Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by hosea »

Akhirnya mobil datang juga setelah nunggu 1 bulan termasuk pasang jok kulit asli (bonus) dan vkool + karpet dasar + pps teflon.

Sebagian besar driving impression dan fitur sdh dibahas sama bro Haris, jadi saya hanya nambahin bbrp hal :
1. Handling luar biasa stabil meski menikung di speed 60-70. Tarikan juga lebih enteng drpd saat TD (mnungkin krn saya isi RON 95?). Sayang masih belum 1000 km jadi belum berani narik kenceng.
2. Fitur i-MID sangat lengkap, lbh lengkap dr Honda MID :
- jarak tempuh kumulatif, jarak tempuh mulai mesin nyala sampai off
- konsumsi bbm kumulatif, utk tiap tripmeter (A + B), dan real-time.
- reminder utk maintenance (ganti oli, service, setting ban dll), yg bisa kita set sendiri berdasarkan km atau tanggal
- reminder utk birthday + anniversary
- setting light, door setup, hazard warning dll
3. Banyak fitur2 yg tadinya saya kira hanya ada di honda civic (yg hampir saya beli), ternyata ada juga disini :
- lamp warning (kalau mesin di off dan headlamp masih nyala), dalam bentuk bunyi
- seatbelt warning, dalam bentuk indikator + suara, juga utk penumpang depan.
- printilan2 yg berhubungan dgn keyless acess , misalnya jika key ada di dalam mobil atau bagasi, mobiltdk akan bisa dikunci.
4. Kekedapan mobil diatas civic, sehingga saya putuskan tdk pakai peredam tambahan selain karpet dasar. Insulation ruang mesin cukup banyak dan tebal mirip mobil eropa.
5. Fitur2 yg tdk ada di honda civic :
- rear camera + parking sensor belakang
- bluetooth handfree
- cruise control
- tempat penyimpanan lebih banyak.

Overall puas bgt dgn ni mobil, rencana saya mau pakai selama mungkin selama tdk ada rewel yg mengganggu.

Thanks

Hosea
AB1050
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1037
Joined: Tue Oct 09, 2012 6:08
Location: mau tau aja, atau mau tau bgt?

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by AB1050 »

Mantab om.. :frm_salut:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by ricz »

Congrats om.... :frm_salut:

Smoga jodoh ama mobilnya ya...
2021 Fortuner VRZ
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

akhirnya ada Impreza user lagi disini, congrats om..warna apa nih mobilnya ? :mky_02:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by hosea »

haristk7 wrote:akhirnya ada Impreza user lagi disini, congrats om..warna apa nih mobilnya ? :mky_02:
Thanks Bro Haris dan juga yg lainnya.
warna sebetulnya pingin yg biru tua atau merah, tapi biru ga ada, sementara merahnya kurang terang (lebih ke arah coklat tua), jadi pilih ice silver. Hitam saya ga mau karena ribet rawatnya :off_lazy:

Oh ya, buat penggemar Civic, no offense ya. Saya ga bilang kalau civic jelek, justru karena hampir imbang (IMHO) maka saya sempat bingung mau yg mana. Overall saya pilih Subaru karena dengan fitur yg lbh komplit dan superior handling, hargany juga lebih renfah. saya dapet harga 375 jt (NIK 2012), dgn bonus vkool dan jok kulit asli + karpet dasar tebal 3 mm. Sementara civic 2.0 NIK 2012, max saya dapet harga 395.
memang ada kekurangan utk subaru, harga jualnya pasti kalah ama civic, tapi bagi saya, kepuasan mengemudinya sangat worthed.

bro Haris, soal servis 3x yg pertama, kok saya tdk dikasih tahu bhw ada batasan waktu (1, 3 dan 6 bulan) ya? secara mobil ini jarang saya pakai, kemungkinan 1 bulan cuma dapet 300-400 km saja.

satu lagi kekuranganya, pre-set memory utk radionya cuma 6 FM dan 6 AM.

Salam AWD :big_peace:
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by kompresorz »

selamat atas subarunya pak hosea...
syukurlah klo merasa puas..itu paling penting..

wah penggemar bawa mobil cepat nih hahaha...mantap ya awd..
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

wih ice silver metallic, dulu pengennya ambil itu (dan itu warna favorit ane, neutral)..tapi dilarang ama orang rumah, katanya kalo hitam kesannya lebih elegan :big_slap:

sekarang udah banyak baret2 halus di mobil..dipake harian sih :big_slap:
bro Haris, soal servis 3x yg pertama, kok saya tdk dikasih tahu bhw ada batasan waktu (1, 3 dan 6 bulan) ya? secara mobil ini jarang saya pakai, kemungkinan 1 bulan cuma dapet 300-400 km saja.

satu lagi kekuranganya, pre-set memory utk radionya cuma 6 FM dan 6 AM.

waktu itu juga udah ane review disini om untuk waktu servicenya, page ke 3
habis service 1600km

karena berbagai alasan akhirnya baru bisa service sekarang..jadi sistemnya itu kalo Subie saya sendiri untuk free service:

- 1st month/1600km
- 3rd month/5000km
- 6th month/10000km

whichever come first..km or month...ane telat..3 bulan setelah dikirim baru 1600km..harusnya walaupun udah sebulan dan odo baru berjalan 300km udah harus diservice..untung orang Subaru mengerti, dan ane yang tadinya divonis cuma bisa free service 2x (karena itungannya langsung masuk ke 5000km/3 month), akhirnya tetep berjalan free 3x, yang awal ini tetep masuk hitungan 1600km/1st month..berikutnya, service kedua jadwalnya bulan Juni or 5000km (again, whichever come first..odometer or month)
waktu itu mobil juga jarang jalan gara2 plat aslinya kgk keluar dan plat sementaranya ada yang udah keburu mau habis masa pakainya..jadinya banyakan tidur di garasi..btw, ngambil dimana om unitnya ?

saya nggak tau kalo yang ngambil di 2013 gmn, soalnya rada beda ama yang ngambil di tahun 2012 untuk service dan garansi..

untuk headunit, kemaren ane pasang Alpine W535EBT di dealer Alpine resmi, sekarang tinggal nunggu adapter buat steering audio switch control :mky_04:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by hosea »

Saya ambil di Motor Image Surabaya. BTW utk play jalan sementara dikasih gratis sampai STNK asli dapet, biarpun harus pake 3 kali palt JS tetap gratis...sesuai kesepakatan saat SPK.

Utk oli nya Bro haris pakai SAE berapa? Di manual booknya direkomendasikan 0W-30, atau minimal 5W-30/40. Sementara standar di bengkelnya 10W. Nanti kalau saat servis pertama saya mau bawa oli sendiri, shell 5W (sdh dari dulu pemakai setia shell :mky_01: ).

Istri saya pun komentar, mobilnya (interior) terasa lebih mantap dan build qualitynya lebih tinggi dr civic, padahal istri awam sekali soal mobil, he he he...
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

saya pake oli yang sesuai rekomendasi buku manual, 0W-30..untuk bensin selalu minum ron92 dari kerang..tenaga tarikannya emang nggak begitu kerasa sih..

dulu ibu saya beneran nggak suka ama Subaru Impreza ini..begitu nyoba ngendarain dan dipake beberapa hari sama ibu saya, beliau komentar "ternyata enak juga ya, ada kamera mundur ama sensor parkir, dashboard juga bukan hard plastic, kursinya nyaman, 2nd row lebih luas dibanding ama XTrail, dan beloknya enak, bagus juga mobil ini ternyata walaupun tampangnya biasa saja, lebih irit dari XTrail pengeluaran bensinnya"

kalo belom kenal ama Subaru, emang susah..tapi kalo udah kenal..jadi jatuh cinta :mky_03:

cinta itu butuh proses mengenal..Love, it what makes Subaru..a Subaru..

:mky_01:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by maskopat »

wah selamat untuk mobil subynya... yang penting puaaasszzz.....
nanti tolong long term review, service support, ketersediaan parts dan perawatan ya om....
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by hosea »

maskopat wrote:wah selamat untuk mobil subynya... yang penting puaaasszzz.....
nanti tolong long term review, service support, ketersediaan parts dan perawatan ya om....

Ok Boss :off_good: semoga saja service support nya di Surabaya memuaskan. Saya terus sindir mereka, kapan nih buka service yg bagusan dan lebih luas gitu, masak kalah sama Ford n Mazda :mky_04:
Persis di sebelah Motor Image, Ford buka service dan showroom yg lumayan besar.
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by hosea »

Rekan2 pemakai Subaru,
Update dan info singkat dr saya : hari ini servis pertama Subaru, km 900 (tapi sdh 2 bulan krn jarang dipake). Servisnya sendiri OK, cepat dan rapi.
Hanya saja, sekarang ada aturan baru bhw oli tdk boleh bawa sendiri, tapi hrs pake oli dr BeRes, Shell Ultra 5W-30, harganya Rp. 180 rb/liter + PPN 10%.
Masalahnya saya dah telanjur beli Shell Ultra 5W-40 sebanyak 4 liter. setelah berdebat dgn Kabag Servisnya, akhirnya disetujui utk dipake (hanya utk kali ini saja :big_slap: ) .
Masalah kedua, karena mesin boxer 2.0 pake 5,2 liter, maka kekurangan 1,2 liternya dicampur dgn 5W-30. Semoga saja ga masalah.

jadi rekan2 yg mau servis ke Subaru, mending cek dulu apakah boleh bawa oli sendiri, daripada ga kepake, apalagi kalau mereknya beda. kalau sama mungkin masih ditoleransi setelah debat kusir spt saya.

Anehnya, mereka kok bisa punya Ultra 5W-30, setahu saya Ultra itu 5W-40, bbrp toko oli besar yg saya kunjungi, semuanya Ultra 5W-40. Yg 5W-30 malah HX8 yg baru launching (lebih murah).

Cheers
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by Turboman »

Mesin mesin Gasoline generasi baru rata2 standard pakai oli buntut 30 sekalipun ambient s/d 40 deg C, malah bbrp mesin skg sudah apply buntut 20 spt Mazda / Nissan / Ford / JEEP / Lexus (yg Gasoline NA)

Sh Helx Ultra AB 5W30 banyak yg jual, gantinya mmg SHU 5W30...itu oli bagus

hosea wrote:Rekan2 pemakai Subaru,
Update dan info singkat dr saya : hari ini servis pertama Subaru, km 900 (tapi sdh 2 bulan krn jarang dipake). Servisnya sendiri OK, cepat dan rapi.
Hanya saja, sekarang ada aturan baru bhw oli tdk boleh bawa sendiri, tapi hrs pake oli dr BeRes, Shell Ultra 5W-30, harganya Rp. 180 rb/liter + PPN 10%.
Masalahnya saya dah telanjur beli Shell Ultra 5W-40 sebanyak 4 liter. setelah berdebat dgn Kabag Servisnya, akhirnya disetujui utk dipake (hanya utk kali ini saja :big_slap: ) .
Masalah kedua, karena mesin boxer 2.0 pake 5,2 liter, maka kekurangan 1,2 liternya dicampur dgn 5W-30. Semoga saja ga masalah.

jadi rekan2 yg mau servis ke Subaru, mending cek dulu apakah boleh bawa oli sendiri, daripada ga kepake, apalagi kalau mereknya beda. kalau sama mungkin masih ditoleransi setelah debat kusir spt saya.

Anehnya, mereka kok bisa punya Ultra 5W-30, setahu saya Ultra itu 5W-40, bbrp toko oli besar yg saya kunjungi, semuanya Ultra 5W-40. Yg 5W-30 malah HX8 yg baru launching (lebih murah).

Cheers
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
hosea
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 502
Joined: Wed Mar 27, 2013 2:05

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by hosea »

Thanks Oom Turboman...berarti ada 2 jenis SHU, W30 dan W40. Bikin bingung saja, apalagi sekarang keluar Helix HX8 5W-30, harga hanya Rp. 540 ribu per 4 liter, jauh lebih murah dr Ultra...dugaan saya ini akan menggantikan Ultra 5W-30, karena harganya lebih murah jadi omzet bisa naik, sementara yg 5W-40 tetap dipertahankan utk segmen tertentu...atau mau discontinue juga?


Cheers!
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

akhirnya aksesoris all new Impreza keluar..tapi alamakjang harganyaaaa

masa gw pesen spoiler keluar duit 9jt..liat harga shift knob STi ama start stop button STi yang masing2 3jt ama 2jt makin pusing..akhirnya ambil Spoiler aja :frm_bang_head:

gw mesen Spoiler karena stocknya emang terbatas..cuma dikasih di pameran doang..di luar itu MI nggak import lagi untuk jangka waktu panjang karena peminat Impreza bisa dibilang dikit..

itu pun dikasih harga pameran, harga di luar pameran lebih mahal :e-doh:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by xtr40rd1n4rym4n »

busyet dah itu aksesoris mahal bener yak..
:big_slap:
ariefsinda
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by ariefsinda »

di delaer mana yg jualan aksesoris um?
tempo hari nyoba beli gril depan forester lwt online, kliatannya ga mahal banget tp begitu ngambil di kntr pos tetep aja pajaknya jut-jutan..owalahh..
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

ane beli di IIMS, dikasih udah harga paling rendah..biasanya kalo urusan spareparts, kalo dealernya 3S sih bisa didatengin ama mereka..

ane coba nanya ama temen ane yang punya bengkel tuning dan udah biasa datengin parts Subaru dari luar negeri, harganya juga sama aja..dia malah bilang "yaa jangan kaget, harga aksesoris Subaru emang di atas rata2 mobil Jepang lainnya"
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
pilotgaruda
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 701
Joined: Wed Sep 03, 2008 16:59

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by pilotgaruda »

Bro Haris numpang nanya..gimana after sales service subaru? kalau baca2 diatas sih cukup memuaskan ya..

ane ada rencana minang subaru juga, tp yg sti..gimana menurut bro haris? recomend ga?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

Impreza STi ? for weekend warrior only, yes...for daily ride ? definitely a BIG no

:mky_01:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by htannis »

duh pengen beli wrx turbo manual yg non sti nih buat harian
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by evolution21 »

@haristk7
utk daily ride ada apa gerangan dengan impreza sti um?
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by haristk7 »

Impreza WRX dan WRX STi untuk harian sangat tidak recommended..

1. minumnya minimal Pertamax+ atau V-Power dan itupun terkadang masih ngegelitik..dan ini mobil hausnya bukan main..kalo dikasih RON92 malah tenaganya susah keluar dan makin gelitik..dan boros gilaaa..dalkot mentok di 1:5
2. bantingan suspensi nggak manusiawi..badan dijamin pegel semua abis nyetir ini seharian..apalagi yang Spec C, kuda binal ini mobil
3. yang manual koplingnya berat banget..kalo orang biasa liat kita bawa WRX STi matic pasti diketawain "yee matic, STi mah harusnya manual"..tapi kalo di klub Subby sini, kita liat bawa WRX STi Manual dan lagi macet2an..kita merasa kasihan dan malah kita ketawain "hehehe mamam tuh kopling berat" atau "tu orang kakinya bakal gede sebelah"
4. yang matic gak sekuat manual transmisinya..kalo keseringan digeber malah rada ringkih gitu..
5. ongkos ngerawatnya..Impreza yang Turbo itu.... :frm_bang_head: :off_no: :e-doh: :ngacir:

ane ditawarin WRX STi sebelum ambil Impreza 2.0i-S ini sebelumnya..langsung ane tolak..yaa itu penyebabnya..soalnya waktu itu ngincer buat harian yang irit, bukan buat weekend warrior (waktu itu rencananya si XTrail yang digeser ke weekend warrior)..jangan sampe weekend warrior boros..yang hariannya ikutan boros :off_no:

managernya yang waktu itu nanganin aja nggak nyaranin ambil STi buat harian..harian cukup Legacy/Impreza/Forester yang non turbo..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by billyd1773dz »

haristk7 wrote:Impreza WRX dan WRX STi untuk harian sangat tidak recommended..

1. minumnya minimal Pertamax+ atau V-Power dan itupun terkadang masih ngegelitik..dan ini mobil hausnya bukan main..kalo dikasih RON92 malah tenaganya susah keluar dan makin gelitik..dan boros gilaaa..dalkot mentok di 1:5
2. bantingan suspensi nggak manusiawi..badan dijamin pegel semua abis nyetir ini seharian..apalagi yang Spec C, kuda binal ini mobil
3. yang manual koplingnya berat banget..kalo orang biasa liat kita bawa WRX STi matic pasti diketawain "yee matic, STi mah harusnya manual"..tapi kalo di klub Subby sini, kita liat bawa WRX STi Manual dan lagi macet2an..kita merasa kasihan dan malah kita ketawain "hehehe mamam tuh kopling berat" atau "tu orang kakinya bakal gede sebelah"
4. yang matic gak sekuat manual transmisinya..kalo keseringan digeber malah rada ringkih gitu..
5. ongkos ngerawatnya..Impreza yang Turbo itu.... :frm_bang_head: :off_no: :e-doh: :ngacir:

ane ditawarin WRX STi sebelum ambil Impreza 2.0i-S ini sebelumnya..langsung ane tolak..yaa itu penyebabnya..soalnya waktu itu ngincer buat harian yang irit, bukan buat weekend warrior (waktu itu rencananya si XTrail yang digeser ke weekend warrior)..jangan sampe weekend warrior boros..yang hariannya ikutan boros :off_no:

managernya yang waktu itu nanganin aja nggak nyaranin ambil STi buat harian..harian cukup Legacy/Impreza/Forester yang non turbo..
forester 2.5XT bukanya mesinnya sama yah dgn STI?.........

susah juga bearti yah..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Review: Subaru Impreza Sedan 2012

Post by xtr40rd1n4rym4n »

billyd1773dz wrote: forester 2.5XT bukanya mesinnya sama yah dgn STI?.........

susah juga bearti yah..

:beer:
sepertinya displacementnya sama tapi spec mesin dan outputnya beda deh om.
CMIIW..