Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

AAO
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sat Oct 07, 2023 3:30

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by AAO »

Halo, mau nanya

Ane pake palisade 2021
Isi perta dex, penasaran apa kah masih butuh redline diesel untuk maintenance use aja?

Apa akan ada efek ?
Trims
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

AAO wrote: Sat Oct 07, 2023 3:32 Halo, mau nanya

Ane pake palisade 2021
Isi perta dex, penasaran apa kah masih butuh redline diesel untuk maintenance use aja?

Apa akan ada efek ?
Trims
Just my opinion.
Gak usah

Kecuali klo msh dexlite
Apalagi biosolar, iya perlu tuh aditif :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by mkamil »

Turboman wrote: Mon Jun 27, 2022 5:40
DrivingPotato wrote:Kemarin mampir ACE dan nemu produk yg sblmnya belum pernah saya lihat:

CRC Octane Booster
Image

Ini kalo baca dari deskripsi fokusnya ke boosting octane number, tapi nggak ada klaimnya sampai berapa points. Beda dengan Redline CFSC yang fokusnya bebersih saluran bahan bakar, CRC nggak mengandung PEA.

Nah tapi dengan MSDS yang saya temukan, yg saya ngerti cuma naphtalene 1-3% yg fungsinya emang naikin oktan.

Pertanyaannya: dengan MSDS seperti itu, bisa nambah berapa RON? atau hanya beberapa points (nol koma) saja?
Image

Kalau dibandingkan dengan merk SuToPo bagusan mana ya? Ini MSDS merk tsb yg bisa saya temukan
https://whatsinproducts.com/files/brand ... 792462.pdf


Di ACE si CRC harganya 128rb
Mungkin ada om-om yang bisa bantu jelasin

Referensi MSDS:
https://images.salsify.com/image/upload ... upbhyk.pdf
PDS:
https://app.salsify.com/catalogs/7d8c73 ... ts/1003686
MMT bukannya sering bikin endapan bubuk merah bata di Busi ?

dan dia membuat Katalis pendek umur kalo ga salah
octane booster yg tanpa komponen metallic seperti mmt atau ferrocene dipasaran apa saja ya?

hasil googling2 dan lihat SDS sekilas baru dapet mannol benzin
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

mkamil wrote: Tue Oct 17, 2023 6:38
Turboman wrote: Mon Jun 27, 2022 5:40
DrivingPotato wrote:Kemarin mampir ACE dan nemu produk yg sblmnya belum pernah saya lihat:

CRC Octane Booster
Image

Ini kalo baca dari deskripsi fokusnya ke boosting octane number, tapi nggak ada klaimnya sampai berapa points. Beda dengan Redline CFSC yang fokusnya bebersih saluran bahan bakar, CRC nggak mengandung PEA.

Nah tapi dengan MSDS yang saya temukan, yg saya ngerti cuma naphtalene 1-3% yg fungsinya emang naikin oktan.

Pertanyaannya: dengan MSDS seperti itu, bisa nambah berapa RON? atau hanya beberapa points (nol koma) saja?
Image

Kalau dibandingkan dengan merk SuToPo bagusan mana ya? Ini MSDS merk tsb yg bisa saya temukan
https://whatsinproducts.com/files/brand ... 792462.pdf


Di ACE si CRC harganya 128rb
Mungkin ada om-om yang bisa bantu jelasin

Referensi MSDS:
https://images.salsify.com/image/upload ... upbhyk.pdf
PDS:
https://app.salsify.com/catalogs/7d8c73 ... ts/1003686
MMT bukannya sering bikin endapan bubuk merah bata di Busi ?

dan dia membuat Katalis pendek umur kalo ga salah
octane booster yg tanpa komponen metallic seperti mmt atau ferrocene dipasaran apa saja ya?

hasil googling2 dan lihat SDS sekilas baru dapet mannol benzin
Octane booster kalo tanpa komponen metallic seperti mmt forget it om, secara harga terlalu mahal untuk kenaikan yang tidak seberapa.

MMT sendiri kalo dosisnya gak over, sebenernya gak bikin busi fouling dan catalyst ko lebih cepet secara signifikan.

Official store Q8 tokped sekarang jg ada jual additive bbm merek RZ. Itu octane boosternya mengandung metal, aman untuk Euro 4, ada approval TUVnya.

Katanya, untuk mendapatkan approval TUV , octane booster harus bisa naikin oktan 95 ke minimal 97.5.
Katanya sih (belum teruji) claim dari mereka kalo di campur ke octane 90 bisa jadi 95 an, kalo di campur ke 92 bisa jadi 96 an, kalo di campur ke 98 bisa jadi 100.
mkamil
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 163
Joined: Tue Aug 06, 2019 14:02
Daily Vehicle: 1VD - L15Z - FB25

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by mkamil »

sahabatq8 wrote: Tue Oct 17, 2023 7:16
mkamil wrote: Tue Oct 17, 2023 6:38
Turboman wrote: Mon Jun 27, 2022 5:40 MMT bukannya sering bikin endapan bubuk merah bata di Busi ?

dan dia membuat Katalis pendek umur kalo ga salah
octane booster yg tanpa komponen metallic seperti mmt atau ferrocene dipasaran apa saja ya?

hasil googling2 dan lihat SDS sekilas baru dapet mannol benzin
Octane booster kalo tanpa komponen metallic seperti mmt forget it om, secara harga terlalu mahal untuk kenaikan yang tidak seberapa.

MMT sendiri kalo dosisnya gak over, sebenernya gak bikin busi fouling dan catalyst ko lebih cepet secara signifikan.

Official store Q8 tokped sekarang jg ada jual additive bbm merek RZ. Itu octane boosternya mengandung metal, aman untuk Euro 4, ada approval TUVnya.

Katanya, untuk mendapatkan approval TUV , octane booster harus bisa naikin oktan 95 ke minimal 97.5.
Katanya sih (belum teruji) claim dari mereka kalo di campur ke octane 90 bisa jadi 95 an, kalo di campur ke 92 bisa jadi 96 an, kalo di campur ke 98 bisa jadi 100.
noted om, thanks for the insight. Akan dipertimbangkan walau claim nya tinggi juga, untuk darurat saja kalau didaerah tidak tersedia bbm yg sesuai 🫡
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
sistem infus dan purging mesin bensin, klo lihat cara2nya lbh byk mudhorotnya.
kecuali klo teknisinya udah suhu dan kredibel spt mbah marmut.. lain cerita yaa.

lihat vidionya AHA pedia, jadi anxiety klo ada residu kotoran yg nyelip di ring piston
hahahaha

jd klo saya pribadi sih.... again opini pribadi, prefer tuang di tangki.
jadi bersihinnya dari fuel line sampai ke ruang bakar, walaupun lbh lama dan gak instant.
Last edited by Suryaputra on Thu Oct 19, 2023 8:57, edited 1 time in total.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:57
t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
karena instant :big_biglaugh:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Thu Oct 19, 2023 8:49
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
sistem infus dan purging mesin bensin, klo lihat cara2nya lbh byk mudhorotnya.
kecuali klo teknisinya udah suhu dan kredibel spt mbah marmut.. lain cerita yaa.

lihat vidionya AHA pedia, jadi anxiety klo ada residu kotoran yg nyelip di ring piston
hahahaha

jd klo saya pribadi sih.... again opini pribadi, prefer tuang di tangki.
jadi bersihinnya dari fuel line sampai ke ruang bakar, walaupun lbh lama dan gak instant.
Saya setuju dengan mbah surya, pemikiran saya purging lebih keras (untuk mesin yang emang udah ada gejala injectornya gak normal) , sedangkan kalo untuk maintainence saja lebih mending yang campur bensin/pake bensin bagus. Mohon koreksi, kalau ini pemikiran yang salah

Penasaran jg, cairan purging itu kalo di ukur octanenya berapa ya, soalnya pas mesin dinyalain tanpa bensin hanya obatnya kan bisa gak ngelitik.
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

Suryaputra wrote: Thu Oct 19, 2023 8:57
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:57
t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46

kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
karena instant :big_biglaugh:
Kemaren saya ngobrol² dengan bosnya salah satu toko oli teramai. Dia bilang 99% customer puas setelah di purging wkwkwk.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 9:03
Suryaputra wrote: Thu Oct 19, 2023 8:57
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:57
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
karena instant :big_biglaugh:
Kemaren saya ngobrol² dengan bosnya salah satu toko oli teramai. Dia bilang 99% customer puas setelah di purging wkwkwk.
iya lah
mie instant aja enak koq
gak pakai lama bikin nya

efek jangka panjang... ya let see
wakakakaka.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by forzanetti »


sahabatq8 wrote:
t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
Karena lebih terlihat. Keliatan tuh kotor2nya keluar, jadi ada feeling kalo daleman udh clean.

Kalo rutih pake bbm bagus + additive kan ga keliatan efeknya secara kasat mata.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by RezPrat »

Suryaputra wrote: Thu Oct 19, 2023 8:49
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
sistem infus dan purging mesin bensin, klo lihat cara2nya lbh byk mudhorotnya.
kecuali klo teknisinya udah suhu dan kredibel spt mbah marmut.. lain cerita yaa.

lihat vidionya AHA pedia, jadi anxiety klo ada residu kotoran yg nyelip di ring piston
hahahaha

jd klo saya pribadi sih.... again opini pribadi, prefer tuang di tangki.
jadi bersihinnya dari fuel line sampai ke ruang bakar, walaupun lbh lama dan gak instant.
Selama bensin d indo kualitasnya random purging injector Masi perlu. Sebenarnya gak purging seumur2 juga gak pa pa, biasanya tinggal tunggu waktu aja nanti bakal d purging perbaikan aja buat perbaikan injector yg udah ketutup kerak. Ane pernah kena d KM 10rb an, mobil baru Swift harus purging injector , mobil brebet, abis purging injector semua normal lagi.

