Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ChZ »

Selamat malam para penghuni SM.... admin, momOOT, member jelata, piyikz, dan Silent readers sekalian....

perkenankan ane untuk me-ripiu sebuah saloon medium.... kembali dari pabrikan Jepang : Toyota All-new Camry...

=============================
Prolog

sehari setelah KuSeM minggu kemaren, ane mendapat kabar mengejutkan dari modcat di WASeM....

"bro ChZ, you got a Camry to drive!"

hmm... padahal itu cuma selang sehari dari sebelumnya dimana mod kucing minta tolong bro Nyoman untuk kontak Atoyot.... kebetulan salah satu affiliates di sini : MikeToyota.

nah akhirnya kita scheduling hari sabtu tanggal 24 Mei ini untuk TD All-New Camry XV50... and we got the best-selling trim : 2.5V.

As we expected.

kenapa kita sangat mengharapkan type 2.5V?
Karena possibility yang sangat mungkin orang beli Camry pasti tipe V. dan Camry V ini yang langsung head-on dengan Accord VTI-L sebagai trim tertinggi Accord.

tipe G? forget it. dan orang pun akan mikir "ane beli med-saloon sih ngapain tanggung, highest trim dong!"

Hybrid? psikologis harga berbicara. mungkin secara kelengkapan jauh lebih baik, tapi harga? 7xx jeteng.... people will think "mending beli C-Klasse..." secara size kalah, tapi secara prestise? Benz lebih menjanjikan dapet VIP Parking di restoran mewah atau hotel....

dan datanglah hari ini..... sepulang kampus ane langsung berangkat ke rumah bro Nyoman, lalu jemput mod kucing... dan melesat ke A2k Pecindilan, langsung ketemu ko MikeToyota....

========================================
Story of Camry...

TOYOTA CAMRY........

ketika mendengar nama itu, apa yang ada di pikiran anda?

Aristocratic Saloon ? Luxury Saloon ? Boring old man's car? Mobil pejabat korup? Sedan med Toyota dengan kenyamanan kelas wahid?

Apapun itu, yang jelas Camry sangat jauh dari kesan driver's car.

Berbicara soal Camry, kita tidak boleh lupa sejarahnya dan med-saloon Toyota yang dulu sempat berjaya di tanah air : Corona, dan tentu saja contender utama Camry/Corona : Accord.

Di Indonesia, medium saloon Toyota yang dulu sangat terkenal di era '90s adalah Corona dan Crown. Dulu, orang beli med-saloon pilihannya cuma ada 3 : Corona, Accord, Galant.

Corona T190, atau yang biasa kita kenal dengan nama Corona Absolute (CorAbs) secara global discontinue (walaupun di Jepang masih berlanjut hingga 2002 dengan nama Corona Premio). Dan praktis digantikan oleh Toyota Camry.

Bicara trah Camry, silsilahnya agak panjang... semoga nggak bosen baca.

Camry sendiri sebenarnya bukan trah Corona. Trah Camry dimulai tahun 1979 dengan nama "Celica Camry". Karena basis Camry ini adalah Celica.

Image

The Original "Camry" tanpa embel-embel "Celica", lahir di tahun 1982 dengan kode sasis V10.

Camry berkode sasis XV dimulai pada tahun 1990 dimana Camry V30 (generasi ketiga) lahir, dimana V30 hanya dipasarkan di Jepang, sedangkan di pasar Internasional seperti Australia dan Amerika dipasarkan versi yang lebih lebar dari V30, XV10.

V30, terkendala pajak di Jepang yang dibebankan kepada kendaraan dengan lebar hingga 1700mm dan panjang 4700mm. Nah, tetapi karena sedan dengan dimensi lebar lebih laku di luar, akhirnya dilahirkanlah XV10 yang lebih lebar dibanding V30 JDM. Disini juga mulai lahir "kembaran" Camry dengan logo Lexus, ES300 XV10, yang akhirnya di-rebadge di Jepang dengan nama Toyota Windom.

Ini adalah awal dari trah Camry XV-series. Camry V40 di Jepang sendiri masih dijual sejak XV20, hanya saja dijual dengan nama Toyota Vista. Sedangkan Camry "naik kelas".

XV20 ini juga merupakan Camry pertama yang masuk ke Indonesia. Secara resmi menggantikan Corona, langsung head-on dengan Accord S86, dikenal dengan nama "Camry Grande".

XV30 hingga XV40, dan sampai sekarang XV50, menjadi saloon medium terlaris di Indonesia, simbol status, dan mobil dinas pemerintahan. Mobdin mentri sendiri sempat menggunakan Camry XV30 3.0 V6 (seperti punya salah satu member dimari :upss: ) yang digantikan oleh Crown Royal Saloon.

yang lucu, dari XV30, XV40, XV50, setiap generasi, Toyota berusaha untuk improve pengendalian Camry dengan membuat suspensi semakin stiff. XV40 lebih keras dari XV30, XV50 lebih keras dari XV40....

XV50 sendiri di Indonesia dipasarkan dengan 3 trim : 2.5 G A/T, 2.5 V A/T, dan 2.5 Hybrid CVT.... Tipe Hybrid mengisi kekosongan 3.5Q. Mesin yang dipakai pun generasi terbaru, 2AR-FE Dual VVT-i, menggantikan 2AZ-FE VVT-i lawas.

Perbedaan Hybrid dan 2.5V ada di :
- Motor listrik (jelas)
- Pengatur AC, audio, dll individual di belakang
- Desain grill Hybrid lebih tebal
- Desain bumper
- Kamera mundur
- Rear seat relaxation system
- Hybrid menggunakan CVT. 2.5V menggunakan 6-speed.

Nah impresi pengendalian.... silahkan baca di bawah....

===============================
1. Exterior
Tentu kita sudah khatam dengan bentuk XV50 yang sudah beredar sekitar 2 tahun di tanah air. Exterior Camry ini cenderung boxy, dibanding XV40 yang begitu elegan dengan lekukan-lekukan dramatis.

Image
Tampak depan, tidak terlalu menggugah, kotak kaku. Grill membosankan, kaku, tidak nyaman dilihat. Headlamp konservatif.
dan yang terparah adalah chrome di foglamp.... duh toyota :frm_bang_head: :frm_bang_head: why you need to add so mucho chromey....

Image
Tampak samping mungkin cara terbaik untuk memandang mobil ini. 1 kata : CLEAN. What i love is, tarikan garis kaca belakang berbentuk segitiga yang sangat iconic dari jaman XV30. Dengan velg 17" yang sangat serasi dengan bentuk sampingnya, dan bagian ekor yang berakhir dengan mengotak!

Image
Image
Bagian pantat.... somehow, bagi sebagian orang pantatnya sangat aneh karena terlihat kotak sempurna dan sangat sederhana. Mengingatkan ane pada XV30 lagi-lagi.... the bad thing is : no twin tailpipes! :off_no: (dok, pinjam foto camry ente yak :upss: )

Image
rims 17inch dengan ban 225/55/17... looks good! Ane suka model velgnya.

Score : 7/10.
Conclusion : Back to classic. XV50 terlihat seperti sedan tahun '90an. Even XV30 masih terlihat lebih dramatis lekukannya. This car is just too simple.

=================================
2. Interior
Apapun itu, Interior Camry XV50 ini terasa ada penurunan dibanding XV40.

Image
I love the steering wheel! Bentuknya seperti baju zirah samurai Jepang. Sayang finishing tombol-tombol kasar, tidak seperti XV40.
Dash didominasi Softpad dari bagian atas hingga tengah, me luv it! Bagian dash bawah plastic, tetapi bukan plastik murah, ketika disentuh terasa padat dan "mahal".

Image
Cruise control

Image
Cluster cantik... tapi tidak secantik XV40.

Image
HU jelek :off_no: Tombol AC sederhana. Bagian tengah dashboard ini seperti kembali ke mobil tahun 90an....

Image
Center speaker diletakkan agak ke depan....

Image
Faux wood panel di center console... err.... not bad IMO :ungg:

Image
Doortrim dengan material berkualitas. Softpad bagian atas dan kulit di bawahnya. Plastic di bagian depan, lagi - lagi plastic yang digunakan berkualitas, terasa "mahal" dan "padat", tidak seperti merek sebelah :upss:

Image
Row 2 cukup lapang, tidak selapang Accord, yaa setara Teana lah :upss: itu di foto sandaran jok depannya terlalu rebah... kalo normal driving position lebih lega lagi.

Image
No rear seat controller..... keliatan jelas orientasinya berubah...

Image
Peletakan lampu plafon tepat di atas kepala, which is good untuk kenyamanan membaca. Ga perlu gelap-gelapan atau nunduk nunduk biar keliatan, just sit back and relax.

Image
Plus, akses bagasi bisa langsung dari row 2, lumayan bisa buat nyimpen AK-47 :upss: dan penutupnya pun dari plastik berkualitas baik :off_good_job:

lalu ane mau buka bagasi dengan remote.... ane pencet-pencet ga bisa, tahan 10 detikan juga ga bisa.... akhirnya nyerah nanya ke ko Mike.
"ko, ini bijimane bukanya?"
"ditahan dulu" *mencet tahan agak lama* "oh nyantol"

dan ko Mike membuka bagasi via tombol di kabin... voila!

Image
Bagasi luas :off_good_job:

Image
Image
Toolkit terpasang rapi bersama dengan ban serep. Gud!

Interior : 7.5/10
Conclusion : Old fashioned. Material berkualitas baik. Hanya downgrade dari generasi lama. Peletakan tombol-tombol dan ruang kabin ergonomis.

=============================
3. Driving Impression

Image
Toyota Camry XV50 2.5V ini dibenamkan sebuah enjin berkode 2AR-FE DUAL VVT-i generasi terbaru. Menggantikan 2AZ-FE 2.4L yang sudah dari zaman purbakala.... Output 181PS dan 233Nm. Dipadu 6-speed Super-ECT Transmission.

181PS ini pun diraih di 6000 RPM, torsi maks di 4000RPM, which is good.

Dengan kata lain, spek XV50 ini hanya terpaut 6PS dari Mazda6 terbaru, 7PS lebih tinggi dibanding Accord CR2 dan 17Nm lebih kecil dibanding Mazda6, 8Nm lebih besar dari Accord CR2.

..... dan dipadu EPS :ungg:

keluar dealer, memutar setir, agak ringan... ah.... why.... :ungg: plus karena tempat agak macet ane galau apakah mobil ini akan mengecewakan ane... krn setirnya begitu ringan... :ungg:

Sambil bergelut dengan macet, Bro Nyoman mencoba pairing bluetooth untuk test audio. Pairing bluetooth cukup mudah, hanya saja dibatasi 5 kontak bluetooth saja. Jadi tadi ko Mike menghapus salah satu biar bisa diconnect dengan bluetooth iPhone bro Nyoman.

Image

Audionya... nggak bisa dibilang buruk. Cukup bagus. Bass bulet, menyenangkan. (i forgot to bring Flashdisk with Ekebi tracklist pamungkas :big_slap: )

Dan masih bergelut dengan kemacetan, ane bertanya ke mod kucing
"mod ada tirai belakang?"
"hah? emang ada?" *ngelirik atas*
"itu tombol tirai bukan?" *ane nunjuk tombol lampu baca*
"nope, tombol lampu baca...." *klik* lampu nyala

GUBRAK :big_slap: sedan sekelas ini ga punya tirai? :big_slap:

Putar balik, masih dengan setir ringan.... sh*t.... macet again.... kapan ane bisa flat-out.... :frm_bang_head:

akhirnya jalanan agak lengang, ane coba flat out dan........ BRAHHHH!!!!! :mky_02: :mky_02: :mky_02: Bro Nyoman yang mau bicara dengan ko Mike di depan langsung terlempar ke jok belakang.

kickdown, transmisi langsung respon dengan cepat, dengan suara enjin yang sangat powerful.... hanya saja tanpa suara exhaust seperti Teana.... wajar... krn cuma single tailpipe :ungg:

Plus, ane zigzag sedikit, tidak ada protes dari mod Kucing dan bro Nyoman yang duduk di belakang. Bodyroll sangat minim! Dan coba flat out sambil belok, setir terasa agak berat, Gud! :off_good_job:

sebagai gambaran, ane sering naik XV40 2008 temen, waktu dia zigzag ane terlempar-lempar di jok belakang, bodyroll sangat horor. di XV50 bro Nyoman dan mod Kucing anteng aja waktu ane manuver.... :upss: so much improvements!

Hanya saja seperti yang ane bilang di atas, bantingan terasa agak keras. Firm, kalo ga mau dibilang stiff. Tapi tetep nyaman, tidak sampai mengguncang penumpang belakang seperti Odyssey RC1.

Impresi menjadi penumpang di jok belakang akan di-review oleh mod kucing dan bro nyoman.

Driving Impression 8/10
Conclusion : Camry mulai berubah orientasi, dari Old man's car menjadi Driver's car.... ane sangat kagum dengan improvement di sektor suspensi dan pengendalian.
Back to the origin : Celica Camry.

=================================
4. Conclusion

Toyota Camry 2.5V.... Saloon medium Toyota yang berubah arah. Memang tidak se-radikal Teana J32 ke L33, namun sudah terlihat bagaimana XV50 justru lebih memanjakan driver ketimbang penumpang.

Or i must say.... All rounder saloon skrg bukan lagi Accord, tapi Camry. Accord cenderung passenger's car. Camry sekarang all-rounder, tapi ada kecenderungan ke driver.

Kekurangan Camry hanya pada desainnya yang kuno, jauh lebih kuno dibanding XV40. Plus, Camry hanya punya 2 airbags. Sementara kompetitornya punya 4 atau lebih.

Price tag 549jeteng open disc 7jeteng.... Worth? Depends.
Kalau tanpa lihat Aftersales, jelas Teana lebih worth. BOSE Sound system dan interior yang terlihat lebih modern, plus : EXHAUST!
Kalau mempertimbangkan aftersales dan untuk jangka panjang, Camry adalah pilihan tepat.

Lho. kan masih ada Accord? Sayang sekali, price tag Accord 580jeteng, dan kita cuma ketambahan airbag 2 biji plus tombol audio belakang dan gimmick-gimmick lain. Kualitas ride pun nggak terlalu jauh. it would be wise to save around 30mills. IMHO.

Mazda6? Different league.

Pros :
- Mesin baru yang powerful, plus suara enjin yang garang, nggak seperti peresan tebu saloon tetangga.
- Transmisi 6-speed sangat halus dan responsif. Tidak jerky di kemacetan.
- Improved handling. Less bodyroll, sangat jauh dibanding XV40.
- Adaptive EPS
- Bantingan firm tapi tidak menyiksa penumpang.
- Material interior sangat berkualitas.
- Price tag reasonable.
- ASS tidak perlu dipertanyakan. It's a Toyota.

Cons :
- Desain outdated. Hello Toyotaaa???
- Airbag cuma 2
- Downgrade kualitas.
- HU jelek.
- No twin tailpipes
- Tidak ada tirai belakang...

====================================

Komparasi :
Toyota Camry 2.5V XV50 - Honda Accord 2.4 VTI-L CR2- Nissan Altima(Teana) 2.5XV L33

Exterior
1. Accord ---- Aristocratic... looks lux....
1. Teana ---- Agressive styling....
3. Camry ---- Desain outdated, '90an. serba kotak.

Interior
1. Teana ---- Material baik, Desain bagus.
2. Camry ---- Material bagus, desain outdated lagi-lagi... '90s
3. Accord --- Material kacau... plastik murahan masih banyak, desain not bad.... tapi copas dari RM dan Odyss....

Engine
1. Camry ---- 2AR-FE, 181PS. Very powerful di RPM tinggi, lebih powerful dari Teana. Raungan mesin galak, exhaust kurang.
2. Teana ---- QR25DE, 172PS. cukup powerful di RPM tinggi, raungan galak, exhaust intimidating.
3. Accord --- K24W3, 174PS. Powerful di RPM bawah-menengah.... suara enjin perasan tebu. not good.

Transmission
1. Camry ---- 6-speed AT Super ECT, kickdown cepat, respon transmisi cepat.
2. Teana ---- XTronic CVT, kickdown cepat, halus, sayang tidak stepped ratio.
2. Accord --- 5-speed AT jadul, kickdown cepat, perpindahan gigi agak dudul. Ada paddleshift.

Handling & Fun.
1. Teana ---- Less bodyroll, steering feedback baik, gerakan setir dan roda natural dan mudah diprediksi. Rigiditas chassis baik.
2. Camry ---- Less bodyroll, cukup banyak improvement dari generasi sebelumnya. Setir berat di kecepatan tinggi. Feel tidak se-hambar Accord. Rigiditas chassis nggak terlalu spesial, tapi improved dibanding XV40, didukung tuning suspensi yang bagus.
2. Accord --- Less bodyroll, setir sangat hambar. Rigiditas chassis baik.

Comfort
1. Accord --- Legroom dewa, headroom dewa, bantingan stiff, rebound suspensi lembut.
2. Teana --- Legroom so-so, headroom terbatas, travel suspensi panjang sehingga cukup nyaman.
3. Camry --- Legroom so-so, headroom besar, bantingan firm. rebound cukup lembut tapi tidak selembut Accord.

Sound System
1. Teana --- BOSE 8+1 Speakers....
2. Camry --- entahlah.... yang jelas ada speaker tengah... which is gud... sound nya juga not bad.
3. Accord --- HARMAN KARTON.

Gimmick and Features
1. Teana ---- sunroof! :big_smoking: dan instrument cluster cakep....
2. Accord ---- *nggak hapal*
3. Camry ---- tirai belakang nggak ada.... airbag cuma 2....

Value for Money
1. Teana --- 547jeteng
2. Camry --- 549jeteng
3. Accord --- 580jeteng

=======================================

Sekian ripiu ane... mohon maaf bila ada kesalahan :mky_01:

Biggest credit to : Ko MikeToyota.... big thanks for the time and the car :mky_02:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
suvmania
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 261
Joined: Fri May 10, 2013 11:33

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by suvmania »

Ini pertamax gak ya? Hahaha
Kalo ya, ini pertamax perdana di sm hoho

Pernah numpang duduk di belakang, tapi yg tipe G. Ane liat ada stitching palsu tapi lupa di bagian mana... Persis kayak stitching palsi nya limo.. Menyedihkan.. Mudah2an ane salah ingat atau salah liat...

Yg tipe G belum dapat jok kulit seinget ane... Pernah naik juga yg model sebelumnya (xv 40 ya?) Ane ngerasa lebih nyaman yg xv40 daripada yg ini.. Lebih lembut bantingannya.. Juga interiornya lebih baik modelnya menurut ane...

Anyway very good review, chris.. Thanks...
Daily Tol Japek Beater :big_smoking:

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by WongZo »

Nice review bro chz :big_exellent: , review saat subuh, ane jdi curiga nih :mky_07: .
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10469
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ak4ng »

akhirnyaaa ane tunggu dari tadi malem nongol jugaaa :big_exellent: subuh ya aplot nya jadi curiga niiii :big_weee: :big_weee:

:mky_02:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by madcat015 »

Reserved dulu... :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by artoodetoo »

Desain kuno?
Ah, belum tentu.
Desain itu memiliki circle yg berulang setiap sekian puluh tahun sekali.
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by artoodetoo »

BTW, baca review bro ChZ serasa baca reviewnya medket.
Hai kucing, ente gak ngehack akunnya ChZ khan?


:upss:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ChZ »

suvmania wrote:Ini pertamax gak ya? Hahaha
Kalo ya, ini pertamax perdana di sm hoho

Pernah numpang duduk di belakang, tapi yg tipe G. Ane liat ada stitching palsu tapi lupa di bagian mana... Persis kayak stitching palsi nya limo.. Menyedihkan.. Mudah2an ane salah ingat atau salah liat...

Yg tipe G belum dapat jok kulit seinget ane... Pernah naik juga yg model sebelumnya (xv 40 ya?) Ane ngerasa lebih nyaman yg xv40 daripada yg ini.. Lebih lembut bantingannya.. Juga interiornya lebih baik modelnya menurut ane...

Anyway very good review, chris.. Thanks...
ahh thank you bro bondage.... :mky_02:

memang bro, kualitas interiornya downgrade dibanding XV40. XV50 ini terasa sangat sederhana dan sangat '90s... ane lihat XV40 2008 temen ane pun jauh lebih mewah dibanding XV50. apalagi HU nya. tombol AC nya. duh! :frm_bang_head:

but what i like is... downgrade pun tetep terasa lebih berkualitas bahannya dibanding Accord....
WongZo wrote:Nice review bro chz :big_exellent: , review saat subuh, ane jdi curiga nih :mky_07: .
thank you bro... :mky_01:

err... kmrn internet kacau dan aplot sangat lama.... :ungg:
ak4ng wrote:akhirnyaaa ane tunggu dari tadi malem nongol jugaaa :big_exellent: subuh ya aplot nya jadi curiga niiii :big_weee: :big_weee:

:mky_02:
thank you kang :mky_01:

gegara internet kacau..... jadi kelar nya jam segitu deh... :big_slap:
artoodetoo wrote:Desain kuno?
Ah, belum tentu.
Desain itu memiliki circle yg berulang setiap sekian puluh tahun sekali.
masalahnya kalau kita liat tren desain skrg ya jelas pasti keliatan kuno.... apalagi dibanding XV40, terasa sekali XV50 ini tampilan luarnya sangat nineties. it's not bad though. desain nineties terkadang keliatan lebih abadi dibanding desain bling-bling ala abad 21...

tapi ane suka liatnya dari samping, clean :cupss: dan mayoritas orang akan liat mobil ini dari samping kok... :upss: kalau masuk lobby mall/hotel/restoran mewah.... :upss:
artoodetoo wrote:BTW, baca review bro ChZ serasa baca reviewnya medket.
Hai kucing, ente gak ngehack akunnya ChZ khan?


:upss:

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
what?

:big_chicken:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by evolution21 »

Pernah tes drive jg, setuju ama reviewnyA um. Memang jd lumayan fun to drive ni camry, sayang pake footbrake
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by campoeran »

Ternyata sesuai feeling ane interior lbh oke dr accord hehe. Gaktau napa merasa mewahan camry dalamannya drpd accord cm accord menang desain aja.
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by amfibi »

Rupanya camry ane tersummon di sini dgn gambarnya :upss:

BTW nice review bro chris :mky_02:

Desain camry paling cantik ttp dipegang XV40 ya :mky_02:

Tingkat firm nya itu kira2 kyk mobil apa? :mky_01:

BBM bs premium or wajib pertamax?
User avatar
campoeran
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2782
Joined: Thu Oct 17, 2002 10:44
Location: surabaya rek

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by campoeran »

Eksterior xv50 yg cakep hibridanya. Headlamp n grillnya looks sporti . Kl yg g n v jelek
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ChZ »

evolution21 wrote:Pernah tes drive jg, setuju ama reviewnyA um. Memang jd lumayan fun to drive ni camry, sayang pake footbrake
yap, sayang sekali footbrake, nggak handbrake :ungg:

*i know where this conversation goes to...... kalau mod kucing udah nongol*

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
campoeran wrote:Ternyata sesuai feeling ane interior lbh oke dr accord hehe. Gaktau napa merasa mewahan camry dalamannya drpd accord cm accord menang desain aja.
yup, ane masuk dan meraba-raba dash, jirr... halus bener yak... beda sama Accord.

plastik dash bagian bawah nya padat dan terkesan mahal....
amfibi wrote:Rupanya camry ane tersummon di sini dgn gambarnya :upss:

BTW nice review bro chris :mky_02:

Desain camry paling cantik ttp dipegang XV40 ya :mky_02:

Tingkat firm nya itu kira2 kyk mobil apa? :mky_01:

BBM bs premium or wajib pertamax?
thankyou fib :mky_01:

iya, pantatnya mirip ui dengan Camry ente, hanya lebih kotak :big_slap:

yup, XV40 terlihat lebih cantik... tapi bukan ga mungkin desain spt XV50 ini malah timeless jatohnya...

firm nya? mungkin setara Accord CP2... no... lebih keras lagi malah...

ya ente bandingkan saja kalo ente naik XV40 udah terasa keras, XV50 ini lebih keras lagi :upss: cuma rebound nya, impressive... meskipun firm guncangan di kabin nggak terasa, mod kucing dan bro nyoman kemarin bisa duduk anteng di belakang meskipun ane nyetir kesetanan... :upss:

setau ane, 2AR-FE ini bukan direct injection... jadi sepertinya premium masih aman lah... :mky_03: dan masih 1 basis dengan enjin RX270, 1AR-FE

yang DI ada 2AR-FSE....

http://en.wikipedia.org/wiki/Toyota_AR_engine
The 2AR-FSE is a direct-injected variant of the 2AR-FE. It has the same bore and stroke, but the cylinder head, cams and pistons are unique as well as the fuel management system.

Applications:

Lexus IS 300h
Toyota Crown(S210)
Lexus GS 300h
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by amfibi »

Waah, firm dgn rebound impressive gt mah malah jd enak jatohnya... :mky_02:

drpd py ane yg kelembutan, serasa ngambang, jd aneh...
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by axala »

Kebetulan udh ngebandingin xv40 ama xv50 yg lagi samping2an di showroom

Peningkatan =
-a lot of cabin light n ambient light, dibawah, disudut2 dll
-jok lebih halus
-warna interior lebih enak
-karpet bagus
-wood bagus
-lebih lebar
-HU monitor
-posisi duduk lebih enak n seimbang


Penurunan
-plastik nambah
-nambah+nambah
-Chrome raksasa grillnya
-plasmacluster ilang :mky_04:
dll
-warna itemnya jelek...kaya xv40 penyok (xv50 putih jauh lebih bagus :ngacir:

Btw....nice review bro chz :upss: me like dis car...
Last edited by axala on Sun May 25, 2014 2:12, edited 1 time in total.
Pursuit of Perfection
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by walid_007 »

Nice review bro chz

Setidaknya xv 50 ini lebih bertenaga dan narik drpd xv40 pre fl, klo setelah fl ada tambahan hp entah 5 atau 10
transmisi 6 speed juga lebih halus, walopun gear no6 ga pernah kepake paling

bantingan lebih firm tapi mobil tidak seperti di lempar2 dan panumpang terbang rendah di dalam kabin...wkwkwkwkw tpmasih kalah klo dibandingkan firm nya eropahhh

berbagi mesin, tranny, chasis, dg es250,,, mayan lah buat kantong cekak untuk ngerasain mesin nya lexus, dan seri 1ar dipake rx270
engine roaring!
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by haristk7 »

akhirnya kesampean juga baca review XV50, thanks bro chris ! aniwei...belom ada IU yang mengimport Aurion ya ? XV50 yang bermesin 3.5 V6 dan dual pipes...

sayang ya fitur keselamatan masih menjadi nilai minus besar buat Camry, dari XV30 fiturnya itu2 aja..kalo dibandingin ama USDM dan JDM..menyedihkan

:big_childish:
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2494
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by MonSTER_GTR »

nice riview bro

rasa2 nya kok plain bgt yak, dmna pesaing nya si accord, m6, dll udh entah dimana desainya ini konventional bgt yak hhe,
tapi kalo kenyamanan rasanya masih pegang kamri yak IMHO
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
MikeToyota
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 308
Joined: Mon Sep 22, 2008 3:31
Location: Jl. Pecindilan 42
Daily Vehicle: Toyota Innova

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by MikeToyota »

nice review bro Chris :frm_tumbleft: :mky_02:
Toyota auto 2000 Pecindilan
Jl.Pecindilan 42 Surabaya
Michael
0812 8999 3900 / 081 759 3900
Info produk & harga Toyota: Klik Disini!
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ricz »

Nice review kak chris...

Btw kak, udh pake JBL ato masi pake speaker karton?
2021 Fortuner VRZ
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by axala »

ricz wrote:Nice review kak chris...

Btw kak, udh pake JBL ato masi pake speaker karton?
Ini masi karton....makanya tiana lebih worth :upss:

malahan....tiana lebih aristokrat n tajam bin agresif....persis infiniti :mky_03:
Pursuit of Perfection
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ChZ »

amfibi wrote:Waah, firm dgn rebound impressive gt mah malah jd enak jatohnya... :mky_02:

drpd py ane yg kelembutan, serasa ngambang, jd aneh...
even XV40 pun terasa aneh... bodyroll segambreng aduh.... :big_slap:
axala wrote:Kebetulan udh ngebandingin xv40 ama xv50 yg lagi samping2an di showroom

Peningkatan =
-a lot of cabin light n ambient light, dibawah, disudut2 dll
-jok lebih halus
-warna interior lebih enak
-karpet bagus
-wood bagus
-lebih lebar
-HU monitor
-posisi duduk lebih enak n seimbang


Penurunan
-plastik nambah
-nambah+nambah
-Chrome raksasa grillnya
-plasmacluster ilang :mky_04:
dll
-warna itemnya jelek...kaya xv40 penyok (xv50 putih jauh lebih bagus :ngacir:

Btw....nice review bro chz :upss: me like dis car...
ane malah merasa exterior XV50 lebih sederhana dan down to earth, krum kruman jauh berkurang di XV50 lho....
walid_007 wrote:Nice review bro chz

Setidaknya xv 50 ini lebih bertenaga dan narik drpd xv40 pre fl, klo setelah fl ada tambahan hp entah 5 atau 10
transmisi 6 speed juga lebih halus, walopun gear no6 ga pernah kepake paling

bantingan lebih firm tapi mobil tidak seperti di lempar2 dan panumpang terbang rendah di dalam kabin...wkwkwkwkw tpmasih kalah klo dibandingkan firm nya eropahhh

berbagi mesin, tranny, chasis, dg es250,,, mayan lah buat kantong cekak untuk ngerasain mesin nya lexus, dan seri 1ar dipake rx270
yup, tarikannya cukup buas oom walid... 181PS di saloon spt ini no play-play....
haristk7 wrote:akhirnya kesampean juga baca review XV50, thanks bro chris ! aniwei...belom ada IU yang mengimport Aurion ya ? XV50 yang bermesin 3.5 V6 dan dual pipes...

sayang ya fitur keselamatan masih menjadi nilai minus besar buat Camry, dari XV30 fiturnya itu2 aja..kalo dibandingin ama USDM dan JDM..menyedihkan

:big_childish:
kalaupun dimasukin via IU, harganya selangit dan nggak ada yang beli bro.... siapa yang mau 800juta cuma dapet Camry? Camry ngibrit aja jarang kan :big_slap:

kalo istilah Suroboyoan-nya : "gak mbelani...."
MonSTER_GTR wrote:nice riview bro

rasa2 nya kok plain bgt yak, dmna pesaing nya si accord, m6, dll udh entah dimana desainya ini konventional bgt yak hhe,
tapi kalo kenyamanan rasanya masih pegang kamri yak IMHO
thankyou bro.... :mky_01:

IMO, ane nggak akan bilang desainnya jelek. Nineties design. Desainnya mmg sangat konservatif

kenyamanan... so-so kalo dibanding Accord, mungkin Accord lebih nyaman dikit. XV50 ini Camry terkeras yang pernah ada.... :upss:
MikeToyota wrote:nice review bro Chris :frm_tumbleft: :mky_02:
ahh sama-sama ko Mike.... thanks for the time and the great car.... :mky_02:
ricz wrote:Nice review kak chris...

Btw kak, udh pake JBL ato masi pake speaker karton?
speakernya sepertinya bukan JBL.... entah ane ga memperhatikan :upss: speaker standarnya bagus kok, ditambah speaker tengah yang diletakkan sangat jauh ke depan.... biar suaranya mantul (thanks bro Nyoman for the info)... really good...
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by ChZ »

axala wrote: Ini masi karton....makanya tiana lebih worth :upss:

malahan....tiana lebih aristokrat n tajam bin agresif....persis infiniti :mky_03:
Sebenarnya, keduanya worth it tergantung dari sisi mana kita melihatnya....

kalo ente bilang fitur, build quality, jelas Teana menang.

keunggulan Camry, jelas di ASS yang lebih terjamin.

1 hal yang membuat ane mencoret Teana : CVT no stepped ratio adoooohhh.... :frm_bang_head: setidaknya Camry masih geared 6AT Super ECT....

Mazda6 aja lah.... :ungg: still a good bargain on its class

anyway... karena kesederhanaannya justru ane suka Camry.... nggak terlalu mencolok di jalan, but i like it. plus interior yang berkesan nineties sekali....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
msm
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Thu Sep 28, 2006 0:37
Location: on land

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by msm »

Bro kayaknya ngga ada isinya itu speaker tengahnya.
Cuman kotaknya doang.
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3211
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Review 2014 Toyota Camry 2.5 V A/T (XV50)

Post by Felixz_Yaris »

nice review...
no tirai?? :big_slap:

altis aja ada masa kakaknya ga ada :frm_bang_head:
toyota toyota
[TYCI 917]
[YKC]