Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by andy1800 »

oh sori. slh window
Soalnya td bareng sm forum energi ada yg tanya PLTU bahan bakarnya apa?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

andy1800 wrote:oh sori. slh window
Soalnya td bareng sm forum energi ada yg tanya PLTU bahan bakarnya apa?
:mky_05: :mky_05: :mky_05: :mky_05:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by uchychan »

VanzMatic wrote:
andy1800 wrote:batu bara
Kok jadi batu bara toh?
:mky_06:
:mky_03: jiahhhh
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

maksutna apa ya...? :mky_06: :mky_06:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
jestrix
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Oct 13, 2012 2:30

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by jestrix »

andy1800 wrote:
jestrix wrote:kondisi dalkot bandung stop &.go pake xv matic saya di mid 1:8,9 dari kiaracondong - lebak bulus 1:14,2 dari lebak bulus - kiaracondong mid nya 1:13,1 mungkin yg transmisi manual lebih dari itu kali ya cmiiw
masih sesuai ekspektasi atau dirasa terlalu boros ?
sesuai ekspektasi om... soalnya transmisi matic & body bongsor hehehe...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by andy1800 »

jestrix wrote:
andy1800 wrote:
jestrix wrote:kondisi dalkot bandung stop &.go pake xv matic saya di mid 1:8,9 dari kiaracondong - lebak bulus 1:14,2 dari lebak bulus - kiaracondong mid nya 1:13,1 mungkin yg transmisi manual lebih dari itu kali ya cmiiw
masih sesuai ekspektasi atau dirasa terlalu boros ?
sesuai ekspektasi om... soalnya transmisi matic & body bongsor hehehe...
hehee tu dia. sukurlah. :frm_tumbright:

pls review singkat2 nya dong om:
- suspensinya gimana? dibanding sm mobil apa gitu.
- diduduki nya gimana, jok terlalu tipis atau biasa aja?
- tingkat kesenyapan dlm kabin spt apa. misalnya dibanding sm avanza.?
- pernah diisi penumpang plg penuh seberapa?

semacam itu kira2.
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by Tomiko_Van »

thx om jestrix bwt infonya. spreti kata om andy, boleh dishare kesan2nya pakai evalia xv. ada beberapa issue yg sy dengar dr pemakai evalia :
1. peredaman kabin cukup senyap, jauh lbh baik dibanding pesaingnya (duo anyar)
2. ada issue joint steering yg bunyi2, penyakit dr grand livina.
3. kecenderungan kalau diisi bbm premium, akan ngelitik & sedikit ngempos tarikan tengah (lagi2 penyakit livina)

apakah sudah merasa ketiga hal tsb bro?? ditunggu pencerahannya :)
アイドリング!!!
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by marama »

Dari komentar rekan kantor yang istrinya pakai evalia , kebetulan istrinya di bandung, jd kl istrinya ke jakarta + anak2nya, mobil isinya full 2 sepeda sama barang2, anaknya pada puas naik evalia soalnya luas dan nyaman, oiya rekan kantor saya ini dulunya pakai avanza, lalu tuker evalia, komentar nya sih banyakan positif nya hehehe

Yang lucu sdh 3 rekan kantor saya yg tuker avanza lamanya ke evalia, alasannya rata2 krn model ANA skrg krg greget jd ambil evalia, dan butuh mobil penumpang lega dan nyaman , rupanya manjur juga nih nissan jualan evalia di indo, banyak pemakai eks avanza yg pindah
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by pcx »

marama wrote:Dari komentar rekan kantor yang istrinya pakai evalia , kebetulan istrinya di bandung, jd kl istrinya ke jakarta + anak2nya, mobil isinya full 2 sepeda sama barang2, anaknya pada puas naik evalia soalnya luas dan nyaman, oiya rekan kantor saya ini dulunya pakai avanza, lalu tuker evalia, komentar nya sih banyakan positif nya hehehe

Yang lucu sdh 3 rekan kantor saya yg tuker avanza lamanya ke evalia, alasannya rata2 krn model ANA skrg krg greget jd ambil evalia, dan butuh mobil penumpang lega dan nyaman , rupanya manjur juga nih nissan jualan evalia di indo, banyak pemakai eks avanza yg pindah
nice info om :frm_tumbleft:
jadi penasaran juga sama Evalia :e-think:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

