tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

^

Iya om turbo, uda gak masuk akal rencana, biaya dan proses-nya cape kalau di timbang-timbang, sekarang pake supercharger uda puas banget kok, down-low powernya dapet banget buat stop and go sama overtake orang gak cape sama sekali dan bisa oprut dikit-dikit lah.

ooo uda sama kayak teknologi mesin-mesin bensin toyota yang baru kayak 1UR-GSE yah pakai injector driver terpisah dari ECU wew tambah ribed lagi :glodak:
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

^

1KZ kayak-nya gak ada deh, dl soalnya Prado 90 bikin kunci serep bisa pake buat starter :big_slap:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote:^^
wew, skrng fortuner VVTi dgn D4D elektronik powertrain nya compleks mana sih?
Kalo di Ipah Metic 1TR-FE dia TCU nya ada di dalam ECU nya

Kalo Ipah D4 D Metic ada ECU dan TCU, TCU modul sendiri.

Mngkin 42ner yg 2TR-FE Metik juga hanya 1 modul ECU aja (mungkin)

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Turboman »

agathos wrote:^

Iya om turbo, uda gak masuk akal rencana, biaya dan proses-nya cape kalau di timbang-timbang, sekarang pake supercharger uda puas banget kok, down-low powernya dapet banget buat stop and go sama overtake orang gak cape sama sekali dan bisa oprut dikit-dikit lah.

ooo uda sama kayak teknologi mesin-mesin bensin toyota yang baru kayak 1UR-GSE yah pakai injector driver terpisah dari ECU wew tambah ribed lagi :glodak:
Mesin Prado um yg 3RZ atau 2TR ? 3RZ udah TBW atau belum yah ?

Kalau udah TBW boleh coba install Ground cable yg di TB dan Cyl Head

Lalu kalau ECU nya lokasinya di balik laci dasbor, biasanya ground-nya pendek, kita bisa bikin ground tambahan dan konek ke GC tambahan yg buang lgs ke terminal negatip aki

Boleh cobain deh......he heee................di Innova Community udah banyak D4 D dan TR-FE yg pasang Extra Ground - ECU ini, dan sesudah di-install pada tersenyum lebaarrrr........ :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote:^^
wew, skrng fortuner VVTi dgn D4D elektronik powertrain nya compleks mana sih?
Kalo di Ipah Metic 1TR-FE dia TCU nya ada di dalam ECU nya

Kalo Ipah D4 D Metic ada ECU dan TCU, TCU modul sendiri.

Mngkin 42ner yg 2TR-FE Metik juga hanya 1 modul ECU aja (mungkin)

CMIIW
bearti yg d4d lebih rumit yah.... ecu,edu,tcu klwn jumlah sensornya bnyk mana yah?

thx
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

Turboman wrote:
agathos wrote:^

Iya om turbo, uda gak masuk akal rencana, biaya dan proses-nya cape kalau di timbang-timbang, sekarang pake supercharger uda puas banget kok, down-low powernya dapet banget buat stop and go sama overtake orang gak cape sama sekali dan bisa oprut dikit-dikit lah.

ooo uda sama kayak teknologi mesin-mesin bensin toyota yang baru kayak 1UR-GSE yah pakai injector driver terpisah dari ECU wew tambah ribed lagi :glodak:
Mesin Prado um yg 3RZ atau 2TR ? 3RZ udah TBW atau belum yah ?

Kalau udah TBW boleh coba install Ground cable yg di TB dan Cyl Head

Lalu kalau ECU nya lokasinya di balik laci dasbor, biasanya ground-nya pendek, kita bisa bikin ground tambahan dan konek ke GC tambahan yg buang lgs ke terminal negatip aki

Boleh cobain deh......he heee................di Innova Community udah banyak D4 D dan TR-FE yg pasang Extra Ground - ECU ini, dan sesudah di-install pada tersenyum lebaarrrr........ :mrgreen:
3RZ-FE om 2.7L belum VVT-i kalau 2TR kan udah VVT-i. 3RZ masih pake kabel gas belum drive by wire kayak 2TR om makanya saya seneng bisa setel kabel gas sendiri pake kunci 14 heheh.

Ground wire kemaren uda pasang om tapi kayaknya ke cyl head aja dan belum ke TB, nanti tak coba. Wah ilmu baru nih yang dari ECU, besok sabtu tak coba oprek deh seinget saya memang dia ECU adanya di balik laci dashboard sisi penumpang sih.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: bearti yg d4d lebih rumit yah.... ecu,edu,tcu klwn jumlah sensornya bnyk mana yah?
thx
Jumlah sensor sih mirip, kalo D4 D pra 2008 gak pake MAF sensor, 2008 - skg pakai MAF sensor.

di D4 D yg 2010 ke sini ada Fuel Temp sensor, tapi gak paham tepatnya sejak kapan ada (yg 2006 gak ada)

2KD-FTV itu sistem monitor utk intake-nya sebetulnya kayak mesin injeksi generasi lama, masih pakai TPS & Intake air temp sensor, kalao di TR-FE khan cuman pake 1 MAF sensor. Lalu di saluran sesudah Turbo ada MAP sensor utk negbaca boost, yah kalo MAP sensor sih adalah sensor standard di semua mesin Turbo, baik Diesel / Gasoline.

After 2008 si D4 D dipasangin MAF sensor.

Di semua mesin Diesel CRD ada EDU, hanya saja ada yg EDU nya menyatu dengan ECU, ada yg terpisah. Sebetulnya enakkan yg kepisah karena jika misalnya EDU rusak akibat Piggyback (khusus Piggy yg drive EDU) maka cukup ganti EDU nya saja.

EDU = Electronic Injector Driver Unit, karena utk men-drive Injector CRD itu butuh energy cukup besar.

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Turboman »

agathos wrote: 3RZ-FE om 2.7L belum VVT-i kalau 2TR kan udah VVT-i. 3RZ masih pake kabel gas belum drive by wire kayak 2TR om makanya saya seneng bisa setel kabel gas sendiri pake kunci 14 heheh.

Ground wire kemaren uda pasang om tapi kayaknya ke cyl head aja dan belum ke TB, nanti tak coba. Wah ilmu baru nih yang dari ECU, besok sabtu tak coba oprek deh seinget saya memang dia ECU adanya di balik laci dashboard sisi penumpang sih.
Oo kalo pake kabel gas maka gak perlu pasang ground ke TB

Btw kalau mau survey Ground nya ECU ada baiknya dipandu dengan wiring diagram, otherwise sangat beriisko.

Kalo mau install Extra Ground ECU bisa ke tempat ko Hengky di 0819 056 86669 (Puri Agung), nanti suru ko Hengky lihatin, kalo dia ngebuang titik ground-nya sama spt Ipah & Fortuner maka enak ngerjainnya.

Kalao sudah tambah Forced Induction dengan Piggyback, dikasih Extra Ground begini hasilnya bisa "tambah gila", dah dibuktikan di Ipah 1TR-FE yg pake Turbo Kit Speedworks yg Piggyback-nya pakai Greedy E-Manage Ultimate, ground Piggy dan ECU nya ditata ulang, hasilnya lezaaaaatttttt........

*Bukan seles ko Hengky*
* Bukan ajakan Beli *
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

^

Siapp, tak coba telp yah om, bilang dapet contact dari om turboman seraya yah.

Wheheheheh jadi penasaran nih :mky_02: mudah-mudah tambah mantep lagi
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote: bearti yg d4d lebih rumit yah.... ecu,edu,tcu klwn jumlah sensornya bnyk mana yah?
thx
Jumlah sensor sih mirip, kalo D4 D pra 2008 gak pake MAF sensor, 2008 - skg pakai MAF sensor.

di D4 D yg 2010 ke sini ada Fuel Temp sensor, tapi gak paham tepatnya sejak kapan ada (yg 2006 gak ada)

2KD-FTV itu sistem monitor utk intake-nya sebetulnya kayak mesin injeksi generasi lama, masih pakai TPS & Intake air temp sensor, kalao di TR-FE khan cuman pake 1 MAF sensor. Lalu di saluran sesudah Turbo ada MAP sensor utk negbaca boost, yah kalo MAP sensor sih adalah sensor standard di semua mesin Turbo, baik Diesel / Gasoline.

After 2008 si D4 D dipasangin MAF sensor.

Di semua mesin Diesel CRD ada EDU, hanya saja ada yg EDU nya menyatu dengan ECU, ada yg terpisah. Sebetulnya enakkan yg kepisah karena jika misalnya EDU rusak akibat Piggyback (khusus Piggy yg drive EDU) maka cukup ganti EDU nya saja.

EDU = Electronic Injector Driver Unit, karena utk men-drive Injector CRD itu butuh energy cukup besar.

CMIIW
hmmmm..... jd jumlah komponen yg *bisa rusak* bisa jadi lebih bnyak yg d4d yah? ada turbo dan map sensor tambahan juga, klw 1TR-FE distributorless g om? pengapiannya gmn?

ngebandingin aja sih om, jaman dulu kan diesel terkenal ringkas dan simpel, komponen lebih dikit, nah di diesel modern gmn, dgn gasoline yg sebanding hehe :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
agathos wrote: 3RZ-FE om 2.7L belum VVT-i kalau 2TR kan udah VVT-i. 3RZ masih pake kabel gas belum drive by wire kayak 2TR om makanya saya seneng bisa setel kabel gas sendiri pake kunci 14 heheh.

Ground wire kemaren uda pasang om tapi kayaknya ke cyl head aja dan belum ke TB, nanti tak coba. Wah ilmu baru nih yang dari ECU, besok sabtu tak coba oprek deh seinget saya memang dia ECU adanya di balik laci dashboard sisi penumpang sih.
Oo kalo pake kabel gas maka gak perlu pasang ground ke TB

Btw kalau mau survey Ground nya ECU ada baiknya dipandu dengan wiring diagram, otherwise sangat beriisko.

Kalo mau install Extra Ground ECU bisa ke tempat ko Hengky di 0819 056 86669 (Puri Agung), nanti suru ko Hengky lihatin, kalo dia ngebuang titik ground-nya sama spt Ipah & Fortuner maka enak ngerjainnya.

Kalao sudah tambah Forced Induction dengan Piggyback, dikasih Extra Ground begini hasilnya bisa "tambah gila", dah dibuktikan di Ipah 1TR-FE yg pake Turbo Kit Speedworks yg Piggyback-nya pakai Greedy E-Manage Ultimate, ground Piggy dan ECU nya ditata ulang, hasilnya lezaaaaatttttt........

*Bukan seles ko Hengky*
wkwkwk :D jd ngiler coba di 1kz ah.... :D yg perlu di pasang di mana aja yah? TBnya masih pke kabel juga, cukup dri ecu ke negatif accu aja kah? klw transmisi?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Good_boy86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 977
Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
Location: sby

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Good_boy86 »

Kenapa ga coba chevy TB 2.8 aja om ts?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: 1. hmmmm..... jd jumlah komponen yg *bisa rusak* bisa jadi lebih bnyak yg d4d yah? ada turbo dan map sensor tambahan juga, klw 1TR-FE distributorless g om? pengapiannya gmn?

2. ngebandingin aja sih om, jaman dulu kan diesel terkenal ringkas dan simpel, komponen lebih dikit, nah di diesel modern gmn, dgn gasoline yg sebanding hehe :D

:beer:
1. Kalo saya bilang sih tergantung kualitas komponen-nya lah, mau sensor2 dikit tapi kalo kualitas capcay ya susah juga. So far sih mesin D4 D sejak rilis dr 2004 sampe skg gak pernah denger keluhan soal sensor2 yah, kecuali kalo kerende banjir ya laen cerita dah.

1TR-FE itu distributorless / Coil on Plug dan sudah lahir sejak 2004 (8 years ago)

2. Mesin Diesel CRD harus bandinginnya ama mesin Gasoline Direct Injection - Turbo. Kalo mesin dgn Turbo apapun BBM nya pasti pakai MAP sensor di pipa post Turbo spy ECU juga bisa baca volume udara yg masuk dan menyemburkan volume BBM yg proporsional.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Turboman »

billyd1773dz wrote: wkwkwk :D jd ngiler coba di 1kz ah.... :D yg perlu di pasang di mana aja yah? TBnya masih pke kabel juga, cukup dri ecu ke negatif accu aja kah? klw transmisi?

:beer:
1KZ atau 1KZ-TE ?

Sebaiknya pakai panduan Wiring diagram um, ngerjain extra ground ECU ini bukan pekerjaan mudah soalnya dan juga harus lihat dulu ground ECU nya yg bawaan pabrik end up dimana dulu.

Kalo 1KZ-TE kan pakai pompa Rotary electronic, ada ECU kecil di atas pompa injeksi-nya, ECU utamanya dimana posisinya ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote: 1. hmmmm..... jd jumlah komponen yg *bisa rusak* bisa jadi lebih bnyak yg d4d yah? ada turbo dan map sensor tambahan juga, klw 1TR-FE distributorless g om? pengapiannya gmn?

2. ngebandingin aja sih om, jaman dulu kan diesel terkenal ringkas dan simpel, komponen lebih dikit, nah di diesel modern gmn, dgn gasoline yg sebanding hehe :D

:beer:
1. Kalo saya bilang sih tergantung kualitas komponen-nya lah, mau sensor2 dikit tapi kalo kualitas capcay ya susah juga. So far sih mesin D4 D sejak rilis dr 2004 sampe skg gak pernah denger keluhan soal sensor2 yah, kecuali kalo kerende banjir ya laen cerita dah.

1TR-FE itu distributorless / Coil on Plug dan sudah lahir sejak 2004 (8 years ago)

2. Mesin Diesel CRD harus bandinginnya ama mesin Gasoline Direct Injection - Turbo. Kalo mesin dgn Turbo apapun BBM nya pasti pakai MAP sensor di pipa post Turbo spy ECU juga bisa baca volume udara yg masuk dan menyemburkan volume BBM yg proporsional.
bwat jangka panjang bro..... 2-5thn lg bisa jadi bnyk halfcutnya, dri performany d4d uda pasti bisa jadi favorit swap engine jip2......... dri dulu orng mikirnya diesel konvensional itu = simpel sekalipun yg turbo diesel juga. klw skrng mesti di banding GDI turbo ya bearti berat diesel crd, klw di banding gasoline n.a biasa, skrng sudah jd lebih simpel.

klw mobil baru sampai 10thn sih jangan di tanya apalagi cuma di pke di aspal..kebangetan klw uda ada yg masalah... sejalan dgn umur 10-20thn mw di bilang badak gmn juga semua komponen pasti ada saatnya mesti ganti.. nah jumlah komponennya yg mesti di perhatiin. yg kita omongin jelas komponen ori, ga mau dunk di ganti sensor abal-abal... jd perhitungan bwat revitalisasi saat swap engine beberapa tahun lagi dri halfcut yg uda ga baru lagi pastinya...

