Review Suzuki All New Swift GX 2013

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

aerotourersora
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 192
Joined: Sun Nov 17, 2013 10:25
Location: Buahbatu - Ciwastra
Daily Vehicle: Toyota Veloz

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by aerotourersora »

imingwahyudi wrote:hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan





nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk. :mky_03:
di bandung sih mau jam kosong (1-2pm) juga susah mau gliding, banyak lampu merah :mky_02:

katanya dulu bandung banyak dapet hibah traffic light dari australia, makanya di pertigaan gak penting juga dipasang traffic light :big_slap:
continuously-variable
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by azu »

billyd1773dz wrote:[
om, salah satu ciri masuk ke mode DFCO adalah di realtime fc nunjukin angka maksimun teririt seperti 99kml atau 0L/100km, DFCO Decelerate Fuel Cut Out.. jadi jika blm dapat angka itu blm masuk dfco dan masih menggunakan fuel, nah ada yg bilang MID suzuki mentok 30kml jadi gtw nih. cara lain bisa pakai OBDII untuk liat kondisi Fuel Loop nya.

paling sering mbl masuk DFCO saat sedang engine brake. mobil injeksi lama, harus heavy engine brake d turunan. sedangkan yang modern seperti mirage cukup angkat gas di kecepatan >15kmh selama terjadi engine brake ringan thx to cvt, sudah masuk dfco.

nah kalau di tekan kopling/ di pindah ke netral. biasanya mesin masuk ke mode idle. mbl saat cruise normal memiliki AFR 14.7:1. yang saya tau di mirage *oleh2 dyno kemarin* saat idle AFR jadi 21:1, fungsinya ya agar lebih irit saat idle. dan ini bukan dfco.... dfco harus terjadi saat enginebrake yang muterin mesin saat fuel di putus. jika saat netral fuel di putus mesin tentu akan mati.



cmiiw hehe :D
:beer:
Sayangnya Ertiga ga support OBDII, jadi gabisa cek pakai ELM :D

Saat posisi transmisi di gigi 3-4-5 dan speed >20Kph, kalau lepas gas setelah 3 detik atau langsung engine break di RPM >2500, realtime FC menunjukkan 30 Km/L om.. Jadi kalau kecepatannya tidak terlalu tinggi dan tidak heavy engine break, MID tampilannya 20 -> 25 -> 30, pokoknya tidak langsung ke 30 Km/l.. mID ertiga sendiri sepertinya ada jeda sekitar 1 detikan untuk tampilan FCnya :mrgreen:

Bener om billy, kalau injek kopling bukan cut-off tapi dimiskinkan campuran bensin-udaranya, my bad :) berarti ertiga yg endut-endutan karena switch koplingnya rusak karena campuran bensinnya terlalu miskin ya

Mobil jaman sekarang wajar juga ya bisa irit, bensinnya bener2 dicekek, kalau ga butuh bensin ya ga dikasih sama ECU :mrgreen:
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
azu
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 703
Joined: Tue Jun 19, 2012 18:00
Location: Bandung
Daily Vehicle: 2007 Toyota NCP93R-BEMGKD

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by azu »

aerotourersora wrote:
imingwahyudi wrote:hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan





nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk. :mky_03:
di bandung sih mau jam kosong (1-2pm) juga susah mau gliding, banyak lampu merah :mky_02:

katanya dulu bandung banyak dapet hibah traffic light dari australia, makanya di pertigaan gak penting juga dipasang traffic light :big_slap:
Hibah TL (ca. 1996/1997 kl tdk salah, vendor AWA Plessey) tsb justru awalnya bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh loh om :D

Sistem TL tsb adalah ATCS-SCATS (Area Traffic Control System - Sydney Coordinative-Adaptive Traffic System), dimana dengan sistem tersebut TL dalam satu area akan dikoordinasikan agar terjadi "green wave".. Misalnya di jalan Sumatra-tamblong ada 4 TL yang berdekatan (simpang Lembong/Veteran, simpang Naripan, Simpang AsiaAfrika, Simpang Lengkong Kecil). dengan ATCS, maka keempat TL tsb dikoordinasikan lampu hijaunya agar kita dari arah Jalan Sumatra simpang Lembong/Veteran sampai ke Simpang Lengkong Kecil selalu mendapatkan sinyal hijau (ini yang disebut Green Wave), sehingga waktu tempuh untuk melewati 4 TL tsb dapat dikurangi..