Tomiko_Van wrote:-cut-

3. kecenderungan kalau diisi bbm premium, akan ngelitik & sedikit ngempos tarikan tengah (lagi2 penyakit livina)

-cut-
Kayaknya bukan salah mesinnya deh om, kalo diisi premium trus jadi nglitik dan ngempos... Salah yang ngisiin bensin ... mesin passenger car dgn kompresi nyundul langit (10,5:1)kok diisi bahan bakar yang hanya cocok untuk mesin 2 tak? Kompresi 2 tak paling tinggi secara standar pabrik hanya 7:1. Itu kompresi Yamaha F1Z. Yamaha RX-King yang raja jambret larinya itu aja hanya 6,9:1.

Ngga hanya HR15DE om... Walaupun K3VE dan 3SZ-VE "katanya" nggapapa diisi premium, buat ane, itu omong kosong. Ane udah buktiin ndiri. Bawa mobil bermesin K3VE isi premium full, bawak lari kenceng, cuman mentok 135kpj hanya bertahan bbrp detik. Habis itu udah ngempos. Mau dibejek gas lagi, udh lemod, yang ada hanya KRRRRRRKKKKK...Mau turunin dari D ke 3, rasanya kok ngga mungkin ECU "mengizinkan" downshift di kecepatan segitu.... Giliran start lagi habis bayar tol, langsung dah KRRRRRRRRRRKK gitu bunyinya...
:big_slap:

HR15DE mintanya minimal oktan 95 om.. :mky_08:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by Tomiko_Van »

@ om vanzmatic : permasalahannya mesin honda L15A (baik yg idsi, vtec atau i-vtec) bebas ngelitik om... dan masih kenceng :) sy sdh buktikan sendiri :) kl dilihat secara spec, L15A kompresi sekitar 10.4:1 yg idsi lama malah bisa 10.8:1
?-
kl mnrut sy selain minimal oktan jg ada settingan timing pengapian yg bisa diadjust biar mesin kompresi tinggi bisa minum premium tampa ngelitik. jadi ingan kisah odyssey absolute cbu yg max power 200ps/6800 rpm diisi premium setiap hari dan tidak ngelitik, pdhl kalau ngelihat spec kompresi sampai 11.0:1 !!!
アイドリング!!!
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

Tomiko_Van wrote:@ om vanzmatic : permasalahannya mesin honda L15A (baik yg idsi, vtec atau i-vtec) bebas ngelitik om... dan masih kenceng :) sy sdh buktikan sendiri :) kl dilihat secara spec, L15A kompresi sekitar 10.4:1 yg idsi lama malah bisa 10.8:1
?-
kl mnrut sy selain minimal oktan jg ada settingan timing pengapian yg bisa diadjust biar mesin kompresi tinggi bisa minum premium tampa ngelitik. jadi ingan kisah odyssey absolute cbu yg max power 200ps/6800 rpm diisi premium setiap hari dan tidak ngelitik, pdhl kalau ngelihat spec kompresi sampai 11.0:1 !!!
Civic i-dsi? Nglitik om.
Tetangga sebelah ane. Civic i-dsi warna beige, plat N.
Masukin ke garasi nya selalu mundur. Ndilalah garasinya memang rada naik.. Atret gitu.. Krrrrk...

Kalau injeksi sudah menganut close loop, butuh setting ulang oleh bengkel yang punya modal buat beli alat untuk unlocked ECU nya agar settingan bisa dirubah.

Nah kalau injeksi lama, bisa jadi masih menganut open loop, jadi dengan alat scanner pun masih bisa disetting pengapian dan segala macemnya.
Saya kurang faham, apakah L15A masih menganut open loop atau close loop..

Ya. Sementara, 1-3 tahun, mungkin tidak nglitik, karena ECU sudah di unlock untuk bisa setting ulang pengapian supaya bisa lebih cepat menyalakan busi beroktan rendah ala premium, sebelum premiumnya meledak duluan akibat digebuk kompresi..

Tapi bara yang timbul akibat kerak karbon di piston, ngga bisa boong. Bara kerak karbon akibat pemakaian premium murni yang bersulfur tinggi yang ada di lapisan atas piston itu lah yang menyalakan duluan uap bensin sebelum api busi menyala.

Cmiiw juga ya..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by marama »

VanzMatic wrote:
Tomiko_Van wrote:@ om vanzmatic : permasalahannya mesin honda L15A (baik yg idsi, vtec atau i-vtec) bebas ngelitik om... dan masih kenceng :) sy sdh buktikan sendiri :) kl dilihat secara spec, L15A kompresi sekitar 10.4:1 yg idsi lama malah bisa 10.8:1
?-
kl mnrut sy selain minimal oktan jg ada settingan timing pengapian yg bisa diadjust biar mesin kompresi tinggi bisa minum premium tampa ngelitik. jadi ingan kisah odyssey absolute cbu yg max power 200ps/6800 rpm diisi premium setiap hari dan tidak ngelitik, pdhl kalau ngelihat spec kompresi sampai 11.0:1 !!!
Civic i-dsi? Nglitik om.
Tetangga sebelah ane. Civic i-dsi warna beige, plat N.
Masukin ke garasi nya selalu mundur. Ndilalah garasinya memang rada naik.. Atret gitu.. Krrrrk...

Kalau injeksi sudah menganut close loop, butuh setting ulang oleh bengkel yang punya modal buat beli alat untuk unlocked ECU nya agar settingan bisa dirubah.

Nah kalau injeksi lama, bisa jadi masih menganut open loop, jadi dengan alat scanner pun masih bisa disetting pengapian dan segala macemnya.
Saya kurang faham, apakah L15A masih menganut open loop atau close loop..

Ya. Sementara, 1-3 tahun, mungkin tidak nglitik, karena ECU sudah di unlock untuk bisa setting ulang pengapian supaya bisa lebih cepat menyalakan busi beroktan rendah ala premium, sebelum premiumnya meledak duluan akibat digebuk kompresi..

Tapi bara yang timbul akibat kerak karbon di piston, ngga bisa boong. Bara kerak karbon akibat pemakaian premium murni yang bersulfur tinggi yang ada di lapisan atas piston itu lah yang menyalakan duluan uap bensin sebelum api busi menyala.

Cmiiw juga ya..
:big_peace:
civic kok ada varian i-dsi ya om? :ungg: :ungg:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

marama wrote:
VanzMatic wrote:
Tomiko_Van wrote:@ om vanzmatic : permasalahannya mesin honda L15A (baik yg idsi, vtec atau i-vtec) bebas ngelitik om... dan masih kenceng :) sy sdh buktikan sendiri :) kl dilihat secara spec, L15A kompresi sekitar 10.4:1 yg idsi lama malah bisa 10.8:1
?-
kl mnrut sy selain minimal oktan jg ada settingan timing pengapian yg bisa diadjust biar mesin kompresi tinggi bisa minum premium tampa ngelitik. jadi ingan kisah odyssey absolute cbu yg max power 200ps/6800 rpm diisi premium setiap hari dan tidak ngelitik, pdhl kalau ngelihat spec kompresi sampai 11.0:1 !!!
Civic i-dsi? Nglitik om.
Tetangga sebelah ane. Civic i-dsi warna beige, plat N.
Masukin ke garasi nya selalu mundur. Ndilalah garasinya memang rada naik.. Atret gitu.. Krrrrk...

Kalau injeksi sudah menganut close loop, butuh setting ulang oleh bengkel yang punya modal buat beli alat untuk unlocked ECU nya agar settingan bisa dirubah.

Nah kalau injeksi lama, bisa jadi masih menganut open loop, jadi dengan alat scanner pun masih bisa disetting pengapian dan segala macemnya.
Saya kurang faham, apakah L15A masih menganut open loop atau close loop..

Ya. Sementara, 1-3 tahun, mungkin tidak nglitik, karena ECU sudah di unlock untuk bisa setting ulang pengapian supaya bisa lebih cepat menyalakan busi beroktan rendah ala premium, sebelum premiumnya meledak duluan akibat digebuk kompresi..

Tapi bara yang timbul akibat kerak karbon di piston, ngga bisa boong. Bara kerak karbon akibat pemakaian premium murni yang bersulfur tinggi yang ada di lapisan atas piston itu lah yang menyalakan duluan uap bensin sebelum api busi menyala.

Cmiiw juga ya..
:big_peace:
civic kok ada varian i-dsi ya om? :ungg: :ungg:
maaf maaf... Cityy....!
:big_slap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2287
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by ilhami »

berarti pemiliknya nggak rajin semprot semprot engine conditioner atau carbon clean teratur ya?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

ilhami wrote:berarti pemiliknya nggak rajin semprot semprot engine conditioner atau carbon clean teratur ya?
Kalau seperti ini yang terjadi, ini sama saja seperti latah orangtua..
Anaknya batuk, kasih obat anti batuk
Anaknya demam, kasih obat anti demam / penurun panas.

Symptom dan disease bisa jadi sembuh, TAPI, tidak pernah mencari tau akar masalahnya/penyebabnya.

Misalnya, si anak batuk kalo jajan gorengan di luar, dan demam kalau minum air es..
Tapi, si orang tua, teteeep aja kasi uang jajan, bahkan cenderung manjain uang jajan, CELAKA nya, TIDAK MAU TAHU apa yang dikonsumsi si anak.
Hanya tindakan kalau sudah terjadi penyakit.

Ini salah besar. Mau sampai kapan begitu terus?

Sama seperti kendaraan.
Taunya kalau kendaraan sudah nglitik parah aja... Mau taunya kalau stang piston sudah bengkok atau klep bengkok. Tapi, itupun 'pengobatan'nya baru sebatas .. carbon clean, engine conditioner, paling parah, turun mesin, tapi mesin masih aja dikasi konsumsi 'makanan gorengan luar' dan 'minuman es jajanan luar'. Mesin masih aja dikasi premium murni.

Yang disalahin, mesinnya yang ngga kuat.. Ibaratnya, kalau pada kasus anak kecil, yang disalahin anaknya, yang terlalu gampang sakit lah, manja lah dikit2 sakit.....

Jah?!? :mky_05:

Ngerti keadaan asli mesin kendaraan, jangan siksa dari sisi mesinnya. Kalau mesinnya sudah dikasih bahan bakar yang bagus, sesuai oktan dengan kompresi mesin, kasih oli sesuai spek terbaik berdasar buku manual, semua fluida pakai yang sudah standar pabriknya, nah..kalau semua udah dimodalin begitu rupa tapi mesin masih nglitik atau parah2nya overheat, baru deh kita boleh tuding mesinnya manja lah..ini lah.. itu lah...

Just sharing kok..No offence..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by jalu »

Nglitik ata nggak, ada beberapa faktor yg membuat mesin gak nglitik meski dikasi bbm premium :

1. Ada beberapa ATPM yang memang sengaja menurunkan sedikit rasio kompresi mesin (meski dispek tertera CR tinggi tp aslinya lbh rendah) penyesuaian khusus market indonesia untuk antisipasi kualitas bbm

2. Ada jg beberapa mesin yang punya anti knock sensor dng range variable ignition timing lebar, sehingga bisa lbh adaptif dng kondisi bbm, mau advance berapa derajat atau retard berapa derajat sangat leluasa ECU mengaturnya

3. Dan ada juga yang sebenernya mesinnya nglitik kalo dikasi bbm premium, tapi krn insulasi kabinnya bagus maka suara nglitik itu gak terdengar dr dalam, jd sama usernya dianggap gak nglitik tuh..padahal.....

CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by andy1800 »

anti-knock sensor tu ada wujudnya gak sih? Di sblh mana? Dlm perut blok mesin dan lifetime? Atau diluar dan mgkin rusak trus diganti?

Metoda sensing nya gimana? Lbh mensensing suara atau getaran?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by uchychan »

standarlah klo utk ukuran mobil spt itu dipake dalkot yg macetnya kek jakarta apalagi klo matic,
para pakar dulu survei 4 tahun yg lalu klo jkt akan sngat macet n ga bisa gerak jadi kenyataan skrg........ :glodak:
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by Tomiko_Van »

@ bro jalu : nice explanation bro :) :)
kalau dilihat dari fakta di lapangan, kelihatannya settingan mesin dr honda yg paling (badak) dari gejala ngelitik jika diisi premium (asalkan perawatan & cara membawa benar ya). kl menurut pengamatan mesin toyota & nissan lbh gampang ngelitik misal sama2 diisi premium (apalagi mesin mobil korea, sensitif sekali dgn bbm oktan rendah, pasti ngelitik).

maaf oot, maksudmya bukan mau menjelekan/membanding2kan mesin atau merekomendasikan pakai bbm subsidi yg kualitasnya kuramg baik, tp lebih kepada sharing pengalaman dan fakta2 yg terjadi di lapangan.
アイドリング!!!
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

Tomiko_Van wrote:@ bro jalu : nice explanation bro :) :)
kalau dilihat dari fakta di lapangan, kelihatannya settingan mesin dr honda yg paling (badak) dari gejala ngelitik jika diisi premium (asalkan perawatan & cara membawa benar ya). kl menurut pengamatan mesin toyota & nissan lbh gampang ngelitik misal sama2 diisi premium (apalagi mesin mobil korea, sensitif sekali dgn bbm oktan rendah, pasti ngelitik).

maaf oot, maksudmya bukan mau menjelekan/membanding2kan mesin atau merekomendasikan pakai bbm subsidi yg kualitasnya kuramg baik, tp lebih kepada sharing pengalaman dan fakta2 yg terjadi di lapangan.
Berarti, yang paling mungkin adalah, produsen Honda melakukan modifikasi sedikit pada mesinnya, umpamanya, dengan menurunkan sedikit kompresi walaupun konsekuensinya adalah itu bakal tidak sesuai spesifikasi data brosur resmi Honda.

Sebetulnya, analogi sebuah mesin itu badak atau ngga, IMHO lo ya, bukan dari mudahnya nglitik atau tidak. Tapi dari durability / ketahanan.
Sering naik angkot yg mobilnya Carry 1.0, 1.5 atau yg sudah APV?
Kurang badak gimana mesin2 Sijuki? Toh selama saya ngangkot, sering banget yang Carry 1.0 dan 1.5 injeksi nglitik kasar. Yang APV angkot juga gtu.
Tapi, tetep masih ampuh nggelinding juga walau ancur ancuran gitu mesin dan cara bawanya. Pastinya tau persis dooong, gimana sih perawatan mesin ala supir angkot? :mrgreen:

Saya pernah bawa Jazz i-dsi matic. Ngga nglitik. Yaa...kurang tau aja, dimana letak 'keajaiban' itu, karena sepupunya, city i-dsi, kok nglitik.
Cielo Accord yg pernah numpang parkir depan rumah, juga nglitik dikit.

Sama, ini juga sharing kok mas..Namanya juga forum...
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

uchychan wrote:standarlah klo utk ukuran mobil spt itu dipake dalkot yg macetnya kek jakarta apalagi klo matic,
para pakar dulu survei 4 tahun yg lalu klo jkt akan sngat macet n ga bisa gerak jadi kenyataan skrg........ :glodak:
SsSsTt...ntara dibilang salah window batu bara.....
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by uchychan »

tapi ane denger nissan user yg pke bbm shell juga ngelitik yahh... :mky_05:
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by andy1800 »

ΨåЌååЌåЌ ŴiЌiЌiiЌ...ah, gitu aja ngamuuukk...:P eace:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Nissan Evalia (NV200) 2012 - PART 02

Post by VanzMatic »

uchychan wrote:tapi ane denger nissan user yg pke bbm shell juga ngelitik yahh... :mky_05:
Shell yang dibeli yg bikin nglitik, yang Super atau Super Extra?
andy1800 wrote:ΨåЌååЌåЌ ŴiЌiЌiiЌ...ah, gitu aja ngamuuukk...:P eace:
ampun, mbaah... ngga berani lah ngamuk ke simbah...nda malah kuwalat aku....
:mky_01:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "