Review New Hyundai Santa Fe 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ricz »

Kalo bos Honda cabang Tuban, uang rokoknya cuman vocer berendem di Cz selama 1 taon bersama Ck...

Dijamin kasi pelayanan VVIP dari dia... :upss:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by madcat015 »

*feeling ane ga enak...*

Paling ane kasi voucher gratis sunbathing dan berendem di pantai Tuban... :big_smoking:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Si RV pernah miara mobil Diesel gak yah....heheheh....

kalo ketemu si Unta Item sih komennya bakal laen lagi.........bisa2 disuruh buang aja mobil pengeretan....ganti mobil Dhuafa nan irit perawatan :wkkk:

J/K

Well back to topic.....intinya ya BeRes kalo mau ngecharge mahal mesti ada alasan yg kuat

Zaman skg ini = zaman konsumen bebas memilih & dimanjakan (bukan diporotin)
Resale Value wrote: turboman sih ngomongnya enteng, yea, mobil diesel cuman perlu ini itu doang. Ya kalau cuman ganti oli doang, purging gituan memang murah, tapi ingat : JIKA TERJADI APA APA kepada mobilnya saat masih dalam periode garansi, tapi karena TIDAK SERVIS / CHECK RUTIN di beres, ada apa apa, bengkelnya turboman misalnya mau gantiin ngak biaya kerusakannya ?
* Bukan ajakan Beli *
genisukma
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 142
Joined: Sun Apr 20, 2008 18:38
Location: surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by genisukma »

pengalaman saya sich, utk sekedar ganti Oli + Filter adl datang ke Shop&drive atau toko oli turs beli oli di situ + bawa filter sendiri.
Murah meriah & Kwalitas kerja bisa kita pantau pula :big_peace:
Utamakan tidur nyenyak drpd makan enak;
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ricz »

Turboman wrote:Si RV pernah miara mobil Diesel gak yah....heheheh....

kalo ketemu si Unta Item sih komennya bakal laen lagi.........bisa2 disuruh buang aja mobil pengeretan....ganti mobil Dhuafa nan irit perawatan :wkkk:

J/K

Well back to topic.....intinya ya BeRes kalo mau ngecharge mahal mesti ada alasan yg kuat

Zaman skg ini = zaman konsumen bebas memilih & dimanjakan (bukan diporotin)
Resale Value wrote: turboman sih ngomongnya enteng, yea, mobil diesel cuman perlu ini itu doang. Ya kalau cuman ganti oli doang, purging gituan memang murah, tapi ingat : JIKA TERJADI APA APA kepada mobilnya saat masih dalam periode garansi, tapi karena TIDAK SERVIS / CHECK RUTIN di beres, ada apa apa, bengkelnya turboman misalnya mau gantiin ngak biaya kerusakannya ?
Well, terakhir servis 50 ribu (tp odometer baru 43 ribu) kena 1,5 juta ama ongkos kerja, sebelumnya gk ada ongkos kerja 800 ribu...

Kekna Fortie VNT mirip2 lah biayanya, CMIIW
2021 Fortuner VRZ
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

Lo belum jawab pertanyaan gue, jika ada mobil yang masih dalam periode warranty, tapi dia ngak servis ke beres, servisnya di bengkel lo terus karena kata lo simple dan murah, namun saat terjadi apa apa ATPMnya beneran tolak garansinya :



Lo sanggup ngak gantiin biayanya yang bisa berapa juta atau puluhan juta tergantung kasus ?



Turboman wrote:Si RV pernah miara mobil Diesel gak yah....heheheh....

kalo ketemu si Unta Item sih komennya bakal laen lagi.........bisa2 disuruh buang aja mobil pengeretan....ganti mobil Dhuafa nan irit perawatan :wkkk:

J/K

Well back to topic.....intinya ya BeRes kalo mau ngecharge mahal mesti ada alasan yg kuat

Zaman skg ini = zaman konsumen bebas memilih & dimanjakan (bukan diporotin)
Resale Value wrote: turboman sih ngomongnya enteng, yea, mobil diesel cuman perlu ini itu doang. Ya kalau cuman ganti oli doang, purging gituan memang murah, tapi ingat : JIKA TERJADI APA APA kepada mobilnya saat masih dalam periode garansi, tapi karena TIDAK SERVIS / CHECK RUTIN di beres, ada apa apa, bengkelnya turboman misalnya mau gantiin ngak biaya kerusakannya ?
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ricz »

Ente gk tau nyogok ya?

M2 gue kemaren klaim busi rusak, awalnya nolak krn pake Premium, tp setelah nyogok SA akhirnya mau klaim ke MMI...

Btw, 1 buah busi M2 500 ribu lho... :mrgreen:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

Emangnya apanya yg rusak yah

intinya mobil kalo bener yah rawat secara wajar dan jangan kelewat banyak di utak atik....nanti yg gak rusak malah jadi rusak

Dah sales mobil Korea mending tungguin aja sana konser M-net countdown.......buat ketemu artis2 idaman anda...... :wkkk:
Resale Value wrote:Lo belum jawab pertanyaan gue, jika ada mobil yang masih dalam periode warranty, tapi dia ngak servis ke beres, servisnya di bengkel lo terus karena kata lo simple dan murah, namun saat terjadi apa apa ATPMnya beneran tolak garansinya :

Lo sanggup ngak gantiin biayanya yang bisa berapa juta atau puluhan juta tergantung kasus ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ALX7 »

Resale Value wrote:Saran saya gini deh yang masih ngak rela bayar ongkos jasa di beres. Namun, you better know what you are doing ! Karena kita bicara mobil beneran, untuk kasus Santi mobil yang nilainya 400 juta lebih. Don't kid yourself, jangan " Penny Wise, pound foolish ".



Ingat, ngak cuman Hyundai, saya yakin merek lain pun juga sama, jika konsumennya servis di luar bengkel resmi, dan to be fair untuk ATPM, kan mereka mana tau mobilnya di apain aja di luar bengkel resmi, jelas akibatnya adalah :



GARANSI HANGUS !




Dan kalau udah gitu, you are on your own ! Ada apa apa ngak bakal di ganti !


Worth it ngak ?!




Misalnya nanti ada berapa component mesin yang rusak karena bengkel third party kerjanya ngak benar, benar pun namanya juga bikinan manusia, anything can happen ! Total biaya yang perlu di keluarkan puluhan juta untuk perbaikinya, nah, saat itu, baru deh pikir :



APA ARTINYA SETAHUN cuman nombok +- 1 juta untuk pertahankan GARANSInya ?




Seperti ada orang yang ngak mau asuransi karena malas keluar biaya premi. Saat baik baik aja sih senang, hemat uang, tapi saat ada kasus, baru deh " Aduh, ngak asuransi ! "



turboman sih ngomongnya enteng, yea, mobil diesel cuman perlu ini itu doang. Ya kalau cuman ganti oli doang, purging gituan memang murah, tapi ingat : JIKA TERJADI APA APA kepada mobilnya saat masih dalam periode garansi, tapi karena TIDAK SERVIS / CHECK RUTIN di beres, ada apa apa, bengkelnya turboman misalnya mau gantiin ngak biaya kerusakannya ?



Saran saya adalah, mau save cost ginian yang toh kecil banding cost lain seperti BBM dan depresiasi, mau juga tunggu sampai periode garansinya dah habis !



Once again guys, sudah mampu beli mobil 400 juta lebih, serius, apakah keluar extra +- 1 juta setahun untuk PERTAHANKAN GARANSI begitu berat ?



Worth it ngak save +- 1 juta setahun tapi garansi terancam hilang, dan nanggung sendiri risiko jika nanti ada apa yang rusak, yang biayanya bisa at least puluhan juta jika yang kena component mahal ?


Like I said, jangan PENNYWISE, POUND FOOLISH !


Ngomong ngomong turboman punya bengkel yah ? Karena dia sering bahas hal yang detail mengenai mesin.




ALX7 wrote:Ada solusi lain?
utk para suhu mungkin bisa share hal2 yg bisa DIY tanpa harus ke bengkel utk hal2 sepele spt ganti oli? ganti filter?
klo saya sih lebih suka DIY bukan karena bisa lebih hemat, tp adakala nya klo kita bisa DIY utk mobil tercinta selain menambah pengetahuan ttg mobil sendiri jg kita bisa atur kapan ganti ini itu sesuai waktu kita, tanpa harus mengikuti jadwal dr BeRes...

ato bisa share bengkel2 alternatif yg cukup handal dan terpercaya utk menangani mobil kita...?
Maaf, dalam hal ini saya tidak sejalan dengan anda.
Mungkin lebih diluruskan seperti ini: kita klo ke bengkel ada 2 hal: maintenance rutin dan ada sesuatu masalah pd mobil di luar maintenance... CMIIW

klo dalam masa garansi (entah itu free jasa ato part/oli/whatever) kita ke BeRes tanpa keluar biaya sepeser pun, ya pasti kita sebagai konsumen akan selalu datang lagi dijadwal berikutnya... CMIIW
dan mungkin setelah lewat masa gratis itu pun kita akan tetep ke sana krn berarti service nya bagus...
klo judul nya masih masa garansi + free oli/part/ whatever ternyata tetep keluar ongkos utk hal2 ga penting (krn kita datang dgn mobil dalam kondisi bagus dan krn ngikutin jadwal service spy tetep bergaransi) apakah kita akan ke bengkel tsb? saya rasa tidak, lebih baik klo cuma ganti oli +filter di bengkel macam SnD.. CMIIW IMHO

klo kasus ke-2 krn dalam masa garansi trus ada gejala2 yg tidak enak pada mobil macam: oversteer/mesin bunyi brebet2/ dll masa iya kita ga ke bengkel resmi?? toh kan emang msh garansi s.part sesuai judul waktu beli... dan pasti nya ketersediaan s.part mobil ybs lebih tersedia drpd 3rd party bengkel kan?

Inti nya klo menurut saya apabila hanya sekedar maintenance rutin mungkin bisa DIY ato ke 3rd party bengkel, tp klo ada emang ada masalah pd mobil mungkin tetep prioritas ke beRes

*ini hanya pendapat newbie... no offense
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by ALX7 »

genisukma wrote:pengalaman saya sich, utk sekedar ganti Oli + Filter adl datang ke Shop&drive atau toko oli turs beli oli di situ + bawa filter sendiri.
Murah meriah & Kwalitas kerja bisa kita pantau pula :big_peace:
Agree with you.. :big_peace: :big_peace:
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by madcat015 »

M-net countdown?

*nyalain TV kabel, nunggu Lee Ji Eun nongol..., the cutest girl ever!!! * :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by leiv »

td ada yg nanya ttg servis 10 ribu, servisnya gratis...

untuk beberapa point dari bung RV saya setuju, terutama point yg bilang kita paling brp kali dalam setahun servis ginian (saya pribadi blm 1 thn udah 2 kali hehe).

hanya cukup disayangkan knp Beres hyundai gak sedia oli yg bagus, pake nya cuma shell semi syntetic, knp gak sekalian sediain yg full syntetic, toh ansf termasuk mobil high end nya hyundai indonesia, jd kita sbg user bisa memilih.
mr_mytplx
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1301
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by mr_mytplx »

Jd penasaran..kl beli hyundai baru ada free jasa servis sampe km tertentu nda..kl ada ampe berapa km..

Katanya ada jaminan spare part tidak tersedia dlm 2x24 jam maka ga usah bayar..alias di kasih gratis..bener g y..

