Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

JKW

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by JKW »

Beli mobil untuk mayoritas orang adalah masalah uang GEDE. Ratusan juta. Terlalu riskan jika keputusan beli cuman mendasarkan review, komentar orang anonim / mahasiswa di forum manapun. Saran ane, mau baca tulisan mereka, silahkan, tapi opini / keputusan terakhir lebih baik di ambil sesudah lihat opini / review dari selain sumber seperti TOP GEAR, dll, juga menarik dengar opini SAINGANNYA.

Tentu, jangan lupa TD sendiri ! Ini yang nggak kalah penting. TD with an Open Mind.

Karena di dunia bisnis, biasanya perusahaan ya pasti nggak bakal / jarang sekali mau puji / akui saingan. Tapi kadang ada juga kasus dimana 1 perusahaan / orang sampai di puji, di akui ama saingannya. Dan menurut ane justru kasus langka gini paling menarik, dan lumayan cukup untuk indikator perusahaan itu busuk atau sebenernya bagus, cuman belum di ketahui semua orang saja.

Tentu harus lihat siapa yang puji. Jika Office boy atau admin staff, ya....Bisa jadi karena dia sendiri pakai produk saingannya. Tapi jika yang bicara adalah pangkat macam Chairman and CEO, lain lagi ceritanya. Itu udah top of the food chain yang angkat bicara....

Ni video opini Chairman / CEO Volkswagen Group, yang sebentar lagi bisa jadi pabrik mobil no.1 di dunia, dia jelas bukan orang anonim, apalagi mahasiswa yang opininya cuman feeling pribadi saja. Dengarkan kata boss besar ini nggak bakal salah deh. Sudah ada translationnya, text Inggrisnya. Cuman di perpendek, di tayangkan bagian yang penting saja :



Soalnya kadang orang jika sudah prejudice, susah berikan opini yang fair....Seperti pemilik Carnival yang jaman dulu. Tapi dia lupa, di tahun 1998, Indonesia juga berantakan. Hari ini gimana ? Baru selesaikan pemilu dengan damai.

Lumayan ! Banding kondisi Indonesia di tahun 1998. Fair nggak jika ada bule bilang " Ah, nggak bakal main ke Indonesia lagi seumur hidup. Lihat apa yang terjadi di tahun 1998 ".

Sama juga jika gara gara kasus produk jaman dulu yang kurang bagus, konsumennya sudah vonis mati perusahaan itu. No Hope gitu. Ingat, perusahaan, seperti manusia (lah perusahaan kan isinya manusia), bisa BERUBAH. Dan kadang perubahannya BESAR sekali. For better or worse.
Last edited by maskopat on Fri Oct 17, 2014 4:14, edited 1 time in total.
Reason: rapetin antarparagraf. gak usah jauh2 kali ye.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by y_anjasrana »

Setuju dgn komen om imsus n jkw. Ane sendiri pernah punya hyundai. meski cuma mobil kecil, produk taun lama, dan banyak masalah. tp overall cukup puas dlm masa kepemilikan sekitar 5 taun. Seperti biasa masih banyak orang indo yg jepang minded. Semua yg bau jepang dianggap lebih bagus daripada korea. Bahkan sampai sekarang masih ada yg menganggap produk elektronik jepang masih lebih bagus dr korea punya. Utk mengubah ini memang ga gampang. Sama halnya dengan masa lalu disaat mobil jepang masih merintis. Disepelekan penggemar mobil eropa dan amrik. Tp lihat sekitar 10-20 taun belakang. Jepang berkuasa. Hanya saja sekarang semua mulai bergeser ke korea. Bukan ga mungkin juga nantinya akan bergeser ke tiongkok.

Utk TS, perlu belajar lebih banyak lagi dr senior2 di SM. Overall gaya bahasa sudah cukup bagus, sedikit tundukkan kepala, tingkatkan pengetahuan. Jangan malu bertanya. Karya saat ini masih perlu dipoles sana sini, ga masalah. Terus berkarya, pasti hasilnya makin bagus lagi........ :big_exellent:





Mungkin urusan poles bisa kontek exmod nescafe........ :ngacir:



Ooupss.. paragrapnya kejauhan ga ya....... :ngacir:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by VanzMatic »

Setuju juga dengan mod anjas. Disisi lain, justru dengan uang yang terbilang gede untuk ukuran rata rata konsumen Indonesia, membuat kita harus makin selektif diantara banyak pilihan.

Karena itu, test drive sendiri adalah solusi terbaik. Majalah atau media apapun, juga sangat subjektif pastinya. Jadi, review lebih merupakan wawasan aja. Bagi saya malah buat teman makan siang atau refreshing saat istirahat. Not to take it too serious.

Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by ZombiEE »

Numpang ya bos....jadi gini
Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by Jebmuldit »

numpang jg pak,jd gini beli mobil kita boleh baca2 review dmn pun tetapi kita tetap mesti TD y pak?ya seperti hal mazda sepertinya dulu jg org takut akan mazda ya,tp beberapatahun belakangan ini bejibun saya liat MAZDA di jalan,bahkan ada KWan Rtiga di sebut2 xv1 atau vx1 ya?
cats catcher
siputkencang
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 61
Joined: Sat Dec 07, 2013 6:31

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by siputkencang »

Jebmuldit wrote:numpang jg pak,jd gini beli mobil kita boleh baca2 review dmn pun tetapi kita tetap mesti TD y pak?ya seperti hal mazda sepertinya dulu jg org takut akan mazda ya,tp beberapatahun belakangan ini bejibun saya liat MAZDA di jalan,bahkan ada KWan Rtiga di sebut2 xv1 atau vx1 ya?
Y begitulah pak tiap orang punya karakteristik, pengalaman, ekspetasi, kriteria , kebutuhan dan feeling yang berbeda

jadi kembali ke orang masing masing
Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by Jebmuldit »

iya si.tp di rmh punya picanto rasanya enak2 aja ni,tahun 2013 mt,cm kekurangan ban oemnya brisik banget,untuk stir dan lain rasanya good good aja.mungkin klu review tidak bisa berdasarkan hanya 30 menit atau 1 jam di mobil TD dr beres.kalau saya yg TD di beres hanya 30 menitan bgt ane bilang semua mobil enak banget,karena hanya pakai sebentar di bandingkan mobil yg sudah saya punya di rmh yg dimana setaip harinya saya pakai,yg sudah ada brisik2 di trim" pintudan lain2,saat coba mobil TD pasti sangat enak karean masih baru jarak tempuh jg masih sedikit sekali.
cats catcher
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by montirangin »

mungkin nanti lebih ke skrgnya jepang-taiwan.nanti berubah ke korea-china
Jebmuldit
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Wed Sep 11, 2013 12:18

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by Jebmuldit »

nanti mungkin beberapa dekade lg,kalau china skrg udah kok,taiwan ma udah tersingkir walaupun kualitas tetap,bnykan udah di pabrik di china drpd di taiwan karena di beli sama org china.
cats catcher
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by montirangin »

china udah darimana om? kita kan bahas mobil.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by ChZ »

Ryan Steele wrote:Avega 1,4L. Jadi bukan 4G15.
Itu Elantra djadoel, Chris. Bukan Elantra baru.
Avega lama bro ryan, bukan grand avega [emoji28]
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by nugroho bagor »

montirangin wrote:china udah darimana om? kita kan bahas mobil.
:big_childish: Itu video apa istimewannya, kalo gak salah :big_bored: cuma ngakuin mobil ini gak rattling apa solid kali ya :mky_03: plastiknya, lha kalo solid napa, kalo gw ya sama aja, ketok sana sini, ooooo bagus juga tok2x, lebaylah masalah gitu kok disorot, apannya yang diakuin :mky_03:
montirangin
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6271
Joined: Thu May 22, 2014 3:38

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by montirangin »

ChZ wrote:
Ryan Steele wrote:Avega 1,4L. Jadi bukan 4G15.
Itu Elantra djadoel, Chris. Bukan Elantra baru.
Avega lama bro ryan, bukan grand avega [emoji28]
betul..avega lama. mode lamanya itu accent yg banyak di pake taksi dulu.
dulu 2003-2004 harga 130jt. terakhir waktu masih baru kayaknya 2010? juga sama 132jt. ga naik2 :D
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by Ryan Steele »

Hooo... baiklah. Sorry lupa ada Avega yang Accent versi liftback [emoji12]
Soal Accent ane udah pernah lihat stnk-nya dan di nomor mesin gak tertulis kode mesinnya kyak Mitsu. Berhubung ane gak terlalu paham mesin Hyuna, ane gak berani komen.
no signature
JKW

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by JKW »

Iya deh, Chairman and CEO Volkswagen Group aja sibuk cari tau gimana Hyundai bisa dan mereka dan BMW belum bisa.


Dia sedang analisa steering adjustment mechanismnya, bukan masalah ketok dashboardnya / plastiknya doang.


Jadi lo lebih OK banding Martin Winterkorn ya ? Rasa gituan no big deal. Tidak perlu di pikirin.


Tapi kenapa ya Martin Winterkorn pikirin ? Apakah dia bodoh ? Chairman / CEO macam apa yah dia ?


Itulah lucunya forum. Ada aja orang yang rasa dirinya udah lebih pintar banding, of all guys, Chairman and CEO Volkswagen Group !!! Dan rasa Chairman CEO itu buat apa pikirin masalah gituan.


Wow !


:wkkk:


nugroho bagor wrote:
montirangin wrote:china udah darimana om? kita kan bahas mobil.
:big_childish: Itu video apa istimewannya, kalo gak salah :big_bored: cuma ngakuin mobil ini gak rattling apa solid kali ya :mky_03: plastiknya, lha kalo solid napa, kalo gw ya sama aja, ketok sana sini, ooooo bagus juga tok2x, lebaylah masalah gitu kok disorot, apannya yang diakuin :mky_03:
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by nugroho bagor »

JKW wrote:Iya deh, Chairman and CEO Volkswagen Group aja sibuk cari tau gimana Hyundai bisa dan mereka dan BMW belum bisa.


Dia sedang analisa steering adjustment mechanismnya, bukan masalah ketok dashboardnya doang.


Jadi lo lebih OK banding Martin Winterkorn ya ? Rasa gituan no big deal. Tidak perlu di pikirin.


Tapi kenapa ya Martin Winterkorn pikirin ? Apakah dia bodoh ? Chairman / CEO macam apa yah dia ?


:wkkk:


nugroho bagor wrote:
montirangin wrote:china udah darimana om? kita kan bahas mobil.
:big_childish: Itu video apa istimewannya, kalo gak salah :big_bored: cuma ngakuin mobil ini gak rattling apa solid kali ya :mky_03: plastiknya, lha kalo solid napa, kalo gw ya sama aja, ketok sana sini, ooooo bagus juga tok2x, lebaylah masalah gitu kok disorot, apannya yang diakuin :mky_03:
Gaklah kalo Bodoh, si om kok naif banget, video ini kayaknya candid, jadi si Bos gak merasa buat di publishkan, ah no big deal om, dia beli satu di bongkar pasti ketemu point of no rattlingnya bijimane :big_slap:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by ChZ »

mengutip kalimat dosen ane

"engineering itu ilmu klasik, ilmu nyontek"

makanya kenapa perkembangan automotive sekarang jauh lebih pesat dibanding beberapa taun lalu. Ente penasaran tinggal beli dan bongkar dah ketauan terus tinggal diconto dan disempurnakan. as simple as that.

@JKW : Kalo nggak suka sama personal opinion mahasiswa bodoh ini... ya udah. ngga usah dibaca. tutup komputer ente. as simple as that. gitu aja kok repot amat. Bikin thread sendiri sono.
Last edited by ChZ on Fri Oct 17, 2014 9:25, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by nugroho bagor »

ChZ wrote:mengutip kalimat dosen ane

"engineering itu ilmu klasik, ilmu nyontek"

makanya kenapa perkembangan automotive sekarang jauh lebih pesat dibanding beberapa taun lalu. Ente penasaran tinggal beli dan bongkar dah ketauan terus tinggal diconto dan disempurnakan. as simple as that.
:upss: Nah gw maunnya ngomong gitu om,maklum otak jadul lemot mikirnya :cupss:
JKW

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by JKW »

Jika perusahaan Jepang yang dulu jagoan macam Sony / Sharp bisa terapkan cara pikir lo dengan gampang, kenapa sampai hari ini masih babak belur di hantam Samsung / LG ?


Gadget, Home electronics lebih gampang dong di bongkar dan di tiru banding mobil. Tapi kok Sony / Sharp masih nasipnya seperti sekarang ?


Santi dieselnya 2.2 namun powernya 198 dan torsinya 445 Nm. Kok diesel fortuner vnt udah 2.5, namun torsinya aja masih jauh di bawah cuman 360 Nm ? Powernya nggak lebih dari 160 ? Udah advantage lebih besar 300 cc lo diesel fortuner vnt.


Apakah toyota nggak bisa tiru diesel Santi ?
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by nugroho bagor »

JKW wrote:Jika perusahaan Jepang yang dulu jagoan macam Sony / Sharp bisa terapkan cara pikir lo dengan gampang, kenapa sampai hari ini masih babak belur di hantam Samsung / LG ?


Gadget, Home electronics lebih gampang dong di bongkar dan di tiru banding mobil. Tapi kok Sony / Sharp masih nasipnya seperti sekarang ?


Santi dieselnya 2.2 namun powernya 198 dan torsinya 445 Nm. Kok diesel fortuner vnt udah 2.5, namun torsinya aja masih jauh di bawah cuman 360 Nm ? Powernya nggak lebih dari 160 ? Udah advantage lebih besar 300 cc lo diesel fortuner vnt.


Apakah toyota nggak bisa tiru diesel Santi ?
:big_weee: lho santi ama Fortuner lakuan mana sih om....................... :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by ChZ »

nugroho bagor wrote: :big_weee: lho santi ama Fortuner lakuan mana sih om....................... :ngacir:
lakuan santi lah....


di alam mimpi basahnya JKW :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
JKW

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by JKW »

Gini ya, kita semua pernah jadi mahasiswa. Martin Winterkorn pun juga sama. Jeremy Clarkson dll juga kemungkinan sama.


Cuman gini, mohon ingat status kita sendiri, gimana pun juga, jangan nadanya seolah, udah test drive, sangat yakin ni mobil busuk, atau hebat. Kenapa ?


Di banding para pejabat tinggi macam Martin yang udah makan banyak garam industry otomotif, di banding ama orang Top Gear yang kerjaanya adalah analisa macam mobil bertahun tahun, kita mah nggak ada apa apanya.


Personal opinion ? Ya, fine. Tapi jauh dari cukup untuk di jadikan acuan untuk orang awam lain.


Ane cuman mau sarankan, kita yang belum ada apa apanya banding mereka, saat review, jangan nadanya seolah " Lo kalau beli tu mobil yang menurut gue busuk, atau suicidal, mampus aja lo ".


Itulah ane jarang kasih report test drive. Karena ane tau, udah banyak sumber yang lebih bagus, buat apa ane review ?


Yang mau review, nggak peduli statusnya apa, silahkan, tapi ane cuman mau ingatkan semua, sebelum beli mobil ratusan juta, tetap jangan lupa consult ama sumber info yang jauh lebih pengalaman banding anyone of us.


Itu doang. Yang ane ketawa, di bilang misalnya, siapa tuh yang bilang Sorento mobil berbahaya karena torsinya gede tanpa.....? Power kecil complain. Sekarang power gede bilang mobil suicide.


Lah kalau gitu, orang yang modifikasi fortuner dengan dastek gituan sampai torsinya lebih dari 500, namun toh juga nggak ada fitur canggih yang di bilang, bukannya juga lebih gawat lagi suicide rationya ?


ChZ wrote:mengutip kalimat dosen ane

"engineering itu ilmu klasik, ilmu nyontek"

makanya kenapa perkembangan automotive sekarang jauh lebih pesat dibanding beberapa taun lalu. Ente penasaran tinggal beli dan bongkar dah ketauan terus tinggal diconto dan disempurnakan. as simple as that.

@JKW : Kalo nggak suka sama personal opinion mahasiswa bodoh ini... ya udah. ngga usah dibaca. tutup komputer ente. as simple as that. gitu aja kok repot amat. Bikin thread sendiri sono.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15658
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by ChZ »

kaset rusak.... kaset rusak.... :big_weee:

:ngacir: :big_biglaugh: :big_biglaugh:

yang nyuru ente baca juga siape, mas? ngga suka tinggal take it or leave it. ngga usah banyak cocot.

gue udah bilang, jangan take it seriously lah... wong namanya juga asal nulis :big_weee:
Last edited by ChZ on Fri Oct 17, 2014 9:51, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Ryan Steele
SM Moderator
SM Moderator
Posts: 4427
Joined: Tue May 29, 2007 12:23
Location: Ke mana pun tugas negara membawaku

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by Ryan Steele »

Tentunya ada pertimbangan mengapa Toyota memberikan mesin dengan output tidak sebesar kompetitor.

Share ilmu marketing dikit. Produk leader justru jadi benchmark produk follower. Kalau produk follower cuma ikut persis produk leader, mana mungkin bisa bersaing. Salah satu caranya dengam differensiasi.

Dalam kasus ini dengan Fortie sebagai leader, mesinnya tentu jadi benchmark produk follower. Kalo Hyuna bikin mesin utk Santi persis seperti Fortie: diesel 2.5 power 144 dan torsi 160, lalu apa value yang bisa dijual Hyuna? Nothing. Jadi Hyuna bikin mesin diesel lebih kecil 300 cc tapi punya output lebih besar dari Fortie. Itulah value mesin Santi untuk perang dengan Fortie.
Last edited by Ryan Steele on Fri Oct 17, 2014 9:52, edited 1 time in total.
no signature
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Review of 2013 Hyundai Tucson 2.0 XG A/T

Post by maskopat »

guys, please stay on topic.... tolong tidak terpancing.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green