Daihatsu Ayla

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Welly2008
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29

Re: Daihatsu Ayla

Post by Welly2008 »

wah menarik jg review si Ayla ini.
Btw, mesinnya sudah di modif apa aja nih Om....
User avatar
Moonshade
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 386
Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38

Re: Daihatsu Ayla

Post by Moonshade »

sucahyo wrote:Setelah mencoba dengan tidak lagi dibatasi oleh rpm, sekarang terasa bahwa Ayla tidak kalah bertenaga dibanding mobil lain yang cc nya lebih besar. Di luar kota terasa bahwa menyalip kendaraan lain mudah dan tidak ngoyo. Di jalan yang menanjak sekalipun terasa tetap bertenaga.

Aneh bila ada yang mengatakan bahwa Ayla mobil lambat, karena pada kenyataannya akselerasi setara dengan mobil lain. Contohnya adalah bila dibandingkan dengan Mazda 2 (1500cc VVT) yang sudah di port and polish di provis.


Akselerasi di kecepatan 60 menuju 80kpj setara dengan Ayla saya, tipe M manual, dengan modif buatan sendiri senilai 500 ribuan.


Jadi walaupun irit, tenaga ayla tetap bisa bersaing dengan kendaraan lain. Walau tentu tetap tidak bisa dibandingkan dengan kendaraan yang memang nilai jualnya adalah tenaga. Kalau masih sama - sama mobil keluarga, tinggal skill saja.
pasti mazda drivernya ga serius itu mah, itu sih lambat banget. punya ane aja dr 0 gas poll sprint kok ban nya.
btw, orang di mobil oom pada serem tuh :wkkk:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Welly2008 wrote:wah menarik jg review si Ayla ini.
Btw, mesinnya sudah di modif apa aja nih Om....
modif cuma pakai alat tempel tanpa merubah sistem/kabel/selang yang ada, salah satunya saya pakai yang di signature saya.
Moonshade wrote:pasti mazda drivernya ga serius itu mah, itu sih lambat banget. punya ane aja dr 0 gas poll sprint kok ban nya.
btw, orang di mobil oom pada serem tuh :wkkk:
Kalau lihat dari rpm harusnya gas pol, apalagi itu demo untuk promosi produknya provis, mestinya serius.

sengaja yang saya pakai perbandingan di kecepatan 60 ke 80 karena saya cuma punya video akselerasi itu.

om bisa sharing video akselerasi?

Soal penumpang, he he, lupa sensor suara....tapi memang suara mesin sudah terdengar seperti nissan skyline jadi istri protes...
Welly2008
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 299
Joined: Fri Apr 25, 2008 5:29

Re: Daihatsu Ayla

Post by Welly2008 »

sucahyo wrote:
Welly2008 wrote:wah menarik jg review si Ayla ini.
Btw, mesinnya sudah di modif apa aja nih Om....
modif cuma pakai alat tempel tanpa merubah sistem/kabel/selang yang ada, salah satunya saya pakai yang di signature saya.
Moonshade wrote:pasti mazda drivernya ga serius itu mah, itu sih lambat banget. punya ane aja dr 0 gas poll sprint kok ban nya.
btw, orang di mobil oom pada serem tuh :wkkk:
Kalau lihat dari rpm harusnya gas pol, apalagi itu demo untuk promosi produknya provis, mestinya serius.

sengaja yang saya pakai perbandingan di kecepatan 60 ke 80 karena saya cuma punya video akselerasi itu.

om bisa sharing video akselerasi?

Soal penumpang, he he, lupa sensor suara....tapi memang suara mesin sudah terdengar seperti nissan skyline jadi istri protes...
Oo...pake Pro capasitor.
Ok bro,, ane nanti ngobrol2 dg ente di link signature nya Om... :big_exellent:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Video yang menunjukkan Ayla sedang menanjak jalan layang Waru sidoarjo, pakai rpm 1500 di gigi 3. Bisa dipakai referensi tenaga Ayla, dan juga membandingkan tingkat kebisingan di dalam kendaraan untuk tipe minor improvement (revisi desain Ayla sesudah oktober 2014). Percakapan masih terdengar jelas, suara mesin yang terdengar adalah ngung, suara dari sekitar tidak terlalu terdengar.

Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Daihatsu Ayla

Post by Lenov »

Salam kenal Om, saya juga pengguna ayla. Trik dari om untuk irit bbm patut saya coba. Untuk lukot lancar rekor fc saya 24 km/l, untuk dalkot dalkot rata2 12km/l bahkan pernah cuma 9km/l kondisi macet parah. Boleh tau Om berapa fc untuk dalkotnya dan bagaimana triknya?
Secara keseluruhan mobil ini cukup oke mengingat harganya yang murah. Keluhan paling menyebalkan adalah bunyi ngung mesinnya yang sangat berisik di gigi 1,2, dan 3 bahkan pada rpm di bawah 2000. Bunyi mesin baru enak pas di gigi 4 & 5 hanya saja gejala melayang berasa sekali di kecepatan tinggi di gigi 5.
Semua orang yang saya ajak naik ayla pasti komentar awalnya adalah lega sekali. Untuk posisi duduk pengemudi kurang nyaman karena kursinya kurang lebar sehingga kurang mampu memeluk tubuh. Pada pemakaian awal saya sering pegal karenanya, namun sekarang sudh terbiasa.
Untuk nanjak, terasa sekali bedanya ketika memakai premium dan pertamax. Ketika pakai premium,saya sering merasa mobil seperti kehilangan tenaga dan membuat penumpang di belakang jadi panik. Beda halnya dengan pakai pertamax, untuk menanjak tidak ada masalah. Jadi saya sarankan untuk memakai pertamax di ayla.
So far, saya juga cukup puas pakai ayla, kecuali untuk bunyi ngung mesin, jok pengemudi, fitur safety, dan non immobilizer.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Halo, untuk dalam kota kalau pas jarang lampu merah dapat 1:20 bisa. Kalau pas macet macetan dapat 1:14. Saya berusaha mengendarai di gigi tertinggi di rpm sekitar 1200-1500.

Untuk bunyi ngung, di saya tidak terlalu mengganggu, ayla om keluaran bulan berapa? setelah versi MI ada tambahan resonator di air intake dan exhaust, sepertinya untuk mengurangi suara ngung tersebut.

Bila ingin mengatasi, bisa coba cara berikut:
http://www.the370z.com/intake-exhaust/2 ... great.html

Kursi memang terasa keras. tapi masih enak.

Untuk tenaga, mungkin karena saya sudah pakai alat penambah tenaga sehingga pakai premium pun tidak masalah. Saat ke malang menyalip saat tanjakan ringan tidak masalah. Pernah ketemu tanjakan yang curam juga terasa lebih kuat dari kijang karbu 1600cc.

Rasanya coolant baawan kurang bagus, perlu ditambahi air atau pakai merek seiken 30 atau pertamina.
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Daihatsu Ayla

Post by Lenov »

Punya saya nik 2012 akhir. Mungkin saya gak beruntung karena setelahnya ada perbaikan minor untuk mengurangi bunyi ngung. Tapi saya curiga bunyinya berasal dari transmisi karna ketika di posisi normal di rpm 4000-an bunyinya tidak ngung, baru setelah main di gigi 1-3 bunyi ngungnya terdengar keras walau rpm masih di bawah 3000an.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Lenov wrote:Punya saya nik 2012 akhir. Mungkin saya gak beruntung karena setelahnya ada perbaikan minor untuk mengurangi bunyi ngung. Tapi saya curiga bunyinya berasal dari transmisi karna ketika di posisi normal di rpm 4000-an bunyinya tidak ngung, baru setelah main di gigi 1-3 bunyi ngungnya terdengar keras walau rpm masih di bawah 3000an.
Bila bunyi bukan berasal dari ruang mesin, berarti dari knalpotnya.

Kalau istilah baratnya "drone". Bunyi terjadi pada rpm dibawah 3000. di link tersebut solusinya ditambahi pipa samping yang panjangnya sesuai dengan 1/4 lambda dari frekuensi bunyi tersebut. atau ganti knalpot pakai versi MI.

Mungkin kita bisa bandingkan knalpot? nanti saya coba foto knalpot saya.
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Daihatsu Ayla

Post by Lenov »

sucahyo wrote:
Lenov wrote:Punya saya nik 2012 akhir. Mungkin saya gak beruntung karena setelahnya ada perbaikan minor untuk mengurangi bunyi ngung. Tapi saya curiga bunyinya berasal dari transmisi karna ketika di posisi normal di rpm 4000-an bunyinya tidak ngung, baru setelah main di gigi 1-3 bunyi ngungnya terdengar keras walau rpm masih di bawah 3000an.
Bila bunyi bukan berasal dari ruang mesin, berarti dari knalpotnya.

Kalau istilah baratnya "drone". Bunyi terjadi pada rpm dibawah 3000. di link tersebut solusinya ditambahi pipa samping yang panjangnya sesuai dengan 1/4 lambda dari frekuensi bunyi tersebut. atau ganti knalpot pakai versi MI.

Mungkin kita bisa bandingkan knalpot? nanti saya coba foto knalpot saya.
IMHO, Kalau dari knalpot, seharusnya di kondisi gigi normal bunyi ngung tidak berasa, tapi ngung baru terasa di gigi 1-3.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Efek drone itu memang munculnya kalau lagi jalan.


Bentuk modifikasi air intake:
Image
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Daihatsu Ayla

Post by Lenov »

Nice info Om, btw menurut Om, bisa gak ya saya request ke daihatsu supaya mobil saya mendapat improvement resonator di air intake dan exhaust seperti yang om bilang itu? kalau bisa saya apresiasi banget sama daihatsu. kalau untuk perubahan kursi belakang saya tidak begitu masalah, tidak dirubah pun saya masih oke, tapi kalo masalah bunyi ngung itu cukup mengganggu.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

dicoba saja. harga resonator air intake kalau tidak salah 70 ribu. kalau yang diknalpot tidak tahu.
Lenov
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 31
Joined: Sat Feb 21, 2015 13:59

Re: Daihatsu Ayla

Post by Lenov »

Oke om, thanks infonya. Patut dicoba.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

Uji coba mengendarai Ayla Tipe M di 1000 rpm di gigi 5. Ternyata irit belum maksimal, kecepatan terlalu rendah, tapi mau bagaimana lagi soalnya percobaan dilakukan di jalan kecil. Cuma dapat dikisaran 1:35 dan 1:40.



Ini tidak mewakili semua Ayla/Agya. Tidak semua Ayla/Agya bisa begini, tidak semua mobil LCGC bisa begini. Karena untuk pakai di rpm di sekitar 1000rpm di gigi 5, pembakaran wajib disempurnakan. Jangan mencoba dengan kondisi mesin masih standard.

Setahu saya, modifikasi oil catch tank, voltage stabilizer, Cold air intake atau HKS kompressor, Grounding, busi iridium, filter lebih plong dan pakai RON95 masih belum menjamin kendaraan bisa aman dipakai di rpm 1000. Dari testimoni pemakai Ayla yang sudah pakai modifikasi tersebut dan lebih, di rpm 1500 saja mesin punya mereka masih bergetar / ngelitik padahal sudah pakai pertamax.

Untuk bisa jalan normal di rpm 1000 di gigi 5 modifikasinya harus yang menyempurnakan pembakaran. Kalau cara normal biasanya port and polish. Misalnya provis, biayanya katanya belasan juta. Ini video provis dengan rentang kecepatan hampir sama:


Kalau disimak, walau tanpa di gas sepertinya mobil Ayla provis rpm idlenya tinggi sekali. Karena kalau saya di 1000 rpm di gigi 5 saja kecepatannya 30, maka kalau di gigi 4 mungkin perlu sekitar 1200 an? Padahal rpm idlenya Ayla mestinya 750. DI video provis yang pakai matik juga sama. idle rpm sepertinya diatas 1200rpm.:
sensen_21
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Sep 09, 2007 3:39

Re: Daihatsu Ayla

Post by sensen_21 »

agya saya paling irit cuma 17.1km/ltr , paling boros 13km/ltr :D
sensen_21
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Sun Sep 09, 2007 3:39

Re: Daihatsu Ayla

Post by sensen_21 »

eh om sucahyo yg di forum kas*us itu yah?
yg tadi nanya soal coolant 30 ?
yg pernah saya liat coolant 30 merk prox*ma ama mast*r
top**e blm tau komposisi jelasnya
kalo coolant pertam**na komposisinya 30 tp susah didapat
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

sensen_21 wrote:agya saya paling irit cuma 17.1km/ltr , paling boros 13km/ltr :D
Kalau jalur tidak mendukung memang bisa terpaksa hanya dapat segitu. Kebetulan kalau keluar pas bukan jam kantor, jadi bisa irit.

sensen_21 wrote:eh om sucahyo yg di forum kas*us itu yah?
yg tadi nanya soal coolant 30 ?
yg pernah saya liat coolant 30 merk prox*ma ama mast*r
top**e blm tau komposisi jelasnya
kalo coolant pertam**na komposisinya 30 tp susah didapat
Iya, makasih infonya om. akan saya coba telusuri juga. Kalau master rasanya sih 50/50 kalau lihat di flushernya. di yang premixed malah nggak tercantum.

Image

Image

Image

Untuk proxima, wah, sepertinya susah cari informasinya. Di bungkusnya mungkin malah tidak ada keterangannya. Di website resmi pun malah error:
http://proximacenter.com/automotive-products/



Kalau pertamina saya justru nemunya di toko sparepart. Di pom bensin malah jual merek lain.

