JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Century
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Century
Halo rekan-rekan, izinkan saya sharing impression saya terhadap salah satu mobil JDM yang bisa dibilang mewakili “kelas atas” di Jalanan Jepang. Perkenalkan, inilah Toyota Century. (ps: beberapa gambar terpaksa comot dari internet)
Di Jepang, suka ada kalimat “kamu belom bisa dibilang sukses kalo belom punya Toyota Century”. Mobil ini bisa dibilang “limusin” dari Jepang, pemakainya kebanyakan adalah beragam macam orang VIP/VVIP/yang kebanyakan duit atau punya jabatan tinggi di suatu organisasi. Di Jepang saya sangat jarang melihat orang yang mempunyai supir, kalopun saya lihat ya kebanyakan di Toyota Century. Biasanya yang punya untuk hariannya pakai Toyota Century dan untuk weekend ketika stir sendiri pakai Lexus LS series, atau Infiniti M (Nissan Fuga), atau Mercedes Benz/BMW/Jaguar/Maserati/merk mewah lainnya.
Saya gak akan bahas sejarahnya, pandangan saya mengenai generasi sebelumnya, dan mengenai Century versi keluarga kerajaan. Mobil yang saya bahas disini adalah generasi kedua yang pertama kali meluncur tahun 1997. Mobil ini baru pernah dapet “facelift” sekali, yaitu pada tahun 2005 ketika transmisi 4AT nya diganti ke 6AT. Toyota Century, bersama dengan Toyota Crown Majesta, berbarengan menduduki posisi “Flagship” di Toyota, hanya saja Crown Majesta lebih ditujukan ke mereka yang lebih muda. Toyota Century hingga sekarang adalah satu-satunya mobil dari Toyota yang menawarkan penggerak roda belakang (RWD) dengan mesin V12.
Kita mulai dari eksteriornya ya, bentuknya udah antik banget, kesan “kotak”nya kuat, seperti sedan besar dari Asia yang lahir di era akhir 80an-90an. Mulai dari tampak depan, samping, hingga belakang, mobil ini mempunyai aura “jadoel” yang sangat kuat. Pertama kali saya mengetahui eksistensi mobil ini yaitu 2 tahun yang lalu pas browsing di website Toyota Jepang, pertama kali saya melihat fotonya, kalimat yang terlontar adalah “mobil apaan nih ? kok jadul sekali bentuknya ? kok masih dijual ? apa ini Taksi kayak Crown Comfort ?”...dan begitu saya baca literatur di internet mengenai mobil ini, jujur saja saya agak kaget ketika tahu “image” dan “pricetag” yang melekat di mobil ini, gak nyangka mobil yang terlihat “jadoel” ini punya aura yang sangat kuat di negeri bunga sakura.
Dilihat dari eksteriornya saya jadi paham kenapa Toyota menamakannya “Century”, mungkin karena Toyota berharap desain eksteriornya ini akan sangat awet dan long last. For Your Information, mobil ini generasi pertama keluar tahun 1967 dan diproduksi hingga 1997. Pada tahun 1997 generasi kedua seperti yang ada di impression kita kali ini diperkenalkan ke publik dan bentuk bodnya gak banyak berubah, dan pada tahun 2005 mobil ini diberikan penyegaran di sektor transmisi, yaitu pergantian dari 4AT menjadi 6AT.
dimensi mobil: P x L x T (5,27 x 1,89 x 1,475) meter. Wheelbase: 3,025 meter
Kita masuk ke interior...hmm buka pintunya lumayan agak berat...saya langsung masuk ke baris kedua, dan langsung duduk di kursinya. Hmm....sejenak saya berusaha melupakan pikiran yang agak penat dan berusaha tenggelam dengan kenikmatan kursinya Century. Kursinya empuk bagaikan sofa di toko perabotan yang mahal dan mewah. Bahannya sendiri standarnya adalah beludru, tapi bukan beludru biasa, rasanya sangat jauh berbeda dengan beludru yang saya kenal, sangat nikmat. Pengen jok kulit ? tenang saja, ada opsinya, walaupun sepertinya yang beludru lebih populer di pembeli Century.
kulit atau beludru ? terserah anda, selera..
Baris kedua sangat lega layaknya first class di pesawat besar maskapai bintang 4 atau 5. Lalu, andaikan saya atau anda misalnya seseorang yang sedang berbisnis dan sedang melakukan pembicaraan bisnis, mungkin bisa melakukannya di kabin mobil ini layaknya pembicaraan bisnis di kabin kelas bisnis atau di kelas satu di dalam pesawat. Atau mungkin anda lelah setelah seharian dipusingkan dengan urusan yang ada ? jangan khawatir, Century siap menawarkan gimmick yang ada di dalam mobil ini dan akan berusaha membuat anda nyaman seperti di dalam business class or first class pesawat atau di dalam shinkansen “green car”. Oh ya, mobil ini tidak disarankan diisi 5 orang dewasa, 4 orang dewasa sudah cukup.
aah leganya..enak..pastikan anda memakai kaus kaki yang baru keluar dari mesin cuci..
Anda ingin mendengarkan lagu favorit anda sambil bersantai di dalam mobil dalam perjalanan bisnis yang cukup jauh ? Jangan khawatir, Century hadir dengan 12 speaker, rinciannya ada 4 twitter (2 depan dan 2 tengah) + 6 speaker (2 depan, 2 tengah, 2 belakang) + 1 subwoofer (sepertinya) + 1 speaker di atap.
softpadnya sangat empuk, ada apa dibalik ini ?
ada TV nya, remotenya ntah kemana
dibagian bawah ada buat masukin DVD
di laci depan juga ada
speaker location
Mobil ini benar-benar memanjakan penumpangnya untuk urusan audio walaupun jujur menurut saya belom “seheboh” paket tertinggi yang ditawarkan Toyota Crown Series (Royal Saloon 16 speaker, Athlete 16 speaker, dan Majesta 18 speaker) serta Lexus LS yang memiliki paket 19 speaker Mark & Levinson.
Mobil ini punya 1 fitur simple yang cukup unik dan saya belom pernah lihat di Mobil Jepang manapun. Biasanya kan para perempuan (dan mungkin cowok juga begitu, saya gak pernah sih) sebelum turun dari mobil suka pengen “ngaca” dulu memastikan tampilannya oke.
sebelum turun, ngaca dulu
Di Century, sepertinya Toyota paham mengenai hal ini dan memutuskan untuk kursi kiri dan kanan diberikan “cermin lipat” agar para “bos” bisa memastikan tampilannya oke sebelum mulai berbisnis.
Oke kita pindah kedepan, ke kursi driver, saya sudah puas duduk di belakang. Buka pintu depan, duduk manis di kursi driver....................nggak sampai 5 menit saya sudah nggak suka dengan posisi duduknya...pertama adalah, saya nggak berasa bawa mobil, saya berasa bawa Yacht, ini kap depannya juga..panjang bener..dan begitu nyari spion..mana spionnya..dan ternyata posisinya adalah di....di...
ada di moncong...di sekitar area ban..
Tapi tenang, ada kabar baik, anda bisa pasang “spion normal” di mobil ini sebagai opsional... *lega*
Desain stirnya cukup membosankan, tidak ada yang bisa dipencetin kalo “BeTe” kena macet. Lalu mengenai clustermeter, saya tadinya berharap mobil ini pake clustermeter “jadoel” agar kesan klasiknya dapet banget..ini malah kayak ada kesan digital yang menurut saya agak “off”. Okelah dia ada 2 layar (di depan ada layar monitor untuk GPS dan Pengaturan Audio, di belakang ada tambahan bisa buat nonton, tapi mobil lawas lainnya pun bisa mengganti Head Unit ke yang lebih modern (single din dengan layar sentuh misalnya) dengan mudah, tapi kayaknya kalo untuk clustermeter yang digital itu “salah tempat” di mobil ini....seperti ada yang kurang “feel” klasiknya..
so classy...but somehow nothing special..and look at the clustermeter !
Untuk kursi driver..nggak ada yang istimewa, 10 electric seat adjustment including kumbar support tanpa memory . Lalu penumpang depan..juga sama kayak driver. Sepertinya kursi baris depan memang disediakan khusus untuk (jasa) supir dan bodyguard/pelayan pribadi (kalau ada). Kalo kursi belakang ? Jumlah pengaturannya sepertinya sama kayak di kursi kelas bisnis Airbus A330 Garuda Indonesia.
2nd row controller
Bagaimana kualitas material kabinnya ? begitu pertama kali saya masuk di dalam kabinnya dan meresapinya...yang terlintas di pikiran saya adalah “ruang tamu/lobby hotel mewah mana ya yang seenak ini ?”..beludrunya mantep sekali, pencinta softpad juga dijamin akan “mabuk kepayang”, fit and finish sangat rapih dan solid (well, it’s Limousine afterall), beberapa bagian bahkan mengingatkan saya dengan kabin pesawat. Walaupun begitu saya masih kurang begitu suka ama suasana kabinnya yang agak “gloomy”, mungkin karena terlalu klasik kali ya..
tempat asbak rokok di armrest pintu bagian belakang, mirip kayak di kursi pesawat, oh yang silver itu beneran metal loh, bukan sekedar silver finish
pengaturan spion, bagasi, dll
pengaturan jendela sisi driver, gak paham tulisannya
yang ini sisi penumpang depan
gagang buat buka pintunya unik
Untuk tempat penyimpanan tidak begitu oke ya menurut saya, di depan ada laci di dashboard bawah bagian penumpang. Lalu tiap pintu ada tempat penyimpanan juga seperti untuk botol minum. Lalu ada seatpocket buat penumpang baris kedua yang tertempel di kursi depan. Pengen ngecek bagasi tapi gak bisa dibuka karena pengoperasiannya elektrik. Tapi kalo dilihat dari luar sih ada kesan bagasinya ukuran standar sedan besar. Di armrest 1st ama 2nd row sih ada tempat penyimpanan juga walaupun gak gede..
Oke, pembeli Century pastinya orang penting, untuk menjaga si pemilik beserta orang di dalamnya, Century punya seabrek perlengkapan keamanan. ABS EBD, VSC TRC, 8 airbags (dual front + dual side front + dual side rear + dual full length), shock absorbing structure untuk 2nd row seat, dan seatbelt.
Mari ke “jantungnya”, saya rasa sebagian orang sudah gak sabar mengenai hal ini, jadi daripada saya “diganyang” duluan, saya langsung bahas ya. Mesin V12 1GZ-FE menyemburkan tenaga 280hp @5200rpm dan torsi 460Nm @4000rpm. Tenaga sebesar ini disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui gearbox 6 Speed Automatic. Untuk suspensi, mobil ini dilengkapi dengan suspensi udara (hal horror untuk daerah dengan jalanan amburadul). Sekedar pengingat kembali, ini satu-satunya mobil Toyota yang masih diproduksi sampai sekarang yang bermesin V12 dan RWD. FC (Fuel Consumption) gimana ? punya mobil ini gak usah peduli FC, hahahaha. Mobil ini walaupun bermesin V12, Toyota bilang mobil ini sanggup berjalan hanya dengan 6 silinder saja, dan itupun masih bisa dilakukan hanya di satu sisi saja (maksudnya bisa 6 silinder kiri atau kanan saja). MID mobil ini juga bisa memberi tahu keadaan suspensi udara dan brake pad mobil ini, apabila brake pad sudah mulai “aus” maka akan ada peringatannya.
V12 emblem
engine bay
6 speed automatic
Tadinya saya pengen test drive karena di Megaweb Toyota bisa Test Drive..pas mau booking jadwal..alamak penuh semua pagi-sore, males juga kalo udah mulai malem baru kebagian Test Drive. Nah dari impresi ini, untuk saya sendiri ketika ditanya apa ingin memiliki mobil ini jika ada uang ? jawaban saya: tentu saja tidak. Kenapa ? hmm..ini masalah selera dan pendapat saya juga sih...seenak apapun mobil apabila jadi penumpang tapi tidak enak ketika nyetir sendiri ya...kurang sreg kalo saya sendiri. Karena pasti ada momen dong dimana saya yang pengen stir sendiri mobil itu, bukan disetirin. Toyota Century adalah mobil yang sangat cocok untuk disetirin oleh jasa pengemudi, bukan untuk nyetir sendiri.
Century Emblem
Harga Mobil (JDM): 12.576.086 yen (masuk Indonesia dijamin tembus 2 Milyar nih)
Alternatif selain Toyota Century (Japanese Sedan only)
- Toyota Crown Royal Saloon
- Toyota Crown Majesta
- Lexus LS
- Infiniti M (Nissan Fuga)
bedanya dengan Infiniti M, untuk Fuga JDM (VIP package) di armrest belakang ada seat controllernya
- Nissan Cima
Dari semuanya sih saya paling sreg dengan Lexus LS, hehehe...
oke, dengan ini saya nyatakan selesai untuk JDM Short Impression, maaf hanya Toyota yang saya sempat buat, andaikata masih ada waktu, nanti saya coba carikan bahan lain.
terima kasih untuk waktu dan perhatiannya
Di Jepang, suka ada kalimat “kamu belom bisa dibilang sukses kalo belom punya Toyota Century”. Mobil ini bisa dibilang “limusin” dari Jepang, pemakainya kebanyakan adalah beragam macam orang VIP/VVIP/yang kebanyakan duit atau punya jabatan tinggi di suatu organisasi. Di Jepang saya sangat jarang melihat orang yang mempunyai supir, kalopun saya lihat ya kebanyakan di Toyota Century. Biasanya yang punya untuk hariannya pakai Toyota Century dan untuk weekend ketika stir sendiri pakai Lexus LS series, atau Infiniti M (Nissan Fuga), atau Mercedes Benz/BMW/Jaguar/Maserati/merk mewah lainnya.
Saya gak akan bahas sejarahnya, pandangan saya mengenai generasi sebelumnya, dan mengenai Century versi keluarga kerajaan. Mobil yang saya bahas disini adalah generasi kedua yang pertama kali meluncur tahun 1997. Mobil ini baru pernah dapet “facelift” sekali, yaitu pada tahun 2005 ketika transmisi 4AT nya diganti ke 6AT. Toyota Century, bersama dengan Toyota Crown Majesta, berbarengan menduduki posisi “Flagship” di Toyota, hanya saja Crown Majesta lebih ditujukan ke mereka yang lebih muda. Toyota Century hingga sekarang adalah satu-satunya mobil dari Toyota yang menawarkan penggerak roda belakang (RWD) dengan mesin V12.
Kita mulai dari eksteriornya ya, bentuknya udah antik banget, kesan “kotak”nya kuat, seperti sedan besar dari Asia yang lahir di era akhir 80an-90an. Mulai dari tampak depan, samping, hingga belakang, mobil ini mempunyai aura “jadoel” yang sangat kuat. Pertama kali saya mengetahui eksistensi mobil ini yaitu 2 tahun yang lalu pas browsing di website Toyota Jepang, pertama kali saya melihat fotonya, kalimat yang terlontar adalah “mobil apaan nih ? kok jadul sekali bentuknya ? kok masih dijual ? apa ini Taksi kayak Crown Comfort ?”...dan begitu saya baca literatur di internet mengenai mobil ini, jujur saja saya agak kaget ketika tahu “image” dan “pricetag” yang melekat di mobil ini, gak nyangka mobil yang terlihat “jadoel” ini punya aura yang sangat kuat di negeri bunga sakura.
Dilihat dari eksteriornya saya jadi paham kenapa Toyota menamakannya “Century”, mungkin karena Toyota berharap desain eksteriornya ini akan sangat awet dan long last. For Your Information, mobil ini generasi pertama keluar tahun 1967 dan diproduksi hingga 1997. Pada tahun 1997 generasi kedua seperti yang ada di impression kita kali ini diperkenalkan ke publik dan bentuk bodnya gak banyak berubah, dan pada tahun 2005 mobil ini diberikan penyegaran di sektor transmisi, yaitu pergantian dari 4AT menjadi 6AT.
dimensi mobil: P x L x T (5,27 x 1,89 x 1,475) meter. Wheelbase: 3,025 meter
Kita masuk ke interior...hmm buka pintunya lumayan agak berat...saya langsung masuk ke baris kedua, dan langsung duduk di kursinya. Hmm....sejenak saya berusaha melupakan pikiran yang agak penat dan berusaha tenggelam dengan kenikmatan kursinya Century. Kursinya empuk bagaikan sofa di toko perabotan yang mahal dan mewah. Bahannya sendiri standarnya adalah beludru, tapi bukan beludru biasa, rasanya sangat jauh berbeda dengan beludru yang saya kenal, sangat nikmat. Pengen jok kulit ? tenang saja, ada opsinya, walaupun sepertinya yang beludru lebih populer di pembeli Century.
kulit atau beludru ? terserah anda, selera..
Baris kedua sangat lega layaknya first class di pesawat besar maskapai bintang 4 atau 5. Lalu, andaikan saya atau anda misalnya seseorang yang sedang berbisnis dan sedang melakukan pembicaraan bisnis, mungkin bisa melakukannya di kabin mobil ini layaknya pembicaraan bisnis di kabin kelas bisnis atau di kelas satu di dalam pesawat. Atau mungkin anda lelah setelah seharian dipusingkan dengan urusan yang ada ? jangan khawatir, Century siap menawarkan gimmick yang ada di dalam mobil ini dan akan berusaha membuat anda nyaman seperti di dalam business class or first class pesawat atau di dalam shinkansen “green car”. Oh ya, mobil ini tidak disarankan diisi 5 orang dewasa, 4 orang dewasa sudah cukup.
aah leganya..enak..pastikan anda memakai kaus kaki yang baru keluar dari mesin cuci..
Anda ingin mendengarkan lagu favorit anda sambil bersantai di dalam mobil dalam perjalanan bisnis yang cukup jauh ? Jangan khawatir, Century hadir dengan 12 speaker, rinciannya ada 4 twitter (2 depan dan 2 tengah) + 6 speaker (2 depan, 2 tengah, 2 belakang) + 1 subwoofer (sepertinya) + 1 speaker di atap.
softpadnya sangat empuk, ada apa dibalik ini ?
ada TV nya, remotenya ntah kemana
dibagian bawah ada buat masukin DVD
di laci depan juga ada
speaker location
Mobil ini benar-benar memanjakan penumpangnya untuk urusan audio walaupun jujur menurut saya belom “seheboh” paket tertinggi yang ditawarkan Toyota Crown Series (Royal Saloon 16 speaker, Athlete 16 speaker, dan Majesta 18 speaker) serta Lexus LS yang memiliki paket 19 speaker Mark & Levinson.
Mobil ini punya 1 fitur simple yang cukup unik dan saya belom pernah lihat di Mobil Jepang manapun. Biasanya kan para perempuan (dan mungkin cowok juga begitu, saya gak pernah sih) sebelum turun dari mobil suka pengen “ngaca” dulu memastikan tampilannya oke.
sebelum turun, ngaca dulu
Di Century, sepertinya Toyota paham mengenai hal ini dan memutuskan untuk kursi kiri dan kanan diberikan “cermin lipat” agar para “bos” bisa memastikan tampilannya oke sebelum mulai berbisnis.
Oke kita pindah kedepan, ke kursi driver, saya sudah puas duduk di belakang. Buka pintu depan, duduk manis di kursi driver....................nggak sampai 5 menit saya sudah nggak suka dengan posisi duduknya...pertama adalah, saya nggak berasa bawa mobil, saya berasa bawa Yacht, ini kap depannya juga..panjang bener..dan begitu nyari spion..mana spionnya..dan ternyata posisinya adalah di....di...
ada di moncong...di sekitar area ban..
Tapi tenang, ada kabar baik, anda bisa pasang “spion normal” di mobil ini sebagai opsional... *lega*
Desain stirnya cukup membosankan, tidak ada yang bisa dipencetin kalo “BeTe” kena macet. Lalu mengenai clustermeter, saya tadinya berharap mobil ini pake clustermeter “jadoel” agar kesan klasiknya dapet banget..ini malah kayak ada kesan digital yang menurut saya agak “off”. Okelah dia ada 2 layar (di depan ada layar monitor untuk GPS dan Pengaturan Audio, di belakang ada tambahan bisa buat nonton, tapi mobil lawas lainnya pun bisa mengganti Head Unit ke yang lebih modern (single din dengan layar sentuh misalnya) dengan mudah, tapi kayaknya kalo untuk clustermeter yang digital itu “salah tempat” di mobil ini....seperti ada yang kurang “feel” klasiknya..
so classy...but somehow nothing special..and look at the clustermeter !
Untuk kursi driver..nggak ada yang istimewa, 10 electric seat adjustment including kumbar support tanpa memory . Lalu penumpang depan..juga sama kayak driver. Sepertinya kursi baris depan memang disediakan khusus untuk (jasa) supir dan bodyguard/pelayan pribadi (kalau ada). Kalo kursi belakang ? Jumlah pengaturannya sepertinya sama kayak di kursi kelas bisnis Airbus A330 Garuda Indonesia.
2nd row controller
Bagaimana kualitas material kabinnya ? begitu pertama kali saya masuk di dalam kabinnya dan meresapinya...yang terlintas di pikiran saya adalah “ruang tamu/lobby hotel mewah mana ya yang seenak ini ?”..beludrunya mantep sekali, pencinta softpad juga dijamin akan “mabuk kepayang”, fit and finish sangat rapih dan solid (well, it’s Limousine afterall), beberapa bagian bahkan mengingatkan saya dengan kabin pesawat. Walaupun begitu saya masih kurang begitu suka ama suasana kabinnya yang agak “gloomy”, mungkin karena terlalu klasik kali ya..
tempat asbak rokok di armrest pintu bagian belakang, mirip kayak di kursi pesawat, oh yang silver itu beneran metal loh, bukan sekedar silver finish
pengaturan spion, bagasi, dll
pengaturan jendela sisi driver, gak paham tulisannya
yang ini sisi penumpang depan
gagang buat buka pintunya unik
Untuk tempat penyimpanan tidak begitu oke ya menurut saya, di depan ada laci di dashboard bawah bagian penumpang. Lalu tiap pintu ada tempat penyimpanan juga seperti untuk botol minum. Lalu ada seatpocket buat penumpang baris kedua yang tertempel di kursi depan. Pengen ngecek bagasi tapi gak bisa dibuka karena pengoperasiannya elektrik. Tapi kalo dilihat dari luar sih ada kesan bagasinya ukuran standar sedan besar. Di armrest 1st ama 2nd row sih ada tempat penyimpanan juga walaupun gak gede..
Oke, pembeli Century pastinya orang penting, untuk menjaga si pemilik beserta orang di dalamnya, Century punya seabrek perlengkapan keamanan. ABS EBD, VSC TRC, 8 airbags (dual front + dual side front + dual side rear + dual full length), shock absorbing structure untuk 2nd row seat, dan seatbelt.
Mari ke “jantungnya”, saya rasa sebagian orang sudah gak sabar mengenai hal ini, jadi daripada saya “diganyang” duluan, saya langsung bahas ya. Mesin V12 1GZ-FE menyemburkan tenaga 280hp @5200rpm dan torsi 460Nm @4000rpm. Tenaga sebesar ini disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui gearbox 6 Speed Automatic. Untuk suspensi, mobil ini dilengkapi dengan suspensi udara (hal horror untuk daerah dengan jalanan amburadul). Sekedar pengingat kembali, ini satu-satunya mobil Toyota yang masih diproduksi sampai sekarang yang bermesin V12 dan RWD. FC (Fuel Consumption) gimana ? punya mobil ini gak usah peduli FC, hahahaha. Mobil ini walaupun bermesin V12, Toyota bilang mobil ini sanggup berjalan hanya dengan 6 silinder saja, dan itupun masih bisa dilakukan hanya di satu sisi saja (maksudnya bisa 6 silinder kiri atau kanan saja). MID mobil ini juga bisa memberi tahu keadaan suspensi udara dan brake pad mobil ini, apabila brake pad sudah mulai “aus” maka akan ada peringatannya.
V12 emblem
engine bay
6 speed automatic
Tadinya saya pengen test drive karena di Megaweb Toyota bisa Test Drive..pas mau booking jadwal..alamak penuh semua pagi-sore, males juga kalo udah mulai malem baru kebagian Test Drive. Nah dari impresi ini, untuk saya sendiri ketika ditanya apa ingin memiliki mobil ini jika ada uang ? jawaban saya: tentu saja tidak. Kenapa ? hmm..ini masalah selera dan pendapat saya juga sih...seenak apapun mobil apabila jadi penumpang tapi tidak enak ketika nyetir sendiri ya...kurang sreg kalo saya sendiri. Karena pasti ada momen dong dimana saya yang pengen stir sendiri mobil itu, bukan disetirin. Toyota Century adalah mobil yang sangat cocok untuk disetirin oleh jasa pengemudi, bukan untuk nyetir sendiri.
Century Emblem
Harga Mobil (JDM): 12.576.086 yen (masuk Indonesia dijamin tembus 2 Milyar nih)
Alternatif selain Toyota Century (Japanese Sedan only)
- Toyota Crown Royal Saloon
- Toyota Crown Majesta
- Lexus LS
- Infiniti M (Nissan Fuga)
bedanya dengan Infiniti M, untuk Fuga JDM (VIP package) di armrest belakang ada seat controllernya
- Nissan Cima
Dari semuanya sih saya paling sreg dengan Lexus LS, hehehe...
oke, dengan ini saya nyatakan selesai untuk JDM Short Impression, maaf hanya Toyota yang saya sempat buat, andaikata masih ada waktu, nanti saya coba carikan bahan lain.
terima kasih untuk waktu dan perhatiannya
Last edited by imingwahyudi on Fri Jan 16, 2015 23:30, edited 1 time in total.
Reason: rapi rapi link sikit :D
Reason: rapi rapi link sikit :D
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
- Location: Sby
- Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
良いビデオ Haristk7さん
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....
btw Penasaran kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier #nyindiryanglagigalau
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....
btw Penasaran kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier #nyindiryanglagigalau
Last edited by ChZ on Fri Jan 16, 2015 16:06, edited 2 times in total.
Reason: diedit lagi balikin asal sesuai permintaan
Reason: diedit lagi balikin asal sesuai permintaan
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 504
- Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Nice review om Haristk,
Bener2 mobil kaisar.
Ga bisa bayangin kalo jalan empuknya kayak apa tuh mobil. Hahaha
Btw output engine v12 rendah mungkin biar halus dan long lasting.
Bener2 mobil kaisar.
Ga bisa bayangin kalo jalan empuknya kayak apa tuh mobil. Hahaha
Btw output engine v12 rendah mungkin biar halus dan long lasting.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3688
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Yang ane bold : awas kalo FRD datangMojoBerry wrote:良いビデオ Haristk7さん
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....
btw Penasaran kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier #nyindiryanglagigalau
Anyway nice review bro harist
A very luxury car dream
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1801
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
sandal wrote:Yang ane bold : awas kalo FRD datangMojoBerry wrote:良いビデオ Haristk7さん
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....
btw Penasaran kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier #nyindiryanglagigalau
Sent from my HM NOTE 1W using Tapatalk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3449
- Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Toyota Century=Engkong" tua yang sangat berkharisma dan selalu dihormati sepanjang waktu hingga akhir hayat (Aristocratic and Long Lasting). Fisik boleh jadul,tapi kalo ngerasain naik naik mobil ini feelnya ngalahin Premium Sedans lain.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Kalau saya liat tampang belakang dan siluet samping, mengingatkan saya sama Corona 2000 (thn 81), dan Datsun/Nissan Laurel (thn 86)...
Apalagi spion di depan / di atas posisi roda depan....
Menurut saya ini mobil tidak menarik bentuknya.
Bandingkan sama W126, walau sama-sama jadoel, tapi jauuuh...pisan..
Jadi teringat mobil jadul di depan bank niaga lap. merdeka medan.
Mercy 450 SEL. Platnya BK 450...
Apalagi spion di depan / di atas posisi roda depan....
Menurut saya ini mobil tidak menarik bentuknya.
Bandingkan sama W126, walau sama-sama jadoel, tapi jauuuh...pisan..
Jadi teringat mobil jadul di depan bank niaga lap. merdeka medan.
Mercy 450 SEL. Platnya BK 450...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1044
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Bener2 ruarrr biasa. So classic. v12? Cemmana suara mesinnya ntuh.. Truk saya aja paling gede v10 aja ckckckck
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4324
- Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
- Location: CIPUTAT
- Daily Vehicle: ISUZU MU-X
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Maksud saya, disbanding ini :
https://www.youtube.com/watch?v=_P8colJr9Dw
Nyata benar beda tarikan garis desainnya..
#lupakan-faktor-fanatisme-Jepun
https://www.youtube.com/watch?v=_P8colJr9Dw
Nyata benar beda tarikan garis desainnya..
#lupakan-faktor-fanatisme-Jepun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Ma kasih Bro Haris bring this hidden Gem Of Japan, one of my favourite
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 7353
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
ada dua bangkai di jkt smua ex japanese mission...yg satu ex DK bali ssdh di beli alm antonio blanco dr consulate th 1984 n mobil met blue itu terlantar sejak dia mati n sempat di jual tony pedati antara th 1999-2001. itu model 1974
satu lg ex CD-49-01 thn 1970 n satu satu nya japs ambassador yg pakai century n skrg jadi bangkai juga. kondisi lbh parah dr yg atas
yg masih jalan cuma ex suharto th 1975 ex hadiah (graft) pm takeo fukuda warna military green sesuai permintaan diktator itu n silakan naik ke lantai dua pro motor u recheck omongan ini. stnk masih a.n dia n habis thn 2010
the true jap limo mnrt sy adalah imperial fleet sejak 1965 sampai skrg meski skrg jadi backup vehicle n sempat pres indo yg sblm ini naik itu wkt di sana...the nissan datsun fmr. flagship, long before infinity...1965 prince royal...(global population: 6)...shape yg 85% kena copy hongqi mk.1
satu lg ex CD-49-01 thn 1970 n satu satu nya japs ambassador yg pakai century n skrg jadi bangkai juga. kondisi lbh parah dr yg atas
yg masih jalan cuma ex suharto th 1975 ex hadiah (graft) pm takeo fukuda warna military green sesuai permintaan diktator itu n silakan naik ke lantai dua pro motor u recheck omongan ini. stnk masih a.n dia n habis thn 2010
the true jap limo mnrt sy adalah imperial fleet sejak 1965 sampai skrg meski skrg jadi backup vehicle n sempat pres indo yg sblm ini naik itu wkt di sana...the nissan datsun fmr. flagship, long before infinity...1965 prince royal...(global population: 6)...shape yg 85% kena copy hongqi mk.1
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 646
- Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
- Location: Surabaya
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Kalau ndak salah pernah lihat versi modernnya juga Om Rubble waktu itu ane di kempinski hadiri acara, warna grey katanya sih punya Bos Panasonic, itu sekali Saya ketemu di Indonesia
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
@mojoberry: thanks om, logo spesial juga ada di Alphard Vitz dll, ntah apa maksudnya logonya berbeda-beda
@glendotan: iya nih om, saya juga penasaran ama ride qualitynya
@sandal: thanks bro
@erwingn: hehehe iya om, keknya yang bisa ngalahin auranya cuma Mercedes Benz S klasse ya
@ginting: iya, auranya tetep masih kalah dari Mercedes Benz yang klasik
@iamwewe: suaranya ? hmm..sesekali suka pas2-an ama Century, suaranya halus bener, gak nyangka itu V12
@yusaku: wah thanks atas videonya om ! kalo gak salah Indonesia ada 1 unit deh yang generasi 2
@rubble: thanks infonya om, berarti dari 2 unit generasi 1 yang ada di Indonesia, cuma 1 unit ya yang masih laik jalan
@glendotan: iya nih om, saya juga penasaran ama ride qualitynya
@sandal: thanks bro
@erwingn: hehehe iya om, keknya yang bisa ngalahin auranya cuma Mercedes Benz S klasse ya
@ginting: iya, auranya tetep masih kalah dari Mercedes Benz yang klasik
@iamwewe: suaranya ? hmm..sesekali suka pas2-an ama Century, suaranya halus bener, gak nyangka itu V12
@yusaku: wah thanks atas videonya om ! kalo gak salah Indonesia ada 1 unit deh yang generasi 2
@rubble: thanks infonya om, berarti dari 2 unit generasi 1 yang ada di Indonesia, cuma 1 unit ya yang masih laik jalan
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1550
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
nice review om haristk , classic bnget memang desainnya , tapi kalo ane ada duit 2M lebih milih Crown Majesta ,, yg ini terlalu classic
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Nice review...
Klo ga salah material jok century ini wool dah (cmiiw)
Berarti kek Rolls Roycenya Jepang ya ini mbl...
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
Klo ga salah material jok century ini wool dah (cmiiw)
Berarti kek Rolls Roycenya Jepang ya ini mbl...
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3139
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?
Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Makasih ya bro har.. ternyata handcrafted ya. Keren..! Ane suka sangaat dengan spion di muncung.. nyaman sekali bagi driver, karena kepala ga perlu tolah toleh liat spion luar. Cukup lirik aja oke sajalah.. supir nda perlu toleh kepala.. ibarat, supir bisa tetap pada posisi spt patung karena ga gerak..
Welldone, masbro! I like this sedan... daripada si muncung mlongo ndower.. so classic.. my feboorito..!!
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Welldone, masbro! I like this sedan... daripada si muncung mlongo ndower.. so classic.. my feboorito..!!
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Yang begini nih yang ngomong asal jeplak...walid_007 wrote:Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?
Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Modelnya abadi banget ya dari tahun 76 cuma ada dua generasi dan bertahan
Anyway walaupun modelnya kuno, tp liat mobil ini jejeran sama lexus LS atau RR Ghost sekalipun, beda gitu auranya dan tetep nengok ke this-eternal-Century. Aura kemewahan klasik yg ga ada lagi di mobil2 sekaarang
Nice review om, dan berharap sekali2 TAM iseng2 display ini mobil di IIMS
Anyway walaupun modelnya kuno, tp liat mobil ini jejeran sama lexus LS atau RR Ghost sekalipun, beda gitu auranya dan tetep nengok ke this-eternal-Century. Aura kemewahan klasik yg ga ada lagi di mobil2 sekaarang
Nice review om, dan berharap sekali2 TAM iseng2 display ini mobil di IIMS
Penikmat roti tawar beroda
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 930
- Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Btw mobilnya Rachmat Gobel spionnya normal
Penikmat roti tawar beroda
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
gitu-gitu lahirnya di taon yang sama dengan Kapsul... so, kalo ini sampah berarti............?walid_007 wrote:Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?
Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
kasih kesimpulan sendiri deh... ntar dibilang PA lagi...
wa nggak suka limo begini juga nggak cerewet.... kok situ harus marah-marah....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Iya deh lebi keren LS460...walid_007 wrote:Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?
Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
Ntr lg defender G klasse dkk diblg sampah...
Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3688
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
dulu ah
Siapa tahu ada yg mau beliin ane ini
Siapa tahu ada yg mau beliin ane ini
2017 Ignis
2021 HRV SE Improvement
2021 HRV SE Improvement
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3139
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
Ngak ada hubungan nya dengan kapsul
1976 sama 97. Bisa mbedain angka ngak seh?
Lagian semua mobil pada masanya pasti terlihat fresh dan futuristik
Contoh aja w210 pada masanya itu keren .. tp begitu keluar w211 ya mulailah kelihatan tua nya... kemudiat terus dan terus.. loe sekarang liat bmw f30 udah seger n fresh bgt.. tp nanti kalo ada fl nanti keliatan usang seperti e 46 atau bahkan e36
Lah ini mobil kuno gini masih ada yg bilang bagus. Haha fitur apa ? Kaca rias buat 2nd row.? W140 jaman suharto ya udah ada
Sekalian biar kuno ngak usah pk airbag abs ... lebih kerasa klasik nya
1976 sama 97. Bisa mbedain angka ngak seh?
Lagian semua mobil pada masanya pasti terlihat fresh dan futuristik
Contoh aja w210 pada masanya itu keren .. tp begitu keluar w211 ya mulailah kelihatan tua nya... kemudiat terus dan terus.. loe sekarang liat bmw f30 udah seger n fresh bgt.. tp nanti kalo ada fl nanti keliatan usang seperti e 46 atau bahkan e36
Lah ini mobil kuno gini masih ada yg bilang bagus. Haha fitur apa ? Kaca rias buat 2nd row.? W140 jaman suharto ya udah ada
Sekalian biar kuno ngak usah pk airbag abs ... lebih kerasa klasik nya
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 15500
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen
walid_007 wrote:Ngak ada hubungan nya dengan kapsul
1976 sama 97. Bisa mbedain angka ngak seh?
ntu baca sendiri yee di paragraf pertama.... udah ane gedein, kurang gede gak?Saya gak akan bahas sejarahnya, pandangan saya mengenai generasi sebelumnya, dan mengenai Century versi keluarga kerajaan. Mobil yang saya bahas disini adalah generasi kedua yang pertama kali meluncur tahun 1997. Mobil ini baru pernah dapet “facelift” sekali, yaitu pada tahun 2005 ketika transmisi 4AT nya diganti ke 6AT. Toyota Century, bersama dengan Toyota Crown Majesta, berbarengan menduduki posisi “Flagship” di Toyota, hanya saja Crown Majesta lebih ditujukan ke mereka yang lebih muda. Toyota Century hingga sekarang adalah satu-satunya mobil dari Toyota yang menawarkan penggerak roda belakang (RWD) dengan mesin V12.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7