Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Ivano »

pengendiesel wrote:
ongisnade wrote: Sun Jun 12, 2022 1:54
ongisnade wrote: Fri Jun 03, 2022 11:10 Terima kasih masbro, sdh order
Sudah beli masbro, sdh dipasang dan test sendirian dan berlima jalan aspal dan pegunungan mantab. Limbung sanagt jauh berkurang, lebih stabil dan tetap empuk lebih empuk dari fortuner maupun innova. Cukup 450 rb rupiah dah mantab gak perlu ganti shock maupun pasang stabilizer [emoji106][emoji106]. Ringnya lebih tipis dari ori, ring pake tetep yg ori. Ganti saat service 30 rb minta tlg teknisi pasangin saat bersihin rem copot ban lebih mudah pasangnya
Woh, wenak pol koyoke om :big_exellent:

Memang kalo modif2 aftermarket gini, masih lebih gampang bikin stabil mobil empuk daripada bikin nyaman mobil keras.
Yes, kebetulan miara VRZ juga pakai harian istri.
Kerasnya ampun.
Sementara ini solusinya 1:
Tekanan ban pakai 26 Psi rata.
Tapi imbasnya setir jadi rada berat.

Susyeh emang.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Ivano »

e9unawan wrote:
sintoni wrote: Sat Jun 11, 2022 6:32
e9unawan wrote: Sat Jun 11, 2022 4:54 noted om..ada rekomendasi oli mesin yg oke atau cukup yg gratisan dari dealer?
Kalau mau gratisan diler, minta yg 10W30 jangan yg 15w40.

Ganti aja 5rb sekali.
noted om..btw kalau ganti downpipe gitu garansi hangus ga?
Setau saya, beres mitsu ndak terlalu rewel om.
Mau sedikit repot, kalau ada claim ya pasang lagi downpipe asli nya.

Bina hubungan baik aja sama SA, biar urusan gampang. Tiap habis servis rutin, kasih salam tempel.

Bisa juga pantau dengan gabung salah satu komunitas pajero yg berjibun banyaknya.

Biasanya mereka ada hubungan baik sama beres, tinggal tanya jaringan beres mana, trus sebut komunitasnya.
Biasanya lancar jaya.

Kalau ndak cocok sama suasana komunitasnya, atau habbit mereka di jalan, silent reader aja, yg penting register dan dapet benefitnya.
[emoji4]
amirmn
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Dec 04, 2016 19:29

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by amirmn »

Permisi Agan-Agan, ada yang bisa upgrade transmisi matic 4x4 OPS ke matic 4x4 ANPS?
Last edited by amirmn on Fri Jul 22, 2022 23:35, edited 1 time in total.
McLaren
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 501
Joined: Sun Nov 24, 2019 6:23

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by McLaren »

amirmn wrote: Fri Jul 22, 2022 23:33 Permisi Agan-Agan, ada yang bisa upgrade transmisi matic 4x4 OPS ke matic 4x4 ANPS?
Ada aja om, tapi biayanya akan sama kaya om tuker tambah mobil om 😁
amirmn
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sun Dec 04, 2016 19:29

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by amirmn »

McLaren wrote: Fri Jul 22, 2022 23:51
amirmn wrote: Fri Jul 22, 2022 23:33 Permisi Agan-Agan, ada yang bisa upgrade transmisi matic 4x4 OPS ke matic 4x4 ANPS?
Ada aja om, tapi biayanya akan sama kaya om tuker tambah mobil om 😁
Kayaknya agan bisa ini. Minta nomor kontaknya gan?
Hardiz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 01, 2022 1:31
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 4N15 Dakar Jazz GE8 RR L322 Honda L15ZF

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Hardiz »

Permisi om ane user anps dakar 2016, km baru 70rb an

Minggu lalu ane pake nyetir kurang lebih 4-5 jam tiba tiba indikator suhu mesin mobil overheat mentok dan ada notif mematikan mesin.
Pas buka kap mesin, Air radiator di botol reservoir bergelembung seperti mendidih dan ada tetesan sedikit dari saluran lubang udara di botol reservoir dekat tutup botol reservoir radiator.

setelah suhu mesin agak turun saya pake jalan lg sekitar sejam dan macet total, tidak ada masalah lg, air radiator tidak berkurang sama sekali. Dan suhu mesin normal.

