JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Century

Mau review kendaraan yang ada? Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Century

Post by haristk7 »

Halo rekan-rekan, izinkan saya sharing impression saya terhadap salah satu mobil JDM yang bisa dibilang mewakili “kelas atas” di Jalanan Jepang. Perkenalkan, inilah Toyota Century. (ps: beberapa gambar terpaksa comot dari internet)

Image

Di Jepang, suka ada kalimat “kamu belom bisa dibilang sukses kalo belom punya Toyota Century”. Mobil ini bisa dibilang “limusin” dari Jepang, pemakainya kebanyakan adalah beragam macam orang VIP/VVIP/yang kebanyakan duit atau punya jabatan tinggi di suatu organisasi. Di Jepang saya sangat jarang melihat orang yang mempunyai supir, kalopun saya lihat ya kebanyakan di Toyota Century. Biasanya yang punya untuk hariannya pakai Toyota Century dan untuk weekend ketika stir sendiri pakai Lexus LS series, atau Infiniti M (Nissan Fuga), atau Mercedes Benz/BMW/Jaguar/Maserati/merk mewah lainnya.

Saya gak akan bahas sejarahnya, pandangan saya mengenai generasi sebelumnya, dan mengenai Century versi keluarga kerajaan. Mobil yang saya bahas disini adalah generasi kedua yang pertama kali meluncur tahun 1997. Mobil ini baru pernah dapet “facelift” sekali, yaitu pada tahun 2005 ketika transmisi 4AT nya diganti ke 6AT. Toyota Century, bersama dengan Toyota Crown Majesta, berbarengan menduduki posisi “Flagship” di Toyota, hanya saja Crown Majesta lebih ditujukan ke mereka yang lebih muda. Toyota Century hingga sekarang adalah satu-satunya mobil dari Toyota yang menawarkan penggerak roda belakang (RWD) dengan mesin V12.

Kita mulai dari eksteriornya ya, bentuknya udah antik banget, kesan “kotak”nya kuat, seperti sedan besar dari Asia yang lahir di era akhir 80an-90an. Mulai dari tampak depan, samping, hingga belakang, mobil ini mempunyai aura “jadoel” yang sangat kuat. Pertama kali saya mengetahui eksistensi mobil ini yaitu 2 tahun yang lalu pas browsing di website Toyota Jepang, pertama kali saya melihat fotonya, kalimat yang terlontar adalah “mobil apaan nih ? kok jadul sekali bentuknya ? kok masih dijual ? apa ini Taksi kayak Crown Comfort ?”...dan begitu saya baca literatur di internet mengenai mobil ini, jujur saja saya agak kaget ketika tahu “image” dan “pricetag” yang melekat di mobil ini, gak nyangka mobil yang terlihat “jadoel” ini punya aura yang sangat kuat di negeri bunga sakura.

Image

Image

Image

Dilihat dari eksteriornya saya jadi paham kenapa Toyota menamakannya “Century”, mungkin karena Toyota berharap desain eksteriornya ini akan sangat awet dan long last. For Your Information, mobil ini generasi pertama keluar tahun 1967 dan diproduksi hingga 1997. Pada tahun 1997 generasi kedua seperti yang ada di impression kita kali ini diperkenalkan ke publik dan bentuk bodnya gak banyak berubah, dan pada tahun 2005 mobil ini diberikan penyegaran di sektor transmisi, yaitu pergantian dari 4AT menjadi 6AT.

dimensi mobil: P x L x T (5,27 x 1,89 x 1,475) meter. Wheelbase: 3,025 meter

Kita masuk ke interior...hmm buka pintunya lumayan agak berat...saya langsung masuk ke baris kedua, dan langsung duduk di kursinya. Hmm....sejenak saya berusaha melupakan pikiran yang agak penat dan berusaha tenggelam dengan kenikmatan kursinya Century. Kursinya empuk bagaikan sofa di toko perabotan yang mahal dan mewah. Bahannya sendiri standarnya adalah beludru, tapi bukan beludru biasa, rasanya sangat jauh berbeda dengan beludru yang saya kenal, sangat nikmat. Pengen jok kulit ? tenang saja, ada opsinya, walaupun sepertinya yang beludru lebih populer di pembeli Century.

Image

Image

Image
kulit atau beludru ? terserah anda, selera..

Baris kedua sangat lega layaknya first class di pesawat besar maskapai bintang 4 atau 5. Lalu, andaikan saya atau anda misalnya seseorang yang sedang berbisnis dan sedang melakukan pembicaraan bisnis, mungkin bisa melakukannya di kabin mobil ini layaknya pembicaraan bisnis di kabin kelas bisnis atau di kelas satu di dalam pesawat. Atau mungkin anda lelah setelah seharian dipusingkan dengan urusan yang ada ? jangan khawatir, Century siap menawarkan gimmick yang ada di dalam mobil ini dan akan berusaha membuat anda nyaman seperti di dalam business class or first class pesawat atau di dalam shinkansen “green car”. Oh ya, mobil ini tidak disarankan diisi 5 orang dewasa, 4 orang dewasa sudah cukup.

Image
aah leganya..enak..pastikan anda memakai kaus kaki yang baru keluar dari mesin cuci..

Anda ingin mendengarkan lagu favorit anda sambil bersantai di dalam mobil dalam perjalanan bisnis yang cukup jauh ? Jangan khawatir, Century hadir dengan 12 speaker, rinciannya ada 4 twitter (2 depan dan 2 tengah) + 6 speaker (2 depan, 2 tengah, 2 belakang) + 1 subwoofer (sepertinya) + 1 speaker di atap.

Image
softpadnya sangat empuk, ada apa dibalik ini ?

Image
ada TV nya, remotenya ntah kemana

Image
dibagian bawah ada buat masukin DVD

Image
di laci depan juga ada

Image Image
speaker location

Mobil ini benar-benar memanjakan penumpangnya untuk urusan audio walaupun jujur menurut saya belom “seheboh” paket tertinggi yang ditawarkan Toyota Crown Series (Royal Saloon 16 speaker, Athlete 16 speaker, dan Majesta 18 speaker) serta Lexus LS yang memiliki paket 19 speaker Mark & Levinson.

Mobil ini punya 1 fitur simple yang cukup unik dan saya belom pernah lihat di Mobil Jepang manapun. Biasanya kan para perempuan (dan mungkin cowok juga begitu, saya gak pernah sih) sebelum turun dari mobil suka pengen “ngaca” dulu memastikan tampilannya oke.

Image
sebelum turun, ngaca dulu

Di Century, sepertinya Toyota paham mengenai hal ini dan memutuskan untuk kursi kiri dan kanan diberikan “cermin lipat” agar para “bos” bisa memastikan tampilannya oke sebelum mulai berbisnis.

Oke kita pindah kedepan, ke kursi driver, saya sudah puas duduk di belakang. Buka pintu depan, duduk manis di kursi driver....................nggak sampai 5 menit saya sudah nggak suka dengan posisi duduknya...pertama adalah, saya nggak berasa bawa mobil, saya berasa bawa Yacht, ini kap depannya juga..panjang bener..dan begitu nyari spion..mana spionnya..dan ternyata posisinya adalah di....di...

Image
ada di moncong...di sekitar area ban..

Tapi tenang, ada kabar baik, anda bisa pasang “spion normal” di mobil ini sebagai opsional... *lega*

Desain stirnya cukup membosankan, tidak ada yang bisa dipencetin kalo “BeTe” kena macet. Lalu mengenai clustermeter, saya tadinya berharap mobil ini pake clustermeter “jadoel” agar kesan klasiknya dapet banget..ini malah kayak ada kesan digital yang menurut saya agak “off”. Okelah dia ada 2 layar (di depan ada layar monitor untuk GPS dan Pengaturan Audio, di belakang ada tambahan bisa buat nonton, tapi mobil lawas lainnya pun bisa mengganti Head Unit ke yang lebih modern (single din dengan layar sentuh misalnya) dengan mudah, tapi kayaknya kalo untuk clustermeter yang digital itu “salah tempat” di mobil ini....seperti ada yang kurang “feel” klasiknya..

