Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Sebetulnya lebih cocok short term karena 2 tahun lebih dikit kilometer baru 21 ribu maklum kota kecil kemana2 ga sampe 10 km pp.
Nissan March XS AT 2012
Pembelian bulan 10/2012, perakitan kira2 bulan July 2012, terlihat dari stiker2 part yang terpasang, kenapa bisa selisih 3 bulan karena it's a Nissan not Toyota or Dai Kendaraan saya rakitan lokal, generasi facelift sejak Desember 2013 itu CBU Thailand.
Hatchback "ajaib" yang hanya orang tertentu bisa appreciate, dari exterior sampe interior bulet2 dan selalu kena stigma:
1. 3 silinder pasti geter, berisik. padahal banyak org yang numpang naik ga bilang apa2, diluar aja ga berasa ini 3 silinder kecuali liat goyangan maut mesin sampe dikasih tau baru komen d: either: ohhh hebat ya ga geter atau ohhh pantesan geter dikit.
2. ga ada tenaga, well jalur Tegal - Magelang motong gunung tanpa semarang baik2 saja, hanya memang kendala terbesar ada di ratio gear 4 speed AT yang lebih pas untuk mesin 1500cc bukan 1200cc. enak untuk cruising tapi pas akselerasi kepayahan. di pantura si kalau hanya salip2an bus malam dan truk enteng2 aja, malah cenderung santai karena ratio gear AT 4 speed malah pas banget.
3. lebih kecil dan sempit dari hatchback lain, malah sesama owner yaris generasi 2013 kebawah selalu dibilang sempit, pas sebelah2an ane suruh naik baru diem ternyata lega juga
4. Nissan itu realibilitas payah, separoh bener separoh salah, silahkan cek dibawah soal ini.
main features:
- single airbag + ABS EBD BA (part capcay: braking system by Avics, except for the vacuum by Koito).
- MID single line + rear/front defogger + digital AC with auto climate control single zone.
- Immobilizer with keyless entry (bukan keyless start ya).
- bagasi salah satu terluas di kelasnya.
- selebihnya tidak banyak toh pas launching ini hatchback termurah sekelas sirion dan mirage. sekarang kelasnya diatas LCGC, kalau sesama merek ya Datsun GO yang sharing platform.
Platform body monocoque sejuta umat yang digunakan adalah Nissan/Renault Alliance B Platform 2nd Generation the V Platform, salah satu penggunanya di indo adalah Nissan juke/evalia saudara jauhnya yg menggunakan Nissan B0 Platform.
Mesinnya: HR12DE, adik dari HR15DE. sounds familiar? yep, ini mesin Livina dan juga generasi baru Livina dan Juke yang direct injection HR15DDE. Mesin 3 silinder, salah satu mesin yang jadi awalan dari booming 3 cylinder gasoline engine belakangan ini. Mesin 3 silinder yang ga jelas ada CVTC atau ga karena speknya simpang siur tapi dari rasa2nya pas nyetir si ada karena ada terasa sedikit lonjakan tarikan ketika gas pol sampai rpm 4000 lebih. Akibatnya spek power dan torque juga simpang siur, yang pasti hanya transmisi manual 5 speed dan matik 4 speed, HR12DE harusnya punya power 79 hp dan torque 108 nm.
Takut getar? nissan sudah siapkan jamunya: Engine mounting hydraulics yang ukurannya massive di sebelah kiri dan kanan, hebatnya karena ukuran mesin dan bobot ringan (kalau ga salah lengkap dengan transmisi CVT -bukan AT 4 speed yang beredar di indo- itu hanya 100 kg ga sampe) center engine mounting hanya karet biasa, terlihat di bagian kolong pas di cross member.
Front suspension seperti biasa double wishbone, rear suspension Torsion beam. Front brake: ventilated disc single pot, rear brake: drum.
Kilometer 20.
Kendaraan dikirim dari dealer kilometer hanya 20an kurang lebih. pas sampe cek sana sini ga ada apa2. dikasih bonus satu paket user manual dan warranty/service book in one single soft book case, mayan lah, tidak lupa seperangkat Segitiga Pengaman + sekaleng cat kecil untuk sample cat + towing kit + manual jack. ban serep kaleng full size di bagasi.
kilometer 100
Ban standard yang ukuran ajaib: 175/60 R15 buatan Maxxis yang terkenal empuk tapi gampang bunting, diganti 195/55 R15 Yokohama A-drive. persiapan untuk pindah ke luar kota.
Kilometer 200
saya ganti oli mesin berikut filter oli orisinal.
Harga filter oli ori: 30 ribuan di bengkel resmi, masih made in japan dan ini common part Nissan terbesar, nyaris semua nissan beredar di indo pake ini. kecuali mesin V6 atau diatas 2500cc atau newer gen engine.
Oli mesin yang muat cukup 3 liter maksimum, saya pribadi sudah 4x ganti oli mesin ga pernah abis 3 liter selalu 2,4 liter berikut filter.
Pasang filter udara keluaran K&N original. efeknya tentu seperti biasa bejekan gas lebih ringan dan enteng.
Pasang Pivot Raizin Volt stabilizer original ex cabutan mobil lama + grounding cable DIY dengan kabekl 8AWG untuk ampli audio dari throttle body, coil, dan minus accu. efeknya? ga berasa banyak, bisa jadi lebih efek dari Pivot Raizin Volt Stabilizer.
pasang peredam kap mesin keluaran V-TEch bahannya mirip aluminum tapi efeknya mantap, karena panas di kap mesin berkurang jauh terutama setealh macet2an siang terik dalkot.
Pasang accesories Front Foglamp keluaran ESUSE karena memang tidak ada dari pabriknya, info yang beredar sendiri simapng siur ada yang bilang bisa pake livina punya tapi kalau beli aksesoris keluaran esuse beda mounting, kalau original pabriknya bisa pakai teana katanya. dan ternyata keluaran esuse ini (satu2nya yang jual untuk march) untuk steer kiri dan baut setelannya entah kenapa ga bisa disetel alhasil kalau nyala tinggi sebelan kanan (sisi driver) akibatnya bisa ganggu driver arah berlawanan.
Kilometer 300.
masuk beres untuk cek kilometer 1000.Tidak ada penggantian apapun, cuma cek book aja ini itu, seingat saya juga tidak ada komplain ini itu.
sekalian ganti busi asli dari copper dengan busi iridium yang part number persis sama dengan livina. lumayan irit gasket set karena jalur intake HR12DE itu panjang dan rumit mirip dengan livina, total baut aja tembus 20 biji hanya untuk ganti busi, sialnya semua Coil-on-plug kelihatan kecuali coil nomor 1 really bad engine design by nissan.
Audio bawaan langsung saya ganti dengan head unit single din, ga lama ada rezeki ganti head unit monitor double din merek Pioneer lengkap dengan rear camera. Penggantian audio gampang cukup beli Frame kit seharga 200 ribuan dan audio adapter + FM radio cable adapter seharga 150 ribuan, semuanya plug n play.
kilometer 2000
pasang Laci atas original accesories -yang sekarang bawaan type 1500cc- dengan pabriknya Calsonic Kansei Thailand, sekalian rear parking sensor original accesories dari vendor lokal yagn kualitasnya kerupuk dan rada lemot responnya. Beli di luaran kebetulan ada yang jual satu set bonus dari dealer.
kilometer 5000.
penggantian oli dan filter oli. belum ada keluhan. fuel consumption agak meningkat untuk dalkot kisaran 9 kpl.
Claim Sensor Parkir yang mati satu biji sensornya eh bisa diklaim cukup 1 minggu kurang lebih untuk klaim dan dipasang, entah apa yang diganti yang pasti sensor yang mati berfungsi lagi.
Spooring dan balancing, ternyata baut caster kurang panjang ya dasarnya mungkin ane sembalap kali ya jadi bengkel spooring langganan pasangin, DC hanya 150 ribuan per pcs, ane suruh sekalian 2 pcs. Setelah itu pasang Rear Stabilizer keluaran Undercontrol, ternyata torsion beam-nya pelat ditekuk jadi kurang rigid, hmmm pasangin jadi makin rigid tebakan bengkel langganan, dan bener, lebih mantap pas belok2 body roll berkurang, jadi makin berasa d torque steering pas gas di tikungan
kilometer 10000.
penggantian oli dan filter oli.
kilometer 12000.
Pasang Intake Resonantor (bahasa part numbernya: Filter housing assy) punyanya Nissan March M/T. entah kenapa yang manual dipasangin ginian, sedangkan matik ngga, padahal biasanya sebaliknya. efeknya: gas terasa lebih padat terutama untuk salip2an.
Pasang Ferrite core TDK di jalur Fusebox menuju ECU pas di kabel main 12v, juga di kabel coil on plug. efeknya: mesin terasa berkurang getarnya dan lebih halus = sugesti
fuel cons untuk dalkot meningkat jadi rata 9,5 kpl. padahal saya di kota kecil lebih banyak stop n go dan bener2 short trip sekali jalan palingan 10 km.
kilometer 14000
Claim Left & Right Rear Lamp Assy, entah kenapa sering banget tiba2 ada lampu yg mati disitu, paling serign lampu mundur, sudah dibongkar bersihkan pasang lagi, mati lagi, kencangkan dudukan lampu sana sini tetep aja sama. pertama klaim cuma dikasih yang kiri, yang kanan nyusul sebab normal, ga lama mati lagi, akhirnya klaim lagi. dan diganti satu assy lengkap dengan lampu2. lumayan Beres pun bingung kok bisa ya seumur2 ga pernah ketemu ada yg aneh gini bohlam ga putus elektrikal normal tapi fittingnya ngaco, rearlamp assy buatan Koito China.
Claim Rear Stay Back Door assy/sok pintu belakang mulai lemah dan susah naiknya, buatan China (lupa pabriknya), harga per pcs juga lupa, total 1 juta.
kilometer 17000
ganti oli dan filter. sekalian claim AC yang ga dingin karena freon bocor, sudah isi freon sendiri, ga seminggu ga dingin lagi, akhirnya kena claim juga itu Evaporator AC. karena memang ini penyakit umum Nissan March (dan kebanyakan nissan). Part pengganti buatan Calsonic Kansei Thailand. harga evap 1,5 jutaan.
kilometer 20000
service rutin sekalian ganti oli dan filter oli. Juga pengurasan dan ganti minyak rem DOT3 yang masih buatan jepang.
claim bearing roda belakang, keluhan: berisik dan dengung, pertama dikira dari roda ternyata roda dipindah tetap berisik, didongkrak putar roda belakang terasa per terasa getar.
Part pengganti: buatan NTN India. Penyakit umum dan khas dari Nissan March. Menurut analisa saya: bisa jadi bearing kualitas kerupuk atau diakibatkan design Bearing yang diluar (nempel di teromol) bukan di arm. Sedangkan tutupnya hanya dari baut yang dikasi seal teflon dan dop baja. Harga bearing 350 ribuan, sedangkan tiap service roda belakang wajib ganti Baut seharga 35 ribu dan dop baja (cap hub) seharga 65 ribu part yang diganti 2 pcs dan tidak termasuk baut + dop baja.
untuk bearing sendiri penggantinya sudah beredar silangan dengan SKF yang mirip2 atau buatan merek China (lupa mereknya) atau di luaran NTN India yang sama persis.
Juga claim lagi rear parking sensor. karena sensornya mati lagi satu biji.
Pros:
- Driving impression menyenangkan, tidak limbung pas high speed (Terutama dari sisi penggunan umum bukan enthusiast driver dan sadar diri kalau ini small hatchback normal).
- city driving tertolong kaca belakang relatif lebar dan spion kiri kanan yang cukup besar (hanya agak kurang lebar).
- bantingan empuk, terempuk di kelasnya, bahkan lebih empuk dari mirage/sirion.
- Intermittent Front wiper sampe 10 step.
- Front AC digital lengkap dengan defogger + heater. Canggihnya heater sendiri terpisah jalurnya dari evap AC.
- Night manual dimming rear view mirror.
Cons:
- Non split folding rear seat. not even adjustable rear seat, baru ada di type 1.2XS keatas pas facelift.
- single airbag, not dual, di facelift 1.2XS keatas baru ada.
- no passenger airbag
- no speed sensing auto lock. ]
- no outer mirror electric fold
- minim interior storage by default hanya laci bawah depan, cup holder pintu kiri kanan, cup holder 3 biji di center console, di rear door ga ada apa2
Overall.
Driving impression yang menyenangkan, empuk, lincah, ga limbung, berkebalikan dari umumnya hatchback yang cenderung keras. March beda sendiri. yang paling saya suka selain empuk ada di sektor suspension setup pas banget kombinasi sok Kayaba depan belakang yang panjang banget travelnya diimbangi dengan EPS yang pas berat entengnya (walau tetep mati rasa) bikin enak banget disetirnya, salah satu pembenaran: nissan itu enak dipake. Untuk pengereman sendiri saya pede2 aja, pakem dan distribusi pas ditunjang ABS EBD BA bikin pede kalau emergency.
AC sendiri cukup dingin, hembusan AC dari 4 outlet pas banget ke seluruh kabin hanya memang pas panas terik di bangku belakang bagian kepala terkadang masih terasa panas dari atap, blame it on peredaman yang pas2an. untuk NVH memang pas2an karena karet balon hanya ada di pintu depan, itupun hanya separoh. diredam dengan pasang karet balon pintu penuh, untuk dak dan bahan pintu memang tipis makanya total weight hanya 900 kg, salah satu teringan di kelasnya. noise dari roda belakang bisa saya redam dengan baik dengan peredam aspal tempel, dari pintu pun sama jadi bantingan pun mantap, tinggal untuk lantai2 dan wheel arch roda depan belum saya kerjakan.
masalahnya ada di faktor penyakit bawaan March, yang sekarang masuk kategori Top Three: Bearing roda belakang, Evaporator AC, dan bearing motor extra fan (saya amit2 belum kena). KAlau keluaran awal sekali banyak bermasalah dengan bunyi2 di rem belakang akibat design kampas rem belakang yang kurang bevelled, saya sendiri tidak alami hanya memang kecenderungan rem march ini gampang bunyi2 atau berisik. dan masalah ini akan terus menghinggapi March seumur hidupnya, menilik problem bawaan livina family seperti: indikator fuel pump.
Untuk bengkel resmi sendiri saya tidak mengalami kendala apapun kecuali karena di kota kecil jadi ya pengiriman part seringnya inden. Sedangkan di jakarta beres yang saya datangi hanya Nissan Kebon Jeruk (jl panjang) dan Nissan Daan Mogot, dan jelas nissan puri indah saya jauhi karena blacklisted dimana2.
segi ketersediaan spare part pun tidak ada masalah, urusan spare part menurut saya tidak kalah dari Jepang lainnya, yang jadi masalah itu jarang ada KW-nya dan terkadang harga partnya termasuk ajaib2 mahal dan murahnya.
Misal:
- Cap Hub teromol roda belakang seharga 65 ribu per pcs, buatan jepang , tapi pas lihat bahannya itu cuma plat baja tipis
- Karet wiper belakang, buatan jepang, harga hanya 50 ribu buatan NWB nampaknya.
- Filter udara original, semi wet paper type, harga 200 ribu buatan Thailand, cross dengan Renault juga.
- Filter oli original, 35 ribu, buatan jepang.
- Minyak rem dot 4 sebotol ukuran 250 ml buatan jepang 70 ribu.
- V-belt hanya 90 ribuan.
- Front shock absorber 700 ribuan, rear shock absorber 500 ribua, keduanya buatan kayaba thailand.
- Front Transverse link/swing arm bawah, 150 ribuan
Nissan March XS AT 2012
Pembelian bulan 10/2012, perakitan kira2 bulan July 2012, terlihat dari stiker2 part yang terpasang, kenapa bisa selisih 3 bulan karena it's a Nissan not Toyota or Dai Kendaraan saya rakitan lokal, generasi facelift sejak Desember 2013 itu CBU Thailand.
Hatchback "ajaib" yang hanya orang tertentu bisa appreciate, dari exterior sampe interior bulet2 dan selalu kena stigma:
1. 3 silinder pasti geter, berisik. padahal banyak org yang numpang naik ga bilang apa2, diluar aja ga berasa ini 3 silinder kecuali liat goyangan maut mesin sampe dikasih tau baru komen d: either: ohhh hebat ya ga geter atau ohhh pantesan geter dikit.
2. ga ada tenaga, well jalur Tegal - Magelang motong gunung tanpa semarang baik2 saja, hanya memang kendala terbesar ada di ratio gear 4 speed AT yang lebih pas untuk mesin 1500cc bukan 1200cc. enak untuk cruising tapi pas akselerasi kepayahan. di pantura si kalau hanya salip2an bus malam dan truk enteng2 aja, malah cenderung santai karena ratio gear AT 4 speed malah pas banget.
3. lebih kecil dan sempit dari hatchback lain, malah sesama owner yaris generasi 2013 kebawah selalu dibilang sempit, pas sebelah2an ane suruh naik baru diem ternyata lega juga
4. Nissan itu realibilitas payah, separoh bener separoh salah, silahkan cek dibawah soal ini.
main features:
- single airbag + ABS EBD BA (part capcay: braking system by Avics, except for the vacuum by Koito).
- MID single line + rear/front defogger + digital AC with auto climate control single zone.
- Immobilizer with keyless entry (bukan keyless start ya).
- bagasi salah satu terluas di kelasnya.
- selebihnya tidak banyak toh pas launching ini hatchback termurah sekelas sirion dan mirage. sekarang kelasnya diatas LCGC, kalau sesama merek ya Datsun GO yang sharing platform.
Platform body monocoque sejuta umat yang digunakan adalah Nissan/Renault Alliance B Platform 2nd Generation the V Platform, salah satu penggunanya di indo adalah Nissan juke/evalia saudara jauhnya yg menggunakan Nissan B0 Platform.
Mesinnya: HR12DE, adik dari HR15DE. sounds familiar? yep, ini mesin Livina dan juga generasi baru Livina dan Juke yang direct injection HR15DDE. Mesin 3 silinder, salah satu mesin yang jadi awalan dari booming 3 cylinder gasoline engine belakangan ini. Mesin 3 silinder yang ga jelas ada CVTC atau ga karena speknya simpang siur tapi dari rasa2nya pas nyetir si ada karena ada terasa sedikit lonjakan tarikan ketika gas pol sampai rpm 4000 lebih. Akibatnya spek power dan torque juga simpang siur, yang pasti hanya transmisi manual 5 speed dan matik 4 speed, HR12DE harusnya punya power 79 hp dan torque 108 nm.
Takut getar? nissan sudah siapkan jamunya: Engine mounting hydraulics yang ukurannya massive di sebelah kiri dan kanan, hebatnya karena ukuran mesin dan bobot ringan (kalau ga salah lengkap dengan transmisi CVT -bukan AT 4 speed yang beredar di indo- itu hanya 100 kg ga sampe) center engine mounting hanya karet biasa, terlihat di bagian kolong pas di cross member.
Front suspension seperti biasa double wishbone, rear suspension Torsion beam. Front brake: ventilated disc single pot, rear brake: drum.
Kilometer 20.
Kendaraan dikirim dari dealer kilometer hanya 20an kurang lebih. pas sampe cek sana sini ga ada apa2. dikasih bonus satu paket user manual dan warranty/service book in one single soft book case, mayan lah, tidak lupa seperangkat Segitiga Pengaman + sekaleng cat kecil untuk sample cat + towing kit + manual jack. ban serep kaleng full size di bagasi.
kilometer 100
Ban standard yang ukuran ajaib: 175/60 R15 buatan Maxxis yang terkenal empuk tapi gampang bunting, diganti 195/55 R15 Yokohama A-drive. persiapan untuk pindah ke luar kota.
Kilometer 200
saya ganti oli mesin berikut filter oli orisinal.
Harga filter oli ori: 30 ribuan di bengkel resmi, masih made in japan dan ini common part Nissan terbesar, nyaris semua nissan beredar di indo pake ini. kecuali mesin V6 atau diatas 2500cc atau newer gen engine.
Oli mesin yang muat cukup 3 liter maksimum, saya pribadi sudah 4x ganti oli mesin ga pernah abis 3 liter selalu 2,4 liter berikut filter.
Pasang filter udara keluaran K&N original. efeknya tentu seperti biasa bejekan gas lebih ringan dan enteng.
Pasang Pivot Raizin Volt stabilizer original ex cabutan mobil lama + grounding cable DIY dengan kabekl 8AWG untuk ampli audio dari throttle body, coil, dan minus accu. efeknya? ga berasa banyak, bisa jadi lebih efek dari Pivot Raizin Volt Stabilizer.
pasang peredam kap mesin keluaran V-TEch bahannya mirip aluminum tapi efeknya mantap, karena panas di kap mesin berkurang jauh terutama setealh macet2an siang terik dalkot.
Pasang accesories Front Foglamp keluaran ESUSE karena memang tidak ada dari pabriknya, info yang beredar sendiri simapng siur ada yang bilang bisa pake livina punya tapi kalau beli aksesoris keluaran esuse beda mounting, kalau original pabriknya bisa pakai teana katanya. dan ternyata keluaran esuse ini (satu2nya yang jual untuk march) untuk steer kiri dan baut setelannya entah kenapa ga bisa disetel alhasil kalau nyala tinggi sebelan kanan (sisi driver) akibatnya bisa ganggu driver arah berlawanan.
Kilometer 300.
masuk beres untuk cek kilometer 1000.Tidak ada penggantian apapun, cuma cek book aja ini itu, seingat saya juga tidak ada komplain ini itu.
sekalian ganti busi asli dari copper dengan busi iridium yang part number persis sama dengan livina. lumayan irit gasket set karena jalur intake HR12DE itu panjang dan rumit mirip dengan livina, total baut aja tembus 20 biji hanya untuk ganti busi, sialnya semua Coil-on-plug kelihatan kecuali coil nomor 1 really bad engine design by nissan.
Audio bawaan langsung saya ganti dengan head unit single din, ga lama ada rezeki ganti head unit monitor double din merek Pioneer lengkap dengan rear camera. Penggantian audio gampang cukup beli Frame kit seharga 200 ribuan dan audio adapter + FM radio cable adapter seharga 150 ribuan, semuanya plug n play.
kilometer 2000
pasang Laci atas original accesories -yang sekarang bawaan type 1500cc- dengan pabriknya Calsonic Kansei Thailand, sekalian rear parking sensor original accesories dari vendor lokal yagn kualitasnya kerupuk dan rada lemot responnya. Beli di luaran kebetulan ada yang jual satu set bonus dari dealer.
kilometer 5000.
penggantian oli dan filter oli. belum ada keluhan. fuel consumption agak meningkat untuk dalkot kisaran 9 kpl.
Claim Sensor Parkir yang mati satu biji sensornya eh bisa diklaim cukup 1 minggu kurang lebih untuk klaim dan dipasang, entah apa yang diganti yang pasti sensor yang mati berfungsi lagi.
Spooring dan balancing, ternyata baut caster kurang panjang ya dasarnya mungkin ane sembalap kali ya jadi bengkel spooring langganan pasangin, DC hanya 150 ribuan per pcs, ane suruh sekalian 2 pcs. Setelah itu pasang Rear Stabilizer keluaran Undercontrol, ternyata torsion beam-nya pelat ditekuk jadi kurang rigid, hmmm pasangin jadi makin rigid tebakan bengkel langganan, dan bener, lebih mantap pas belok2 body roll berkurang, jadi makin berasa d torque steering pas gas di tikungan
kilometer 10000.
penggantian oli dan filter oli.
kilometer 12000.
Pasang Intake Resonantor (bahasa part numbernya: Filter housing assy) punyanya Nissan March M/T. entah kenapa yang manual dipasangin ginian, sedangkan matik ngga, padahal biasanya sebaliknya. efeknya: gas terasa lebih padat terutama untuk salip2an.
Pasang Ferrite core TDK di jalur Fusebox menuju ECU pas di kabel main 12v, juga di kabel coil on plug. efeknya: mesin terasa berkurang getarnya dan lebih halus = sugesti
fuel cons untuk dalkot meningkat jadi rata 9,5 kpl. padahal saya di kota kecil lebih banyak stop n go dan bener2 short trip sekali jalan palingan 10 km.
kilometer 14000
Claim Left & Right Rear Lamp Assy, entah kenapa sering banget tiba2 ada lampu yg mati disitu, paling serign lampu mundur, sudah dibongkar bersihkan pasang lagi, mati lagi, kencangkan dudukan lampu sana sini tetep aja sama. pertama klaim cuma dikasih yang kiri, yang kanan nyusul sebab normal, ga lama mati lagi, akhirnya klaim lagi. dan diganti satu assy lengkap dengan lampu2. lumayan Beres pun bingung kok bisa ya seumur2 ga pernah ketemu ada yg aneh gini bohlam ga putus elektrikal normal tapi fittingnya ngaco, rearlamp assy buatan Koito China.
Claim Rear Stay Back Door assy/sok pintu belakang mulai lemah dan susah naiknya, buatan China (lupa pabriknya), harga per pcs juga lupa, total 1 juta.
kilometer 17000
ganti oli dan filter. sekalian claim AC yang ga dingin karena freon bocor, sudah isi freon sendiri, ga seminggu ga dingin lagi, akhirnya kena claim juga itu Evaporator AC. karena memang ini penyakit umum Nissan March (dan kebanyakan nissan). Part pengganti buatan Calsonic Kansei Thailand. harga evap 1,5 jutaan.
kilometer 20000
service rutin sekalian ganti oli dan filter oli. Juga pengurasan dan ganti minyak rem DOT3 yang masih buatan jepang.
claim bearing roda belakang, keluhan: berisik dan dengung, pertama dikira dari roda ternyata roda dipindah tetap berisik, didongkrak putar roda belakang terasa per terasa getar.
Part pengganti: buatan NTN India. Penyakit umum dan khas dari Nissan March. Menurut analisa saya: bisa jadi bearing kualitas kerupuk atau diakibatkan design Bearing yang diluar (nempel di teromol) bukan di arm. Sedangkan tutupnya hanya dari baut yang dikasi seal teflon dan dop baja. Harga bearing 350 ribuan, sedangkan tiap service roda belakang wajib ganti Baut seharga 35 ribu dan dop baja (cap hub) seharga 65 ribu part yang diganti 2 pcs dan tidak termasuk baut + dop baja.
untuk bearing sendiri penggantinya sudah beredar silangan dengan SKF yang mirip2 atau buatan merek China (lupa mereknya) atau di luaran NTN India yang sama persis.
Juga claim lagi rear parking sensor. karena sensornya mati lagi satu biji.
Pros:
- Driving impression menyenangkan, tidak limbung pas high speed (Terutama dari sisi penggunan umum bukan enthusiast driver dan sadar diri kalau ini small hatchback normal).
- city driving tertolong kaca belakang relatif lebar dan spion kiri kanan yang cukup besar (hanya agak kurang lebar).
- bantingan empuk, terempuk di kelasnya, bahkan lebih empuk dari mirage/sirion.
- Intermittent Front wiper sampe 10 step.
- Front AC digital lengkap dengan defogger + heater. Canggihnya heater sendiri terpisah jalurnya dari evap AC.
- Night manual dimming rear view mirror.
Cons:
- Non split folding rear seat. not even adjustable rear seat, baru ada di type 1.2XS keatas pas facelift.
- single airbag, not dual, di facelift 1.2XS keatas baru ada.
- no passenger airbag
- no speed sensing auto lock. ]
- no outer mirror electric fold
- minim interior storage by default hanya laci bawah depan, cup holder pintu kiri kanan, cup holder 3 biji di center console, di rear door ga ada apa2
Overall.
Driving impression yang menyenangkan, empuk, lincah, ga limbung, berkebalikan dari umumnya hatchback yang cenderung keras. March beda sendiri. yang paling saya suka selain empuk ada di sektor suspension setup pas banget kombinasi sok Kayaba depan belakang yang panjang banget travelnya diimbangi dengan EPS yang pas berat entengnya (walau tetep mati rasa) bikin enak banget disetirnya, salah satu pembenaran: nissan itu enak dipake. Untuk pengereman sendiri saya pede2 aja, pakem dan distribusi pas ditunjang ABS EBD BA bikin pede kalau emergency.
AC sendiri cukup dingin, hembusan AC dari 4 outlet pas banget ke seluruh kabin hanya memang pas panas terik di bangku belakang bagian kepala terkadang masih terasa panas dari atap, blame it on peredaman yang pas2an. untuk NVH memang pas2an karena karet balon hanya ada di pintu depan, itupun hanya separoh. diredam dengan pasang karet balon pintu penuh, untuk dak dan bahan pintu memang tipis makanya total weight hanya 900 kg, salah satu teringan di kelasnya. noise dari roda belakang bisa saya redam dengan baik dengan peredam aspal tempel, dari pintu pun sama jadi bantingan pun mantap, tinggal untuk lantai2 dan wheel arch roda depan belum saya kerjakan.
masalahnya ada di faktor penyakit bawaan March, yang sekarang masuk kategori Top Three: Bearing roda belakang, Evaporator AC, dan bearing motor extra fan (saya amit2 belum kena). KAlau keluaran awal sekali banyak bermasalah dengan bunyi2 di rem belakang akibat design kampas rem belakang yang kurang bevelled, saya sendiri tidak alami hanya memang kecenderungan rem march ini gampang bunyi2 atau berisik. dan masalah ini akan terus menghinggapi March seumur hidupnya, menilik problem bawaan livina family seperti: indikator fuel pump.
Untuk bengkel resmi sendiri saya tidak mengalami kendala apapun kecuali karena di kota kecil jadi ya pengiriman part seringnya inden. Sedangkan di jakarta beres yang saya datangi hanya Nissan Kebon Jeruk (jl panjang) dan Nissan Daan Mogot, dan jelas nissan puri indah saya jauhi karena blacklisted dimana2.
segi ketersediaan spare part pun tidak ada masalah, urusan spare part menurut saya tidak kalah dari Jepang lainnya, yang jadi masalah itu jarang ada KW-nya dan terkadang harga partnya termasuk ajaib2 mahal dan murahnya.
Misal:
- Cap Hub teromol roda belakang seharga 65 ribu per pcs, buatan jepang , tapi pas lihat bahannya itu cuma plat baja tipis
- Karet wiper belakang, buatan jepang, harga hanya 50 ribu buatan NWB nampaknya.
- Filter udara original, semi wet paper type, harga 200 ribu buatan Thailand, cross dengan Renault juga.
- Filter oli original, 35 ribu, buatan jepang.
- Minyak rem dot 4 sebotol ukuran 250 ml buatan jepang 70 ribu.
- V-belt hanya 90 ribuan.
- Front shock absorber 700 ribuan, rear shock absorber 500 ribua, keduanya buatan kayaba thailand.
- Front Transverse link/swing arm bawah, 150 ribuan
-
- SM Specialist
- Posts: 15567
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Hohoho nice review oom....
kebetulan sempet pakai March XS 2011 AT kurang lebih setengah taon... beli seken th 2013 akhir. KM 50k. Untungnya yang pake adik ane, karena waktu ane yang pake, berasa nightmare. Beberapa notes ane soal mobil ini :
- glodakan, rattling, you name it... semua ada di mobil ini. Plastic dashboard baret baret dan cuil semua. Kaki-kaki berisik.
- Rem belakang bunyi bunyi "ngik.... ngik..."
- Jok kecilnya amit-amit, nggak cocok buat laki-laki bertubuh besar kayak ane. Cepet pegel bawa mobil ini.
- Setirnya enteng dan kerasa melayang (mungkin kebiasa bawa CR-V dan SX4 yang berat dan mantep kalo ngebut)
- Mesinnya kuat di putaran bawah tapi powerband nya sempit, 3000 RPM keatas dah tersengal-sengal, di tanjakan ngga da tenaga. Getarannya kasar dan suaranya juga berisik bikin nggak tega waktu bejeknya.
- Tetep kerasa limbung, tapi kalo compared to Mirage, masih mending ini.
Yah intinya waktu dulu punya sampe dijual hampir nggak pernah pake mobil ini kecuali nggak ada mobil lain di rumah.
kebetulan sempet pakai March XS 2011 AT kurang lebih setengah taon... beli seken th 2013 akhir. KM 50k. Untungnya yang pake adik ane, karena waktu ane yang pake, berasa nightmare. Beberapa notes ane soal mobil ini :
- glodakan, rattling, you name it... semua ada di mobil ini. Plastic dashboard baret baret dan cuil semua. Kaki-kaki berisik.
- Rem belakang bunyi bunyi "ngik.... ngik..."
- Jok kecilnya amit-amit, nggak cocok buat laki-laki bertubuh besar kayak ane. Cepet pegel bawa mobil ini.
- Setirnya enteng dan kerasa melayang (mungkin kebiasa bawa CR-V dan SX4 yang berat dan mantep kalo ngebut)
- Mesinnya kuat di putaran bawah tapi powerband nya sempit, 3000 RPM keatas dah tersengal-sengal, di tanjakan ngga da tenaga. Getarannya kasar dan suaranya juga berisik bikin nggak tega waktu bejeknya.
- Tetep kerasa limbung, tapi kalo compared to Mirage, masih mending ini.
Yah intinya waktu dulu punya sampe dijual hampir nggak pernah pake mobil ini kecuali nggak ada mobil lain di rumah.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
kalau pas jalan keriting si jangan ditanya, hanya buat saya lebih baik daripada yaris circa 2007. plastik dashboard emang khas nissan, kaki2 di saya adem ayem kecuali jalan keriting karena ya peredamnya minus gitu.ChZ wrote:Hohoho nice review oom....
kebetulan sempet pakai March XS 2011 AT kurang lebih setengah taon... beli seken th 2013 akhir. KM 50k. Untungnya yang pake adik ane, karena waktu ane yang pake, berasa nightmare. Beberapa notes ane soal mobil ini :
- glodakan, rattling, you name it... semua ada di mobil ini. Plastic dashboard baret baret dan cuil semua. Kaki-kaki berisik.
nah ini cacat bawaan, solusi ganti kampas rem belakang yang ada bevelled atau papas dikit.- Rem belakang bunyi bunyi "ngik.... ngik..."
di saya malah pas lucky me, segala jenis mobil ane naikin ga banyak yang cocok, malah march cocok, bini aja seneng, pas bener sandaran punggungnya hanya karena saya rada montok jadilah 2 jam pasti pantat tepos karena busa pantat kurang tebel- Jok kecilnya amit-amit, nggak cocok buat laki-laki bertubuh besar kayak ane. Cepet pegel bawa mobil ini.
errr... 900 kg vs 1,2 ton vs 1,5 ton....- Setirnya enteng dan kerasa melayang (mungkin kebiasa bawa CR-V dan SX4 yang berat dan mantep kalo ngebut)
bener karena matiknya gear ratio kegedan buat mesin, memang konyol engineer nissan.- Mesinnya kuat di putaran bawah tapi powerband nya sempit, 3000 RPM keatas dah tersengal-sengal, di tanjakan ngga da tenaga. Getarannya kasar dan suaranya juga berisik bikin nggak tega waktu bejeknya.
stability masuk kategori terbaik di kelasnya, walau jelas banyak yang lebih stabil- Tetep kerasa limbung, tapi kalo compared to Mirage, masih mending ini.
Yah intinya waktu dulu punya sampe dijual hampir nggak pernah pake mobil ini kecuali nggak ada mobil lain di rumah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Nice review, om
Ini mobil bener2 deh kecil joknya (ane yg 185cm/76kg ampe duduk & nyendernya melebihi dari jok, padahal ga gendut) & geteran mesinnya sesuatu, tenaga yg matic aduhai ngemposnya & jg audionya haduhhh...
Ane rasa ini march cocoknya buat cewe2 kecil, setir kaya game, visibilitas oke, jok ukurannya kecil pas ama bodi kecil jg, & compact ukurannya...
Ini mobil bener2 deh kecil joknya (ane yg 185cm/76kg ampe duduk & nyendernya melebihi dari jok, padahal ga gendut) & geteran mesinnya sesuatu, tenaga yg matic aduhai ngemposnya & jg audionya haduhhh...
Ane rasa ini march cocoknya buat cewe2 kecil, setir kaya game, visibilitas oke, jok ukurannya kecil pas ama bodi kecil jg, & compact ukurannya...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 86
- Joined: Mon Jun 16, 2014 16:13
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
hii om.. karena keimutannya ane jg pake march mt bulan feb 2012 dah 3 taon kmnya baru 22 k, emang lumayan byk jg itu yg kena Bearing roda belakang, Evaporator AC, dan bearing motor extra fan, tapi untungnya ane pny enggak/ belum kena ketiga masalah itu dan jangan sampe kena (amit2)
tapiii..pas di km 17 rb an ane pernah klaim steering rack assy dan teman2nya gara2 bunyi besi glodakan dari suspensi kiri depan yang mana penyebabnya mungkin gara2 mobil keremdem banjir ( mbl ane udah pernah keremdem 2x) hehe , trus rem depan suka bunyi bengek ngek ngek klo kena basah gitu, dah bolak balik beres tp blom solved ampe skrg garansi udah abis, dan trakhir suka ada rattle di bagian interior dan doortrim bunyinya tik tik tik.... trutama dr dashboard bagian tengah atas yg dket kaca oh iya ane jg suka dnger ada bunyi seperti jangrik di dlm mbl ini, ga tau sumbernya dr mn
overall lumayan jg march ini untuk wara wiri di dalkot karena kek naik bom bom car dan jalan2 santai di tol dan "cukup" baik reabilitynya walaupun ane sebel bgt ama peredaman interior trutama di kaki2nya yg berisik klo lewat jln keriting
tapiii..pas di km 17 rb an ane pernah klaim steering rack assy dan teman2nya gara2 bunyi besi glodakan dari suspensi kiri depan yang mana penyebabnya mungkin gara2 mobil keremdem banjir ( mbl ane udah pernah keremdem 2x) hehe , trus rem depan suka bunyi bengek ngek ngek klo kena basah gitu, dah bolak balik beres tp blom solved ampe skrg garansi udah abis, dan trakhir suka ada rattle di bagian interior dan doortrim bunyinya tik tik tik.... trutama dr dashboard bagian tengah atas yg dket kaca oh iya ane jg suka dnger ada bunyi seperti jangrik di dlm mbl ini, ga tau sumbernya dr mn
overall lumayan jg march ini untuk wara wiri di dalkot karena kek naik bom bom car dan jalan2 santai di tol dan "cukup" baik reabilitynya walaupun ane sebel bgt ama peredaman interior trutama di kaki2nya yg berisik klo lewat jln keriting
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
wowh... baru tau dobel wisbone biasany sampai sedan mid-high modern mcpherson.kunaskun wrote:Front suspension seperti biasa double wishbone, rear suspension Torsion beam. Front brake: ventilated disc single pot, rear brake: drum.
blm nyicip march wkwkwk
ngarep 1.2 supercharge yg masuk instead of 1.5 wkw
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
hihihi.. subyektif ya karena banyak juga yang cocok joknya Innova, atau banyak juga yang cocok jok PJSamfibi wrote:Nice review, om
Ini mobil bener2 deh kecil joknya (ane yg 185cm/76kg ampe duduk & nyendernya melebihi dari jok, padahal ga gendut) & geteran mesinnya sesuatu, tenaga yg matic aduhai ngemposnya & jg audionya haduhhh...
Ane rasa ini march cocoknya buat cewe2 kecil, setir kaya game, visibilitas oke, jok ukurannya kecil pas ama bodi kecil jg, & compact ukurannya...
tyre noise parah karena ga ada peredaman apa2 di dak dan pintu, di lapis peredam aspal juga improve banyakadrianwill wrote:hii om.. karena keimutannya ane jg pake march mt bulan feb 2012 dah 3 taon kmnya baru 22 k, emang lumayan byk jg itu yg kena Bearing roda belakang, Evaporator AC, dan bearing motor extra fan, tapi untungnya ane pny enggak/ belum kena ketiga masalah itu dan jangan sampe kena (amit2)
tapiii..pas di km 17 rb an ane pernah klaim steering rack assy dan teman2nya gara2 bunyi besi glodakan dari suspensi kiri depan yang mana penyebabnya mungkin gara2 mobil keremdem banjir ( mbl ane udah pernah keremdem 2x) hehe , trus rem depan suka bunyi bengek ngek ngek klo kena basah gitu, dah bolak balik beres tp blom solved ampe skrg garansi udah abis, dan trakhir suka ada rattle di bagian interior dan doortrim bunyinya tik tik tik.... trutama dr dashboard bagian tengah atas yg dket kaca oh iya ane jg suka dnger ada bunyi seperti jangrik di dlm mbl ini, ga tau sumbernya dr mn
overall lumayan jg march ini untuk wara wiri di dalkot karena kek naik bom bom car dan jalan2 santai di tol dan "cukup" baik reabilitynya walaupun ane sebel bgt ama peredaman interior trutama di kaki2nya yg berisik klo lewat jln keriting
eh iya ya harusnya mcpherson strutbillyd1773dz wrote:wowh... baru tau dobel wisbone biasany sampai sedan mid-high modern mcpherson.kunaskun wrote:Front suspension seperti biasa double wishbone, rear suspension Torsion beam. Front brake: ventilated disc single pot, rear brake: drum.
blm nyicip march wkwkwk
ngarep 1.2 yg masuk instead of 1.5 wkw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Nice report ooom.
Kebetulan teman saya ada pakai K13 MT, tenaganya jauh lebih keluar daripada 4AT nya jogging jogging cantik di Cipularang mudah saja 160-175 kmh [limited] ..begitu saya coba yang XS nya...err... tidak tergesa gesa.
All in all...a nice traffic buster for its money [kalo diskonnya gede]
Bentar...shock pintu blkg mati juga? yang teman saya keluaran 4-2012 juga sudah mati
Kebetulan teman saya ada pakai K13 MT, tenaganya jauh lebih keluar daripada 4AT nya jogging jogging cantik di Cipularang mudah saja 160-175 kmh [limited] ..begitu saya coba yang XS nya...err... tidak tergesa gesa.
All in all...a nice traffic buster for its money [kalo diskonnya gede]
Bentar...shock pintu blkg mati juga? yang teman saya keluaran 4-2012 juga sudah mati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
nah iya ya bener itu transmisi 4AT bikin mesin kedodoran...imingwahyudi wrote:Nice report ooom.
Kebetulan teman saya ada pakai K13 MT, tenaganya jauh lebih keluar daripada 4AT nya jogging jogging cantik di Cipularang mudah saja 160-175 kmh [limited] ..begitu saya coba yang XS nya...err... tidak tergesa gesa.
All in all...a nice traffic buster for its money [kalo diskonnya gede]
Bentar...shock pintu blkg mati juga? yang teman saya keluaran 4-2012 juga sudah mati
top speed si tembus 170 untuk AT tapi lamaaaaa
diskonnya ajib sekarang, varian tertinggi 1500 cc nett 160 jutaan katanya, kalau ada rezeki peengen upgrade type ini tapi sayang juga ah masih di sekolahin
sok pintu belakang ini yang rada aneh, biasanya ga secepat ini apalagi pintunya kecil tapi ya kadang juga susah ditebak pengalaman di yaris 3 tahun ganti 2x, di avanza malah ga ganti2 sudah 5 tahun
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
tertarik nih om untuk ke go+ karena ternyata go+ pake yang AT info dari kaskus dan memperhatikan foto hasil googling, berapa ya kemaren harganya?kunaskun wrote:
kilometer 12000.
Pasang Intake Resonantor (bahasa part numbernya: Filter housing assy) punyanya Nissan March M/T. entah kenapa yang manual dipasangin ginian, sedangkan matik ngga, padahal biasanya sebaliknya. efeknya: gas terasa lebih padat terutama untuk salip2an.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
^^^ kalau ga salah 300 ribuan ga sampe.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
udah telp om, terdiri 2 bagian. yang tutup (ke belalai) 250an trus yang ke throtle body 308rb.kunaskun wrote:^^^ kalau ga salah 300 ribuan ga sampe.
nah tutup nya beda part number antara AT dan MT. kira2 om kemaren ganti yang "dalem" saja bisa gak ya? toh yang ada resonan nya yang sisi "dalem" kan?
edit: setelah memperhatikan lebih, ternyata emg tutupnya beda. berarti kudu 1 set nih, lumayan 550rb
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
resonator nempel di tutup filternya. tutup filter itu kan 2 bagian: tutup filter dan pipa air intake-nya. yang nempel di throttle body ya beda lagi. yang diganti ya tutup filter tsb, pipa air intake ya ga perlu diganti.piko25 wrote:udah telp om, terdiri 2 bagian. yang tutup (ke belalai) 250an trus yang ke throtle body 308rb.kunaskun wrote:^^^ kalau ga salah 300 ribuan ga sampe.
nah tutup nya beda part number antara AT dan MT. kira2 om kemaren ganti yang "dalem" saja bisa gak ya? toh yang ada resonan nya yang sisi "dalem" kan?
edit: setelah memperhatikan lebih, ternyata emg tutupnya beda. berarti kudu 1 set nih, lumayan 550rb
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Ooo... Berarti boks (tmpt filter, yg nempel throtle body) gk perlu ya? Belalai juga gk perlu. Wah pencerahan bgt ni om. Masalahnya beres kudu inden ginian, klo ready kan lsng di bandingkan.
Trm kasih om atas infonya
Trm kasih om atas infonya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
kalau bingung ya liat katalog aja. toh bagian part pasti cek katalog lagi.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
halo om kunaskun, akhirnya ane dapet box filter march MT. begitu keluar bengkel langsung pasang.
kesan2:
1. Plastik lebih berkualitas daripada bawaan go+, buatan thailand kyknya. yg go+ buatan lokal LCGC lagi
2. stop n go gak terlalu kerasa efeknya ya?
3. buat di tol lebih kerasa efeknya buat salip2
masih pengen lebih merasakan lagi efeknya dimana, sekaligus penasaran kalo box yang ke throtle body beda gk ya sama march MT? soalnya beda part number
kesan2:
1. Plastik lebih berkualitas daripada bawaan go+, buatan thailand kyknya. yg go+ buatan lokal LCGC lagi
2. stop n go gak terlalu kerasa efeknya ya?
3. buat di tol lebih kerasa efeknya buat salip2
masih pengen lebih merasakan lagi efeknya dimana, sekaligus penasaran kalo box yang ke throtle body beda gk ya sama march MT? soalnya beda part number
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
1. oh baru tau ada lokalnya hehehe..piko25 wrote:halo om kunaskun, akhirnya ane dapet box filter march MT. begitu keluar bengkel langsung pasang.
kesan2:
1. Plastik lebih berkualitas daripada bawaan go+, buatan thailand kyknya. yg go+ buatan lokal LCGC lagi
2. stop n go gak terlalu kerasa efeknya ya?
3. buat di tol lebih kerasa efeknya buat salip2
masih pengen lebih merasakan lagi efeknya dimana, sekaligus penasaran kalo box yang ke throtle body beda gk ya sama march MT? soalnya beda part number
2. yep share ke milis lain ada yang bilang juga sama, karena emang logisnya ga efek si, fungsinya kan itu torque boost.
3. yap efeknya ketika sudah cruising speed.
beda part number bisa jadi karena beda vendor.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Mon Mar 03, 2014 8:43
- Location: Kab.Bogor-Jakarta-Omah Surabaya
- Daily Vehicle: Honda Mobilio E CVT 2017 Remap Mbah Bebonk
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
kalo kata orang beres, march udah full thailand. LCGC kan emang jor-joran naikin kandungan lokal hehehe...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Oct 12, 2015 6:54
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Satu hal yang belom di bahas, yaitu biaya servicenya. Habis berapa pas tiap kali service di kilometer tertentu ? mungkin jadi pertimbangan buat yang ingin beli.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
nubie bantu jawab, setelah 5 taon pakai maret m/t, kira2 seingat saya biaya servis seperti ini: (mobil tahun 2011 awal, 2015 akhir dijual)firdana wrote:Satu hal yang belom di bahas, yaitu biaya servicenya. Habis berapa pas tiap kali service di kilometer tertentu ? mungkin jadi pertimbangan buat yang ingin beli.
km 1000 gratis
km 10.000 Rp. 560.000
km 20.000 Rp. 800.000an
km 30.000 Rp. 560.000
km 40.000 Rp. 1.800.000
km 50.000 Rp. 560.000
km 60.000 Rp. 800.000an
km 70.000 Rp. 560.000
km 80.000 -> mobil dijual (yang ini kayaknya mahal)
CMIIW
biaya td sudah termasuk oli nissan 10w-30 (ga salah 60rb an perliter, SA jamin oli bisa dipake sampe 10rb km)
di km 100.000 yang paling mahal karena ada penggantian busi iridium-nya.
servis di beres nissan ga mahal, hanya saja sering bolak balik bengkel karena problem banyak, terutama bearing (kasus saya semua garansi alias gratis).
seinget saya garansi mobil 3 taon dan part yang diganti di beres di garansi ulang lagi 1 tahun.
problem yang persist sampe mobil dijual : mesin ngelitik.
ga tau ya, mobil ini meski di atas kertas ga wah2 amat, dan kalau di review mungkin biasa saja(banyak problem malah). tapi ini boil yang paling lama saya pakai dan sampe sekarang masih pengen punya march lagi..
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 64
- Joined: Mon Oct 12, 2015 6:54
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Ternyata sering bermasalah yah, kalo sekarang kan built up thailand (katanya sejak 2014) apa masih begitu juga penyakitnya ??Yonatanw wrote:nubie bantu jawab, setelah 5 taon pakai maret m/t, kira2 seingat saya biaya servis seperti ini: (mobil tahun 2011 awal, 2015 akhir dijual)firdana wrote:Satu hal yang belom di bahas, yaitu biaya servicenya. Habis berapa pas tiap kali service di kilometer tertentu ? mungkin jadi pertimbangan buat yang ingin beli.
km 1000 gratis
km 10.000 Rp. 560.000
km 20.000 Rp. 800.000an
km 30.000 Rp. 560.000
km 40.000 Rp. 1.800.000
km 50.000 Rp. 560.000
km 60.000 Rp. 800.000an
km 70.000 Rp. 560.000
km 80.000 -> mobil dijual (yang ini kayaknya mahal)
CMIIW
biaya td sudah termasuk oli nissan 10w-30 (ga salah 60rb an perliter, SA jamin oli bisa dipake sampe 10rb km)
di km 100.000 yang paling mahal karena ada penggantian busi iridium-nya.
servis di beres nissan ga mahal, hanya saja sering bolak balik bengkel karena problem banyak, terutama bearing (kasus saya semua garansi alias gratis).
seinget saya garansi mobil 3 taon dan part yang diganti di beres di garansi ulang lagi 1 tahun.
problem yang persist sampe mobil dijual : mesin ngelitik.
ga tau ya, mobil ini meski di atas kertas ga wah2 amat, dan kalau di review mungkin biasa saja(banyak problem malah). tapi ini boil yang paling lama saya pakai dan sampe sekarang masih pengen punya march lagi..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Kalau saran saya sih kalau ambil march, ambil baru saja om.. Perlu garansinya soalnya..firdana wrote:
Ternyata sering bermasalah yah, kalo sekarang kan built up thailand (katanya sejak 2014) apa masih begitu juga penyakitnya ??
Kalau mau di list problem yang saya alami:
di km 15.000 bearing roda depan kanan rusak
di km 25.000 joint steering rusak, setir kocak
di km 30.000 extra fan kocak, as fan tidak center
di km 30.000 AC bermasalah, selalu ambil udara dari luar, tidak sirkulasi kabin, sekat dalam dashboard rusak
di km 45.000 bearing belakang 2 roda rusak, dan bearing depan kiri rusak
di km 50.000 bearing depan kanan rusak lagi
rem bunyi ngik ngik cukup keras dari baru sampe dijual, sudah klaim beres, ganti kampas uda 3x tidak sembuh.
terakhir sebelum dijual waktu turun kopling set dan shock beker, ngga saya betulin, saya jual.
Yang CBU saya ga pernah coba.. Tapi kalau saya sih, ambil Nissan beratin garansinya..
Bkn bermaksud menjelek2kan satu brand, tapi ini memang yang saya alami selama 5 tahun bersama march.
Sebenernya yang saya alami masalah2 kecil2, ga ada yang sampai permasalahan besar, tapi cukup merepotkan bolak balik beres, karena terkadang (kebanyakan) part ga ready.
Mobil enak sekali, lari 170 masih stabil, posisi duduk (menurut saya) super duper enak.
Konsumsi bbm yang saya dapatkan rata² 1:16.5 (bagus sekali menurut saya).
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 334
- Joined: Tue Aug 16, 2005 4:38
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Nih mobil kecil yg punya head room dan leg room yg lega buat ane yg tinggi 180 dan berat 1xx kg. Ordo sudah 72,000km, usia pakai menginjak tahun ke-4. Model XT AT Sport Edition.
Sering dibejek hingga 120km/jam di fly over Antasari yg bumpy . . . mobil masih stabil dan mudah dikendalikan . . suspensinya memang yahud. Rem juga masih bagus, walupun discbrake sudah baret aga dalam. Sudah siapin disc brake Brembo tapi blum sempet dipasang . . . hehehehe.
Sejak garansi 3 tahun habis, belum pernah ada kerusakan. Dulu masa garansi sih ada bbrp yg diganti:
a. Motor radiator 2x
b. Shockabsorber 1x . . diganti 4 biji walopun keluhan hanya yg depan (benar2 murah hati nih Nissan)
c. bearing roda belakang kika
d. evapor AC (saya ganti atas biaya sendiri sih yg inih).
Tidak pernah gejala mesin ngelitik, BBM selalu pakai SHell V-Power sejak baru. Busi cukup pake platinum. Oli selalu replace tiap 5,000km.
Mengingat jarak tempuh yg sudah cukup tinggi mobil ini sangat tangguh dan awet, terutama jika dirawat dgn baik dan benar. Terutama soal BBM tidak ada toleransi, selalu pakai yg bagus. Terbukti sampai 72,000 km tidak pernah ada masalah di mesin.
Sering dibejek hingga 120km/jam di fly over Antasari yg bumpy . . . mobil masih stabil dan mudah dikendalikan . . suspensinya memang yahud. Rem juga masih bagus, walupun discbrake sudah baret aga dalam. Sudah siapin disc brake Brembo tapi blum sempet dipasang . . . hehehehe.
Sejak garansi 3 tahun habis, belum pernah ada kerusakan. Dulu masa garansi sih ada bbrp yg diganti:
a. Motor radiator 2x
b. Shockabsorber 1x . . diganti 4 biji walopun keluhan hanya yg depan (benar2 murah hati nih Nissan)
c. bearing roda belakang kika
d. evapor AC (saya ganti atas biaya sendiri sih yg inih).
Tidak pernah gejala mesin ngelitik, BBM selalu pakai SHell V-Power sejak baru. Busi cukup pake platinum. Oli selalu replace tiap 5,000km.
Mengingat jarak tempuh yg sudah cukup tinggi mobil ini sangat tangguh dan awet, terutama jika dirawat dgn baik dan benar. Terutama soal BBM tidak ada toleransi, selalu pakai yg bagus. Terbukti sampai 72,000 km tidak pernah ada masalah di mesin.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 271
- Joined: Sun Feb 21, 2016 10:43
- Location: Surabaya
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
Setuju om.. Mobil ini stabil.. Saya abis lariin 170 di tol juanda waru, besoknya bawa xenia di rute yang sama, baru sadar jalannya bumpy. Haha..Hanggar wrote:Nih mobil kecil yg punya head room dan leg room yg lega buat ane yg tinggi 180 dan berat 1xx kg. Ordo sudah 72,000km, usia pakai menginjak tahun ke-4. Model XT AT Sport Edition.
Sering dibejek hingga 120km/jam di fly over Antasari yg bumpy . . . mobil masih stabil dan mudah dikendalikan . . suspensinya memang yahud. Rem juga masih bagus, walupun discbrake sudah baret aga dalam. Sudah siapin disc brake Brembo tapi blum sempet dipasang . . . hehehehe.
Sejak garansi 3 tahun habis, belum pernah ada kerusakan. Dulu masa garansi sih ada bbrp yg diganti:
a. Motor radiator 2x
b. Shockabsorber 1x . . diganti 4 biji walopun keluhan hanya yg depan (benar2 murah hati nih Nissan)
c. bearing roda belakang kika
d. evapor AC (saya ganti atas biaya sendiri sih yg inih).
Tidak pernah gejala mesin ngelitik, BBM selalu pakai SHell V-Power sejak baru. Busi cukup pake platinum. Oli selalu replace tiap 5,000km.
Mengingat jarak tempuh yg sudah cukup tinggi mobil ini sangat tangguh dan awet, terutama jika dirawat dgn baik dan benar. Terutama soal BBM tidak ada toleransi, selalu pakai yg bagus. Terbukti sampai 72,000 km tidak pernah ada masalah di mesin.
Punya saya diisi premium sampai v power tetep ngelitik. Entah kenapa..
Untuk busi march manual dari bawaannya sudah iridium, penggantian setiap 100rb km, untuk matic busi biasa, ga salah penggantian setiap 40rb km.
DD4 CVT | GE8 5AT | K3-VE
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3964
- Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16
Re: Medium Term Review: Nissan March XS AT 2012 Grey
bused, segitu banyak om? saya kenanya: lampu belakang assy kiri kanan karena entah kenapa itu lampu sign lampu mundur sering banget longgar bohlamnya, rear parking sensor original accesories 2x, bearing roda belakang kiri kanan, evaporator AC. sisanya so far so good.Yonatanw wrote:Kalau saran saya sih kalau ambil march, ambil baru saja om.. Perlu garansinya soalnya..firdana wrote:
Ternyata sering bermasalah yah, kalo sekarang kan built up thailand (katanya sejak 2014) apa masih begitu juga penyakitnya ??
Kalau mau di list problem yang saya alami:
di km 15.000 bearing roda depan kanan rusak
di km 25.000 joint steering rusak, setir kocak
di km 30.000 extra fan kocak, as fan tidak center
di km 30.000 AC bermasalah, selalu ambil udara dari luar, tidak sirkulasi kabin, sekat dalam dashboard rusak
di km 45.000 bearing belakang 2 roda rusak, dan bearing depan kiri rusak
di km 50.000 bearing depan kanan rusak lagi
rem bunyi ngik ngik cukup keras dari baru sampe dijual, sudah klaim beres, ganti kampas uda 3x tidak sembuh.
terakhir sebelum dijual waktu turun kopling set dan shock beker, ngga saya betulin, saya jual.
Yang CBU saya ga pernah coba.. Tapi kalau saya sih, ambil Nissan beratin garansinya..
Bkn bermaksud menjelek2kan satu brand, tapi ini memang yang saya alami selama 5 tahun bersama march.
Sebenernya yang saya alami masalah2 kecil2, ga ada yang sampai permasalahan besar, tapi cukup merepotkan bolak balik beres, karena terkadang (kebanyakan) part ga ready.
Mobil enak sekali, lari 170 masih stabil, posisi duduk (menurut saya) super duper enak.
Konsumsi bbm yang saya dapatkan rata² 1:16.5 (bagus sekali menurut saya).
saya top speed 140 kph... sisanya ga mau naik lagi, kaya kena limiter... konsumsi bbm so so dalkot 1:10, tapi ya ini kota kecil jd jarang macet, kebanyakan gas rem hindari motor dan lamer.
nah bener paling lega di kelasnya, kursi pun ergonomis di saya ga tau kenapa bisa cocok.Hanggar wrote:Nih mobil kecil yg punya head room dan leg room yg lega buat ane yg tinggi 180 dan berat 1xx kg. Ordo sudah 72,000km, usia pakai menginjak tahun ke-4. Model XT AT Sport Edition.
nah setuju lagi, suspension setup memang yahud.Sering dibejek hingga 120km/jam di fly over Antasari yg bumpy . . . mobil masih stabil dan mudah dikendalikan . . suspensinya memang yahud. Rem juga masih bagus, walupun discbrake sudah baret aga dalam. Sudah siapin disc brake Brembo tapi blum sempet dipasang . . . hehehehe.
rem sudah ada brembo oe ya? menarik. hebatnya nih kampas rem udah 34 ribu km masih tebel aja, apa karena jarang macet kali ya
kalau saya ngelitik kalau dapet pertalite atau pertamax basi, kalau premium si jangan tanya pasti ngelitik. dan ciri khas nissan, kadang ngelitiknya bukan pas dadakan dibejek tapi pas cruising kadang kedengeran.Sejak garansi 3 tahun habis, belum pernah ada kerusakan. Dulu masa garansi sih ada bbrp yg diganti:
a. Motor radiator 2x
b. Shockabsorber 1x . . diganti 4 biji walopun keluhan hanya yg depan (benar2 murah hati nih Nissan)
c. bearing roda belakang kika
d. evapor AC (saya ganti atas biaya sendiri sih yg inih).
Tidak pernah gejala mesin ngelitik, BBM selalu pakai SHell V-Power sejak baru. Busi cukup pake platinum. Oli selalu replace tiap 5,000km.
Mengingat jarak tempuh yg sudah cukup tinggi mobil ini sangat tangguh dan awet, terutama jika dirawat dgn baik dan benar. Terutama soal BBM tidak ada toleransi, selalu pakai yg bagus. Terbukti sampai 72,000 km tidak pernah ada masalah di mesin.
saya cuma dapet 140 kph.. sisanya kaya di limiter, agak aneh si, tapi ya sudahlah biar aman jugaYonatanw wrote:
Setuju om.. Mobil ini stabil.. Saya abis lariin 170 di tol juanda waru, besoknya bawa xenia di rute yang sama, baru sadar jalannya bumpy. Haha..
Punya saya diisi premium sampai v power tetep ngelitik. Entah kenapa..
Untuk busi march manual dari bawaannya sudah iridium, penggantian setiap 100rb km, untuk matic busi biasa, ga salah penggantian setiap 40rb km.
kalau ngelitik coba abis carbon clean, ganti oli, ganti busi, cek satu2 gap busi, terus cek pengapian minta timing standard, isi pertamax harusnya ga ngelitik, walau kadang2 ada tapi okelah.
saya busi dari awal langsung pasang iridium karena ngeliatnya ribet banget mau ganti busi musti bongkar intake yang panjangnya ga ketulungan itu, padahal saya dulu termasuk rajin ganti busi, karena busi kan murmer dan di yoyota biasanya ganti busi itu ga ribet buka sana sini.