dipasang di jip, dpke balap dan yup *berendam di sungai* nah evaluasi..... hehehe :D bearti udah butuh water proving juga kya pke mesin gasoline.. :D

bukan bearti jelek loh.... tp ada harga yg hrs di bayar dgn performanya yg sangat jempolan.. sama aja jip2 saat ini juga bnyk yg pke mesin yg mungkin g pernah di desain bwat oprut kaya 2jz-gte,rd26dett dll yg kemudian di kasih waterproofing dan penyesuian, jg perkiraan komponen maintenacenya jd mirip or less dgn crd

skrng crd jelas bukan bwat orng yg pingin swap diesel karna sederhana, minim elektronik,robust*panyiksaan*,serta low maintenace. utk itu mending ke turbodiesel konvensional aja.
klw yg mau performance namun iritt, di pkenya ga terlalu berat g masalah dgn maintenancenya ya ke crd aja..


thx yah :D
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Fri Feb 01, 2013 15:25, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote:
billyd1773dz wrote: wkwkwk :D jd ngiler coba di 1kz ah.... :D yg perlu di pasang di mana aja yah? TBnya masih pke kabel juga, cukup dri ecu ke negatif accu aja kah? klw transmisi?

:beer:
1KZ atau 1KZ-TE ?

Sebaiknya pakai panduan Wiring diagram um, ngerjain extra ground ECU ini bukan pekerjaan mudah soalnya dan juga harus lihat dulu ground ECU nya yg bawaan pabrik end up dimana dulu.

Kalo 1KZ-TE kan pakai pompa Rotary electronic, ada ECU kecil di atas pompa injeksi-nya, ECU utamanya dimana posisinya ?
1KZ-TE 130 um.....

hehe... ada wiring diagramnya um, waktu ngerangkai di pasang d CJ,sama mekanik gw banyak yg akhirnya matiin karna g di pasang.d pakai dashboard wrangler yg lebih sederhana.
ecunya di pasang kabin um di balik dashboard di sebelah kiri,

thx yah
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by Risol1 »

Bending beli VNT atau Dakar baru deh :mrgreen:
Kecuali bandinginnya sama New Prado bekas hehehe.....
wilwil_andre
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jan 31, 2013 16:17

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by wilwil_andre »

agathos wrote:^

setuju dengan om turboman diatas, saya kebetulan pakai Prado 2004 (RZJ120) dan Pajero Sport 2009 dan ada mobil kantor Fortuner 4x4 (generasi awal), ride comfort dan kualitas interior prado ada jauh ada di atas PS ataupun fortuner begitu juga safety, prado saya ada 6 airbag PS cm ada 2.Prado semuanya 4x4 sejati dengan low gear, kalau Fortuner dan PS ada yang 4x2, ini sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar juga.

untuk harian dalam kota jakarta Prado 2.7L konsumsinya sekitar 1:5 atau 1:6.5 tergantung tingkat kesopanan kaki, kalau PS ada di 1:8 - 1:9 fortie 4x4 sama dengan prado,

Harga spareparts mesin so-so lah, cm bener body parts mahal, fender saja kalau rusak harus inden 3 minggu, dan harga-nya di atas harga fotuner atau PS. makanya asuransi pentig :big_smoking:

rewel atau nggak, so far saya pake prado sudah 2.5 tahun gak ada masalah aneh-aneh, uda di supercharged lagi mesinnya, PS dan fortie juga sama semuanya service rutin aja.

nah ini mkn pertanyaan yang om mesti jawab juga, om tipe orang yang enjoy driving atau disupirin? kalau enjoy driving apalagi speed saya tidak recommend prado 2.7 kalau mau 4000cc sekalian, di mangga 2 ada yang jual 450jt kemarin, fun to drive factornya besar sekali, untuk mobil bongsor 0-100 dalam 7.8-8 detik (gak secepet SUV eropa sih tapi not bad lah) cm tah konsumsi di 1:4.5 dan 1:5 dalam kota.

2.7 Prado dalam kondisi stamdar cape bawa-nya lebih enak PS atau Fortie VNT tetep tarikannya. Tapi kalau si om orang sabar atau pake supir prado lebih ok.

Oh iya prado 120 mesin bensin 2.7 nya ada 2 tipe yah om, 2TR-FE (vvt-i) dan 3RZ-FE (non-vvt-i), 3RZ ini mesin generasi awal dan biasanya ada di prado 2003-2004.
Wah makasi om atas sarannya. Untuk masala mesin saya kurang paham. Mungkin saya lbh ke enjoy driving ya soalnya bawa sendiri. Klo prado kira2 maintenanceny sendiri di angka berapa pertahun ? Konsumsi bbm cukup boros ya. Pertamax ya itu ?
Fendernya kmaren ganti kena brapa ?
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

^
Om bill seiring degan waktu saya rasa mesin non elektronis akan semakin berkurang jumlah-nya di second hand market dan orang orang banyak terpaksa pakai elektronis, jeep JK baru aja sekarang sudah pakai elektronis juga :shrug: cm mkn manufacturer atau user pelan-pelan belajar untuk buat elektronis lebih canggih dan water proof om dan kita juga di paksa untuk lebih kreatif kalau mau engine swap sih akhirnya, sama kayak F1 yang rules-nya semakin ketat dan manufacturer dipaksa untuk innovasi sih.

Btw om, jeep TJ mesin AMC 4.0 nya elektronis atau masih distributor om? di one carr too far discovery hebat tuh nembus hutan dan lewat sungai :big_peace:
wilwil_andre
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Thu Jan 31, 2013 16:17

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by wilwil_andre »

Turboman wrote:
agathos wrote:^

Iya om turbo, uda gak masuk akal rencana, biaya dan proses-nya cape kalau di timbang-timbang, sekarang pake supercharger uda puas banget kok, down-low powernya dapet banget buat stop and go sama overtake orang gak cape sama sekali dan bisa oprut dikit-dikit lah.

ooo uda sama kayak teknologi mesin-mesin bensin toyota yang baru kayak 1UR-GSE yah pakai injector driver terpisah dari ECU wew tambah ribed lagi :glodak:
Mesin Prado um yg 3RZ atau 2TR ? 3RZ udah TBW atau belum yah ?

Kalau udah TBW boleh coba install Ground cable yg di TB dan Cyl Head

Lalu kalau ECU nya lokasinya di balik laci dasbor, biasanya ground-nya pendek, kita bisa bikin ground tambahan dan konek ke GC tambahan yg buang lgs ke terminal negatip aki

Boleh cobain deh......he heee................di Innova Community udah banyak D4 D dan TR-FE yg pasang Extra Ground - ECU ini, dan sesudah di-install pada tersenyum lebaarrrr........ :mrgreen:
Itu sistem apa ya 3rz, 2tr ? Maklum awam soal mesin.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

Wah makasi om atas sarannya. Untuk masala mesin saya kurang paham. Mungkin saya lbh ke enjoy driving ya soalnya bawa sendiri. Klo prado kira2 maintenanceny sendiri di angka berapa pertahun ? Konsumsi bbm cukup boros ya. Pertamax ya itu ?
Fendernya kmaren ganti kena brapa ?
kalau bawa sendiri Prado 2.7 pelan om, cape bawa-nya kecuali om memang berani pasang turbo atau supercharger di mobilnya baru berasa tenaga-nya. maintanance tahun pertama pake (sebelum di supercharged dan mobil di 50rb Km pas di ambil) yang diganti:

1. oli (lengkap trasmisi, gardan, mesin, power steering);
2. air raditor;
3. kanvas rem depan belakang;
4. busi
5. fuel filter;
6. air filter;
7. klakson;

total service di th pertama sekitar 9-10jt kalau gak salah, setelah itu rutin ganti oli, tahun ke dua pasang supercharger habis sekitar 25jt-an dan selebihnya perawatan rutin aja.

fender kena 3.8jt baru, fortuner sekitar 1.8jt kalau gak salah.

Bahan bakar selalu pertamax om, karena saya perforamnce oriented. Iya lumayan boros karena 4x4, jadi kalau irit dan performance pertimbangan mending ambil fortie atau PS om.
Last edited by agathos on Fri Feb 01, 2013 16:50, edited 1 time in total.
agathos
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 416
Joined: Mon Apr 13, 2009 21:56

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by agathos »

Itu sistem apa ya 3rz, 2tr ? Maklum awam soal mesin.
2TR dan 3RZ itu kode tipe mesin yang di pakai di prado om hehehe.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by billyd1773dz »

agathos wrote:^
Om bill seiring degan waktu saya rasa mesin non elektronis akan semakin berkurang jumlah-nya di second hand market dan orang orang banyak terpaksa pakai elektronis, jeep JK baru aja sekarang sudah pakai elektronis juga :shrug: cm mkn manufacturer atau user pelan-pelan belajar untuk buat elektronis lebih canggih dan water proof om dan kita juga di paksa untuk lebih kreatif kalau mau engine swap sih akhirnya, sama kayak F1 yang rules-nya semakin ketat dan manufacturer dipaksa untuk innovasi sih.

Btw om, jeep TJ mesin AMC 4.0 nya elektronis atau masih distributor om? di one carr too far discovery hebat tuh nembus hutan dan lewat sungai :big_peace:
bener om, makanya mw g mw ya hrs bljr elektronik.... klw lg sehat uenaakkkk bnyk kelebihanya, giliran sakit ya nikmatin aja..

yah jgn kan JK country gw aja masih di opnam, nunggu wiring hiks.... ya gtu lg sehat nikmaat, bgu masalah seru nyari penyakit. klw mbl standar sih, masih bisa pegang repair manual. rusak gejala x, penyakitnya d sensor ini, musti di ganti.. setelah di ganti beres.... aman 10thn lg komponen itu g rusak lg... klw masih gtu gampang. tinggal pke OBD jg ketauan. waktu itu beberapa taun nikmat tu keliling event g pernah masalah. masuk sungai gtu sih uda g keitung hehe

lucunya setelah beberapa taun aman sentosa skrng, mulai cape nih xj ku tersayang, semua komponen uda baru ud d cek, bahkan d ganti yg baru lg, penyakitnya pindah ke konektor2 dan kabel, ada yg getas, leleh, kotor yaa campur aduk ama lumpur n gigitan tikus wkwkwk.. mesti di urut kabelnya,well kabel country uda kya benang kusut, nyari satu2 pke tester beberapa hari kerjaanya.. untung waktu itu gejala pertama matot beberapa menit sebelum start event, bukan saat d hutan.. hahaha, satu ketemu, berikutnya pindah ke yg lain hmmmm pilihan terakhir beli kabel body, harganya bikin keder euy.. klw koceknya dalem sih bisa hajar lngs hehehe

skrng niatnya klw uda sehat di kembalikan ke kota atw light aja deh... klw berat2 pke rugger aja yg murmer body partnya, n enginenya simple wkwkw, nyesel jg country d siksa hehe

yg d one car too far itu 2.5ltr 4cyld om.. hehe pernah eps mana gtu yg kabel businya bocor, d ganti ranting hahaha.... ajaib, itu distributor om pernah diliatin waktu nge waterproffingnya

klw masih baru sih g masalah bnyk elektronisnya trutama suv, tp klw uda berumur, bnyk yg getas, sealnya uda robek, ditambah faktor tikus ya, hrs waspada.

klw di kasih fortuner baru bwat oprut kmn juga sapa tkt haha......... klw yg umurnya 20thn... mesti plototin dulu deh

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by kompresorz »

pilih vnt n ps bagus asal baru..walo dibawah prado tapi enak bawa mobil baru..
ahmadinejad
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Mon Feb 25, 2008 16:18

Re: tanya mending beli fortie/PS baru atau LC prado second

Post by ahmadinejad »

Sudah coba lirik trailblazer 2.8 gan TS?