Antara CX7 dan CX5

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by andy1800 »

klo...kalau loh ya...kalau benar mmg msh dijual di jepang...mgkin arti diskontinyu dlm case ini adlh: gak akan muncul model atau bahkan FL baru, tp msh akan tetap diproduksi...sampai dirasa ga ada lg yg mau beli.

Gitu kali ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by Turboman »

BecakMbah wrote:M
Jujur om, sy nyari SUV bkn ngliat dari soal speed/power nya aja kok. Krn si Hiu msh ada, dan (sebentar lg) BMW E39 530i masuk garasi, jd klu mau puas2 in ngebut bs pakai dua mobil itu. SUV ini khusus pelesir luar kota. SUV yg bikin hati aman, nyaman, & sembada (slogan daerah Sleman). Istri pasti ngambek klu kluar kota kebut2an. Makanya doi ogah klu sy ajak kencan pakai Hiu, pasti ngomel. Hbis gmn, gak betah ya mobil kenceng di bawa pelan, mesin nya pasti batuk2, meriang, pilek, radang, dll..

Sy blm pengalaman bnyk soal SUV om2 skalian (kcuali Xtrail pemberian babeh yg sy pakai cuma sebentar), babeh jg gak prnh pakai SUV. Jd sy blind tenan soal SUV. Dari sy pertama punya mobil thn 96, selalu sedan sedan selalu. SUV ini permintaan istri, doi seneng SUV klu buat kluar kota. Dan sy sadar, iya enak ya pnya mobil dgn GC yg tinggi, gak takut kena sleeping police, lobang yg dalem2, gak takut banjir, & main ke desa2 jg gak takut nyanggrok (nyangkut). Betul2 kenyamanan yg jarang sy temui sewaktu bawa sedan.
Nuwbie ijin nimbrung analisa

Kalau melihat um akan punya E39 530i, dan mencari SUV, perlu dipertimbangkan bahwa CX-5 itu sebetulnya masuk kategori Crossover & bukan benar2 SUV, demikian pula CX-7, hanya saja CX-7 exteriornya lebih gede.

Kalo sering lewat jalan jelek, maka Crossover serta SUV monokok siap2 aja dah kaki2-nya........

OOT dikit
Kalau mau cari SUV yg ground clearance tinggi spy enak melibas jalan jelek / gak takut banjir dll, mungkin sebetulnya boleh pertimbangkan Fortuner VN Turbo.

memang yach Fortuner jangan dinilai dalam kondisi standard, kalao dari standard anda pasti hitungannya akan mengecewakan, tetapi banyak opsi yg tersedia buat Fortuner utk upgrade suspensi / mesin dan rem, dan lagi mobil ini cukup isi Biosolar + racun solar aja, BBM murah meriah.

Performa :
Install Piggyback lengkap dgn biaya 14,5 jt, 42ner VNT tenaganya lgs melejit ke 250 Hp / 520 Nm

Suspensi :
Pilihan shock banyak, ada Bilstein kuning / OME / HotBits DT-1, dll.
Juga underbrace / swaybar semua tersedia di pasaran.
Mau diceperin dikit pilihan lowering spring aneka macam, mulai dr TRD, dll.

Rem :
Brake pad high performance sampai braided brake hose tersedia.

Mesin Diesel terasa berisik :
Install peredam di firewall, lantai dek, pintu depan.
Juga Diesel hanya terdengar berisik saat idle dan low speed, begitu high speed nanti bandingin aja ama Crossover gasoline 2000 cc dimana mesinnya harus main high RPM
Note : 42ner VNT kompresi lebih rendah drpd D4 D biasa, suaranya lebih halus sedikit.

Interior :
AC Double blower, penumpang di tengah dan belakang juga tetap adem.

Juga enaknya SUV dgn Chassis Steel Ladder : saat melewati aspal kasar di dalam kabin tetap senyap, sedangkan SUV monocoque begitu lewat aspal kasar di kabin langsung "Grrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr.......... suara gemuruh dari roda.

