(Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by JESKONENG »

asudarsono wrote:Avanza mau yg 1000 cc, 1300 cc maupun 1500 cc emang kenceng2. Namanya juga mesin Daihatsu. Tapi saya kok gak yakin bisa ngalahin SS1. SS1 itu seekor 306, bos. Ada juga yg namanya bluwek, mere, greenpug. Mobilnya sih biasa saja, yg punya yg rada2 sinting.
haha... kalok mau ditest, apanjah std vs SS1 (306 std) boleeeeeh.... ketemuan di sebuah rest area di toll, lalu test, mau 400 m atau 800 m atau 1000 m .. terserah ajaaa.... kalok topspeed Apanjah 170 aja, mending jangan melawan SS1 dech... tapi kalok bisa mencapai 185kpj atau lebih, nah bakal seruuu....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

Kagak ada yg berani ....... Lanjoet ......
Ready to Race
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Megalontong »

iwang wrote:jelas beda posisi extra fan di depan atau dibelakang, karena kalau di depan, saat kecepatan jalan konstan pun, aliran udara terhambat. sedang posisi kipas di belakang, berarti radiator, kondensor ac kena angin dulu..jadi lebih dingin.
mesin eropa lain yang extra fan di depan juga ada, tapi ada engine-driven fan di kompartemen mesin sehingga ruang mesin selalu dibilas dengan aliran udara dari kipas. coba aja berdiri di samping pintu depan/dekat ban depan, pasti kerasa aliran udara panas.

selain posisi extra fan, di beberapa peugeot (yang saya inget di mesin XU) juga posisi knalpot di belakang (di bawah kaca/kabin) jadi ya makin ga keruan deh. apalagi pas brenti, heat soak dari knalpot langsung ke arah kabin. mobil jepang (dan mesin TU) knalpotnya pas di blakang radiator (dan extra fan) sehingga jauh dari kabin dan terdinginkan oleh aliran udara.

ya mesin XU 9 itu aluminium, XU10 iron block. mesin2 XU disini SOHC, kecuali MI6 XU10J4 yang DOHC.
soal panas mesin sebenernya sama aja, mesin2 lean semacam honda jazz panasnya ga kira2. cuma di mobil eropa ada skala dan ukuran suhu, di mobil jepang kan cuman c sama h.

Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.

XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406



asudarsono wrote:Avanza mau yg 1000 cc, 1300 cc maupun 1500 cc emang kenceng2. Namanya juga mesin Daihatsu. Tapi saya kok gak yakin bisa ngalahin SS1. SS1 itu seekor 306, bos. Ada juga yg namanya bluwek, mere, greenpug. Mobilnya sih biasa saja, yg punya yg rada2 sinting.

Ada picnya Om? Bisa jadi warning buat driver sinting apansah yg mengemudinya ugal2an & merasa raja jalanan



JESKONENG wrote:
asudarsono wrote:Avanza mau yg 1000 cc, 1300 cc maupun 1500 cc emang kenceng2. Namanya juga mesin Daihatsu. Tapi saya kok gak yakin bisa ngalahin SS1. SS1 itu seekor 306, bos. Ada juga yg namanya bluwek, mere, greenpug. Mobilnya sih biasa saja, yg punya yg rada2 sinting.
haha... kalok mau ditest, apanjah std vs SS1 (306 std) boleeeeeh.... ketemuan di sebuah rest area di toll, lalu test, mau 400 m atau 800 m atau 1000 m .. terserah ajaaa.... kalok topspeed Apanjah 170 aja, mending jangan melawan SS1 dech... tapi kalok bisa mencapai 185kpj atau lebih, nah bakal seruuu....

Bicara trek panjang bukan mainan boil jepang apalagi kelas bawah gitu. Tapi di kota2 apansah beringas.
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by iwang »

Megalontong wrote:

Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.

XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406

.
ilmu kira2 aja om - saya cuman orang awam, tapi waktu dan pengalaman membuktikan mana desain yang kuat dan bertahan. lagi lagi argumen eropa vs jepang juga tidak scientific, sudah jadi stereotip..yang bicara adalah desain vs efesiensi, desain vs reliability dan driveability.
misalnya kalaupun desain pug itu super efesien, kenapa cooling systemnya crap? kan kontradiktif.
untuk scope cooling system sih sekarang paling maju di bmw dan mercedes, kombinasi variable speed cooling fan ( di dalam), electric water pump (on demand di bmw walaupun ga terlalu reliable), hot water circulation pump (electric) di mercedes saat engine off untuk mengurangi efek heat soak, cooling system untuk minyak power steering (mercedes) dan seterusnya.
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

Widih ... electric water pump ya jelas aja jebol. Teknologi hari ini masih belum sampai.

Namanya mobil, yang penting pendinginannya bekerja khan? Antara satu mobil dengan mobil lain saya lihat gak terlalu berbeda, perbedaan cuma di gaya saja. Mau Peugeot yg kipasnya berisik, mau Toyota yg kipasnya lembut yg penting fungsi. Kalau mati ya pasti overheat. Gak ada mobil kipasnya mati terus masih ketawa2.

Mengapa tidak jauh beda? Karena semuanya fungsinya menjaga air pendingin sekitar 70-90C. Itu saja, gak boleh lebih gak boleh kurang. Jadi mau gimana caranya, cuma cara desain saja. Yang sering dimasalahkan, kenapa kap mesin Peugeot panas sedangkan mobil lain dingin? Lha, kira2 mau buang panas bagusnya kapnya panas dong. Saya malah heran banyak orang kasih peredam panas ..... kap kok disayang2.

Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?

Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.
Ready to Race
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?

Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.
Seperti kata om asudarsono, yg penting kan hasilnya atau goalnya. Disini yg ane liat golnya adalah mencegah overheat, ya kan?
Jepang mungkin "gak mikir heat sink" tapi mobilnya rata2 jarang yg overheat
Kalo Eropa udah mikir heat sink, tapi tetep aja mobilnya lebih banyak yg overheat (apalagi yg jadul2) hehehe.....

Kalo dipikir2 pake logika, ngapain ya peugeot nyalain kipas kalo mesin mobil udah mati, buang2 batere juice aja hehehe....

Kemaren pernah dikirim kerja di Qatar bbrp bulan. Kalo lagi pengen maen2 ke Dubai dan ikut rekreasi off road di the real gurun pasir (bukan jalan rayanya ya), mobil2nya fleetnya 80% keatas pake TLC VX100 atau 200 tuh :mrgreen:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by iwang »

saya sempet ke sudan,, mobil tua nya cuman w123 / w124 sama toyota...debu, panas, dan perbengkelannya parah (karena embargo amerika).
peugeot emang bisa idup cooling fan saat mesin mati, akhirnya kabel extra fan (spakbor kiri) meleleh dan seterusnya. pada akhirnya ya terbukti, over time, desainnya ga reliable.
mercedes juga ga semua pake circulation pump, di s-class aja mulai dari w140, tapi ya berfungsi.
bmw experimen dengan full electric system, tapi ternyata ga reliable..seperti mercedes dengan SBC..over time, tidak cukup reliable.

sistem di 90an terutama di mesin memanjang selalu ada redundancy (karena ada engine driven fan) seperti merc/bmw dan kijang2an. mesin FWD transversal ya sepenuhnya bergantung ke electric fan..jaman dulu pake 2 bahkan 3 (2 belakang, satu depan).
stelah itu pake cooling fan dengan multiple stage, sekarang udah fully variable speed dan tergantung sama cooling loadnya..pake control module..
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

Waduh, gak mikir heatsink kok bangga. Kalau suhu udara 40C ke atas, bisa jebol tuh mesin dan kabelnya.

Iya sih, saya juga sehari2 pakai Yukon tapi kalau ke medan yg berat2 pakai Land Cruiser. Mungkin bagi orang sana Land Cruiser murah kali. Apa alasannya saya gak tahu, gak ngerti bahasa dan budaya Arab sih. Kalau di Indonesia saya prefer Ford Ranger karena murah dan bandel, walau teman2 daerah saya lihat suka Strada.

Om Iwan, kalau kabel cuma dibebani kipas meleleh, kayaknya kudu marah2 ke bengkel deh. Kipas ini khan kecil amperenya.
Ready to Race
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by iwang »

soal kabel power untuk kipas di 306/405 itu sudah umum pak, karena thermal load di indonesia kan tinggi (macet, panas, lembab) jadi ya memang tu kipas idup terus. belum lagi kalo kipasnya udah rada soak, beban makin besar sehingga kabelnya kepanasan.
enak kali ya pak di amirika, mobil gede2 jalan gede2 jadi puas dah :mky_02: :mky_02:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Megalontong »

iwang wrote:
Megalontong wrote:

Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.

XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406

.
ilmu kira2 aja om - saya cuman orang awam, tapi waktu dan pengalaman membuktikan mana desain yang kuat dan bertahan. lagi lagi argumen eropa vs jepang juga tidak scientific, sudah jadi stereotip..yang bicara adalah desain vs efesiensi, desain vs reliability dan driveability.
misalnya kalaupun desain pug itu super efesien, kenapa cooling systemnya crap? kan kontradiktif.
untuk scope cooling system sih sekarang paling maju di bmw dan mercedes, kombinasi variable speed cooling fan ( di dalam), electric water pump (on demand di bmw walaupun ga terlalu reliable), hot water circulation pump (electric) di mercedes saat engine off untuk mengurangi efek heat soak, cooling system untuk minyak power steering (mercedes) dan seterusnya.

Yahh elmu kira2 dibawa kemari.
Cooling system crap? Coba ketik Peugeot blown radiator/ waterpump/expansion tank. Hasilnya ada ngga :big_slap: Kalau kata peugeot itu diganti BMW, hasilnya bejibun :mky_02:
Jangan bawa2 merk propeller dah kalau bicara Mechanical durability. Ngga etis.

Canggih ama durabel itu beda, yg saya bahas durability loh. Powersteering elektrik canggih tp durabilitas masih di Hydraulic PS.


asudarsono wrote:Widih ... electric water pump ya jelas aja jebol. Teknologi hari ini masih belum sampai.

Namanya mobil, yang penting pendinginannya bekerja khan? Antara satu mobil dengan mobil lain saya lihat gak terlalu berbeda, perbedaan cuma di gaya saja. Mau Peugeot yg kipasnya berisik, mau Toyota yg kipasnya lembut yg penting fungsi. Kalau mati ya pasti overheat. Gak ada mobil kipasnya mati terus masih ketawa2.

Mengapa tidak jauh beda? Karena semuanya fungsinya menjaga air pendingin sekitar 70-90C. Itu saja, gak boleh lebih gak boleh kurang. Jadi mau gimana caranya, cuma cara desain saja. Yang sering dimasalahkan, kenapa kap mesin Peugeot panas sedangkan mobil lain dingin? Lha, kira2 mau buang panas bagusnya kapnya panas dong. Saya malah heran banyak orang kasih peredam panas ..... kap kok disayang2.

Kalau Mercy punya circulation pump, Peugeot juga kipasnya akan hidup sendiri walau kunci kontak dicabut. Itu cuma cara berfikirnya saja, yang penting heat sink bisa dihilangkan. Kalau punggawa Mercy bisalah beli circulation pump, kalau pemilik Peugeot suruh ganti apa punya duit?

Kalu Jepang mana yg mikir heat sink. Mikir heat spot aja masih bingung, mesin ngelitik2 begitu. Padahal Kodok ama Citroen tahun 1930an yg gak pakai air hepi2 ketawa2 aja. Makanya di gurun pasir panas sono, lebih banyak yg dipakai mobil Eropa ama Amrik. Udah jelas bandel.


100% setujuhhh! Ini baru jawaban yg memiliki dasar. Maaf aja pemilik boil eropa di indonesia tu kebanyakan tidak didukung dana & pengetahuan yg pantas. Masih isi radiator pakai air PAM sesuai anjuran tukang radiator pinggiran. Tidak heran overheat karena isi radiatornya lumpur karat semua.
Jepang tuh di kondisi ekstrim banyak TKOnya, contoh aja bis malam yg pakai Jepang pada Overheat sedang yg pake Eropa :mky_01: selain lebih bandel tanjakan gunung aja santai


asudarsono wrote:Waduh, gak mikir heatsink kok bangga. Kalau suhu udara 40C ke atas, bisa jebol tuh mesin dan kabelnya.

Iya sih, saya juga sehari2 pakai Yukon tapi kalau ke medan yg berat2 pakai Land Cruiser. Mungkin bagi orang sana Land Cruiser murah kali. Apa alasannya saya gak tahu, gak ngerti bahasa dan budaya Arab sih. Kalau di Indonesia saya prefer Ford Ranger karena murah dan bandel, walau teman2 daerah saya lihat suka Strada.

Om Iwan, kalau kabel cuma dibebani kipas meleleh, kayaknya kudu marah2 ke bengkel deh. Kipas ini khan kecil amperenya.

Kebanyakan problem eropa itu adalah kualitas kabelnya lebih rapuh & beban yg ditanggung tinggi.
Tidak ada masalah dengan designnya.

Banyak kasus tuh : Radiator tak terawat diisi air PAM, karatan, extrafan nonstop kerja terus karena tdk sanggup mengeliminir panas akhirnya kabel meleleh. Salah design ato pemiliknya istimewa pintarnya?

Jepang awet? Kalau secanggih peugeot , mercy , bmw so pasti keawetannya juga jauh di bawah apansah & panther (diesel never dies).
Banyak di jalanan Odyssey - Alphard kena banyak trouble elektrik & mogok di jalan. Nah katanya Jepang tu tahan banting?

Jangan bandingin kecanggihan eropa vs Jepang mobil niaga macam carry karburator :mky_07:
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by iwang »

saya sih dari pengalaman, bukan hasil searching google.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Risol1 »

asudarsono wrote:Waduh, gak mikir heatsink kok bangga. Kalau suhu udara 40C ke atas, bisa jebol tuh mesin dan kabelnya.
I was being sarcastic :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:
iwang wrote:
Megalontong wrote: Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
ilmu kira2 aja om - saya cuman orang awam, tapi waktu dan pengalaman membuktikan mana desain yang kuat dan bertahan.
Yahh elmu kira2 dibawa kemari.
Buset dah ngatain orang lagi, emangnya ilmu yg scientific tuh yg mana sih? :mrgreen:
Yg bilang "google aja dan liat bahwa mercedes gak ada yg blown radiatornya" :mrgreen:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Risol1 »

Megalontong wrote:Jepang awet? Kalau secanggih peugeot , mercy , bmw so pasti keawetannya juga jauh di bawah apansah & panther (diesel never dies).
Banyak di jalanan Odyssey - Alphard kena banyak trouble elektrik & mogok di jalan. Nah katanya Jepang tu tahan banting?
Cuma karena liat satu dua alphard atau odyssey mogok bukan berarti mobil2 tsb gak reliable :mrgreen:
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

@Risol : Hahahaha. oke

@Iwang : dulu banyak pemilik 504 dan 505 yg gak pede krn radiatornya gak pakai expansion tank. Akhirnya pada pasang yg ex-kijang. Ya kacaulah. Yang terjadi bukannya airnya bersirkulasi tapi malah muncrat2 ke luar. Akhirnya orang bilang Peugeot overheat.

Saya punya radiator Citroen BX, isinya cuma seliter air lebih sedikit. Tapi kipasnya dua besar2. Volvo kipasnya juga lebih besar lagi. Itu cuma cara berfikir saja, bukan berarti jelek.
Ready to Race
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by andy1800 »

Expansion tank tu yg mana sih? Msh bagian dr radiatornya atau terpisah?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

Itu, tabung plastik yg dihubungkan ama selang ke tutup radiator.

Kalau punya kijang, tambahan air dimasukkan ke situ gak usah buka2 tutup radiator.
Ready to Race
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by andy1800 »

Oo jd istilah yg benernya expansion tank ya? bukan tabung reservoir....scara fungsi mmg sbg ekspansi ya.... ic ic
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by maskopat »

Megalontong wrote:
iwang wrote:jelas beda posisi extra fan di depan atau dibelakang, karena kalau di depan, saat kecepatan jalan konstan pun, aliran udara terhambat. sedang posisi kipas di belakang, berarti radiator, kondensor ac kena angin dulu..jadi lebih dingin.
mesin eropa lain yang extra fan di depan juga ada, tapi ada engine-driven fan di kompartemen mesin sehingga ruang mesin selalu dibilas dengan aliran udara dari kipas. coba aja berdiri di samping pintu depan/dekat ban depan, pasti kerasa aliran udara panas.

selain posisi extra fan, di beberapa peugeot (yang saya inget di mesin XU) juga posisi knalpot di belakang (di bawah kaca/kabin) jadi ya makin ga keruan deh. apalagi pas brenti, heat soak dari knalpot langsung ke arah kabin. mobil jepang (dan mesin TU) knalpotnya pas di blakang radiator (dan extra fan) sehingga jauh dari kabin dan terdinginkan oleh aliran udara.

ya mesin XU 9 itu aluminium, XU10 iron block. mesin2 XU disini SOHC, kecuali MI6 XU10J4 yang DOHC.
soal panas mesin sebenernya sama aja, mesin2 lean semacam honda jazz panasnya ga kira2. cuma di mobil eropa ada skala dan ukuran suhu, di mobil jepang kan cuman c sama h.

Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.

XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406
lalu kenapa mobil eropa sering overheat di indonesia? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

Kenapa mobil CBU yang masuk sini lewat IU malah jarang denger overheat. Mlah yg ATPM yg masalah.

Aneh ya....
Ready to Race
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by Megalontong »

Risol1 wrote:
Megalontong wrote:Jepang awet? Kalau secanggih peugeot , mercy , bmw so pasti keawetannya juga jauh di bawah apansah & panther (diesel never dies).
Banyak di jalanan Odyssey - Alphard kena banyak trouble elektrik & mogok di jalan. Nah katanya Jepang tu tahan banting?
Cuma karena liat satu dua alphard atau odyssey mogok bukan berarti mobil2 tsb gak reliable :mrgreen:

Mungkin salah nangkap ya, Mechanical jepang oke , elektrik oke. Tapi mulai komputer2an, juga problemnya 11-12.

maskopat wrote:
Megalontong wrote:
iwang wrote:jelas beda posisi extra fan di depan atau dibelakang, karena kalau di depan, saat kecepatan jalan konstan pun, aliran udara terhambat. sedang posisi kipas di belakang, berarti radiator, kondensor ac kena angin dulu..jadi lebih dingin.
mesin eropa lain yang extra fan di depan juga ada, tapi ada engine-driven fan di kompartemen mesin sehingga ruang mesin selalu dibilas dengan aliran udara dari kipas. coba aja berdiri di samping pintu depan/dekat ban depan, pasti kerasa aliran udara panas.

selain posisi extra fan, di beberapa peugeot (yang saya inget di mesin XU) juga posisi knalpot di belakang (di bawah kaca/kabin) jadi ya makin ga keruan deh. apalagi pas brenti, heat soak dari knalpot langsung ke arah kabin. mobil jepang (dan mesin TU) knalpotnya pas di blakang radiator (dan extra fan) sehingga jauh dari kabin dan terdinginkan oleh aliran udara.

ya mesin XU 9 itu aluminium, XU10 iron block. mesin2 XU disini SOHC, kecuali MI6 XU10J4 yang DOHC.
soal panas mesin sebenernya sama aja, mesin2 lean semacam honda jazz panasnya ga kira2. cuma di mobil eropa ada skala dan ukuran suhu, di mobil jepang kan cuman c sama h.

Argumen ini apa sudah ditakar scientific atau hanya ilmu kira2 Om?
Soalnya design komponen & rancang bangun aerodinamis Eropah beda ma Jepang, selalu punya pertimbangan sendiri2. Extrafan di eropah yg ditempatkan di depan juga ada pertimbangannya sendiri (biasanya ngejar efisiensi tinggi), komponen high performance & harganya mahal.
Aerodinamis Eropa juga beda dgn Jepang, misalnya kondisi jalan, flownya bisa jadi bukan tubruk depan & extrafan depan tidak menutup 100% radiator jadi flownya tidak *terhambat* seperti itu.
Di Pejot & beberapa eropah begitu Extrafan bekerja suaranya bising & air flownya luar biasa besar (high performance), jadi jangankan radiator engine & exhaust itupun kena air blownya.
Sedang di jepang yg menganut ilmu paket hemat, Extrafannya tidak pernah memiliki air flow sekencang itu.

XU10J4 itu DOHC , all iron block. Dipakai di 405STI 406
lalu kenapa mobil eropa sering overheat di indonesia? :e-think:

Siapa bilang Carry metromini ngga sering overheat? Terlalu mengada-ada situ.
Cuman bedanya Coolingsystem jepang lebih tahan air PAM dibanding CS eropah :big_weee:
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by maskopat »

Megalontong wrote:
maskopat wrote: lalu kenapa mobil eropa sering overheat di indonesia? :e-think:
Siapa bilang Carry metromini ngga sering overheat? Terlalu mengada-ada situ.
Cuman bedanya Coolingsystem jepang lebih tahan air PAM dibanding CS eropah :big_weee:
huahahaha... carry dan metro mini jalan dalam kota dan kondisi stop n go.. beda kondisi dengan peug dan mercy... :mky_07:
yang ane bold... :mky_07: cooling system eropah gak bisa minum air biasa? jelek sekali rancang bangunnya... :big_weee:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by asudarsono »

Gak bisa Pat, soalnya redlinenya sampai 120C, jadi harus pakai coolant.

Kalau mobil Jepang khan redline sampai 100C saja, maka bisa pakai air PAM.
Ready to Race
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by maskopat »

asudarsono wrote:Gak bisa Pat, soalnya redlinenya sampai 120C, jadi harus pakai coolant.

Kalau mobil Jepang khan redline sampai 100C saja, maka bisa pakai air PAM.
panas sekali sampe 120C? :e-think:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: (Mohon Saran) Hyundai Elantra atau Peugeot 306 ??

Post by andy1800 »

advantage jepangan yg bs minum air ledeng tsb.....mempunyai konsekuensi, performansi mesin si jepang jadinya kalah dibanding eropahan.
gitu logikanya ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image