2 hari kemudian saya bawa ke beres, ternyata waktu sampai beres air radiatornya kosong tidak ada sisa. Di beres solusinya kuras radiator dan isi ulang coolant mitsubishi. Dan sekalian ganti oli mesin standar beres 10w30. Ada rembesan oli di bagian bawah turbo dan saluran pipa intercooler. Dan ada muncratan oli sedikit di bagian luar box filter udara (posisi di samping turbo). Kata mekanik di beres kemungkinan bocor pada seal di intercooler dan perlu diganti, sementara masih indent.

Kira kira ada masalah apa ya dgn anps saya? Saya jadi agak ragu mau dipake untuk jarak jauh. Dari tarikan agak sedikit berat tapi ga begitu signifikan, karena setelah kejadian diatas, mobil di kembalikan ke standar semua kecuali filter udara ferrox. Mohon saran dan masukannya om om semua…. Terima kasih


Beberapa custom dan service yg pernah saya lakukan :
1. sebelumnya pernah kuras radiator dan ganti air radiator yg berwarna pink, yg standar bawaannya beres yg warna hijau kalo ga salah
2. Flush oli matic di spbu shell dgn oli matic spirax s5 atf x (rekomendasi spbu shell waktu km 60rb an karena di beres kalimalang tidak ada mesin flush oli matic nya) dan oli mesin terakhir shell helix power 0w-40 (sering ganti merk tapi rutin dan tidak pernah lewat dari 6000-7000 km an)
3. Downpipe brd (wrapped), intercooler pipe stainless brd, filter udara ferrox, pipa intake filter udara brd stainless (ketiganya baru dipake kurang lebih 6 bulan)
4. Oil catch tank cisco tapi udah dilepas jg
5. mesin standar (belum sempat di remap)
6. Upgrade speedometer tft dan aktivasi cruise control (yg ini kayanya ga ada pengaruhnya ke mesin)
Last edited by Hardiz on Mon Aug 01, 2022 6:23, edited 1 time in total.
ctopher7
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 772
Joined: Fri Jun 11, 2021 12:49
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Fortuner gerobak

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by ctopher7 »

Hardiz wrote:Permisi om ane user anps dakar 2016, km baru 70rb an

Minggu lalu ane pake nyetir kurang lebih 4-5 jam tiba tiba indikator suhu mesin mobil overheat mentok dan ada notif mematikan mesin.
Pas buka kap mesin, Air radiator di botol reservoir bergelembung seperti mendidih dan ada tetesan sedikit dari saluran lubang udara di botol reservoir dekat tutup botol reservoir radiator.

setelah suhu mesin agak turun saya pake jalan lg sekitar sejam dan macet total, tidak ada masalah lg, air radiator tidak berkurang sama sekali. Dan suhu mesin normal.

2 hari kemudian saya bawa ke beres, ternyata waktu sampai beres air radiatornya kosong tidak ada sisa. Di beres solusinya kuras radiator dan isi ulang coolant mitsubishi. Dan sekalian ganti oli mesin standar beres 10w30. Ada rembesan oli di bagian bawah turbo dan saluran pipa intercooler. Dan ada muncratan oli sedikit di bagian luar box filter udara (posisi di samping turbo). Kata mekanik di beres kemungkinan bocor pada seal di intercooler dan perlu diganti, sementara masih indent.

Kira kira ada masalah apa ya dgn anps saya? Saya jadi agak ragu mau dipake untuk jarak jauh. Dari tarikan agak sedikit berat tapi ga begitu signifikan, karena setelah kejadian diatas, mobil di kembalikan ke standar semua kecuali filter udara ferrox. Mohon saran dan masukannya om om semua…. Terima kasih


Beberapa custom dan service yg pernah saya lakukan :
1. sebelumnya pernah kuras radiator dan ganti air radiator yg berwarna pink, yg standar bawaannya beres yg warna hijau kalo ga salah
2. Flush oli matic di spbu shell dgn oli matic spirax s5 atf x (rekomendasi spbu shell waktu km 60rb an karena di beres kalimalang tidak ada mesin flush oli matic nya) dan oli mesin terakhir shell helix power 0w-40 (sering ganti merk tapi rutin dan tidak pernah lewat dari 6000-7000 km an)
3. Downpipe brd (wrapped), intercooler pipe stainless brd, filter udara ferrox, pipa intake filter udara brd stainless (ketiganya baru dipake kurang lebih 6 bulan)
4. Oil catch tank cisco tapi udah dilepas jg
5. mesin standar (belum sempat di remap)
6. Upgrade speedometer tft dan aktivasi cruise control (yg ini kayanya ga ada pengaruhnya ke mesin)
saya dikasih tau mbah bebonk oct lebih baik jangan pake, bisa bikin seal mesin pada rembes. penjelasan detailnya saya juga kurang tau ya kenapa.
pecinta bio solar
Mrvin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 182
Joined: Tue Dec 29, 2015 1:59

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Mrvin »

Hardiz wrote: Mon Aug 01, 2022 6:19 Permisi om ane user anps dakar 2016, km baru 70rb an

Minggu lalu ane pake nyetir kurang lebih 4-5 jam tiba tiba indikator suhu mesin mobil overheat mentok dan ada notif mematikan mesin.
Pas buka kap mesin, Air radiator di botol reservoir bergelembung seperti mendidih dan ada tetesan sedikit dari saluran lubang udara di botol reservoir dekat tutup botol reservoir radiator.

setelah suhu mesin agak turun saya pake jalan lg sekitar sejam dan macet total, tidak ada masalah lg, air radiator tidak berkurang sama sekali. Dan suhu mesin normal.

2 hari kemudian saya bawa ke beres, ternyata waktu sampai beres air radiatornya kosong tidak ada sisa. Di beres solusinya kuras radiator dan isi ulang coolant mitsubishi. Dan sekalian ganti oli mesin standar beres 10w30. Ada rembesan oli di bagian bawah turbo dan saluran pipa intercooler. Dan ada muncratan oli sedikit di bagian luar box filter udara (posisi di samping turbo). Kata mekanik di beres kemungkinan bocor pada seal di intercooler dan perlu diganti, sementara masih indent.

Kira kira ada masalah apa ya dgn anps saya? Saya jadi agak ragu mau dipake untuk jarak jauh. Dari tarikan agak sedikit berat tapi ga begitu signifikan, karena setelah kejadian diatas, mobil di kembalikan ke standar semua kecuali filter udara ferrox. Mohon saran dan masukannya om om semua…. Terima kasih


Beberapa custom dan service yg pernah saya lakukan :
1. sebelumnya pernah kuras radiator dan ganti air radiator yg berwarna pink, yg standar bawaannya beres yg warna hijau kalo ga salah
2. Flush oli matic di spbu shell dgn oli matic spirax s5 atf x (rekomendasi spbu shell waktu km 60rb an karena di beres kalimalang tidak ada mesin flush oli matic nya) dan oli mesin terakhir shell helix power 0w-40 (sering ganti merk tapi rutin dan tidak pernah lewat dari 6000-7000 km an)
3. Downpipe brd (wrapped), intercooler pipe stainless brd, filter udara ferrox, pipa intake filter udara brd stainless (ketiganya baru dipake kurang lebih 6 bulan)
4. Oil catch tank cisco tapi udah dilepas jg
5. mesin standar (belum sempat di remap)
6. Upgrade speedometer tft dan aktivasi cruise control (yg ini kayanya ga ada pengaruhnya ke mesin)
yakin tuh 8 speed dikasih atf shell spirax s5 yang buat 5 speed kebawah? apa ga kerasa shiftingnya jadi aneh? mending ganti ATF ke bawaan mitsu aja deh kalo ga pake PTT LV1 atau motul ATF VI


main aja deh ke autocartrix BSD aja, biar dicek sm mbah Satria
Hardiz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 01, 2022 1:31
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 4N15 Dakar Jazz GE8 RR L322 Honda L15ZF

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Hardiz »

Mrvin wrote: Mon Aug 01, 2022 8:47
yakin tuh 8 speed dikasih atf shell spirax s5 yang buat 5 speed kebawah? apa ga kerasa shiftingnya jadi aneh? mending ganti ATF ke bawaan mitsu aja deh kalo ga pake PTT LV1 atau motul ATF VI


main aja deh ke autocartrix BSD aja, biar dicek sm mbah Satria
Ga begitu kerasa sih om keanehan shifting gigi nya, tapi rencana memang mau flush lg di beres aja… thanks responnya om
Hardiz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 01, 2022 1:31
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 4N15 Dakar Jazz GE8 RR L322 Honda L15ZF

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Hardiz »

ctopher7 wrote: Mon Aug 01, 2022 7:54 saya dikasih tau mbah bebonk oct lebih baik jangan pake, bisa bikin seal mesin pada rembes. penjelasan detailnya saya juga kurang tau ya kenapa.
Iya om… setau saya jg gitu, makanya saya lepas

Cuma dibawah turbo ini agak lumayan juga kerak rembesan oli nya, dari tarikan dan suara turbo sih ga ada penurunan performa signifikan atau suara yg aneh…
Semoga benar cuma seal intercooler nya aja yg perlu diganti, padahal tadinya mau sekalian ganti intercooler nya brd terus remap stage 2 :big_cry:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by DOHC »

Hardiz wrote: Mon Aug 01, 2022 6:19 Permisi om ane user anps dakar 2016, km baru 70rb an

Minggu lalu ane pake nyetir kurang lebih 4-5 jam tiba tiba indikator suhu mesin mobil overheat mentok dan ada notif mematikan mesin.
Pas buka kap mesin, Air radiator di botol reservoir bergelembung seperti mendidih dan ada tetesan sedikit dari saluran lubang udara di botol reservoir dekat tutup botol reservoir radiator.

setelah suhu mesin agak turun saya pake jalan lg sekitar sejam dan macet total, tidak ada masalah lg, air radiator tidak berkurang sama sekali. Dan suhu mesin normal.

2 hari kemudian saya bawa ke beres, ternyata waktu sampai beres air radiatornya kosong tidak ada sisa. D
i beres solusinya kuras radiator dan isi ulang coolant mitsubishi. Dan sekalian ganti oli mesin standar beres 10w30. Ada rembesan oli di bagian bawah turbo dan saluran pipa intercooler. Dan ada muncratan oli sedikit di bagian luar box filter udara (posisi di samping turbo). Kata mekanik di beres kemungkinan bocor pada seal di intercooler dan perlu diganti, sementara masih indent.

Kira kira ada masalah apa ya dgn anps saya? Saya jadi agak ragu mau dipake untuk jarak jauh. Dari tarikan agak sedikit berat tapi ga begitu signifikan, karena setelah kejadian diatas, mobil di kembalikan ke standar semua kecuali filter udara ferrox. Mohon saran dan masukannya om om semua…. Terima kasih


Beberapa custom dan service yg pernah saya lakukan :
1. sebelumnya pernah kuras radiator dan ganti air radiator yg berwarna pink, yg standar bawaannya beres yg warna hijau kalo ga salah
Kl dr crita yg ta bold

Koq kayanya ini lebi ke arah masup angin d jalur coolant yah

Waktu kuras coolant, ud d burp / buang angin belom
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Hardiz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 01, 2022 1:31
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 4N15 Dakar Jazz GE8 RR L322 Honda L15ZF

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Hardiz »

DOHC wrote: Mon Aug 01, 2022 10:23
Kl dr crita yg ta bold

Koq kayanya ini lebi ke arah masup angin d jalur coolant yah

Waktu kuras coolant, ud d burp / buang angin belom
Seingat saya udah om… gelembung udaranya sudah ga ada sepertinya
yosephwalz
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Jun 28, 2022 17:09

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by yosephwalz »

Permisi om mau tanya, sy punya ANPS 2017. Untuk menyalakan foglamp kan ada saklar foglamp sendiri, sedangkan mematikannya bisa lewat saklar foglamp atau saklar headlamp.
Akhir akhir ini tidak bisa mematikan lewat saklar foglamp seperti macet atau tidak konek gitu tapi selalu harus pakai saklar headlamp, padahal saya sudah putar putar. Kira kira ada masalah atau kerusakan di mana ya ? Terima kasih.
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by jnkr »

yosephwalz wrote:Permisi om mau tanya, sy punya ANPS 2017. Untuk menyalakan foglamp kan ada saklar foglamp sendiri, sedangkan mematikannya bisa lewat saklar foglamp atau saklar headlamp.
Akhir akhir ini tidak bisa mematikan lewat saklar foglamp seperti macet atau tidak konek gitu tapi selalu harus pakai saklar headlamp, padahal saya sudah putar putar. Kira kira ada masalah atau kerusakan di mana ya ? Terima kasih.
Nah.. copot aki buat reset 15 menit om. Biasa emang sometime agak ngaco gitu..
yosephwalz
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Jun 28, 2022 17:09

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by yosephwalz »

jnkr wrote:
yosephwalz wrote:Permisi om mau tanya, sy punya ANPS 2017. Untuk menyalakan foglamp kan ada saklar foglamp sendiri, sedangkan mematikannya bisa lewat saklar foglamp atau saklar headlamp.
Akhir akhir ini tidak bisa mematikan lewat saklar foglamp seperti macet atau tidak konek gitu tapi selalu harus pakai saklar headlamp, padahal saya sudah putar putar. Kira kira ada masalah atau kerusakan di mana ya ? Terima kasih.
Nah.. copot aki buat reset 15 menit om. Biasa emang sometime agak ngaco gitu..
Aman ya om kalo aki nya di cabut, takutnya berubah settingan ke ecu dsb
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by jnkr »

yosephwalz wrote:
jnkr wrote:
yosephwalz wrote:Permisi om mau tanya, sy punya ANPS 2017. Untuk menyalakan foglamp kan ada saklar foglamp sendiri, sedangkan mematikannya bisa lewat saklar foglamp atau saklar headlamp.
Akhir akhir ini tidak bisa mematikan lewat saklar foglamp seperti macet atau tidak konek gitu tapi selalu harus pakai saklar headlamp, padahal saya sudah putar putar. Kira kira ada masalah atau kerusakan di mana ya ? Terima kasih.
Nah.. copot aki buat reset 15 menit om. Biasa emang sometime agak ngaco gitu..
Aman ya om kalo aki nya di cabut, takutnya berubah settingan ke ecu dsb
Settingan ecu gmn yg d maksud om? Paling saluran radio aja reset sih
yosephwalz
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Tue Jun 28, 2022 17:09

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by yosephwalz »

jnkr wrote:
yosephwalz wrote:
jnkr wrote:Nah.. copot aki buat reset 15 menit om. Biasa emang sometime agak ngaco gitu..
Aman ya om kalo aki nya di cabut, takutnya berubah settingan ke ecu dsb
Settingan ecu gmn yg d maksud om? Paling saluran radio aja reset sih
Om .. aman sudah sy reset dan normal lagi trims infonya [emoji16]
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by jnkr »

yosephwalz wrote:
jnkr wrote:
yosephwalz wrote:Aman ya om kalo aki nya di cabut, takutnya berubah settingan ke ecu dsb
Settingan ecu gmn yg d maksud om? Paling saluran radio aja reset sih
Om .. aman sudah sy reset dan normal lagi trims infonya [emoji16]
Nice
nggajago
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Feb 27, 2012 3:53

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by nggajago »

Halo,
Mau tanya apakah ada bengkel rekomendasi untuk service electric parking break ? Epb nya ada warning dan kata bengkel resmi hrs diganti tp harganya lumayan juga.

Terima kasih.
WhiteANPS
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Sep 12, 2022 16:28
Location: Palembang
Daily Vehicle: Pajero Sport 2021

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by WhiteANPS »

Halo mbah tanya donk, klo mau ganti pipa intercooler pakai brd, klem2annya kuat ga ya? Atau perlu diganti pakai yg lebih baik lagi?
Hardiz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Aug 01, 2022 1:31
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 4N15 Dakar Jazz GE8 RR L322 Honda L15ZF

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Hardiz »

WhiteANPS wrote: Mon Sep 12, 2022 22:39 Halo mbah tanya donk, klo mau ganti pipa intercooler pakai brd, klem2annya kuat ga ya? Atau perlu diganti pakai yg lebih baik lagi?
Ane pernah ganti, kayanya yg masang kurang pengalaman, yg pertama kali pas di geber di jalan tol klem nya lepas
Yg kedua ada rembesan oli di sekitar pipa turbo ke intercooler
Skrg balikin ke standar, kayanya ga begitu pengaruh ke tarikan (kondisi belum remap)
Ajun06
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Sep 06, 2015 7:52

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Ajun06 »

Hallo malam om-om semua, mau tanya dong. ANPS saya saat tidak digunakan 2 hari saja pas awal start suaranya kasar sekali tetapi setelah 3-5 detik kembali normal. Kira2 penyebabnya apa ya? Terima kasih
jnkr
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 194
Joined: Mon Apr 17, 2017 6:24
Location: Bekasi
Daily Vehicle: Car

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by jnkr »

Ajun06 wrote:Hallo malam om-om semua, mau tanya dong. ANPS saya saat tidak digunakan 2 hari saja pas awal start suaranya kasar sekali tetapi setelah 3-5 detik kembali normal. Kira2 penyebabnya apa ya? Terima kasih
Oli pakai apa om?
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Ivano »

Hardiz wrote:Permisi om ane user anps dakar 2016, km baru 70rb an

Minggu lalu ane pake nyetir kurang lebih 4-5 jam tiba tiba indikator suhu mesin mobil overheat mentok dan ada notif mematikan mesin.
Pas buka kap mesin, Air radiator di botol reservoir bergelembung seperti mendidih dan ada tetesan sedikit dari saluran lubang udara di botol reservoir dekat tutup botol reservoir radiator.

setelah suhu mesin agak turun saya pake jalan lg sekitar sejam dan macet total, tidak ada masalah lg, air radiator tidak berkurang sama sekali. Dan suhu mesin normal.

2 hari kemudian saya bawa ke beres, ternyata waktu sampai beres air radiatornya kosong tidak ada sisa. Di beres solusinya kuras radiator dan isi ulang coolant mitsubishi. Dan sekalian ganti oli mesin standar beres 10w30. Ada rembesan oli di bagian bawah turbo dan saluran pipa intercooler. Dan ada muncratan oli sedikit di bagian luar box filter udara (posisi di samping turbo). Kata mekanik di beres kemungkinan bocor pada seal di intercooler dan perlu diganti, sementara masih indent.

Kira kira ada masalah apa ya dgn anps saya? Saya jadi agak ragu mau dipake untuk jarak jauh. Dari tarikan agak sedikit berat tapi ga begitu signifikan, karena setelah kejadian diatas, mobil di kembalikan ke standar semua kecuali filter udara ferrox. Mohon saran dan masukannya om om semua…. Terima kasih


Beberapa custom dan service yg pernah saya lakukan :
1. sebelumnya pernah kuras radiator dan ganti air radiator yg berwarna pink, yg standar bawaannya beres yg warna hijau kalo ga salah
2. Flush oli matic di spbu shell dgn oli matic spirax s5 atf x (rekomendasi spbu shell waktu km 60rb an karena di beres kalimalang tidak ada mesin flush oli matic nya) dan oli mesin terakhir shell helix power 0w-40 (sering ganti merk tapi rutin dan tidak pernah lewat dari 6000-7000 km an)
3. Downpipe brd (wrapped), intercooler pipe stainless brd, filter udara ferrox, pipa intake filter udara brd stainless (ketiganya baru dipake kurang lebih 6 bulan)
4. Oil catch tank cisco tapi udah dilepas jg
5. mesin standar (belum sempat di remap)
6. Upgrade speedometer tft dan aktivasi cruise control (yg ini kayanya ga ada pengaruhnya ke mesin)
Hallo om.

Ini ANPS 2016 beli pakai dari baru kah odo 70rb an km?

Atau beli used?

Seringkali, problem temperature di 4N15 atau 4D56 karena durasi mesin, dan terlewat perawatan/flush coolant secara periodik.

Semua liquid di mobil pasti ada usia pakai.
Termasuk coolant (dan atau thermostat), brake fluid, powersteering fluid, di luar oli2 yg rutin diganti lainnya.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 287
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Pajero Sport Users...!!! (MASUK KE SINI) - PART 04

Post by Ivano »

Ajun06 wrote:Hallo malam om-om semua, mau tanya dong. ANPS saya saat tidak digunakan 2 hari saja pas awal start suaranya kasar sekali tetapi setelah 3-5 detik kembali normal. Kira2 penyebabnya apa ya? Terima kasih
Suara kasar di awal mesin running lebih karena pelumasan yg belum merata.

Coba upgrade oli mesin yg dipakai, atau tambahkan additive seperti Liquimoly ceratec.
(Bukan ajakan membeli)