Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: RE: Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

alexdonovan wrote:
Derweisebenz wrote::off_good_job:
alexdonovan wrote:
Saya lima tahun pake Blazer ga ada masalah dengan rem Om... Seingat saya, rem dia lemah kalo posisi stop-and-go saja. Kalo emergency braking dari kecepatan tinggi ga masalah. Braking normal pada kecepatan normal juga ga masalah

Kalo stop-and-go ya memang harus jaga jarak dan main engine brake, dan banyak mobil yang begini... termasuk Livina manual saya dulu...

Blazerku sering ngepot gitu Om kalo rem mendadak, kayak ABSnya ga guna gitu, lho. Apa salah pilih ban yang ga bertraksi baik, ya? Ban saya achilles dessert hawk A/T ngepotnya sembari miring gitu lagi pas emergency braking.
saya juga pakai desert hawk lalu ganti dueler ht/s... desert hawk grip-nya lebih bagus... sliding-nya mirin atau lurus? kalo rem sehat, mobil meluncur lurus saat slip di kondisi lurus

Sent from my SM-G313HZ using Tapatalk
Slidingnya miring, Om. Bukannya ABS harusnya gak sliding, ya?
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by scorpio »

DOHC wrote:
scorpio wrote:sebenernya lebih efektif mana kah, ITU atau pake metode tune up bengkel konvensional (semprot lobang busi n TB pake carb cleaner lalu geber2 sampe asep abis)?
ane plih cara konvensional... cuman skrg ud bukan semprot via tb lg... tp skalian bongkar manifold, biar lebi afdol bersihin klep intake nya....
TB yang basis DBW perlu hati2 kah om buat bersihinnya? secara sensornya banyak, n pernah dikasi tau agak sensitif, makanya pas kemaren bongkar intake jadi ragu mo lanjutin bongkar TB nya :e-doh:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 26930
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by DOHC »

umm... dbw banyak macem sehh yah om... ad yg simple kaya atoyot punya... ad yg super rewel macam batu makam punya...

kl yg atoyot punya, ntuh mau di bongkar, cabut soket ampe d semprot2 mahh gapapa... tp kl yg batu makam punya, boro2 cabut soket... kena cairan tb cleaner aj lgs CE nyala....

btw, kl utk tb yg rewel... saran ane sehh jgn di kutak katik... copotin tp jgn di lepas soket2 nya... dan jgn jg di bersihin... biarin aj... mending copotin manifold... trus bersihin tuh daleman manifold plus klep2 intake nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
scorpio
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 771
Joined: Wed Nov 12, 2008 16:57
Location: tangerang <-> jakarta

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by scorpio »

blm tau sih ni om klep punya nya mirage rewel apa ga. tapi sejauh ini beberapa kali denger elektroniknya gampang error. pasang alarm aftermarket aja klo ngasal langsung error :off_no:
vroommm..... vroommmmmm..... vroooommmmmmmmm.....................
User avatar
PRBS
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2293
Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by PRBS »

Derweisebenz wrote::big_smile]
sintoni wrote:
Derweisebenz wrote:Waduh, Om, carb clean ama redline + isi P+ bukannya lebih hemat pake carb clean aja ya, Om?
Ga om, ane isi premium kok.

Terus isi Redline CSFC + ITU jg tiap 5x isi bensin full tank.
Maaf nubi banyak tanya, Om. Tapi bisa maksimal ya isi pake premium? Hehe walopun saya agak ngeri juga kalo pake mobil yang diamanahin ke saya buat ITU, soalnya nanti bisa kenceng gabisa ngerem lagi (blazer 2007) huehehehe.
saya user blazer SOHC udah jalan 15 tahun dari dulu punya kebiasaan 5 atau 6 bulan sekali suka ITU. soalnya dominan sehari2 didaerah macet (gigi 1-3) jarang banget lebih dari 80kmh. gapapa kok om ITU. cuma sekalinya ITU isi full tank pertamax plus atau shell super. trus keliling tol outer ring road (sampe bosen). besoknya dijamin enak mobilnya. dan langsamnya bagus.



oiya, kalo mau ITU pakai blazer, saran saya sebelum ITU coba reset ecunya (copot pasang). nah pas ECUnya udah kepasang, langsung bejek habis2an (redline) biar ECUnya ngebaca tarikan bawah sampe atas.
Derweisebenz
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Thu Dec 31, 2015 20:22

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Derweisebenz »

Kemaren coba gumout dua centang. Ternyata asik juga, Om. Walopun ga signifikan, tapi secara FC saya rasa jauh lebih hemat di blazer dohc saya. Walopun bias karna saya pake jauh itu mobilnya, depok ancol.


Kalo di Vario, isi cap kerang jauh lebih hemat dari isi pertamax. Kenapa ya, Om?
dogar
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 411
Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by dogar »

scorpio wrote:sebenernya lebih efektif mana kah, ITU atau pake metode tune up bengkel konvensional (semprot lobang busi n TB pake carb cleaner lalu geber2 sampe asep abis)?
Kalo saya sih opsi pertama tetep ke bengkel dulu. Kadang bengkel juga metodanya ada yg mirip ITU koq (semprot cleaner+bejek gas) tp dalam kondisi stasioner alias ngga bergerak/gigi netral. Beberapa bengkel bonafid punya lantai yg ada rollernya (ban menyentuh roller supaya tetep berputar) sehingga bisa disimulasikan kondisi mobil waktu bergerak.
Kalo abis keluar bengkel masih juga ga ngaruh, baru ITU di toll.
User avatar
b8099ok
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 2794
Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
Location: Jakarta
Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by b8099ok »

scorpio wrote:blm tau sih ni om klep punya nya mirage rewel apa ga. tapi sejauh ini beberapa kali denger elektroniknya gampang error. pasang alarm aftermarket aja klo ngasal langsung error :off_no:
Bukan gampang error, tp dia bisa deteksi sampai sejauh itu. Its all good.

Mslh konslet, yg masang aja dongok ga tau hrs ambil drmn,... Liat wiring diagram deh, khan ente ada tu serpis manual miras. Dr pabrik uda dikasi spare connector utk electrical accessories. Manfaatkan konektor spare itu,... :ngacir:
FWD + RWD + 4WD = :big_cat:
Cinjiang90
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Fri Jan 29, 2016 14:25

Re: Italian Tune Up Perlu Atau Ga Perlu?

Post by Cinjiang90 »

Untuk diesel pengaruh ITU lebih besar daripada bensin ya? Apa ini tetap aman ya? Sbabnya kalo sering2 ITU takut pengaruh d body valve maticnya, atau bukan malah sering d ITU semakin banyak asap cumi2nya?