Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2942
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Serius tuh tempo???
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Kayaknya ngga ada post yg mengagulkan teknologi Om. Cuman concern dari mana kesimpulan jatuh karena nabrak cb. Belum ketahuan jatuhnya kenapa. Speed sensor kah, all engine flameout kah, masih terbuka semua kemungkinan.ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
ngacooo totaaallll..nggak mungkin nggak ada..dumbass media..udah jadi standar pabrikan kalo weather radar, integrated with Navigation Display...ini kalo dibaca Airbus bakalan meradang nih mereka..Salvanost wrote:Serius tuh tempo???
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
peta cuaca tersedia pas lagi briefing itu om, itu dikasi lihat cuaca di flight path, kalo yang pernah ane liat sih kayak ada gambar awan, angin dll..peta cuaca juga dibawa ke kokpit kok, ane pernah luat di kokpit 747 Garuda pas balik dari Amsterdam, waktu itu dikasih liat ama crew nya kalo di atas India berdasarkan peta itu cuacanya lumayan jelek..dan bener..begitu di atas India langsung "ajrut-ajrutan" pesawatnya hahaha
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Tools dalam hal ini radar2 / sensor2 serta bantuan arahan dari ATC sangat membantu pilot dalam menciptakan suatu penerbangan yang aman dan nyamanayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Tapi selamatnya sebuah penerbangan sampai ke tujuan atau terjadi celaka sangat banyak faktor yg berperan.......dan menurut statistik umumnya terjadi akibat "human error"
Video di bawah ini menunjukkan bagaimana sebetulnya sebuah kecelakaan dapat dihindari tetapi akhirnya terjadi karena faktor2 yg dibuat oleh manusia itu sendiri
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Kayaknya ini akibat "budaya" media di sini yang selama belasan tahun selalu menyiarkan berita bernuansa Infotaintment atau "bergaya Infotainment"haristk7 wrote: ngacooo totaaallll..nggak mungkin nggak ada..dumbass media..udah jadi standar pabrikan kalo weather radar, integrated with Navigation Display...ini kalo dibaca Airbus bakalan meradang nih mereka..
- CUT -
Akhirnya terefleksi dgn munculnya berita2 / tulisan2 "lebay" berkaitan reportase kecelakaan pesawat
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2942
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
apa benar sampai dengan saat ini, penumpang yg ditemukan semuanya ga memakai pelampung?
udah ada info tentang body pesawat?
udah ada info tentang body pesawat?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Sori, apakah data blackbox bisa membuktikan kalo pesawat tidak menabrak awan Cb?octafiantos wrote:Kata siapa om nabrak cb?ibar78 wrote:
lha buktinya walau terdeteksi radar di depan ada bahaya toh tidak dibolehkan naik ke atas.... ...alesanya di atas ada pesawat juga....jadi gimana dong....jadinya kaya qz ini dong nyungsep ke bawah gara2 ngehajar cumulusnimbus...
Rekaman percakapan baik dr airnav maupun black box blm ada semua/at least blm dirilis. Dari mana kesimpulannya kalo kecelakaan karena nabrak cb.
Terkait perubaham flight level, dua hal yg berbeda. Naik, turun, merubah heading terkait dengan traffic separation. Dan kemarin bukan ngga boleh naik, tapi percakapan terakhir adalah minta naik belum diijinkan keburu ilang dari radar, tolong koreksi jika saya salah. Dan jangan dibayangin kalo minta naik berarti harus saat itu juga, kaya orang nyetir di depannya ada lobang.
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1213
- Joined: Wed May 07, 2014 2:36
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Apakah kalo pesawat menabrak Cb, semua sensor dan mesin tetap berfungsi normal?octafiantos wrote:Kayaknya ngga ada post yg mengagulkan teknologi Om. Cuman concern dari mana kesimpulan jatuh karena nabrak cb. Belum ketahuan jatuhnya kenapa. Speed sensor kah, all engine flameout kah, masih terbuka semua kemungkinan.ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
ya mungkin kesimpulan itu didapat karena pilot sempat minta ijin naik ke ketinggian 38.000, jadi pada nyimpulin di depannya ada awan cb.octafiantos wrote:Kayaknya ngga ada post yg mengagulkan teknologi Om. Cuman concern dari mana kesimpulan jatuh karena nabrak cb. Belum ketahuan jatuhnya kenapa. Speed sensor kah, all engine flameout kah, masih terbuka semua kemungkinan.ayaharyo wrote:ane bukannya korban media. namanya juga alam kan bisa aja penyebab terjadinya jecelakaan. du darat aja kena petir bisa modar. jgn terlalu bangga ma reknologi.
Sent from my iPhone using Tapatalk
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11053
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
kalo di metromini saya percaya ngga ada instrumen apapun di dalam benda berjalan itu. lha ini pesawat komersil yang udah beroperasi lumayan lama......Salvanost wrote:Serius tuh tempo???
Ga dilengkapin peta cuaca?
Ngomong2 peta cuaca itu apa ya?
Radar cuaca? Atau update cuaca sebelum keberangkatan?
biasa lah, media bikin headline kaya gitu biar orang tertarik trus beli. isi di dalemnya juga belum tentu sama dengan headline, kalopun ada cuma sedikit dibahasnya.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1063
- Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
hasil knkt itu diumumin ke publik gak ya ? kayak adam air dulu apa hasil dari knkt ?
kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 61
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:31
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ada kok, googling aja bahkan dijadikan salah 1 case di aircrash investihation natgeovipere wrote:hasil knkt itu diumumin ke publik gak ya ? kayak adam air dulu apa hasil dari knkt ?
kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7414
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ideal nya budget airlines itu retail off comfort essentials
baggage subject to pay, meals on demand, basic leg room, no in-flight entertainment
factual...mrk juga spec down safety essentials spt yg sy bilang diatas...untung nya (pake istilah umum) masih byk yg bilang bhw...tdk benar bgt
yg tdk benar itu operator n regulator nya...tapi smua bisa self justify...yg punya plg byk power n authority pasti nya akan anggap diri nya plg benar meski public liat kualiti mrk rombeng sana sini
baggage subject to pay, meals on demand, basic leg room, no in-flight entertainment
factual...mrk juga spec down safety essentials spt yg sy bilang diatas...untung nya (pake istilah umum) masih byk yg bilang bhw...tdk benar bgt
yg tdk benar itu operator n regulator nya...tapi smua bisa self justify...yg punya plg byk power n authority pasti nya akan anggap diri nya plg benar meski public liat kualiti mrk rombeng sana sini
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Hmmm.........ada baiknya kita nggak ngikut tulisan / istilah media yg mana mrk bukan aviation expertadityabp wrote: Sori, apakah data blackbox bisa membuktikan kalo pesawat tidak menabrak awan Cb?
CB itu bukan tembok
Di radar cuaca pesawat hanya ada indikasi hijau - kuning - merah.......nah pilot semua sudah tahu harus hindari zona merah
Tapi kadang perubahan cuaca sulit diduga.......
Kombinasi FDR dan CVR lah nanti yg dapat menyimpulkan apa yg terjadi sebenarnya
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Diumuminvipere wrote:hasil knkt itu diumumin ke publik gak ya ? kayak adam air dulu apa hasil dari knkt ?
kalo gak diumumin ke publik, percuma nunggu hasil knkt..mending kita duga duga sendiri aja.heheh.
Publik bebas menduga sejauh itu hanya utk konsumsi pribadi saja & bersifat disclaimer
Sedangkan utk kesimpulan konkrit better kita serahkan kepada badan resmi yg sudah ditunjuk dan dimana data dari CVR & FDR sudah dianalisa dgn detail
suatu kesimpulan akhir bukan hal yg mudah......ingat dulu kasus 737 belok sendiri & jatuh itu butuh waktu berbulan bulan mendapat kesimpulan dimana setelah puluhan test akhirnya ketahuan "power steering" ekor belakang aka Rudder actuator buatan Parker Haniffin macet akibat perbedaan suhu dari sgt dingin (35.000 ft) ke suhu normal saat mau landing.
Akhirnya seluruh "power steering" ekor B 737 di seluruh dunia di recall
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Kok semakin kesini semakin gila ya itu media2.tadi sekilas lihat ada wawancara2 kurang kerjaan yg bahas ttg besaran asuransi yg harus dibayarkan air asia.bayangken sodara.masak si narasumber bilang besaran asuransi harusnya 55M.bukan 1.5M.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Buntut dah ketemu
Mudah2-an Bbox segera ketemu
Mudah2-an Bbox segera ketemu
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
wah katanya LCC mau dihapus bener gak tuh? Sayang sebenarnya,ketika orang mulai pindah ke moda transportasi yg 'canggih' seperti ini malah dihapus
Code: Select all
http://www.kaskus.co.id/thread/54aca862bccb179e588b4571/?ref=homelanding&med=hot_thread
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Wah om Gerry ngamuk2 di twitter......sampe muncul gbr :
Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys
Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
loh bukannya emang sudah lama namanya airline LCGC beroperasi di indo = kopaja udara? kok baru sekarang heboh? boleh dibilang dari airport, baggage handling, terminal, sampe ke penumpangnya sendiri ya masih mental kopaja
but i do belief ga ada namanya airliner yang segitu bodohnya mau buang nyawa crew, pesawat, dll sampe maen2 dengan keselamatan. namanya aja pebisnis, misal: boss PO bus gila mana pake Scania buat trayek Surabaya - medan? pasti paling bagus mercy biasa lah bus scania pasti dijadiin super executive bus. atau ga usah2 jauh pak menteri sekarang aja ninggalin hal pinter di PT KAI: kereta api gerbong ekonomi aja dipakein AC supaya harga bisa naek, jadi ga ada cerita lagi: ga untung jualan ekonomi = perusahaan tetep bisa napas., walau itu AC split rumahan dipaksa pasang di gerbong .
kalau ada airliner segitu gilanya, mungkin yang punya lebih cocok jalanin yayasan sosial atau punya bisnis sampingan perusahaan asuransi buat gelapin asuransi. emangnya gampang cari pilot, training cabin crew, ground crew control, dll. apalagi pesawat sebiji dengan harga luar biasa gitu dibiarin terbang ngasal aja tanpa cek safety. yang ada jangan2 airliner punya SOP yang lebih canggih daripada regulator, demi2in tuh pesawat dan isinya selamet.
jadi biar untung ya kualitas layanan dipangkas abis2an selama namanya masih lolos safety dan ga ngelanggar aturan ya jalanin aja.
but i do belief ga ada namanya airliner yang segitu bodohnya mau buang nyawa crew, pesawat, dll sampe maen2 dengan keselamatan. namanya aja pebisnis, misal: boss PO bus gila mana pake Scania buat trayek Surabaya - medan? pasti paling bagus mercy biasa lah bus scania pasti dijadiin super executive bus. atau ga usah2 jauh pak menteri sekarang aja ninggalin hal pinter di PT KAI: kereta api gerbong ekonomi aja dipakein AC supaya harga bisa naek, jadi ga ada cerita lagi: ga untung jualan ekonomi = perusahaan tetep bisa napas., walau itu AC split rumahan dipaksa pasang di gerbong .
kalau ada airliner segitu gilanya, mungkin yang punya lebih cocok jalanin yayasan sosial atau punya bisnis sampingan perusahaan asuransi buat gelapin asuransi. emangnya gampang cari pilot, training cabin crew, ground crew control, dll. apalagi pesawat sebiji dengan harga luar biasa gitu dibiarin terbang ngasal aja tanpa cek safety. yang ada jangan2 airliner punya SOP yang lebih canggih daripada regulator, demi2in tuh pesawat dan isinya selamet.
jadi biar untung ya kualitas layanan dipangkas abis2an selama namanya masih lolos safety dan ga ngelanggar aturan ya jalanin aja.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3148
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ibget.... lain kali minimal british airways...
Tapi sama aja pilotnya kayakna kalah pibyer sama emirats .. kalo landing pasti jeduakkkk
Tapi sama aja pilotnya kayakna kalah pibyer sama emirats .. kalo landing pasti jeduakkkk
engine roaring!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1451
- Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
- Location: Hanoi
- Daily Vehicle: xebushanoi-18
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Ini gambar kayanya dia bikin hampir 10 tahunan kali. 2006 aja udah sering keluar di Indoflyer kalo gua ga salah inget.Turboman wrote:Wah om Gerry ngamuk2 di twitter......sampe muncul gbr :
Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
Kavling kosong, bisa dikridit.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
hahaha gw ampe ubek2 IF..gw cari2 nemu yang ini doang..octafiantos wrote:Ini gambar kayanya dia bikin hampir 10 tahunan kali. 2006 aja udah sering keluar di Indoflyer kalo gua ga salah inget.Turboman wrote:Wah om Gerry ngamuk2 di twitter......sampe muncul gbr :
Is this how Indo transport minister sees the airlines? Glorified privateer city buses known for dangerous driving?
https://twitter.com/gerrys
Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m ... age=1&key=
beliau kalo dah ngamuk serem...saya pernah kena "kuliah 3 sks" jam 11 malam gara2 kesalahan kecil yang saya lakukan di game simulasi yang berhubungan dengan penerbangan..hahaha tapi saya salut beliau dedikasinya sangat tinggi, mau itu cuma game tetep dedikasinya tinggi..beliau memang "sersan" (serius tapi santai)
btw ini ada pembahasan dari jaman baheula, "Low Ticket Prices = Low Safety? Masa??? " (google this kalo link gak bisa kebuka)
http://www.indoflyer.net/forum/tm.asp?m ... ey=ꨧ
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Diskusi keselamatan pesawat terbang / dunia penerbangan
Oot bentaran.. masih menyangkut aviation,, colek om rubblepedia/siapapun yg kompeten jawab....
ICAO country codes 'AVU' itu buat negara mana ya? Sy disuruh sewa heli ama bigboss, dapet prusahaan carter lokal sini, di brosurnya ada foto heli registrasi AVU-HV. Ubek2 gugling2 ngga nemu kode AVU. Apa untuk Timor Leste tp blom dilisting ya hehe..
Thx
ICAO country codes 'AVU' itu buat negara mana ya? Sy disuruh sewa heli ama bigboss, dapet prusahaan carter lokal sini, di brosurnya ada foto heli registrasi AVU-HV. Ubek2 gugling2 ngga nemu kode AVU. Apa untuk Timor Leste tp blom dilisting ya hehe..
Thx
Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys