Minta Saran untuk MPV

Butuh saran untuk membeli kendaraan untuk pribadi, keluarga ataupun kerja? Silakan dibahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

newbiemon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Nov 10, 2013 6:14

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by newbiemon »

an15wn wrote:Review yg komplet dari Oom djia... ThumbsUp...

Beda mobil, beda karakter, beda keunggulan/kelemahan. Unggul di satu sisi, sisi lain lemah. So, pilihlah yg cocok dgn keperluan.
Setuju Om Anwin...
Berdasarkan kebutuhan maka terpaksa ertiga Ane coret karena bagasinya sangat sempit.
Lalu yg Ane coret lagi adalah si kembar karena mobilnya agak limbung. Selain itu Ane lumayan bosan liat si kembar di jalan.

Pilihan Ane sekarang tersisa 3 lagi: Mobilio, grand livina, dan Spin.
User avatar
an15wn
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 467
Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
Location: Jakarta Timur

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by an15wn »

Utk mobilio, kalo bisa sih sabar dulu sampe ngelihat benda aslinya, Oom. Takut gak sesuai kriteria. Walaupun emang kalo dari sisi ukuran mirip banget ama ANGL. Bodi panjang dgn wheelbase agak pendek.
User avatar
dream_theater
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 354
Joined: Thu Dec 03, 2009 2:31
Location: Semarang
Daily Vehicle: Xpander exceed AT

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by dream_theater »

newbiemon wrote:Permisi Suhu2 SMers yg jago review dan kasih masukan. Ane minta saran untuk mobil MPV. Budget Ane mentok di 200jt. Ane cukup pusing dengan banyaknya pilihan, makanya Ane bikin urutan prioritasnya
1. Prioritas pertama Mobilnya mesti lega buat 7 orang (kalo bisa kaki ga ada yg mentok atau mentoknya paling minim). Trus bagasinya juga mesti tetap lapang setelah diisi 7 orang full.
2. Prioritas kedua Mobilnya aman dan nyaman
3. Prioritas ketiga Desainnya bagus
4. Prioritas keempat tenaga mesinnya
5. Prioritas kelima fiturnya banyak dan gak garing

Yah itu sih kriteria utama ane dan urutannya 1-5. Menurut Suhu2 Smers mobil MPV apa yang paling cocok buat kriteria ane di atas?
Trimakasih buat segala masukan dan pendapatnya.
Nubi ikutan urun rembug ah.... :frm_salut:
Sepertinya TS bisa mentoleransi kebutuhan no.1 (yg warna biru) dgn volume kabin mini MPV spt R3 dkk ya? Karena dalam pikiran ane, memuat 7 orang dgn lega & kaki tidak mentok, sulit dipenuhi oleh mobil2 tsb, terutama pada penumpang baris ke-3. Belum lagi bagasinya. :e-think: Berapa lama perjalanan dgn penumpang full 7 orang? Bagaimana kondisi jalannya? Berapa tinggi penumpang yg akan naik? Bagaimana driving style pengemudinya? Kalo perjalanan lumayan jauh, jalan tidak semuanya mulus & tinggi penumpang 175cm keatas tentunya kurang nyaman duduk di baris ke-3 mobil2 mini MPV tsb. Tapi kalo cuma perjalanan pendek/dalkot, jalan mulus-rata atau yg naik di belakang anak-anak sih no problemo. Berapa banyak bagasi yg akan dibawa? Jangan sampai kita yg harus menyesuaikan dgn kondisi mobil, mobillah yg harus bisa mewadahi kebutuhan kita. Tapi tentunya disini akan berlaku skala prioritas, mana yg lebih penting utk dipenuhi dan mana yg bisa ditoleransi. Tiap mobil punya karakter tertentu dan tidak ada yg bisa memenuhi semua kebutuhan kita, so pilih mobil yg karakternya paling sesuai dgn kebutuhan. Jangan lupa utk test drive dulu, lebih baik lagi ajak seluruh calon penumpang biar bisa merasakan nantinya seperti apa. Utk mobilio tinggal nunggu reviewnya om pawang kucing... :mrgreen:

Jika dirasa mini MPV kurang lega, dgn bujet 200jt ane vote Innova V diesel AT second. Kalo mau MPV baru yg masih mirip2 innova ya paling Proton Exora Star Supreme. Fiturnya cukup komplit, kabin lega, handlingnya enak & stabil namun masih pake mesin lama non turbo, katanya kurang nendang. Soal spare part & realibitasnya juga ane blom ngerti. Pilihan lain utk mobil baru yg relatif 'aman' ya mobil2 boxy kayak :
- Daihatsu Luxio
- Nissan Evalia
- Suzuki APV

Namun kalo dgn mini MPV sudah cukup mengakomodasi orang & barang, mending itu aja karena mobil2 boxy diatas walau super lega utk orang & barang namun lebih boros & banyak bodyrollnya.
User avatar
TikusTampan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by TikusTampan »

newbiemon wrote: Setuju Om Anwin...
Berdasarkan kebutuhan maka terpaksa ertiga Ane coret karena bagasinya sangat sempit.
Lalu yg Ane coret lagi adalah si kembar karena mobilnya agak limbung. Selain itu Ane lumayan bosan liat si kembar di jalan.

Pilihan Ane sekarang tersisa 3 lagi: Mobilio, grand livina, dan Spin.
Kalo gini sih..mending tunggu mobilio dulu om..minimal TD dulu kalo udah ada unit TD nya di dealer..
"Supermouse Use No Pedals..."
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by ricz »

Idem ama master2 di atas...

Utk ANGL ama Spin, gw rasa seh Spin kursinya keras (ga ad nyaman2nya) dan GL lebih baik di bantingan & jok... Tp masalah di Spin seh bs diakali dgn bongkar ulang & retrim jok...

Kalo urusan fitur, ANGL dgn bujet dibawah 200 juta cmn dapatnya tipe SV, kalo mau ambil tipe XV harus tambah 15 juta, dan ANGL SV ini jujur parah fiturnya, kantong di belakang kursi pengemudi aja ga ad... Di tipe XV baru ada...

Tp gw lebih prefer ANGL seh drpd Spin...
2021 Fortuner VRZ
bimo_s
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: Thu Apr 18, 2013 1:44

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by bimo_s »

djia wrote:Saya punyanya New Avanza. Dan taunya cuma kaleng kembar & ertiga & Livina. Spin kemarin lihat tpi cuma sekilas jadi agak2 lupa & juga ga kepikiran mau make Spin utk alasan populasi & ketersediaan part & bengkel resmi & ass & resale value.
Mobilio belum pernah lihat sama sekali. Tapi tertarik juga.
Livina engga masuk krn ANGL harganya cukup tinggi & GC nya rendah. Tpi sebenarnya model eksterior paling suka ANGL.

Sependek pengamatan saya, untuk kelegaan, fleksibilitas muatan, volume bagasi setelah tiga baris ditegakkan, masih unggul kaleng kembar & Spin daripada Ertiga. Mobilio kalo lihat data & fotonya luas juga ya, bahkan mungkin paling luas.
Kalo semua kursinya dilipat, bagasi paling luas Ertiga, karena posisi lantai rata dari depan sampai belakang. Dikasih karpet / kasur lipat bisa buat tiduran :big_peace:

Barangkali juga jadi pertimbangan, alas bagasi kaleng kembar & Mobilio itu lantai dasar, sedangkan Ertiga alas bagasinya adalah jok. Bagasi dengan alas lantai dasar lebih fleksibel kalo mau meletakkan barang apa saja, termasuk barang basah, berat, atau tajam (mis: ayam potong, duren, buah2an bergetah, beras berkuintal2). Paling2 kalo kotor tinggal keluarin & cuci karpet.
Kalo alas lantainya jok tentu bikin kuatir.

O ya, untuk Avania, baris row kedua itu cuma bisa digeser mundur. Artinya, tidak ada peluang untuk menambah space legroom untuk penumpang baris ketiga. Kalo Ertiga sebaliknya, baris kedua hanya bisa digeser maju sehingga baris ketiga bisa nambah legroom. Singkatnya, baris kedua Avania legroomnya fleksibel, sedangkan Ertiga baris ketiganya fleksibel.
Di Avania kalo baris kedua dilipat penuh & baris ketiga ditegakkan, legroom baris ketiga sangat luas bisa selonjoran dengan kaki menjuntai ke bawah. Kalo baris kedua dilipat separuh, penumpang baris ketiga bisa selonjoran dengan kaki lurus.
Ertiga kalo baris kedua dilipat, penumpang baris ketiga bisa selonjoran dengan posisi kaki lurus.
Di Avania kalo baris kedua agak dimundurkan, kemudian jok co-pilot diturunkan ke belakang sampe mentok & headrest dilepas, jadi deh kursi malas. Meskipun jarang yg pake metode gini.

Kekedapan kaleng kembar horor, Ertiga lebih baik, Spin ga terlalu merhatiin. Namun buat saya kekedapan avania sudah cukupan kok. Kalo mau tambah sepertinya bisa diberi peredam.

Reliability pastinya kaleng kembar, krn yg lain2 masih baru jadi masih belum diketahui (bisa jadi nantinya ternyata ada yg lebih reliable daripada kaleng kembar).

Barangkali juga mau pertimbangkan populasi. Populasi jadi pertimbangan kalo mau pakai jangka puanjang (>10thn). Krn semakin banyak populasi: alternatif troubleshoot lebih mudah ditemukan, bengkel2 yg bisa handle lebih banyak, spare part ori & kw lebih banyak & ketersediaannya lebih lama.
Untuk populasi sepertinya menang avania, ertiga, livina.

Fitur & ga garing: lupakan avania. Fitur blower AC ke kaca (utk menghilangkan embun) & ke kaki gak ada di Avania. Saya nyetir Avanza jarak jauh malem2 pake sandal selop dan AC di-on, badan menggigil tapi kaki keringetan. Kalo pas di dataran tinggi malem2 kalo mau ngilangin embun di kaca maka penumpang harus menggigil juga.
Fitur2 yg ga garing lebih banyak terdapat di Ertiga: AC dengan berbagai posisi, MID yang lebih informatif, tuas lock pintu sopir tanpa harus membuka central lock, immobilizer, remote alarm yg jadi satu dengan kunci (klo di avania remotenya terpisah dengan kunci). ANGL juga lumayan. Dulu kakak punya Livina & fitur lengkap serta menurut saya dashboard terkesan paling mewah dibanding sekelasnya saat itu.

Kalo mau ambil Avanza mending tipe bawah (E, krn G cuma tambah2 krom) atau Veloz sekalian yg safetynya lengkap, Ertiga mending GX krn selisih harga dengan GL cuma dikit dibanding fitur yg didapat.
Yg saya Bold maksudnya gimana, kalo bisa mundur yah pasti bisa maju toh, BTW Anda menentukan titik kedudukan awal itu berdasarkan apa sehingga bisa bilang cuma mundur aja atau maju aja, soalnya seinget ane Ertiga punya sodara kursi tengah dimundurin mentok jadi legroom 3rd row sempit banget (karena jarang dipake juga) tapi 2nd rownya jadi luas banget.
User avatar
kariage
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 407
Joined: Sun Mar 17, 2013 2:42
Location: PT. Honnyara

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by kariage »

bener juga nih om bimo, titik awal gesernya di mana. :big_biglaugh:

jadi supaya objektif, ngukur kelegaannya harus dari kursi driver sampe kursi row 3

:big_biglaugh:
Image
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by djia »

bimo_s wrote:
djia wrote:Saya punyanya New Avanza. Dan taunya cuma kaleng kembar & ertiga & Livina. Spin kemarin lihat tpi cuma sekilas jadi agak2 lupa & juga ga kepikiran mau make Spin utk alasan populasi & ketersediaan part & bengkel resmi & ass & resale value.
Mobilio belum pernah lihat sama sekali. Tapi tertarik juga.
Livina engga masuk krn ANGL harganya cukup tinggi & GC nya rendah. Tpi sebenarnya model eksterior paling suka ANGL.

Sependek pengamatan saya, untuk kelegaan, fleksibilitas muatan, volume bagasi setelah tiga baris ditegakkan, masih unggul kaleng kembar & Spin daripada Ertiga. Mobilio kalo lihat data & fotonya luas juga ya, bahkan mungkin paling luas.
Kalo semua kursinya dilipat, bagasi paling luas Ertiga, karena posisi lantai rata dari depan sampai belakang. Dikasih karpet / kasur lipat bisa buat tiduran :big_peace:

Barangkali juga jadi pertimbangan, alas bagasi kaleng kembar & Mobilio itu lantai dasar, sedangkan Ertiga alas bagasinya adalah jok. Bagasi dengan alas lantai dasar lebih fleksibel kalo mau meletakkan barang apa saja, termasuk barang basah, berat, atau tajam (mis: ayam potong, duren, buah2an bergetah, beras berkuintal2). Paling2 kalo kotor tinggal keluarin & cuci karpet.
Kalo alas lantainya jok tentu bikin kuatir.