Resale value :
42ner is no doubt

Kalau gak suka 42ner dan mau yg terlihat berbeda serta spec lebih oke lagi :
TrailBlazer 2.8 LTZ 4X4 (hanya saja opsi2 upgrade-nya masih belum selengkap 42ner)

Demikian sekedar analisa dan saran nuwbie pribadi

*Bukan sales Toyoti / GM*
* Bukan ajakan Beli *
claude_wallace
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1319
Joined: Thu Jun 07, 2012 13:31
Location: Surabaya

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by claude_wallace »

harrier itu sudah discontinue, karena takut bertabrakan dengan penjualan lexus rx series.
dulu di jepang, merk lexus tdk boleh beredar, hanya utk pasar luar negri.
jadi dibuatlah produk toyota seperti toyota harrier, toyota altezza, yg berbagi platform dengan produk lexus.

tahun 2011 produk lexus boleh beredar di jepang, akhirnya produk2 toyota yg mengambil platform yg sama persis dgn lexus lgs diberhentikan produksinya dan fokus pada produk lexusnya.
misalnya masih ada toyota harrier, berarti itu stok lama atau clearance stock. hehehe..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by imsus2c »

BecakMbah wrote: @ om imsus2c: Sy udah bbrp kali nyoba continental om, mantaapp jaya.. Hehehe..
hati2 pak...nanti bisa2 juga dikejar-kejar ripiuw sama mod test drive

... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
BecakMbah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Sep 10, 2012 16:35
Location: Bekasi-Solo-Malang-Jember

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by BecakMbah »

Hmm.. Smalem bru tidur habis subuh krn penasaran soal harrier. Bener2 jd kepikiran soal mau ganti SUV ini.
Sy search di bbrp FJB, jd naksir sama yg 2.4 L Premium tahun 2008-2010. Fitur2 nya yg paling lengkap klu gak salah. Tapi balik soal engine 2.4 L nya yg dikeluhkan oleh teman2 semua, sy nyari2 jg di youtube sama situs2 lain untuk liat spek nya.
Coba deh iseng buka link ini http://www.youtube.com/watch?v=RT4oJPkq5Tk.

Disitu terlihat lumayan jelas, akselerasi 0-100km/h sekitar 11 detik. 100-180km/h nya yg super loyo, bisa disikat L 300 tuh.
IMHO 0-100km/h agak setara dgn CX5, dan jg klu bener dapet sgitu lumayan jg, gak loyo2 bgt. Doi 4 speed aja ya rupa nya, itu juga yg bisa bikin loyo.

@ om turboman: Maap niy, biar gak bingung2, menurut sy (opini pribadi) dan jg menurut majalah2, forum2 di luar, dll, crossover itu yg semacam Suzi SX 4, Outlander Sport, atau BMW X1. Mobil dgn ukuran sedang yg cukup enak dipakai dlm kota dan cukup enak di pakai kluar kota (GC lumayan tinggi).
SUV sy bagi dua jenis, yaitu yg kelas medium sama premium.
Cth SUV medium: CRV, G.Vitara, Xtrail, CX7 & CX5, Escape, Captiva, Tucson, Pajero (yg biasa), 42ner, dsj..
Cth SUV premium: R.Rover, Mercedes ML, Audi Q7, L.Cruiser, Lexus LX 570, BMW X5, Lexus RX series, Porsche Cayenne, dsj..
Lha kayak harrier, BMW X3, itu masuk kategori apa.. Bingung sndiri jd nya, au'ah.. :e-wall:
Tp tolong koreksi klu sy salah ya om2 semua. Soal ny pengelompokan mobil skrg ini bikin bingung/bias, makin bnyk aja model yg kluar..

Berhubung sy msh kluarga muda, blm pusyang soal akomodasi utk anak2 atau barang2, jd nyari yg 5 seat dulu. Kecuali klu udah jd kluarga besar, baru cari mobil yg lbh gede. Istri pun tdk/blm suka dgn model SUV gede kyk pajero atau fortuner.

