Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26954
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by DOHC »

kompresorz wrote:
DOHC wrote:agya ayla ga jelek koq... asalkan dipake sesuai peruntukan nya aj...
sebagai mobil duo kaleng generasi ke 2 untuk di nobatkan mobil tercepat di indonesia ya mod... :e-think:
betul skali om...

bener2 sbagai pengganti duo kaleng itu... apalagi kl ane lg dinas luar dan butuh mobil rentalan, ini duo agay alay bener2 jd pelipur lara... harga sewa lebi murah jauh, lebi irit jauh dan lebi enak buat sruntulan jauh dibanding duo kaleng...

kstabilan ?? ke ngerian ?? jg sebenernya jauhh lebi dahsyat dbanding duo kaleng... :upss:

tp emang agay alay ini, kl yg manual, apalagi cuman dipake nyetir sendiri... utk sruntulan bener2 enak om.. berasa lg bawa motor bebek... masuk gigi 1, bejek rpm tinggi sambil tahan kopling, lalu mendadak lepas kopling... ban berdecit dikit tp lgs narik... bener2 rasa nya kaya lg maen2in motor bebek.. blom lg kopling super ringan ala mobil generik gini... dan yg trakir, ban super mini dan super eco nya, stiap tikungan kl dlibas agak kenceng, berasa one step closer to disaster, which is good...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by artoodetoo »

b8099ok wrote:
newrubble wrote:itu odomoter sampai 200 tapi fuel level spt org blm trima gaji ...apa mata tua sy salah liat ...
Ini tanggal tua om,...

:wkkk:
Itulah hebatnya mobil kita itu, semua indikator nyala, bensin nyaris asat (kering) tapi tembus 200km/h.
Nanti mobil itu berhenti di tahun 1968, ternyata time capsul
:mky_03:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by g1ng2 »

b0ku wrote: ANCAP yg test alay itu tested by malay gov yg masih 11 12 ama indo........:ngacir:

btw freed gw gak punya Airbag boss lagian ABS tidak mengurangi jarak pengereman malah yg ada menambah jarak pengereman ABS itu gunanya biar rem gak ngunci waktu panik braking yg nyebabin setir bisa ngebuang ke kanan kiri, kalo ada ABS kita bisa lebih kontrol mobil waktu situasi panik braking sekalipun.... :ngacir:

safety di jalan mah koncinya satu mikirin org laen di jalan jgn egois sekenceng atau sepelan apapun bawa mobil ngalah kalo emang loe gak yakin dan ketemu org yg lebih ngotot....... :ngacir:
Siapapun yang nge-test, ane sih ambil hikmahnya aja, pabrikan lebih di push untuk memperhatikan safety, kita disini juga belajar apa itu safety... tinggal prakteknya aja di jalan. :big_peace: :big_peace:

Namanya testing, pasti ada metoda-nya ada teknis pelaksanaannya, kalau tidak sesuai pabrikan juga bisa protes kan?
ABS tidak menambah jarak pengereman, BA - Brake Assist yang tujuannya mengurangi jarak pengereman,
EBD menghambat penambahan jarak pengereman ketika mobil dalam keadaan beban penuh - cmiiw :big_think: :big_comfort:
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

g1ng2 wrote:
b0ku wrote: ANCAP yg test alay itu tested by malay gov yg masih 11 12 ama indo........:ngacir:

btw freed gw gak punya Airbag boss lagian ABS tidak mengurangi jarak pengereman malah yg ada menambah jarak pengereman ABS itu gunanya biar rem gak ngunci waktu panik braking yg nyebabin setir bisa ngebuang ke kanan kiri, kalo ada ABS kita bisa lebih kontrol mobil waktu situasi panik braking sekalipun.... :ngacir:

safety di jalan mah koncinya satu mikirin org laen di jalan jgn egois sekenceng atau sepelan apapun bawa mobil ngalah kalo emang loe gak yakin dan ketemu org yg lebih ngotot....... :ngacir:
Siapapun yang nge-test, ane sih ambil hikmahnya aja, pabrikan lebih di push untuk memperhatikan safety, kita disini juga belajar apa itu safety... tinggal prakteknya aja di jalan. :big_peace: :big_peace:

Namanya testing, pasti ada metoda-nya ada teknis pelaksanaannya, kalau tidak sesuai pabrikan juga bisa protes kan?
ABS tidak menambah jarak pengereman, BA - Brake Assist yang tujuannya mengurangi jarak pengereman,
EBD menghambat penambahan jarak pengereman ketika mobil dalam keadaan beban penuh - cmiiw :big_think: :big_comfort:
gw gak baca BA sama EBDnya :mky_01:

menurut gw pabrikan kebanyakan cuma focus ke crashtestnya aja laen sama honda GCON ACE dirancang buat menghindari tabrakan terlebih dahulu dan waktu ud gak bisa menghindar konstruksi dan airbag akan melindungi kita dari tabrakan makannya kenapa honda bikin mobilnya ngejar RIgid dan ringan biar kita bisa gampang kontrol waktu situasi panik sekalipun...... :ngacir:

kok jd ngomongin honda???? :ngacir:

balik ke alay eh alya

setau gw yach kalo di malon itu merek triple elips dan jongos2xnya itu yg punya KRONI..... kalo loe tau maksud gw :mky_01:

lagian mencurigakan seh datsun GO aja di test pake standart indihe aja gak dapet bintang :wkkk:

masalahnya kalo urusan konstruksi dan safety gw seh lebih percaya si groupnya batumakam dan renol di banding triple elips biarpun sama2x gak suka :wkkk:

gw jg gak yakin hasil ANCAP buat avanza itu bener :ngacir:
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by g1ng2 »

b0ku wrote: setau gw yach kalo di malon itu merek triple elips dan jongos2xnya itu yg punya KRONI..... kalo loe tau maksud gw :mky_01:

lagian mencurigakan seh datsun GO aja di test pake standart indihe aja gak dapet bintang :wkkk:

masalahnya kalo urusan konstruksi dan safety gw seh lebih percaya si groupnya batumakam dan renol di banding triple elips biarpun sama2x gak suka :wkkk:

gw jg gak yakin hasil ANCAP buat avanza itu bener :ngacir:
wah kalau masalah itu sih ane gak ngerti, nanti dikira urusan "Papa Minta Pulsa" :mky_03:
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by madcat015 »

ChZ wrote:
madcat015 wrote:Woi, AT purba woi... Uda gitu ga ada turbo pulak... :big_slap:


*feeling ane ga enak, trit makin ga kondusif... I must flee...* :ngacir:
AT purba dan non turbo saya bisa koq 9 detik 0-100 dan rev nya sampai 7k RPM :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Even ye hated CVT can do that in 11secs :big_weee:
0-100 iz overrated on MPV... hanya orang gila yang ngebut pake MPV... :ngacir:

808BB wrote:-cut-

:mky_07: :mky_07:
Even a cvt
Hello bro 808BB... :big_grin: *langsung muncul dan bully momod? asah golok momod dulu... * :big_smoking:



@sandal, wongzo, FRD, mingky: *EHEM!* :big_smoking:

b0ku wrote:
gw gak baca BA sama EBDnya :mky_01:

menurut gw pabrikan kebanyakan cuma focus ke crashtestnya aja laen sama honda GCON ACE dirancang buat menghindari tabrakan terlebih dahulu dan waktu ud gak bisa menghindar konstruksi dan airbag akan melindungi kita dari tabrakan makannya kenapa honda bikin mobilnya ngejar RIgid dan ringan biar kita bisa gampang kontrol waktu situasi panik sekalipun...... :ngacir:

kok jd ngomongin honda???? :ngacir:

balik ke alay eh alya

setau gw yach kalo di malon itu merek triple elips dan jongos2xnya itu yg punya KRONI..... kalo loe tau maksud gw :mky_01:

lagian mencurigakan seh datsun GO aja di test pake standart indihe aja gak dapet bintang :wkkk:

masalahnya kalo urusan konstruksi dan safety gw seh lebih percaya si groupnya batumakam dan renol di banding triple elips biarpun sama2x gak suka :wkkk:

gw jg gak yakin hasil ANCAP buat avanza itu bener :ngacir:
Hmmm, yang ane bold...

Smart chassis? Jadi mobil nya bisa menghindari tabrakan? :big_think: Sorta like Pre-Crash on chassis? Or invisible force field? :big_think:

Like this?

Image

*brb, buka primbon Product Brush-Up Honda dulu, uda lama ane ga baca novel fiksi komedi itu...* :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by liep »

b0ku wrote: btw freed gw gak punya Airbag boss lagian ABS tidak mengurangi jarak pengereman malah yg ada menambah jarak pengereman ABS itu gunanya biar rem gak ngunci waktu panik braking yg nyebabin setir bisa ngebuang ke kanan kiri, kalo ada ABS kita bisa lebih kontrol mobil waktu situasi panik braking sekalipun.... :ngacir: :
prit thn brp ya? kok blm ad airbag?

@om djia, betul pas servis minta test mbl lain, biar ngerti meskipun ga punya hehe
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by VanzMatic »

b0ku wrote: setau gw yach kalo di malon itu merek triple elips dan jongos2xnya itu yg punya KRONI..... kalo loe tau maksud gw :mky_01:

lagian mencurigakan seh datsun GO aja di test pake standart indihe aja gak dapet bintang :wkkk:

masalahnya kalo urusan konstruksi dan safety gw seh lebih percaya si groupnya batumakam dan renol di banding triple elips biarpun sama2x gak suka :wkkk:

gw jg gak yakin hasil ANCAP buat avanza itu bener :ngacir:
Personally, gw lebih percaya hasil tes yg dilakukan lembaga resmi, disebarluaskan secara resmi dan dengan parameter standart yang jelas.... salah satunya, dalam kecepatan maksimal 64km/jam.... daripada statement yang cuman beredar di forum, tanpa bukti jelas, dan ngga bisa dipertanggungjawabkan, serta tanpa parameter opini sesuai kaidah keilmuan.

Back to topic. Ga usah OOT ke Ncap.

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

Untuk soal aman, safety driving itu penting. Bila mobil dikatakan tidak aman, maka aman atau tidak tetap tergantung sama yang mengendarai. Tidak perlu pakai menuduh mobil orang lain tidak aman. Tidak perlu pakai menakut nakuti pakai gambar tabrakan, kecelakaan, dll. Tahu kemampuan kendaraan penting, tahu kemampuan mengendarai penting, tepo sliro dengan kendaraan lain juga penting.

Fitur keselamatan mungkin membantu, tapi tetap ada kelemahannya. setuju dengan om g1ng2, sepintar pintarnya komputernya fitur keselamatan, kadang bisa bodo.

Soal harga dan performa, bila ada mobil yang harganya separuh dari Ayla bisa mengalahkan Ayla, itu bisa saja terjadi. Saya bisa terima kok, memang kenyataannya begitu. Bukan sesuatu yang aneh.

Kalau soal minder, itu yang saya tangkap dari respon pengguna Ayla dan Agya. Dan beberapa yang komentar di sini juga minder kan? Setelah tahu penggunanya minder, apa harus ditakut takuti dan di buat lebih minder lagi? Maksud saya disini dicari penyebabnya lalu barangkali ketemu solusi.

Terima kasih banyak videonya om madcat015, sangat membantu menjelaskan akselerasinya. sekali lagi terima kasih.

Terima kasih sarannya om dija, memang saya kebanyakan membandingkan dari lihat saja. Pernah bawa innova dan panther grand touring tapi sudah lupa rasanya. Mobil bawaan sebelumnya juga terlalu beda.
User avatar
808BB
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 152
Joined: Fri Apr 11, 2014 9:53
Location: Padang, West Sumatera
Daily Vehicle: KE5FW ANH30 FJA300

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by 808BB »

madcat015 wrote:
ChZ wrote:
madcat015 wrote:Woi, AT purba woi... Uda gitu ga ada turbo pulak... :big_slap:


*feeling ane ga enak, trit makin ga kondusif... I must flee...* :ngacir:
AT purba dan non turbo saya bisa koq 9 detik 0-100 dan rev nya sampai 7k RPM :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:

Even ye hated CVT can do that in 11secs :big_weee:
0-100 iz overrated on MPV... hanya orang gila yang ngebut pake MPV... :ngacir:

