Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by KodokPushUp »

cx-5 2.5 buat tol masih kehabisan napas ya? :big_chicken:
Tapi memang si max torsi nya di rpm rendah

kalo punya ane yg 2.0 si diatas 80 km/jam udah lemot parah
sama hatchback 1.5 aja rasanya kalah :frm_bang_head:
speeding sampe top speed (limit di 175 km/jam, 4300 rpm) rasanya sebulan :frm_bang_head:
tapi surprise, di kecepatan 175, mobil masih cukup stabil

Err cx-7 seken, entah kenapa, kok ane sering banget liat iklan nya di koran ya.. (baik di solo maupun di sby)
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 505
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by glendotan »

ChZ wrote: Simply, ane lebih mengapresiasi Engineering dibanding Luxuries dan Image.... dan CX-5 walaupun mobil yang sederhana dan mungkin lebih "nggak dipandang", tapi rekayasa engineeringnya dibuat sangat serius, dan itu yang membuat mobil ini sangat valuable. Lincah, stabil, kencang, responsive at the same time, tanpa harus mengorbankan kenyamanan terlalu banyak dan banyak kompromi seperti Harrier.

To be honest, hampir semua aspect di Harrier ane nggak suka.... mobilnya terlalu banyak kompromi dan akhirnya jadi kacau-balau sisi engineeringnya, yang kita dapetin cuma mewah dan image lebih "mriyayeni" aja.

Yang jadi penghalang terbesar ane nuker ini Harrier adalah : yang punya mobil (bokap) susah banget disuruh ngejual, disuruh pake ya nggak mau (serius, dikandangin doang ni mobil, kondangan aja nggak dipake, lebih milih pake Xenia, gampang cari parkir katanya), udah diprotesin orang serumah dan hampir nggak ada orang rumah yang mo pake, akhirnya yang dapet jatah pake ane, ane suruh jual ganti mobil enggak mau. ya siklusnya mbulet disitu. :frm_bang_head: :frm_bang_head: and there goes another option : CX-7 seken, masalahnya unitnya susah....... :frm_bang_head:

Kalo dibanding RE FL? Ya jauh CX-5 kemana-mana oom.... CR-V tu jeleknya dari dulu ya satu : dampingnya yang tergolong harsh. Menangnya dia dari CX-5 cuma legroom yang lebih luas aja. Udah.

Dan kalo boleh ngomong, hampir semua produk ToyoHonda saat ini enggak ada yang bisa dibilang menarik.... semua banyak kompromi, akhirnya jadi membosankan. When Mazda can get all of those things without compromising, why Toyota and Honda have to compromise so much? :shrug:
Alasan yang masuk akal dan ane sangat setuju om Chz...
Kenapa ane nanya demikian?
krn ane ingin memposisikan sbg om Chz drumah,
Jikalau seandainya nnt bosan RE2.4 fl apakah CX5 2.5 layak diperjuangkan?
Soale memang dr dlu liat CX5 udah kesengsem.
Hanya kepentok Brand dan Legroom row 2 which is sangat penting krn singgasana "ratu" alias nyokap.
Blundernya disitu2 lagi aja... CRV RM ga suka, CX5 ragu2.
fnickz
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Sun Jan 18, 2015 7:14

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by fnickz »

ijin ikutan ya om.. make yg 2.5L GT, tenaga bawah sih oke utk main tarik2an dari berhenti cukup kenceng sih mnrt saya.. tapi kok kalo pelan ada bunyi kayak dinamo gitu ya..
cukup annoying sih suaranya hehe
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3146
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by walid_007 »

Andaikan mazda bisa lebih mirip rasanya dgn bmw..

Hanya kecolongan di setir yg terlalu ringan, dab peredaman dari jalan misal dijalan yg agak kasar (bukan lubang) masih gaduh suarany
engine roaring!
KodokPushUp
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 623
Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
Location: Surabaya

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by KodokPushUp »

walid_007 wrote:Andaikan mazda bisa lebih mirip rasanya dgn bmw..

Hanya kecolongan di setir yg terlalu ringan, dab peredaman dari jalan misal dijalan yg agak kasar (bukan lubang) masih gaduh suarany
Yup buat selera ane setir juga masih terlalu ringan, dan feedback setir masih dibawah yg ane harapkan (walaupun dibanding pesaing, cx-5 ini paling mending si)

Nah ane sekalian mau tanya, cx-5 ini cukup senyap (suara2 kendaraan lain cuma terdengar sayup2), tapi road noise (terutama di aspal yg agak kasar) dan wind noise nya lumayan mengganggu buat ane

Kira2 perlu tambahan peredam di bagian mana ya?
Ikutan trend penghuni garasi:

-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun :evil:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15572
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by ChZ »

xtr40rd1n4rym4n wrote: Masukan yg bagus Om.
Setidaknya bisa memberikan gambaran masing2 punya kelebihan dan kekurangan, tergantung ama yg pakai aja mau pilih yg mana.
Baik harrier maupun cx5 sama2 ada sisi positifnya jg..
hehehe ya ini cuma personal opinion sebagai pengguna aja, oom.... awak merasa Harrier agak overrated dan overhype aja sih...
KodokPushUp wrote:cx-5 2.5 buat tol masih kehabisan napas ya? :big_chicken:
Tapi memang si max torsi nya di rpm rendah

kalo punya ane yg 2.0 si diatas 80 km/jam udah lemot parah
sama hatchback 1.5 aja rasanya kalah :frm_bang_head:
speeding sampe top speed (limit di 175 km/jam, 4300 rpm) rasanya sebulan :frm_bang_head:
tapi surprise, di kecepatan 175, mobil masih cukup stabil

Err cx-7 seken, entah kenapa, kok ane sering banget liat iklan nya di koran ya.. (baik di solo maupun di sby)
ya kemarin ane bawa sih cuma sampe 120 km/h di tol karena jalanan rame, kerasa banget tu di RPM atas nggak sekuat CR-V nendangnya. Tapi terbayar di akselerasi dan gearboxnya yang bagus sehingga setidaknya CR-V masih agak keteteran untuk ngejar.... :mrgreen:

kalo boleh ane kasih gambaran, 0-140 CX-5 unggul cukup jauh, 140-150 CR-V mulai nempelin, diatas itu mungkin imbang kalo liat figur horsepowernya yah.... sama-sama 187hp (CR-V 190PS di brosur ya sekitar 187hp lah, CX-5 menang di extra 1 gear nya) mungkin top speed keduanya bisa mencapai 190-200 km/h, secara CR-V RE 2.4 lawas aja banyak yang bisa sampe ke 200 walaupun agak ngos-ngosan.

tapi lain cerita kalo dibawa lari sambil zigzag, CX-5 bakal menang jauh.... response setir,chassis,suspensi masih jauh diatas CR-V.

kalo di Sby banyak bro ronald, di Smg ini susah carinya :big_childish: ada 1 hitam 2012 jualnya ngawur 430juta.... :frm_bang_head:
glendotan wrote: Alasan yang masuk akal dan ane sangat setuju om Chz...
Kenapa ane nanya demikian?
krn ane ingin memposisikan sbg om Chz drumah,
Jikalau seandainya nnt bosan RE2.4 fl apakah CX5 2.5 layak diperjuangkan?
Soale memang dr dlu liat CX5 udah kesengsem.
Hanya kepentok Brand dan Legroom row 2 which is sangat penting krn singgasana "ratu" alias nyokap.
Blundernya disitu2 lagi aja... CRV RM ga suka, CX5 ragu2.
Sangat layak, oom.... :mrgreen:

tergantung postur tubuh nyokapnya oom... IMO yah ane tinggi 180, bobot 78kg, duduk di baris kedua CX masih no problemo sih, mungkin kaki ane juga nggak terlalu panjang jadi legroom selalu nggak jadi masalah buat ane, even di Mazda2 terbaru yang dibilang sempit.

Kalo family oriented dan butuh space luas tapi nggak suka CR-V, mungkin bisa coba New X-Trail oom....
KodokPushUp wrote: Yup buat selera ane setir juga masih terlalu ringan, dan feedback setir masih dibawah yg ane harapkan (walaupun dibanding pesaing, cx-5 ini paling mending si)

Nah ane sekalian mau tanya, cx-5 ini cukup senyap (suara2 kendaraan lain cuma terdengar sayup2), tapi road noise (terutama di aspal yg agak kasar) dan wind noise nya lumayan mengganggu buat ane

Kira2 perlu tambahan peredam di bagian mana ya?
wind noise kemarin ane ngerasain nggak terlalu ganggu, mungkin faktor kuping ane yang terbiasa bawa mobil berisik (SX4, OS, Xenia). apa mungkin ada update insulation di CX-5 model 2013 ya nggak tau juga.

Kalo road noise memang sayup-sayup terdengar... Proxes R36 bawaan standar nggak terlalu senyap emang. Bisa coba ganti ban dulu bro, ganti ke Michelin Latitude Tour, kebetulan ada reviewnya disini oleh oom helm tentang pemakaian Latitude Tour di CR-V RE, mungkin bisa membantu. :mrgreen:

Kalo nggak mempan juga, tambah peredam di rumah roda mungkin? Tapi saran ane sih ganti ban dulu aja.... peredam jadiin opsi terakhir aja bro Ronald.... soalnya peredam pasti nambah bobot kendaraan :mrgreen:

viewtopic.php?f=19&t=13197&hilit=Review ... itude+Tour
fnickz wrote:ijin ikutan ya om.. make yg 2.5L GT, tenaga bawah sih oke utk main tarik2an dari berhenti cukup kenceng sih mnrt saya.. tapi kok kalo pelan ada bunyi kayak dinamo gitu ya..
cukup annoying sih suaranya hehe
setau ane kayaknya bunyi macem dinamo itu memang karakter mesin SKYACTIV-G oom... hehehe... mungkin bisa dilanjut diskusinya ke
viewtopic.php?f=12&t=19495

mungkin master-master disana lebih bisa jelasin daripada ane.... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
mwrd
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Thu Jan 22, 2015 12:23

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by mwrd »

Halo semua para master, maaf nubie mau tanya.. Kapan ya kira2 CX-5 facelift keluar? Soalnya mau spk sekarang tanggung rasanya.
Jafran
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Sat Sep 09, 2023 8:18
Location: Aceh
Daily Vehicle: Cx 5

Re: Review Mazda CX-5 2.5L Grand Touring

Post by Jafran »

Para suhu minta masukannya dong , Ak rencana mau minang cx 2.0 touring 2013, kemarin udh test drive ada beberapa minus kaki2 bunyi minim (gejala kaki2), kunci kontak 1 , dan spion elektrik harus diganti 2 pasang ? Perkiraan biayanya brp ya om ? Trus kira2 worth it ga ya kalo diambil ?
Terimakasih pencerahannya 🙏