Nemu keterangan berikut, tapi entah yang di tes konsentrat apa, karena setahu saya konsentrat untuk coolant ada macam - macam, dan satu merek bisa pakai lebih dari satu macam konsentrat.
viewtopic.php?f=18&t=11803&start=150#p469324
Berikut saya dpt info tambahan dr majalah, jumlah kandungan konsentrat yg ditest dgn menggunakan alat. Tapi dgn catatan, bukan berarti makin tinggi konsentrat makin bagus, krn karakter tiap mbl berbeda.
- Top 1 19%
- Sonax 11%
- Proxima 1%
- Toyota LLC 100%
- Prestone RTU 36%
- Seiken 55%
- Jumbo 23%
- Wurth 10%.
Kalo ada yg mau menambahkan silahkan.
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Daihatsu Ayla

Post by marmut »

ini juga salah satu modifikasi air intake ayla jadi cold air intake yang murmer :

viewtopic.php?f=19&t=19638&hilit=sepatupuma
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

marmut wrote:ini juga salah satu modifikasi air intake ayla jadi cold air intake yang murmer :

viewtopic.php?f=19&t=19638&hilit=sepatupuma
Saya ragu apakah modifikasi itu bisa membantu. Kalau melihat dari lokasi saluran intake, yang berada di pojok kanan depan, berlawanan dari radiator, seharusnya Ayla sudah menghisap udara dingin.

Atau ini membahas CAI yang air bleed? yang membocorkan udara ala HKS Kompressor? Rasanya memang menambah tenaga, cuma sepertinya hanya menambah sedikit karena dari kata pemilik Ayla yang sudah pakai, mobil mereka masih belum mampu jalan di rpm dibawah 1500 rpm. Waktu istri pertama mencoba membiasakan pakai Ayla sudah saya suruh pakai mobil tanpa gas sampai gigi tiga padahal saya cuma pakai penambah tenaga buatan sendiri, jadi saya agak ragu untuk memakai CAI. Walau dikatakan menambah tenaga di putaran bawah, mengapa kok Ayla mereka masih tidak mampu dijalankan di rpm rendah?
User avatar
marmut
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11041
Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
Location: tangerang selatan

Re: Daihatsu Ayla

Post by marmut »

ya membantu banget lah om, saya juga bikin di xenia, viewtopic.php?f=51&t=21103&p=744029&hil ... ia#p744029.
cold air intake yang bener ya seperti itu, kalo ngebocorin saluran intake AFR-nya jadi ngaco lah.....
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

marmut wrote:ya membantu banget lah om, saya juga bikin di xenia, viewtopic.php?f=51&t=21103&p=744029&hil ... ia#p744029.
cold air intake yang bener ya seperti itu, kalo ngebocorin saluran intake AFR-nya jadi ngaco lah.....
Untuk air bleed, justru sedang populer di Ayla:
http://clubaylaindonesia.com/share-of-t ... -induction

Bila melihat penjelasan thread om, bila punya xenia saluran hisap mengambil dari belakang radiator, maka untuk Ayla berbeda, karena saluran hisap di sisi yang berlawanan dari radiator. saluran hisap standard sepertinya diarahkan untuk mengambil udara yang dingin. Untuk Xenia mungkin membantu banyak, tapi kalau untuk Ayla sepertinya tidak banyak membantu.

Saya lihat memang ada modifikasi CAI sungguhan:
http://otodiy.blogspot.com/2014/10/diy- ... ralon.html

Namun testimoninya kurang meyakinkan, dikatakan bisa membantu pakai gigi 3 di puncak, saya pakai tanjakan di gigi 3 rpm rendah pun tidak masalah walau belum pakai modifikasi CAI:


Bila efeknya adalah karena ram air scoop, maka mungkin cocoknya di beri corong yang hadap ke depan. Tapi jadi kelihatan jelek kalau corong nggak nemu yang keren.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Daihatsu Ayla

Post by djia »

rajin amat om poto2 spido aylanya :big_peace:

saran: kalo memungkinkan diupload juga om poto2 result dagangan pro-capacitor nya di mobil2 lain, ndak cuma ayla manual terus :frm_salut:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Daihatsu Ayla

Post by sucahyo »

djia wrote:rajin amat om poto2 spido aylanya :big_peace:

saran: kalo memungkinkan diupload juga om poto2 result dagangan pro-capacitor nya di mobil2 lain, ndak cuma ayla manual terus :frm_salut:
Sebenarnya tujuan ambil gambar adalah untuk hasil riset pribadi. Ternyata kaget karena kok yang lain susah meniru apa yang saya lakukan. Bahkan untuk dapat yang 35km/liter saja sepertinya susah. Waktu saya posting cara untuk bisa dapat 35km/liter malah dituduh bikin rusuh karena jalan di rpm rendah dianggap bikin mesin rusak.

Kalau untuk di mobil lain, belum ada video, masih baru mulai kok. Lebih banyak kalau yang di sepeda motor, sekarang sedang dalam taraf penjajakan oleh satu klub sepeda motor.
didimmatic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Sun Apr 12, 2015 9:01

Re: Daihatsu Ayla

Post by didimmatic »

:big_sorry: missi oomm, saya baru break in ayla, baru 4 hari, type x elegant matic om, FC dalam kotanya cuman dapet 12 km per liter :big_cry: masih newbie sih, ehehehe minta tips ngendaliin matic dong oommm, hehe