808BB wrote:-cut-

:mky_07: :mky_07:
Even a cvt
Hello bro 808BB... :big_grin: *langsung muncul dan bully momod? asah golok momod dulu...
Ampun mood :big_peace:
Abis vx1 nya bullyable sih :big_weee:
GGL15 Obsidian
F30 Havana
KE5FW Soul red
ANH30 White pearl
J300 Precious white
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by imingwahyudi »

808BB wrote:
madcat015 wrote:
Ampun mood :big_peace:
Abis vx1 nya bullyable sih :big_weee:


Apanjah Veloz om Bob :big_weee:




*kamsiah ai udah ikutin saran saya manggil mobil koh Meong jadi Apanjah :mky_03: *
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by penyubali »

Saya nyetir Agya ga minder kok om :) dan asumsi stereotypes bahwa orang2 yg nyetir Agya duitnya pas2an jg misleading.
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by djia »

penyubali wrote:Saya nyetir Agya ga minder kok om :) dan asumsi stereotypes bahwa orang2 yg nyetir Agya duitnya pas2an jg misleading.
mgkin maxutnya merasa minder krn merasa kalah cepat dari mobil lain. padahal kodratnya emang wajar kalo disalip sama mobil tsb.
saya sndiri kadang ngerasa kalah cepat juga, tpi sama sekali bukan minder, cuma tau diri aja ketika avanza saya disalip accord :mrgreen:

lagian buat apa ya salip2an sama mobil lain di jalanan. kalo disalip biarin aja selama masih sesuai aturan n ga membahayakan.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

madcat015 wrote:
Hmmm, yang ane bold...

Smart chassis? Jadi mobil nya bisa menghindari tabrakan? :big_think: Sorta like Pre-Crash on chassis? Or invisible force field? :big_think:

Like this?

Image

*brb, buka primbon Product Brush-Up Honda dulu, uda lama ane ga baca novel fiksi komedi itu...* :ngacir:
intinya focus Chasisnya bukan cuma focus di crashtest bikin struktur yang kuat tapi ngejar ke handling dan control juga jd musti kuat dan balance
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by madcat015 »

b0ku wrote:
madcat015 wrote:
Hmmm, yang ane bold...

Smart chassis? Jadi mobil nya bisa menghindari tabrakan? :big_think: Sorta like Pre-Crash on chassis? Or invisible force field? :big_think:

-cut-

*brb, buka primbon Product Brush-Up Honda dulu, uda lama ane ga baca novel fiksi komedi itu...* :ngacir:
intinya focus Chasisnya bukan cuma focus di crashtest bikin struktur yang kuat tapi ngejar ke handling dan control juga jd musti kuat dan balance
Ah yes... Ane mengerti sekarang... Berarti chassis dibuat rigid untuk handling dan control... :mky_01:


imingwahyudi wrote:
808BB wrote:
madcat015 wrote:
Ampun mood :big_peace:
Abis vx1 nya bullyable sih :big_weee:


Apanjah Veloz om Bob :big_weee:




*kamsiah ai udah ikutin saran saya manggil mobil koh Meong jadi Apanjah :mky_03: *
Buset dah, apanjah pilus? :big_slap:

Memang M8 bullyable bener dari awal :big_slap: tapi lumayan lah... Big bang for the *limited* bucks... :big_peace:




@om sucahyo: terima kasih kembali om... Kondisi kurang optimal untuk bener2 flat out... Seharusnya bisa lebih baik sedikit. Mode M di AT Mazda punya rubber band yang bikin ane cepat tua nunggu power delivery nya. Jika dilakukan dalam mode D, pasti transmisi akan menurunkan gear ke 1 dan mesin akan meraung ke 3500rpm+ hingga redline dengan akselerasi yang lebih buas. :big_deal:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
sandal
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3692
Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sandal »

madcat015 wrote:Buset dah, apanjah pilus? :big_slap:

Memang M8 bullyable bener dari awal :big_slap: tapi lumayan lah... Big bang for the *limited* bucks... :big_peace:
M8 benar2 mobil bullyable


termasuk pemiliknya



................................... :ngacir:
2017 Ignis

2021 HRV SE Improvement
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

memang seharusnya tidak perlu minder om penyubali :).
madcat015 wrote: @om sucahyo: terima kasih kembali om... Kondisi kurang optimal untuk bener2 flat out... Seharusnya bisa lebih baik sedikit. Mode M di AT Mazda punya rubber band yang bikin ane cepat tua nunggu power delivery nya. Jika dilakukan dalam mode D, pasti transmisi akan menurunkan gear ke 1 dan mesin akan meraung ke 3500rpm+ hingga redline dengan akselerasi yang lebih buas. :big_deal:
Iya. respon mungkin tidak didesain untuk jalan di rpm rendah, transmisinya hebat juga bisa dipaksa jalan rpm rendah. sekali lagi terima kasih.
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by hariy »

Test...
..................................................................
User avatar
aufal
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Mon Jul 07, 2014 9:05

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by aufal »

sandal wrote:
madcat015 wrote:Buset dah, apanjah pilus? :big_slap:

Memang M8 bullyable bener dari awal :big_slap: tapi lumayan lah... Big bang for the *limited* bucks... :big_peace:
M8 benar2 mobil bullyable


termasuk pemiliknya



................................... :ngacir:

Ane tebelin om kalo spidolnya abiz...[emoji16]
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2968
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: RE: Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by imingwahyudi »

aufal wrote:
sandal wrote:
madcat015 wrote:Buset dah, apanjah pilus? :big_slap:

Memang M8 bullyable bener dari awal :big_slap: tapi lumayan lah... Big bang for the *limited* bucks... :big_peace:
M8 benar2 mobil bullyable


termasuk pemiliknya



................................... :ngacir:

Ane tebelin om kalo spidolnya abiz...[emoji16]

Jangan tanggung tanggung om :mky_03: :mky_03: :mky_03: :mky_03:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

tergelitik dengan pernyataan bahwa Ayla sebanding dengan supra fit lawan ninja, saya mencoba mencari tahu sebenarnya seberapa cepat Ayla dibanding dengan motor sport.

Disini saya menggunakan data 0-100 km/h, karena data lain susah mencarinya.

Berdasarkan semisena, Ayla butuh waktu 14 detik.
https://www.semisena.com/161/kelebihan- ... -ayla.html

Lalu data motor sportnya:
http://tmcblog.com/2015/03/16/test-akse ... engan-r15/
Data race logic Yamaha YZF-R15
0-100 km/jam: 12.8 detik

Data race logic Honda CBR150R
0-100 km/jam: 12.7 detik

Data race logic CBSF
0-100 km/jam: 11.7 detik

Data racelogic NVL
0-100 km/jam: 13.1 detik

Data racelogic Satria FU 150…
0-100 km/jam: 12.8 detik


http://motor.otomotifnet.com/Motor/Test ... n-Performa
Data performa:
Honda New MegaPro FI
0-100 km/jam : 20,1 detik

Yamaha Byson
0-100 km/jam : 21,1 detik

http://motor.otomotifnet.com/Motor/Test ... si-Bbm-Nya
Data test Vario 150 ESP
0-100 : 17.2 detik


Jadi saya simpulkan Ayla sedikit lebih lambat dari sport 150 cc dan lebih cepat dari motor keluarga 150cc. Jadi tenaga Ayla rasanya berlebihan dari tujuan aslinya yang hanya untuk antar kota jarak dekat.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4262
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: DAKAR 2012 AND 2013 GE8 TYPE S

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by b0ku »

:wkkk: gak tertarik mau alay eh alya 0-100 2.9 det kek emangnya gw pikirin :wkkk:

gak minat sama mobil yg chasisnya ngawur dan asal2xan saya sudah kapok dibodohin toyota, yaris aja sebagai mobil aja kacrut gimana alya

kalo cuma pusingin power beli D4D bekas aja gw chip up buatan thailand jg bisa murah lagi tinggal plug n play jadi deh bawa mobil selalu start pake gigi2 :weekk:
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3051
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by solar_kerosen »

mobil yg udah kebukti bagus crash zonenya , lancer EX si dul kebalik dan nimpa mobil di seberang yg mati malahyg di grandmax , hyundai santa fe kebalik di tol orangnya cuma lecet lecet doang
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
djia
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1060
Joined: Sun Jun 16, 2013 15:27
Daily Vehicle: laptop_dan_hape

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by djia »

sucahyo wrote:tergelitik dengan pernyataan bahwa Ayla sebanding dengan supra fit lawan ninja, saya mencoba mencari tahu sebenarnya seberapa cepat Ayla dibanding dengan motor sport.
.
maksudnya bukan ayla vs motor sport, om. tapi kalo om sucahyo ngebandingin ayla vs mobil2 lain yg kastanya lebih tinggi seperti di mainpost, itu serasa ngebandingin supra fit vs motor2 lain yang kastanya lebih tinggi. dan ini memancing kontroversi sampe akhirnya trit ini jadi panjang berhalaman2.

disyukuri aja apa adanya, om. ayla agya itu diproduksi untuk pemenuhan kebutuhan pasar mobil harga <100juta, bukan untuk mobil performa. maka sebaiknya dimanfaatkan sebagaimana mestinya.
bodi, rangka, mesin, dan fitur, semua diorientasikan pada harga. dan dari pabrikan sendiri tidak ada promosi performa. adanya promosi harga dan keiritan.
sejujurnya saya sndiri utk lcgc masih ngerasa lebih nyaman pake satya daripada agya/ayla. tapi memang selisih harga lumayan lebih mahal satya.

mobil saya avanza 1500 cc, tapi utk performa saya akui ni mobil ya apa adanya. bahkan di kastanya sendiri juga kalah performa dari mobilio dan kalah fitur dari ertiga. saya pernah pake semuanya.
apalagi jika membandingkan dengan kasta di atasnya. rasanya avanza 2014 saya ini juga masih kalah nyaman sama accord 1985 yang dulu juga sering saya pake. karena emang beda kasta meski umur selisih jauh.
b0ku wrote::wkkk: gak tertarik mau alay eh alya 0-100 2.9 det kek emangnya gw pikirin :wkkk:

gak minat sama mobil yg chasisnya ngawur dan asal2xan saya sudah kapok dibodohin toyota, yaris aja sebagai mobil aja kacrut gimana alya

kalo cuma pusingin power beli D4D bekas aja gw chip up buatan thailand jg bisa murah lagi tinggal plug n play jadi deh bawa mobil selalu start pake gigi2 :weekk:
dihargai aja om yg beli ayla/agya. kalo dibandingin yaris / d4d ya ga sebanding lah. harganya aja udah 2.5 / 4x lipatnya.
Greenhunter
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 549
Joined: Mon Aug 25, 2014 14:12

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Greenhunter »

sucahyo wrote: Berdasarkan semisena, Ayla butuh waktu 14 detik.
https://www.semisena.com/161/kelebihan- ... -ayla.html
kalau berdasarkan autobild kok 16.53 detik ya..
ini link sumbernya (walah kok jadi ikut latah kasih link ya., wkwkwkwk..) :wkkk:
http://m.autobild.co.id/read/2013/12/09 ... g-Ekonomis

tapi sumber yang sama di lain kesempatan ngetes tipe yang lebih tinggi (yang notabene bobot total mobilnya lebih berat) malah mendapatkan hasil yang lebih baik, 13 koma sekian detik.
http://test.autobild.co.id/read/2013/12 ... -Tertinggi
:wkkk: :wkkk: :wkkk:

BTW, kenapa mesti pakai data tes orang lain sih.
bro cahyo kan sering tes ini tes itu, saya yakin anda mestinya juga pernah tes 0-100 km/jam di ayla anda sendiri.
dapet berapa detik bro ??


di link berita yang terakhir ada komentar yang menarik disalah satu paragraf-nya :
Sebagai menu tambahan, kamipun mengetes kecepatan maksimalnya. Sepertinya mesin 1.000 cc injeksi konvensionalnya mampu melajukan Ayla hingga kecepatan lebih dari 135 km/jam, namun getaran yang terasa di setir menandakan ban dan kaki-kaki, dan bodinya sudah tak mampu lagi mengkonversi tenaga dengan sempurna ke atas roda membuat kami urung melanjutkannya.

jadi ?? :big_dunno: