penting liat muka manis salesnya (kalo cakep) :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by AD74YA »

Iya juga si... Ane percaya-percaya aja wong ane liat build qualitynya 2 kok kayak CKD.. so I don't do crosscheck :off_no:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Voltz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri May 18, 2012 16:20

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by Voltz »

Klo mnrt info kompas..
Kalau diteliti dan ketahuan konsumen selalu menggunakan premium, dipastikan garansi akan hilang..
http://otomotif.kompas.com/read/2012/05 ... nsi.Hilang

Tp yah gitu deh.. Gak ada sosialisasinya.. Bahkan saya gak di kasih info sales..
Emang bener sih di manualnya di tulis oktan nya.. Tp kan ini perlu di sosialisasikan, terutama utk yg beli mobil..
Tp bener kata om helm, beli CX-5 isi premium?!?
Nah, klo beli mazda2 skyactiv gmana tuh?

Btw, sebagai bahan diskusi:
http://oto.detik.com/read/2012/06/17/13 ... ai-premium
Merci Viano pakai premium!?

Ngomongin isi bensin, gw jd isi bensin barusan..
Sebelah ada Merci S500 isi pertamax plus..
Dia isi 90 liter!!! Buset!! Muat banyak yah..

Wah ada apa yah dgn Merci hr ini..
Barusan liat Merci R500.. Jarang2 liat nih..
Last edited by Voltz on Tue Jun 19, 2012 10:57, edited 2 times in total.
arnan11
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Thu Jun 07, 2012 9:49

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by arnan11 »

VanzMatic wrote:
makanya, carinya ngga usah yang neko2, cari yang masih santei bebeh diglonggong premium, Liat reality aja daah, negara masih acakadut, ngga usah begaya macam udh negara maju... cari aman aja, bisa premium, mau luar kota mana aja, ngga usah kuatirrr...
ya ga selalu neko2 juga om, emang trend global mobil juga dah ga ada yg minta ron 88..habanja aja kompresinya dah cukup tinggi lho..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by VanzMatic »

arnan11 wrote:
VanzMatic wrote:
makanya, carinya ngga usah yang neko2, cari yang masih santei bebeh diglonggong premium, Liat reality aja daah, negara masih acakadut, ngga usah begaya macam udh negara maju... cari aman aja, bisa premium, mau luar kota mana aja, ngga usah kuatirrr...
ya ga selalu neko2 juga om, emang trend global mobil juga dah ga ada yg minta ron 88..habanja aja kompresinya dah cukup tinggi lho..
Namanya juga becandaan om... :mky_01:

kalo habanja, emang unik sih... Dibilang kompresinya 1:10, tapi dimana mana dan di seluruh daerah yang hanya ada premium, tetep ayok aja tuh om....

Jangan kata yang di daerah...

Di jakarta aja mungkin hampir 100% operasional yang pakai Avania, pasti isi bensin ama kantornya hanya dibolehin premium...
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by iamwewe »

yah.. skrg premium udh tanpa timbal sih, jadi sih fine2 aja, hajar aja tuh knocking sensornya haha.. kalo soal mazda2 skrg sih betul skali masih CBU thai.. makanya waktu beli awal2 nunggu plat nomornya lama banget..

balik lagi soal premium vs pertamax: kalo saya sndiri sih prefer pertamax aja smua mobil pribadi di jakarta. jalanan jadi makin sepi, macet berkurang drastis, dapet mobil-mobil pure berteknologi tinggi deh. bukan sekedar mobil teknologi tinggi yang disesuaikan dengan kondisi indo.

@om voltz
bener banget tuh, waktu itu saya juga baca artikel itu. kerusakan akibat premium = warranty void itu cx5.

@om vanzmatic
dulu yaris dipake 5tahun, kilometer 100rban, isi premium jalan terus tuh mobil.. be groovy aja. nah sekarang mau jajal kalo mesin mazda ini dipake premium terus gimana daya tahannya, masih sanggup nggak dia zoom-zoom :wkkk:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by VanzMatic »

iamwewe wrote:-CUT-

balik lagi soal premium vs pertamax: kalo saya sndiri sih prefer pertamax aja smua mobil pribadi di jakarta. jalanan jadi makin sepi, macet berkurang drastis, dapet mobil-mobil pure berteknologi tinggi deh. bukan sekedar mobil teknologi tinggi yang disesuaikan dengan kondisi indo.

-CUT-
Hehehe, asal om iamwewe ngga keberatan aja yaa, harga sembako, tarif courier(kurir), tarif antar jemput anak sekolah, jatah bensin motor anak, harga2 barang dan jasa lain naik minimal 2x lipat ya om... :mrgreen:

Ngga mungkin kan, yang menjalankan roda ekonomi, ngga naikin harga, sementara biaya bbm mereka bengkak 2x lipat.. :mky_03:

Masih banyak perusahaan non ekspedisi yang 90% mobilitasnya mengandalkan messenger motorist..
Masih banyak sayur yang diangkut pakai colt, carry, Zebra, granmax pikup,,
Masih banyak yang ngandalkan ojek kalo udh stuck di kemacetan..
:mrgreen:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by iamwewe »

VanzMatic wrote:
iamwewe wrote:-CUT-

balik lagi soal premium vs pertamax: kalo saya sndiri sih prefer pertamax aja smua mobil pribadi di jakarta. jalanan jadi makin sepi, macet berkurang drastis, dapet mobil-mobil pure berteknologi tinggi deh. bukan sekedar mobil teknologi tinggi yang disesuaikan dengan kondisi indo.

-CUT-
Hehehe, asal om iamwewe ngga keberatan aja yaa, harga sembako, tarif courier(kurir), tarif antar jemput anak sekolah, jatah bensin motor anak, harga2 barang dan jasa lain naik minimal 2x lipat ya om... :mrgreen:

Ngga mungkin kan, yang menjalankan roda ekonomi, ngga naikin harga, sementara biaya bbm mereka bengkak 2x lipat.. :mky_03:

Masih banyak perusahaan non ekspedisi yang 90% mobilitasnya mengandalkan messenger motorist..
Masih banyak sayur yang diangkut pakai colt, carry, Zebra, granmax pikup,,
Masih banyak yang ngandalkan ojek kalo udh stuck di kemacetan..
:mrgreen:
makanya kan di komen pertama saya itu awalnya saya tulisnya mobil pribadi, dan saya persempit lagi di jakarta.. jadi mobil pribadi di jakarta, bukan mobil usaha ataupun motor.. dan kalau bisa ya di jakarta aja dulu kasih contoh, kan namanya juga ibukota, tingkat kelengkapan infrastruktur pertamax harusnya lebih baik dong daripada daerah.. wah kalo udah pembahasan premium vs pertamax mah nggak ada habisnya dah, yuk kita lanjut ke otongmotip lagi :big_peace:
bodapa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 104
Joined: Thu Jan 10, 2008 9:05
Location: Jakarta, Indonesia

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by bodapa »

VanzMatic wrote:
iamwewe wrote:-CUT-

balik lagi soal premium vs pertamax: kalo saya sndiri sih prefer pertamax aja smua mobil pribadi di jakarta. jalanan jadi makin sepi, macet berkurang drastis, dapet mobil-mobil pure berteknologi tinggi deh. bukan sekedar mobil teknologi tinggi yang disesuaikan dengan kondisi indo.

-CUT-
Hehehe, asal om iamwewe ngga keberatan aja yaa, harga sembako, tarif courier(kurir), tarif antar jemput anak sekolah, jatah bensin motor anak, harga2 barang dan jasa lain naik minimal 2x lipat ya om... :mrgreen:

Ngga mungkin kan, yang menjalankan roda ekonomi, ngga naikin harga, sementara biaya bbm mereka bengkak 2x lipat.. :mky_03:

Masih banyak perusahaan non ekspedisi yang 90% mobilitasnya mengandalkan messenger motorist..
Masih banyak sayur yang diangkut pakai colt, carry, Zebra, granmax pikup,,
Masih banyak yang ngandalkan ojek kalo udh stuck di kemacetan..
:mrgreen:
Mungkin gak Om VanzMatic, bahwa ini adalah "buah" dari kebijakan energi warisan pemerintah sebelum-sebelumnya? Saya melihatnya bahwa masyarakat Indonesia sudah terlalu tergantung kepada bensin subsidi dalam kurun waktu yang sangat lama juga sehingga ketergantungan ini telah merasuki setiap lini kehidupan masyarakat dari budaya sampai ke sektor ekonomi, baik dari kelas kakap maupun informal seperti warung dan ojek. Masyarakat menjadi sangat terbiasa mengkonsumsi bensin subsidi, se-biasanya manusia bernafas.

Jadi kalau mau diubah (dalam arti masyarakat mengadopsi bensin non-subsidi), perubahannya juga harus mencakup semua sektor kehidupan sekaligus dan total, tidak bisa hanya dari satu atau dua saja. Dan harus melibat semua pihak tanpa terkecuali dan dengan kerelaan hati pula.

Mungkinkah hal itu, selama masih ada orang-orang yang berpikir pragmatis realistis seperti para pedagang yang penghasilannya tidak seberapa, itupun juga telah memakai bensin subsidi ketika memperhitungkan biaya transportasi ke dalam harga barang dagangannya?

Just wondering, that's all...
FortunerMan

Re: Review Mazda2 R A/T non facelift

Post by FortunerMan »

Kalo subsidi dihapus, ongkos dagang bisa kacau. Karena semua2 masih ada uang preman. Baik preman dalam bentuk preman di pasar/terminal, maupun dalam bentuk pejabat militer/pemerintahan.

Setuju - perubahan yg diperlukan untuk menghapus subsidi tanpa mencekik rakyat banyak sekali...