Page 54 of 61

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 9:28
by Omnibus
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....



:ungg:






skrg saatnya ngibrit
... :ngacir: :ngacir: :ngacir:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 9:44
by Suryaputra
Omnibus wrote: Mon Apr 11, 2022 9:28
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....



:ungg:






skrg saatnya ngibrit
... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jangan mau diperbudak mobil..

:ngacir:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 10:03
by Omnibus
Suryaputra wrote: Mon Apr 11, 2022 9:44
Omnibus wrote: Mon Apr 11, 2022 9:28
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....



:ungg:






skrg saatnya ngibrit
... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jangan mau diperbudak mobil..

:ngacir:
:big_biglaugh:

:emo-photo:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 10:33
by blloewy
Suryaputra wrote: Mon Apr 11, 2022 9:44
Omnibus wrote: Mon Apr 11, 2022 9:28
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52
menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
beli di onlen, semua pasti aseliiiii, yg penting muraahhh, murmerceeennggg, hepiiii, dompet tetap tebaalll, makan respanggg, makan reskooorrr korean bbq. busi jebol bodo amaattt besok beli mobil baruuuu ....



:ungg:






skrg saatnya ngibrit
... :ngacir: :ngacir: :ngacir:
Jangan mau diperbudak mobil..

:ngacir:
:big_chicken: :big_slap: :big_chicken: :big_slap:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 10:39
by marmut
Suryaputra wrote: Mon Apr 11, 2022 9:44

Jangan mau diperbudak mobil..

:ngacir:


untung saya nggak punya mobil..... :mky_03:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Apr 11, 2022 16:28
by DOHC
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 3:52 husus buat mbah
DOHC


IMG20220411103916.jpg
IMG20220411104743.jpg
IMG20220411104814.jpg



ini dicoba pakai blatt 1mm :



IMG20220411104050.jpg



yang ini paling parah, pakai blatt 1,8mm



IMG20220411104427.jpg
IMG20220411104503.jpg



menurut pemilik mobil, busi baru dipakai sekitar 10rb KM dan ditebus (entah dimana) dengan harga (kalau tidak salah dengar) 400an ribu rupiah.
waduhh bsa kjadian kaya gt ya mbah

tp kita orang ga tralu kaget sehh, karena kejadian jg di mobil kita orang, kapan ari kan kita orang perna blg ganti busi si ribon dr yg bawaan pake twin tip iridium diganti jadi yg single tip iridium, ini baru jalan 20an rebu, yg bagian iridium tip nya gapapa, tp yg kemakan malah negatip electrode nya kekikis (ini bahan nikel) , kl diukur pake feelergauge, itu gap bahkan smuanya lebi gede dari blaat 1 mili , pantesan misfiring mulu kl dibejeg

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Apr 12, 2022 0:07
by AbdulHakim
marmut wrote: Mon Apr 11, 2022 10:39
Suryaputra wrote: Mon Apr 11, 2022 9:44

Jangan mau diperbudak mobil..

:ngacir:


untung saya nggak punya mobil..... :mky_03:
sama mbah, silahkan dicek bpkb ga ada yg atas nama saya :mky_03:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 23, 2022 2:09
by wicaksono99
Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 2:55
by t105erd
wicaksono99 wrote: Thu Jun 23, 2022 2:09 Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
Kalo coklat biasanya pembakaran oke

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 3:06
by t105erd
silenzo wrote: Tue Aug 31, 2021 9:07 Mohon info. Sedang mencari busi pengganti untuk Camry 2.4V 2007 (XV40). Tolong diberikan masukan dan jika ada toko online yang recommend, tolong dibisikin juga.

Thanks.
Buka di buku manualnya gan, ada kok kode businya. Atau mau aman yah beli di toyota langsung pasti cucok dan aman.

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 3:14
by t105erd
ariswp wrote: Mon Sep 27, 2021 8:32
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14 Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres :big_biglaugh:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 3:28
by ariswp
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 3:14
ariswp wrote: Mon Sep 27, 2021 8:32
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14 Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres :big_biglaugh:
Iya, yang box/packing honda
Klo box/packing NGK bisa sedikit lebih murah

Emang overkill ini hondut ngasi standar busi bawaan (CRV RM)
Klo CRV RE K24 masih busi nickel biasa yang 15-20k / pcs

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 4:41
by DOHC
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 3:14
ariswp wrote: Mon Sep 27, 2021 8:32
free2d wrote: Mon Sep 27, 2021 7:14 Temen2,
bisa info Honda CRV 2012 2400cc RM4 pake busi Denso/Ngk yang mana?
thx...
NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres :big_biglaugh:
Busi inofa rebon jg sgitu om, 1.2 jt 4 biji

Filter bensin nya aj skrg jd 550 rebu

Sungguh keterlaluan utk seekor kijang

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 6:04
by wicaksono99
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 2:55
wicaksono99 wrote: Thu Jun 23, 2022 2:09 Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
Kalo coklat biasanya pembakaran oke
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg
Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 7:20
by t105erd
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 2:55
wicaksono99 wrote: Thu Jun 23, 2022 2:09 Mau tanya smers dimari.. Kalau kondisi busi seperti ini bagaimana ya? Busi dipakai di mesin k15b bbm pertalite, sudah running sekitar 16rb km. Mohon penjelasannya.
IMG_20220623_090112.jpg
IMG_20220623_090105.jpg
Kalo coklat biasanya pembakaran oke
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg

Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 7:51
by josomba
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg

Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 8:15
by wicaksono99
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 7:20
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 2:55

Kalo coklat biasanya pembakaran oke
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg

Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
Yang sebelumnya juga busi murmer om.. Busi bosch super plus made in china (harga 17rban per buah), yg super 4 ini buatan jerman. Apa 1000km belum bener2 kebaca yah kondisi pembakarannya?
josomba wrote: Thu Jun 30, 2022 7:51
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg

Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Iya om.. Multispark dalam artian tergantung kondisi campuran udara dalem ruang bakar kaya gimana, nanti percikannya keluar dari salah satu ground elektrodanya nyesuiakan sama kondisi udaranya.. Akan selalu berubah2 tapi sekali percik hanya dari 1 elektroda saja, gak semua.
Termasuk busi murah sih 56rb per buah buatan jerman. :big_biglaugh:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 8:56
by t105erd
DOHC wrote: Thu Jun 30, 2022 4:41
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 3:14
ariswp wrote: Mon Sep 27, 2021 8:32

NGK ILZKR7B-11
Beli beres, atau di online banyak om, tapi hati2 klo online harga terlalu murah/agak jauh selisih harga sama di beres, dapet yg palsu takutnya
Satu set kisaran 1.1-1.2jutaan harusnya
Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres :big_biglaugh:
Busi inofa rebon jg sgitu om, 1.2 jt 4 biji

Filter bensin nya aj skrg jd 550 rebu

Sungguh keterlaluan utk seekor kijang
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 9:00
by t105erd
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 8:15
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 7:20
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04

Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg

Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:
Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
Yang sebelumnya juga busi murmer om.. Busi bosch super plus made in china (harga 17rban per buah), yg super 4 ini buatan jerman. Apa 1000km belum bener2 kebaca yah kondisi pembakarannya?
josomba wrote: Thu Jun 30, 2022 7:51
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 6:04
Oh, berarti perfect ya pembakarannya..
Ini setelah ganti ke bosch super 4 (4 ground elektroda). Sudah jalan 1000km, bensin pertalite juga.
IMG_20220630_123555.jpg
IMG_20220630_123550.jpg

Kenapa ada yg centre elektrodanya hitam dan lainnya putih yak? Modelnya emang beda ini busi.. Centre elektrodanya lebih nonjol dibanding groundnya. :ungg:
bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Iya om.. Multispark dalam artian tergantung kondisi campuran udara dalem ruang bakar kaya gimana, nanti percikannya keluar dari salah satu ground elektrodanya nyesuiakan sama kondisi udaranya.. Akan selalu berubah2 tapi sekali percik hanya dari 1 elektroda saja, gak semua.
Termasuk busi murah sih 56rb per buah buatan jerman. :big_biglaugh:
Kalo saya sih percaya aja sama busi bawaan/oem nya, soalnya tuh insinyur2 jepang pas buat mesin pasti udah di test segala macamnya supaya mesinnya bekerja dengan baik termasuk pemilihan busi dari supliernya. Kalo Toyota biasanya denso, kalo suzuki pakai ngk yah?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 10:54
by wicaksono99
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 9:00
wicaksono99 wrote: Thu Jun 30, 2022 8:15
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 7:20

Mending pake yg standar tadi om, ga cucok sama bosch deh kayanya
Yang sebelumnya juga busi murmer om.. Busi bosch super plus made in china (harga 17rban per buah), yg super 4 ini buatan jerman. Apa 1000km belum bener2 kebaca yah kondisi pembakarannya?
josomba wrote: Thu Jun 30, 2022 7:51

bentukan-nya mirip si brisk premium evo itu ya. Ini multispark juga ya cara kerjanya om?
Iya om.. Multispark dalam artian tergantung kondisi campuran udara dalem ruang bakar kaya gimana, nanti percikannya keluar dari salah satu ground elektrodanya nyesuiakan sama kondisi udaranya.. Akan selalu berubah2 tapi sekali percik hanya dari 1 elektroda saja, gak semua.
Termasuk busi murah sih 56rb per buah buatan jerman. :big_biglaugh:
Kalo saya sih percaya aja sama busi bawaan/oem nya, soalnya tuh insinyur2 jepang pas buat mesin pasti udah di test segala macamnya supaya mesinnya bekerja dengan baik termasuk pemilihan busi dari supliernya. Kalo Toyota biasanya denso, kalo suzuki pakai ngk yah?
Suzuki pakai NGK om... Saya sih nyari replacement yg hemat dikantong.
Insinyur bukan orang yg serba bisa om, sejago2nya ilmu insinyurnya R&D tetep produknya gak akan tercipta kalau bagian produksi gak bisa mewujudkannya dengan efisien dan biaya yg realibel. Makanya banyak riset didevelop spek A setelah masuk produksi dan jadi produk bisanya jadi spek D (jaman skrng kalau buat produk keterlaluan awet & biaya mahal yah susah dapet untungnya). Yg pengalaman kerja di pabrik bagian produksi (gak cuma otomotif) pasti ngerti deh, produksi gak akan mau ngebuat barang yg susah/sering trouble di mesin produksinya apalagi waktu produksinya yg lama. Pasti orang R&D disuruh bikin yg lebih simpel. Itu baru produksi dengan R&D, belum sama QC, PPIC, QA, Maintenance, supplier, marketing dkk...wah banyak deh konfliknya :big_biglaugh:
Justru konsumen yg jadi ujung tombak informasi untuk improvement selanjutnya karena konsumen yg sering pakai produknya. Tapi balik lagi, banyak konsumen berpikir insinyur pabrik udh riset segalanya pasti dong produk yg dilepas kepasar sudah sempurna.. Kalau kaya gitu semua, kasian perusahaannya.. Gak ada feedback untuk improve selanjutnya. (Walaupun bisa juga dimentahin lagi sama bagian manajemen atasnya.. Wkwkwk).
Eh malah ngomong kemana2 dari masalah busi :ungg:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Thu Jun 30, 2022 10:56
by DOHC
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 8:56
DOHC wrote: Thu Jun 30, 2022 4:41
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 3:14

Serius gan busi CRV harganya 1.2 jt?
Kadang saya lupa bersyukur kalo busi mesin mobil saya cuma 15rb sebiji/60rb satu set. Dan itu original beres :big_biglaugh:
Busi inofa rebon jg sgitu om, 1.2 jt 4 biji

Filter bensin nya aj skrg jd 550 rebu

Sungguh keterlaluan utk seekor kijang
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
yesss, mahal pake banget karena dipakein nya busi iridium twip tip pula, bukan yg single tip , makanya jd ampun2 mahal nya

enjin masi sama 1TR, dan kl mo dipakein busi nikel jg sebenernya bsa2 aj, cuman tarikan nya entah knapa terasa ada beda aj, terutama kl mo nyetir sruntulan, yg busi nikel berasa kaya kedodoran , mungkin di ECU nya ada tuning "special" yg mengharuskan pake busi mahal

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 01, 2022 1:35
by evanbngdor
DOHC wrote: Thu Jun 30, 2022 10:56
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 8:56
DOHC wrote: Thu Jun 30, 2022 4:41

Busi inofa rebon jg sgitu om, 1.2 jt 4 biji

Filter bensin nya aj skrg jd 550 rebu

Sungguh keterlaluan utk seekor kijang
Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
yesss, mahal pake banget karena dipakein nya busi iridium twip tip pula, bukan yg single tip , makanya jd ampun2 mahal nya

enjin masi sama 1TR, dan kl mo dipakein busi nikel jg sebenernya bsa2 aj, cuman tarikan nya entah knapa terasa ada beda aj, terutama kl mo nyetir sruntulan, yg busi nikel berasa kaya kedodoran , mungkin di ECU nya ada tuning "special" yg mengharuskan pake busi mahal
Tp busi 1,2 jt itu bisa dipake sampe 40rb km lebih kan mbah? Ya anggep aja impas lah sama harganya kalo bisa sampe segitu
:mky_01:

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Fri Jul 01, 2022 5:46
by DOHC
evanbngdor wrote: Fri Jul 01, 2022 1:35
DOHC wrote: Thu Jun 30, 2022 10:56
t105erd wrote: Thu Jun 30, 2022 8:56

Wah najong mahal bgt, itu harus pakai yang model iridium gitu yah om? Mesinnya sama kan masih 1TR? Apa udah beda konstruksi atau karena ngejar emisi atau gimana tuh yaa sampai harus pakai busi "premium"?
Kalo di grand livina kan emang konstruksinya mesin-nya ribet, jadi kalo mau ganti busi mesti copot intake manifold dulu, jadi pake yg iridium supaya masa pakainya lama dan kalo servis lebih cepet soalnya businya ga di cek/copot/bersihin. Di buku manual berarti ganti busi di 100rb km dong yah?
yesss, mahal pake banget karena dipakein nya busi iridium twip tip pula, bukan yg single tip , makanya jd ampun2 mahal nya

enjin masi sama 1TR, dan kl mo dipakein busi nikel jg sebenernya bsa2 aj, cuman tarikan nya entah knapa terasa ada beda aj, terutama kl mo nyetir sruntulan, yg busi nikel berasa kaya kedodoran , mungkin di ECU nya ada tuning "special" yg mengharuskan pake busi mahal
Tp busi 1,2 jt itu bisa dipake sampe 40rb km lebih kan mbah? Ya anggep aja impas lah sama harganya kalo bisa sampe segitu
:mky_01:
Lebih mbah, 60 an rebu kl make nya premium atau pertalit dan hobi geber2

Tp kl pake pertamak trus nyetir aliran siksa diri ketakutan injek gas, 100 rebu jg bsa kayanya

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Mon Oct 10, 2022 23:48
by josomba
Halo mbah2 busi semua,

Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?
20221011_062107.jpg
20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.

2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.

Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?

Re: Serba Serbi Busi

Posted: Tue Oct 11, 2022 0:20
by blloewy
josomba wrote: Mon Oct 10, 2022 23:48 Halo mbah2 busi semua,

Izin nubi mau tanya, kalau 1 busi lebih "basah" sikit kek gini ada indikasi yg salah ga ya?

20221011_062107.jpg

20221011_064419.jpg
Jadi dr 4 busi kiri ke kanan ini, busi yg paling kanan menurut ane kok kek lebih basah ketimbang yg lain ya di bagian ground electrodenya.

2 mingguan terakhir nyoba balikin gap ke spek pabrik 1.1, tp malah agak ndut2an sikit alias misfire (tp ga sampe nyalain CE) kalau lg betot gas di tol. Jadi mau balikin ke spek 1.05mm lg.

Apa memang kurang cocok pake gap std oem ya?
Menurut nubie mungkin itu Busi yg basah mulai lemah syahwat Mbah...
Jadi pembakaran sisa dikit bbm nya.
Btw...knp ngga coba diganti busi baru mbah yg gap nya msh perawan 1,1.
Eh tp busi mobil langit harganya emang selangit ya mbah :big_peace: