Serba Serbi Busi

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

Post Reply
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

blloewy wrote: 11 Oct 2022, 07:20
Menurut nubie mungkin itu Busi yg basah mulai lemah syahwat Mbah...
Jadi pembakaran sisa dikit bbm nya.
Btw...knp ngga coba diganti busi baru mbah yg gap nya msh perawan 1,1.
Eh tp busi mobil langit harganya emang selangit ya mbah :big_peace:
Kalau karena busi keknya sih nggak ya mbah, ane dalam 90rb km dah coba iseng ganti 2 set busi. Kalau diset factory spec malah gampang brebetan. Wkwkwk.

Busi asal pake spek sama dengan bawaan, sebiji sih 110-150rb. Kalau oem memang dah tuh 500rb sebiji.

Apa spark plug coil dah mau modar? Bisa ngetes coil pake multimeter ga sih mbah?
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

josomba wrote: 11 Oct 2022, 06:48 Halo mbah2 busi semua,

Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?

20221011_062107.jpg

20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.

2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.

Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
Nubie koq curiga ad rembes oli sikit2 dr sil paking deksel yah

Kl pembakaran, lah itu cakep koq electrode nya

Kl pembakaran ngawur, electrode nya justru yg item legam
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

josomba wrote: 11 Oct 2022, 06:48 Halo mbah2 busi semua,

Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?

20221011_062107.jpg

20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.

2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.

Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
menurut nubi kotor itu itungannya mbah. dan for some reason self cleaning function nya ga jalan. entah krn ga mencapai 800° operation atau krn bbm nya.

utk basah, coba cek pcv valve, ganti bila perlu.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 09:31
josomba wrote: 11 Oct 2022, 06:48 Halo mbah2 busi semua,

Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?

20221011_062107.jpg

20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.

2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.

Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
menurut nubi kotor itu itungannya mbah. dan for some reason self cleaning function nya ga jalan. entah krn ga mencapai 800° operation atau krn bbm nya.

utk basah, coba cek pcv valve, ganti bila perlu.
mbah pcv valve dooll ini klo kondisinya keep open, intake valve jg becek kan.
klo keep closed, harusnya kering sih.
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
blloewy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1921
Joined: 18 Nov 2019, 08:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: HR15 - 2012

Re: Serba Serbi Busi

Post by blloewy »

josomba wrote: 11 Oct 2022, 08:15
blloewy wrote: 11 Oct 2022, 07:20
Menurut nubie mungkin itu Busi yg basah mulai lemah syahwat Mbah...
Jadi pembakaran sisa dikit bbm nya.
Btw...knp ngga coba diganti busi baru mbah yg gap nya msh perawan 1,1.
Eh tp busi mobil langit harganya emang selangit ya mbah :big_peace:
Kalau karena busi keknya sih nggak ya mbah, ane dalam 90rb km dah coba iseng ganti 2 set busi. Kalau diset factory spec malah gampang brebetan. Wkwkwk.

Busi asal pake spek sama dengan bawaan, sebiji sih 110-150rb. Kalau oem memang dah tuh 500rb sebiji.

Apa spark plug coil dah mau modar? Bisa ngetes coil pake multimeter ga sih mbah?
Koil pake multi? Kayanya butuh multi yg gede u ukur arus nya Om.
Kl mau ya test pake scanner gt kayanya Mbah Omni pernah bilang u test kondisi Koil.
Atau ya test manual...koilnya dilepas sambung ke busi dan dikasi tegangan 12 VDC u liat hasil api businya.
Ini pendapat Nubie Yaks :big_peace:
nubie in all things - still need to learn
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 09:31 menurut nubi kotor itu itungannya mbah. dan for some reason self cleaning function nya ga jalan. entah krn ga mencapai 800° operation atau krn bbm nya.

utk basah, coba cek pcv valve, ganti bila perlu.
Seandainya pcv valve, ini first step-nya bisa di-clean dulu aja ga sih mbah?

Kalau bbm antara 92 atau 95 biasa pakenya seh...
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 09:17 Nubie koq curiga ad rembes oli sikit2 dr sil paking deksel yah

Kl pembakaran, lah itu cakep koq electrode nya

Kl pembakaran ngawur, electrode nya justru yg item legam
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Yah kalau gitu next ke si mbah garasi69, minta dia bedah2 dah.
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

berhubung mbah josomba post busi, nubie ikutan ahh

busi lama nya berumur 9120 km, buatan denso made in china (beli nya di official store denso di sala satu toko daring), dipake di enjin agya
20221008_152528.jpg
tampak bersih karena abis di lap pake kaen majun dan brek kliner , (asli nya penumpukan karbon item legam rada banyak kali ini, entah knapa)

tp kl diperhatiin bae2, di bagian electrode dan keramik nya ada celah (retakan ?) stelah dipake 9000an km, dan kl diperhatiin, kl ini jd item banget, mesin jg jd lebi geter2 pas lg idle, dan kmaren2 sempet geter2 heboh ampe CEL nyala kelap kelip trus bener sendiri (kl kata mbah 69 curiga di pembakaran ngawur)
20221008_152611.jpg
20221008_152542.jpg
kl pagi pas starter rada panjang, dan kl di WOT siang2, berasa kurang kontan, padahal gap diukur masi within spec


btw, utk perbandingan denso buatan cina ama indo sbb :
20221008_152744.jpg
20221008_152734.jpg
yg kiri indo punya, kanan cina punya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

josomba wrote: 11 Oct 2022, 11:25
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 09:31 menurut nubi kotor itu itungannya mbah. dan for some reason self cleaning function nya ga jalan. entah krn ga mencapai 800° operation atau krn bbm nya.

utk basah, coba cek pcv valve, ganti bila perlu.
Seandainya pcv valve, ini first step-nya bisa di-clean dulu aja ga sih mbah?

Kalau bbm antara 92 atau 95 biasa pakenya seh...
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 09:17 Nubie koq curiga ad rembes oli sikit2 dr sil paking deksel yah

Kl pembakaran, lah itu cakep koq electrode nya

Kl pembakaran ngawur, electrode nya justru yg item legam
:big_biglaugh: :big_biglaugh:

Yah kalau gitu next ke si mbah garasi69, minta dia bedah2 dah.
pcv valve bisa dibersihin. apalagi kl rajin gantol jd ga ada sludge nyelip di dalemnya.

btw bener juga tuh, coba cek intake valves nya kotor ga. itu mesin gdi kan ya? wah pake bbm 92-95 aja begitu ya businya. tumpukan carbon nya sampe nutupin keramik yg dibawah elektroda positif. itu kl dibiarin bikin coil jebol.

ngetes coil? pake ini kl ga mau beli oscilloscope yg jauh lbh mihil :mky_01:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

Suryaputra wrote: 11 Oct 2022, 10:06
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 09:31
josomba wrote: 11 Oct 2022, 06:48 Halo mbah2 busi semua,

Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?

20221011_062107.jpg

20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.

2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.

Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
menurut nubi kotor itu itungannya mbah. dan for some reason self cleaning function nya ga jalan. entah krn ga mencapai 800° operation atau krn bbm nya.

utk basah, coba cek pcv valve, ganti bila perlu.
mbah pcv valve dooll ini klo kondisinya keep open, intake valve jg becek kan.
klo keep closed, harusnya kering sih.
kl di gdi becek. kl di port injection ga becek kan kesiram bensin terus. cuma muaranya ke ruang bakar yg jd kotor.

kl keep close? lbh parah. seal sama paking yg jebol.
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

blloewy wrote: 11 Oct 2022, 11:21
josomba wrote: 11 Oct 2022, 08:15
blloewy wrote: 11 Oct 2022, 07:20
Menurut nubie mungkin itu Busi yg basah mulai lemah syahwat Mbah...
Jadi pembakaran sisa dikit bbm nya.
Btw...knp ngga coba diganti busi baru mbah yg gap nya msh perawan 1,1.
Eh tp busi mobil langit harganya emang selangit ya mbah :big_peace:
Kalau karena busi keknya sih nggak ya mbah, ane dalam 90rb km dah coba iseng ganti 2 set busi. Kalau diset factory spec malah gampang brebetan. Wkwkwk.

Busi asal pake spek sama dengan bawaan, sebiji sih 110-150rb. Kalau oem memang dah tuh 500rb sebiji.

Apa spark plug coil dah mau modar? Bisa ngetes coil pake multimeter ga sih mbah?
Koil pake multi? Kayanya butuh multi yg gede u ukur arus nya Om.
Kl mau ya test pake scanner gt kayanya Mbah Omni pernah bilang u test kondisi Koil.
Atau ya test manual...koilnya dilepas sambung ke busi dan dikasi tegangan 12 VDC u liat hasil api businya.
Ini pendapat Nubie Yaks :big_peace:
multimeter n scanner kaga bisa ngetes secondary circuit nya coil (itu lho yg bagian high voltage dr coil yg ke arah busi). wajib pake oscilloscope (n pick up device nya) atau pake alat yg di link atas utk versi murmer bonus ceng nya.
User avatar
Suryaputra
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9518
Joined: 30 Apr 2013, 14:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Serba Serbi Busi

Post by Suryaputra »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 12:41
Suryaputra wrote: 11 Oct 2022, 10:06
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 09:31

menurut nubi kotor itu itungannya mbah. dan for some reason self cleaning function nya ga jalan. entah krn ga mencapai 800° operation atau krn bbm nya.

utk basah, coba cek pcv valve, ganti bila perlu.
mbah pcv valve dooll ini klo kondisinya keep open, intake valve jg becek kan.
klo keep closed, harusnya kering sih.
kl di gdi becek. kl di port injection ga becek kan kesiram bensin terus. cuma muaranya ke ruang bakar yg jd kotor.

kl keep close? lbh parah. seal sama paking yg jebol.
iya tekanan gak stabil ya mbah :upss:
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 11 Oct 2022, 12:08 berhubung mbah josomba post busi, nubie ikutan ahh

busi lama nya berumur 9120 km, buatan denso made in china (beli nya di official store denso di sala satu toko daring), dipake di enjin agya

20221008_152528.jpg

tampak bersih karena abis di lap pake kaen majun dan brek kliner , (asli nya penumpukan karbon item legam rada banyak kali ini, entah knapa)

tp kl diperhatiin bae2, di bagian electrode dan keramik nya ada celah (retakan ?) stelah dipake 9000an km, dan kl diperhatiin, kl ini jd item banget, mesin jg jd lebi geter2 pas lg idle, dan kmaren2 sempet geter2 heboh ampe CEL nyala kelap kelip trus bener sendiri (kl kata mbah 69 curiga di pembakaran ngawur)

20221008_152611.jpg20221008_152542.jpg

kl pagi pas starter rada panjang, dan kl di WOT siang2, berasa kurang kontan, padahal gap diukur masi within spec


btw, utk perbandingan denso buatan cina ama indo sbb :

20221008_152744.jpg20221008_152734.jpg

yg kiri indo punya, kanan cina punya
nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.


ijin nyomot foto ngana mbah,

IMG_20221011_125117.jpg
itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.

skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.

makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

DOHC wrote: 11 Oct 2022, 12:08 berhubung mbah josomba post busi, nubie ikutan ahh

busi lama nya berumur 9120 km, buatan denso made in china (beli nya di official store denso di sala satu toko daring), dipake di enjin agya

20221008_152528.jpg

tampak bersih karena abis di lap pake kaen majun dan brek kliner , (asli nya penumpukan karbon item legam rada banyak kali ini, entah knapa)

tp kl diperhatiin bae2, di bagian electrode dan keramik nya ada celah (retakan ?) stelah dipake 9000an km, dan kl diperhatiin, kl ini jd item banget, mesin jg jd lebi geter2 pas lg idle, dan kmaren2 sempet geter2 heboh ampe CEL nyala kelap kelip trus bener sendiri (kl kata mbah 69 curiga di pembakaran ngawur)

20221008_152611.jpg20221008_152542.jpg

kl pagi pas starter rada panjang, dan kl di WOT siang2, berasa kurang kontan, padahal gap diukur masi within spec


btw, utk perbandingan denso buatan cina ama indo sbb :

20221008_152744.jpg20221008_152734.jpg

yg kiri indo punya, kanan cina punya
Mbah kita orang juga tahun ini ada 3x tetiba geter heboh tp ga sampe CE nyala. Ketiganya pas after start.
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 12:35
pcv valve bisa dibersihin. apalagi kl rajin gantol jd ga ada sludge nyelip di dalemnya.

btw bener juga tuh, coba cek intake valves nya kotor ga. itu mesin gdi kan ya? wah pake bbm 92-95 aja begitu ya businya. tumpukan carbon nya sampe nutupin keramik yg dibawah elektroda positif. itu kl dibiarin bikin coil jebol.

ngetes coil? pake ini kl ga mau beli oscilloscope yg jauh lbh mihil :mky_01:
Noted mbah.

Iya GDI mbah, terakhir dibersihin intake valve sama mbah 69 sehhh 20-30rb KM lalu.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:10
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 12:08 berhubung mbah josomba post busi, nubie ikutan ahh

busi lama nya berumur 9120 km, buatan denso made in china (beli nya di official store denso di sala satu toko daring), dipake di enjin agya

20221008_152528.jpg

tampak bersih karena abis di lap pake kaen majun dan brek kliner , (asli nya penumpukan karbon item legam rada banyak kali ini, entah knapa)

tp kl diperhatiin bae2, di bagian electrode dan keramik nya ada celah (retakan ?) stelah dipake 9000an km, dan kl diperhatiin, kl ini jd item banget, mesin jg jd lebi geter2 pas lg idle, dan kmaren2 sempet geter2 heboh ampe CEL nyala kelap kelip trus bener sendiri (kl kata mbah 69 curiga di pembakaran ngawur)

20221008_152611.jpg20221008_152542.jpg

kl pagi pas starter rada panjang, dan kl di WOT siang2, berasa kurang kontan, padahal gap diukur masi within spec


btw, utk perbandingan denso buatan cina ama indo sbb :

20221008_152744.jpg20221008_152734.jpg

yg kiri indo punya, kanan cina punya
nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.


ijin nyomot foto ngana mbah,


IMG_20221011_125117.jpg

itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.

skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.

makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
Hmm ya ya

Kamsia info nya mbah
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 11 Oct 2022, 13:18
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:10
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 12:08 berhubung mbah josomba post busi, nubie ikutan ahh

busi lama nya berumur 9120 km, buatan denso made in china (beli nya di official store denso di sala satu toko daring), dipake di enjin agya

20221008_152528.jpg

tampak bersih karena abis di lap pake kaen majun dan brek kliner , (asli nya penumpukan karbon item legam rada banyak kali ini, entah knapa)

tp kl diperhatiin bae2, di bagian electrode dan keramik nya ada celah (retakan ?) stelah dipake 9000an km, dan kl diperhatiin, kl ini jd item banget, mesin jg jd lebi geter2 pas lg idle, dan kmaren2 sempet geter2 heboh ampe CEL nyala kelap kelip trus bener sendiri (kl kata mbah 69 curiga di pembakaran ngawur)

20221008_152611.jpg20221008_152542.jpg

kl pagi pas starter rada panjang, dan kl di WOT siang2, berasa kurang kontan, padahal gap diukur masi within spec


btw, utk perbandingan denso buatan cina ama indo sbb :

20221008_152744.jpg20221008_152734.jpg

yg kiri indo punya, kanan cina punya
nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.


ijin nyomot foto ngana mbah,


IMG_20221011_125117.jpg

itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.

skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.

makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
Hmm ya ya

Kamsia info nya mbah
curiga skim read :big_bored:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

josomba wrote: 11 Oct 2022, 13:16
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 12:08
Mbah kita orang juga tahun ini ada 3x tetiba geter heboh tp ga sampe CE nyala. Ketiganya pas after start.

:
Nahh kl d kita orang awal2 justru pas mesin ud rada panas, nah kmaren ini mendadak pas lg macet2, geter2 heboh kaya abis bensin, tp mendadak normal sendiri

Tp curiga itu dpt busi bahlul mbah (padahal beli nya di official store nya lgs)

Ini skrg lg coba pake busi baru, beli nya lgs d beres (ga pake minta makan gratis), mudah2an lebi awet
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

josomba wrote: 11 Oct 2022, 13:16
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 12:08 berhubung mbah josomba post busi, nubie ikutan ahh

busi lama nya berumur 9120 km, buatan denso made in china (beli nya di official store denso di sala satu toko daring), dipake di enjin agya

20221008_152528.jpg

tampak bersih karena abis di lap pake kaen majun dan brek kliner , (asli nya penumpukan karbon item legam rada banyak kali ini, entah knapa)

tp kl diperhatiin bae2, di bagian electrode dan keramik nya ada celah (retakan ?) stelah dipake 9000an km, dan kl diperhatiin, kl ini jd item banget, mesin jg jd lebi geter2 pas lg idle, dan kmaren2 sempet geter2 heboh ampe CEL nyala kelap kelip trus bener sendiri (kl kata mbah 69 curiga di pembakaran ngawur)

20221008_152611.jpg20221008_152542.jpg

kl pagi pas starter rada panjang, dan kl di WOT siang2, berasa kurang kontan, padahal gap diukur masi within spec


btw, utk perbandingan denso buatan cina ama indo sbb :

20221008_152744.jpg20221008_152734.jpg

yg kiri indo punya, kanan cina punya
Mbah kita orang juga tahun ini ada 3x tetiba geter heboh tp ga sampe CE nyala. Ketiganya pas after start.
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 12:35
pcv valve bisa dibersihin. apalagi kl rajin gantol jd ga ada sludge nyelip di dalemnya.

btw bener juga tuh, coba cek intake valves nya kotor ga. itu mesin gdi kan ya? wah pake bbm 92-95 aja begitu ya businya. tumpukan carbon nya sampe nutupin keramik yg dibawah elektroda positif. itu kl dibiarin bikin coil jebol.

ngetes coil? pake ini kl ga mau beli oscilloscope yg jauh lbh mihil :mky_01:
Noted mbah.

Iya GDI mbah, terakhir dibersihin intake valve sama mbah 69 sehhh 20-30rb KM lalu.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
3x geter hebat??

wah kok ai jd ngerasa gk5 ai itu cukup baek ya. :big_biglaugh:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:22
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 13:18
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:10

nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.


ijin nyomot foto ngana mbah,


IMG_20221011_125117.jpg

itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.

skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.

makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
Hmm ya ya

Kamsia info nya mbah
curiga skim read :big_bored:
Kagaaa , enak aje, baca nya ud sambil pake kaca mata ama makan siang neh :mky_03: :mky_03:

Btw

Kita orang ud ikutin saran ngana tuh, ud ga pake semprot2 carb jet ke "dalem" elektrode nya, biar ga "luntur" lapisan anti karbon d keramik nya
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:25
Busi nikel nya si GK5 masi ad ga mbah ? Kl ad coba deh bandingin ama busi iridium yg ngana lg pake skrg, utk start awal ama tarik2 d tol enakan mana ?

Ini d inofa kita orang malah jd lebi enak dipakein busi nikel inofa lama loh, starter pagi jauh lebi pendek ampe orang ruma aj brasa, buat sodok2an pas d tol jg lebi responsif
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 11 Oct 2022, 13:26
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:22
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 13:18

Hmm ya ya

Kamsia info nya mbah
curiga skim read :big_bored:
Kagaaa , enak aje, baca nya ud sambil pake kaca mata ama makan siang neh :mky_03: :mky_03:

Btw

Kita orang ud ikutin saran ngana tuh, ud ga pake semprot2 carb jet ke "dalem" elektrode nya, biar ga "luntur" lapisan anti karbon d keramik nya
good good :mky_03:
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

DOHC wrote: 11 Oct 2022, 13:29
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:25
Busi nikel nya si GK5 masi ad ga mbah ? Kl ad coba deh bandingin ama busi iridium yg ngana lg pake skrg, utk start awal ama tarik2 d tol enakan mana ?

Ini d inofa kita orang malah jd lebi enak dipakein busi nikel inofa lama loh, starter pagi jauh lebi pendek ampe orang ruma aj brasa, buat sodok2an pas d tol jg lebi responsif
di kita orang enakan iridium mbah. ini udah ga pernah ngecekin krn bosen, bersih mulu
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:25
3x geter hebat??

wah kok ai jd ngerasa gk5 ai itu cukup baek ya. :big_biglaugh:
Iyaa mbah, kek terbatuk2/berasa kek gempa dalam mobil.

:big_biglaugh: :big_biglaugh:
DOHC wrote: 11 Oct 2022, 13:23 Nahh kl d kita orang awal2 justru pas mesin ud rada panas, nah kmaren ini mendadak pas lg macet2, geter2 heboh kaya abis bensin, tp mendadak normal sendiri

Tp curiga itu dpt busi bahlul mbah (padahal beli nya di official store nya lgs)

Ini skrg lg coba pake busi baru, beli nya lgs d beres (ga pake minta makan gratis), mudah2an lebi awet
Hahaha ni busi maksudnya si densoh mbah? Masa beli di OS dapet yg bahlul.

Btw ni setelah setel gap setel 1.05mm, coba bejek2 gas di 60-100, normal lg, ndak ada mbrebet. Sungguh aneh.

Paling kita orang coba weekend monitor lg deh, masih ada busi yg basah atau ndak...
Image
User avatar
josomba
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2911
Joined: 05 Aug 2017, 19:00
Location: Tangerang Selatan
Daily Vehicle: Delman

Re: Serba Serbi Busi

Post by josomba »

Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:10

nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.


ijin nyomot foto ngana mbah,


IMG_20221011_125117.jpg

itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.

skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.

makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
Karena kemaren abis baca ini, siang ini bebersih karbon dr keramiknya.

:big_biglaugh:

Sekalian ngecek kondisi busi, setelah semalem dipake 20km, belum nampak ada yg basah lg juga sih neh.
Image
User avatar
Omnibus
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11280
Joined: 08 Apr 2008, 17:12

Re: Serba Serbi Busi

Post by Omnibus »

josomba wrote: 12 Oct 2022, 15:26
Omnibus wrote: 11 Oct 2022, 13:10

nah ai pernah jelasin nih dan akan ai jelasin lagi sampe pada bosen dah pada. abis kayanya ga mudeng2 sih pada2.


ijin nyomot foto ngana mbah,


IMG_20221011_125117.jpg

itu kan ai ksh panah di elektroda positifnya. kl busi bersih itu electroda positif sama negatif ga nyentuh alias ga korslet krn ada gap. dan si keramik putih itu sifatnya isolator (tdk menghantar listrik). maka ketika ada energi high voltage dr coil ke elektroda positif yg terjadi listriknya loncatin gap itu ke electroda negatif. sekali lagi ai bilang, tidak ada korslet disitu. normal operation. coil sehat2 walafiat dgn listrik loncatin gap itu dan menimbulkan spark.

skrg bahas yg keramik putih tengahnya numpuk karbon spt gambar yg di kanan. itu karbon numpuk dr nyentuh elektroda positif terus turun sampai dalamnya sumur itu penuh karbon semua. nah di dasar sumur ketemu lah sama body ulir busi yg bagian dalam (polarity nya negatif sama kaya elektroda negatifnya kan nyambung tuh body nya). nah itu karbon bikin keramik itu jd pengantar listrik (konduktor), sehingga begitu coil kasih energi, itu listrik langsung nyamber ke body busi yg negatif lewat karbon itu (lihat panah merah). akibatnya sama dgn korslet alias sama dgn ujung coil ditempelin langsung pake kabel ke ground alias lagi sama dgn pake busi yg gapnya ditempelin antara elektroda positif n negatif (NO GAP). meleduk coil nya krn korslet positif negatif.
nah si mbah delko kenapa ga langsung meleduk coilnya? krn karbon ga sekonduktor kabel, msh ada yg jump the gap tp energinya udah kebagi2. makanya CE nyala dan ada misfire. tapi lama kelamaan kl coil nya lelah ya dia angkat bendera putih juga. namanya dikorsletin terus2an.

makdar'it busi dr sononya didesain hrs bisa self cleaning yakni di 800an°C supaya ga berubah jd konduktor. di angka 600 aja udah ga bisa self cleaning. oleh sebab itu pilihlah kualitas yg bagus dan heat range yg tepat spy fungsi self cleaning nya jalan.
Karena kemaren abis baca ini, siang ini bebersih karbon dr keramiknya.

:big_biglaugh:

Sekalian ngecek kondisi busi, setelah semalem dipake 20km, belum nampak ada yg basah lg juga sih neh.
next beli busi naikin aja heat range nya 1 point hotter mbah. biar self cleaning nya berfungsi. soalnya itu kayanya msh terlalu dingin, ada faktor dr mobilnya matic jd rpm low melulu; atau kebanyakan macet/idle/genset ac; atau ngana kurang geber. utk nyiasatin heat range dibikin hotter 1 point.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26894
Joined: 01 Feb 2009, 00:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Serba Serbi Busi

Post by DOHC »

Omnibus wrote: 12 Oct 2022, 15:58
josomba wrote: 12 Oct 2022, 15:26

Karena kemaren abis baca ini, siang ini bebersih karbon dr keramiknya.

:big_biglaugh:

Sekalian ngecek kondisi busi, setelah semalem dipake 20km, belum nampak ada yg basah lg juga sih neh.
next beli busi naikin aja heat range nya 1 point hotter mbah. biar self cleaning nya berfungsi. soalnya itu kayanya msh terlalu dingin, ada faktor dr mobilnya matic jd rpm low melulu; atau kebanyakan macet/idle/genset ac; atau ngana kurang geber. utk nyiasatin heat range dibikin hotter 1 point.
Tu mbah

Mbah menzerna jg ikutan kaya kita orang dulu

Keramik nya d bersihin

Alamat busi ga bakal umur panjang tuh
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Post Reply
  • Similar Topics
    Replies
    Views
    Last post