@om claude-wallace: Gak boleh ambil RX 270 om, kata bini syg uang ny. Padahal budget cukup. Td nya sy mau memohon2 sambil meratap, tp doi udah langsung ngluarin fatwa haram dluan utk RX 270.. :e-wall:

@om Stig: Itu yg lg ane cari2 skrg, info soal upgrade mesin nya, tp paling modif ringan aja. Klu ekstrem capek om, gak ada habis nya nurutin nafsu (pengalaman dlu bangun2 mobil). Btw, matic nya camry 2.4 brp speed ya om? Apa bener harrier itu matic ny 4 speed doang?
Klu yg 3.0 sy blm nemu nih yg thn nya muda, rata2 di bawah 2007, apa memang jarang atau??

@om imsus2c: Siap om klu soal ripiuw. Ripiuw sy paling singkat aja, contoh misal nya:
1. Yak, ini mobil enak, harga nya terjangkau... done
2. Ini ban kurang sip, mahal soal nya... done
3. Boros BBM, jgn dibeli deh... done
4. Handling ny mengerikan, kiloin aja mobil nya... done
5. Dll..

:big_peace: :big_peace: :big_peace: Bercanda om, ok klu diminta ripiuw sy usahakan yg rapi dan jelas.. :frm_salut:
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by campoeran »

IMO pembagian bisa spt ini ( kl dari situs2 luar )
Cross over : OS, Juke
Compact SUV : CRV, Xtrail, Tiguan, CX5 , Tucson, Sportage, Escape , Rav4
Medium SUV : CX7, Santa Fe, Harrier, Murano
SUV Badak : Pasport , Fortie , Trailblazer , Pathfinder ( moga2 yg baru bs ramein segmen ini ) , Everest
Big SUV : CX9 , Veracruz , apalagi ya ?

Premium Crossover : X1, Q3, A class
Premium Compact SUV : X3, Q5, GLK , INfinity EX35, RR Evoque
Premium Medium SUV : X5, Q7, Tourage, M class , Infinity FX , Lexus RX
Premium SUV Badak : Prado , Pajero ( no sport please )
Premium Big SUV : LandCruiser, Lexus LX , RR

Bener gak ya kira2 spt itu :)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by Turboman »

Ow Sorry jadi bikin mis-perception, yg ane tulis di atas berdasarkan pengamatan pribadi saat TD aja........hehehehehe

Kalo ane pribadi sih tetap menganggap CX-5 tergolong dalam kategori CrossOver, walau pabriknya gak nyebut itu X-over.....ane udah TD CX-5 Touring, ngerasain ketinggian mata thd jalan, yah ane anggap itu masih tergolong X-over dan bukan "True SUV"

CR-V gen.3 juga ane nilai sebetulnya adalah X-over (kebetulan ane punya yg 2007), wong posisi setirnya aja ama Ipah ane lebih tinggi setir Ipah ane.......hahahahah....mmg sih Ipah ane dah ditinggikan sedikit.

Kalo nyetir CR-V gen.3 di belakang 42ner posisi mata kita hanya sejajar lampu belakang 42ner.....terasa CR-V gen.3 hanya sedikit lebih tinggi dr sedan.

Kalo bawa PJS / 42ner / Trelblezer nah itu baru benar2 kerasa bawa SUV, apalagi kalo saat lewatin arena off road........

Kalo om NG malah komennya lebih kejam lagi.......coba aja tanya opini doi......xixixixixixixi

Well, kalau mau ambil Harrier 2.4 sih recommended, krn partsnya mudah / opsi utk improvement-nya banyak.

CR-V gen.4 yg baru launching yg 2.0 Matic konon harga 370 jt, yg 2.4 Matic hrg 404 jt dah ada Stability Control & Hill Start Assist, harga bekas CR-V dah terbukti kuat, walau sebetulnya kualitas parts2 Honda makin ke sini makin menyedihkan :e-doh: ......xixiixixixixixixixi...........

Discl : sekedar opini pribadi ajah :mrgreen:
Last edited by Turboman on Fri Sep 14, 2012 8:14, edited 2 times in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by campoeran »

Btw om becak mbah , tumben biasanya cewek lsg kesengsem ama RX ....tmsk bini wa apalagi versi facelift lampunya aduhai.

Kl mau hemat mgkn cobain New Murano ? feelnya lbh mewah dari cx7 tp ya gitu modelnya not everyone tipe :). DIjamin nyaman dan powerful ( 3500cc 256ps bok )
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by Turboman »

Kalo ane dikasih Murano di sini sih mungkin ane segera jual lagi......daripada kantong jebol gara2 harga spare parts-nya........ :ngacir:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by campoeran »

:wkkk: coba masih ada TM yak ( bukan turboman )
User avatar
BecakMbah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Sep 10, 2012 16:35
Location: Bekasi-Solo-Malang-Jember

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by BecakMbah »

@om turboman & om campoeran: Maaf om sy memang (sangat) kurang paham SUV, jd itu berdasarkan opini pribadi aja, hehehe..
Soal nya bnyk bgt kategori nya, jd msh bingung..

Ok, btt..

Istri (awalnya) sreg bgt sama RX, sy tunjukin foto2 nya di salah satu situs luar. But then, tanya harga nya ke sy, sy diem aja kyk patung, pura2 o'on aja deh krn doi pasti kaget & nolak klu tau harga nya yg nyaris 1 M, hehehe.. Krn istri lumayan sering online jg, nyari2 deh dia info soal harga nya di berbagai FJB & site resmi nya lexus indo. Bener kan, kaget dan langsung say NO!! 900jt, kemahalan, trus pasti boros, bla..bla..bla.. Yowis, pasrah ae lah, nurut karepe bojo ae klu bhs jawa nya..

Murano, pernah naik (jd penumpang) mobil teman kerja nya pakde sy, super duper nyaman n super duper kedap kabin nya. Bantingan suspensi nya jg enak bgt. Tp syg, sy kurang suka model nya, & kayak nya bener kata om turboman, parts nya mahal n kemungkinan besar berkutat dgn masalah inden dan inden..

Soal nya gini om, back to basic knp sy bikin thread ini ya. Kriteria SUV yg akan sy pakai itu:
1. Enak dipakai kluar kota, nyaman & gak nyusahin (bisa minum pertamax & parts gak susah)
2. Nyari yg gak terlalu pasaran. :mrgreen:
3. Performa nya ok (mesin & handling), maka perlu pertimbangan matang supaya no regret.
4. Sy pakai lama, minimal 5 tahun. Uang sy gk kelewat bnyk kayak bos2 mafia atau bos2 narkoba, jd sy awet2 bgt itu mobil.
5. Keadilan sosial bagi.... Eh, ini mah pancasila ya.. Fitur2 nya banyak (bisa dvd, koneksi AUX & USB, sunroof, dll). Jujur sunroof itu permintaan istri, krn romantis kata ny klu bisa ngliat sinar rembulan (kyk lagu dangdut aja).
6. Gak terlalu mikir resale value. Bukan krn bnyk uang ya om, maaf bgt lho ya.. :cupss: Soal nya buat sy pribadi beli sesuatu itu harus dinikmati betul fungsi dan sensasi nya, dan kita membayar utk fungsi dan kenikmatan dari barang yg kita beli tsb.

Kira2 bgtu om2 semua, mohon maaf yg sebesar2 nya klu ada poin diatas yg kurang berkenan.. :big_peace:

Btw, TM itu siapa om? Member favorit kah beliau itu?
Last edited by BecakMbah on Fri Sep 14, 2012 10:21, edited 2 times in total.
User avatar
BecakMbah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Sep 10, 2012 16:35
Location: Bekasi-Solo-Malang-Jember

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by BecakMbah »

Maaf, ada koreksi sdikit. Poin no 3 udah gak bgtu pengaruh. Krn semakin ksini smakin sadar, klu SUV adalah SUV, buat jln2 tentu ny, bkn buat tarik2an. Ane udah mulai bisa mengesampingkan masalah performa, krn tujuan ny utk kluarga.

Ane udah mulai demen nih sm harrier, tp yg L premium ya. Panoramic roof, bisa DVD, 3 camera, dll. Ruang nya jg kliatan lega, ada ulasan nya di youtube, yg naikin org bule, lebar jg ya dalem nya..
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by campoeran »

kalau pertimbangan poin1 ya fortie VNT :)

kalau yg lainnya yg gak pasaran ada sunroof ya CX5 / CX7 .
Harier mah kececeran ning jalan .
User avatar
BecakMbah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Sep 10, 2012 16:35
Location: Bekasi-Solo-Malang-Jember

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by BecakMbah »

Bsok atau lusa hunting harrier seken (TD dulu), biar bener2 paham sm itu mobil.

Pnasaran sama tarikan lemot nya yg sdh sgt tersohor dmn2, hehehe..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22001
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by Turboman »

Buat Harrier 2.4 aka mesin 2AZ-FE bisa coba :
- Ground cable
- Piggyback macam Dastek Q+
- Oli Full Synth buntut 30 (malah di manualnya direkomen buntut 20 !!!)

Ane pernah TD dan evaluasi Camry teman 2.4 yg pakai Dastek Q+, dia cari settingan sampai benar2 dapat, hasilnya lumayan juga kok tarikan awalnya, not bad. Mesin 2AZ-FE

Yg lebih advance ini dia :
Image

Teman pakai di Alpha 2.4 en sering dibawa bolak balik Jkt - Solo so far fine2 aja

HotBits DT-1 buat Harrier ada, ini sih pasti dah handling akan improve banyak, juga karakter bantingan juga

*Bukan sales Toyoti*
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by maskopat »

om turbo, kalo underbrace untuk harrier ada gak?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
RVR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 944
Joined: Fri Jul 20, 2012 13:31

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by RVR »

Kenapa jadi makin bias ga keruan ya
Udah jelas pertanyaannya CX7 or CX5....
User avatar
BecakMbah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Sep 10, 2012 16:35
Location: Bekasi-Solo-Malang-Jember

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by BecakMbah »

Ow2, bs pesen ke om turboman itu ya..

@RVR: Judul nya memang "Antara CX7 & CX5" om, anda betul sekali..
Tp di curhat pertama sy, disitu kan sy tulis klu alternatif terakhir adalah harrier. CRV, Grand Vitara, Xtrail, Captiva, Escape, Pajero, Fortuner, dan Outlander gak masuk itungan. Dan posting2 sebelum nya sdh jelas dibahas soal bahan bakar CX7 (yang menjadi topik/masalah utama di thread ini). Jd sy sdh dpt kesimpulan om. CX7 sdh sy eliminasi dari daftar.

Skrg ini pilihan ya antara CX5 atau harrier, gak ada yg lain. Bukannya belum ada lg, tapi bener2 gak ada yg lain lg.
Gak bias kok om, msh tetep di jalur nya. Kcuali tiba2 sy minta review tentang corolla, estilo, rubicon, ferrari, skyline, panther, vw kodok, & lainnya di thread ini. Itu bisa disebut bias atau melenceng. Saran dari bbrp suhu jg sy tampung dgn baik, yg menawarkan opsi lain, sperti pajero, CRV, fortuner vnt.. Tp tetep kan, bahasan balik lg ke CX5 atau Harrier.. :mrgreen:

Mohon maaf om klu kurang berkenan, maklum newbie bgt.. :big_peace:
ortimus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Sep 30, 2003 6:45

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by ortimus »

Salam kenal, saya pemakai CX-7 sejak Sept 2011.
Selama ini kasih minum nya selalu Shell Super Extra, kadang2 Pertamax+, performa sangat memuaskan.
Konsumsi bensin untuk pemakaian tol + non-tol sejauh ini sih sekitar 1:7.

Tapi terakhir baca mengenai compression ratio, kayaknya compression ratio utk CX-7 masih memungkinkan kita utk kasih minum Shell Super atau pun Pertamax, tapi jujur saya sendiri lom coba.

Mungkin para pakar disini bisa kasih pencerahan hubungan antara compression ratio dengan kadar minuman boil. Thx
User avatar
BecakMbah
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Mon Sep 10, 2012 16:35
Location: Bekasi-Solo-Malang-Jember

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by BecakMbah »

@ om turboman: Klu memang sy jodoh nya ke harrier, dan tenaga mesin nya mengkhawatirkan, pasti sy upgrade kok om. Lemot gak sehat buat kesehatan soal ny.. :mrgreen:

Sampai skrg sy blm tau bnyk soal harrier, jd blm berani komen apa2. Nanti sy review setelah TD, klu gak bsok atau lusa. :frm_salut:

@ om ortimus: Salam kenal jg om.. Nah ini yg ane tunggu, satu lg pemakai CX7 hadir disini. Om dapat 1:7 lumayan jg ya, ada rekan kita yg cuma dpt 1:5. Tp balik lg soal kondisi jalan, seberapa macet, hati sama kaki bs di kontrol atau tdk, beban yg dibawa, dll. Jd sy pikir relatif soal fuel consumption (FC) ini. Beda gaya, beda cerita pastinya.. :mrgreen:
Memang om, secara matematis CX7 itu minum nya Pertamax + ya. Kmrn sy jg sdh konsul ke tmn (mekanik balap senior), beliau blg bisa aja pakai RON 92 (pertamax), tp sebaiknya ada penyesuaian mesin. Entah apa ny yg disetel. Opsi lain dgn penambahan piggyback, yg bisa disesuaikan dgn kualitas BBM. Waktu TD CX7 bbrp wktu lalu, dlm kota bekasi FC nya skitar 1:8, pakai model nyetir eco. Bisa jg krn mobil baru, jd msh fresh mesinnya ya om. CMIIW..
Btw, ada keluhan lain gak om tentang CX7 nya? CX7 seperti ny ada lg peluang nya, hehehe..
ortimus
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Tue Sep 30, 2003 6:45

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by ortimus »

@mbah: sejauh ini gk ada keluhan ya, dipake nya nyaman, trus asiknya jg ada seat-heater jd kalo lagi ke daerah dingin tinggal klik, anget deh :)
pernah jg waktu ke bandung, ngadu sama bmw seri 3 punya temen, CX-7 masih menang serambut lah hahahaaaa.....
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by Risol1 »

BecakMbah wrote:Sy punya opsi darurat yg mungkin bisa jd pertimbangan serius, yaitu Harrier. Dlu pernah naik (jd penumpang), nyuaamaannn bgt itu mobil. Tp sy akui klu mesin 2.4 nya agak lemot (entah krn power mesin nya kecil atau power to weight ratio nya tdk imbang). Skitar 2009 pas main dari malang ke solo lewat wonogiri (yg prnh lewat atau tinggal di daerah situ pasti tau jln ny kayak gmn), susah bgt nyalip, padahal penumpang cuma 3 orang dgn beban normal (berat badan sy aja yg kurang normal). Sampe sy teriak dari kursi belakang: "Woiii, klu nyalip gas nya di tambah, jgn lu kurangin, becak di belakang udh ngedim2 mau nyalip jg". Teman sy balas teriak: "Kamp*rt lu, udah flat out nih, pedal to the metal, udh mentok gas nya".

However, setelah sy pikir2 matang, power gak bgitu masalah lah, yg pnting enak kluar kota. Istri senang, BecakMbah junior pun senang..
Klu misalnya tiba2 sy sreg dgn Harrier, apakah yg 2.4 emng bener2 lemot bgt atau cukup power nya? Yg 3.0 bgmn, apalagi air suspension ya, blm pernah nyoba tp pasti lebih nyaman (kayak nya). Dan jg bengkel toyota ada dmn2, ini slh satu nilai plus punya toyota (walaupun pasaran), hehehehe.. peace ya..

Yuk monggo di lanjut lg sharing nya (sambil ngintip thread nya Harrier)..
Harrier 2.4 gak separah itu lah, mendingan test drive dulu deh baru bisa berasa apakah powernya bisa masuk ke requirement kita. Soalnya pendapat orang lain ttg 'rasa tarikan' itu beda2. Yg demen mobil kenceng bisa bilang harrier boyo. Yg demen mobil biasa2 bisa bilang tenaga harrier lumayan bagus.....
Juga pinter2nya kita untuk memanfaatkan tarikan/tenaga mobil. Kalo harriernya udah pake transmisi manumatic, bisa dipergunakan pas lagi mao nyusul. Tenaga dipanteng dulu di RPM tengah, pas mao nyusul langsung bejek gas sehingga mesin cepet nyampe ke torsi max-nya, dsb...
Jeleknya harrier itu modelnya udah uzur aja, juga teknologi dan fitur udah kadaluarsa untuk kelas harganya. Kalo bisa 'look past' hal2 tsb, sebenernya ni mobil cukup enak buat dijadiin mobil keluarga.

Ane juga dah sering banget bawa CX7 dan CX5 (hehe...rentalan).
Kalo gak gitu peduli sama irit, resale value, fitur2 baru mazda (skyactive, dsb), enakan bawa CX7 jauh....terutama di sektor tenaga.
Cuma jeleknya interiornya agak kuno (terutama di sekitar tengah2 dashboardnya).
Kalo masih peduli sama hal2 diatas ambil CX5, juga eksterior dan interiornya lebih ganteng daripada CX7 ane bilang sih.

Ibaratnya kalo disuruh road trip dari midwest ke California, ane pilih CX7, tapi kalo disuruh beli mending ambil CX5
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by Risol1 »

BecakMbah wrote:@ om turboman: Klu memang sy jodoh nya ke harrier, dan tenaga mesin nya mengkhawatirkan, pasti sy upgrade kok om. Lemot gak sehat buat kesehatan soal ny.. :mrgreen:

Sampai skrg sy blm tau bnyk soal harrier, jd blm berani komen apa2. Nanti sy review setelah TD, klu gak bsok atau lusa. :frm_salut:

@ om ortimus: Salam kenal jg om.. Nah ini yg ane tunggu, satu lg pemakai CX7 hadir disini. Om dapat 1:7 lumayan jg ya, ada rekan kita yg cuma dpt 1:5. Tp balik lg soal kondisi jalan, seberapa macet, hati sama kaki bs di kontrol atau tdk, beban yg dibawa, dll. Jd sy pikir relatif soal fuel consumption (FC) ini. Beda gaya, beda cerita pastinya.. :mrgreen:
Memang om, secara matematis CX7 itu minum nya Pertamax + ya. Kmrn sy jg sdh konsul ke tmn (mekanik balap senior), beliau blg bisa aja pakai RON 92 (pertamax), tp sebaiknya ada penyesuaian mesin. Entah apa ny yg disetel. Opsi lain dgn penambahan piggyback, yg bisa disesuaikan dgn kualitas BBM. Waktu TD CX7 bbrp wktu lalu, dlm kota bekasi FC nya skitar 1:8, pakai model nyetir eco. Bisa jg krn mobil baru, jd msh fresh mesinnya ya om. CMIIW..
Btw, ada keluhan lain gak om tentang CX7 nya? CX7 seperti ny ada lg peluang nya, hehehe..
Kalo untuk mobil2 keluaran jaman sekarang sih mustinya gak papa dikasi RON 92, apalagi kalo jarang2 pas keluar kota doang. Mesinnya udah bisa adjust timing pengapian secara otomatis, jeleknya cuma power turun aja sedikit dan mungkin jadi lebih boros dikit.

Kalo di Indonesia sih ane kalo bawa CX7 bukan takut RON92 nya kalo lagi jalan jauh, tapi lebih takut kalo bensinnya dioplos sama bahan2 lain yg bahaya buat mesin2 modern (minyak tanah, dll). Nah ini kalo udah masuk ke mesin modern bisa rusak dan mahal betulinnya.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by andy1800 »

RVR wrote:Kenapa jadi makin bias ga keruan ya
Udah jelas pertanyaannya CX7 or CX5....
jd maunya gimana dong om?





=========================

maskopat wrote:om turbo, kalo underbrace untuk harrier ada gak?
ultraracing.com.my





btw CX5 scara bentuk exterior, semakin memandang semakin kesini, semakin "nggak deh, makasih."
piz
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Antara CX7 dan CX5

Post by campoeran »

terbukti deh cx5 gak disenengin desain utk org indo . Bule2 pada seneng pdhal dan bilang crv desainnya kuno dan jelek.

Dan mmg crv somehow modelnya mmg lbh "berkelas" . Cx5 .....seperti tucson perfection version .... tp wa suka sih desainnya , subjektif mmg. Tp sayangnya cx5 pas concept lbh bagus krn mata dibuat lbh ngangkat dan sipit .

Ditunggu reportnya jadinya milih apaan ya utk TS