Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Bebekmaxima
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Nov 03, 2014 3:13

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Bebekmaxima »

yang bikin bingung ni pesawat crash di laut tapi ELT ga nyala?
apa ditching?
Bebekmaxima
Visitor
Visitor
Posts: 3
Joined: Mon Nov 03, 2014 3:13

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Bebekmaxima »

kalo liat berita ini pesawat sepertinya crash ke laut ya. tapi yg bikin bingung kenapa ELT nya ga aktif ya?
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by evolution21 »

Kayanya memang banyak perlu info dr luar jg d seperti um turbo
Jd inget yg kejadian adam air
Karena banyak yg menghubungkan dengan kejadian yg sekarang
Kalo berita lo*al bilang karena cu*ca buruk dan pi*ot gag*l mengendal*kan pes*wat
Kalo versi natio*al geogr*phic tentang a*r cra*h invest*gation itu karena pi*ot tidak mengetahui fi*ur dan cara menge*dalikan pe*awat. Dikarenakan pembel*jaran yg tid*k ko*plit pd.para pi*ot.
Salah satu yg membuat i*do sempat kena larangan terbang ke er*pa
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by htannis »

evolution21 wrote:Kayanya memang banyak perlu info dr luar jg d seperti um turbo
Jd inget yg kejadian adam air
Karena banyak yg menghubungkan dengan kejadian yg sekarang
Kalo berita lo*al bilang karena cu*ca buruk dan pi*ot gag*l mengendal*kan pes*wat
Kalo versi natio*al geogr*phic tentang a*r cra*h invest*gation itu karena pi*ot tidak mengetahui fi*ur dan cara menge*dalikan pe*awat. Dikarenakan pembel*jaran yg tid*k ko*plit pd.para pi*ot.
Salah satu yg membuat i*do sempat kena larangan terbang ke er*pa
om keypad nya banyak rusak tuh :mky_05:
tapi emang secanggih dan seaman pesawat juga kembali lagi ke pilot yah bisa handle pesawatnya apa kagak, kecuali kalau dah sayap putus, atau mesin mati semua, nah itu dah harus pasrah aja mau pilot jago juga
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by 34lee »

Klo ga slh, di dktnya jg da Emirates ya. Tp knp yg clka pswt i*do..... .... Takdirkah...mr kt sm2 doakn ja, mg2 arwh pr krbn d trm d sisi-Nya.


Sent from my iPhone using Tapatalk
bamboo11
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Wed Dec 24, 2014 14:20

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by bamboo11 »

Om2,
Mau nanya dikit ya, kemaren pagi ane naik GA100 cgk-plm, n cuaca jelek. Yg bikin bingung pas di atas (abis take-off 15-20 menit), pswt kerasa getar banget, trus suara engine-nya kaya idup-mati-idup, pswt pas msk awan, ujan deres. Kira2 penjelasannya sperti apa ya? Ane slama ini rutin trip jkt-palembang 5 taunan baru pertama ngrasa kaya kemarin. Jdi inget mgkn air asia sblm jatuh seperti ini (dugaan awam saya).
Matur nuwun sblmnya.
Regards,
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

34lee wrote:Klo ga slh, di dktnya jg da Emirates ya. Tp knp yg clka pswt i*do..... .... Takdirkah...mr kt sm2 doakn ja, mg2 arwh pr krbn d trm d sisi-Nya.


Sent from my iPhone using Tapatalk
keadaan langit bisa berubah sangat cepat, bisa berubah hanya dalam hitungan detik..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Cloud »

Lost on radar berarti 2 kemungkinan, radar rusak, atau pesawat tak terlihat radar. kemungkinan memang pesawat tak terlihat radar karena cuaca buruk (cumulonimbus/cb). apalagi diperkuat oleh komunikasi yang terputus tiba2.
bisa jadi nunggu confirm atc minta belok kiri/kanan ato naik, awan nimbusnya keburu terbentuk. masuk ke cb, akhirnya diputar2 oleh turbulensi udara di cb, tak terkontrol, stall, ditambah gangguan freezing di bagian2 penting (awan cb banyak kumpulan es/salju),
secanggih dan sebesar apapun pesawat, kalo masuk cb gk akan bisa bertahan, soalnya sirkulasi udara di cb sangat kompleks.
dan sinyal atau deteksi radar akan hilang karena terhalang oleh cb. banyak kesaksian pilot yang selamat dari cb kalau komunikasi dan navigasi hilang ketika masuk ke cb.
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Lost on radar berarti 2 kemungkinan, radar rusak, atau pesawat tak terlihat radar. kemungkinan memang pesawat tak terlihat radar karena cuaca buruk (cumulonimbus/cb). apalagi diperkuat oleh komunikasi yang terputus tiba2.
bisa jadi nunggu confirm atc minta belok kiri/kanan ato naik, awan nimbusnya keburu terbentuk. masuk ke cb, akhirnya diputar2 oleh turbulensi udara di cb, tak terkontrol, stall, ditambah gangguan freezing di bagian2 penting (awan cb banyak kumpulan es/salju),
secanggih dan sebesar apapun pesawat, kalo masuk cb gk akan bisa bertahan, soalnya sirkulasi udara di cb sangat kompleks.
dan sinyal atau deteksi radar akan hilang karena terhalang oleh cb. banyak kesaksian pilot yang selamat dari cb kalau komunikasi dan navigasi hilang ketika masuk ke cb.
pernah denger "Hurricane Hunter" ? pesawat yang punya tugas kayak begini malah lebih serem lagi awan yang diterjang (cumulonimbus dkk), tugasnya ya keluar masuk badai dan keluar masuk awan CB, masuk CB nggak akan ngebuat pesawat hilang dari radar..

komunikasi terputus juga kadang disebabkan oleh hal lain (sistem pesawat), biasanya pesawat yang mengeluarkan "squawk" 7600 menandakan comm lost/failure..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by htannis »

bamboo11 wrote:Om2,
Mau nanya dikit ya, kemaren pagi ane naik GA100 cgk-plm, n cuaca jelek. Yg bikin bingung pas di atas (abis take-off 15-20 menit), pswt kerasa getar banget, trus suara engine-nya kaya idup-mati-idup, pswt pas msk awan, ujan deres. Kira2 penjelasannya sperti apa ya? Ane slama ini rutin trip jkt-palembang 5 taunan baru pertama ngrasa kaya kemarin. Jdi inget mgkn air asia sblm jatuh seperti ini (dugaan awam saya).
Matur nuwun sblmnya.
Regards,
rasanya lebih seram om rasanya guncangannya dibanding itu
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5884
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by evolution21 »

http://m.tempo.co/read/news/2015/01/01/ ... Ketinggian
seperti link dr um turbo. Ini perkiraannya sama
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by batumakam »

dari dulu paling parno naik pesawat :mky_01: Waktu masih kecil pernah ada kejadian menakutkan soalnya :wkkk: baru makan eh tiba2 ada turbulensi hebat,kebanting sana-sini sampe makanan ambyar semua :big_slap: Kalo sekarang karna pekerjaan kudu sering naik pesawat buat ke kalimantan :mky_01: Selalu harap2 cemas kalo cuaca sedang tidak bersahabat :ungg:
*pernah juga naik kapal ke kalimantan hampir seminggu di kapal,sensasinya jauh lebih menyeramkan ketimbang naik pesawat :upss:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Om2,
Mau nanya dikit ya, kemaren pagi ane naik GA100 cgk-plm, n cuaca jelek. Yg bikin bingung pas di atas (abis take-off 15-20 menit), pswt kerasa getar banget, trus suara engine-nya kaya idup-mati-idup, pswt pas msk awan, ujan deres. Kira2 penjelasannya sperti apa ya? Ane slama ini rutin trip jkt-palembang 5 taunan baru pertama ngrasa kaya kemarin. Jdi inget mgkn air asia sblm jatuh seperti ini (dugaan awam saya).
Matur nuwun sblmnya.
Regards,
gak masalah, memang seperti itu, ketika memasuki area turbulence speed pesawat memang akan naik turun, autothrottle akan menaikkan/menurunkan tenaga sesuai kondisi dengan sendirinya (menyebabkan efek suara mesin seperti hidup-mati-hidup)..

kemaren saya Jakarta - Tokyo, goncangan lumayan parah (Pilot Monitoring sampai bikin announcement "cabin crew take your seat") mulai dari Kalimantan hingga di atas Filipina (area langganan turbulence), suara mesin GE90 di Boeing 777 naik turun, menandakan si autothrottle berusaha untuk menjaga speed pesawat sesuai yang diminta komputer pesawat..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by batumakam »

haristk7 wrote:
Om2,
Mau nanya dikit ya, kemaren pagi ane naik GA100 cgk-plm, n cuaca jelek. Yg bikin bingung pas di atas (abis take-off 15-20 menit), pswt kerasa getar banget, trus suara engine-nya kaya idup-mati-idup, pswt pas msk awan, ujan deres. Kira2 penjelasannya sperti apa ya? Ane slama ini rutin trip jkt-palembang 5 taunan baru pertama ngrasa kaya kemarin. Jdi inget mgkn air asia sblm jatuh seperti ini (dugaan awam saya).
Matur nuwun sblmnya.
Regards,
gak masalah, memang seperti itu, ketika memasuki area turbulence speed pesawat memang akan naik turun, autothrottle akan menaikkan/menurunkan tenaga sesuai kondisi dengan sendirinya (menyebabkan efek suara mesin seperti hidup-mati-hidup)..

kemaren saya Jakarta - Tokyo, goncangan lumayan parah (Pilot Monitoring sampai bikin announcement "cabin crew take your seat") mulai dari Kalimantan hingga di atas Filipina (area langganan turbulence), suara mesin GE90 di Boeing 777 naik turun, menandakan si autothrottle berusaha untuk menjaga speed pesawat sesuai yang diminta komputer pesawat..
kalo soal mesin mati sebelah gimana cara ngatasinya om? Dulu bokap pernah cerita pernah waktu naik pesawat (ane kurang tau naik maskapai apa dan tujuannya kemana) saat itu hujan deras katanya tau2 pesawatnya kaya kebanting kebawah sebelah gitu, gak lama si pilot ngasih pengumuman dan diputuskan mendarat darurat di bandara terdekat :e-think: Waktu itu ane masih SD jadi cuma mangut2 kepala doang *gagal paham* :big_slap: Kena Turbulensi aja udah bikin deg2 ser apalagi mesin mati sebelah :ungg:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

kalo soal mesin mati sebelah gimana cara ngatasinya om? Dulu bokap pernah cerita pernah waktu naik pesawat (ane kurang tau naik maskapai apa dan tujuannya kemana) saat itu hujan deras katanya tau2 pesawatnya kaya kebanting kebawah sebelah gitu, gak lama si pilot ngasih pengumuman dan diputuskan mendarat darurat di bandara terdekat :e-think: Waktu itu ane masih SD jadi cuma mangut2 kepala doang *gagal paham* :big_slap: Kena Turbulensi aja udah bikin deg2 ser apalagi mesin mati sebelah
kalo salah satu mesin mati, ada Standard Operation Procedure nya kok, jangan khawatir..pesawat didesain agar bisa tetap terbang dengan salah satu/beberapa mesin mati (asal ada mesin yang masih hidup)..salah satu kasus yang paling terkenal, United Airlines flight 842 (Auckland - Los Angeles), Boeing 777 terbang dengan 1 mesin setelah salah satu mesin mengalami masalah dengan oil dan flight crew terpaksa mematikan mesin yang bermasalah, pesawat kemudian terbang selama -+3 jam dengan 1 mesin dan mendarat darurat di Kona (Hawaii)..

kalo mesin mati di atas, selama itu mesin bisa dinyalakan dan memang aman untuk dinyalakan kembali, ya boleh saja dinyalakan, ada prosedurnya untuk semua hal ini. Pilot setiap 6 bulan sekali selalu ada "ujian" yang menentukan mereka layak terbang atau tidak, ujian ini mereka dimasukkan ke dalam simulator, dihadapi berbagai masalah yang bisa terjadi di penerbangan aslinya, dan mereka harus bisa untuk menyelesaikan masalah tersebut sesuai prosedur yang berlaku.

sharing aja, Boeing 737 Non Normal Procedures for Engine Failure + Engine In-Flight Start..

Image Image
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5489
Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by nugroho bagor »

:mky_05: Sebelum naek pesawat, ada kerjaan baru, foto tiket pesawat, Maskapai No brp, berangkat jam berapa, waktu tiba jam berapa, kalau bisa dekat pintu darurat :frm_bang_head: mana tiap 3 bulan naek pesawat lagi :off_no: Tambah cerewet aja istri saya....................................... :ngacir:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

nugroho bagor wrote::mky_05: Sebelum naek pesawat, ada kerjaan baru, foto tiket pesawat, Maskapai No brp, berangkat jam berapa, waktu tiba jam berapa, kalau bisa dekat pintu darurat :frm_bang_head: mana tiap 3 bulan naek pesawat lagi :off_no: Tambah cerewet aja istri saya....................................... :ngacir:
Itu namanya mama sayang papa.....

:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by VanzMatic »

Yang penting penumpang di emergency window bukan termasuk lansia, anak anak atau memiliki difabilitas serta memiliki kestabilan emosional dan fisik kuat untuk membuka emergency window, bisa duduk di special seat di emergency window. Legroom paling luaaass...

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2942
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

makin rumit nih kasus air asia, dan beritanya gila banget, 1 hari bisa puluhan artikel berita
liat aja media kompas, saya copas aja ya,

- melanggar ijin terbang
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... aign=Khlwp
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membekukan izin terbang AirAsia rute Surabaya-Singapura. Pembekuan ini berlaku sejak 2 Januari 2015. Pemberian sanksi ini terkait pelanggaran waktu operasional AirAsia rute Surabaya-Singapura. rute Surabaya-Singapura yang diberikan kepada Indonesia AirAsia adalah hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sementara itu, diketahui ternyata AirAsia juga membuka layanan rute tersebut pada hari Minggu (28/12/2014)
- ga ambil data cuaca sebelum terbang, data cuaca diambil setelah terbang
http://nasional.kompas.com/read/2015/01 ... aign=Khlwp
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapatkan fakta baru yang cukup mencengangkan sebelum pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak. Rupanya, AirAsia tidak mengambil data cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelum pesawat tersebut terbang.
- kemungkinan blackbox rusak, ga berfungsi
http://nasional.kompas.com/read/2015/01 ... .Berfungsi
"Ya, selalu ada kemungkinan bahwa black box ini tak bisa dideteksi. Mungkin ada gangguan atau tekanan saat jatuh. Walau pun dibuat water proof atau fire proof, ini tetap buatan manusia. Jadi jangan kaget kalau black box tak bisa beroperasi dengan baik," kata Toos, di Posko Ante-mortem, Surabaya, Jawa Timur.
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2942
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

sekalian tanya tentang standar keselamatan penumpang
kalau misalnya pesawat jatuh ditengah laut
terus ada ombak dengan ketinggian 3-5 meter, apa yang harus dilakukan?
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7414
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

sy punya bbrp pics pelanggaran safety

dr refuel dgn safety officer yg smoking tdk jauh dr tanker, fire station dgn dua fire trucks non operation (yg satu dgn hood lid terbuka n engine ada di engine stand n satu lg tdk ada siapapun dlm cabin), tulisan follow-me yg di pasang terbalik, tire repair di toko ban mobil sawah besar jkt...

ada juga repair pk-kkw u hal yg hrs nya replace n ahir nya bikin mati org byk

dan lain lain

airport besar airport kecil

tadi sy mau pasang satu dua disini tapi sy fikir buat apa...org org kena celaka sj masih bilang..."untungnya...". jadi biar sj. dgn sedikit kata maaf (simple remedial effort) n smua akan normal lagi
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

tire repair di toko ban mobil sawah besar jkt...
HAHAHAHA saya juga tau yang ini !

perusahaan yang sama juga pernah ngebuat orang Airbus shock berat (kebetulan ada orang Airbus di ruangan tersebut) "pak, ini mesin PK-*** gak mau nyala" trus dibales "udah kamu coba jumpstart belom pake mesin lain ?"

untung tu maskapai udah gak ada..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

Salvanost wrote:makin rumit nih kasus air asia, dan beritanya gila banget, 1 hari bisa puluhan artikel berita
liat aja media kompas, saya copas aja ya,

- melanggar ijin terbang
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... aign=Khlwp
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membekukan izin terbang AirAsia rute Surabaya-Singapura. Pembekuan ini berlaku sejak 2 Januari 2015. Pemberian sanksi ini terkait pelanggaran waktu operasional AirAsia rute Surabaya-Singapura. rute Surabaya-Singapura yang diberikan kepada Indonesia AirAsia adalah hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sementara itu, diketahui ternyata AirAsia juga membuka layanan rute tersebut pada hari Minggu (28/12/2014)
- ga ambil data cuaca sebelum terbang, data cuaca diambil setelah terbang
http://nasional.kompas.com/read/2015/01 ... aign=Khlwp
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapatkan fakta baru yang cukup mencengangkan sebelum pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak. Rupanya, AirAsia tidak mengambil data cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelum pesawat tersebut terbang.
- kemungkinan blackbox rusak, ga berfungsi
http://nasional.kompas.com/read/2015/01 ... .Berfungsi
"Ya, selalu ada kemungkinan bahwa black box ini tak bisa dideteksi. Mungkin ada gangguan atau tekanan saat jatuh. Walau pun dibuat water proof atau fire proof, ini tetap buatan manusia. Jadi jangan kaget kalau black box tak bisa beroperasi dengan baik," kata Toos, di Posko Ante-mortem, Surabaya, Jawa Timur.

maaf, ini saya melihat ada yang mencoba cari "kambing hitam" oleh sebagian orang "disana"..

mohon dibaca ini, ditulis oleh salah seorang pilot Indonesia yang terbang untuk maskapai timur tengah//

http://ilmuterbang.com/blog-mainmenu-9- ... teri-jonan
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ricz »

newrubble wrote:sy punya bbrp pics pelanggaran safety

dr refuel dgn safety officer yg smoking tdk jauh dr tanker, fire station dgn dua fire trucks non operation (yg satu dgn hood lid terbuka n engine ada di engine stand n satu lg tdk ada siapapun dlm cabin), tulisan follow-me yg di pasang terbalik, tire repair di toko ban mobil sawah besar jkt...

ada juga repair pk-kkw u hal yg hrs nya replace n ahir nya bikin mati org byk

dan lain lain

airport besar airport kecil

tadi sy mau pasang satu dua disini tapi sy fikir buat apa...org org kena celaka sj masih bilang..."untungnya...". jadi biar sj. dgn sedikit kata maaf (simple remedial effort) n smua akan normal lagi
Peliara pesawat koq dibikin kek bus sih... :ungg:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by batumakam »

nah mumpung inget nih, beberapa hari yg lalu sempat nongkrong di Bandara Adisumarmo,sore jam 4-6 suatu ketika (ane lupa gak lihat jam) ada sebuah pesawat latih baru aja take-off (pesawat dengan satu baling2) eh baru beberapa menit dari take off kedengaran suara kayak mesin 'batuk' (Engine Failure sepertinya) terus si pesawat udah mulai turun tak terkendali (Turun drastis gitu) Lah orang2 disekitar ane yg baru nonton pesawat juga panik ada juga PM yg langsung ngejar ke arah pesawat, ane panik juga tuh baru mau starter motor eh alhamdulilah si pesawat tadi 'batuk-batuk' lagi dan perlahan2 naik kembali :mky_01: Kalo jatuh apes bener pasti jatuhnya di waduk deket bandara tsb tuh pikir ane :ungg: btw kalo pesawat latih kayak gitu ada seat ejectionnya gak sih? Kalo pesawat tempur kan pasti ada nah kalo semacam pesawat latih bravo dkk ada gak sih? :thanks:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....