djia wrote:Saya punyanya New Avanza. Dan taunya cuma kaleng kembar & ertiga & Livina. Spin kemarin lihat tpi cuma sekilas jadi agak2 lupa & juga ga kepikiran mau make Spin utk alasan populasi & ketersediaan part & bengkel resmi & ass & resale value.
Mobilio belum pernah lihat sama sekali. Tapi tertarik juga.
Livina engga masuk krn ANGL harganya cukup tinggi & GC nya rendah. Tpi sebenarnya model eksterior paling suka ANGL.
Sependek pengamatan saya, untuk kelegaan, fleksibilitas muatan, volume bagasi setelah tiga baris ditegakkan, masih unggul kaleng kembar & Spin daripada Ertiga. Mobilio kalo lihat data & fotonya luas juga ya, bahkan mungkin paling luas.
Kalo semua kursinya dilipat, bagasi paling luas Ertiga, karena posisi lantai rata dari depan sampai belakang. Dikasih karpet / kasur lipat bisa buat tiduran
Barangkali juga jadi pertimbangan, alas bagasi kaleng kembar & Mobilio itu lantai dasar, sedangkan Ertiga alas bagasinya adalah jok. Bagasi dengan alas lantai dasar lebih fleksibel kalo mau meletakkan barang apa saja, termasuk barang basah, berat, atau tajam (mis: ayam potong, duren, buah2an bergetah, beras berkuintal2). Paling2 kalo kotor tinggal keluarin & cuci karpet.
Kalo alas lantainya jok tentu bikin kuatir.
O ya, untuk Avania, baris row kedua itu cuma bisa digeser mundur. Artinya, tidak ada peluang untuk menambah space legroom untuk penumpang baris ketiga. Kalo Ertiga sebaliknya, baris kedua hanya bisa digeser maju sehingga baris ketiga bisa nambah legroom. Singkatnya, baris kedua Avania legroomnya fleksibel, sedangkan Ertiga baris ketiganya fleksibel.
Di Avania kalo baris kedua dilipat penuh & baris ketiga ditegakkan, legroom baris ketiga sangat luas bisa selonjoran dengan kaki menjuntai ke bawah. Kalo baris kedua dilipat separuh, penumpang baris ketiga bisa selonjoran dengan kaki lurus.
Ertiga kalo baris kedua dilipat, penumpang baris ketiga bisa selonjoran dengan posisi kaki lurus.
Di Avania kalo baris kedua agak dimundurkan, kemudian jok co-pilot diturunkan ke belakang sampe mentok & headrest dilepas, jadi deh kursi malas. Meskipun jarang yg pake metode gini.
Kekedapan kaleng kembar horor, Ertiga lebih baik, Spin ga terlalu merhatiin. Namun buat saya kekedapan avania sudah cukupan kok. Kalo mau tambah sepertinya bisa diberi peredam.
Reliability pastinya kaleng kembar, krn yg lain2 masih baru jadi masih belum diketahui (bisa jadi nantinya ternyata ada yg lebih reliable daripada kaleng kembar).
Barangkali juga mau pertimbangkan populasi. Populasi jadi pertimbangan kalo mau pakai jangka puanjang (>10thn). Krn semakin banyak populasi: alternatif troubleshoot lebih mudah ditemukan, bengkel2 yg bisa handle lebih banyak, spare part ori & kw lebih banyak & ketersediaannya lebih lama.
Untuk populasi sepertinya menang avania, ertiga, livina.
Fitur & ga garing: lupakan avania. Fitur blower AC ke kaca (utk menghilangkan embun) & ke kaki gak ada di Avania. Saya nyetir Avanza jarak jauh malem2 pake sandal selop dan AC di-on, badan menggigil tapi kaki keringetan. Kalo pas di dataran tinggi malem2 kalo mau ngilangin embun di kaca maka penumpang harus menggigil juga.
Fitur2 yg ga garing lebih banyak terdapat di Ertiga: AC dengan berbagai posisi, MID yang lebih informatif, tuas lock pintu sopir tanpa harus membuka central lock, immobilizer, remote alarm yg jadi satu dengan kunci (klo di avania remotenya terpisah dengan kunci). ANGL juga lumayan. Dulu kakak punya Livina & fitur lengkap serta menurut saya dashboard terkesan paling mewah dibanding sekelasnya saat itu.
Kalo mau ambil Avanza mending tipe bawah (E, krn G cuma tambah2 krom) atau Veloz sekalian yg safetynya lengkap, Ertiga mending GX krn selisih harga dengan GL cuma dikit dibanding fitur yg didapat.