Image
so classy...but somehow nothing special..and look at the clustermeter !

Untuk kursi driver..nggak ada yang istimewa, 10 electric seat adjustment including kumbar support tanpa memory . Lalu penumpang depan..juga sama kayak driver. Sepertinya kursi baris depan memang disediakan khusus untuk (jasa) supir dan bodyguard/pelayan pribadi (kalau ada). Kalo kursi belakang ? Jumlah pengaturannya sepertinya sama kayak di kursi kelas bisnis Airbus A330 Garuda Indonesia.

Image
2nd row controller

Bagaimana kualitas material kabinnya ? begitu pertama kali saya masuk di dalam kabinnya dan meresapinya...yang terlintas di pikiran saya adalah “ruang tamu/lobby hotel mewah mana ya yang seenak ini ?”..beludrunya mantep sekali, pencinta softpad juga dijamin akan “mabuk kepayang”, fit and finish sangat rapih dan solid (well, it’s Limousine afterall), beberapa bagian bahkan mengingatkan saya dengan kabin pesawat. Walaupun begitu saya masih kurang begitu suka ama suasana kabinnya yang agak “gloomy”, mungkin karena terlalu klasik kali ya..

Image
tempat asbak rokok di armrest pintu bagian belakang, mirip kayak di kursi pesawat, oh yang silver itu beneran metal loh, bukan sekedar silver finish

Image
pengaturan spion, bagasi, dll

Image
pengaturan jendela sisi driver, gak paham tulisannya

Image
yang ini sisi penumpang depan

Image
gagang buat buka pintunya unik

Untuk tempat penyimpanan tidak begitu oke ya menurut saya, di depan ada laci di dashboard bawah bagian penumpang. Lalu tiap pintu ada tempat penyimpanan juga seperti untuk botol minum. Lalu ada seatpocket buat penumpang baris kedua yang tertempel di kursi depan. Pengen ngecek bagasi tapi gak bisa dibuka karena pengoperasiannya elektrik. Tapi kalo dilihat dari luar sih ada kesan bagasinya ukuran standar sedan besar. Di armrest 1st ama 2nd row sih ada tempat penyimpanan juga walaupun gak gede..

Oke, pembeli Century pastinya orang penting, untuk menjaga si pemilik beserta orang di dalamnya, Century punya seabrek perlengkapan keamanan. ABS EBD, VSC TRC, 8 airbags (dual front + dual side front + dual side rear + dual full length), shock absorbing structure untuk 2nd row seat, dan seatbelt.

Mari ke “jantungnya”, saya rasa sebagian orang sudah gak sabar mengenai hal ini, jadi daripada saya “diganyang” duluan, saya langsung bahas ya. Mesin V12 1GZ-FE menyemburkan tenaga 280hp @5200rpm dan torsi 460Nm @4000rpm. Tenaga sebesar ini disalurkan ke roda belakang (RWD) melalui gearbox 6 Speed Automatic. Untuk suspensi, mobil ini dilengkapi dengan suspensi udara (hal horror untuk daerah dengan jalanan amburadul). Sekedar pengingat kembali, ini satu-satunya mobil Toyota yang masih diproduksi sampai sekarang yang bermesin V12 dan RWD. FC (Fuel Consumption) gimana ? punya mobil ini gak usah peduli FC, hahahaha. Mobil ini walaupun bermesin V12, Toyota bilang mobil ini sanggup berjalan hanya dengan 6 silinder saja, dan itupun masih bisa dilakukan hanya di satu sisi saja (maksudnya bisa 6 silinder kiri atau kanan saja). MID mobil ini juga bisa memberi tahu keadaan suspensi udara dan brake pad mobil ini, apabila brake pad sudah mulai “aus” maka akan ada peringatannya.

Image
V12 emblem

Image
engine bay

Image
6 speed automatic

Tadinya saya pengen test drive karena di Megaweb Toyota bisa Test Drive..pas mau booking jadwal..alamak penuh semua pagi-sore, males juga kalo udah mulai malem baru kebagian Test Drive. Nah dari impresi ini, untuk saya sendiri ketika ditanya apa ingin memiliki mobil ini jika ada uang ? jawaban saya: tentu saja tidak. Kenapa ? hmm..ini masalah selera dan pendapat saya juga sih...seenak apapun mobil apabila jadi penumpang tapi tidak enak ketika nyetir sendiri ya...kurang sreg kalo saya sendiri. Karena pasti ada momen dong dimana saya yang pengen stir sendiri mobil itu, bukan disetirin. Toyota Century adalah mobil yang sangat cocok untuk disetirin oleh jasa pengemudi, bukan untuk nyetir sendiri.

Image
Century Emblem

Harga Mobil (JDM): 12.576.086 yen (masuk Indonesia dijamin tembus 2 Milyar nih)


Alternatif selain Toyota Century (Japanese Sedan only)
- Toyota Crown Royal Saloon
Image

Image

- Toyota Crown Majesta
Image

Image

- Lexus LS
Image

Image

- Infiniti M (Nissan Fuga)
Image

Image

Image
bedanya dengan Infiniti M, untuk Fuga JDM (VIP package) di armrest belakang ada seat controllernya

- Nissan Cima
Image

Image

Dari semuanya sih saya paling sreg dengan Lexus LS, hehehe...

oke, dengan ini saya nyatakan selesai untuk JDM Short Impression, maaf hanya Toyota yang saya sempat buat, andaikata masih ada waktu, nanti saya coba carikan bahan lain.

terima kasih untuk waktu dan perhatiannya :big_smile]
Last edited by imingwahyudi on Fri Jan 16, 2015 23:30, edited 1 time in total.
Reason: rapi rapi link sikit :D
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
MojoBerry
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 375
Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
Location: Sby
Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by MojoBerry »

良いビデオ Haristk7さん
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....

btw Penasaran :e-think: kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier :upss: #nyindiryanglagigalau
Last edited by ChZ on Fri Jan 16, 2015 16:06, edited 2 times in total.
Reason: diedit lagi balikin asal sesuai permintaan
glendotan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 504
Joined: Thu Jul 21, 2011 5:44

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by glendotan »

Nice review om Haristk,

Bener2 mobil kaisar.
Ga bisa bayangin kalo jalan empuknya kayak apa tuh mobil. Hahaha
Btw output engine v12 rendah mungkin biar halus dan long lasting.
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by sandal »

MojoBerry wrote:良いビデオ Haristk7さん
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....

btw Penasaran :e-think: kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier :upss: #nyindiryanglagigalau
Yang ane bold : awas kalo FRD datang :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Anyway nice review bro harist :mky_02:
A very luxury car dream :big_deal: :big_okay: :big_comfort:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by FRD »

sandal wrote:
MojoBerry wrote:良いビデオ Haristk7さん
Baru tau perbedaan nya, pantas Crown pas peluncuran perdana pakai warna pink sy kira gara2 hype mobil paris hilton saja trnyta u mengincar segmen yg lebih muda....

btw Penasaran :e-think: kenapa ada beberapa Toyota pakai logo spesial, apa ada kriteria khusus untuk line up tertentu? dan napa musti jenis burung yah? garuda di agya, merak/phoenix di century, perkutut #eh.., elang di harrier :upss: #nyindiryanglagigalau
Yang ane bold : awas kalo FRD datang :mky_03: :mky_03: :mky_03:
:mky_03: :mky_03: :mky_03:


Sent from my HM NOTE 1W using Tapatalk
:big_smoking:
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by maastricht889 »

Toyota Century=Engkong" tua yang sangat berkharisma dan selalu dihormati sepanjang waktu hingga akhir hayat (Aristocratic and Long Lasting). Fisik boleh jadul,tapi kalo ngerasain naik naik mobil ini feelnya ngalahin Premium Sedans lain.

