Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

blaksiarpi
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 55
Joined: Sat Jan 25, 2014 15:50

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by blaksiarpi »

ahhh.... ini trid mobilinyonk koq jadi bahas soal direk injeksen segala...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by b0ku »

axala wrote:
b0ku wrote: accord sekarang malah bisa premium kompresinya malah lebih rendah dari mobilio 10.1 kalo oddysey gw gak tau belom check rationya kalo dari HP mustinya seh bisa yang gak bisa premium itu mesin Earthdreamnya ANJ kompresinya ud 11 soalnya makannya ada kemungkinan mesinnya ANJ, CITY , VEZEL bakalan pake mesin sama kayak mobilio yg beda ntar cuma ud di revisi pistonnya , pake busi kepala 2 plus intake manifold yg lebih enteng sama CVTnya aja lebih canggih ud plus shifting control of cornering gravity & G design shift , claimnya lebih irit dari gearbox manualnya :ngacir: info yg gw dapet dari city baru tapi masih ngarep pake mesin DI aka earth dreams biarpun mungkin drop jd 125-127hp untuk nyesuain kompresi kan tetep lumayan :mrgreen:


:mky_04: :mky_04: Direct injection diisi premium ??? Bagaikan ngasih whiskas ke ikan :big_smoking:

Jeprut la injector mesinnya kesumbet ama carbon dari premium yg ron 88.minimal direct injection tu ron 95. ...92 juga bisa tp ngefek..wong serena c26 aja ada yg jeprut injectornya padahal udh diisi 92..mana mungkin direct injection bisa diisi premiun. ...cause it's IMPOSIBBLE :big_smoking:

Mesin accord n oddys tu earthdreams juga alias direct injection ,gabisa nerima premium macam anj 2014 ato kena juga injectornya :big_smoking:

That's why I dont want to buy a car with direct injection :big_peace:
Ryan Steele wrote: Mantap. Direct Injection bisa minum premium. Besok ane pake Panther dikasi minum premium dah...
Dan besok teranno ane bakal ane isi pertadex :mky_03: :mky_03:
:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Maksudnya injectornya bisa mampet??? Berarti bukan masalah octane, tapi lebih ke masalah premium itu kotor kayak aer GOT donk??? Kalo misalnya premium murni, kagak ada ada kotoran masih aman donk???

Bingung gw??? Gimana injectornya bisa mampet kalo yg di semprot murni caeran. Mau di isi aer jg ngalir aja ke mesin, biarpun water hammer.

Kecuali loe bilang DI kompresinya tinggi, atau isi premium bisa nimbulin banyak kerak yang bikin catalic nyumbat, gw baru ngeh deh. Ini seh gw bener2x bingung ??



(Sudah diedit dengan memberikan tanda baca dan huruf besar secukupnya. Moga2x membantu) :big_peace:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by ricz »

Bujug...

Ketinggalan brp pej ini gue...

Btw, mesin direct injection ga bs pake premios loh...

Soalnya setau nubie yg ga terlalu pande ini, kompresi mesin direct injection akan meningkat 2x lipat saat pembakaran...

Jadi, keliatannya kompresi rendah tp sebenarnya tinggi...

CMIIW loh ya... :ungg:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by Ryan Steele »

Lebih karena sisa2 timbal yang masih ada di selang di SPBU, si... CMIIW
no signature
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by b0ku »

ricz wrote:Bujug...

Ketinggalan brp pej ini gue...

Btw, mesin direct injection ga bs pake premios loh...

Soalnya setau nubie yg ga terlalu pande ini, kompresi mesin direct injection akan meningkat 2x lipat saat pembakaran...

Jadi, keliatannya kompresi rendah tp sebenarnya tinggi...

CMIIW loh ya... :ungg:
ini baru gw ngeh :big_peace: thank you bosss :ungg:

berarti kalo pake premium tabungan keraknya bisa banyak biarpun kompresi rendah :mky_01:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by b0ku »

Ryan Steele wrote:Lebih karena sisa2 timbal yang masih ada di selang di SPBU, si... CMIIW
Premium sekarang ud tanpa timbal seh. Cuma gw sendiri berapa kali bongkar tangki bensin, emang premium itu campuran bensin, aer sama pasir item. Makanya gw bilang kayak aer got. :mky_01:



(Sudah diedit dengan memberikan tanda baca dan huruf besar secukupnya. Moga2x membantu) :big_peace:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by axala »

ricz wrote:Bujug...

Ketinggalan brp pej ini gue...

Btw, mesin direct injection ga bs pake premios loh...

Soalnya setau nubie yg ga terlalu pande ini, kompresi mesin direct injection akan meningkat 2x lipat saat pembakaran...

Jadi, keliatannya kompresi rendah tp sebenarnya tinggi...

CMIIW loh ya... :ungg:
Maklum ane masi nubie ....masi sotoy pula
tp yg penting....gak bisa premios tuh mesin :big_grin:
Pursuit of Perfection
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by ricz »

Mbl jaman sekarang bikin repot yak...

Ga bs premium / solar biasa...

Alamat balek ke ipah / apanjah aja dah... :ngacir:
2021 Fortuner VRZ
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by billyd1773dz »

soal direct injection...............

major main difference ada di posisi nozzlenya, yang ada di ruang bakar......
Image

masalah pertama carbon build up di valve
dri noobs sotoy ini simpulin dari mbah google.... bukan karna kualitas fuel, tapi dari uap oli yg ada d head yang terpangang di atas valve..... jadi numpuk deposit karbon d atas valve.

hal ini tidak terjadi di mesin MPI biasa karna nozzle terlelatak di intake dan selalu ngebantu ngeflush endapan carbon di sana. d GDI tidak ada nozzle di intake.... jadi g ada yg bersihin..

solusinya di toyota D4-S dipasang secondary nozzle d intake fungsinya untuk ngebersihin carbon buildup. di tambah filter yg menahan uap oli di head yg ngelumasin cams. nozzle ini jg bertugas sebagai pre-injection bwat ngedinginin air yg masuk guna meredam knocking

how efektif this method? liat aja ntar jangka pangjang.... gw blm nemu hubungan ini dgn kualitas fuel, kecuali fuel yg memiliki cleaning aditif. namun hal ini percuma jika g ada secondary nozzle

ada yg bilang jg hal ini karna posisi injector tidak pas di tengah seperti crd (d gdi yg di tengah adalah busi) jadi pengabutan tidak terlalu sempurna.



kedua injector mampet
GDI di oprasikan ditekanan injeksi tinggi d atas 100bar meski blm setinggi diesel CRD.
posisi nozzle yang semula di simpan di tempat aman, yaitu di intake.. kini di simpan di ruang bakar dan harus menerima ledakan langsung terus2an. untuk itu nozzle harus di buat lebih kuat. tekanan lebih tinggi, lebih butuh fuel yang bersih dan low -sulphur.. yes di gasoline juga butuh low sulphur. kalau ada yg mampet bisa jadi nozzle failure karna fuel quality tersebut...

GDI Kompresinya tinggi butuh fuel beroktan tinggi
i guess.. nope dgn GDI memungkinkan penggunaan oktan lebih rendah di kompresi lebih tinggi. klw lihat video persentasi skyactiv pasti tw..... sblm skyactiv jg pernah di lakukan d mitsubishi, renault dll yg kompresi tinggi hingga 12.5:1 namun masih bisa pke regular fuel (d negara tersebut errr g ada yg bilang ron88...) jadi yaa mungkin aja klw gdi yg kompresi nya tidak spektakuler atw err *biasa* bisa minum fuel low octane.. asal point no 2 terpenuhi......

problem with direct injection is with ethanol fuel. Ethanol is known to speed up the corrosion rate of some metals that are used in an engine. With the higher pressure of a direct injection engine, and thanks to the fuel injector being exposed to in-cylinder explosions, there’s a higher chance of a problem or failure. Because of this, it’s more important to use higher quality fuels.

the biggest concern with direct-injection technology is with carbon buildup. In a direct injection engine, oil droplets tend to get ‘baked’ on the valve. Carbon buildup can create a lot of headaches in the long-term, with build-up being bad enough to make extra noise during operation and damage the engine. At the very least it can reduce fuel mileage, and affect performance.

This issue can affect other components in your car’s engine, like turbochargers or catalytic converters. Luckily, some automakers have filtering systems in place to catch droplets and debris.


Toyota’s D-4S system that is in use in some of its cars such as the Scion FR-S and Lexus GS350 have a second set of port injectors (not direct injectors) that run when needed to help clear off the carbon build up and optimize performance. Wade Hoyt from Toyota’s communications team explains “The main benefit is that it allows the compression ratio to be raised without pre-ignition or ‘pinging.’ Higher compression produces more horsepower.” Wade points out that “All of the D-4S equipped engines have higher-than-usual compression ratios.”


:beer:
Last edited by billyd1773dz on Sat Jan 25, 2014 16:39, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by axala »

ricz wrote:Mbl jaman sekarang bikin repot yak...

Ga bs premium / solar biasa...

Alamat balek ke ipah / apanjah aja dah... :ngacir:
Tapi kenapa C200K nya om komprez bisa diisi premium ya :big_think: :big_think: .....
Pursuit of Perfection
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by billyd1773dz »

axala wrote:
ricz wrote:Mbl jaman sekarang bikin repot yak...

Ga bs premium / solar biasa...

Alamat balek ke ipah / apanjah aja dah... :ngacir:
Tapi kenapa C200K nya om komprez bisa diisi premium ya :big_think: :big_think: .....
ada dibuku manual nya g om boleh pke ron88?




jalan sih yakin jalan............. wkwkwkw

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
xtr40rd1n4rym4n
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2084
Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by xtr40rd1n4rym4n »

putihnya cakep mobilio..
:mky_02:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by b0ku »

billyd1773dz wrote:
axala wrote:
ricz wrote:Mbl jaman sekarang bikin repot yak...

Ga bs premium / solar biasa...

Alamat balek ke ipah / apanjah aja dah... :ngacir:
Tapi kenapa C200K nya om komprez bisa diisi premium ya :big_think: :big_think: .....
ada dibuku manual nya g om boleh pke ron88?




jalan sih yakin jalan............. wkwkwkw

:beer:
jalan seh E250 yg pernah gw test pake premium tuh padahal turbo gelinding mah gelinding ajeee cuma power dropnya sama tabungan keraknya :wkkk: gak kebayang seremnya kalo gak rajin carbon clean bentaran juga jackpot :wkkk:
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by axala »

Kalo pillar C mobilio yg item itu di warnain

ada tanda2 mirip sama si sejuta umat yg duo kaleng itu lho :mky_03: :mky_03:
Pursuit of Perfection
igo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Sep 23, 2013 4:22

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by igo »

Nambahin review gan;
Performa mesin ; khas karakter 1500cc ivtec
Suspensi ; ini ane agak surprise gan, biasanya ahond punya karakter agak stiff tapi si lio ini suspensinya empuk ; handling ok khas ahond
Interior ; overall masih ok; walau dashbord menurut ane masih lebih baik r3
Akomodasi ; sangat baik menurut ane gan, row2 lega ; row3 cukup lega ;bahkan bagasi belakang bisa muat 4 galon aqua gan tanpa melipat bangku row3.
Kenyamanan ; overall ok.

Kekurangan menurut ane gan:
- tidak ada sensor parkir mundur ( untuk prestige ada kamera mundur )
- power window supir hanya auto turun saja; (untuk safety ???)
- spion belum bisa dilipat otomatis
- audio control tidak ada
- headrest depan menyatu ; klo mau pasang headrest monitor???
- glove box depan terlihat seperti tidak rapat ; ternyata karena memang posisinya sedikit dibuat lebih maju.

sekian gan, pendapat pribadi belum tentu ane benar; :big_peace:
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by DDR »

igo wrote:Nambahin review gan;
Performa mesin ; khas karakter 1500cc ivtec
Suspensi ; ini ane agak surprise gan, biasanya ahond punya karakter agak stiff tapi si lio ini suspensinya empuk ; handling ok khas ahond
Interior ; overall masih ok; walau dashbord menurut ane masih lebih baik r3
Akomodasi ; sangat baik menurut ane gan, row2 lega ; row3 cukup lega ;bahkan bagasi belakang bisa muat 4 galon aqua gan tanpa melipat bangku row3.
Kenyamanan ; overall ok.

Kekurangan menurut ane gan:
- tidak ada sensor parkir mundur ( untuk prestige ada kamera mundur )
- power window supir hanya auto turun saja; (untuk safety ???)
- spion belum bisa dilipat otomatis
- audio control tidak ada
- headrest depan menyatu ; klo mau pasang headrest monitor???
- glove box depan terlihat seperti tidak rapat ; ternyata karena memang posisinya sedikit dibuat lebih maju.

sekian gan, pendapat pribadi belum tentu ane benar; :big_peace:
Sip bro, ditunggu review perjalanan luar kota nya, ane penasaran sama performa transmisi + mesin di tanjakan... Diatas kertas sih harusnya bagus, tp tetep aja penasaran real life nya gimana...
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by walid_007 »

prestige harga berapa sih


keren bgt krum2 an di pintu.... kaya lexus (klo toyota kan di atas)
engine roaring!
igo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Sep 23, 2013 4:22

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by igo »

DDR wrote:
igo wrote:Nambahin review gan;
Performa mesin ; khas karakter 1500cc ivtec
Suspensi ; ini ane agak surprise gan, biasanya ahond punya karakter agak stiff tapi si lio ini suspensinya empuk ; handling ok khas ahond
Interior ; overall masih ok; walau dashbord menurut ane masih lebih baik r3
Akomodasi ; sangat baik menurut ane gan, row2 lega ; row3 cukup lega ;bahkan bagasi belakang bisa muat 4 galon aqua gan tanpa melipat bangku row3.
Kenyamanan ; overall ok.

Kekurangan menurut ane gan:
- tidak ada sensor parkir mundur ( untuk prestige ada kamera mundur )
- power window supir hanya auto turun saja; (untuk safety ???)
- spion belum bisa dilipat otomatis
- audio control tidak ada
- headrest depan menyatu ; klo mau pasang headrest monitor???
- glove box depan terlihat seperti tidak rapat ; ternyata karena memang posisinya sedikit dibuat lebih maju.

sekian gan, pendapat pribadi belum tentu ane benar; :big_peace:
Sip bro, ditunggu review perjalanan luar kota nya, ane penasaran sama performa transmisi + mesin di tanjakan... Diatas kertas sih harusnya bagus, tp tetep aja penasaran real life nya gimana...
:frm_tumbright: gan; ane baru coba yang E Manual gan ini punya sodare ane baru dapat fresh kemaren gan ; ane ambil E CVT tapi blom dapat unitnya :big_blushing:
igo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Sep 23, 2013 4:22

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by igo »

walid_007 wrote:prestige harga berapa sih


keren bgt krum2 an di pintu.... kaya lexus (klo toyota kan di atas)
sekarang 198 gan, dengar2 mau naik gan; biasa ahond :big_smile]
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3148
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by walid_007 »

ditunggu full repiew ny
engine roaring!
igo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Mon Sep 23, 2013 4:22

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by igo »

info peluncuran perdana si Lio gan 25 Jan 2014
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by DDR »

Kalau ada yg mau pinjemin Mobilio nya ke ane bangsa satu minggu aja gpp deh, ane review luar dalem hehehe... Bakal dibawa ke Subang - Lembang... Ciwidey sekalian hehehe...
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4256
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by b0ku »

hari ini masih ada test drive gak penasaran sama CVTnya :ungg:
Prince
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Fri Oct 22, 2010 5:20

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by Prince »

igo wrote: - glove box depan terlihat seperti tidak rapat ; ternyata karena memang posisinya sedikit dibuat lebih maju.

sekian gan, pendapat pribadi belum tentu ane benar; :big_peace:
Kalau dari posting anda, glove box tsb sengaja dibuat lebih maju.
Memangnya tujuannya apa dibuat lebih maju? Soalnya glove box itu lah faktor utama yg membuat saya batal.
Image
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: Ini dia Wujud Asli Honda Mobilio @ IIMS 2013

Post by Tomiko_Van »

Mantab om igo buat reviewnya, berarti kemarin ikut acara penyerahan si Lio di senayan ya.. Kalau menurut om igo, daru segi interior si Lio dibanding avxen-r3-livina-spin bgmana, kira2 ada di posisi mana si Lio??

Menurut pandangan sotoy ane, dari segi exterior, mesin & akomodasi si Lio juara, tinggal interior dibanding pesaingnya.
アイドリング!!!