Sayangnya namanya hibah, sistem ini tidak dirawat.. Akhirnya malah tidak berfungsi' yang ada malah setiap ketemu TL dapetnya merah melulu dan malah jadi macet..
2007 Toyota NCP93R-BEMGKD
2013 Toyota ZRR70R-APEXPD
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by madcat015 »

Pembicaraan ttg gliding ini membuat ane...

Penasaran... :ungg:


Image

Bonsaaaaaiiiiiii! :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by WongZo »

Bueuk_32 wrote: kalo pagi pas daerah pasar andir masih bisa di glide ga bro? :mrgreen:
Klw sorean jm 7 an sih bsa bro, tpi klw dr jam 6pagi-7sore, jam 9-11 mh mna bsa om. Dpn rumah ane aj udh macet :e-naughty: .
billyd1773dz wrote: wkwk nasib bandung di tambah bolong2 ye.... lama2 cape hajar aja.... biarin lobang yg ngerem wkw... mbl jgn direm let it glide wkwkwk :D

:beer:
Tpi tiap taun ganti suspensi dah :big_biglaugh: :big_biglaugh: :big_biglaugh: .
Godwill
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 189
Joined: Sun Feb 23, 2014 4:16

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by Godwill »

ribut amat soal irit doang... gak penting lah... klo memang mau bener2 irit, jgn pake ac, dijamin pasti irit 20-30% .. emang klo makin irit makin hebat gitu? biasa aja kaleeee :big_grin:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by ricz »

Serius!?!?

Itu kons bbmnya 1:30?

*bersiap ganti swip 2 taon lg, en psg turbo + knalpot free flow, plg melorot jadi 1:23 aja kons bbmnya... :mky_03:

:ngacir:
2021 Fortuner VRZ
andrijet
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 785
Joined: Sat May 17, 2014 23:11

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by andrijet »

azu wrote:
aerotourersora wrote:
imingwahyudi wrote:hmm, ternyata diatas jam 7 udah kosong melompong ya? terakhir saya main ke daerah sana stgh 8 masih macet di dekat miko mallnya karena penyempitan dan lain lain. Diatas jam 9 baru enak walaupun ga kosong kosong amat. Sayangnya walaupun kosongnya saya sulit terapkan pulse and glide disana...bukan salah lagi karena angkot yang seenak bokong ngetem dadakan, dan motor alay yang ngabret minta jalan

nb: definisi macet saya mungkin berbeda dengan penduduk Kopo dsk. :mky_03:
di bandung sih mau jam kosong (1-2pm) juga susah mau gliding, banyak lampu merah :mky_02:

katanya dulu bandung banyak dapet hibah traffic light dari australia, makanya di pertigaan gak penting juga dipasang traffic light :big_slap:
Hibah TL (ca. 1996/1997 kl tdk salah, vendor AWA Plessey) tsb justru awalnya bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh loh om :D

Sistem TL tsb adalah ATCS-SCATS (Area Traffic Control System - Sydney Coordinative-Adaptive Traffic System), dimana dengan sistem tersebut TL dalam satu area akan dikoordinasikan agar terjadi "green wave".. Misalnya di jalan Sumatra-tamblong ada 4 TL yang berdekatan (simpang Lembong/Veteran, simpang Naripan, Simpang AsiaAfrika, Simpang Lengkong Kecil). dengan ATCS, maka keempat TL tsb dikoordinasikan lampu hijaunya agar kita dari arah Jalan Sumatra simpang Lembong/Veteran sampai ke Simpang Lengkong Kecil selalu mendapatkan sinyal hijau (ini yang disebut Green Wave), sehingga waktu tempuh untuk melewati 4 TL tsb dapat dikurangi..

Sayangnya namanya hibah, sistem ini tidak dirawat.. Akhirnya malah tidak berfungsi' yang ada malah setiap ketemu TL dapetnya merah melulu dan malah jadi macet..
Wohooo..
Terimakasih pencerahannya, om..

Ngomongin soal irit, All New Swift ini emang irit kok.
Terlepas dari itungan MID-nya yang suka lebay, diitung manual full-to-full, bisa lebih irit dari Brio 1.3
Entah emang lebih irit atau Brio lebih mengundang buat digas dan bikin boros.
:mky_01:

Tapi seirit2nya hatchback berteknologi injeksi dan katup variable ya segitu-segitu aja..
Gak akan bikin koprol sambil bilang wow.
:big_peace:
princesaga
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Jul 20, 2015 23:36

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by princesaga »

Suhu-suhu sm yang baik, ane mau ambil swift gx mt. Nah sama seorang sales salah satu dealer di sby, ane ditawari swift dg akta 2014... Kira2 apa aja yang perlu ane cek mengingat tu swift pasti ngendon lama dari gudang? Ada rasa khawatir tu unit baru yg brmasalah... Mohon pencerahannya suhu....
User avatar
youfive
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 52
Joined: Mon Jun 22, 2015 19:17
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova V 2GD

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by youfive »

Hmm...
Nganu..

Saya jg punya ANS dr thn 2012 akhir, konsumsi BBM (nyetir sendiri) bisa dpt 1: 17 sampe 1:22.

Klo penumpang full, bisa 1:14 ampe 1:19

Ga ada bukti sih, tp gaya mengemudi saya santai dan kaki kanan udah sarjana.

Klo irit, emang irit bgt sih.. Cuma klo mau mbuktiin secara pasti ya kudu diuji lagi. Mungkin senior2 sini bisa melakukannya.

Sejauh ini sih puas bgt, cuma si pektay (nama suip putih saya) mo dijual buat bekal ke Belanda. :big_cry:
redzdevil
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sat Jan 23, 2016 6:45

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by redzdevil »

Mau share sedikit mengenai ANS 2013 GX AT
KM tempuh sudah 62.000km..

Pengalaman awal sama terima ANS seperti bro OS, mobil ini sunyi banget hampir ga kedengeran suara mesin nya.. Akan tetapi sekarang sdh lebih berisik, dan tarikan agak berat.. Mungkin krn pemakaian oli SG*.

Namun, sejak ganti oli di luar merk SG*, mesin lbh sunyi dan getaran agak kurang.. Tapi ANS ini emang enak dibawa ngebut, stabil dan setirnya pas ga terlalu enteng/berat..

Kekurangan dr ANS ini, ada bunyi2an di sekitar dashboard sebelah kiri + getaran di kap mesin, dan juga setir pernah bunyi dug dug saat setir geser sedikit ke kiri/kanan(terutama saat macet)..

Untuk konsumsi BBM sangat2 irit.. MID menunjukkan AVG 17,5km/l.. Akan tetapi jika hitung ful to full bisa 15-15.5km/l.. Ini dengan rute rumah (gading serpong) to ancol dan kemayoran via tol kebun jeruk dan dalkot jakarta (latumenten & pluit).. Kondisi jalan tol kebun jeruk tiap pagi dan malam = macet parah..
Octopus
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Jan 30, 2016 18:15

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by Octopus »

@ redzdevil
Bunyi duk duk pas geser setir itu mungkin steer racknya, emang penyakit umum di swift. Langsung aj dibawa ke beres om. Ertiga sy dulu jg pernag gitu, claim ke beres langsung diganti.
mchfi
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 66
Joined: Wed Mar 27, 2019 6:11

Re: Review Suzuki All New Swift GX 2013

Post by mchfi »

Terus nih mobil kenapa jarang ada di jalan ya skrg?