Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
imsus2c wrote:Seperti hal-nya dengan transmisi sabuk-nya (CVT)
Saat ini Honda di produk barunya tidak (atau belum...?) keluarkan mesin dengan varian teknologi i-dsi...
Artinya.....?
transmisi sabuk bakal balik lagi nih di Accord baru yg 4 cyl.
Yg 6 cyl tetep pake At biasa.
maskopat wrote:setuju dengan pendapat om saber tooth... idsi harus bawa kaleeemmm leeeemmmm.... kalo mau kenceng dan irit, pake i-vtec... vtec just kick'n yooooo.....
belom tentu
Kalo macet merayap (walaupun bejek2an tapi stop and go) ada kemungkinan idsi tetep lebih irit karena torsi maxnya ada di rpm bawah (injek gas dikit mobil udah lompat).
Tapi kalo lancar ngebut (kaya di tol atau luar kota) kayanya yg vtec lebih irit.
Tapi memang idsi didesain sebagai mesin untuk kondisi dalkot yg gak perlu power besar.
DOHC wrote:vtec nya honda skrg apalagi yg kelas 1500cc... agak berkurang yahhh sensasi nya...
ane masi lebi demen yg jaman2 taon 90an akhir tuhh... masi real honda vtec engine... enjin blok masi dari bahan besi cor.. kompresi ga stinggi vtec2 jaman skrg.. mau bejeg redline jg ga ada ragu...
L15 kompresi uda 1:10.5.... D15 aja cuman 1:9an... makanya cityZ dicekokin premium jg tetep ganas... paling pas isi bensin nya aja berasa kaya lagi nyetir suv...
Wah ane sekarang pake ivtec ketagihan banget maen di RPM atas, gile abis lewat 4000rpm itu mesin ngisi terus gak abis2 napasnya sampe di sekitar 6000 rpm
yg enak juga suaranya garing kaya BMW kalo dipanteng di RPM atas hehehe....
DOHC wrote:vtec nya honda skrg apalagi yg kelas 1500cc... agak berkurang yahhh sensasi nya...
ane masi lebi demen yg jaman2 taon 90an akhir tuhh... masi real honda vtec engine... enjin blok masi dari bahan besi cor.. kompresi ga stinggi vtec2 jaman skrg.. mau bejeg redline jg ga ada ragu...
L15 kompresi uda 1:10.5.... D15 aja cuman 1:9an... makanya cityZ dicekokin premium jg tetep ganas... paling pas isi bensin nya aja berasa kaya lagi nyetir suv...
Setuju om DOHC. Ane sering nyetir Honda keluaran baru. Memang perbaikan terbesar menurut ane ada di transmisi, tapi sensasi geber sampe over redline berkurang jauh. D15 kayaknya kuat dihajar over redline. Dari taon 2002 lalu ane hajar trus sampe sekarang. Ga pernah ada apa2 sama mesin (kecuali engine mounting yang tewas setelah 10 taon).
Kok bisa kerasa kayak nyetir SUV om?
Kayaknya ane ga jadi ngelepas CityZ ane. Kena racun dari om DOHC. Waktunya mem-veto surat tugas bokap.
Risol1 wrote:
itu sih kayaknya masalah pelampungnya deh yg jelek punya, bukan hondanya.
ane sekarang pake honda jarumnya akurat koq, isi full tank, jalan bbrp jauh udah mulai keliatan turun jarumnya.
Gak kaya dulu pake City Z lama banget gak turun2, sekalinya turun cepet banget kaya bensin bocor
Hahaha, ane ga bilang Honda jelek ya bro. Namanya mobil ada plus minus nya.
Kali aja minus nya CityZ di pelampung yang super hiperaktif. Suka bikin gauge naik turun sesukanya. Begitu panik, isi bensin, eh, masih ada cadangan buat nglencer 60km...
kode mesin, itu kan refers to pinggang ke bawah.
sdgkan utk pinggang ke atas, tu kan bisa dipasangin macem2 konfigurasi.
jd adanya berbagai variasai agka power utk mesin berkode D15 tu krn kepalanya dan/atau otaknya beda2. head-code nya brp, itu yg ptg.
spt jg mesin 4D56 nya mitsu L300. pinggang ke bawah memang sama persis dg pajero.
tp ya bs ngamuk2 ntar para pajero fanboy klo dibilang mesinnya sama dg L sapek.
maskopat wrote:setuju dengan pendapat om saber tooth... idsi harus bawa kaleeemmm leeeemmmm.... kalo mau kenceng dan irit, pake i-vtec... vtec just kick'n yooooo.....
belom tentu
Kalo macet merayap (walaupun bejek2an tapi stop and go) ada kemungkinan idsi tetep lebih irit karena torsi maxnya ada di rpm bawah (injek gas dikit mobil udah lompat).
Tapi kalo lancar ngebut (kaya di tol atau luar kota) kayanya yg vtec lebih irit.
Tapi memang idsi didesain sebagai mesin untuk kondisi dalkot yg gak perlu power besar.
stament kita beda nya di mana ya om Risol1?
mohon beri pencerahan nubitol yang agak lemot mikirnya...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
andy1800 wrote:kode mesin, itu kan refers to pinggang ke bawah.
sdgkan utk pinggang ke atas, tu kan bisa dipasangin macem2 konfigurasi.
jd adanya berbagai variasai agka power utk mesin berkode D15 tu krn kepalanya dan/atau otaknya beda2. head-code nya brp, itu yg ptg.
spt jg mesin 4D56 nya mitsu L300. pinggang ke bawah memang sama persis dg pajero.
tp ya bs ngamuk2 ntar para pajero fanboy klo dibilang mesinnya sama dg L sapek.
no no no... pinggang ke bawah cuman kulit luar aja pak... jeroan seh beda..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
andy1800 wrote:kode mesin, itu kan refers to pinggang ke bawah.
sdgkan utk pinggang ke atas, tu kan bisa dipasangin macem2 konfigurasi.
jd adanya berbagai variasai agka power utk mesin berkode D15 tu krn kepalanya dan/atau otaknya beda2. head-code nya brp, itu yg ptg.
spt jg mesin 4D56 nya mitsu L300. pinggang ke bawah memang sama persis dg pajero.
tp ya bs ngamuk2 ntar para pajero fanboy klo dibilang mesinnya sama dg L sapek.
no no no... pinggang ke bawah cuman kulit luar aja pak... jeroan seh beda..
o itupun cm kulit luar ya?
trus apa dong syarat sah nya boleh disebut sama2 4D56? asal kulit paha nya sama aja dah cukup?
andy1800 wrote:kode mesin, itu kan refers to pinggang ke bawah.
sdgkan utk pinggang ke atas, tu kan bisa dipasangin macem2 konfigurasi.
jd adanya berbagai variasai agka power utk mesin berkode D15 tu krn kepalanya dan/atau otaknya beda2. head-code nya brp, itu yg ptg.
spt jg mesin 4D56 nya mitsu L300. pinggang ke bawah memang sama persis dg pajero.
tp ya bs ngamuk2 ntar para pajero fanboy klo dibilang mesinnya sama dg L sapek.
no no no... pinggang ke bawah cuman kulit luar aja pak... jeroan seh beda..
o itupun cm kulit luar ya?
trus apa dong syarat sah nya boleh disebut sama2 4D56? asal kulit paha nya sama aja dah cukup?
ya gitu... cuman kulit luarnya doang... maksudnya cuman blok mesin doang yang sama.. jeroan, cyl headnya beda...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
bimbimsalabim wrote:denger denger mesin D15 sebenarnya 130 HP cuman diturunin jadi 115 HP?
Nah, ane menunggu om DOHC untuk menjelaskan.
Menurut pengetahuan ane yang nyaris nol mengenai mobil dan mengutip penjelasan om DOHC, D15 bisa di tune hingga 130hp. Yang seliweran di Indonesia 105-115hp. Meskipun demikian, 130hp dari 1,500cc, lumayan banget tuh.
D15 engine honda itu sebenernya uda lama dikluarin dan dipake oleh honda... mungkin uda seumuran ane kali tuh sejarah tuh mesin... mirip ama 4D56 nya mitsu yg dipake dari elsape ampe pjs... jadi jaman masi pake karbu non vtec ampe uda pgm-fi plus vtec pun jg uda perna dipakein ke enjin D series ini... dan displacement nya pun jg banyak... dari yg imut2 ukuran cc nya macam brio ampe ke kelas civic yg 1700 pun jg ada... mengenai 130 hp, itu jg setau ane emang uda stock engine power utk varian tertentu... kalo ane ga salah utk varian civic JDM taon 90an awal power nya kisaran sgitu tuhh... mesin 1500 tp power 130... ajib bener...
nahh yg power 130 hp itu pun sebenernya masi bsa koq didapet tuk enjin cityZ dgn mudah, ganti head ke P08, remap ecu atau pake in vtec controller, filter udara diganti dgn aftermarket... dan maenin header nya karena header default agak mencekik performance.. mnurut penuturan salah satu tuner di jalan panjang sehhh, dgn modifan kaya gt aja, minimal kenaikan 10-20 hp uda dapet...
@ madcat : berasa kaya SUV karena FC jeblok sejeblok2 nya ampe 1:7 doank tuk dalkot.. scara pengapian nya distel ulang biar bisa nenggak premium dgn gembira tanpa glitik dan anti lemot...
D15 engine honda itu sebenernya uda lama dikluarin dan dipake oleh honda... mungkin uda seumuran ane kali tuh sejarah tuh mesin... mirip ama 4D56 nya mitsu yg dipake dari elsape ampe pjs... jadi jaman masi pake karbu non vtec ampe uda pgm-fi plus vtec pun jg uda perna dipakein ke enjin D series ini... dan displacement nya pun jg banyak... dari yg imut2 ukuran cc nya macam brio ampe ke kelas civic yg 1700 pun jg ada... mengenai 130 hp, itu jg setau ane emang uda stock engine power utk varian tertentu... kalo ane ga salah utk varian civic JDM taon 90an awal power nya kisaran sgitu tuhh... mesin 1500 tp power 130... ajib bener...
nahh yg power 130 hp itu pun sebenernya masi bsa koq didapet tuk enjin cityZ dgn mudah, ganti head ke P08, remap ecu atau pake in vtec controller, filter udara diganti dgn aftermarket... dan maenin header nya karena header default agak mencekik performance.. mnurut penuturan salah satu tuner di jalan panjang sehhh, dgn modifan kaya gt aja, minimal kenaikan 10-20 hp uda dapet...
@ madcat : berasa kaya SUV karena FC jeblok sejeblok2 nya ampe 1:7 doank tuk dalkot.. scara pengapian nya distel ulang biar bisa nenggak premium dgn gembira tanpa glitik dan anti lemot...
Makasih penjelasan nya om DOHC.
Walah, perkara FC rupanya. Sadis juga ya om, 1,500cc tapi minumnya kayak 2,500cc.
maskopat wrote:setuju dengan pendapat om saber tooth... idsi harus bawa kaleeemmm leeeemmmm.... kalo mau kenceng dan irit, pake i-vtec... vtec just kick'n yooooo.....
belom tentu
Kalo macet merayap (walaupun bejek2an tapi stop and go) ada kemungkinan idsi tetep lebih irit karena torsi maxnya ada di rpm bawah (injek gas dikit mobil udah lompat).
Tapi kalo lancar ngebut (kaya di tol atau luar kota) kayanya yg vtec lebih irit.
Tapi memang idsi didesain sebagai mesin untuk kondisi dalkot yg gak perlu power besar.
stament kita beda nya di mana ya om Risol1?
mohon beri pencerahan nubitol yang agak lemot mikirnya...
iya saya bingung harus gimana lagi karena sudah dibawa ke BeRes, kata mekaniknya setelah di cek dan di scan pake honda engine scanner ga ada trouble di mesin. mereka juga bingung knp bisa kaya gitu. atau memang solusinya harus ganti dengan yang baru kali ya hehehehehe
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
MonSTER_GTR wrote:ini pemikiran ane aja ya, tapi ada yang kepikiran gak kalo i-vtec itu berasal dari i-dsi + vtec = i-vtec
bisa jadi bos i-dsi + vtec = i-vtec bisa jadi bos moster GTR koq kepikiran sih? hehehehehe bener juga jadi nya irit + tenaga = irit bertenaga. hehehehhe sayang sekali euy mobil i-dsi boros hehehehe
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
MonSTER_GTR wrote:ini pemikiran ane aja ya, tapi ada yang kepikiran gak kalo i-vtec itu berasal dari i-dsi + vtec = i-vtec
bisa jadi bos i-dsi + vtec = i-vtec bisa jadi bos moster GTR koq kepikiran sih? hehehehehe bener juga jadi nya irit + tenaga = irit bertenaga. hehehehhe sayang sekali euy mobil i-dsi boros hehehehe
ini maksudnya pada saling becandaan atau apa niiih?
*inteligent-Dual Sequential Ignition dg Variable-valve Timing and lift Electronic Control tu dua hal yg berbeda...... tentu saja kalao intelligent-VTEC adlh pengembangan dr VTEC
klo ga salah di iklan TV pertama All New Jazz di tahun 2008 (yg warna Jazz di iklannya biru muda) ada tuh disebutin i-Vtec gabungan dari i-dsi ama Vtec
maskopat wrote:setuju dengan pendapat om saber tooth... idsi harus bawa kaleeemmm leeeemmmm.... kalo mau kenceng dan irit, pake i-vtec... vtec just kick'n yooooo.....
belom tentu
Kalo macet merayap (walaupun bejek2an tapi stop and go) ada kemungkinan idsi tetep lebih irit karena torsi maxnya ada di rpm bawah (injek gas dikit mobil udah lompat).
Tapi kalo lancar ngebut (kaya di tol atau luar kota) kayanya yg vtec lebih irit.
Tapi memang idsi didesain sebagai mesin untuk kondisi dalkot yg gak perlu power besar.
stament kita beda nya di mana ya om Risol1?
mohon beri pencerahan nubitol yang agak lemot mikirnya...
maksud ane tuh walaupun digeber2 tapi kondisi jalannya stop and go, ya ada kemungkinan lebih irit idsi juga om Kopat...
Idsi gak harus kalemmmm banget baru bisa lebih irit dari vtec.
278bubba wrote:klo ga salah di iklan TV pertama All New Jazz di tahun 2008 (yg warna Jazz di iklannya biru muda) ada tuh disebutin i-Vtec gabungan dari i-dsi ama Vtec
scara gimmick, itu mgkin/bs saja dibegitukan... ...mslh itu berpeluang menciptakan misleading scara teknikali, bahkan oleh mereka sendiri atas produknya sendiri, itu masalah lain.
brp byk mesin Honda yg businya 8 ?