Careful buat GDI, injektor GDI lebih kecil lagi tu lubang nozel macam d diesel. Dan kalo tersumbat itu rentan rusak d bandingkan injector si port-injection. Klo rusak ya harus beli baru lagi ke 4 nya(klo 4 silinder), gak murah jg kan, waktu terbuang.

Buat DI-diesel, udah makanan wajib, tiap 3-4 tahunan lah. Ya udah tau semua kan knapa nya. Gak usah d sebut lagi.

Jadiin maintenance rutin aja, tp jgn sering2 dan pake obat yg terpercaya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Thu Oct 19, 2023 11:08
sahabatq8 wrote:
t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46

kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
Karena lebih terlihat. Keliatan tuh kotor2nya keluar, jadi ada feeling kalo daleman udh clean.

Kalo rutih pake bbm bagus + additive kan ga keliatan efeknya secara kasat mata.
RezPrat wrote: Thu Oct 19, 2023 12:15
Suryaputra wrote: Thu Oct 19, 2023 8:49
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
sistem infus dan purging mesin bensin, klo lihat cara2nya lbh byk mudhorotnya.
kecuali klo teknisinya udah suhu dan kredibel spt mbah marmut.. lain cerita yaa.

lihat vidionya AHA pedia, jadi anxiety klo ada residu kotoran yg nyelip di ring piston
hahahaha

jd klo saya pribadi sih.... again opini pribadi, prefer tuang di tangki.
jadi bersihinnya dari fuel line sampai ke ruang bakar, walaupun lbh lama dan gak instant.
Selama bensin d indo kualitasnya random purging injector Masi perlu. Sebenarnya gak purging seumur2 juga gak pa pa, biasanya tinggal tunggu waktu aja nanti bakal d purging perbaikan aja buat perbaikan injector yg udah ketutup kerak. Ane pernah kena d KM 10rb an, mobil baru Swift harus purging injector , mobil brebet, abis purging injector semua normal lagi.

Careful buat GDI, injektor GDI lebih kecil lagi tu lubang nozel macam d diesel. Dan kalo tersumbat itu rentan rusak d bandingkan injector si port-injection. Klo rusak ya harus beli baru lagi ke 4 nya(klo 4 silinder), gak murah jg kan, waktu terbuang.

Buat DI-diesel, udah makanan wajib, tiap 3-4 tahunan lah. Ya udah tau semua kan knapa nya. Gak usah d sebut lagi.

Jadiin maintenance rutin aja, tp jgn sering2 dan pake obat yg terpercaya.
Improvement bertahap itu gak terasa.. tp tau2 mesin joss dan gak pernah brebet.

Based on pengalaman pribadi pk mbl yg umurnya dah 6 thn plus.

Yg penting gk pakai bbm subsidi yg kualitasnya random :big_peace:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

forzanetti wrote: Thu Oct 19, 2023 11:08
sahabatq8 wrote:
t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46

kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
Karena lebih terlihat. Keliatan tuh kotor2nya keluar, jadi ada feeling kalo daleman udh clean.

Kalo rutih pake bbm bagus + additive kan ga keliatan efeknya secara kasat mata.
Masuk di akal sih, makanya banyak yang suka pake alat purging transparan ya.
Om sendiri berarti golongan purging?
User avatar
forzanetti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 364
Joined: Sat Jul 10, 2021 10:04

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by forzanetti »


sahabatq8 wrote:
forzanetti wrote: Thu Oct 19, 2023 11:08
sahabatq8 wrote: nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
Karena lebih terlihat. Keliatan tuh kotor2nya keluar, jadi ada feeling kalo daleman udh clean.

Kalo rutih pake bbm bagus + additive kan ga keliatan efeknya secara kasat mata.
Masuk di akal sih, makanya banyak yang suka pake alat purging transparan ya.
Om sendiri berarti golongan purging?
Engga om, itu maksudnya saya komen aja kalo orang2 suka purging karena lebih keliatan.

Saya sendiri lebih suka additive + perawatan rutin.

Sama kaya badan kita kan harus dirawat setiap hari (istirahat cukup, makanan minuman yg baik) supaya sehat jangka panjang.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9685
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by Suryaputra »

forzanetti wrote: Fri Oct 20, 2023 0:44
sahabatq8 wrote:
forzanetti wrote: Thu Oct 19, 2023 11:08

Karena lebih terlihat. Keliatan tuh kotor2nya keluar, jadi ada feeling kalo daleman udh clean.

Kalo rutih pake bbm bagus + additive kan ga keliatan efeknya secara kasat mata.
Masuk di akal sih, makanya banyak yang suka pake alat purging transparan ya.
Om sendiri berarti golongan purging?
Engga om, itu maksudnya saya komen aja kalo orang2 suka purging karena lebih keliatan.

Saya sendiri lebih suka additive + perawatan rutin.

Sama kaya badan kita kan harus dirawat setiap hari (istirahat cukup, makanan minuman yg baik) supaya sehat jangka panjang.
Setuju mbah
Lbh baik mencegah / merawat yaa
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by ilhami »

Ring piston itu membawa oli, dan wajar ada residu karbon di area tersebut, karena oli juga ikut terbakar.
IMHO kekhawatiran tersebut terlalu berlebihan.
Mengenai urutan pekerjaan, pekerjaan carbon cleaning seharusnya dilakukan sebelum ganti oli.
t105erd
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1137
Joined: Sun Mar 20, 2022 1:17

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by t105erd »

sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:57
t105erd wrote: Thu Oct 19, 2023 8:46
sahabatq8 wrote: Thu Oct 19, 2023 8:19 Mau tanya, apa opini suhu² disini mengenai injector cleaner purging/infus vs yang tuang di tangki?
kalo yg sistem infus itu kan fokusnya ke injektor dan ruang bakar yah, kalo yg dari tangki itu sepanjang jalur bahan bakar, dari mulai fuel pump sampai injektor dan ruang bakar, lagian gasoline setau saya juga punya sifat membersihkan, makanya kalo bengkel bersihin parts kadang pake bensin wkwk...
tapi mungkin kurang maknyus seiring dengan pemakaian jadi banyak kotoran yang tersumbat dll... jadi harus pakai tambahan aditif selain juga nambah sifat fuel lubricity. Nah fuel lubricity ini yang penting buat mesin 2 tak, kalo mau juga bisa sih ditambahkan oli samping tc-w3 dengan takaran 2ml/1l bensin kaya orang2 bule sana eksperimen.
nah yang saya penasaran, kenapa kebanyakan orang sepertinya prefer purging (mesin dinyalain pake obat pembersih) dibanding dengan secara rutin pake bensin bagus/ additive bbm untuk membersihkan.

Apakah karena costnya , atau performancenya yang memang lebih mantap.
Ga tau, sugesti kali, apa kena sales bengkel, dan kalo metode langsung ke injektor kan emang cairanya khusus buat 1x treatment, kalo di tanki kan jangka panjang harus habis 1 tangki dulu baru selesai treatmentnya. Jadi konsentrasinya lebih tinggi kali yah obat cleanernya. Kalo yg model gurah dimasukin cleaner ke lobang busi sih saya ga setuju yah, mesin ga di desain kaya gitu soalnya.

Lagian yg namanya ICE bakal ninggalin bekas karbon, mau pakai racing fuel tiap hari juga bakal masih ada bekas karbonnya, kodratnya mesin ICE kaya gitu.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by ilhami »

Kalau disini carbon cleaning disemprot langsung ke kepala piston, tidak berarti kepala piston bisa kinclong lagi.

User avatar
sahabatq8
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1781
Joined: Sun Sep 26, 2021 10:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Nissan Xtrail

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by sahabatq8 »

ilhami wrote: Fri Oct 20, 2023 2:53 Kalau disini carbon cleaning disemprot langsung ke kepala piston, tidak berarti kepala piston bisa kinclong lagi.

Kyk gini tergantung produknya jg sih, ada yang formulasinya lebih bagus ada yang kurang efektif.
RezPrat
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 509
Joined: Thu Sep 12, 2013 1:40

Re: Additive diesel/bensin yang cocok buat saya pribadi

Post by RezPrat »

ilhami wrote: Fri Oct 20, 2023 2:37 Ring piston itu membawa oli, dan wajar ada residu karbon di area tersebut, karena oli juga ikut terbakar.
IMHO kekhawatiran tersebut terlalu berlebihan.
Mengenai urutan pekerjaan, pekerjaan carbon cleaning seharusnya dilakukan sebelum ganti oli.
Kalo ini kek nya gurah mesin kan Om, bukan carbon clean for injector.

Btw, sedikit koreksi om, kalo ring piston udah bawa oli ke ruang bakar berarti itu fungsi ring piston sudah tidak seperti design awalnya alias sudah rusak. Salah satu tugas utama ring piston itu supaya oli gak masuk ke ruang bakar.
Pada kondisi normal (gak bakar oli) Kenapa ruang bakar bisa berkerak karbon? Ya itu karena sisa bahan bakar yg gak terbakar sempurna d sebabkan kualitas BBM buruk, timing gak pas, Miss fire, low compression dll.