Santa fe ini ada garansi buy back nda..yg 4x4 termasuk nda..

Maap banyak tanya..soalnya cari2 di web nya nda ketemu..he2x..
Henry Kurniawan
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Thu Mar 31, 2011 15:56

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Henry Kurniawan »

mr_mytplx wrote:Jd penasaran..kl beli hyundai baru ada free jasa servis sampe km tertentu nda..kl ada ampe berapa km..

Katanya ada jaminan spare part tidak tersedia dlm 2x24 jam maka ga usah bayar..alias di kasih gratis..bener g y..

Santa fe ini ada garansi buy back nda..yg 4x4 termasuk nda..

Maap banyak tanya..soalnya cari2 di web nya nda ketemu..he2x..
Garansi buyback dihitung dari harga jual kosong pada tahun saat dijual nanti
85% taon 1 / max 35rb KM
80% taon 2 / max 70rb KM
70% taon 3 / max 100rb KM

Harga jual kosong = Off the road kah ?
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Henry Kurniawan wrote: Garansi buyback dihitung dari harga jual kosong pada tahun saat dijual nanti
85% taon 1 / max 35rb KM
80% taon 2 / max 70rb KM
70% taon 3 / max 100rb KM

Harga jual kosong = Off the road kah ?

jadi kl semisal hyundai santa fe skrg ini di harga otr 461jt, setelah 3 tahun dihargain jadi 322 juta?
kok sepertinya kurang menarik ya buy back guarantee ini kalau diterapkan di mesin diesel yg secara pasaran harusnya harga jual kembalinya tidak jatuh2 amat, but i could be wrong - CMIIW.
kl untuk mobil2 yg bensin macam santa fe bensin 2.4 yg mau keluar mungkin masih bisa memberikan point plus buat calon pembelinya.

semisal concept ini diterapkan di chevrolet captiva 2.4 yg agak kurang diminati, baru bisa membantu mendongkrak harga jual kembalinya (karena di-katrol oleh harga buy-back guarantee dari chevrolet) :mky_02:
lutfi123456
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 83
Joined: Fri May 07, 2010 2:22

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by lutfi123456 »

xtr40rd1n4rym4n wrote:
Henry Kurniawan wrote: Garansi buyback dihitung dari harga jual kosong pada tahun saat dijual nanti
85% taon 1 / max 35rb KM
80% taon 2 / max 70rb KM
70% taon 3 / max 100rb KM

Harga jual kosong = Off the road kah ?

jadi kl semisal hyundai santa fe skrg ini di harga otr 461jt, setelah 3 tahun dihargain jadi 322 juta?
kok sepertinya kurang menarik ya buy back guarantee ini kalau diterapkan di mesin diesel yg secara pasaran harusnya harga jual kembalinya tidak jatuh2 amat, but i could be wrong - CMIIW.
kl untuk mobil2 yg bensin macam santa fe bensin 2.4 yg mau keluar mungkin masih bisa memberikan point plus buat calon pembelinya.

semisal concept ini diterapkan di chevrolet captiva 2.4 yg agak kurang diminati, baru bisa membantu mendongkrak harga jual kembalinya (karena di-katrol oleh harga buy-back guarantee dari chevrolet) :mky_02:
kayanya buat dongkrak harga jual aj sebagai batas bawah. kalo di luaran bisa lebih mahal bagus, kalo lebih murah jual balik aj ke hyundai (kalo ga salah toyota punya divisi jual beli mobil bekasnya, CMIIW)
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by madcat015 »

lutfi123456 wrote:
xtr40rd1n4rym4n wrote:
Henry Kurniawan wrote: Garansi buyback dihitung dari harga jual kosong pada tahun saat dijual nanti
85% taon 1 / max 35rb KM
80% taon 2 / max 70rb KM
70% taon 3 / max 100rb KM

Harga jual kosong = Off the road kah ?

jadi kl semisal hyundai santa fe skrg ini di harga otr 461jt, setelah 3 tahun dihargain jadi 322 juta?
kok sepertinya kurang menarik ya buy back guarantee ini kalau diterapkan di mesin diesel yg secara pasaran harusnya harga jual kembalinya tidak jatuh2 amat, but i could be wrong - CMIIW.
kl untuk mobil2 yg bensin macam santa fe bensin 2.4 yg mau keluar mungkin masih bisa memberikan point plus buat calon pembelinya.

semisal concept ini diterapkan di chevrolet captiva 2.4 yg agak kurang diminati, baru bisa membantu mendongkrak harga jual kembalinya (karena di-katrol oleh harga buy-back guarantee dari chevrolet) :mky_02:
kayanya buat dongkrak harga jual aj sebagai batas bawah. kalo di luaran bisa lebih mahal bagus, kalo lebih murah jual balik aj ke hyundai (kalo ga salah toyota punya divisi jual beli mobil bekasnya, CMIIW)
Hmmm... untuk buy back... kayaknya klausul nya lumayan banyak lho... Ga mudah untuk memenuhi semua kriteria...

Cmiiw...

Kalo Toyota ada mobil88 seingat ane... Divisi TRAC juga kadang ngebuang mobil ke pasar... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
Resale Value

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Resale Value »

Buy back guarantee HMI itu sekarang udah obsolete IMO. Karena sudah jelas jual langsung ke pasar akan dapat nilai yang lebih tinggi ! Itu buy back guarantee OK untuk jaman model tua mereka yang designnya ngak sebagus sekarang, dan jaman mutu mereka masih ngak sebagus sekarang.



Namun hari ini, orang yang jual balik ke mereka akan lebih rugi. Ngak percaya ? Coba kita pakai kasus Hyundai Tucson 2010. Dulu barunya sekitar 280-290 jutaan. Hari ini jika di jual, udah pakai 3 tahun, pasar masih hargai SUV ini dengan nilai yang sangat wajar / bagus :



Sekitar 220-230 juta.


Pakai 3 tahun ruginya ngak lebih dari 100 juta. Banding ama berapa SUV Jepang yang pakai 3 tahun udah rugi at least 140 juta atau lebih. Dari segi persentasi juga bagus resale value Tucson.


http://mobil.tokobagus.com/hyundai/?asf ... &sort=asc2


Di tawar pun tau sendiri di pasar mobkas, untuk mobil class ginian yang non-lux non Milliaran harganya, paling bisa di tawar worse case sekitar 10 juta. More likely +- 5 juta saja.



Seingat saya, pakai metode buy back guarantee HMI, cuman dapat sekitar 180 jutaan. Beda 30-40 juta. Ngapain ?!



Mungkin HMI juga tentu mau ada margin of safety, karena pasar mobkas kan bisa berubah. Sambil beli terus saat di jual lagi bisa untung juga 30-40 juta lumayan. Memang namanya juga PT, ngak mungkin buy back persis di harga pasar terus saat di jual lagi ngak ambil untung. PT namanya juga profit oriented.



Namun yang sudah monitor dan sudah tau situasi pasar mobkas, jelas lupakan saja program buy back guarantee HMI. Jual sendiri ke pasar akan dapat resale value yang jauh lebih bagus !



Untuk model seperti Grand Avega, H1 dll sama juga. Jual sendiri jauh lebih tinggi banding jual ke PT HMI.



Sebenernya udah jelas resale value model baru Hyundai, seperti Kia, sudah bagus, namun mungkin HMI sadar masih banyak orang Indo yang ngak sadar hal ini, jadi mau ngak mau program buy back guaranteenya tetap di pertahankan untuk coba " assure " pasar yang yakin jika beli Tucson, pakai 3 tahun, paling sisa 100 juta doang (padahal jelas masih tinggi di kisaran 220-230 juta).



Namun yang aneh, KMI kagak ada program buy back guarantee seperti ini. Apakah petinggi KMI sudah sadar resale value Kia sudah bagus, dan mereka ngak mau lagi lakukan program yang jelas sudah obsolete hari ini ?
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by madcat015 »

Hmmm... kalo Hyundai apa ya divisi mobkas nya. mereka berani BBG gitu...
Last edited by madcat015 on Wed Jul 10, 2013 5:17, edited 1 time in total.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

Resale Value wrote:Buy back guarantee HMI itu sekarang udah obsolete IMO. Karena sudah jelas jual langsung ke pasar akan dapat nilai yang lebih tinggi ! Itu buy back guarantee OK untuk jaman model tua mereka yang designnya ngak sebagus sekarang, dan jaman mutu mereka masih ngak sebagus sekarang.



Namun hari ini, orang yang jual balik ke mereka akan lebih rugi. Ngak percaya ? Coba kita pakai kasus Hyundai Tucson 2010. Dulu barunya sekitar 280-290 jutaan. Hari ini jika di jual, udah pakai 3 tahun, pasar masih hargai SUV ini dengan nilai yang sangat wajar / bagus :



Sekitar 220-230 juta.


Pakai 3 tahun ruginya ngak lebih dari 100 juta. Banding ama berapa SUV Jepang yang pakai 3 tahun udah rugi at least 140 juta atau lebih. Dari segi persentasi juga bagus resale value Tucson.


http://mobil.tokobagus.com/hyundai/?asf ... &sort=asc2


Di tawar pun tau sendiri di pasar mobkas, untuk mobil class ginian yang non-lux non Milliaran harganya, paling bisa di tawar worse case sekitar 10 juta. More likely +- 5 juta saja.



Seingat saya, pakai metode buy back guarantee HMI, cuman dapat sekitar 180 jutaan. Beda 30-40 juta. Ngapain ?!



Mungkin HMI juga tentu mau ada margin of safety, karena pasar mobkas kan bisa berubah. Sambil beli terus saat di jual lagi bisa untung juga 30-40 juta lumayan. Memang namanya juga PT, ngak mungkin buy back persis di harga pasar terus saat di jual lagi ngak ambil untung. PT namanya juga profit oriented.



Namun yang sudah monitor dan sudah tau situasi pasar mobkas, jelas lupakan saja program buy back guarantee HMI. Jual sendiri ke pasar akan dapat resale value yang jauh lebih bagus !



Untuk model seperti Grand Avega, H1 dll sama juga. Jual sendiri jauh lebih tinggi banding jual ke PT HMI.



Sebenernya udah jelas resale value model baru Hyundai, seperti Kia, sudah bagus, namun mungkin HMI sadar masih banyak orang Indo yang ngak sadar hal ini, jadi mau ngak mau program buy back guaranteenya tetap di pertahankan untuk coba " assure " pasar yang yakin jika beli Tucson, pakai 3 tahun, paling sisa 100 juta doang (padahal jelas masih tinggi di kisaran 220-230 juta).



Namun yang aneh, KMI kagak ada program buy back guarantee seperti ini. Apakah petinggi KMI sudah sadar resale value Kia sudah bagus, dan mereka ngak mau lagi lakukan program yang jelas sudah obsolete hari ini ?
nah kl penjelasan begini yg mantap om RV, sejalan dengan topik nya. :mky_02:

kl utk KMI bisa jadi pedang bermata 2 juga om:
sisi positif: mungkin mmg benar perkiraan om RV, KMI uda sadar resale value KIA uda bagus jadi ga perlu system "BBG"
or
sisi negatif: mrk juga takut setelah di BBG tuh mobil2nya trus bingung mau jual kemana.

hanya menyampaikan pandangan dari sudut yg berbeda aja Om.

btw,
toyota ada divisi mobil88
hyundai namanya apa?
honda kaga ada ya? (tp kl honda yg di gading sepertinya ada divisi mobkas nya, dan dari stock yg terlihat sepertinya tidak tergantung pada merk honda doank)
liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Apr 03, 2013 11:49

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by liora »

sebenernya sih klo rv itu tergantung dr model mobilnya. bagus tidak itu model dimata orang indo? mau eroupa kek,,jepang,,amerika,,korea,,klo model bagus pasti harga jual juga ga bakal jatuh.....nah misal tooy rav 4 ,,hon ellysion,,ford escape,,santa fe jadul,,,bmw xxxxx itu semua juga ancur ancuran harganya.....beda sama sekarang jaman sudah canggih bro bukan jepang,eropa,amrik aja yg bisa bikin mobil bagus.korea china,taiwan juga bisa bikin mobil bagus,

,,cuma masalahnya kita di indo cuma pikir harga jual jatuh klo beli korean car......dll...itu sih menurut sy pribadi...selama ini sy ga pernah bli korean car....cuma sy cari info kakak sy di amrik korean car bagaimana disana pejualannya,,,dan ternyata banyak kok yg pakai korean car,,,,, :big_peace:
SANDYHUA
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Fri Jul 19, 2013 17:39

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by SANDYHUA »

wah ikut nyimak, Salam kenal buat semuanya. Btw....
Pengagum santa fe juga. Baru liat di pameran Marina Mall Surabaya.

Oh ya baru cek berita kompas hari ini, ternyata santa fe lagi diinvestigasi NHTSA
Beritanya begini :
Washington, KompasOtomotif -
Hyundai Santa Fe 2013 diinvestigasi oleh NHTSA Amerika Serikat karena ada pemilik yang melaporkan,
poros roda depan sebelah kanan menimbulkan suara keras. Lebih parah lagi, menyebabkan SUV tersebut tiba-tiba berhenti.
Jumlah kendaraan yang dicurigai 50.000 unit. Masalah tersebut terjadi unit dengan jarak tempuh masih di bawah 5.000 km.

Belum ada laporan kecelakaan akibat masalah tersebut. Investigasi membutuhkan waktu beberapa bulan sebelum diputuskan untuk recall atau tidak.

Source : http://otomotif.kompas.com/read/2013/07 ... gasi.NHTSA

Om leiv atau teman2 yang sdh pake Santa Fe apakah mengalami hal yg mirip diatas ?
Apakah ada kasus mobil brand lain yg kasus seperti ini dan di recall ?
liora
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 112
Joined: Wed Apr 03, 2013 11:49

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by liora »

@sandyhua selama ini pakai santa fe sy sih fine fine aja ...apalagi bro leiv sudah km 20rb lebih blom ada masalah......kadang kadang berita itu terlalu dibesar besar kan lahhh,,seperti kasus mobil lain juga banyak kok... :big_peace:
chim83
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 73
Joined: Mon Sep 14, 2009 5:26

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by chim83 »

permisi om" SM
nubie ikut nimbrung kemarin barusan TD santa fee,,
overall cukup nyaman dan tarikannya maknyus cuma yg jadi masalah sepertinya neh mobil kurang safety karena begitu gasnya dibejek bannya bisa spin dan kemarin sempat ngebuang ke kiri ketika ngetes di tol..
Sepertinya fitur traction control ato VSC nya disunat ya ?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22035
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review New Hyundai Santa Fe 2013

Post by Turboman »

chim83 wrote: overall cukup nyaman dan tarikannya maknyus cuma yg jadi masalah sepertinya neh mobil kurang safety karena begitu gasnya dibejek bannya bisa spin dan kemarin sempat ngebuang ke kiri ketika ngetes di tol..
Sepertinya fitur traction control ato VSC nya disunat ya ?
ah ha ha....setuju....ane juga ngalamin roda spin saat keluar dr tikungan.....

solusi paling cepat :
Ganti ban dgn yg traksinya lebih baik
* Bukan ajakan Beli *