Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas ??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
kapan hari itu teman2 sy sudah melakukan test Premium, Pertamax, dan biosolar di lab petro lab.. dan hasilnya ? Premium RON nya 88,7 (saja) da MON nya 79,5

kalok berita ttg premium = RON 95, itu adalah 100% hoax !
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:
Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
kapan hari itu teman2 sy sudah melakukan test Premium, Pertamax, dan biosolar di lab petro lab.. dan hasilnya ? Premium RON nya 88,7 (saja) da MON nya 79,5

kalok berita ttg premium = RON 95, itu adalah 100% hoax !
maaf om, soal ini sudah pernah dibahas ... di sini : http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 56#p601156
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

asudarsono wrote:Khan kuncinya di remapping. Krn mapping awal fokus ke emisi dan irit, ya keunggulannya di situ. Setelah remapping, tenaga naik dong. Emang maksudnya begitu kok.

Kalau gak diremap, ya itu tergantung kecanggihan sensor2nya.

Kalau mengenai durabilitas, maksudnya gimana ya om? Menurut saya lebih tergantung kualitas oli dan air pendinginan. Apa maksudnya busi cepet mati, piston bolong, ring aus, timbul kerak? Yang sering terjadi emang keraknya banyak. Kalau untuk mesin turbo aku juga gak paham, dulu punya WRX pakainya super terus.
klw yg std pabrik biasanya ya di set optimal biar bisa ngasilin tenaga optimal sesuai d spec list.. jika pakai fuel yg d rekomendasiin. klw pke fuel d spek minimal y pasti performa turun.. apalagi klw d bawah spek minimal...


klw mau biar jadi bisa pke low octane.... ya di remap, biar timingnya jadi retard...... AFR di bikin rich, bwat ngehindarin knocking..... cara yg sama jika ngandalin knock sensor... cuma klw knock sensor dia jalan otomatis, dia dengerin ada knock tidak, klw g ada dia majuin timing, klw ada dia mundur lagi... jadinya d klw pke low octane fuel nyari2 setup terbaik coba2 dan knock pasti terjadi, dia juga dan ngarep di kasih fuel lebih baik.. jd sekali2 di bikin advance, klw uda d remap ya d lock di fuel lowoctane jadi g nyari-nyari lagi. ada juga yg d mesinya ada maptable untuk ngadepin beberapa kualitas fuel, klw g salah pernah baca d jurnal ecuflah d mitsu, jd butu d kasih map table baru klw yg pling rendah g sesuai. atau mw lebih tinggi lg pke avgas misal nya...

remap klw performa ya beda lagi.......timing di bikin advance, AFR di usahain di optimal, gw baca2 malah rich AFR bukan ngasilin tenaga terbesar, justru d lean... dan lebih bahaya n panas saat AFR lean jd biar aman saat high engine load atau wideopen throttle di bikin lebih rich, dan masuk ke open loop bwat ngeoveride o2 sensor.. remap ini bwat manfaatin fuel yg lebih tinggi oktannya dri rekomendasi pabrik.. selain untuk nyesuikan modifikasi lainya. d kondisi ini y di kasih low octane, bisa knock/detonasi parah.......

contohny liat aja setup remap subaru tuningny MRT, di bikin 2 pilihan low octane 91 n high octane 98 setup beda, outputnya juga beda jauh.... jgn ngarep remap low octane bisa sama baiknya dgn remap high octane..

skrng remap low octane se low apa? sampai ke 88 tidak? klw trik remap dgn timing n afr uda g mampu y cara lainya de-compresi.. turunin kompresi mesin.. biar kaya mesin mobil tahun 90an yg pake karbu.. wkwkwk :D cherokee gw di giniin.. performa jelas turun... tp jd kaga knocking pke premium.. y cherokee cuma 8.8:1 normal rada ngelitik, turun jadi sekitar 8.4:1 nah mobil modern 10.5:1 mw gmn caranya?..........

cara lain, ya jangan di geber2 mobilnya, jangan di beri high engine load, jgn main high rpm.. karna di kondisi lebih rawan terjadi knocking. dan d highrpm jarang terdengar telingan driver... which is klw bawanya nyantai2 aja y relatif aman..

jd imho sulit klw ngarep timing n afr d optimal,tenaga optimal tp pke low oktan..
dan pke high oktan melebihi rekomendasi juga blm tentu berguna.

ya kec bisa niru skyactiv engine DIY beda lg critanya....

soal durabilitas.. di liat lagi knocking n detonasi itu apa. kerak sih lebih akibat timbal, dan kerak juga bisa bikin knocking lebih mudah terjadi karna endapan cabon bisa jadi heat spot.

uda ane tulis di atas deh hubungan ke kompresi mesin juga.... klw di baca...
oktan yg sesuai dengan kompresi mesin memungkin kan fuel di ledakan titik TDC dan kompresi maksimal a.k.a saat piston berada di titik paling atas, oktan yg rendah memiliki resiko fuel terbakar saat piston masih bergerak naik ini yg bikin knocking karna piston masih naik tp fuel uda meledak, hasilnya fuel itu jadi wasted tidak jadi tenaga malah ngehantam piston yg bergerak naik *liat piston bolong akibat keseringan knocking*.
energi yg harusnya di ledakin di titik atas dan neken piston kebawah jadi energi mesin. ini meledak saat piston masih bergerak naik..... jadi energi ledakan neken piston kebawah,sedangkan piston masih di dorong crankshaft bwat naik jd tabrakan kaya di palu aja.

Image

mesin modern ada urusan ke catalytic converter juga........ yg dia baru bisa kerja optimal dan awet jika pembakaran di lakukan d AFR stochiometris. klw pke fuel yg g sesuai, g bisa d AFR itu jadi bnyk kasus yg cc yg g kerja optimal target emisi g tercapai *not big deal hehehe*
sial nya klw sampai rusak dan endapan carbon yg keluar juga numpuk d CC sampai mampet. y saatnya d cabut.


cmiiw
:beer:
Last edited by billyd1773dz on Thu Oct 10, 2013 15:08, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

JESKONENG wrote:
Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
kapan hari itu teman2 sy sudah melakukan test Premium, Pertamax, dan biosolar di lab petro lab.. dan hasilnya ? Premium RON nya 88,7 (saja) da MON nya 79,5

kalok berita ttg premium = RON 95, itu adalah 100% hoax !
setuju..
dlu blunder besar yg ngomong kya gtu..

k performa kerasa bngt kok..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by kompresorz »

saya tes di mobil tua e36 320i manual kompresi 1:11..

kmaren baru tes premium murni 1 tangki kalo dr tarikan awal timbul ngelitik parah terus kecepatan tinggi jg berasa raungan kencang tp berasa terhambat larinya..

tp klo pertamak/plus awal gerak gak ngelitik n pas kecepatan tinggi berasa mobil ringan minta tambah lg gasnya...

tar mau balik pertamak aja..

tp mungkin mobilnya aja x yg udah kakek n bmasalah..
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

Image

tabel itu bukan bikinan saya om.. sy mencomot dari website-nya om Saftari ... dan memang berlaku internasional.. atau lebih tepatnya : memang begitulah hukum angka rasio kompresi vs angka oktan bbm.

kalok gak salah, bidang ilmunya disebut "Stoichiometri" yaitu mengenai internal combustion (pembakaran internal).. pls CMIIW
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:Image

tabel itu bukan bikinan saya om.. sy mencomot dari website-nya om Saftari ... dan memang berlaku internasional.. atau lebih tepatnya : memang begitulah hukum angka rasio kompresi vs angka oktan bbm.

kalok gak salah, bidang ilmunya disebut "Stoichiometri" yaitu mengenai internal combustion (pembakaran internal).. pls CMIIW
btw, angka rasio kompresi mesin bisa berbeda2 utk masing2 mesin... utk mengetauinya, bisa diliat di "owner's manual" atau buku panduan pemilik kendaraan bermotor yg disertakan saat pembelian mobil dari dealer ... di bagian "technical specification", ada "compression ratio"...

jika buku panduan itu sudah hilang, sy bisa bantu .. sebutkan aja merk/type mobil dan taun keluarannya, nanti sy bisa carikan infonya ..
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Ya deh saya manggut2 aja. Kalau banyak yg pakai pertamax khan bagus, antrian di premium jadi pendek.

Kalau detonasi alias ngelitik ya jangan diteruskanlah. Mobilnya segera dipinggirkan. Kalau gak ya piston bisa aja bolong seperti di atas. Piston jadi bolong itu hitungannya cepet lho, gak sampai bulanan. Temenku pakai Swift buat drag di Sentul, pistonnya bolong setelah 2 hari drag. Kalau yg punya VW Kodok pasti paham banget. Namanya Kodok, gak punya temperature gauge, indikasi overheat ya ngelitik itu. Kalau gak minggir ya bolonglah piston.

Kalau punya mobil dari merk "jago ngelitik" gimana dong? Hehehehe, ya gimana ya, namanya desain ruang bakarnya udah gitu dari sononya. Namanya mesin 4 tak, salah desain dikit udah macem2 penyakitnya. Coba 2 tak, desain headnya khan perfect. Sebuah kubah (hemi) dengan busi di tengah.. Mau bensin campur malah makin seneng (malah irit oli samping). Intinya gak mikir, apalagi cuma premium pertamax. Tapi ya itu, emisi dan boros. Tamatlah riwayat 2 tak di dunia modern.
Ready to Race
outlaw
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Nov 14, 2012 1:46

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by outlaw »

Bahasan yg cukup menarik,nubie ikut nimbrung ah.....

Kalo boleh nubi analogikan bbm low octan dg high octan.... ibarat petasan yg satu sumbu pendek/low RON dan satunya sumbu panjang/high RON...bagaimana supaya itu petasan meledaknya bareng/sama [ TMA lewat dikit,kalo TMA lwt banyak/timing retard mmg tdk timbul nglitik tp hasil power akan berkurang banyak,krn kompresi sdh turun lg] kapan timing nyulut apinya? [yg nubie tahu mmg ada jeda waktu sepersekian detik untuk meledak full itu bbm+udara+kompresi dr saat awal api busi menyala/tdk langsung meledak full]


Sedang kalo analogi lean AFR shg timbul ngelitik msh susah spt apa yak? apa ibarat petasan yg obatnya cuma sedikit shg suaranya cuma "pletik...pletik" spt nglitik :e-doh:

yg masih nubi pahami...krn AFR lean dan faktor beban berat mesin+drive train,shg ledakan kompresi bbm yg lean tsb tdk cukup kuat mendorong piston / piston tertahan tdk terdorong penuh ke bawah...shg timbul nglitik spt ledakan tidak sempurna...

IMHO & CMIIW....
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

kalok ngelitik karna oktan bensin terlalu rendah, ya sangat simple penjelasannya : misalnya pada mesin dng kompresi 10 keatas : 1, tapi pake bbm oktan 88, maka bbm 88 itu sudah kadung meledak duluan sebelum saatnya...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2286
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by ilhami »

kalau terlalu lean, temperatur akan tinggi, sehingga bbm oktan rendah juga sangat mudah knocking di temperatur tinggi.

nubie mode on
unlimited90
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Mon Mar 12, 2012 3:08

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by unlimited90 »

apakah campuran bbm low octane dan high octane dapat memberikan medium octane dengan equal distribution? atau jadinya nanti sebagian equal, sebagian lebih tinggi, sebagian lebih rendah. mohon penjelasannya suhu2.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

outlaw wrote: Sedang kalo analogi lean AFR shg timbul ngelitik msh susah spt apa yak? apa ibarat petasan yg obatnya cuma sedikit shg suaranya cuma "pletik...pletik" spt nglitik :e-doh:

yg masih nubi pahami...krn AFR lean dan faktor beban berat mesin+drive train,shg ledakan kompresi bbm yg lean tsb tdk cukup kuat mendorong piston / piston tertahan tdk terdorong penuh ke bawah...shg timbul nglitik spt ledakan tidak sempurna...

IMHO & CMIIW....
soalnya.. mesin mobil berjalan most of the time pada Air to Fuel mixture 14.7:1 dimana di ratio ini fuel bisa di bakar habis dgn sempurna, AFR di kontrol dari O2 sensor d exhaust yg terus memonitor fuel-trim dan mengatur asupan fuel untuk tetep berada di ratio tersebut. di kondisi ini di sebut close loop, kondisi ini terjadi sebagian besar saat berkendara, mulai dri idle cruising hingga accel ringan.

masalahnya di close loop ini suhu yg di hasilkan paling tinggi dan berbahaya jika di gunakan pada high engineload, atau high rpm..... al hasil di mobil modern klw di bejek dia pindah ke openloop.. dimana nge overide o2sensor.. dan di bikin AFR lebih rich yg lebih dingin... untuk menghindari kerusakan mesin.

bgtu juga klw fuel low octane... suhu panas juga salah satu yg bikin knocking jadi di bikin rich juga...

yg bikin knocking selain kompresi, juga suhu ruang bakar, engine load, engine rev dan adanya endapan carbon yg jadi heatspot di ruang bakar.

rasanya d mbl modern AFR yg lean lebih kurus dari 14.7:1 hanya terjadi saat dfco aja dimana tidak terjadi pembakaran.
kecuali di mesin leanburn khusus.

dan mesin diesel yg umumnya memang kerja d AFR lebih dari 22:1

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Turboman »

Premios di kita kan ada yg dari kilang lokal, ada juga yg ex import

Ya detailnya gimana saya juga gak paham sih, cuman yg cerita ke saya ini teman lama yg kerja di persh swasta yg bergerak di bidang Energy / bahan bakar utk industri, dia kenal semua dgn supplier Fuel di luar negeri yg biasa jualan Fuel ke Indonesia

Yah ceritanya sih dulu begitu, terkadang si P*tr*l bisa ambil yg RON 95 bila stock RON 90 - 91 kosong, tapi yah itu sifatnya "severe aja" kalo lagi kondisi emergency, at the end di depo utama BBM tsb di Indo juga mungkin di mix dari yg sumber lain yg RON lebih rendah, tentu gimanapun mereka prefer yg RON rendah krn kalo ambil RON tinggi ya keuntungan si P*tr*l jadi berkurang donkk.......hehehehe

Percaya ga percaya siihh......memang terdengar agak gak masuk akal......kalo mau dibilang Hoax yah terserah......hehehehehe......kalo buat saya pribadi sih enggak Hoax krn teman saya ini bukan orang biasa........beliau sehari2 sering berhubungan dgn orang BP MiGas / supplier2 Fuel di luar negeri......kantornya benar2 pemain Fuel swasta kelas berat di Indonesia......heheheheheh

Just my 2 cents ajah

@billy :
Performa mesin sgt dipengaruhi oleh kandungan additive pada BBM tsb, gak hanya angka RON nya ajah

yah saya juga merasakan kalo pakai Pertamax Biru lebih baik drpd Premios, yah si Premios pan Ground handlingnya jelek, bisa terkontaminasi air lah, solar lah, hancur dah tuh BBM.....apalagi dr basic-nya juga sgt miskin additive......hehehehehehe

billyd1773dz wrote:
JESKONENG wrote:
Turboman wrote:Menurut sumber yg dapat dipercaya :
Premios yg skg ini dimana banyak yg ex import, angka RON nya memang di atas 90 krn kilang2 di luar sudah nyaris gak ada lagi yg produksi RON 88

seringnya RON 90 - 91 en bahkan kalo stok RON basic di luar habis, konon si P*tr*l ambil yg RON 95 utk dijadikan Premios, walau mmg yg diambil adalah Gasoline yg paling murah dimana poor on additip / additip ala kadarnya

cuman yg nurunin kualitas Premios di SPBU adalah soal ground handlingnya, kecampur aer lah, kecampur solar lah dll

Btw kalo soal irit / nggak irit yah tergantung kaki kanan & lalu lintas lah......kalo rutin pake Premios alangkah baiknya dikasih additive cleaner yg mengandung PEA

Just IMO
kapan hari itu teman2 sy sudah melakukan test Premium, Pertamax, dan biosolar di lab petro lab.. dan hasilnya ? Premium RON nya 88,7 (saja) da MON nya 79,5

kalok berita ttg premium = RON 95, itu adalah 100% hoax !
setuju..
dlu blunder besar yg ngomong kya gtu..

k performa kerasa bngt kok..

:beer:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Yoi, kadang kita lupa pertamax dan premium asal satu yaitu bensin. Yg bikin keliatan beda khan harganya, padahal kalau gak ada subsidi, harganya beda tipis. Kalau kita mau serius, harusnya RON 92 juga masih di bawah spek. Kenapa gak ada yg takut mesinnya jebol pakai RON 92?

BTT emang sering kita temui premium yg terkontaminasi. Itu yg bikin nama premium makin jatuh. Padahal kembali, asal premium dan pertamax itu satu. Gak ada yg mengatakan kalau pakai pertamax mesin jadi lebih bertenaga. Krn kandungan energi premium dan pertamax itu sama kok. Cuma bagaimana kita nyetel mobilnya yg setting awalnya RON tinggi bisa kerja optimum di RON rendah.

Aku gak ngomong semua mobil bisa distel, tapi kalau sukses khan lumayan. Distel gini juga bukan maksudnya asal jalan, tapi bagaimana nyetel shg jalan normal.

Ya itu pendapat saya. Kalau ternyata selama ini aku dapatnya premium yg kualitasnya pertamax, ya gugur teoriku
Ready to Race
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

Turboman wrote: @billy :
Performa mesin sgt dipengaruhi oleh kandungan additive pada BBM tsb, gak hanya angka RON nya ajah

yah saya juga merasakan kalo pakai Pertamax Biru lebih baik drpd Premios, yah si Premios pan Ground handlingnya jelek, bisa terkontaminasi air lah, solar lah, hancur dah tuh BBM.....apalagi dr basic-nya juga sgt miskin additive......hehehehehehe
soal gosip premium sih, y ane ambil yg gw rasa aja d mbl ane hehehe :D pertamax dlu aje,

uda pernah bikin jebol bmw soalnya... kata salesnya gpp pke premium tambah aditif catalyst broquet yg d fuelline dari baru ngelitik sih kaga... bokap percaya aja lagi... y 4thn kemudian kena deh.. dlm 2-3thn juga uda segala kerasa g enak mesinnya.


yup memang aditif juga sangat pengaruh... itu yg beda di pertamax n shell.. trutama v-power.....

V-Power sama ron 95 tp harganya di atas pertamax plus..... orng g ngerti y ribut aja knp ron sama di hargain lebih mahal.... atw banding2in v-power di luar yg ron98 dan 100 .......

V-Power punya cleaning detergent jauh lebih banyak dari fuel biasa, selain itu ada friction modifier yg mengurangi gesekan di ruang mesin... blm lagi soal anti foaming yg uda wajib d bbm non subsidi biar g perlu d goyang2 waktu ngisi...

V-power sih g perlu nunggu timing geser uda langsung kerasa bedanya.


dan memang bukan marketing doang sih... di coba memang besar pengaruhnya. sekalipun sesama ron 95, ya karna dia jualan aditif.

aditif disini bukan naikin oktan yah..

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Jambangan »

billyd1773dz wrote:
Turboman wrote: @billy :
Performa mesin sgt dipengaruhi oleh kandungan additive pada BBM tsb, gak hanya angka RON nya ajah

yah saya juga merasakan kalo pakai Pertamax Biru lebih baik drpd Premios, yah si Premios pan Ground handlingnya jelek, bisa terkontaminasi air lah, solar lah, hancur dah tuh BBM.....apalagi dr basic-nya juga sgt miskin additive......hehehehehehe
soal gosip premium sih, y ane ambil yg gw rasa aja d mbl ane hehehe :D pertamax dlu aje,

uda pernah bikin jebol bmw soalnya... kata salesnya gpp pke premium tambah aditif catalyst broquet yg d fuelline dari baru ngelitik sih kaga... bokap percaya aja lagi... y 4thn kemudian kena deh.. dlm 2-3thn juga uda segala kerasa g enak mesinnya.


yup memang aditif juga sangat pengaruh... itu yg beda di pertamax n shell.. trutama v-power.....

V-Power sama ron 95 tp harganya di atas pertamax plus..... orng g ngerti y ribut aja knp ron sama di hargain lebih mahal.... atw banding2in v-power di luar yg ron98 dan 100 .......

V-Power punya cleaning detergent jauh lebih banyak dari fuel biasa, selain itu ada friction modifier yg mengurangi gesekan di ruang mesin... blm lagi soal anti foaming yg uda wajib d bbm non subsidi biar g perlu d goyang2 waktu ngisi...

V-power sih g perlu nunggu timing geser uda langsung kerasa bedanya.


dan memang bukan marketing doang sih... di coba memang besar pengaruhnya. sekalipun sesama ron 95, ya karna dia jualan aditif.

aditif disini bukan naikin oktan yah..

:beer:
Wah ngeri jg ya mesinnya bisa ampe jebol
Jebol gegara apaan om?? Katanya ga ngelitik karena pake broquet??
Yg lucu mobil ane swift ST. Dari baru ga pernah pake premium tapi sekarang malah ada ngelitik2nya. Keseringan kena macet kali ya makanya mesin berkerak
Tapi pas pake shell baik super maupun v-power ga ada ngelitik. Pake total msh ada ngelitik dikit. Yg parah ngelitiknya pas pake selang biru :e-doh:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

asudarsono wrote:Yoi, kadang kita lupa pertamax dan premium asal satu yaitu bensin. Yg bikin keliatan beda khan harganya, padahal kalau gak ada subsidi, harganya beda tipis. Kalau kita mau serius, harusnya RON 92 juga masih di bawah spek. Kenapa gak ada yg takut mesinnya jebol pakai RON 92?

BTT emang sering kita temui premium yg terkontaminasi. Itu yg bikin nama premium makin jatuh. Padahal kembali, asal premium dan pertamax itu satu. Gak ada yg mengatakan kalau pakai pertamax mesin jadi lebih bertenaga. Krn kandungan energi premium dan pertamax itu sama kok. Cuma bagaimana kita nyetel mobilnya yg setting awalnya RON tinggi bisa kerja optimum di RON rendah.

Aku gak ngomong semua mobil bisa distel, tapi kalau sukses khan lumayan. Distel gini juga bukan maksudnya asal jalan, tapi bagaimana nyetel shg jalan normal.

Ya itu pendapat saya. Kalau ternyata selama ini aku dapatnya premium yg kualitasnya pertamax, ya gugur teoriku

ron 92 di bawah spek? bisa di jelasin om....?

YUP gw juga setuju premium ilangin pertamax d subsidi aja... trutama bwat DEX dan biosolar non subsidi yg beda harganya dikit bngt........

kandungan energi sama, tapi jumlah kandungan iso-octane dan heptane premium dan pertamax itu sangat berbeda.... ini yg hubunganya ke kompresi mesin

klw di baca dari atas mestinya uda kebayang kenapa oktan yg tepat d kompresi mesin yg tepat bisa ningkatin tenaga dan efisiensi mesin.. klw ini blm nyambung g nyambung2 diskusinya... :mky_05: dan YA itu bisa ningkatin tenaga..

boleh om.. di *setel* sok ke tukang bubut bikin piston decompresi bwat semua mesin.. atau bikin petisi ke pabrikan biar kompresi di bikin 8:1 lagi................ kya mesin karbu...

tp y tw sendiri orng pingin mesin bertenaga.... skrng 1.3 ltr n.a aja bisa 100ps,d mesin sport 1.6ltr uda bisa 170hp N.A... kompresinya brp... ?pke 8:1 bisa dpt g tenaga sgtu?... jaman kompresi 8:1 bisa g fc mesin mobil kapasitas sama kya mbl jaman skrng? blm lagi tuntutan emisi...

bahasa *distel* kesannya kaya gampang banget ngerjainya... kaya jaman geser timing d mesin mbl karbu wkwkw :D

cherokee gw mungkin bisa bilang uda *distel* bisa premium karna decompresi dri headnya g jauh turun nya, bukan kerjaan yg 1-2hari selesai.. g kebayang klw 10:1 jadi di bawah 8:1 hrs ganti piston... dan memang knock ilang pke premium jd lebih baik, tp efek jika pke pertamax jd g sebesar sebelumnya.

ini d mesin yg relatif jadul d <9:1 ... dan 4000cc 190ps 300nm, tenaga ngurang 10-20ps g terlalu kerasa karna masih berlebih untuk offroad sih.. klw d mbl yg cuma 100ps?

yg bisa bikin kompresi 13:1 tp bisa pke fuel setara 10:1 kyanya bru mazda skyactiv... request aja biar bikin 10:1 bisa pke 8:1 wkwkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

Jambangan wrote:
billyd1773dz wrote:
Turboman wrote: @billy :
Performa mesin sgt dipengaruhi oleh kandungan additive pada BBM tsb, gak hanya angka RON nya ajah

yah saya juga merasakan kalo pakai Pertamax Biru lebih baik drpd Premios, yah si Premios pan Ground handlingnya jelek, bisa terkontaminasi air lah, solar lah, hancur dah tuh BBM.....apalagi dr basic-nya juga sgt miskin additive......hehehehehehe
soal gosip premium sih, y ane ambil yg gw rasa aja d mbl ane hehehe :D pertamax dlu aje,

uda pernah bikin jebol bmw soalnya... kata salesnya gpp pke premium tambah aditif catalyst broquet yg d fuelline dari baru ngelitik sih kaga... bokap percaya aja lagi... y 4thn kemudian kena deh.. dlm 2-3thn juga uda segala kerasa g enak mesinnya.


yup memang aditif juga sangat pengaruh... itu yg beda di pertamax n shell.. trutama v-power.....

V-Power sama ron 95 tp harganya di atas pertamax plus..... orng g ngerti y ribut aja knp ron sama di hargain lebih mahal.... atw banding2in v-power di luar yg ron98 dan 100 .......

V-Power punya cleaning detergent jauh lebih banyak dari fuel biasa, selain itu ada friction modifier yg mengurangi gesekan di ruang mesin... blm lagi soal anti foaming yg uda wajib d bbm non subsidi biar g perlu d goyang2 waktu ngisi...

V-power sih g perlu nunggu timing geser uda langsung kerasa bedanya.


dan memang bukan marketing doang sih... di coba memang besar pengaruhnya. sekalipun sesama ron 95, ya karna dia jualan aditif.

aditif disini bukan naikin oktan yah..

:beer:
Wah ngeri jg ya mesinnya bisa ampe jebol
Jebol gegara apaan om?? Katanya ga ngelitik karena pake broquet??
Yg lucu mobil ane swift ST. Dari baru ga pernah pake premium tapi sekarang malah ada ngelitik2nya. Keseringan kena macet kali ya makanya mesin berkerak
Tapi pas pake shell baik super maupun v-power ga ada ngelitik. Pake total msh ada ngelitik dikit. Yg parah ngelitiknya pas pake selang biru :e-doh:
itu produknya di simpan di fuel line om.. klaim nya 100rb km tahan aditifnya.. *katanya* y awal2 sih fine2 aja.. makin lama makin turun, mesin juga ada knock sensornya yg nyesuikan oktan jd g terlalu terdengar di kecepatan rendah.

tp bisa aja klw d high rev sih tetep terjadi knock halus yg g kedenger....... knock d highrev yg paling bahaya karna beban mesin maksimal, juga setiap knock x putaran mesin yg tinggi jadi g bgtu terdengar... uda gtu bokap cuek aja g pernah di isi pertamax... ya gtu deh jackpot.. e46 tahun 2003 dpke sampai 2007an lumayan odony.. jln2 terus...


hehe... :D idem pling enak v-power.... pertamax klw nanjak berat masih suka knock... d kasih plus bru engga.. tp klw ada rejeki ngisi plus mending v-power aja wkwkw :D

klw dri v-power trus di isi pertamax sih pasti ngelitik dulu om.. kan timingnya dri map ron95 turun ke 92.. :D ini juga yg bikin mikir 2x klw pke v-power hehehe klw pke 92 lg awal2 pasti g enak dulu.

ngomong aditif pernah d mira premium +no**** plati** bwat dalkot nyantai n highrev tol sih rasanya ok, tp masih ngelitik parah klw nanjak,jauh lebih parah dri pertamax.jd skrng tobat d campur k premium uda g tertolong.. klw ke luar kota tak pakenya di pertamax campur itu biar kya plus,klw dri v-power keluar kota yg g ada shell n plus di isi itu lumayan drop nya ampir g kerasa.. wkwk :D dosis 1/2 nya jd irit makenya.

premium terlalu jauh selisihny.. :frm_bang_head:

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

soal premium = oktan 92 inilah bantahan oleh Dirut Pertamina, ada di beberapa link di bawah :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... 9372,d.bmk

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... 9372,d.bmk


https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q ... 9372,d.bmk

kalok om TM lebih percaya temannya daripada dirut Pertamina, ya terserah aja om .... saya lebih percaya pernyataan dirut Pertamina, dan sudah terbukti dng hasil test lab yg dilakukan teman2 saya di petro lab kapan hari itu : Premium = oktan 88,7...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Di manual book 504 gue tertulis wajib RON 92, di 405 ke atas RON 95. Di Subaru R2 dan WRX malah rekomend RON 100. Semuanya pakai premium.

Yang gak bisa aku stel pakai premium sih ada, misalnya Pajero Sport. Kalau itu jangan sekali2 kasih premium. Gak ada 100 m juga mogok deh. Biaya benerinnya mahal lho...... Hahahaha

Kembali serius, kalau di rpm atas ada knocking, mapnya gak bener tuh. Apalagi udah kasih RON 95. Kalau ketemu knocking baiknya segera diperbaiki. Apalagi mobil Jerman, harusnya gak ada ceritanya knocking.
Ready to Race
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Motor saya NSR, Vespa dan KTM exc semuanya juga kudu pertamax plus deh. Kalau yg Vespa ya krn di Italianya gak ada premium ya stelnya buat RON yg ada. Tapi 2 tak pakai pertamax? Gak bakalan ada motor 2 tak beroperasi pakai RON 95, krn ada campuran oli sampingnya.

Kalau kita bicara aditif, banyak emang yg gak bener. Walau ada juga sih yg bener.
Ready to Race
wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by wibawana »

ibar78 wrote:punya mobil masih mikirjn bensin.... :big_biglaugh: ....
maklum om, duit pas pasan. bukan hanya mobil saja tapi sepeda motor. punya mobil belum tentu sering bisa beli bensin. untuk beli mobil duitnya keluar sekali aja, bensin itu ya seperti konsumsi. gak ada bensin yan gak jalan... :ungg: kecuali udah mapan dan penghasilan lebih dari cukup ya lain lagi masalahnya. pake mobil harian 4000 cc pastilah tidak masalah. :big_slap: he he he :big_peace:
wibawana
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 155
Joined: Sun Aug 19, 2012 12:02

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by wibawana »

asudarsono wrote:Motor saya NSR, Vespa dan KTM exc semuanya juga kudu pertamax plus deh. Kalau yg Vespa ya krn di Italianya gak ada premium ya stelnya buat RON yg ada. Tapi 2 tak pakai pertamax? Gak bakalan ada motor 2 tak beroperasi pakai RON 95, krn ada campuran oli sampingnya.

Kalau kita bicara aditif, banyak emang yg gak bener. Walau ada juga sih yg bener.
berarti aditif yg dicampur supaya bensin lebih susah terbakar karena kompresi, kecuali ada pematiknya? begitu ya om?
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Jambangan »

billyd1773dz wrote:itu produknya di simpan di fuel line om.. klaim nya 100rb km tahan aditifnya.. *katanya* y awal2 sih fine2 aja.. makin lama makin turun, mesin juga ada knock sensornya yg nyesuikan oktan jd g terlalu terdengar di kecepatan rendah.

tp bisa aja klw d high rev sih tetep terjadi knock halus yg g kedenger....... knock d highrev yg paling bahaya karna beban mesin maksimal, juga setiap knock x putaran mesin yg tinggi jadi g bgtu terdengar... uda gtu bokap cuek aja g pernah di isi pertamax... ya gtu deh jackpot.. e46 tahun 2003 dpke sampai 2007an lumayan odony.. jln2 terus...


hehe... :D idem pling enak v-power.... pertamax klw nanjak berat masih suka knock... d kasih plus bru engga.. tp klw ada rejeki ngisi plus mending v-power aja wkwkw :D

klw dri v-power trus di isi pertamax sih pasti ngelitik dulu om.. kan timingnya dri map ron95 turun ke 92.. :D ini juga yg bikin mikir 2x klw pke v-power hehehe klw pke 92 lg awal2 pasti g enak dulu.

ngomong aditif pernah d mira premium +no**** plati** bwat dalkot nyantai n highrev tol sih rasanya ok, tp masih ngelitik parah klw nanjak,jauh lebih parah dri pertamax.jd skrng tobat d campur k premium uda g tertolong.. klw ke luar kota tak pakenya di pertamax campur itu biar kya plus,klw dri v-power keluar kota yg g ada shell n plus di isi itu lumayan drop nya ampir g kerasa.. wkwk :D dosis 1/2 nya jd irit makenya.

premium terlalu jauh selisihny.. :frm_bang_head:

:beer:
Kalo mobil ane agak parah ngelitiknya pas RPM tinggi om
Kalo RPM rendah ga gitu parah ngelitiknya
Om itu E46 jebol mesin gejalanya gmn om??
Ane jadi ngeri nih. Soalnya susah bgt ngilangin bunyi ngelitik ini
Pengalaman di mobil lama ane (terios) ngelitik parah. Udh pake pertaplus msh aja ngelitik. Ane carbon clean ngelitiknya muncul lagi setelah seminggu. Trus iseng reset ECU cabut sekering EFI agak berkurang sih ngelitiknya tapi ga hilang 100% ngelitiknya
Capek bgt deh ngurusin mesin ngelitik. Hajar bleh aja :big_biglaugh: