Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Segala jenis Hatchback dan tipe - tipe mobil lainnya.
(Jazz, Yaris, Swift, xover dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by A7Corsair »

sucahyo wrote:Om alvin23, menghitung horsepower bisa dilakukan dengan memakai data akselerasi. Akselerasi adalah dV / dt. Jadi butuh data V1, V2, t1 dan t2. hasil perhitungan saya hanya pakai yang terakhir, kecuali untuk data pertama.

Sumbernya:
https://prezi.com/kw35n3h6ipbw/chapter-5-section-4/

Dari video jelas ketahuan mana yang cepat dan mana yang lambat.
V1 ... rotate ... wuuuzzzzz ....
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

Untuk meneruskan topik ini butuh performa dari Ayla/Agya standard, yang kalau bisa di versi berbeda dari Ayla yang saya punya, yaitu versi Desember 2014, sesudah minor improvement tapi sebelum perubahan versi 2015.

Bila suatu saat nanti ada yang bersedia posting versi standard. Maka akan bisa jadi acuan untuk memastikan apakah benar Ayla/Agya lain lebih lambat dari versi yang saya punyai. Dan bila versinya sama, apa performanya juga serupa.
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1966
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by alvin23 »

sucahyo wrote:Om alvin23, menghitung horsepower bisa dilakukan dengan memakai data akselerasi. Akselerasi adalah dV / dt. Jadi butuh data V1, V2, t1 dan t2. hasil perhitungan saya hanya pakai yang terakhir, kecuali untuk data pertama.

Sumbernya:
https://prezi.com/kw35n3h6ipbw/chapter-5-section-4/

Dari video jelas ketahuan mana yang cepat dan mana yang lambat.
oh oke2, jadi butuh data buat deltanya ya.. sip2 paham ane sekarang
Rocky R ADS CVT 2021
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7389
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by newrubble »

jadi ingat dupond et dupont (tintin au pays de l'or noir) salah 1 dr mrk merasa running jeep yg dipakai spt tidak/kurang kencang larinya n turun saat jeep dlm kecepatan n ...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6012
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by artoodetoo »

newrubble wrote:jadi ingat dupond et dupont (tintin au pays de l'or noir) salah 1 dr mrk merasa running jeep yg dipakai spt tidak/kurang kencang larinya n turun saat jeep dlm kecepatan n ...
Haha, kalo angkatan saya lebih mengenal mereka dengan Thompson dan Thomson
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by scorpio »

sucahyo wrote:Untuk meneruskan topik ini butuh performa dari Ayla/Agya standard, yang kalau bisa di versi berbeda dari Ayla yang saya punya, yaitu versi Desember 2014, sesudah minor improvement tapi sebelum perubahan versi 2015.

Bila suatu saat nanti ada yang bersedia posting versi standard. Maka akan bisa jadi acuan untuk memastikan apakah benar Ayla/Agya lain lebih lambat dari versi yang saya punyai. Dan bila versinya sama, apa performanya juga serupa.
ini bedanya apa aja sih om?

*nanya serius :big_childish:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5714
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sintoni »

Masi rame aja ini trit. :ngacir:

Paling ga lama lg dilock lagi.
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mastermax »

lha kirain udah di lock.... :big_chicken: :off_good: :big_bored: tadi ane masuk mana ya...
bapakne_satya
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Tue Dec 18, 2012 7:05
Location: Balikpapan-Yogyakarta
Daily Vehicle: ANKI G 2016 - Ertiga GX 2013

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by bapakne_satya »

sucahyo wrote:Ini hasil perbandingan Ayla saya dengan Ayla/Agya lain, menggunakan video. Punya saya Ayla Tipe M Manual, 155/80R13, bensin premium. Butuh lebih banyak perbandingan untuk bisa menyimpulkan, sayang tidak menemukan lagi.

Perhitungan horse power dengan berat keseluruhan / gross weight diasumsikan 1300kg:

Ayla saya:
Image

Agya om arief prem:
Image

Ayla AT:
Image
Bukannya daya/torsi mesin itu salah satunya fungsi putaran mesin ya?
Pertanyaan awam sy, itu data rpm memang selalu konstan dari kecepatan 1 sampe kecepatan 2?
Kalo utk itung2an fisika rasanya masih oke kalau hanya berdasar delta kecepatan dan massa, lha ini kan mesin yg kurvanya dinamis? Sy percaya kesimpulan yg didapat ya akan sangat bias. Yg majornya physics mgkn bisa jelasnya lbh clear. Jgn potong buah pake chainsaw Kang Cahyo, jd aneh dan lucu.
mbahgeyot
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 99
Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by mbahgeyot »

sucahyo wrote:Saat bodi Ayla dipanjangkan, namanya berubah jadi Xenia.
WTF dude
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by liep »

mbahgeyot wrote:
sucahyo wrote:Saat bodi Ayla dipanjangkan, namanya berubah jadi Xenia.
WTF dude
.
Dgosok lagi..sampe mekar..berubah jadi innova...gosok lebih lama jd fortuner
egibaio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 854
Joined: Tue May 19, 2015 4:08

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by egibaio »

liep wrote:
mbahgeyot wrote:
sucahyo wrote:Saat bodi Ayla dipanjangkan, namanya berubah jadi Xenia.
WTF dude
.
Dgosok lagi..sampe mekar..berubah jadi innova...gosok lebih lama jd fortuner
gosok lebih lama lagi jd batu akik
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1801
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by FRD »

kalem semua, kalem...ini trid kan awalmya dibuat utk kepuasan pribadi bukan utk ajang diskusi, jadi ya terserah TS nya mw ngomong apa aja :upss: ............ :ngacir:
:big_smoking:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by sucahyo »

yang bikin trid ditutup kan spam oot, kalau nggak ada yang trolling mestinya aman.


bagian kelihatan dari minor improvement (oktober 2014) adalah lampu tambahan di pintu bagasi, dan resonator intake yang menutupi busi.

Juga dikatakan peredam ditambahkan untuk menambah kekedapan mesin dan penambahan resonator di knalpot untuk mengurangi efek drone (ngung). Juga beberapa penambahan fasilitas lain seperti MID di tipe M dan speaker jadi 4 dari asalnya cuma 2.

Untuk versi 2015, dikatakan ada penambahan peredam lagi. Namun beberapa orang bilang bahwa memang versi 2015 mesinnya lebih bergetar.

Ayla menggunakan mesin yang serupa dengan mesin Xenia 1000cc dengan beberapa perubahan.


Untuk soal HP, pertanyaannya membingungkan, tenaga mesin itu tidak konstan di seluruh rpm. Bila akselerasi dilakukan pada satu gigi saja (saya pakai gigi 3), maka kecepatan akan berbanding lurus dengan rpmnya.

Kalau ambilnya cuma dari paling pelan dan paling cepat ketemunya ya garis lurus. Kalau dibagi / per segmen kita bisa menemukan hitungan tenaga tiap segmennya, sehingga tidak lagi garis lurus tapi menjadi bentuk kurva tenaga untuk tiap rentang rpm. Saya pakai per 10km/h, kira kira 500rpm an.

Saya rasa mesin dyno juga menggunakan metode yang hampir sama, namun dengan segmen percepatan yang lebih kecil.
patrickstar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 521
Joined: Mon Aug 26, 2013 5:50

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by patrickstar »

liep wrote:
mbahgeyot wrote:
sucahyo wrote:Saat bodi Ayla dipanjangkan, namanya berubah jadi Xenia.
WTF dude
.
Dgosok lagi..sampe mekar..berubah jadi innova...gosok lebih lama jd fortuner
Gosok lagi ... ampe klimaks ... ahhh ...
Mengkeret jadi Ayla lagi
Santai dijalan, nikmati hidup.
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mozawa »

Perhitungan menggunakan parameter sederhana yang me ghasilkan data yang kurang valid...

saya lihat terlalu banyak data interpolasi , contoh rpm kenaikannya seperti patern.....pada kecepatan 50 sd 110 kmph....itu mustahil....

ada parameter yg terlupakan , padahal sangat penting...yaitu perbandingan gigi gear...

tidak mungkin kecepatan nol sd 110 kmph menggunakan satu gigi..... karena ayla ada 5 gigi...

sehingga , tidak mungkin rpm compare to kecepatan semulus itu....grafiknya....

misal gigi 4 , untuk mencapai 100 kmph pasti lebih lambat daripada gigi 3....

kalau menggunakan gigi 4 atau gigi 3, untuk pertungannya , hanya dengan rumus sesederhana itu, maka akan ada perbedaan tenaga antara gigi 4 dan gigi 3...

kesimpulan...rumus yg dipakai kurang bisa me ngakomodir banyknya parameter...

rumus tsb adalah rumus fisika sederhana untuk ujian ebtanas siswa smp...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
Syauqi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 499
Joined: Sat May 09, 2015 8:55
Location: Sidoarjo, Surabaya, Jakarta
Daily Vehicle: Potato Car

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Syauqi »

:thanks: Sedikit meluruskan, saya pengguna agya e m/t yg sekilas mirip sama ayla m m/t. Kenapa om sucahyo selalu mengandalkan "akselerasi gigi 3" melulu? Karena powerband aa yg paling bagus emang disitu. Mulai kecepatan 35-80, tenaganya linear dan enak buat selap-selip tanpa harus turun ke gigi 2. Tapi jujur aja, kalo tadi om bilang "suspensi bawaan biasanya lebih stabil", itu kayaknya GAK BANGET untuk aa (mungkin juga buat mobil2 lainnya). Saya pernah coba kecepatan 40 setir saya belokkan kanan kiri kanan kiri secara cepat alhasil mobil bergoyang2 serasa naik kapal laut. Jadi menurut saya, om sucahyo agak2 berlebihan kalo bilang aa ini stabil dan tidak perlu modifikasi suspensi utk semakin menstabilkannya lagi. Utk top speed, saya pernah bawa sampee 145 km/h di tol juanda-waru tapi mobil udah berisik & meraung2. Utk suspensi, asalkan treknya lurus terus ya lumayan aman lah. Tapi kalo dalam kota, tenaga segitu udah cukup banget buat selap-selip. Saya kadang2 kalo nyetir pake agya juga suka sruntulan, beda ketika saya pake innova. Overall, agya ayla ini tenaganya memang cukup banget buat perkotaan (gak lebih dari 100 km/h) tapi kalo dibilang suspensinya stabil... gak stabil2 amat tetapi asalkan kita mbawanya bener & sesuai penggunaannya, maka agya ayla ini bisa dibilang not bad. :thanks: :ngacir:
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mozawa »

akan saya tunjukkan bahwa ada tendensi penipuan di kasus ini...,

1. kalau dilihat dari siapa si peneliti,
dia adalah org yang percaya dengan hal2 yang weird , atau bahkan tahayul , terbukti dari statemen yg mengatakan cementite bisa merubah cuaca...

hal ini adalah hal yang tidak bisa dibuktikan dengan data data matematis dan teknis...., sehingga melakukan penelitian lebih lanjut yang bisa dipertanggungjawabkan by data teknis.

2.peneliti , melakukan experiment dengan cara yang mudah ( shortcut ) , yaitu menggunakan data2 video youtube dan perhitungan fisika sederhana untuk meyakinkan bahwa efek cementite bisa dipertanggung jawabkan secara teknis.

3. data2 di penelitian sucahyo mudah sekali melakukan data palsu..terlihat dari grafik 1 , yang luar biasa ideal....

4. rumus2 sederhana yang dipakai sangat tidak relevan untuk penelitian tenaga....karena begitu hanyak parameter penting yang tidak disertakan....,

5. Seolah2 dengan rumus tsb , penelitian ini bonafid , terpelajar , dan bisa merubah opini dan mengarahkan opini pembaca.... padahal kalau ditelaah lebih lanjut , justru menjerumuskan penulis....

Akan saya tunjukkan......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Mozawa »

grafik data ayla sucahyo , terlihat begitu smooth , dan luar biasa peni gkatan akselerasinya....

suatu hal yang mustahil, karena karakter ayla dengan tenaga keci l, yang sangat rentan terhadap beban , perbandingan gear , kondisi jalan , naik dan turun...dll

rumus yg dipakai adalah rumus linear yg sangat reaktif terhadap akselerasi...tanpa memasukkan parameter beban dan efisiensi heat transfer didalamnya...

grafik ayla cahyo itu , seperti grafik mobil2 bertenaga besar , mobil turbo yang tidak rentan beban, atau mobil dengan beban rendah , misal mobil digunakan pada jalan turunan....

kesimpulan , grafik yang berbeda jauh antara mobil cahyo , dan mobil lainnya , dikarenakan karena ada perbedaan kondisi pembebanan , dalam hal ini jalan...

yaitu digunakan ada kemungkinan pada jalan turun sehingga akselerasinya linear dan jauh lebih baik drpd yang lain....(perlu klarifikasi peneliti)...

ditunggu jawabannya om cahyo.....
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
jabbathehut
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Sat May 23, 2015 7:40

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by jabbathehut »

Serasa masuk mata kuliah statistik 2. Dimana saya dapet nilai D dan mengulang untuk dapat C+.

Sent from my LG-D325 using Tapatalk
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by jivos »

Om cahyo ditunggu tuh responsenya
Think fast pake 3rd gear nya dong
Googling ngumpuling data videonya ntar aja..



* yg mw nimpalin jwbn nya dah ngantri ni :mky_01:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 15588
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by ChZ »

Saya cuma bisa ngelus dada sambil liat buku primbon Graham Bell - 4 Stroke Performance Tuning.

Berarti rumus rumus yang diajarkan dosen saya yang acuannya buku tsb selama ini salah... Om cahyo memang hebat.... harus dapat nobel :e-clap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21998
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Turboman »

Di Surabaya kan ?

oke

1. persiapkan mobil anda sebaik mungkin

2. Datang ke GUT Motorsport or bengkel mana aja yg punya mesin Dyno

3. Lakukan dyno run

4. Bayar

5. Print hasilnya

6. Scan

7. Pajang di sini

8. selesai

Daripada nulis panjang lebar ngabisin energy, biar gambar yg berbicara

FYI :
Ada bbrp orang yg mobilnya naik Dyno lebih dari 5X hanya sekedar utk pengukuran setiap improvement (mrk murni hobby, bukan pedagang)

Bahkan ada 1 teman yg mobilnya naik Dyno sampe 20X (kisah nyata)

Masak om TS naik Dyno sekali aja nggak mau ?

Nggak mau / nggak sanggup atau takut hasilnya nggak oke ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Rakean »

Turboman wrote:Di Surabaya kan ?

oke

1. persiapkan mobil anda sebaik mungkin

2. Datang ke GUT Motorsport or bengkel mana aja yg punya mesin Dyno

3. Lakukan dyno run

4. Bayar

5. Print hasilnya

6. Scan

7. Pajang di sini

8. selesai

Daripada nulis panjang lebar ngabisin energy, biar gambar yg berbicara

FYI :
Ada bbrp orang yg mobilnya naik Dyno lebih dari 5X hanya sekedar utk pengukuran setiap improvement (mrk murni hobby, bukan pedagang)

Bahkan ada 1 teman yg mobilnya naik Dyno sampe 20X (kisah nyata)

Masak om TS naik Dyno sekali aja nggak mau ?

Nggak mau / nggak sanggup atau takut hasilnya nggak oke ?
Oot um, nanya dong, bayar test dyno gitu berapaan yak?
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Analisa mengapa pemilik Ayla/agya merasa mobilnya lambat padahal hasil tesnya termasuk cepat

Post by Cloud »

Bisa pake metode seperti itu, tapi . . . . .
hasilnya bisa beda ketika run di jalan datar, di tanjakan, atau di turunan.
hasilnya bisa beda ketika tekanan ban beda.
hasilnya bisa beda kalo arah angin beda.
dan mungkin juga beda kalo dikasi stiker TRD sportivo, eh