:mrgreen:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by ginting »

Kalau saya liat tampang belakang dan siluet samping, mengingatkan saya sama Corona 2000 (thn 81), dan Datsun/Nissan Laurel (thn 86)...

Apalagi spion di depan / di atas posisi roda depan....

Menurut saya ini mobil tidak menarik bentuknya.
Bandingkan sama W126, walau sama-sama jadoel, tapi jauuuh...pisan..

Jadi teringat mobil jadul di depan bank niaga lap. merdeka medan.
Mercy 450 SEL. Platnya BK 450...
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1044
Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
Location: jakarta

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by iamwewe »

Bener2 ruarrr biasa. So classic. v12? Cemmana suara mesinnya ntuh.. Truk saya aja paling gede v10 aja ckckckck
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by ginting »

Maksud saya, disbanding ini :

https://www.youtube.com/watch?v=_P8colJr9Dw

Nyata benar beda tarikan garis desainnya..

#lupakan-faktor-fanatisme-Jepun
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by Yusaku »





Ma kasih Bro Haris bring this hidden Gem Of Japan, one of my favourite :big_love:
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7353
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by newrubble »

ada dua bangkai di jkt smua ex japanese mission...yg satu ex DK bali ssdh di beli alm antonio blanco dr consulate th 1984 n mobil met blue itu terlantar sejak dia mati n sempat di jual tony pedati antara th 1999-2001. itu model 1974

satu lg ex CD-49-01 thn 1970 n satu satu nya japs ambassador yg pakai century n skrg jadi bangkai juga. kondisi lbh parah dr yg atas

yg masih jalan cuma ex suharto th 1975 ex hadiah (graft) pm takeo fukuda warna military green sesuai permintaan diktator itu n silakan naik ke lantai dua pro motor u recheck omongan ini. stnk masih a.n dia n habis thn 2010

the true jap limo mnrt sy adalah imperial fleet sejak 1965 sampai skrg meski skrg jadi backup vehicle n sempat pres indo yg sblm ini naik itu wkt di sana...the nissan datsun fmr. flagship, long before infinity...1965 prince royal...(global population: 6)...shape yg 85% kena copy hongqi mk.1
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by Yusaku »

Kalau ndak salah pernah lihat versi modernnya juga Om Rubble waktu itu ane di kempinski hadiri acara, warna grey katanya sih punya Bos Panasonic, itu sekali Saya ketemu di Indonesia
User avatar
haristk7
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1412
Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
Daily Vehicle: Pleiades

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by haristk7 »

@mojoberry: thanks om, logo spesial juga ada di Alphard Vitz dll, ntah apa maksudnya logonya berbeda-beda

@glendotan: iya nih om, saya juga penasaran ama ride qualitynya

@sandal: thanks bro

@erwingn: hehehe iya om, keknya yang bisa ngalahin auranya cuma Mercedes Benz S klasse ya

@ginting: iya, auranya tetep masih kalah dari Mercedes Benz yang klasik

@iamwewe: suaranya ? hmm..sesekali suka pas2-an ama Century, suaranya halus bener, gak nyangka itu V12

@yusaku: wah thanks atas videonya om ! kalo gak salah Indonesia ada 1 unit deh yang generasi 2

@rubble: thanks infonya om, berarti dari 2 unit generasi 1 yang ada di Indonesia, cuma 1 unit ya yang masih laik jalan
#menolaklupa

"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
User avatar
grandis_GT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1550
Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
Location: Riau

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by grandis_GT »

nice review om haristk , classic bnget memang desainnya , tapi kalo ane ada duit 2M lebih milih Crown Majesta :mky_02: ,, yg ini terlalu classic
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by ricz »

Nice review...

Klo ga salah material jok century ini wool dah (cmiiw)

Berarti kek Rolls Roycenya Jepang ya ini mbl...


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by walid_007 »

Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?

Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
engine roaring!
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by VanzMatic »

Makasih ya bro har.. ternyata handcrafted ya. Keren..! Ane suka sangaat dengan spion di muncung.. nyaman sekali bagi driver, karena kepala ga perlu tolah toleh liat spion luar. Cukup lirik aja oke sajalah.. supir nda perlu toleh kepala.. ibarat, supir bisa tetap pada posisi spt patung karena ga gerak..

Welldone, masbro! I like this sedan... daripada si muncung mlongo ndower.. so classic.. my feboorito..!!

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by amfibi »

walid_007 wrote:Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?

Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
Yang begini nih yang ngomong asal jeplak... :mky_03:
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by adty »

Modelnya abadi banget ya dari tahun 76 cuma ada dua generasi dan bertahan :big_chicken:

Anyway walaupun modelnya kuno, tp liat mobil ini jejeran sama lexus LS atau RR Ghost sekalipun, beda gitu auranya dan tetep nengok ke this-eternal-Century. Aura kemewahan klasik yg ga ada lagi di mobil2 sekaarang

Nice review om, dan berharap sekali2 TAM iseng2 display ini mobil di IIMS :mky_03:
Penikmat roti tawar beroda
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 930
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by adty »

Btw mobilnya Rachmat Gobel spionnya normal

Image
Penikmat roti tawar beroda
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by ChZ »

walid_007 wrote:Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?

Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
gitu-gitu lahirnya di taon yang sama dengan Kapsul... so, kalo ini sampah berarti............?

kasih kesimpulan sendiri deh... :mrgreen: ntar dibilang PA lagi... :mrgreen:

wa nggak suka limo begini juga nggak cerewet.... kok situ harus marah-marah.... :mrgreen:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12275
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by ricz »

walid_007 wrote:Apanya yang di bangga kan dengan mobil sprt ini?

Tampang kaya mobil kuno reot
Interior juga biasa aja.. cuman menang kayu 1 ton
Secara estetika? Sampah...
Iya deh lebi keren LS460... :mky_03:

Ntr lg defender G klasse dkk diblg sampah... :mky_03:


Sent from Nokia 7650 using Tapatalk
2021 Fortuner VRZ
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3688
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by sandal »

:ngacir: dulu ah
Siapa tahu ada yg mau beliin ane ini
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3139
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by walid_007 »

Ngak ada hubungan nya dengan kapsul

1976 sama 97. Bisa mbedain angka ngak seh?

Lagian semua mobil pada masanya pasti terlihat fresh dan futuristik

Contoh aja w210 pada masanya itu keren .. tp begitu keluar w211 ya mulailah kelihatan tua nya... kemudiat terus dan terus.. loe sekarang liat bmw f30 udah seger n fresh bgt.. tp nanti kalo ada fl nanti keliatan usang seperti e 46 atau bahkan e36

Lah ini mobil kuno gini masih ada yg bilang bagus. Haha fitur apa ? Kaca rias buat 2nd row.? W140 jaman suharto ya udah ada

Sekalian biar kuno ngak usah pk airbag abs ... lebih kerasa klasik nya
engine roaring!
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15500
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: JDM short Impression: The Japanese Limousine, Toyota Cen

Post by ChZ »

walid_007 wrote:Ngak ada hubungan nya dengan kapsul

1976 sama 97. Bisa mbedain angka ngak seh?
Saya gak akan bahas sejarahnya, pandangan saya mengenai generasi sebelumnya, dan mengenai Century versi keluarga kerajaan. Mobil yang saya bahas disini adalah generasi kedua yang pertama kali meluncur tahun 1997. Mobil ini baru pernah dapet “facelift” sekali, yaitu pada tahun 2005 ketika transmisi 4AT nya diganti ke 6AT. Toyota Century, bersama dengan Toyota Crown Majesta, berbarengan menduduki posisi “Flagship” di Toyota, hanya saja Crown Majesta lebih ditujukan ke mereka yang lebih muda. Toyota Century hingga sekarang adalah satu-satunya mobil dari Toyota yang menawarkan penggerak roda belakang (RWD) dengan mesin V12.
ntu baca sendiri yee di paragraf pertama.... :big_weee: udah ane gedein, kurang gede gak? :big_weee:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7