Road Trip and Review BMW M135i M/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by antohalim »

Rekan2 SMers,

Ijinkanlah nubie menulis sebuah review. Review kali ini merupakan review mobil tercepat di dunia, karena mobil ini mobil rental :big_biglaugh:. Walaupun road trip dan review ini terjadi hampir satu tahun yg lalu, tapi better late than never..

Image

Prologue
Dalam rangka dinas, gw beberapa kali berkunjung ke Munich, home of Bayerische Motoren Werke, a.k.a BMW. Berhubung waktu free time yg ada biasanya sedikit, gw hanya berkeliling di dalam kota Munich, termasuk ikut BMW Factory Tour dan mengunjungi BMW Museum. Tapi kali ini, ada satu hari yg free, dan gw mau mewujudkan cita2 gw driving di Autobahn tanpa speed limit sampai 250 km/jam :big_grin:

Mobil yg akan dipakai dalam road trip perdana di negeri panzer ini adalah BMW M135i 3-door dengan 6 speed manual tranny. Mobil disewa dari BMW on Demand, fasilitas in-house rental dari BMW sendiri (https://portal.bmw-on-demand.de/index.d ... lay#modell). Kenapa M135i? Kalau dilihat, banyak model2 BMW lainnya yg lebih eksotis. Tapi pilihan saya didasari oleh satu hal: dari sejak saya ngerti otomotif, BMW terkenal dengan mesin straight 6 mereka, dan mesin N55B30, 3000cc twin scroll turbo yg ada di M135i, dengan 320 hp @ 5800-6000rpm dan 450 Nm @ 1300-4500rpm, merupakan the ultimate straight 6 engine yg ada di line up BMW saat ini.

Image

M135i sendiri bukan merupakan M-car seperti M3 ataupun M5. M-car dari 1-series adalah 1M Coupe yg sudah di-discontinue. BMW memposisikan M135i sebagai model diantara model2 standard BMW dan M-car. Tidak semahal dan se-[cencored] seperti M-car, dengan mesin yg sedikit less powerful tapi bisa digunakan sehari2 tanpa sakit pinggang, dan tetap mumpuni seandainya dipakai balapan. It's a bit like a compromise, and normally all compromises are never good. But we shall see..

The Route
Rute road trip perdana ini ada kota Fussen, di kaki pegunungan Bavarian Alps, 140 km sebelah barat daya Munich. Kota Fussen ini terkenal dengan kastil2 jaman abad pertengahan, salah satunya adalah Schloss Neuschwanstein yg menjadi insipirasi Walt Disney ketika membangun kastil Disneyland yg menjadi simbol film2 Disney.

Rute outbound ke Fussen melalui Autobahn 96 kearah timur, sebelum berbelok ke Selatan di Lansberg menuju ke Fussen.
Image

Sedikit informasi mengenai the famous Autobahn. Autobahn merupakan jaringan jalan bebas hambatan yg menghubungkan seluruh negeri Jerman. Autobahn sendiri mulai direncanakan akhir tahun 1920an, tetapi pembangunan secara massal baru dilakukan setelah Adolf Hitler berkuasa tahun 1933. Jaringan Autobahn mencapai total 12845 km and contrary to popular knowledge, hanya sebagian dari Autobahn yg tidak memiliki speed limit. Bahkan sebagian Autobahn hanya memiliki speed limit 60 km/jam. Gambar dibawah ini merupakan jaringan Autobahn di barat daya Munich.

Image
Image

OK, let's get on to the review :big_smile]

The Drive
Hari-H tiba, bangun tidur langsung cek cuaca. Ramalannya cuaca berawan dengan kemungkinan light snow, so it's a GO :big_exellent: Selesai sarapan, lansung naik kereta ke BMW Welt di Olympiapark. BMW Welt merupakan showroom sekaligus showcase BMW Group, dimana disana kita bisa melihat semua produk BMW group, membeli merchandise dan juga melihat pameran seluruh teknologi yg dimiliki BMW.

Pengambilan mobil cukup straight forward. Cukup menunjukkan print-out booking dan kartu kredit, dan dalam waktu kurang dari 3 menit, kunci sudah ditangan. Langsung menuju ke basement car park untuk mengambil mobil. Di basement sudah ada petugas lain yg akan membantu menjelaskan seluruh fitur2 di mobil seandainya customer bertanya.

Dengan pedenya, gw hanya minta bahasa di i-Drive diganti ke bahasa inggris dan dijelaskan cara penggunaan GPS. but overall it's an excellent customer service :off_good_job:

Duduk di kursi pengemudi, injak kopling untuk menyalakan mesin, wuih.. lumayan enteng untuk ukuran performance car, tapi kalo untuk macet2an di Jakarta bakal lumayan pegal juga. Then, press the start/stop button, dan terdengarlah raungan mesin N55 yg legendaris. Toel pedal gas sedikit, the 320 horses unleashed!! What a sound!! :big_exellent:

Lagi sibuk adjust seat dan spion, tiba2 petugas yg ada di basement dateng lagi, pas gw buka kaca, doi bilang "I forgot to tell you, the car is still in winter tyres, so DO NOT exceed 210 km/hour" :off_no: There goes cita2 mencapai 250 km/jam :frm_bang_head:

Anyway, let's get going. Masuk gigi satu, berhubung masih didalam basement, gw gak berani bejek gas dalem2, tapi alhasil pas di tanjakan keluar, mesin stall :wkkk: . Setelah berhasil keluar dari basement, muncullah tantangan pertama: snow and ice, sesuatu yg gak bakal gw temui di Indonesia. Dan terbukti, di tikungan pertama, gw toel pedal gas sambil belok, gak liat bahwa ada black ice di jalan, yg ada pantat mobil dengan suksesnya nge-drift, walaupun bisa dikontrol.. That's the power of 450NM of torque dari 1300 rpm :big_slap:

Lampu merah pertama, gigi netral, kopling dilepas dan... mesin mati :e-wall: . Panik sesaat, sambil injak kopling lagi untuk menyalakan mesin, dan tiba2 mesin menyala sendiri.. Argghh, it's the start/stop system you idiot :frm_bang_head:

Setelah sukses making a fool of myself, akhirnya dengan panduan GPS, gw mulai menikmati road trip ini. Rute2 awal melewati kota Munich, dengan speed limit berkisar 60-70 km/jam, jadi blom bisa merasakan kemampuan maksimal mobil ini. Setelah masuk ke Autobahn 96, speed limit naik ke 100-120 km/jam, and let's the fun begin.

Setelan Drive Performance Control di set dari Comfort ke Sport+, dan dilayar i-Drive muncul power dan torque meter.. Sweet :big_exellent:

Image

Berhubung masih morning rush hour, jadi traffic masih sedikit padat. Akan tetapi disiplin berkendara orang2 Jerman harus dikasih jempol. Walaupun traffic padat, mereka tetap berada di jalur masing2. Kalaupun gw konstan kecepatan 120 km/jam di lajur paling cepat, dan didepan ada mobil yg lebih lambat, tampa harus di-dim, mereka akan memberi jalan dengan sendirinya. Dan tidak ada yg namanya lane-hogging seperti di jalan2 tol di Indonesia. What's a nice place to drive :big_smile]

GPS system di M135i bener2 user friendly dan sangat useful. Beberapa fitur yg sangat bagus adalah traffic information, dimana seandainya ada kemacetan di rute yg akan dilalui, GPS ini akan memberi tahu pengemudi dan menawarkan rute alternatif. Informasi yg sangat2 berguna lainnya adalah real time speed limit, dan enaknya lagi, semua informasi ini muncul di MID di instrumen panel pengemudi.

Image

Begitu GPS memberitahu no speed limit, downshift ke gigi 3 and bejek pedal gassss.. Akselerasi 0-100 km/jam dicapai dalam waktu 5.1 detik. Akselerasi dari 120 ke 210 km/jam juga bikin punggung terbenam ke kursi pengemudi. Suara mesin pada kecepatan 200+ km/jam tidak terlalu berisik. Suara angin kurang lebih masuk pada kecepatan 200 km/jam. Sayangnya di rute Autobahn 96 tidak banyak bagian yg cukup lama untuk berkendara diatas 200 km/jam, seperti yg bisa dilihat di Autobahn map diatas.

Keluar dari Autobahn, masuk ke rural road, speed limit turun ke 100 km/jam, 40 km/jam pas melewati kota2 kecil. Disini handling M135i diuji, melalu beberapa tikungan2. Settingan Sport+ mulai terasa kurang nyaman, dan setting Sport akhirnya dipilih. Feedback dari setir yg dibalut leather excellent, benar2 direct seperti mengemudikan gokart. Hydraulic power steering set-up pas, just nice. Tikungan2 yg lumayan tajam dilahap dengan mudahnya, dengan body-roll yg minimum. Driver seat sangat2 nyaman dan supportive, tidak membuat pantat bergeser di tikungan tajam :off_good_job:

Setelah berkendara hampir 2 jam, tibalah kami di Fussen. Jalan2 muter2 di kota sambil meluruskan kaki. Surprisingly badan tidak terasa pegal ataupun capek, bener2 testimoni dari ergonomisnya kabin M135i. Sebelum jalan pulang, of course, foto2 dulu.

Image

Image

Image

Rute inbound back to Munich, gw pilih untuk lewat Autobahn 95, karena kalo dilihat dari Autobahn map diatas, banyak sekali bagian yg tanpa speed limit :big_peace: . Sekaligus mampir ke Schloss Neuschwanstein dan Starnberger See. Kebetulan jalan dari Schloss Neuschwanstein ada yg lurussss, so matin heater, buka jendela, set Sport+ dan gas polll.. Ohhh, the sound of straight six engine producing 320 horses :big_exellent:

Image

Rute dari Fussen menuju awal Autobahn 95 hampir serupa dengan rute dari Landsberg ke Fussen. Setelah masuk Autobahn 95, gas polll... dan kebetulan ketemu sama sesama BMW, adiknya M135i, yaitu 135i Coupe yg masih menggunakan mesin N54 twin turbo. Rupanya pengemudinya juga lagi kepengen ngetes, alhasil kita berdua 'jogging' bareng di kecepatan 210 km/jam :big_biglaugh:

Rute balik ke Munich lewat Autobahn 95 sedikit lebih panjang, apalagi sempat detour, tapi akhirnya jam 5 sore gw sampe dengan selamat di BWM Welt dengan senyum lebar :big_grin:

Pengembalian mobil, again, same excellent customer service. Tinggal masuk ke basement car park, petugas yg disana akan memarkirkan mobil. Data dari mobil di-download ke kunci mobil. Kunci gw bawa ke kounter BMW on Demand, data di-download ke komputer mereka, keluar print-out total yg harus dibayar, including bensin.

Surprisingly enough, walaupun mobil diajak "jogging" sampai 210 km/jam, total trip 315 km, total bensin yg dipakai 32 liter. Fuel consumption hanya 1:9.84 :off_good_job:

Conclusion
What can I say? Great little car, great engine!! :big_exellent:. It may be a compromise, and entry level BMW, but it shows that compromise can be good.

Sayangnya walaupun masuk di Indonesia, hanya yg versi 8-speed DSG, harganya mahal untuk mobil sekelas ini, 888 juta off the road, itupun harga tahun lalu jamannya dollar masih dibawah 11 ribu.

What I like:
+ Instantaneous power
+ Great power band, peak torque dari 1300 rpm
+ Direct handling
+ Comfy seat
+ Liveable untuk daily driving
+ Fuel economy

What I don't like:
- Seat row 2 sempit
- Bagasi so so
- Pintu lebar, ditambah posisi kursi yg rendah, susah keluar masuk di parkiran sempit
- Harga di Indonesia mahallll

Image
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by madcat015 »

Akhirnyaaaaa... M135 MT straight six enjine di ripiu... :mky_02:

Many thanks om antohalim... :mky_02:

One of the best enjin ever dari BMW... manual pulak! :cupss:

O iya, suspensi uda pake M Suspension ga om... yg di M5 F10 adjustable dan cukup comfy untuk daily driving... dan cukup stiff utk melibas tikungan...

M series... it never goes wrong... kecuali X6M... :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by artoodetoo »

gud gud gud :big_exellent:
satu lagi reviewer handal lahir di SM
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by imingwahyudi »

Mantaaaaaaaapppppppp!!!!!!! :mky_02:

Straight 6 twin turbo with 6 speed PROPER manual gearbox also with REAR WHEEL DRIVE . Its a damned pocket rocket!

Uber gut review om :mky_02: and you're so success making me sitting here with all the jealousy for that such a great opportunity...driving around Autobahn in a proper car! Gimana kalau autumn dg summer tire ya? :mky_03: bakalan dibelokin ke tunnel tuh ahahahahaha
Last edited by imingwahyudi on Thu Jan 16, 2014 13:00, edited 1 time in total.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by amfibi »

M series dengan transmisi manual? Wow... :mky_02:



BTW, Jalan di autobahn pasti mulus bener ya om... :ungg:
User avatar
B 0 YZ
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 313
Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by B 0 YZ »

nice ripiu, ngebayangin nyetir suasana autobahn, kepengen banget nyobain, ditambah lagi naik mobil macem M135 ini, what a lucky guy :big_exellent:
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by evolution21 »

kira2 dipakai utk jalanan dalkot indo gimana ya?
suspensi, stir, dll apakah masi bs cukup enak?
antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by antohalim »

madcat015 wrote:Akhirnyaaaaa... M135 MT straight six enjine di ripiu... :mky_02:

Many thanks om antohalim... :mky_02:

One of the best enjin ever dari BMW... manual pulak! :cupss:

O iya, suspensi uda pake M Suspension ga om... yg di M5 F10 adjustable dan cukup comfy untuk daily driving... dan cukup stiff utk melibas tikungan...

M series... it never goes wrong... kecuali X6M... :ungg:
Thank you Oom.. mohon bimbingannya, secara gw masih nubie di bidang per-review-an di SM :big_smile]

Suspensi M135i yg ane pake M Sport Suspension, suspensi option di 1-series standard. Ada option tambahan buat adaptive damper, tapi gak dipasang di mobil yg gw pake, namanya juga mobil rental :big_biglaugh:
artoodetoo wrote:gud gud gud :big_exellent:
satu lagi reviewer handal lahir di SM
Thank you Oom :big_smile]
imingwahyudi wrote:Mantaaaaaaaapppppppp!!!!!!! :mky_02:

Straight 6 twin turbo with 6 speed PROPER manual gearbox also with REAR WHEEL DRIVE . Its a damned pocket rocket!

Uber gut review om :mky_02: and you're so success making me sitting here with all the jealousy for that such a great opportunity...driving around Autobahn in a proper car! Gimana kalau autumn dg summer tire ya? :mky_03: bakalan dibelokin ke tunnel tuh ahahahahaha
Iya Oom.. IF ONLY pake summer tyres, bisa ngacir sampe 250 km/jam. Maklum lah, sehari2 tunggangannya cuma Toyota Innova D4D sama Ford Fiesta S, jarang2 dapet kesempatan bawa mobil high performance :big_peace:
amfibi wrote:M series dengan transmisi manual? Wow... :mky_02:



BTW, Jalan di autobahn pasti mulus bener ya om... :ungg:
Mulus? Mulus abissss.. Ditambah lagi dengan disiplin berkemudi, nyetir 210 km/jam di Autobahn gak ada rasa takut atau cemas. Kalo di Indonesia, nyetir diatas 120 km/jam udah deg2an jangan2 ada lobang atau mobil yg nyelonong ke jalur kita.
B 0 YZ wrote:nice ripiu, ngebayangin nyetir suasana autobahn, kepengen banget nyobain, ditambah lagi naik mobil macem M135 ini, what a lucky guy :big_exellent:

Thanks Oom.. Lucky indeed, jarang2 ada kesempatan dan waktu. Biasanya sibuk sama urusan dinas..
evolution21 wrote:kira2 dipakai utk jalanan dalkot indo gimana ya?
suspensi, stir, dll apakah masi bs cukup enak?
Kalo setelan Drive Performance Control diset ke Comfort, cukup enak untuk dipakai di dalam kota. Waktu muter2 didalam kota Fussen, berhubung kota tua, jalan2nya juga gak mulus2 amat, tapi dengan settingan Comfort sudah lebih dari cukup.
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by evolution21 »

tanya 1 lg um, ini stirnya eps ? beratnya berubah ga misal di kecepatan rendah ringan dan seiring meningkat kecepatan berubah jd berat?
User avatar
dubz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Sat May 11, 2013 2:07

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by dubz »

Kalo seri 1 begini dashboardnya hard plastic gak?
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by axala »

Tumbuh satu benih reviewer handal lagi :big_exellent: :big_exellent:
:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:

enak ya di jerman masih jual BMW yg MT, disini kayanya udh gaada lagi BMW yg mt
ngomong2 system gpsnya udh integrated ama kondisi jalannya ya?
Kalo iya hebat tuh :big_grin:
Pursuit of Perfection
User avatar
Andrian
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1633
Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by Andrian »

mantap ripiuny om antohalim. :mky_02:

entah kenapa di otak cupu ane kalo mendengar kata BMW yang terbayang mobil eropa dg cita rasa sport. :mky_01:

Dan sampe sekarang ane tetep ber cita2 pengen punya 1 mobil eropa ber merek BMW. :ungg:

btw itu bahan bakar kalo di indonesia dikasih RON 95 kah?




* ternyata ane masih bisa mejeng di pejwan. :upss:
Image
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by maskopat »

asik bacanya... TD bmw di sarangnya... :big_exellent:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
yaseinotulip
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 315
Joined: Wed May 23, 2012 16:18

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by yaseinotulip »

wahh.... bikin nostalgia nih road trip di Jerman..
jadi inget tahun 2005 road trip dusseldorf - munchen - venezia - milan - lucerne - zurich - konstanz - dusseldorf..

waktu itu sempet detour ke Neu Schwanstein juga sih..

yang pasti secepet apapun melaju di autobahn pasti ada yang lebih cepet :big_slap:
jalan 200 kmh ada beam dari blakang ferrari yang lebih ngebut.. dan juga karena pas itu summer banyak biker yang ngebut di autobahn..

total abis brp euro tuh pinjem BMW 135 sehari ?
antohalim
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by antohalim »

evolution21 wrote:tanya 1 lg um, ini stirnya eps ? beratnya berubah ga misal di kecepatan rendah ringan dan seiring meningkat kecepatan berubah jd berat?
Eh, ternyata setelah ngubek2 spec sheet M135i, steeringnya EPS. Tapi gak kerasa enteng seperti EPS kebanyakan. Malah feel-nya udah mirip sama hydraulic PS.
dubz wrote:Kalo seri 1 begini dashboardnya hard plastic gak?
Masih hard plastic, tapi kualitas plastic-nya cukup bagus, kalo dipegang kerasa halus, gak kayak hard plastic di kebanyakan mobil2 yg dijual di Indonesia
axala wrote: ngomong2 system gpsnya udh integrated ama kondisi jalannya ya?
Kalo iya hebat tuh :big_grin:
GPSnya top banget.. ada real time update mengenai road works, traffic condition, etc. Tapi gak tau apa hanya berfungsi didalam Jerman aja atau diseluruh Eropa.
yaseinotulip wrote: total abis brp euro tuh pinjem BMW 135 sehari ?
Mobilnya sendiri 105 Euro dengan maksimum jarak 450 km, bensin nambah lagi..
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by Felixz_Yaris »

very nice repiuuu :big_exellent:
M135 m/t straight six enjin :mky_02: :mky_02: :mky_02: :cupss: :cupss:
[TYCI 917]
[YKC]
Classic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by Classic »

ah dapet jg pejwan hahaha..

What can i say? WOW..
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by ZombiEE »

Very nice trip oom anto....mantaps
flyingstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 321
Joined: Fri Sep 27, 2013 4:41

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by flyingstar »

Betul tuh harga di indo mahal, ane cari 2nd aja masih lumayan tinggi harganya..semoga ada yg mau jual murah huehehehe..btw, nice ripiu om, TD di jerman pula, luar biasaaaaaaaaaa... :big_exellent:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by AD74YA »

Wuoooouowwwwwww!!!! Keren poll!!!...

Envyyyyyy..... Sangat...

Ane juga dah pernah dikasih jajal ini mobil, tapi ane ripiu di grup whatsapp gara2 oom NG bahas A45 AMG..

What a silly setup from BMW.. Kabin segede Golf, dikasih RWD dan blok mesin old M3 + twin scroll turbo... But somehow, on the road, it makes sense....

Nyupir mobil ini, Golf GTI aja bakal kerasa lembek kayak Yaris.. M135i bisa dibilang proper hot hatch..

Di saat Merc mengeluarkan varian paling aneh: hatchback, mesin 4 silinder tapi ada batch AMG ditambah AWD, BMW masih stick to classic setup.. Which is good.. Very good.

Hanya ada beberapa catatan tambahan dari ane pribadi:
1) Yang ane coba 8-speed auto ZF, di kondisi stop and go, transmisinya useless banget..

2) Feedback steering medioker, kurang presisi dan komunikatif dibanding proper seri 3 yang sebelum F30

3) Balance mobil kurang, chassis flex berasa.. Nampaknya mesinnya terlalu kuat, wheelbase.juga terlalu pendek

Tapi, anehnya, setelah digabung semuanya, it is proper FUN!! Mobil yang agak berbahaya jika di paksa sampai limitnya, dan disanalah letak fun nya.. A stupid car.. Not civilized like a Golf

Oya, di bandung dikasih harga 900-950 jutaan, which is stupid, karena 335i hanya beda sedikit...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
KielConstantine
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2537
Joined: Wed Jul 03, 2013 6:23
Location: Indonesia

Re: Road Trip and Review BMW M135i M/T

Post by KielConstantine »

Ninggalin jejak dulu



Siapa tau kesampean jg nyetir 250km/h di autobahn :ngacir: :ngacir:
S̶h̶e̶e̶r̶ ̶D̶r̶i̶v̶i̶n̶g̶ ̶P̶l̶e̶a̶s̶u̶r̶e̶
Sheer Repairing Pleasure :big_smoking: