Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ZEXELGRIFONE »

slapnuts wrote: ↑Mon Mar 18, 2019 20:17 Kebetulan sering PP Jakarta-Semarang nyetir sendirian, sangat terbantu dengan adanya Tol Trans Jawa ini. Dulu sebelum ada tol ini, lewat pantura adalah hal yang paling menjengkelkan, selain karena banyaknya aktivitas di sekitarnya, berbagai macam angkutan mulai dari becak roda 3 sampai trailer roda 22 bergabung menjadi satu, hingga banyaknya lubang menganga di musim hujan yang siap menelan roda apabila tidak berhasil menghindari. Sudah dua kali velg mazda 2 non sky peyang gegara lobang ini. Jarak tempuh sebelum full tol 7-11jam tergantung kondisi (never ending perbaikan jalan, macet pasar tumpah, kecelakaan dsb)

Setelah adanya tol ini, perjalanan JKT-SMG ditempuh lebih cepat dan nyaman (walau di beberapa spot Cipali sudah tercipta ranjau baru πŸ˜‚). Pada libur tahun baru kemarin, berangkat dari Semarang tgl 1 pukul 01.50 sampai di Jakarta pukul 06.30 = 4,5 jam (tanpa berhenti sama sekali, cruising speed 90-120), kondisi Tol Cikampek sangat lancar karena orang masih sibuk tahun baruan. Sebenarnya kuncinya di Tol Cikampek, karena setelah KM 66 perjalanan sangat lancar bahkan cenderung sepi sekali pada titik tertentu. Jadi ga heran kalau ada yang menempuh JKT-SMG bisa 4-5 jam.

Terakhir minggu kemarin dari Jakarta pukul 03.00 (memantau Gmaps dan waze, menunggu Tol Cikampek hijau ✌️) sampai di Semarang pukul 08.50. Macet tersendat di Tol Cikampek dari Cikunir sampai Bekasi Timur. Dan entah kenapa kalau sendiri atau berdua lebih suka menggunakan Ertiga K14B AT dibanding GNKI bensin AT, karena konsumsi BBM jauh lebih irit K14B (eco driving 90-110 = 2000-2800rpm), cukup 200.000 pertalite bisa sampai Semarang tanpa isi lagi (1:19km 😍) dibanding Innova yang bisa 400an ribu sekali jalan.

Cuma memang kalau pergi sendiri masih lebih murah naik Singa Terbang (450an) daripada nyetir sendiri (330an sekian+200-250).
Akur om.. Saya jg beberapa kali mudik ke SMG nyetir sebelum tol full tersambung (baru sampe brexit), gangguan perjalanannya kurang lebih sama..
Keluar brexit, ke arah tegal-pemalang jalannya gelombang2 dan lubang.. blum truk2 trailer, bus, lampu merah pertigaan2.. dan jg motor..
Sampe area alas roban jalan relatif mulus, tapi klo pas apes, ketemu trailer mogok di tanjakan.. macetnya lumayan.
Begitu sampe Krapyak mo masuk tol, waktu dah menjelang sore.. waktunya bubaran pabrik.. rame dan agak padat jg.

Kalo skrg bersyukur full tol terus sampe jatingaleh/tembalang, gangguan di perjalanan relatif lebih rendah (untuk saat ini). Perjalanan relatif lebih lancar (tinggal beresin di cikampek doank neh), nyetirnya jg ga secapek dulu yg lewat jalan biasa :mrgreen:
antonyaulia
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 281
Joined: Tue Oct 17, 2017 12:49
Location: Solo
Daily Vehicle: GerobakPerang

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by antonyaulia »

Memang sekarang dengan adanya Toll, perjalanan ke luar kota jadi menyenangkan, meski ya harus keluar extra budget, tapi sebanding daripada tua di jalan nungguin truk2 berjejer irit-iritan nggak mau kasi jalan buat dilewatin.

Yang masih menjadi PR adalah kesiapan daerah2 yang ada Exit Gate nya, begitu keluar exit langsung ketemu jalan hancur, sempit dan gak disiapkan, bahkan di Solo yg notabene kota besar, begitu keluar Toll langsung macet parah kalo mau ke kota, padahal jarak pintu toll ke rumah pak Jokowi gak sampai 3km, kenapa gak dibenahin ya? Hal yang sama juga di Grati (ujung tol jatim) , Salatiga, Caruban, Boyolali, sementara itu dulu yg saya pernah.

Pengalaman paling cepet ya Solo - Sidoarjo 1jam 47menit. (padahal naek kereta api solo sby aja 5 jam, kalo nggak lewat tol jangan harap kurang dari 7 jam, macet parah di Mojokerto)

Peringatan di saat hujan deras, langsung kurangin kecepatan mobil anda sampai dibawah 100km/jam, sangat berbahaya apabila sedikit saja ada genangan, bisa aquaplanning. Apapun mobil anda jangan coba2 nekat! saya sampai ngesot2 kala itu, padahal pake mobil gede berat dan masih baru (ANPS).
User avatar
andyez86
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 928
Joined: Sat May 21, 2016 12:08
Location: Solo
Daily Vehicle: Innova

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by andyez86 »

antonyaulia wrote: ↑Sun Apr 21, 2019 9:31 Memang sekarang dengan adanya Toll, perjalanan ke luar kota jadi menyenangkan, meski ya harus keluar extra budget, tapi sebanding daripada tua di jalan nungguin truk2 berjejer irit-iritan nggak mau kasi jalan buat dilewatin.

Yang masih menjadi PR adalah kesiapan daerah2 yang ada Exit Gate nya, begitu keluar exit langsung ketemu jalan hancur, sempit dan gak disiapkan, bahkan di Solo yg notabene kota besar, begitu keluar Toll langsung macet parah kalo mau ke kota, padahal jarak pintu toll ke rumah pak Jokowi gak sampai 3km, kenapa gak dibenahin ya? Hal yang sama juga di Grati (ujung tol jatim) , Salatiga, Caruban, Boyolali, sementara itu dulu yg saya pernah.

Pengalaman paling cepet ya Solo - Sidoarjo 1jam 47menit. (padahal naek kereta api solo sby aja 5 jam, kalo nggak lewat tol jangan harap kurang dari 7 jam, macet parah di Mojokerto)

Peringatan di saat hujan deras, langsung kurangin kecepatan mobil anda sampai dibawah 100km/jam, sangat berbahaya apabila sedikit saja ada genangan, bisa aquaplanning. Apapun mobil anda jangan coba2 nekat! saya sampai ngesot2 kala itu, padahal pake mobil gede berat dan masih baru (ANPS).
Supaya ga kena macet,pas keluar GT solo ambil belok kanan lwt akses jln perumahan fajar indah om...trs keluar di jln Adi.Sucipto
arinugroho14
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 84
Joined: Sun Feb 12, 2017 5:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Innova Diesel AT 2018

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by arinugroho14 »

Perjalanan 6jam dari Tanjung Barat Jakarta ke Jatingaleh Semarang 14 April pagi, bisa di tempuh menggunakan hatchback Mazda2 2010.
Tekanan ban saya isi 34 semua. Dunlop LM704 195/55/16 sejak 2015. Oli Matic Mobil1 ATF Synthenic Mercon V sejak October 2018. Bensin selalu Pertamax
Nyetir saya santai 100kmh, krna diatas 120kmh sepertinya beban mesin berat.

Jalan bergelombang parah di IC Cikunir, Ruas Cikampek. Di KM110an terdapat lubang, hati2.

Kembali ke Pertanyaan judul Thread ini
Sudah siap, setidaknya sampai Semarang


Image
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

arinugroho14 wrote:Perjalanan 6jam dari Tanjung Barat Jakarta ke Jatingaleh Semarang 14 April pagi, bisa di tempuh menggunakan hatchback Mazda2 2010.
Tekanan ban saya isi 34 semua. Dunlop LM704 195/55/16 sejak 2015. Oli Matic Mobil1 ATF Synthenic Mercon V sejak October 2018. Bensin selalu Pertamax
Nyetir saya santai 100kmh, krna diatas 120kmh sepertinya beban mesin berat.

Jalan bergelombang parah di IC Cikunir, Ruas Cikampek. Di KM110an terdapat lubang, hati2.

Kembali ke Pertanyaan judul Thread ini
Sudah siap, setidaknya sampai Semarang


Image
saya justru pingin ngetes kelak Isuzu MuX dari Bakauheni - Medan tanpa nginap.
Maksudnya nyetir terus, stop buat makan, minum, istrahat ..lalu jalan lagi.
Saya pikir 24 jam bisalah sampai, santai aja..
maastricht889
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3449
Joined: Sat Apr 19, 2014 3:45

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by maastricht889 »

arinugroho14 wrote: ↑Sun Apr 21, 2019 13:53 Perjalanan 6jam dari Tanjung Barat Jakarta ke Jatingaleh Semarang 14 April pagi, bisa di tempuh menggunakan hatchback Mazda2 2010.
Tekanan ban saya isi 34 semua. Dunlop LM704 195/55/16 sejak 2015. Oli Matic Mobil1 ATF Synthenic Mercon V sejak October 2018. Bensin selalu Pertamax
Nyetir saya santai 100kmh, krna diatas 120kmh sepertinya beban mesin berat.

Jalan bergelombang parah di IC Cikunir, Ruas Cikampek. Di KM110an terdapat lubang, hati2.

Kembali ke Pertanyaan judul Thread ini
Sudah siap, setidaknya sampai Semarang


Image
Masih banyak perbaikan jalan kah om? Hr2 ini saya liat kabar dr temen2 ruas krapyak ke arah barat macet, sama isi bengsin susah krn spbu nya masih sementara
User avatar
Herman7103
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1547
Joined: Sun Oct 02, 2016 23:17
Location: SOUTH SUMATRA
Daily Vehicle: All New Grand Livina CVT

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Herman7103 »

Jika jalan Toll sudah tersambung sudah pasti siap sekalee mobil saya. Dari beberapa tahun yg lalu saat jalan jalan nya belum jalan Toll saja sering dibawa jalan jauh apalagi kalau jalan nya sudah jalan Toll semua bisa menempuh jarak yg sangat Jauh dalam waktu relatif jauh lebih singkat[emoji1]
:glodak:
HR15DE 2014
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ZEXELGRIFONE »

Sekilas info dari baca2 berita..

Entah ini permanen atau hanya selama lebaran 2019 ya.. Nantinya GT Cikarang utama akan dipindah (atau dipecah jadi 2) :
1. KM 67 Tol Cipularang (mungkin ini buat yg ke arah Purbaleunyi - Bandung)
2. KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (ini ke arah cipali, cirebon, dst)

Karena masing2 jurusan punya gerbangnya sendiri, diharapkan pas musim liburan enggak sepadat dulu..
Semoga saja :D

sumber berita:
https://properti.kompas.com/read/2019/0 ... -tol-tetap
https://nasional.republika.co.id/berita ... direlokasi
https://finance.detik.com/infrastruktur ... ahan-tarif
mobilkutu
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 409
Joined: Wed Dec 16, 2015 2:27

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by mobilkutu »

dr cirebon pas hari H pilpres untuk coblos, start jalan jam 5.20, ke bubur moh toha sarapan dulu, bubur ayam dan puding biar fit, sampai pintu tol pukul 05.59, hajar cipali sampai bsd pukul 08.20. 2dewasa and 2bocah, berenti sekali di rest area untuk ke toilet. Pretty fast untuk mobil 1.200cc

Cuman mata harus melek atau lobang gede bakal bikin ngilu kaki2 mobil.
lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1558
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by lemonadelovers »

ZEXELGRIFONE wrote: ↑Wed Apr 24, 2019 4:45 Sekilas info dari baca2 berita..

Entah ini permanen atau hanya selama lebaran 2019 ya.. Nantinya GT Cikarang utama akan dipindah (atau dipecah jadi 2) :
1. KM 67 Tol Cipularang (mungkin ini buat yg ke arah Purbaleunyi - Bandung)
2. KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (ini ke arah cipali, cirebon, dst)

Karena masing2 jurusan punya gerbangnya sendiri, diharapkan pas musim liburan enggak sepadat dulu..
Semoga saja :D

sumber berita:
https://properti.kompas.com/read/2019/0 ... -tol-tetap
https://nasional.republika.co.id/berita ... direlokasi
https://finance.detik.com/infrastruktur ... ahan-tarif
Permanen oom..

Tp kuatirnya jd modus naik tarif tol terselubung
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ZEXELGRIFONE »

lemonadelovers wrote: ↑Wed Apr 24, 2019 6:10
ZEXELGRIFONE wrote: ↑Wed Apr 24, 2019 4:45 Sekilas info dari baca2 berita..

Entah ini permanen atau hanya selama lebaran 2019 ya.. Nantinya GT Cikarang utama akan dipindah (atau dipecah jadi 2) :
1. KM 67 Tol Cipularang (mungkin ini buat yg ke arah Purbaleunyi - Bandung)
2. KM 70 Tol Jakarta-Cikampek (ini ke arah cipali, cirebon, dst)

Karena masing2 jurusan punya gerbangnya sendiri, diharapkan pas musim liburan enggak sepadat dulu..
Semoga saja :D

sumber berita:
https://properti.kompas.com/read/2019/0 ... -tol-tetap
https://nasional.republika.co.id/berita ... direlokasi
https://finance.detik.com/infrastruktur ... ahan-tarif
Permanen oom..

Tp kuatirnya jd modus naik tarif tol terselubung
Semoga aja ga naek ya om.. :mky_01:
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by pengendiesel »

2 minggu lalu nglewatin ruas tol Surabaya-Probolinggo Timur dan banyak sekali sambungan jembatan pencabut nyawa.

Yang ane sempat liat km 809-799 dari arah Probolinggo Timur ke Surabaya, ada 3-5 jembatan yang kalo dihajar speed >100kmh bisa jadi hanya faktor luck yang berbicara.
Better slow down to 80kmh kalo nglewatin sambungan jembatan di ruas tol ini
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by evanbngdor »

pengendiesel wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 3:09 2 minggu lalu nglewatin ruas tol Surabaya-Probolinggo Timur dan banyak sekali sambungan jembatan pencabut nyawa.

Yang ane sempat liat km 809-799 dari arah Probolinggo Timur ke Surabaya, ada 3-5 jembatan yang kalo dihajar speed >100kmh bisa jadi hanya faktor luck yang berbicara.
Better slow down to 80kmh kalo nglewatin sambungan jembatan di ruas tol ini
Material sambungannya yg bermasalah atau gimana Om?
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
pengendiesel
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1559
Joined: Sun May 22, 2016 4:20

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by pengendiesel »

evanbngdor wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 3:15
pengendiesel wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 3:09 2 minggu lalu nglewatin ruas tol Surabaya-Probolinggo Timur dan banyak sekali sambungan jembatan pencabut nyawa.

Yang ane sempat liat km 809-799 dari arah Probolinggo Timur ke Surabaya, ada 3-5 jembatan yang kalo dihajar speed >100kmh bisa jadi hanya faktor luck yang berbicara.
Better slow down to 80kmh kalo nglewatin sambungan jembatan di ruas tol ini
Material sambungannya yg bermasalah atau gimana Om?
Beda ketinggian yang terlalu banyak antara beton cor (bahan jalan tol) dan aspal (bahan jembatan), biasanya naik.
Kemudian beberapa meter setelah masuk aspal, ada yang turun cukup banyak.

Jadi naik banyak dulu kemudian turun banyak...mirip nglewatin gundukan aspal, mobil rawan kehilangan kontrol kalo terlalu kencang.
Ada juga yang setelah turun banyak, dihantam naik lagi....jadi kayak dapet jackpot.

Emang susah banget apa ya bikin sambungan yang rata? :big_slap:
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kunaskun »

pengendiesel wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 3:23 Beda ketinggian yang terlalu banyak antara beton cor (bahan jalan tol) dan aspal (bahan jembatan), biasanya naik.
Kemudian beberapa meter setelah masuk aspal, ada yang turun cukup banyak.

Jadi naik banyak dulu kemudian turun banyak...mirip nglewatin gundukan aspal, mobil rawan kehilangan kontrol kalo terlalu kencang.
Ada juga yang setelah turun banyak, dihantam naik lagi....jadi kayak dapet jackpot.

Emang susah banget apa ya bikin sambungan yang rata? :big_slap:
sedikit mirip ruas brebes - semarang. setiap ada jembatan, pasti itu slope banget. ngeselin, apalagi malam. tapi belakangan sudah berkurang karena diaspal rata. mungkin disengaja?
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 779
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Kaleng »

2 minggu lalu baru lewat trans jawa tangsel - solo exit di kertasono. kondisi sambungan jembatan masih penuh kejutan. untungnya sebelum mendekati jembatan ada rambu2 informasinya jadi bisa ancang2.
Ivano
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 288
Joined: Sun Oct 23, 2016 15:48

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by Ivano »

Jembatannya pakai pre-cast, diem. Area
Sebelum dan sesudahnya ada penurunan muka tanah, jadilah "speed trap aneh".
Sukses membangunkan penumpang yang tidur lelap...

Wkwkwk.
pengendiesel wrote:
evanbngdor wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 3:15
pengendiesel wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 3:09 2 minggu lalu nglewatin ruas tol Surabaya-Probolinggo Timur dan banyak sekali sambungan jembatan pencabut nyawa.

Yang ane sempat liat km 809-799 dari arah Probolinggo Timur ke Surabaya, ada 3-5 jembatan yang kalo dihajar speed >100kmh bisa jadi hanya faktor luck yang berbicara.
Better slow down to 80kmh kalo nglewatin sambungan jembatan di ruas tol ini
Material sambungannya yg bermasalah atau gimana Om?
Beda ketinggian yang terlalu banyak antara beton cor (bahan jalan tol) dan aspal (bahan jembatan), biasanya naik.
Kemudian beberapa meter setelah masuk aspal, ada yang turun cukup banyak.

Jadi naik banyak dulu kemudian turun banyak...mirip nglewatin gundukan aspal, mobil rawan kehilangan kontrol kalo terlalu kencang.
Ada juga yang setelah turun banyak, dihantam naik lagi....jadi kayak dapet jackpot.

Emang susah banget apa ya bikin sambungan yang rata? :big_slap:
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

Kaleng wrote: ↑Tue Aug 13, 2019 8:09 2 minggu lalu baru lewat trans jawa tangsel - solo exit di kertasono. kondisi sambungan jembatan masih penuh kejutan. untungnya sebelum mendekati jembatan ada rambu2 informasinya jadi bisa ancang2.
masih mendingan jalan toll itu dibanding jalan lintas sumatera antara Palembang ke Jambi, dimana sambungan antara aspal dan jembatan ada renggang / celah sekitar 20 cm ...yang mana kalau kita ngebut bisa "ddduaggggggkkkkk"..
c4b13
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 382
Joined: Wed Feb 01, 2017 3:23

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by c4b13 »

cmiiw, terkait jalanan baru tapi sambungan naik-turun tidak rata bisa disebabkan karena adanya perbedaan hasil kerja. Dulu di jakarta pas awal-awal toll JORR dari PIK arah Meruya baru diresmikan juga seperti itu sambungannya naik-turun, hal itu disebabkan karena main-kon melakukan pembagian ke beberapa sub-kon yang lebih kecil (jadi sub-kon A melakukan penyelesaian mulai KM xx ke yy, lalu sub-kon B mulai KM yy ke zz dst) makanya pas sambungan dari sub-kon A ke sub-kon B jalanan nya jadinya kurang rapih.

nanti setelah beberapa waktu kan pasti ada perbaikan jalan, diaspal ulang menjadi makin tebal dan rapih. Pada saat itu baru jalanan akan lebih mulus dan naik-turun tidak rata nya akan berkurang.
again, cmiiw..
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

c4b13 wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 7:22 cmiiw, terkait jalanan baru tapi sambungan naik-turun tidak rata bisa disebabkan karena adanya perbedaan hasil kerja. Dulu di jakarta pas awal-awal toll JORR dari PIK arah Meruya baru diresmikan juga seperti itu sambungannya naik-turun, hal itu disebabkan karena main-kon melakukan pembagian ke beberapa sub-kon yang lebih kecil (jadi sub-kon A melakukan penyelesaian mulai KM xx ke yy, lalu sub-kon B mulai KM yy ke zz dst) makanya pas sambungan dari sub-kon A ke sub-kon B jalanan nya jadinya kurang rapih.

nanti setelah beberapa waktu kan pasti ada perbaikan jalan, diaspal ulang menjadi makin tebal dan rapih. Pada saat itu baru jalanan akan lebih mulus dan naik-turun tidak rata nya akan berkurang.
again, cmiiw..
Lha, tol pejagan dulu lebih parah.
Bukan beton cor, tapi beton pre-cast.
Dah kayak lewat jalan konblok dah.
[emo-yesno]
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kunaskun »

adityabp wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 9:17
c4b13 wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 7:22 cmiiw, terkait jalanan baru tapi sambungan naik-turun tidak rata bisa disebabkan karena adanya perbedaan hasil kerja. Dulu di jakarta pas awal-awal toll JORR dari PIK arah Meruya baru diresmikan juga seperti itu sambungannya naik-turun, hal itu disebabkan karena main-kon melakukan pembagian ke beberapa sub-kon yang lebih kecil (jadi sub-kon A melakukan penyelesaian mulai KM xx ke yy, lalu sub-kon B mulai KM yy ke zz dst) makanya pas sambungan dari sub-kon A ke sub-kon B jalanan nya jadinya kurang rapih.

nanti setelah beberapa waktu kan pasti ada perbaikan jalan, diaspal ulang menjadi makin tebal dan rapih. Pada saat itu baru jalanan akan lebih mulus dan naik-turun tidak rata nya akan berkurang.
again, cmiiw..
Lha, tol pejagan dulu lebih parah.
Bukan beton cor, tapi beton pre-cast.
Dah kayak lewat jalan konblok dah.
[emo-yesno]
ohh karena sambungan subkon, mirip ruas pemalang - semarang betonnya jauh lebih halus dan terkesan "ramah" di ban :mky_01: dibandingkan ruas cipali - pemalang yang kasar banget.

kalau dulu pejagan si the worst highway ever built, kayanya parahnya ngalahin Bali yang ngambang di atas air atau Semarang Timur yang konturnya menantang karena seperti "melawan alam". untung sejak diambil alih, jadi beres, karena rajin di ratain. kalau dulu menurut saya bukan conblock tapi speedtrap sepanjang 60 km [emo-yesno]
adityabp
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1213
Joined: Wed May 07, 2014 2:36

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by adityabp »

kunaskun wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 13:49 ...
kalau dulu pejagan si the worst highway ever built, kayanya parahnya ngalahin Bali yang ngambang di atas air atau Semarang Timur yang konturnya menantang karena seperti "melawan alam". untung sejak diambil alih, jadi beres, karena rajin di ratain. kalau dulu menurut saya bukan conblock tapi speedtrap sepanjang 60 km [emo-yesno]
Ah iya.
Dulu waktu lewat pejagan pertama kali (kalo gak salah pas masih fungsional buat mudik lebaran) saya kira ban saya bermasalah.
Minggir sebentar buat cek ban, pas keluar mobil kok mobil2x yg lewat bunyi bannya sama persis.
:mky_07:
evanbngdor
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2982
Joined: Sun Sep 13, 2015 3:08

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by evanbngdor »

kunaskun wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 13:49
adityabp wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 9:17
Lha, tol pejagan dulu lebih parah.
Bukan beton cor, tapi beton pre-cast.
Dah kayak lewat jalan konblok dah.
[emo-yesno]
ohh karena sambungan subkon, mirip ruas pemalang - semarang betonnya jauh lebih halus dan terkesan "ramah" di ban :mky_01: dibandingkan ruas cipali - pemalang yang kasar banget.

kalau dulu pejagan si the worst highway ever built, kayanya parahnya ngalahin Bali yang ngambang di atas air atau Semarang Timur yang konturnya menantang karena seperti "melawan alam". untung sejak diambil alih, jadi beres, karena rajin di ratain. kalau dulu menurut saya bukan conblock tapi speedtrap sepanjang 60 km [emo-yesno]
Bener nih dulu waktu sebelum diambil alih itu kalo mau nyaman&tenang ngelewatin tol itu speed max 80-90km/jam aja, lebih dari itu mau mobil apapun mulai berasa kayak naik kuda
:big_dunno: :big_dunno:
1995 - Toyota Great Corolla SEG 1.6 M/T
2013 - Toyota Grand New Kijang Innova G 2.5 M/T
2016 - Honda CRV 2.0 M/T
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by ginting »

kunaskun wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 13:49
adityabp wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 9:17
c4b13 wrote: ↑Wed Aug 14, 2019 7:22 cmiiw, terkait jalanan baru tapi sambungan naik-turun tidak rata bisa disebabkan karena adanya perbedaan hasil kerja. Dulu di jakarta pas awal-awal toll JORR dari PIK arah Meruya baru diresmikan juga seperti itu sambungannya naik-turun, hal itu disebabkan karena main-kon melakukan pembagian ke beberapa sub-kon yang lebih kecil (jadi sub-kon A melakukan penyelesaian mulai KM xx ke yy, lalu sub-kon B mulai KM yy ke zz dst) makanya pas sambungan dari sub-kon A ke sub-kon B jalanan nya jadinya kurang rapih.

nanti setelah beberapa waktu kan pasti ada perbaikan jalan, diaspal ulang menjadi makin tebal dan rapih. Pada saat itu baru jalanan akan lebih mulus dan naik-turun tidak rata nya akan berkurang.
again, cmiiw..
Lha, tol pejagan dulu lebih parah.
Bukan beton cor, tapi beton pre-cast.
Dah kayak lewat jalan konblok dah.
[emo-yesno]
ohh karena sambungan subkon, mirip ruas pemalang - semarang betonnya jauh lebih halus dan terkesan "ramah" di ban :mky_01: dibandingkan ruas cipali - pemalang yang kasar banget.

kalau dulu pejagan si the worst highway ever built, kayanya parahnya ngalahin Bali yang ngambang di atas air atau Semarang Timur yang konturnya menantang karena seperti "melawan alam". untung sejak diambil alih, jadi beres, karena rajin di ratain. kalau dulu menurut saya bukan conblock tapi speedtrap sepanjang 60 km [emo-yesno]
ada yg punya foto toll pejagan zaman era mirip con-bloc itu, oom ?
sy penasaran.
yg saya alami pernah sih, banyak lubang aja
jebakan betmen
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3964
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Jika jalan tol sudah saling tersambung, siapkah kendaraan kita digeber terus-menerus?

Post by kunaskun »

evanbngdor wrote: ↑Thu Aug 15, 2019 2:14 Bener nih dulu waktu sebelum diambil alih itu kalo mau nyaman&tenang ngelewatin tol itu speed max 80-90km/jam aja, lebih dari itu mau mobil apapun mulai berasa kayak naik kuda
:big_dunno: :big_dunno:
:mky_02: :mky_02: :mky_02:
adityabp wrote: ↑Thu Aug 15, 2019 1:36 Ah iya.
Dulu waktu lewat pejagan pertama kali (kalo gak salah pas masih fungsional buat mudik lebaran) saya kira ban saya bermasalah.
Minggir sebentar buat cek ban, pas keluar mobil kok mobil2x yg lewat bunyi bannya sama persis.
:mky_07:
itu kemungkinan besar pas awal2 ya? paling parah 1-2 tahun sesudahnya...
ginting wrote: ↑Thu Aug 15, 2019 10:22 ada yg punya foto toll pejagan zaman era mirip con-bloc itu, oom ?
sy penasaran.
yg saya alami pernah sih, banyak lubang aja
jebakan betmen
https://www.youtube.com/watch?v=9wKvvKg98D8