Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

Wahhh kalo persh yg operasikan pk-kkw sih itu dah biangnya......

Jauh sebelum kkw musibah, ada pesawatnya yg nyasar en mendarat di pulau yg jauh dr destinasi awal



Menit 2.20
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7414
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

kasian alm capt refri...tdk biasa dpt pswt busuk saat masih di merpati. dia pindah adam saat 400series di merpati fleet returned to lessor krn merpati financially bankrupt

refri yg jauh lbh tua dr sy biasa dipanggil ery, adalah org ajar sy naik sepeda jaman mrk sekeluarga masih tinggal di asem baris, pinggiran tebet...kadang kalo dia tdk sempat, adik nya yg ajarkan sy...semi djoni yg sejak 7 aug thn kmaren jadi laksamana satu bintang dan komandan dikopsla
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7414
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

dgn atau tanpa adam...safety ignorance tetap lanjut di indo

selama petugas punya tingkah gembel (trima wang spt pengemis n keliling headoffice tiap airlines sblm hari raya puasa u collect), maling (byk hal yg dipungut diluar resmi n masuk dompet sendiri) dan rampok (apa yg melanggar suka diajak nego)
User avatar
sirahngelu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 336
Joined: Wed Mar 26, 2014 20:34
Location: Surabaya

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by sirahngelu »

newrubble wrote:dgn atau tanpa adam...safety ignorance tetap lanjut di indo

selama petugas punya tingkah gembel (trima wang spt pengemis n keliling headoffice tiap airlines sblm hari raya puasa u collect), maling (byk hal yg dipungut diluar resmi n masuk dompet sendiri) dan rampok (apa yg melanggar suka diajak nego)
yg termasuk maling ini pembobolan tas di cargo.
sewaktu berangkat ke jakarta, tas tidak dikunci, aman-aman saja.
pulangnya tas dikunci. sampai di surabaya kunci sudah dirusak paksa, isi tas berantakan meski gak ada yg hilang karena isinya melulu baju.

waktu itu naik citylink.

Code: Select all

opensource enthusiast.

User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by artoodetoo »

http://nasional.kontan.co.id/news/surat ... -atas-duka

Saat semua seperti ingin turut campur bertindak
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26953
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by DOHC »

artoodetoo wrote:http://nasional.kontan.co.id/news/surat ... -atas-duka

Saat semua seperti ingin turut campur bertindak
couldn't agree more mods robot

saat berduka kya gini, dari kmaren2 ga henti2nya pihak2 pencitraan abis2an...

wong padahal yg plg berjasa malah si nelayan koq, doi yg pertama denger tuh bunyi... ini para pahlawan kesiangan br nyadar aj pd saling heboh ngeklaim.. blom lg pihak2 lain pencitraan ini itu di media...

oh my... :big_dunno: :big_dunno:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
liat2aja
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1086
Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by liat2aja »

DOHC wrote:
artoodetoo wrote:http://nasional.kontan.co.id/news/surat ... -atas-duka

Saat semua seperti ingin turut campur bertindak
couldn't agree more mods robot

saat berduka kya gini, dari kmaren2 ga henti2nya pihak2 pencitraan abis2an...

wong padahal yg plg berjasa malah si nelayan koq, doi yg pertama denger tuh bunyi... ini para pahlawan kesiangan br nyadar aj pd saling heboh ngeklaim.. blom lg pihak2 lain pencitraan ini itu di media...

oh my... :big_dunno: :big_dunno:
Ya ini kabinet marketing, intinya pengen tampil semuanya. Biar dianggap kerja, bawa wartawan untuk diliput. Mentalnya sih masih sama, ngancam2 mau cabut izin. Apa bedanya dgn jaman dulu? Harusnya dengan ada musibah seperti ini dipelajari apa saja kekurangan/kesalahan dalam prosedur, agar tidak terjadi lagi hal yg sama.

Maaf posting saya tidak pakai fakta, hanya membeberkan pendapat saja...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by artoodetoo »

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7414
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by newrubble »

Ada yg marah tdk trima diatur oleh bukan ahli penerbngan n intinya jgn komentar n jgn atur kalo bukan ahli terbang n bgt sy liat namanya oh rupanya dia yg dulu berjasa bikin ma60 xian jadi byk di indo dg segala design n production faulty m tdk trima di copot dr jabatan

Tapi moral story adalah kekuasaan di indo yg sdh di bagi bagi di kavling kavling

Dulu sy di warung sebelah pernah di marahi oleh yg namanya praktisi migas krn bukan migas player tapi coba coba komentar
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ibar78 »

yah maklum aja bro, merasa cangkemnya oke punya jadi merasa palinglah....banyakan teori, suruh nyelem 30 meter juga megap2 kaya ikan mas koki...yg masih ane bingung adalah percakapan atc dan pilot, napa kudu nunggu kotak hitam.....besok2 ane cuman ngusul, gimana kalo setiap pesawat pake cctv model di mobil aja di kabinnya, kan jadi kethuan tuh napa kecelakaan. di youtube banyak kan kita bisa lihat kecelkaan terjadi kenapa....
:popcorn:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

gimana kalo setiap pesawat pake cctv model di mobil aja di kabinnya
CCTV ? ada

737NG
Image

787
Image

saya melihat kasus yang lagi hot sekarang bakalan jadi drama yang cukup besar, apalagi kalo "mereka" dengar dagelan regulator sini...hehehe
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ibar78 »

haristk7 wrote:
gimana kalo setiap pesawat pake cctv model di mobil aja di kabinnya
CCTV ? ada

737NG
Image

787
Image

saya melihat kasus yang lagi hot sekarang bakalan jadi drama yang cukup besar, apalagi kalo "mereka" dengar dagelan regulator sini...hehehe
jadi ketahuan kalo di depan ada cumulus nimbus :big_grin:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
:popcorn:
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

buat apa om ? menurut saya sih itu gak penting hehehe..kan udah ada onboard weather radar buat sebagian besar pesawat

Image

Image

yang merah itu Cumulonimbus, area berbahaya
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
ibar78
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1292
Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
Location: mtg, jakarta
Daily Vehicle: toyota fans boys

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ibar78 »

haristk7 wrote:buat apa om ? menurut saya sih itu gak penting hehehe..kan udah ada onboard weather radar buat sebagian besar pesawat

Image

Image

yang merah itu Cumulonimbus, area berbahaya
lha buktinya walau terdeteksi radar di depan ada bahaya toh tidak dibolehkan naik ke atas.... :big_smile] ...alesanya di atas ada pesawat juga....jadi gimana dong....jadinya kaya qz ini dong nyungsep ke bawah gara2 ngehajar cumulusnimbus...
:popcorn:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

ibar78 wrote:
lha buktinya walau terdeteksi radar di depan ada bahaya toh tidak dibolehkan naik ke atas.... :big_smile] ...alesanya di atas ada pesawat juga....jadi gimana dong....jadinya kaya qz ini dong nyungsep ke bawah gara2 ngehajar cumulusnimbus...
Kata siapa om nabrak cb?
Rekaman percakapan baik dr airnav maupun black box blm ada semua/at least blm dirilis. Dari mana kesimpulannya kalo kecelakaan karena nabrak cb.

Terkait perubaham flight level, dua hal yg berbeda. Naik, turun, merubah heading terkait dengan traffic separation. Dan kemarin bukan ngga boleh naik, tapi percakapan terakhir adalah minta naik belum diijinkan keburu ilang dari radar, tolong koreksi jika saya salah. Dan jangan dibayangin kalo minta naik berarti harus saat itu juga, kaya orang nyetir di depannya ada lobang.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by A7Corsair »

ibar78 wrote: lha buktinya walau terdeteksi radar di depan ada bahaya toh tidak dibolehkan naik ke atas.... :big_smile] ...alesanya di atas ada pesawat juga....jadi gimana dong....jadinya kaya qz ini dong nyungsep ke bawah gara2 ngehajar cumulusnimbus...
Kan bisa ke kiri ato ke kanan om ...
Dia minta naik kan ...menurut ahli-nya ya ... spy terbangnya lbh efisien ...
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

good reply om octafiantos

intinya "Aviate, Navigate, Communicate" kalau sudah keadaan agak gawat/darurat..

kalau sudah kepepet yang penting selamatkan dulu pesawatnya, kalopun dia naik tanpa izin ATC dan mungkin pilotnya naikin pesawatnya karena memang berusaha menyelamatkan pesawatnya.. (walaupun angka nya sih agak gak masuk akal si pilotnya yang naikin)

kira2 maksud 3 kalimat di paling atas adalah..

1. Aviate = terbangkan dulu pesawatnya, selamatkan dulu ini pesawat
2. Navigate = kalo sudah aman, pikirkan ini pesawat mau dibawa ke arah mana
3. Communicate = kasi tau ATC keadaan penerbangan bagaimana

dan ketiganya harus berurutan dan dikerjakan satu persatu..cmiiw..
Dari mana kesimpulannya kalo kecelakaan karena nabrak cb.
yah mungkin korban media..hehe..
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
Salvanost
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2942
Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Salvanost »

kemenhub napa ya... kok ngamuk terus...
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... aign=Khlwp

Kemenhub "Ancam" Beri Sanksi Semua Maskapai yang Langgar Izin Terbang
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak mau pandang bulu terhadap maskapai yang melanggar izin terbang. Kemenhub pun mengancam akan membekukan rute dari maskapai yang terbukti "nakal".

"Kita curiga ini tidak hanya AirAsia. Kita tidak diskriminatif, akan kita periksa airlines lain," ujar Plt Direktorat Perhubungan Udara Djoko Murdjatmodjo, di Jakarta, Senin (5/1/2014).

Dia menjelaskan, pemberian izin terbang hanya dikeluarkan oleh Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara. Oleh karena itu, kata dia, izin yang dikeluarkan Kemenhub harus menjadi acuan maskapai saat mengoperasikan pesawatnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid mengatakan, Kemenhub memperlakukan semua maskapai dengan cara yang sama. Oleh karena itu, apabila terbukti salah, semua maskapai akan dikenai sanksi yang sama beratnya dengan AirAsia. "Tidak ada diskriminasi. Semua akan diberikan sanksi apabila terbukti salah," kata Hadi.

Sebelumnya, Kemenhub bertindak tegas kepada PT Indonesia AirAsia dengan membekukan izin rute Surabaya-Singapura. Kebijakan tersebut terhitung mulai tanggal 2 Januari 2015 sampai dengan hasil evaluasi dan investigasi kecelakaan pesawat QZ8501.

"Jadi, ini pembekuan sementara izin rute AirAsia untuk rute penerbangan Surabaya-Singapura," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Batara dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (2/1/2015).
kok masih muncul terus berita tentang kemenhub yg berkaitan dengan izin terbang
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11053
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by marmut »

lama-lama bandara ditutup. kan jadi pintu masuk narkoba, dan sekarang kasus pesawat slulup....
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by batumakam »

Salvanost wrote:kemenhub napa ya... kok ngamuk terus...
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2 ... aign=Khlwp

Kemenhub "Ancam" Beri Sanksi Semua Maskapai yang Langgar Izin Terbang
JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak mau pandang bulu terhadap maskapai yang melanggar izin terbang. Kemenhub pun mengancam akan membekukan rute dari maskapai yang terbukti "nakal".

"Kita curiga ini tidak hanya AirAsia. Kita tidak diskriminatif, akan kita periksa airlines lain," ujar Plt Direktorat Perhubungan Udara Djoko Murdjatmodjo, di Jakarta, Senin (5/1/2014).

Dia menjelaskan, pemberian izin terbang hanya dikeluarkan oleh Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara. Oleh karena itu, kata dia, izin yang dikeluarkan Kemenhub harus menjadi acuan maskapai saat mengoperasikan pesawatnya.

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid mengatakan, Kemenhub memperlakukan semua maskapai dengan cara yang sama. Oleh karena itu, apabila terbukti salah, semua maskapai akan dikenai sanksi yang sama beratnya dengan AirAsia. "Tidak ada diskriminasi. Semua akan diberikan sanksi apabila terbukti salah," kata Hadi.

Sebelumnya, Kemenhub bertindak tegas kepada PT Indonesia AirAsia dengan membekukan izin rute Surabaya-Singapura. Kebijakan tersebut terhitung mulai tanggal 2 Januari 2015 sampai dengan hasil evaluasi dan investigasi kecelakaan pesawat QZ8501.

"Jadi, ini pembekuan sementara izin rute AirAsia untuk rute penerbangan Surabaya-Singapura," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub JA Batara dalam keterangan resminya, di Jakarta, Jumat (2/1/2015).
kok masih muncul terus berita tentang kemenhub yg berkaitan dengan izin terbang
CMIIW ijin rute air asia-indo dari surabaya ke singapura hanya untuk hari senin,rabu dan sabtu sedangkan untuk hari minggu tidak ada izinnya (ilegal) kalo yg ane baca dari berita sih begitu :big_peace: kalo orang jawa bilang mblandangke jadwal :ungg: aneh juga baru ketahuan setelah ada kejadian kemaren, apa gak pernah di cek sebelumnya? :shrug:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

ibar78 wrote:yah maklum aja bro, merasa cangkemnya oke punya jadi merasa palinglah....banyakan teori, suruh nyelem 30 meter juga megap2 kaya ikan mas koki...yg masih ane bingung adalah percakapan atc dan pilot, napa kudu nunggu kotak hitam.....besok2 ane cuman ngusul, gimana kalo setiap pesawat pake cctv model di mobil aja di kabinnya, kan jadi kethuan tuh napa kecelakaan. di youtube banyak kan kita bisa lihat kecelkaan terjadi kenapa....
Ya kan semua data itu terekam di black box om.....black box itu sangat lengkap, merekam percakapan pilot (Cockpit Voice Rec) dan juga data ketinggian / speed pesawat dll (Flight Data Rec)

Sudah ada wacana global : black box juga nantinya diusulkan akan merekam gbr di cockpit

Tolong jangan samakan kasus pencarian BBox dengan buka rekaman CCTV mobil........mobil tabrakan semua terjadi di jalanan / daratan & biasanya terjadi di daerah yg ramai / banyak orang, pesawat kecelakaan bisa di darat maupun di air.........terjadi di daerah yg nggak ada orang di sekitarnya.......nah kalo tenggelam di laut dalam / lautnya berombak terus ini yg susah

Ide CCTV di mobil itu JUSTRU terinpirasi dari Black Box pesawat, dalam bentuk yg jauhhhhh lebih simple

Video aircrash investigation itu semua adalah film rekayasa yang dimana bisa di rekonstruksi setelah data BBox terungkap + investigasi2 dr NTSB / ATSB / KNKT dll
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22007
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by Turboman »

haristk7 wrote: yah mungkin korban media..hehe..
Yep

Setiap kali terjadi kecelakaan pesawat, mendadak muncul puluhan orang yg jadi "ahli pesawat dadakan / ahli penerbangan dadakan"

Jurnalis2 juga mendadak jadi ahli penerbangan "dadakan"
:mky_04:


@om haristk7 : bbrp X komunikasi dgn mas Gerry S di twitter yah........ :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by haristk7 »

@om haristk7 : bbrp X komunikasi dgn mas Gerry S di twitter yah........
yah kadang lewat BBM juga, lewat FB juga...kalo gak ketemuan dimana pas di Jakarta...saya juga pernah "ngerusuh" di rumahnya di kawasan Ragunan bersama beberapa teman..rumahnya bak perpustakaan penerbangan :mrgreen:

ooh btw mengenai terbang ilegal apa gak...saya mau utarakan pendapat saya saja..menurut saya ini adalah miskomunikasi yang agak fatal ya dalam hal administrasi..

di dunia penerbangan, penerbangan militer (maaf agak menyimpang tapi masih berkaitan), ada istilah penerbangan ilegal (black flight), bisa saja penerbangan dianggap ilegal kalo dia masuk wilayah Indonesia tanpa izin atau ada permasalahan di administrasi. Kalo ada penerbangan ilegal, jet tempur TNI sudah dikerahkan sambil menenteng live ammunition (precaution) untuk mencegat pesawat yang dianggap "ilegal"..nah sekarang kalo QZ8501 dianggap ilegal, kenapa TNI gak cegat ? Madiun gak jauh loh dari Surabaya..imho..ini dagelan yang kelewat konyol..

sekarang...karena regulator kebanyakan omong yang gak perlu...efek fatalnya adalah..saya kasi kutipan dari pak Gerry saja ya "Any answer is bad for the country. If no license, poor oversight by DGCA. If has license, poor credibility of DGCA"..ini ibarat kata "maju kena, mundur juga kena"..saya sih gak heran kalo tahun ini Indonesia bisa diturunin kategori keselamatannya ke peringkat 3 (artinya sudah UNACCEPTABLE)..dan mungkin karena itu bisa saja Garuda "diusir" tidak boleh masuk ke Eropa, airlines asing yang ketat soal safety menarik diri dari Indonesia, negara tujuan pesawat Indonesia akan mereview dibolehkan masuk apa dilarang terbang ke negara tersebut..

list negara dan kategorinya...kita sedang di posisi 2...yang sudah tidak bagus posisinya..

(MS Excel only)
http://www.google.co.jp/url?sa=t&rct=j& ... dlC9pT3dnw
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by octafiantos »

haristk7 wrote:
sekarang...karena regulator kebanyakan omong yang gak perlu...efek fatalnya adalah..saya kasi kutipan dari pak Gerry saja ya "Any answer is bad for the country. If no license, poor oversight by DGCA. If has license, poor credibility of DGCA"..ini ibarat kata "maju kena, mundur juga kena"..saya sih gak heran kalo tahun ini Indonesia bisa diturunin kategori keselamatannya ke peringkat 3 (artinya sudah UNACCEPTABLE)..dan mungkin karena itu bisa saja Garuda "diusir" tidak boleh masuk ke Eropa, airlines asing yang ketat soal safety menarik diri dari Indonesia, negara tujuan pesawat Indonesia akan mereview dibolehkan masuk apa dilarang terbang ke negara tersebut..
Gua belum cek, cmn denger selentingan. Bener ga FAA mau pake rating model baru. Jadi ngga categori I-II-III. Tapi pake model Comply sama Not Comply. Ada yg bisa kasih verifikasi.

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
ayaharyo
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Sat Mar 15, 2014 9:12
Location: senayan

Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan

Post by ayaharyo »

ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.


Sent from my iPhone using Tapatalk