Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Setujukah dengan LCGC ?

Setuju
26
46%
Tidak Setuju
31
54%
 
Total votes: 57

BejoSoMad
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 173
Joined: Thu Sep 12, 2013 13:29

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by BejoSoMad »

nah ada artikel menarik...

ternyata kebijakan insentif pajak untuk mobil yg diberlakukan di thailand dan US berakhir dengan tidak baik...
tugas om jokowi bersih2... :big_biglaugh:
Petaka dari Mobil Murah

MUMPUNG gairah mobil murah masih hangat, mari intip yang terjadi di Thailand. Negara ini punya program serupa, yaitu memberikan fasilitas keringanan pajak pada industri otomotif.

Kebijakan ini diambil pemerintah Thailand setelah bencana banjir pada 2011 yang membuat industri otomotif mengkerut. Dari sini, keluarlah kebijakan: pembeli mobil pertama diperkenankan memiliki mobil murah itu.

Serta-merta warga Negeri Gajah Putih memesannya. Menurut catatan IHS Global Automotive, perusahaan riset ekonomi global asal Amerika Serikat, ada sekitar 1,2 juta konsumen yang membeli dengan cara kredit.

Dalam hitungan Bank Dunia, seperti dikutip kantor berita Reuters, potensi pendapatan pajak negara yang hilang mencapai $2,5 miliar. Tersedot oleh mobil murah karena mendapat pembebasan pajak.

Ternyata, kebijakan tersebut memicu munculnya masalah baru. Sekitar 10 persen konsumen mobil murah sudah tak mampu membayar cicilan bulanan.

Selanjutnya mudah ditebak. Penyaluran kredit konsumsi, khususnya untuk belanja mobil murah, mulai ketat. Hal ini memicu penurunan tingkat permintaan terhadap kendaraan roda empat. Harga ikut terseret, tak terkecuali pasar mobil bekas.

Pabrikan otomotif asal Jepang yang menguasai 80 persen pasar domestik Thailand, mengalami penurunan penjualan 30 persen pada kuartal kedua tahun ini. Penurunan harga berlanjut hingga mencapai 20 persen.

Hal serupa juga pernah terjadi di Amerika Serikat pada 2009. Kebijakan insentif pajak terhadap industri otomotif yang diberikan pemerintah telah menyebabkan terjadinya distorsi alias ketidaksempurnaan pasar. Tingkat permintaan tampak menjadi semu, bukan sebagaimana mestinya.

Dalam kondisi seperti ini, jika tidak memukul perusahaan yang tidak ikut program mobil murah, paling minim menekan produk lain. Misalnya pasar mobil bekas.

Mulanya memang kebijakan fasilitas pajak pada industri otomotif langsung menciptakan tingkat permintaan yang sangat tinggi. Tapi kemudian, balon itu pecah menyisakan kredit macet. Di Amerika, seperti yang saat ini terjadi, pemerintahnya bergegas mencabut kebijakan keringanan pajak.

Kebijakan ini tentu tidak sekadar menciptakan pasar yang semu, tapi juga mengakibatkan pendapatan negara ikut tergerus. Dalam konteks kebijakan itu memang tidak ada uang negara yang keluar, tapi ada potensi pemasukan yang hilang, yaitu dari pajak otomotif. Jadi, pada dasarnya ya, sama saja.

Padahal, pajak merupakan pendapatan negara paling penting sebagai penyeimbang pengeluaran. Dengan asumsi pengeluaran tetap, sementara pendapatan dari pajak turun, defisit anggaran bakal makin lebar. Untuk mengecilkan defisit, cari utang jadi solusi. Atau, belanja negara seperti pembangunan infrastruktur bisa diciutkan.

Kembali ke mobil murah yang sedang bergairah di sini, seperti di Thailand dan Amerika beberapa tahun silam. Di Indonesia, produknya disebut Low Cost Green Car (LCGC) dan mendapat fasilitas pajak barang mewah.

Saking semangatnya, bahkan Wakil Presiden Boediono pun sampai angkat bicara, khusus melakukan pembelaan atas kebijakan mobil murah yang banyak diperdebatkan. Dia berjanji, segala daya upaya pemerintah bakal dikerahkan untuk mendorong pertumbuhan industri otomotif.

Jadi persis dengan yang dilakukan oleh Thailand. Mengerahkan segala upaya, terutama fasilitas pajak.

Pesan yang terkandung dalam kebijakan itu, tentu saja menciptakan tingkat permintaan yang sebesar-besarnya terhadap produk otomotif. Dengan begitu, pabrikan bisa meningkatkan produksi dan selanjutnya, mengeruk untung. Tak peduli jalan sesak, polusi makin parah, atau pendapatan negara yang dikorbankan.

Kini, Thailand sudah terkena imbas dari mobil murah. Kebijakan yang mendorong warga belanja mobil, walau sebenarnya lebih bermanfaat subsidi kebutuhan pokok, berbuntut bencana kredit macet.

Mudah-mudahan pemerintah Indonesia lebih arif. Apalagi, kalau melihat data Bank Indonesia, tingkat konsumsi masyarakat yang ditunjukkan lewat indeks keyakinan konsumen sepanjang Januari-Agustus 2013, sudah turun 7,2 persen.

Kini, apa pemerintah mau menggenjotnya lewat dorongan belanja mobil murah, walau dengan segala pengorbanan?
http://id.berita.yahoo.com/blogs/newsro ... 38663.html
***** COOL VIDEOS !!! *****

http://www.globallabourrights.org/reports?id=0503

http://www.youtube.com/watch?v=V_BVB4kqp7Y

TOYOTA

The One You Ought To Avoid
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by g4ndalf »

Ya maklum yg bikin kebijakan itu ke mana2 naik mobdin dikawal voor rijder jadi nggak merasakan kemacetan. Maklum saja kalau kebijakan yg dibuat tidak nyambung dgn realita di lapangan.

Soal mobil murah, tanpa lcgc saja sudah ada mobil2 second seharga 60an jt itu sudah layak pakai. Dgn lcgc asumsi harga 100an, kemungkinan akan menekan harga mobil second yg dulunya 100an jd 90an, begitu pula yg dulunya 90an akan tertekan ke angka 80an... dst - populasi kendaraan tambah banyak kalau tdk diikuti infrastruktur yg menunjang = kemacetan dan polusi.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21992
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by Turboman »

Mantap om Gandalf :frm_tumbright:

sgt setuju
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by dubz »

Macet ya naik angkutan umum dong...bentar lagi MRT dateng. Di kampung saya jalanan masih lengang banget kok...jam 8 udah sepiiii
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by ibar78 »

apa bagusnya lcgc kalo masih pake bbm. ane kira dah pake listrik :big_biglaugh: dah kaya aja masih pengen kaya lagi. kalo mau irit ya naik motor aja....lcgc katanya seliter bisa 20 kilometer....kalo iklannya atau klaimnya boong gimana...kita bisa nuntut ga?

perbanidngan aja, motor 2 tak aja seliter paling top 25 km. paling boros seliter 8kilo :wkkk: (satria 2 tak temen ane, setiap ketemu spbu maunya ngisi trus). motor 4 tak seliter paling top (di jakarta) paling 40-50 km. jadi lcgc mau ngalahin iritnya motor ya :mky_03: ....jadi tujuan llcgc buat apa ya.....
:popcorn:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by B1335AM »

Kan banyak tuh pilihan angkutan umum. Kita tinggal minta tolong aja ke Dephub buat tambahin jaringan angkot, busway dan Bemo BBG, sekalian juga pembujangan (eh, peremajaan :mky_01:) armada busway. Pengalaman ane, busway koridor 4 dan 6 tuh yang musti disorot soalnya masalah armada yang udah bapuk.

Sementara mobilnya buat akhir pekan doang atau dipakai di daerah yang nggak ada angkutan umum.

Sorry, OOT. :mky_01:
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by Jambangan »

B1335AM wrote:Kan banyak tuh pilihan angkutan umum. Kita tinggal minta tolong aja ke Dephub buat tambahin jaringan angkot, busway dan Bemo BBG, sekalian juga pembujangan (eh, peremajaan :mky_01:) armada busway. Pengalaman ane, busway koridor 4 dan 6 tuh yang musti disorot soalnya masalah armada yang udah bapuk.

Sementara mobilnya buat akhir pekan doang atau dipakai di daerah yang nggak ada angkutan umum.

Sorry, OOT. :mky_01:
setuju om :off_good_job:
mending angkutan umum yg ada aja dulu dibenahi ga usah mikir2 MRT/monorail dulu. soalnya pasti lama realisasinya
ane sekarang kalo kuliah siang naik busway/commuter line terus. dari rumah ane biasa pake feeder busway perumahan ane trus turun di komdak. abis itu nyambung pake busway. atau kadang nebeng ortu sampe cawang trus nyambung busway. ane perhatikan udh cukup bagus lah angkutan umum sekarang. busway koridor 9 yg biasa ane naikin udh cukup bagus armada busnya. cuma sayangnya jalurnya aja yg belum steril sering kejebak macet di pancoran & kuningan gara2 jalurnya ga steril. nah ini tugas dishub buat mensterilkan jalur busway
commuter line jg udh nyaman keretanya. AC dingin,gerbong bersih. trus sekarang di stasiun udh ga ada pedagang2 jadinya rapi
mobil biasa ane pake kalo kuliah pagi aja. kuliah pagi hari selasa doang. sisanya kuliah siang hehe..
betul om koridor yg buswaynya kacau tuh koridor 2,3,4,6 yg warnanya biru,abu2 ama kuning-merah itu. siapa itu ya yg mengelola?? parah bgt busnya ga dirawat :e-wall:
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by Jambangan »

User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by an15wn »

Image

+ Halo, bos. Ini tadi ada kejadian aneh. Masa ban belakang tiba2 ilang?
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by ilhami »

Kombinasi kurang perawatan ,penumpang overload, jalur jelek, sopir ex kopaja.
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by B1335AM »

an15wn wrote:Image

+ Halo, bos. Ini tadi ada kejadian aneh. Masa ban belakang tiba2 ilang?
Itu pasti di Rawamangun. BTW, ente dapat tuh foto kapan? Yang penting musti betul adanya, bukan editan.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
ace_81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Nov 07, 2012 0:42

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by ace_81 »

Setuju, hak setiap org utk berharap dan mendapatkan yg terbaik...yaitu:
1. LGCC
2. Infrastruktur transportsi yg baik

Pan dah bayar pajek :D

Oot dikit, mestinya ada jg policy buat nyediaain makanan, sekolah, kesehatan murah....lbh urgent :)
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by an15wn »

B1335AM wrote:
an15wn wrote:Image

+ Halo, bos. Ini tadi ada kejadian aneh. Masa ban belakang tiba2 ilang?
Itu pasti di Rawamangun. BTW, ente dapat tuh foto kapan? Yang penting musti betul adanya, bukan editan.
Kok dapet dari mana? :D
Lha itu linknya dikasih Oom Jambangan di atas. Ane cuma nambahin dialog petugas Busway aja, kok.
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by dubz »

Kan udah direncanakan program kesehatan universal nasional. Di jakarta udah ada kan tuh kartu sehat, bali juga. Masih jauh dr sempurna...bertahap lah. To be fair, pemerintah kita walaupun banyak korupsinya ada juga lah kerjanya.
wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by wibawana »

saya setuju aja. kalau masalah mobil makin banyak itu saya kira karena pajak mobil makin tua makin murah... kemungkinan himbauan dan pemikiran pemerintah rakyat yang dulunya pake mobil sudah agak tua dan emisi gas buang nya jelek bisa pindah ke mobil jenis ini. sangat banyak mobil keluaran tahun 80 an yg tidak terawat dijalanan. cuma pemikiran saya saja..
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by VanzMatic »

Jambangan wrote:
B1335AM wrote:Kan banyak tuh pilihan angkutan umum. Kita tinggal minta tolong aja ke Dephub buat tambahin jaringan angkot, busway dan Bemo BBG, sekalian juga pembujangan (eh, peremajaan :mky_01:) armada busway. Pengalaman ane, busway koridor 4 dan 6 tuh yang musti disorot soalnya masalah armada yang udah bapuk.

Sementara mobilnya buat akhir pekan doang atau dipakai di daerah yang nggak ada angkutan umum.

Sorry, OOT. :mky_01:
setuju om :off_good_job:
mending angkutan umum yg ada aja dulu dibenahi ga usah mikir2 MRT/monorail dulu. soalnya pasti lama realisasinya

-cut-
Sudah, bro, angkot2 tuh yang sasaran peremajaan pertama.
Tau ndiri kan, Jokohok kena tohok aparat2 yang bekingin tuh angkot angkot.

Sekarang mo berdiri di pihak mana?
Merasa simpatik dengan perut perut lapar supir angkot, tapi diberi peremajaan dan ditata ulang malah cukong cukong angkot itu beserta aparat bekingan yang TIDAK MAU diatur,

Atau..
simpatik dengan kerja aparat yang selama ini kita tuding tuding doang ngga kerja alias makan gaji buta dari pajak rakyat, namun saat ini sudah bergerak berbenah?

Memang rakyat yang ngga mau diatur itu yang 'kemlinthi'.

kelihatan kan, siapa yang sebenarnya penyebab kekacauan di jalan?



Memperhatikan atau tidak, saat di kalimalang menuju bekasi?
Betapa polisi pun tidak kuasa membendung kebrutalan bikers di kalimalang?

siapa yang ngga bisa dan ngga mau diatur?




Hehehehe.... peace yow..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
riofhaloho
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1375
Joined: Sun Jan 02, 2005 7:26
Location: Depok

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by riofhaloho »

Setuju..

Otomatis industri otomotif dalam negeri akan semakin siap memproduksi mobil nasional dengan standar global.

Prioritas tetap pada transportasi massal, peningkatan infrastruktur transportasi, dan yang terpenting pada kesadaran kita sendiri untuk beralih ke transportasi massal.

Tapi faktanya, masih banyak mobil-mobil pribadi dengan 1 penumpang rela bermacet ria sekian jam, contoh: dari Depok ke Jakarta.

IMHO. :big_peace:
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by B1335AM »

Kirain yang kasus ban TJ copot tuh di Rawamangun, ternyata di Pramuka.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: Wed Sep 04, 2013 22:34
Location: Jakarta

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by B1335AM »

Kirain yang kasus ban TJ copot tuh di Rawamangun, ternyata di Pramuka.
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
bujanglapok
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 47
Joined: Sun Sep 08, 2013 7:47
Location: Dumai

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by bujanglapok »

Ya maklum yg bikin kebijakan itu ke mana2 naik mobdin dikawal voor rijder jadi nggak merasakan kemacetan. Maklum saja kalau kebijakan yg dibuat tidak nyambung dgn realita di lapangan.
Bener bro.
Soal mobil murah, tanpa lcgc saja sudah ada mobil2 second seharga 60an jt itu sudah layak pakai. Dgn lcgc asumsi harga 100an, kemungkinan akan menekan harga mobil second yg dulunya 100an jd 90an, begitu pula yg dulunya 90an akan tertekan ke angka 80an... dst - populasi kendaraan tambah banyak kalau tdk diikuti infrastruktur yg menunjang = kemacetan dan polusi.
Kembali permasalahannya bukan hanya dari sisi harga jual saja bro, banyak juga hal lain yang harus dipertimbangkan orang ketika ingin membeli sebuah kendaraan, apalagi buat orang di daerah seperti ane ini. Misal:
Maintenis/Perawatan
Kalopun misal mobil baru, rata2 minim maintanance cocok dengan daerah seperti ane yang belum ada BeRes. :shrug:


Saya memahami kalo yang dikuatirkan oleh sebagian kawan-kawan yang kuatir akan meningkatnya kemacetan di Kota-kota besar.
Tapi bagi kami dengan adanya LCGC ini cukup membantu, minimal bisa terjangkau dan sedikit bisa merasakan "kemerdekaan" yang sudah lama kawan-kawan rasakan. :oops:

#bukan antek ATPM :ngacir:
Apapun Jenis Mobilnya yang penting enak dipake, bandel dan ga susah peliharanya
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by an15wn »

Dan ada juga orang seperti ane yg kalo beli apa2 pengennya yg baru. Apalagi mobil yg dipake utk belajar mengenal mobil. Kalo mobil sekon, ane gak pede karena gak jelas track record yg punya sebelumnya. Iya kalo mobilnya gak ada hal2 rahasia. Kalo ada yg musti pake trik khusus, pas ada apa2nya bisa puyeng problem solvingnya.
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by Felixz_Yaris »

Lcgc dibutuhkan masyarakat kota dan masyarakat menengah kebawah..
Siapa bilang masyarakat menengah kebawah tidak butuh mobil??
Semua orang juga butuh mobil..

Tapi juga lcgc sangat berpotensi menyebabkan kemacetan
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by an15wn »

Makanya yg penting angkutan umum bagus, nyaman, aman. Setelah iti tercapai, bikinlah ongkos kepemilikan kendaraan pribadi jadi mahal. Jadi orang gak usah dipaksa2 juga dah bakalan cenderung make angkutan umum. Kalo mau sok2an naik kendaraan pribasi padahal angkutan umum murah dan nyaman, ya biarin aja. Duit2 dia sendiri aja, kok.
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by artoodetoo »

Tak mampu bikin aturan, rakyat diadu domba :e-boohoo: :e-boohoo: :e-boohoo:
http://www.merdeka.com/uang/mobil-murah ... rdaya.html
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Setujukah SM'ers dengan LCGC ?

Post by VanzMatic »

Tetepp aja bagi ane dilemma.
Di satu sisi :
Prihatin dengan yang suka bonceng tiga atau empat mudik beratus ratus kilometer, bahkan ada yang baru nyadar anaknya udah ngga bernyawa saat sampai tujuan karena ditaruh di depan terus,...
Prihatin dengan cara nyetir yang serampangan di dalam kalangan biker2 yang ngga tau aturan dan ngga pernah tau rasanya naik mobil kalau dizolimin motor..

Tapi di sisi lain...
Bakal menambah macet, itu PASTI..
Bakal menambah banyak daftar mobil mobil yang semakin alay nyetirnya, bawaan dari bekas naik motor...

catatan:
Barusan tadi pagi berangkat, lewat flyober pondok bambu, eh...karena di depan macet, begitu turun flyover, motor2 pada balik kiri lawan arah ke arah perempatan sugiyono. DAAAAAANNNN... sebuah sedan VIOS dengan santainya puter balik kiri lawan arah...

See that?

:big_smoking:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "