Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Mau mengadakan polling? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Mana jenis teknologi mesin bensin yang Anda suka?

CVVT & MPI (Hyundai-KIA)
1
5%
VVT-i (Toyota-Daihatsu)
2
10%
i-VTEC (Honda)
7
33%
CVTC (Nissan)
1
5%
VVT (Suzuki)
0
No votes
MIVEC (Mitsubishi)
2
10%
Skyactiv-G (Mazda)
8
38%
 
Total votes: 21

dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by dogar »

IMHO, salah satu faktor kesuksesan orang Jepang masarin mobil ya marketing gimmick itu.
Teknologi variable valve timing sudah dipakai BMW dgn nama VANOS (Variable Nockenwellensteuerung) sejak 1993.
Tapi mobil-mobil Jepang sampai hari ini masih rajin nempelin emblem VVT, i-VTEC dsb. saat BMW udah "malu"
masang stiker VANOS di kaca belakangnya.
Sama kayak tulisan DOHC di Mitsubishi Eterna dan tulisan TWINCAM di Toyota Corolla era '90an, padahal Fiat 124 keluaran '70an
udah pake teknologi cam ganda tanpa ada tulisan apapun kecuali angka "124" itu.
Gimmick lainnya yg saya masih inget, Honda Accord '80an pasang emblem "5 Speed" dengan bangga nya :D.
Tapi yang paling konyol adalah stiker "Power Steering" di kaca belakang KIA Pregio itu. Yang ini memang idenya orang Korea.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7372
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by newrubble »

bukan krn principal eropa malu tapi ini berkait dg yg namanya proprietory rights (sebut sj secara awam dg hukum paten) di eropa dg japan. di eropa pd umumnya bila suatu invention di adopsi oleh fihak ketiga (mrk yg tdk teafiliasi dg penemu / inventor / patent holder) tanpa membeli trade mark / naming title invention tsb maka dia dilarang u menginformasikan pada public ttg invention itu dg nama yg dia ciptakan sendiri

sedangkan japan bila situasinya sama (patented inovation partially adopted by any third paty) utk dijadikan suatu bagian tak terpisahkan dlm suatu product maka public information disclosure wajibkan pengguna inovation tsb u menginformasikan pd public yg (akan) gunakan dg cara apapun, bhw product tsb mengandung inovation tsb

sy tdk ingat ketentuan ketentuan specific tapi itu ada n blm berubah

selain itu ada ketentuan di eropa bhw suatu invented system / component yg terpasang pd suatu product dan pemasangan tsb memberi pengaruh yg tdk lbh dr 30% dari performance / mechanism product tsb. . .maka invention tsb hanya mendapat petty patent coverage / perlindungan patent kecil yg masanya tdk lbh dr lima tahun n ssdh itu jafi public domain dimana siapapun bisa tiru secara gratis royalty. itu sebab vanos tdk lagi terpasang krn smua principal bisa gunakan

itu sebabnya org eropa lbh suka invention nya dibeli putus fihak ketiga tanpa royalty ssdh beli putus tsb. mrk mrk yg hebat tapi salah dlm strategy bgini tdk jarang frustasi spt misalnya alm rudolf diesel yg ahirnya bunuh diri. tapi alm citroen cukup pintar. dia daftarkan front wheel drive system pertama x bukan di eropa tapi di amerika serikat
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2284
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by ilhami »

Jadi maksudnya om rubble dan om dogar, teknologi mobil jepang itu semua nya subset aja dari teknologi eropa ya?
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by dogar »

newrubble wrote:bukan krn principal eropa malu tapi ini berkait dg yg namanya proprietory rights (sebut sj secara awam dg hukum paten) di eropa dg japan. di eropa pd umumnya bila suatu invention di adopsi oleh fihak ketiga (mrk yg tdk teafiliasi dg penemu / inventor / patent holder) tanpa membeli trade mark / naming title invention tsb maka dia dilarang u menginformasikan pada public ttg invention itu dg nama yg dia ciptakan sendiri

sedangkan japan bila situasinya sama (patented inovation partially adopted by any third paty) utk dijadikan suatu bagian tak terpisahkan dlm suatu product maka public information disclosure wajibkan pengguna inovation tsb u menginformasikan pd public yg (akan) gunakan dg cara apapun, bhw product tsb mengandung inovation tsb

sy tdk ingat ketentuan ketentuan specific tapi itu ada n blm berubah

selain itu ada ketentuan di eropa bhw suatu invented system / component yg terpasang pd suatu product dan pemasangan tsb memberi pengaruh yg tdk lbh dr 30% dari performance / mechanism product tsb. . .maka invention tsb hanya mendapat petty patent coverage / perlindungan patent kecil yg masanya tdk lbh dr lima tahun n ssdh itu jafi public domain dimana siapapun bisa tiru secara gratis royalty. itu sebab vanos tdk lagi terpasang krn smua principal bisa gunakan

itu sebabnya org eropa lbh suka invention nya dibeli putus fihak ketiga tanpa royalty ssdh beli putus tsb. mrk mrk yg hebat tapi salah dlm strategy bgini tdk jarang frustasi spt misalnya alm rudolf diesel yg ahirnya bunuh diri. tapi alm citroen cukup pintar. dia daftarkan front wheel drive system pertama x bukan di eropa tapi di amerika serikat
Penjelasan yang mencerahkan bung newrubble.

Tentu saja maksud saya bukan berarti BMW malu beneran (makanya saya kasih tanda kutip pada kata "malu").
Saya cuman berpikir mungkin BMW merasa sudah tidak perlu lagi gembar gembor bahwa mesinnya pakai teknologi variable-valve-timing-whatever karena teknologi itu sudah dianggap lumrah dan sudah seharusnya ada di semua jajaran BMW generasi berikutnya.
Tapi kalau memang alasan BMW tidak pasang stiker VANOS nya lagi karena regulasi IPR dsb. di Eropa, saya baru tahu itu.
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by dogar »

ilhami wrote:Jadi maksudnya om rubble dan om dogar, teknologi mobil jepang itu semua nya subset aja dari teknologi eropa ya?
Maksud saya ngga bilang begitu, walaupun mungkin kenyataannya ada beberapa (tentu tidak semuanya) yg begitu.
Yang saya mau sampaikan adalah bahwa penempelan emblem-emblem seperti VVT, VVTI, VTEC dsb. itu adalah marketing gimmick
agar konsumen tahu bahwa mobilnya pakai teknologi itu. Ini sah-sah saja, dan memang berhasil koq.
Mengenai teknologi otomotif secara umum saya kira Jepang sudah setara dengan Eropa, bahkan dlm beberapa hal lebih advance.
Transmisi CVT misalnya, baru Nissan yg bisa pasang di mesin besar (> 3.0L), walaupun katanya Murano itu ada problem sana sini.
Saya malah berpikir kalau teknologi CVT dan Hybrid akan dipimpin oleh para engineer Jepang.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by billyd1773dz »

^^
hehe imho yaa karna di indo masih banyak mobil yang saat ini masih di jual *bahkan some baru dijual* dan ga pakai teknologi katup ini..... jadi tetep ada baiknya pakai badge katup variable, dan errr tidak semua teknologi katup variable itu sama atau sepadan loh.


ehmmm bentar mirage kaga ada badge mivecnya wkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by artoodetoo »

billyd1773dz wrote:^^
hehe imho yaa karna di indo masih banyak mobil yang saat ini masih di jual *bahkan some baru dijual* dan ga pakai teknologi katup ini..... jadi tetep ada baiknya pakai badge katup variable, dan errr tidak semua teknologi katup variable itu sama atau sepadan loh.


ehmmm bentar mirage kaga ada badge mivecnya wkwkw :D

:beer:
Mirage mah di pantadnya cuma tulisan Mirage doang, kebalikan sama Mobilio yg semuanya ditulis :mky_03:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by htannis »

dogar wrote:IMHO, salah satu faktor kesuksesan orang Jepang masarin mobil ya marketing gimmick itu.
Teknologi variable valve timing sudah dipakai BMW dgn nama VANOS (Variable Nockenwellensteuerung) sejak 1993.
Tapi mobil-mobil Jepang sampai hari ini masih rajin nempelin emblem VVT, i-VTEC dsb. saat BMW udah "malu"
masang stiker VANOS di kaca belakangnya.
Sama kayak tulisan DOHC di Mitsubishi Eterna dan tulisan TWINCAM di Toyota Corolla era '90an, padahal Fiat 124 keluaran '70an
udah pake teknologi cam ganda tanpa ada tulisan apapun kecuali angka "124" itu.
Gimmick lainnya yg saya masih inget, Honda Accord '80an pasang emblem "5 Speed" dengan bangga nya :D.
Tapi yang paling konyol adalah stiker "Power Steering" di kaca belakang KIA Pregio itu. Yang ini memang idenya orang Korea.

ane juga 3 tahun lalu sempet pake c180k w203, pas service, ada rembes, ternyata dari packing tutup cam, ada socketnya segala di luar blok nya, pake sensor buat ngerubah derajat cam, canggih ye ternyata mesinnya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
4lICe
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
Location: riau

Re: Persaingan Teknologi Mesin Bensin

Post by 4lICe »

Yg pertama pakek DOHC bukannya Alfa Romeo yah??
Klo gak salah antara 50an/60an
MacGyver Conventional


Manual Tech Super Hyper Primitive


Katrox Terasing Sejati