Aditif BBM non oxygenate

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Aditif BBM non oxygenate

Post by ilhami »

http://oto.detik.com/read/2013/07/03/15 ... -kesehatan


Awas! Aditif BBM Bisa Rusak Lingkungan dan Ganggu Kesehatan

Jakarta - Cara paling mudah untuk meningkatkan oktan bahan bakar adalah dengan menggunakan aditif bahan bakar. Namun, penggunaan aditif ini patut diperhatikan karena akan berpengaruh pada lingkungan dan kesehatan.

Peningkatan angka oktan bensin selain dapat dilakukan dengan proses pengolahannya di kilang, juga dapat dilakukan dengan penambahan aditif yang antara lain terdiri dari Aditif organometalic (TEL, MMT dll), Oksigenat (MTBE, TAME dll), dan Komponen blending (HOMC).

Selain memperhatikan kualitas dan kuantitas dari produk BBM yang dihasilkan, hal yang perlu dipertimbangkan adalah permasalahan dampak lingkungan dan efek-efek kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan aditif.

Nah, masalahnya, meski saat ini belum ada peraturan baku terkait aditif ini, saat ini, aditif MTBE sudah dilarang penggunaannya di Amerika Serikat karena dapat mencemari air tanah dan pada konsentrasi tinggi bersifat karsinogenik.

Selain mengganggu kesehatan, aditif ternyata juga dapat merusak mesin kendaraan terutama aditif yang dibuat dari senyawa berbasis logam misalnya MMT (metilsiklopentadienil manganese tricarbonil) dan Ferrocene (disiklopentadienil iron).

Aditif MMT diketahui juga dapat dapat mengganggu sistem pengapian, sensor oksigen, konverter dan deposit pada dinding silinder. Batas pemakaian aditif MMT di Amerika dan Kanada adalah 8,2 mg/L bensin.

Sementara aditif Ferrocene sangat dibatasi penggunaannya terutama di Amerika karena merupakan logam berat dan pada aplikasinya dapat mengikis ring piston, silinder dan gangguan pengapian.

"Jadi ada banyak yang harus diperhatikan," kata peneliti di Lemigas Lies Aisyah di Forum Kajian Industri Nasional 'Penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate Dalam Bahan Bakar Bensin' di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (3/7/2013).
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by ilhami »

http://oto.detik.com/read/2013/07/03/14 ... d771104bcj

Sejauh Mana Efektivitas Aditif BBM?

Jakarta - Banyaknya aditif bahan bakar yang beredar di pasaran mendorong Lemigas untuk meneliti efektivitasnya. Apa hasil penelitian tersebut?

Peneliti Lemigas Lies Aisyah di Forum Kajian Industri Nasional 'Penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate Dalam Bahan Bakar Bensin' memaparkan kalau ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih aditif.

Sebab, menurutnya, aditif bensin yang efektif adalah jika penambahan aditif bensin tersebut tidak mengubah sifat karakteristik dan spesifikasi bensin lainnya.

Misalnya jika aditif bensin tersebut merupakan aditif bensin peningkat angka oktana (octane booster), maka meningkatnya angka oktana tersebut tidak boleh merubah sifat lainnya seperti berat jenis atau titik didih.

Jika penambahan aditif angka oktana merubah parameter sifat lainnya, maka aditif tersebut tidak baik untuk digunakan.

"Lemigas sudah melakukan pengujian terhadap lebih dari 70 jenis aditif yang dijual bebas di pasaran," katanya di Hotel Bidakara, Rabu (3/7/2013).

Salah satu contoh kajian yang dilakukan adalah penggunaan aditif peningkat angka oktana (Aditif A) pada komponen bensin dan bensin beroktan 88.

Lemigas juga menguji sifat fisika kimia bahan bakar campuran, melakukan pengujian kinerja terbatas pada mesin statis multi cilynder test bench dan pengujian emisi gas buang.

Nah, berikut hasil pengujiannya:

Hasil uji kinerja terbatas bahan bakar BR—88:
- Torsi : 83.8 – 115,2 Nm (1.000-4.000 rpm)
- Daya mesin : 18,1 – 35,1 kW (1.000-4.000 rpm)
- SFC rata-rata 405 g/kWh

Pengukuran emisi hasil uji kinerja terbatas bahan bakar BR-88:
- CO rata-rata 4.54 %
- CO2 rata-rata 11.12 %
- HC rata-rata 147.25 ppm

Hasil uji kinerja terbatas bahan bakar BR-92 dibandingkan dengan BR-88 dengan penggunaan aditif A:
- Torsi rata-rata lebih tinggi 0,82 %
- Daya rata-rata mesin lebih tinggi 0,8%
- SFC rata-rata lebih rendah 3,7 %

Pengukuran emisi hasil uji kinerja terbatas bahan bakar BR-92 dibandingkan dengan BR-88 dengan aditif A
- CO rata-rata lebih tinggi 5,6 %
- CO2 rata-rata lebih rendah 4,20
- HC rata-rata lebih tinggi 3,90 %

Bagaimana sudah cukup efektif? Silakan Otolovers yang menilai sendiri.
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by ilhami »

http://oto.detik.com/read/2013/07/03/13 ... d771104bcj

Jenis-jenis Aditif untuk Bensin

Jakarta - Kadang kala, para pengendara ingin meningkatkan spesifikasi bahan bakar yang mereka gunakan. Cara tersingkat adalah dengan menggunakan aditif. Nah, inilah jenis-jenis aditif yang ada.

Makin meningkatnya populasi kendaraan di Indonesia membuat konsumsi bahan bakar menjadi meningkat. Puluhan juta kiloliter bahan bakar terbakar tiap tahun.

Parameter kualitas bensin yang utama adalah mutu bakar atau sifat anti-knocking yang ditunjukkan dengan angka oktan. Semakin tinggi angka oktan menunjukkan semakin tinggi sifat anti-knocking itu.

"Peningkatan kualitas angka oktan bensin selain dapat dilakukan dengan proses pengolahannya di kilang, juga dapat dilakukan dengan penambahan aditif," kata peneliti Lembaga Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) Lies Aisyah di Forum Kajian Industri Nasional 'Penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate Dalam Bahan Bakar Bensin' di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (3/7/2013).

Ada tiga aditif yang dikenal yakni aditif organometalic (TEL, MMT, dll), oksigenant (MTBE, TAME, dll), komponen bleding (HOMC).

Bila dijabarkan lebih lanjut, ada beberapa jenis aditif bahan bakar bensin.

- Aditif anti ketuk untuk angka oktana
- Aditif combustion deposit modifier untuk mencegah akumulasi deposit
- Aditif inhibitor oksidasi untuk mencegah oksidasi dan pembentukan getah
- Aditif inhibitor karat untuk menghindari pembentukan karat
- Aditif demulsifier untuk mencegah terjadinya emulsi akibat kandungan air pada bahan bakar
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by ilhami »

http://oto.detik.com/read/2013/07/03/16 ... masih-liar

Peredaran Aditif BBM Masih Liar

Jakarta - Ada banyak merek aditif bahan bakar kendaraan yang saat ini beredar di pasar. Ternyata, peredaran aditif itu masih liar. Karena belum ada standar baku untuk aditif atau octane booster yang beredar di nusantara.

Sampai saat ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengakui kalau pemerintah belum menetapkan standar aditif seperti apa yang layak digunakan oleh masyarakat.

"Memang regulasi itu masih sifatnya wacana, kami baru mulai membahasnya tahun ini," ujar jubir Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Muhidin, dalam Seminar Forum Kajian Industri Nasional tentang Penggunaan Enhance Octan Booster Non-Oxygenated dalam Bahan Bakar Bensin.

Sampai kini, lanjutnya, Kementerian ESDM masih terus mencari rumusan yang tepat untuk dijadikan peratuan resmi menyangkut zat aditif bensin yang beredar di pasar.

"Sampai sekarang kami masih membuka kesempatan bagi siapa saja yang ada masukan, akan kami kaji lebih lanjut," lanjutnya.

Aditif yang digunakan dalam bensin atau minyak solar, terangnya, harus memenuhi beberapa persyaratan di antaranya kompatibel dengan minyak mesin (tidak menyebabkan kekotoran mesin).

"Selain itu, aditif yang terbuat dari bahan yang dapat membentuk abu (ash forming material) seperti aditif yang berbahan dasar logam (organometallic) tidak diperbolehkan," katanya.

Padahal menurut peneliti Lemigas Lies Aisyah ada beberapa jenis bahan aditif yang berbahaya. Saat ini, aditif MTBE sudah dilarang penggunaannya di Amerika Serikat karena dapat mencemari air tanah dan pada konsentrasi tinggi bersifat karsinogenik.

Selain mengganggu kesehatan, aditif ternyata juga dapat merusak mesin kendaraan terutama aditif yang dibuat dari senyawa berbasis logam misalnya MMT (metilsiklopentadienil manganese tricarbonil) dan Ferrocene (disiklopentadienil iron).

Aditif MMT diketahui juga dapat dapat mengganggu sistem pengapian, sensor oksigen, konverter dan deposit pada dinding silinder. Batas pemakaian aditif MMT di Amerika dan Kanada adalah 8,2 mg/L bensin.

Sementara aditif ferrocene sangat dibatasi penggunaannya terutama di Amerika karena merupakan logam berat dan pada aplikasinya dapat mengikis ring piston, silinder dan gangguan pengapian.

"Memilih oktan booster yang baik adalah memastikan zat itu tidak mengubah komposisi dari bahan bakar itu sendiri atau justru menimbulkan senyawa lain yang merugikan," jelas Lies.

Sejauh ini, pengaturan penggunaan aditif untuk BBM yang berlaku saat ini adalah Peraturan Dirjen Migas Nomor 16.K/34/DDJM/1992 tentang Pengawasan Aditif untuk Bahan Bakar Minyak dan atau Pelumas yang Beredar di Dalam Negeri. Namun, terdapat beberapa kendala pada implementasinya seiring dengan kian pesatnya kemajuan teknologi mesin kendaraan dan spesifikasi BBM sehingga perlu dilakukan penyempurnaan.

"Secara konsep, aditif yang beredar di dalam negeri wajib didaftarkan kepada Ditjen Migas. Aditif yang terdaftar dapat dipasarkan dengan mencantumkan pada kemasan sekurang-kurangnya unjuk kerja teknis sesuai hasil uji laboratorium," bebernya.

Bila ternyata, banyak efek negatif, Kepala Bidang Transportasi Darat Kementerian Lingkungan Hidup Muhammad Zakaria menambahkan kalau mereka mendukung sosialisasi dampak penggunaan aditif terhadap kesehatan dan lingkungan. "Harus dilakukan upaya agar tidak berdampak negatif terhadap masyarakat ataupun kendaraan bermotor,” ujarnya.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

Norival termasuk aditif yang OXYGENATE, non flammable, non-explodable, tidak mengandung kimia/logam berbahaya bagi mesin, manusya dan lingkungan alam....sedangkan yang ditolak adalah yang NON OXYGENATE.

hasil uji lab independent : ada. hasil uji dynotest : ada. hasil uji emisi : juga ada. testi oleh para pengguna juga : ada banyak. laporan efek negatif penggunaan Norival : TIDAK ada
Last edited by JESKONENG on Thu Jul 04, 2013 7:26, edited 2 times in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by ilhami »

http://mobil.otomotifnet.com/read/2013/ ... Aditif-BBM

Pihak Pabrikan tak Sarankan Penggunaan Aditif BBM

Jakarta – Meski bertujuan untuk meningkatkan oktan demi menghindari gejala knocking pada mesin, bukan berarti zat aditif atau octane booster pada bensin boleh dipakai bebas pada kendaraan. Sebaliknya, pihak Gaikindo tak menyarankan penggunaan octane booster tersebut.

“Kami tidak menyarankan penggunaan octane booster untuk menaikan oktan bensin. Karena sample yang kami dapat selama ini bisa dibilang berbahaya, karena mengandung zat Mangan (Mn). Pengaruhnya hanya jangka pendek. Namun ke depannya bisa merusak lingkungan dan mesin,” ulas Indra Chandra Setiawan, Anggota tim Transportasi, Lingkungan dan Infrastruktur Gaikindo.

Dirinya menambahkan jika aplikasi octane booster lebih banyak kerugian daripada keuntungan yang didapat. Karena mobil-mobil saat ini telah dilengkapi pengontrol emisi yang sangat rumit dan octane booster justru dapat merusak komponen tersebut.

“Salah satunya yaitu 3-way catalyst dan sensor oksigen untuk gas buang yang mampu melakukan control closed loop yang sangat teliti. Dengan demikian, pencampuran octane booster akan merusak sensor kendaraan sehingga tidak optimal,” urai Indra di seminar bertajuk Penggunaan Octane Enhancer Non Oxygenate Dalam Bahan Bakar Bensin pada Rabu (3/7).

“Sistem kendaraan ini harus bisa dijaga dalam keadaan optimal agar mampu mempertahankan emisi gas buang. Sementara penggunaan ash forming aditif dapat mempengaruhi kondisi operasi katalis yang berimbas pada naiknya emisi gas kendaraan,” pungkasnya. (mobil.otomotifnet.com)
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

ya memang banyak aditif bbm yg "non-oxygenate"
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by Turboman »

De ja Vu

Di Serayamotor kita bahas ini udah dari tahun kapan yaa.........heheheheheh :mrgreen: .........Oktan Booster yg sifatnya Organometallic / Ferrocene / MMT selalu disarankan utk dihindari

meningkatkan Oktan yg paling bener adalah dengan mencampur dgn BBM ber oKtan tinggi

sedangkan penggunaan additive bersifat cleaner spt PEA krn kita mengacu kpd standard Top Tier Gas spt yg ada di US

That's all
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by ilhami »

Nggak apa-apa, namanya juga thread kliping koran
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by y_anjasrana »

Adaga daftar additif non oxygenate?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by VanzMatic »

Mengacu ke kondisi riil bahan bakar di indonesiya raya tercinta lah kalau saya.Kalau saya tinggal di malaysia atau jepang,ya saya juga akan menggunakan standar bahan bakar riil disana juga, shg bs nentuin aditif yg cocok dengan bahan bakar yg dijual disana.. Xixixixi..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by VanzMatic »

Mencampur bahan bkr dgn oktan yg lebih tinggi udh sejak jaman premix almarhum,alias sejak jaman pertamax keluar.udah cerita lama lah itu.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
juanaxel
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 147
Joined: Fri Apr 01, 2011 8:01

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by juanaxel »

Tp paleng efektif, kalo menurut ane. Additif mah cuman buat bersih2 aja
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

- PertamaxPlus95 dicampur Premium88 (kalok masing2 jumlahnya sama), hasilnya : bbm oktan 91,2

- Premium88 dicampur Norival Gold (1 ml utk setiap 15 liter Premium), hasilnya : bbm 92 koma sekian

dan dari segi biaya, pake Norival jauh lebih ekonomis ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5488
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by nugroho bagor »

Hallo page 1 dulu
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by mr_mytplx »

Penasaran..cara bedain yg oxygenate ma non oxygenate gmn sih..

Apa aja yg perlu diperhatikan di labelnya..
Ato bisa dilakukan test sendiri buat nge bedain..

Nubie mohon petunjuk..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21988
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by Turboman »

yg terpenting adalah MSDS....MSDS dan MSDS....

selalu minta MSDS ke pembuatnya / lihat di web nya

IMO :
Sebetulnya yg diliat bukan soal Oxigenate or not, tapi pure Hidrocarbon atau mengandung komponen metallic

Ini khusus additive gasoline yah, krn metal agent adalah pendongkrak Oktan paling efektif walaupun Toxic

CMIIW

*Bukan pedagang additip*
mr_mytplx wrote:Penasaran..cara bedain yg oxygenate ma non oxygenate gmn sih..

Apa aja yg perlu diperhatikan di labelnya..
Ato bisa dilakukan test sendiri buat nge bedain..

Nubie mohon petunjuk..
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

sekedar info : Norival tidak mengandung bahan kimia atau logam utk meningkatkan RON/MON.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by mr_mytplx »

Turboman wrote:yg terpenting adalah MSDS....MSDS dan MSDS....

selalu minta MSDS ke pembuatnya / lihat di web nya

IMO :
Sebetulnya yg diliat bukan soal Oxigenate or not, tapi pure Hidrocarbon atau mengandung komponen metallic

Ini khusus additive gasoline yah, krn metal agent adalah pendongkrak Oktan paling efektif walaupun Toxic

CMIIW

*Bukan pedagang additip*
barusan gugling2 msds...ternyata 2 produk yg biasa saya pake aman... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

red line ama crc... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
JESKONENG wrote:sekedar info : Norival tidak mengandung bahan kimia atau logam utk meningkatkan RON/MON.
bisa kasih link msdsnya bos...koq td ane gugling2 nda ketemu... :thanks:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

mr_mytplx wrote:
Turboman wrote:yg terpenting adalah MSDS....MSDS dan MSDS....

selalu minta MSDS ke pembuatnya / lihat di web nya

IMO :
Sebetulnya yg diliat bukan soal Oxigenate or not, tapi pure Hidrocarbon atau mengandung komponen metallic

Ini khusus additive gasoline yah, krn metal agent adalah pendongkrak Oktan paling efektif walaupun Toxic

CMIIW

*Bukan pedagang additip*
barusan gugling2 msds...ternyata 2 produk yg biasa saya pake aman... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

red line ama crc... :mky_03: :mky_03: :mky_03:
JESKONENG wrote:sekedar info : Norival tidak mengandung bahan kimia atau logam utk meningkatkan RON/MON.
bisa kasih link msdsnya bos...koq td ane gugling2 nda ketemu... :thanks:
MSDS tidak ada om, karna Norival tidak mengandung bahan berbahaya sehingga tidak perlu penanganan khusus saat pengiriman dll ...

kalok hasil test lab ada kan ...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

lagipula MSDS tidak menunjukkan/membuktikan peningkatan RON/MON dll... yg menunjukkan peningkatan RON/MON adalah hasil test lab independent
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by mr_mytplx »

JESKONENG wrote:
barusan gugling2 msds...ternyata 2 produk yg biasa saya pake aman... :mky_02: :mky_02: :mky_02:

red line ama crc... :mky_03: :mky_03: :mky_03:

MSDS tidak ada om, karna Norival tidak mengandung bahan berbahaya sehingga tidak perlu penanganan khusus saat pengiriman dll ...

kalok hasil test lab ada kan ...
maap om blum liat hasil lab nya...sudah di publish kah di seraya motor ini...

mungkin ane kelewat bacanya... :mky_03:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1299
Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by mr_mytplx »

JESKONENG wrote:ini hasil test lab Norival :

http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 22#p595722
busyet angka ma parameternya banyak bener om...nubie kaya ane gini malah bingung bacanya...

poin2 yg penting aja deh om di kasih hint gt...biar ane nda bingung... :thanks:
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Aditif BBM non oxygenate

Post by JESKONENG »

ya yg penting2 a.l. ada "result" (hasil test) dan ada "typical min & max" (batas ambang yg ditetapkan oleh std ASTM) atas beberapa parameter :

- RON
- MON -> ada rumus : (RON + MON) : 2 = AKI (Anti Knocking Index) yaitu kemampuan si bbm utk menghindari terjadinya gejala knocking / mesin ngelitik
- Lead Content (kadar timbal)
- Sulphur Content
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999