Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

liep wrote:Om hatannis...sebrapa ngefek beginian utk prit dbanding dg model CAI? Ato ptanyaannya gmn modif paling simple utk prit spy dpt udr msk yg lbih dingin dr proses normal?
udara dingin btul membantu efisiensi pembakaran dan meringankan tarikan bawah ya?
yah kl ada CAI kit nya sih yah lebih efektif CAI cuman kan masalahnya intake akan lebih kotor dan harus sering bersihin air filter kl gak kan bs mampet. Betul udara makin dingin pembakaran akan makin bagus dan tenaga akan makin enak, makanya kalau mesin turbo pake water methanol injection bisa hilangin gelitik dan tenaga makin enak.
tapi dicoba dengan cara saya bilang sih boleh dicoba, kecuali kalau memang mobilnya kyk mobil eropa yg memang di belakang grill lobang isep nya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

ecco wrote: Makasih Om htannis, boleh tau SAKI beli dan pasang di mana? trus perkiraan harga kalo ada he..he..he...
beki di standard adi jaya knalpot di jln gunung sahari, pasang disana juga bisa atau dimana2 bisa soaknya dia punya system dah plug and play, wah kalau harga saya kurang tau mungkin kalau kengkap dari header sampe taik pipe bisa 7.5 jt lebih yah biasanya itu terdiri dari 3 bagian, itu hanya mungkin aja, cuman kl saya bilang sih built quality untuk knalpot lokal sementara merk saki itu bagus
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by liep »

htannis wrote:
liep wrote:Om hatannis...sebrapa ngefek beginian utk prit dbanding dg model CAI? Ato ptanyaannya gmn modif paling simple utk prit spy dpt udr msk yg lbih dingin dr proses normal?
udara dingin btul membantu efisiensi pembakaran dan meringankan tarikan bawah ya?
yah kl ada CAI kit nya sih yah lebih efektif CAI cuman kan masalahnya intake akan lebih kotor dan harus sering bersihin air filter kl gak kan bs mampet. Betul udara makin dingin pembakaran akan makin bagus dan tenaga akan makin enak, makanya kalau mesin turbo pake water methanol injection bisa hilangin gelitik dan tenaga makin enak.
tapi dicoba dengan cara saya bilang sih boleh dicoba, kecuali kalau memang mobilnya kyk mobil eropa yg memang di belakang grill lobang isep nya
ah iya btul jg om htannis, jd rentan kotor, kcuali CAInya jg dpasang filter ya, tp jd g bebas ngisep ya. sbetulnya CAI itu ngefeknya dr pembakaran efektif menyebabkan tarikan bwh jd ringan+bbm irit ato ke arah mana perbaikannya om?
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by imingwahyudi »

liep wrote:
htannis wrote:
liep wrote:Om hatannis...sebrapa ngefek beginian utk prit dbanding dg model CAI? Ato ptanyaannya gmn modif paling simple utk prit spy dpt udr msk yg lbih dingin dr proses normal?
udara dingin btul membantu efisiensi pembakaran dan meringankan tarikan bawah ya?
yah kl ada CAI kit nya sih yah lebih efektif CAI cuman kan masalahnya intake akan lebih kotor dan harus sering bersihin air filter kl gak kan bs mampet. Betul udara makin dingin pembakaran akan makin bagus dan tenaga akan makin enak, makanya kalau mesin turbo pake water methanol injection bisa hilangin gelitik dan tenaga makin enak.
tapi dicoba dengan cara saya bilang sih boleh dicoba, kecuali kalau memang mobilnya kyk mobil eropa yg memang di belakang grill lobang isep nya
ah iya btul jg om htannis, jd rentan kotor, kcuali CAInya jg dpasang filter ya, tp jd g bebas ngisep ya. sbetulnya CAI itu ngefeknya dr pembakaran efektif menyebabkan tarikan bwh jd ringan+bbm irit ato ke arah mana perbaikannya om?
daripada CAI kok saya lebih kepikiran pasang air funnel yang anginnya dari fender dalem, dan selang udaranya di bungkus heat repeller ya? :big_think:

CAI merek HKS abal abal yang banyak di toko itu malah geli liatnya :big_biglaugh: , kalopun memang beneran efek, yang balapan gaada pernah liat alat macem begituan ya, atau saya yang katrok? :big_chicken:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

Tanya lagi. Kalo duit cuman cukup buat salah satu: header plus down pipe, atau dastek?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Rocco77 »

Mobilnya apa om?
Dengan dastek aja naik nya cukup signifikan di mobil commonrail turbo diesel...
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

Rocco77 wrote:Mobilnya apa om?
Dengan dastek aja naik nya cukup signifikan di mobil commonrail turbo diesel...
Yaris metik Om :D
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by imsus2c »

ecco wrote:
Rocco77 wrote:Mobilnya apa om?
Dengan dastek aja naik nya cukup signifikan di mobil commonrail turbo diesel...
Yaris metik Om :D
Seperti yg sdh banyak ditulis di pejwan, sebaiknya upgrade-nya bertahap sesuai urutannya pak.
Supaya hasilnya lebih optimal dan maksimal.
Cara ini yg paling banyak disarankan oleh umumnya bengkel/tuner terutama untuk mesin2 bensin NA. Saya juga termasuk yg ngikuti anjuran itu :D

Apalagi kalau tujuannya biar lbh enak dipakai harian, bukan modif ektrim.

1. Tahap pertama biasanya perbaikan/penyempurnaan ruang bakar (mesin). Bisa dengan porting, polishing, balancing, atur+stel ulang klep, dll. Kalau perlu bisa tambah kompresi-nya dikit. Untuk mobil seperti Yaris, mungkin budget sekitar 2-5jtaan. Di tahap ini, dapat dikatakan masih bisa pakai hampir 100% parts ori/bawaan mobil. Yg non ori, mungkin pemakaian filter udara aftermarket macam K&N atau lainnya.

2. Kalau udah puas dgn tahap 1 dan mau naik lagi, bisa mulai otak-atik sistem pembuangan. Mulai dari header, exhaust, down pipe, dsb,. Budget bervariasi. Kalau yg tailor made alias bikin sendiri di bengkel, mungkin 2-3 jutaan dapat. kalau yg branded, ya pasti lebih. Sudah pasti tahap ini ngga pakai parts bawaan lagi.

3. Habis itu baru pakai modul (piggyback). Budget tentunya sangat variatif. Saya kurang tahu harga Dastek untuk bensin, tapi sebagai gambaran kalai mau pakai HKS F-Con IS, barunya sekitar +/-10jtaan. Kalau second-nya mgkn sekitar 6-7jutaan.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

ecco wrote:Tanya lagi. Kalo duit cuman cukup buat salah satu: header plus down pipe, atau dastek?
kalau nanya saya : dastek
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

Makasih atas petunjuk para Suhu. Saat ini Yaris saya harusnya udah masuk itungan lewat yang tahap 1. Tinggal sekarang antara tahap 2 dan 3. Mau cari jalan yang lebih irit. Sempet pertimbangkan pakai turbo setelah main ke Hotbits kemayoran. tapi itung punya itung biaya yang keluar udah bisa buat tambahin ganti mobil baru :D.
Segera saya tilpun SAKI dan Sigma... :thanks:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

ecco wrote:Makasih atas petunjuk para Suhu. Saat ini Yaris saya harusnya udah masuk itungan lewat yang tahap 1. Tinggal sekarang antara tahap 2 dan 3. Mau cari jalan yang lebih irit. Sempet pertimbangkan pakai turbo setelah main ke Hotbits kemayoran. tapi itung punya itung biaya yang keluar udah bisa buat tambahin ganti mobil baru :D.
Segera saya tilpun SAKI dan Sigma... :thanks:
om, yaris turbo m/t cuman bisa 16 detik di sentul, belum lagi risiko jebol di kl dipake harian, jangan lah kl mobil NA dipasangin turbo. Mendingan yarisnya std aja dan forester nya yg dipasangin dastek :mky_01:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

htannis wrote:
ecco wrote:Makasih atas petunjuk para Suhu. Saat ini Yaris saya harusnya udah masuk itungan lewat yang tahap 1. Tinggal sekarang antara tahap 2 dan 3. Mau cari jalan yang lebih irit. Sempet pertimbangkan pakai turbo setelah main ke Hotbits kemayoran. tapi itung punya itung biaya yang keluar udah bisa buat tambahin ganti mobil baru :D.
Segera saya tilpun SAKI dan Sigma... :thanks:
om, yaris turbo m/t cuman bisa 16 detik di sentul, belum lagi risiko jebol di kl dipake harian, jangan lah kl mobil NA dipasangin turbo. Mendingan yarisnya std aja dan forester nya yg dipasangin dastek :mky_01:
Oh gitu yak...ok coret dari wish list.
Rencananya emang mau pakai dastek di yaris supaya nanti bisa pindah ke Forester Om :D. Pertanyaan lanjutan: kalo cuman pasang dastek doang di forester tanpa rubah apa2...efek berapa nendang?...daaaannn jebol gak? harian juga itu mobil he..he..he..
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Rocco77
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 186
Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Rocco77 »

Pasang turbo di hotbits berapa om?

To tom hentan, yaris yang di sentul berapa HP om?
darkcocoa
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: Thu Nov 06, 2014 6:11

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by darkcocoa »

pasang piggyback menggugurkan garansi mobil atau tidak?
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

Rocco77 wrote:Pasang turbo di hotbits berapa om?

To tom hentan, yaris yang di sentul berapa HP om?
Sekitar 50jt total Om, plug and play...bukan plug and pray :D
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by Turboman »

Piggyback berisiko mesin jebol ?

Semua tergantung tunernya....so carilah tuner yg teliti

Kalo Dastek utk mesin bensin rekomen ke Soleh - Sigma atau Rudy - Lestari

Atau bisa juga ke KS Nusa (Ovy Sardjan), cuman biaya tune-nya lebih mahal, tapi konon beliau - tuner sgt qualified....beliau punya tuning tools Dastek


Mengenai upgrade ringan mesin Gasoline
- Porting Polish Cyl head
- Poles intake manifold

Poles intake manifold bisa ke Autodyne, mereka sering mengerjakan, bisa konsul dulu dgn pak Iman-nya apa2 yg perlu dilakukan / nggak perlu........mrk sih apa adanya, kalo memang ga ada hasilnya mrk akan bilang nggak perlu


Piggyback utk Gasoline :
Ada juga piggyback yg bisa kontrol Cam timing sp CamCon

di KIOC ada tu yg pake Q4 dan juga CamCon.....CamCon nya cuman utk maenin Cam timing......konon hasilnya enak.......si CamCon ini dari barunya dia udah ada value parameternya, jadi saat dipasang user tinggal setel naek / turun gain aja

Image

Image

Image


*Bukan seles bengkel*
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

Baru aja telp SAKI dan Sigma. Kabar buruknya di SAKi gak bikin header buat yaris :(. Terpaksa pakai ORD sepertinya.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

ecco wrote:
htannis wrote:
ecco wrote:Makasih atas petunjuk para Suhu. Saat ini Yaris saya harusnya udah masuk itungan lewat yang tahap 1. Tinggal sekarang antara tahap 2 dan 3. Mau cari jalan yang lebih irit. Sempet pertimbangkan pakai turbo setelah main ke Hotbits kemayoran. tapi itung punya itung biaya yang keluar udah bisa buat tambahin ganti mobil baru :D.
Segera saya tilpun SAKI dan Sigma... :thanks:
om, yaris turbo m/t cuman bisa 16 detik di sentul, belum lagi risiko jebol di kl dipake harian, jangan lah kl mobil NA dipasangin turbo. Mendingan yarisnya std aja dan forester nya yg dipasangin dastek :mky_01:
Oh gitu yak...ok coret dari wish list.
Rencananya emang mau pakai dastek di yaris supaya nanti bisa pindah ke Forester Om :D. Pertanyaan lanjutan: kalo cuman pasang dastek doang di forester tanpa rubah apa2...efek berapa nendang?...daaaannn jebol gak? harian juga itu mobil he..he..he..
efeknya sih pasti jauh nendang pake dastek di forester, cuman emang risiko ngelitik lebih besar, cuman kalau masalah jebol wah gak berani jamin, secara subaru kan katanya dah banyak kasus mesin jebol. Nah kalau d4d modif sampe 500HP sampe bisa asepin lamborgini di lintasan drag race sentul pun saya berani jamin gak bakalan jebol tuh mesin dipake harian dan diisi bio solar juga :mky_03:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by htannis »

Rocco77 wrote:Pasang turbo di hotbits berapa om?

To tom hentan, yaris yang di sentul berapa HP om?
wah kurang tau om, juara di kelas 16 detik sih dia bs 16 kecil stabil soalnya dari qtt sampe race, dulu ada yg agak extreme sampe sekitar 400hp sih bisa 14.5 an cuman udah modif abis mesinnya dah habis jg byk bener
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah powe

Post by ecco »

htannis wrote:
efeknya sih pasti jauh nendang pake dastek di forester, cuman emang risiko ngelitik lebih besar, cuman kalau masalah jebol wah gak berani jamin, secara subaru kan katanya dah banyak kasus mesin jebol. Nah kalau d4d modif sampe 500HP sampe bisa asepin lamborgini di lintasan drag race sentul pun saya berani jamin gak bakalan jebol tuh mesin dipake harian dan diisi bio solar juga :mky_03:
Jadi kesimpulan d4d itu engine of this century :big_peace:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
hasta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri May 22, 2015 15:03

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Post by hasta »

pichuchu wrote:Master2.. mau tanya nih..

Rencana sih mau nambah power mobil saya skrg, baca2 di forum tertarik dengan piggyback ECU shop sih,,
dengan harga yg tidak terlalu mahal untuk piggyback, bisa nambah power mesin cukup besar.

Menurut master2 nih, untuk nambah power mobil lebih baik langsung pasang piggyback di awal baru ganti lain-lain atau lebih baik ganti2 parts yg lain dulu baru pasang piggyback terakhir?

Sama ada yg bisa jelasin kekurangan piggyback spt ECU shop ga?
Kebanyakan cuma jelasin nambah power aja, apa ada side effectnya dari mengoptimalkan mesin mobil sampai batas tertentu?? :mky_01:


mohon bantuannya yahhh
FYI, mobilnya fortuner :)
Menurut nubie sih, semua tergantung biaya dan hasil. Bila biaya didepan terlalu tinggi bila membeli piggy di awal mod, ya jangan dibeli. Ga perlu dipelihara lah pemikiran spt itu, udah salah masih dipertahankan.

Jadi pelajari dulu biaya tambahan bila pembelian dilakukan sekarang atau nanti setelah kelar modding. Biaya tambahan bisa berupa tuning extra lagi ATAU terbelenggunya kebebasan. TErmasuk kebebasan mengetahui lebih baik lagi, bukan katanya, tapi bebas untuk mengetahui langsung.

Jadi parameter terpenting, menurut ane, utk memutuskan beli sekarang atau nanti adalah apakah piggyback tsb memberikan kebebasan untuk melakukan tuning di tempat lain, atau harus terbelenggu di suatu merek, seperti halnya BUDAK?

Buat ane sih, menjadi tidak bebas atau menjadi BUDAK adalah terlalu mahal dibandingkan dgn uang seberapa besarpun.

:big_peace:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Post by ecco »

Yang atas ane, gak usah terlalu lebay pake istilah budak segala. Kalo ada saran atau masukan buat yg nanya, langsung aja kasih saran. Kalo merek barang yg dibeli membatasi, ya jual aja lagi ganti merek baru...gitu aja kok repot sih, pake budak2an segala...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
hasta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri May 22, 2015 15:03

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Post by hasta »

ecco wrote:Yang atas ane, gak usah terlalu lebay pake istilah budak segala. Kalo ada saran atau masukan buat yg nanya, langsung aja kasih saran. Kalo merek barang yg dibeli membatasi, ya jual aja lagi ganti merek baru...gitu aja kok repot sih, pake budak2an segala...
sori gan, udah ane lakukan. dimana saran yg ane lupa kasih nih? justru ane coba jelaskan betapa besar biaya, yg orang sono sebut, intangible. Ga ada rupiah yg bisa dibandingkan. gitu loh. bukannya sering kita lihat yg sptnya murah tapi ternyata mahal banget saat sadar? maksud agan, ane ga boleh kasih tahu ke lain gitu ? dan membiarkan mereka beli dulu baru sadar? jadi ane malah bingung nih maksud agan satu ini?

btw, budak adalah kata haram ya? slave dan slavery masih terjadi dimana mana, sadar atao ga sadar... sori kalo itu nyinggung agan, ane suer ga tahu kalo agan itu akan tersinggung.. :big_peace:
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Post by ecco »

@hasta, lebay lo...kebanyakan teori...jgn2 ini org yg punya bengkel dan sering bikin ribut di sebelah nih...hmmm
Rekomendasi ente mane? Cuman bacot2 gak jelas. Lo liat noh suhu2 yang lain kalo kasih saran jelas, bukan bualan2 gak puguh yg gak ada urusan sama peningkatan kinerja mobil...
Buat para Momod, mohon maap kalo postingan ane bertensi tinggi. Bikin eneq soale kalo ketemu yg model gini.
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
hasta
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 27
Joined: Fri May 22, 2015 15:03

Re: Piggyback, pilihan utama atau terakhir untuk nambah power?

Post by hasta »

dimana teorinya bro? dan batas mana takaran kebanyakan? yg jelas buat satu, belum tentu jelas buat yg lain. itu biasakan?
btw, dasar ente bilang bualan dimana? kalo sama2 man, kita buktikan aja... ngapain harus ngumpet dibalik keyboard?

in mah jelas flaming.