O ya, untuk Avania, baris row kedua itu cuma bisa digeser mundur. Artinya, tidak ada peluang untuk menambah space legroom untuk penumpang baris ketiga. Kalo Ertiga sebaliknya, baris kedua hanya bisa digeser maju sehingga baris ketiga bisa nambah legroom. Singkatnya, baris kedua Avania legroomnya fleksibel, sedangkan Ertiga baris ketiganya fleksibel.
Di Avania kalo baris kedua dilipat penuh & baris ketiga ditegakkan, legroom baris ketiga sangat luas bisa selonjoran dengan kaki menjuntai ke bawah. Kalo baris kedua dilipat separuh, penumpang baris ketiga bisa selonjoran dengan kaki lurus.
Ertiga kalo baris kedua dilipat, penumpang baris ketiga bisa selonjoran dengan posisi kaki lurus.
Di Avania kalo baris kedua agak dimundurkan, kemudian jok co-pilot diturunkan ke belakang sampe mentok & headrest dilepas, jadi deh kursi malas. Meskipun jarang yg pake metode gini.

Kekedapan kaleng kembar horor, Ertiga lebih baik, Spin ga terlalu merhatiin. Namun buat saya kekedapan avania sudah cukupan kok. Kalo mau tambah sepertinya bisa diberi peredam.

Reliability pastinya kaleng kembar, krn yg lain2 masih baru jadi masih belum diketahui (bisa jadi nantinya ternyata ada yg lebih reliable daripada kaleng kembar).

Barangkali juga mau pertimbangkan populasi. Populasi jadi pertimbangan kalo mau pakai jangka puanjang (>10thn). Krn semakin banyak populasi: alternatif troubleshoot lebih mudah ditemukan, bengkel2 yg bisa handle lebih banyak, spare part ori & kw lebih banyak & ketersediaannya lebih lama.
Untuk populasi sepertinya menang avania, ertiga, livina.

Fitur & ga garing: lupakan avania. Fitur blower AC ke kaca (utk menghilangkan embun) & ke kaki gak ada di Avania. Saya nyetir Avanza jarak jauh malem2 pake sandal selop dan AC di-on, badan menggigil tapi kaki keringetan. Kalo pas di dataran tinggi malem2 kalo mau ngilangin embun di kaca maka penumpang harus menggigil juga.
Fitur2 yg ga garing lebih banyak terdapat di Ertiga: AC dengan berbagai posisi, MID yang lebih informatif, tuas lock pintu sopir tanpa harus membuka central lock, immobilizer, remote alarm yg jadi satu dengan kunci (klo di avania remotenya terpisah dengan kunci). ANGL juga lumayan. Dulu kakak punya Livina & fitur lengkap serta menurut saya dashboard terkesan paling mewah dibanding sekelasnya saat itu.

Kalo mau ambil Avanza mending tipe bawah (E, krn G cuma tambah2 krom) atau Veloz sekalian yg safetynya lengkap, Ertiga mending GX krn selisih harga dengan GL cuma dikit dibanding fitur yg didapat.
Yg saya Bold maksudnya gimana, kalo bisa mundur yah pasti bisa maju toh, BTW Anda menentukan titik kedudukan awal itu berdasarkan apa sehingga bisa bilang cuma mundur aja atau maju aja, soalnya seinget ane Ertiga punya sodara kursi tengah dimundurin mentok jadi legroom 3rd row sempit banget (karena jarang dipake juga) tapi 2nd rownya jadi luas banget.
Waduh, iya. Setelah saya baca ulang baris itu kok ambigu dan subyektif sekali ya :big_slap:

Sori sori...
Saya ralat, 2-2nya (avania & ertiga) sama2 punya fleksibilitas baik yg identik utk mengatur maju-mundur 2nd row nya.
Bisa dikatakan, pendapat yg dibold itu minta tolong diabaikan saja :ngacir: :ngacir:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by VanzMatic »

dream_theater wrote:
newbiemon wrote:Permisi Suhu2 SMers yg jago review dan kasih masukan. Ane minta saran untuk mobil MPV. Budget Ane mentok di 200jt. Ane cukup pusing dengan banyaknya pilihan, makanya Ane bikin urutan prioritasnya
1. Prioritas pertama Mobilnya mesti lega buat 7 orang (kalo bisa kaki ga ada yg mentok atau mentoknya paling minim). Trus bagasinya juga mesti tetap lapang setelah diisi 7 orang full.
2. Prioritas kedua Mobilnya aman dan nyaman
3. Prioritas ketiga Desainnya bagus
4. Prioritas keempat tenaga mesinnya
5. Prioritas kelima fiturnya banyak dan gak garing

Yah itu sih kriteria utama ane dan urutannya 1-5. Menurut Suhu2 Smers mobil MPV apa yang paling cocok buat kriteria ane di atas?
Trimakasih buat segala masukan dan pendapatnya.
Nubi ikutan urun rembug ah.... :frm_salut:
Sepertinya TS bisa mentoleransi kebutuhan no.1 (yg warna biru) dgn volume kabin mini MPV spt R3 dkk ya? Karena dalam pikiran ane, memuat 7 orang dgn lega & kaki tidak mentok, sulit dipenuhi oleh mobil2 tsb, terutama pada penumpang baris ke-3. Belum lagi bagasinya. :e-think: Berapa lama perjalanan dgn penumpang full 7 orang? Bagaimana kondisi jalannya? Berapa tinggi penumpang yg akan naik? Bagaimana driving style pengemudinya? Kalo perjalanan lumayan jauh, jalan tidak semuanya mulus & tinggi penumpang 175cm keatas tentunya kurang nyaman duduk di baris ke-3 mobil2 mini MPV tsb. Tapi kalo cuma perjalanan pendek/dalkot, jalan mulus-rata atau yg naik di belakang anak-anak sih no problemo. Berapa banyak bagasi yg akan dibawa? Jangan sampai kita yg harus menyesuaikan dgn kondisi mobil, mobillah yg harus bisa mewadahi kebutuhan kita. Tapi tentunya disini akan berlaku skala prioritas, mana yg lebih penting utk dipenuhi dan mana yg bisa ditoleransi. Tiap mobil punya karakter tertentu dan tidak ada yg bisa memenuhi semua kebutuhan kita, so pilih mobil yg karakternya paling sesuai dgn kebutuhan. Jangan lupa utk test drive dulu, lebih baik lagi ajak seluruh calon penumpang biar bisa merasakan nantinya seperti apa. Utk mobilio tinggal nunggu reviewnya om pawang kucing... :mrgreen:

Jika dirasa mini MPV kurang lega, dgn bujet 200jt ane vote Innova V diesel AT second. Kalo mau MPV baru yg masih mirip2 innova ya paling Proton Exora Star Supreme. Fiturnya cukup komplit, kabin lega, handlingnya enak & stabil namun masih pake mesin lama non turbo, katanya kurang nendang. Soal spare part & realibitasnya juga ane blom ngerti. Pilihan lain utk mobil baru yg relatif 'aman' ya mobil2 boxy kayak :
- Daihatsu Luxio
- Nissan Evalia
- Suzuki APV

Namun kalo dgn mini MPV sudah cukup mengakomodasi orang & barang, mending itu aja karena mobil2 boxy diatas walau super lega utk orang & barang namun lebih boros & banyak bodyrollnya.
Setuju banget.

Ngga mau seken, Exora jawabannya kalau bujet mentok segitu.
TS tinggal dimana?
Kalau seputaran Jabodetabek Bandung, boleh lah meminang Exora. Catatan, singkirkan dulu sentimen antarnegara. Buat jadwal TD.

Kelebihan Exora: Ruang dalam nya lega, except row ketiga yang sedikit mirip Avanza, tapi masih lebih luas Exora. Fitur safety cukup. Geber 130kpj, kalo kena jalan gelombang di tol merak, rada ngayun lebay tapi masih under control.

Kekurangan: Material dasbor masih mirip Avanza. Tapi meter clusternya udah bagus. Kalau isi bensinnya premium mlulu, dijamin nglitik terus. Kudu campur aditif atau premium+Pertaplus dicampur.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
justforfun
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 76
Joined: Thu Oct 24, 2013 3:56

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by justforfun »

kalo boleh numpang nimbrung soal pemilihan untuk mobil mpv dibawah 200 jt, bukan ngasih saran sih, ane jg masih nubitol yg kaga ngarti apa2 soal boil.

sekedar sharing aja, krn kebetulan ane jg agak mirip kondisinya sama ts pas mau beli mobil dulu.

ane jg dulu concern bgt soal kelegaan penumpang utk 7 org + bagasi & high ground clearance dgn budget waktu itu (5 taon yg lalu) under 150 jt for new car, sedangkan utk hal yg lain seperti desain exterior, interior & fitur, ane gak terlalu bawel krn lebih mikir yg penting bisa muat org sekampung tp masih bisa enak rame2, utk hal lain yg ane pikir asal design gak jelek2 bgt dimata ane, & asal reliable dari segi mesin & spare part gak gampang rusak, biaya servis relatif gak mahal & harga second gak jato2 bgt..

ane sih dulu milihnya apv yg jadi mobil perang ane sehari2 sampe sekarang, sampe baris ketiga kelegaan boleh diadu sama yg laen & masih menyisakan bagasi yg masih muat beberapa koper kecil, dikelas ini yg rada sebanding luxio dan evalia; kalo fitur, pintu samping yg bukanya ke blkg (gak tau namanya apa) & keamanan harusnya sih luxio lebih unggul krn dia ada versi yg pake abs, tapi kalo design ane sih kaga demen sama bentuknya luxio & menurut ane bodynya lebih kaleng & tipis sedikit, evalia jg blkgnya super aneh dan kaca jendelanya bentuknya kaya loket kecil..

tapi jangan kaget kalo akselerasinya boyo, limbung krn tinggi, agak ujlak ajluk kaya naek odong2 terutama di baris ketiga (kalo dirow 1 masih lumayan enak), interior basi, tapi so far ane puas sama apv ane, sampe sekarang hampir 5 taon kaga pernah rusak, terjang banjir hayo, lewat jalan ancur + sedikit offroad uda terbukti berkali2 sampe lewatin daerah pinggiran sampe daerah transmigran di lampung, dan kalo di tol pun ane masih bisa berkelak kelok melewati mobil2 laen yg seharusnya bisa dgn mudah lewatin ane, tp kalo tanjakan tinggi memang lumayan berat nariknya..

ini mobil memang kuatnya cuman sampe speed 120 kmh, lebih dari itu gak sanggup narik lg kayanya dan uda pasti bahaya, ya memang lebih buat nyantai sih meski sering jg ane pacu kenceng di tol..

avanza ane jg sering nyetirin, tarikan memang lebih enak dikit tp entah kenapa berasa lebih melayang pas kecepatan tinggi & rem lebih gampang ngunci, somehow berasa lebih gak aman, uda gitu ac berasa terlalu bising yg di tengah, dan yg pasti space masih kalah sama apv,luxio & evalia..

livina punya ade ane jg sering dijajal, memang enak dr segi kenyamanan soal kekedapan dan akselerasi dibanding apv dan avanza, cuman balik lg space kurang, gak bisa buat rame2 krn row 3 super sempit, dan sepertinya biaya perawatan lebih tinggi dan yg pasti gak kuat kalo dibawa ke jlnan rusak, kakinya agak lemah sepertinya..

segitu aja sharing dr ane, memang pasti sebagian besar org gak akan memilih apv kaya ane, apalagi dgn pilihan yg byk utk sehari2 yg lebih practical & gampang kaya ertiga & livina, tiap mobil pasti ada plus minus, tergantung kebutuhan dan kecocokan kita bagaimana..

mohon maap kalo kurang berkenan, ane masih cupu bgt dimari, belum pantes ngasi saran, just share ajah..
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by amfibi »

Innova bekas lhar...

Sepengalaman bokap ane punya innova 3x (taun 2007 a/t, 2007 m/t, 2007 a/t, 2.0 & bekas semua) , hampir ga ada beda rasanya sama innova baru... :mky_01:

200jt mah masih dapet innova 2009/2010, itu 3 innova 2007 aja ga pernah rewel & bikin kantong bolong, apalagi taun 2010 punya... :mky_02:

Lebih nyaman & gengsi diatas mpv 1.5L :mrgreen:
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by jekael »

Di atas kertas, spek Honda Mobilio memang jauh lebih unggul dibanding ertiga, dan si kembar. Untuk GL yang bisa menyaingi mobilio adalah trim dengan harga di atas 200 juta. Sedangkan untuk spin walau secara keseluruhan masih kalah dengan mobilio namun bisa mengimbanginya dengan fitur2 yg menarik.

Sepertinya yg bisa menandingi Mobilio hanyalah Proton Exora kalau dilihat secara spek dan fitur dengan bagasi yg cukup lapang juga. Kalo TS nggak begitu memprioritaskan ASS dan resale value, sepertinya exora adalah pilihan alternatif yg tepat kalau tidak ingin menunggu mibilio. Tapi kalo masih ingin menunggu, maka mobilio adalah pilihan yang memenuhi semua kriteria di atas.
newbiemon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Nov 10, 2013 6:14

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by newbiemon »

@ an15wn: Iya Om, Ane mau nunggu mobilio dulu

@ dreamteather: perjalanan cukup jauh senin-sabtu buat jakut-jonggol dan penumpang rata2 tingginya di atas 170 cm bahkan ada yg 192 cm. Untuk barang bawaan ga selalu bawa banyak tapi ada kalanya banyak bawa barang gede contohnya aqua galon, rak kecil, dll. Untuk luxio sempet masuk radar Ane, tapi kurang suka bentuknya, subjektif sih masalah selera.

@ Ricz: Hmmmm, sepertinya GL terpaksa Ane coret juga

@ Vanzmatic: Trims buat alternatif barunya. 4 tercoret tapi dapat tambahan 1 alternative

@ Jekael: Iya bener exora bisa jadi pilihan pas selain mobilio dan Spin. Emang sih merk ga jadi prioritas, tapi kalo di harga yg sama bisa dapat merk yg top ane lebih milih Honda Mobilio atau Chevrolet Spin.

Trims Suhu2 Smers, emang mantep banget analisanya dan masukannya. Salut Ane sama pengetahuan Suhu2 di sini tentang mobil. Akhirnya dari banyak banget pilihan, sekarang pilihan Ane udah mengerucut ke dua mobil yaitu Mobilio dan Spin.
User avatar
B808BY
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 335
Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
Location: Sin City

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by B808BY »

innova seken aja, mesin bandel rata2 yg seken di daerah jabodetabek masih bagus2 kondisi mobilnya CMIIW

soalnya menurut ane untuk mobil MPV budjet di bawah 200 (terutama unit baru) gabisa nuntut byk soal kenyamanan+fitur+space , ada harga ada kualitas, kalo emang masih maunya unit baru ya coba proton exora, cuma ASS nya ga menjanjikan + image mobil jelek
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2726
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by Jambangan »

amfibi wrote:Innova bekas lhar...

Sepengalaman bokap ane punya innova 3x (taun 2007 a/t, 2007 m/t, 2007 a/t, 2.0 & bekas semua) , hampir ga ada beda rasanya sama innova baru... :mky_01:

200jt mah masih dapet innova 2009/2010, itu 3 innova 2007 aja ga pernah rewel & bikin kantong bolong, apalagi taun 2010 punya... :mky_02:

Lebih nyaman & gengsi diatas mpv 1.5L :mrgreen:
Kolektor ipah nih ceritanya bro?? :ngacir:
Sama kyk bokap ane. 3 kali pake ipah
Pertama G diesel A/T 2005. Kedua G bensin M/T 2011 non GNKI. Ketiga V bensin M/T 2013 GNKI NIK 2012
Emang gila ini mobil kaga pernah rewel. Ane waktu mudik ke jawa dipinjemin ipah bensin manual punya proyek bokap odo 148rb KM rasanya msh sama kyk ipah2 baru odo 30rb KM :big_smoking:
Buat TS boleh dipertimbangkan ambil ipah seken taun 2009-2010. Kalo tinggal di jkt bisa cari di mobil 88. Soalnya mobkasnya mayan bagus disitu
Bensin ga boros2 amatlah. 1:8-9 msh bisa kok

*bukansalesipah :ngacir:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by ricz »

Kalo Innova seh jgn ambil bensinnya... boyo bin boros apalagi maticnya...

Yg paling ajib seh diesel AT... Kalo soal performa tinggal ty ke salah satu momod kita...

148 rebu? Py temen bokap dah 300 ribuan masi enak kek baru... Cmn bodinya aja yg agak kusam... Interiornya jg masi enak dipandang..
2021 Fortuner VRZ
newbiemon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Nov 10, 2013 6:14

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by newbiemon »

Trimakasih Om om semua, innova second emang pilihan bagus, nyaman dan lega. Tapi Ane nyarinya mobil baru. Mungkin karena sempat kecewa dulu pernah beli mobil second juga. Lagipula Ane make nih mobil bareng temen2, jadi kita patungan bensin. Ane sih ga masalah bensinnya boros tapi temen2 Ane bakalan teriak.
Untuk saat ini Mobilio jadi pilihan terbaik karena menurut suhu2 Smers yg lain bagasinya paling lega dibanding lmpv lain apalagi setelah liat foto perbandingannya. Alternatif lain ya chevy spin.
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by grandis_GT »

weww , jadi ceritanya ni mobil mau di gangbang bro :big_slap: , kalo gitu ya berarti memang harus reliable , irit , dan assnya terjamin , saran ane sih avania aja , walaupun udah di coret dari option ente :big_peace:
alasan ya , kita semua udah pada tau lah ya keunggulan" si irit nan kentjang ini ,

btw , innova tipe j masih dapat gak ya 200 juta ?? :mky_01:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by ricz »

Kalo soal gangbang seh Avania plg jago...

Sokbreker ga ganti selama 9 taon, AC ga pernah diservis, oli 10W-40 tp ga tentu merknya, bensin Premios trus dari baru ga pernah ngelitik...

Dijual pun krn kecelakaan parah (sokbreker ama kaki2 udh pada rusak semua) kalo gak seh ttp dipake...
2021 Fortuner VRZ
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by djia »

cuma saran aja sih. kan ts nya ga keberatan nunggu mobilinyong turun gunung februari nanti. mungkin sepanjang periode itu bisa sambil cari2 ipah bekas berkualitas.
dari sisi tenaga dan kelegaan kabin & bagasi, ipah tentu lebih nyaman digangbang daripada avania (asal dapat unit bagus).
newbiemon
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Sun Nov 10, 2013 6:14

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by newbiemon »

@ Grandis & Ricz:
Ane tau kalo avania itu bagus. Cuma ya masalahnya Ane gak suka karna limbung dan bosen banget liat di jalanan.

@ djia:
Dulu Ane pernah beli mobkas, bawa temen yg ngerti mobil, dia bilang bagus dan emang bener bagus tapi pas setaun kemudian baru ketauan penyakitnya dan abis banyak uang untuk ngebetulin. Apalagi baca cerita Om Ricz Dia jual mobilnya abis kecelakaan, Ane takut bisa aja nanti mobkas yg Ane beli itu bekas kecelakaan atau banjir.
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by Felixz_Yaris »

exora ??
.. oke lah fitur mayan.. but duduk di exora sangat tidak nyaman... ane pernah ditawari TD, begitu duduk ida ilpil..
tapi kisi ac ada di samping atas.. row ke 2 dan row ketiga,, yahh mayan lah
[TYCI 917]
[YKC]
konsat
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Mon Aug 15, 2005 3:19

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by konsat »

ikut mantau ah, berhubung nyokap mo apgred dari avanza.

btw ga coba liat proton exora om?

2 hari lalu saya iseng sms salesnya, tuk tipe exora star diskon 10 jt.
besoknya dia sms lg, diskon jd 15 jt + ditawarin TD di rumah.
hari ini ane nunggu sms diskon dari dia..... :mky_01:
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by grandis_GT »

Felixz_Yaris wrote:exora ??
.. oke lah fitur mayan.. but duduk di exora sangat tidak nyaman... ane pernah ditawari TD, begitu duduk ida ilpil..
tapi kisi ac ada di samping atas.. row ke 2 dan row ketiga,, yahh mayan lah
benar om , exora ini seperti grandis kisi" ac row 2 dan 3 nya , model pun sekilas mirip , tapi kualitas kayaknya :mky_03: :mky_03:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Minta Saran untuk MPV

Post by esh »

an15wn wrote:Utk mobilio, kalo bisa sih sabar dulu sampe ngelihat benda aslinya, Oom. Takut gak sesuai kriteria. Walaupun emang kalo dari sisi ukuran mirip banget ama ANGL. Bodi panjang dgn wheelbase agak pendek.
Kalau tunggu lihat aslinya baru ambil keputusan --> inden sudah panjang, bisa jadi terima unit 3 - 4 bulan lagi. :glodak:

FYI, inden mobilio saat ini sudah di kisaran 1 - 2 bulan setelah launching (untuk warna putih dan automatic). CMIIW