Honda Jazz VTEC: Launching 26 Juni ini (?)

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

tapi tergantung tester-nya juga pak.........

Kalo driver-nya lebih jago mainin bukaan gas, pemindahan gear tepat......bisa lebih bagus. Bahkan kalo driver-nya lebih kurus mungkin bisa lebih cepat he...he.......

Lalu, keadaan lingkungan, treknya, hambatan angin,dll.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WP wrote:
Lalu, keadaan lingkungan, treknya, hambatan angin,dll.
kalo gitu suruh tes di cipularang aja dari bandung arah jakarta. bisa 220km/h dan 8 detik. ha.a.h..aah.h.aa.
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

WP wrote:
Lalu, keadaan lingkungan, treknya, hambatan angin,dll.
kalo gitu suruh tes di cipularang aja dari bandung arah jakarta. bisa 220km/h dan 8 detik. ha.a.h..aah.h.aa.
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

handling wrote: kok kemampuannya dibawah city vtec yang 9,xx detikya? seharusnya jazz lebihy kenceng karenea gak ada pantatnya.... :lol:
eh malah lebih dodol.

kalo 10,5 km/l sangat beralasan dan sy bisa percaya.
jazz ini khan masih baru banget, jadi ya pasti running ini nya belum optimal, saya baca di suatu majalah luar, mobil baru bisa 'keluar' watak sesungguhnya setelah 5000 - 10000km, koq, beda dengan City VTEC, waktu itu di tes pada saat CITY dapet uji laik jalan, sehingga udah di coba banyak kilometer, sebelum lulus uji....... review Jazz VTEC matik di TOVA aja bisa 8.77 detik khan? padahal berat jazz dan city cuma beda 10kg lho.... kemungkinan kedua, test driver Autobild yang dodol gak bisa nyetir (no offense lho).... hehehe
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

piterr wrote: review Jazz VTEC matik di TOVA aja bisa 8.77 detik khan? padahal berat jazz dan city cuma beda 10kg lho.... kemungkinan kedua, test driver Autobild yang dodol gak bisa nyetir (no offense lho).... hehehe
apa yang terjadi di luar belum tentu bisa sama dgn indo, karena bisa saja beda temperature, oli,lingkungan dan bensin, dan masih ada yagn kecil2 lagi bangsa knock sensor dll. yang kadang sampe di indo sudah dipretelin.
belumlagi dgn konsumsi bensin bisa jadi hasilnya juga lain.

saya masih inget dgn dulu salah satu majalah mentest drive bareng 318 audia4 (cmiiw), jaguar x type, diatas kertas audi dan jaguar kalah dalam akselerasi dan top speed, tapi giliran di tes 318i nya cuma omong besar doang..... :lol: :lol: :lol: sorry nih bukan jelekin 318i maksud saya kadang yg diluar belum tentu berlaku di indo. :lol: :lol: :lol:
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

handling wrote:apa yang terjadi di luar belum tentu bisa sama dgn indo, karena bisa saja beda temperature, oli,lingkungan dan bensin, dan masih ada yagn kecil2 lagi bangsa knock sensor dll. yang kadang sampe di indo sudah dipretelin.
belumlagi dgn konsumsi bensin bisa jadi hasilnya juga lain.
iya juga sih, di sana yang jelas pakenya bensin RON 97, bukan seperti disini RON88 hik's, tapi oli pakenya standar honda, mineral.... oh ya sebelum lupa, jazz vtec di thailand udah pake on bord computer, kya nya yang disini belum, tadi saya kelupaan cek sihhh... kalo suara mesinnya sih halus banget siiip tapi begitu di gas.... khas suara mesin VTEC... Rrrrooaaarrrr......
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

piterr wrote:kalo suara mesinnya sih halus banget siiip tapi begitu di gas.... khas suara mesin VTEC... Rrrrooaaarrrr......
yup betul tuh...saya juga pernah baca dari keluahan orang, tapi itulah cirikhas vtec agak berisik kalo di geber.
saya luapa baca dimana, ceritanya begini...
anakmuda itu takjub dgn suara city vtecnya...suatu saat dipake kebut mobilnya.....
nah setelah usai acara kebut2an, kok suara mesinnya kayak 'mesin jahit', ternyata ditanya ke bengkel, hal ini adalah normal, tungu berapa saat suara itu akan kembali halus. karena mesinnya akan menyesuaikan kembali ke keadaan santai.

satu lagi komentarnya...kalo takut ngegeber mesin pake rpm tinggi, jangan pake mesin vtec. karena itulah mesin vtec, yang agak boyo di rpm rendah , dan ganas di rpm tinggi.
Tapi kalo saya pikir2 dgn komentar ini, kok jadi agak lucu ya... apa gua mesti pake high rpm terus di dalam kota....? bingung kan. kalo pake low rpm tenganya gak keluar, mubazir dong .hikhiskss...
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

handling wrote: satu lagi komentarnya...kalo takut ngegeber mesin pake rpm tinggi, jangan pake mesin vtec. karena itulah mesin vtec, yang agak boyo di rpm rendah , dan ganas di rpm tinggi.
Tapi kalo saya pikir2 dgn komentar ini, kok jadi agak lucu ya... apa gua mesti pake high rpm terus di dalam kota....? bingung kan. kalo pake low rpm tenganya gak keluar, mubazir dong .hikhiskss...
sebenarnya bukan tenaga nya tidak keluar lho, pada rpm dibawah 3000, katup intake yang bekerja hanya satu buah saja, namun pada rpm diatas 3000 katup intake kedua baru menjalankan tugasnya, hal ini yang menyebabkan torsi di semua putaran bawah 3000 rpm lebih rendah 0.3 kgm (torsi maks 14,6 kgm) dibandingkan dengan type iDSI, setelah 3000 rpm barulah si VTEC unjuk gigi, dengan puncak pada 5000rpm dimana VTEC menelorkan 2,5kgm torsi lebih besar dari iDSI. Sebenarnya jenis VTEC yang digunakan pada type GD3 L15A - VTEC ini (jazz iDSI GD1) adalah VTEC-E alias economi, jadi katup variabelnya cuma pada intake valve saja, berbeda dengan VTEC SOHC lebih mengutamakan power mesin, meskipun untuk dibandingkan dengan mesin SOHC konvensional, masih lebih besar tenaganya..... namun dibanding dengan teknologi i-DSI, putaran bawahnya sedikiiit kurang bertenaga. sebenarnya bisa saja honda menggabungkan teknologi i-DSI dengan VTEC untuk mendapatkan tenaga di semua putaran mesin secara merata, namun tidak pada kapasitas silinder yang 'sekecil' 1500cc, karena ruang mekanisme katupnya sudah tersita untuk sistem VTEC, mereka gak punya lagi ruang untuk menempatkan tambahan busi kedua.... begitu kira kira ilustrasinya, kenapa mesin ini sedikit dibawah i-DSI untuk tenaga dibawah 3000rpm, namun saya kira tidak semua 'driver' mampu untuk merasakan berbedaan ini, bahkan head to head bandinginnya...... toh yang penting, kalo pemakai jazz VTEC ditantangin tarikan ama pemakai i-DSI pasti makai nya RPM panjang (tinggi) khan? hehehe jadi ya nikmatin aja teknologinya yang baru, begitu menurut saya.... any comment?
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

0.3kgm mah gak signifikan kok. apalagi dibawah 3000rpm.....kalo orang tarikan mana ada yagnnpake dibawah 3000rpm? hikshiskhiss.....
Image
User avatar
piterr
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1158
Joined: Mon Dec 06, 2004 22:39
Location: Solo

Post by piterr »

yang menjadi pokok permasalahan sekarang adalah perbedaan harga 12jt dari type iDSi, saya kira agak kurang ajar tuh HPM, masa beda 12 jt cuma lbh banyak dialokasikan ke spoiler? mendingan ditambahin ABS EBD, BA, dll, trus bumper depan belakang pake punya model eropa/ australi aja, khan pasti lebih menjual tuh..... masa mobil tambah kenceng cuma dibekalin disc brake belakang aja? saya kira, jazz vtec ini tidak akan selaris seperti iDSI, karena segmennya cuma menyasar anak muda (or orang tua berjiwa muda).... kalo bapak2 dan ibu rumah tangga mana mau pake jazz VTEC, bayar 12 juta lebih mahal hehehehe
User avatar
Mikel
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 92
Joined: Fri Aug 01, 2003 13:34

Post by Mikel »

piterr wrote:yang menjadi pokok permasalahan sekarang adalah perbedaan harga 12jt dari type iDSi, saya kira agak kurang ajar tuh HPM, masa beda 12 jt cuma lbh banyak dialokasikan ke spoiler? mendingan ditambahin ABS EBD, BA, dll, trus bumper depan belakang pake punya model eropa/ australi aja, khan pasti lebih menjual tuh..... masa mobil tambah kenceng cuma dibekalin disc brake belakang aja? saya kira, jazz vtec ini tidak akan selaris seperti iDSI, karena segmennya cuma menyasar anak muda (or orang tua berjiwa muda).... kalo bapak2 dan ibu rumah tangga mana mau pake jazz VTEC, bayar 12 juta lebih mahal hehehehe
Emm... Kalo diitung-itung, gw mau beli Jazz VTEC kalo cuma beda 12 juta. Beda performa mesin udah gw hargain 5 juta, soalnya kalo upgrade i/h/e aja belum tentu dapet 5 juta (kecuali yang abal-abal), terus body kit 1.5 juta, disc brake dan booster tambahan 1.5 juta dan sisanya factory warranty daripada gw modif mesin i-DSi terus warranty gw void? Sayang aja gw orang muda berjiwa tua, jadi gak perlu VTEC. Gw dulu mau tambah turbo kit HKS import dari Thailand, tapi buat dapetin tenaga 120 minimal, gw kudu porting buat turunin rasio kompresi mesin belum beli sistem pernapasan baru dan intercooler... itung-itung abis tuh 20 juta cuma buat dapet 120pk dan bensin yang boros, 12 juta buat dapet 110pk dah oke lah.

ABS, EBD, BA? Tambah airbag jadilah Honda City tanpa pantat dan harganya melambung ke 180 juta (matic).
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

Honda Jazz VTEC bagi yang Ingin Tenaga Besar

BAGI penggemar Honda Jazz yang menginginkan tenaga yang lebih besar, mungkin Honda Jazz VTEC merupakan mobil yang cocok bagi mereka. Honda Jazz VTEC diluncurkan pada tanggal 23 Juni lalu di Semanggi Expo di Kawasan Niaga Terpadu Semanggi, Jakarta Selatan.

Acara peluncurannya sendiri berlangsung sangat ”wah”, khas anak muda, dan akan dilanjutkan dengan acara Honda Jazz ”Coolfest” yang berlangsung 24, 25, dan 26 Juni 2005. Honda Jazz ”Coolfest” mencakup MTV Sky on Air, peluncuran Honda Jazz VTEC dan fashion show, penampilan band, quiz/game, serta berbagai kegiatan heboh lainnya.

Tidak ada perbedaan yang mencolok antara Honda Jazz i-DSI dan Honda Jazz VTEC, kecuali pada mesin yang disandangnya. Selintas kedua varian Jazz itu terlihat sama, tetapi jika diamati secara saksama barulah tampak ada perbedaan antara keduanya. Yang membedakan Honda Jazz VTEC dari Honda Jazz i-DSI adalah sosok luar yang lebih sport, lewat penggunaan front lower skirt, side lower skirt, dan rear lower skirt, serta tailgate spoiler. Selain itu, pada bagian belakang kiri terdapat tulisan VTEC, dan Honda Jazz VTEC menggunakan pelek (velg) baru berukuran 15 inci.

Walaupun sama-sama menggunakan mesin 1.5 Liter, 4 silinder segaris (inline), tetapi cara kerja mesin Honda Jazz i-DSI dan Honda Jazz VTEC berbeda. Seperti namanya, Honda Jazz i-DSI menggunakan mesin yang bekerja dengan teknologi intelligent Dual and Sequential Ignition (i-DSI), di mana setiap silinder dilengkapi dengan dua busi yang menyala secara berurutan. Sementara Honda Jazz VTEC menggunakan yang bekerja dengan teknologi variable valve timing and lift electronic control (VTEC), di mana lama (timing) dan besaran (lift) bukaan katup masuk (intake valve) disesuaikan dengan putaran mesin.

Kedua mesin yang disandang Honda Jazz itu sama-sama irit dalam mengonsumsi bahan bakar dan mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Daya yang dihasilkan mesin i-DSI memang tidak sebesar yang dihasilkan VTEC, tetapi torsi maksimum sudah muncul pada putaran mesin rendah, yakni 2.700 putaran mesin per menit (rpm). Dengan demikian, mesin i-DSI terasa lebih bertenaga di putaran mesin rendah. Sedangkan mesin VTEC lebih bertenaga pada putaran mesin tinggi, mengingat torsi maksimum muncul pada 4.800 rpm. Dengan demikian, penggunaan mesin VTEC sangat cocok untuk melakukan kegiatan sport atau balap. Meskipun itu tidak berarti mesin VTEC tidak cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Yang agak berbeda adalah pada Honda Jazz VTEC pengendara harus membiasakan diri untuk menginjak pedal gas agak dalam. Sesuatu hal yang tidak perlu dilakukan oleh pengendara Honda Jazz i-DSI.

Mesin VTEC itu menghasilkan tenaga maksimum 108 PK pada 5.800 rpm dan torsi maksimum 143 Nm pada 4.800 rpm, lebih besar daripada mesin i-DSI yang menghasilkan tenaga maksimum 86 PK pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 128 Nm pada 2.700 rpm.

Sama seperti pada Honda Jazz i-DSI, tenaga dan torsi Honda Jazz VTEC itu juga diteruskan melalui persneling manual dengan 5 tingkat kecepatan atau melalui persneling otomatik dengan continuously variable transmission (CVT), yang dilengkapi dengan steermatic, yang memiliki 7 tingkat kecepatan. CVT menjamin akselerasi berlangsung secara halus tanpa terputus, sementara steermatic memungkinkan pengendara untuk menaikkan dan menurunkan gigi persneling secara manual dengan menekan tombol plus dan minus yang terdapat di palang setir.

Tenaga dan torsi besar yang dihasilkan mesin VTEC tentunya juga memerlukan usaha ekstra untuk memberhentikan mobil yang menyandang mesin tersebut. Itu sebabnya Honda Jazz VTEC menggunakan rem cakram (disc brake) di depan dan belakang. Pada Honda Jazz i-DSI hanya rem depan yang menggunakan rem cakram, sedangkan rem belakang menggunakan rem teromol.

KOMPAS yang mengendarai Honda Jazz VTEC pekan ini dengan mudah merasakan bahwa mobil itu menyimpan tenaga besar. Saat pedal gas diinjak penuh (kickdown) sampai 4.800 rpm, tenaga dengan cepat menyembur keluar. Kecepatan 100 kilometer per jam dapat dengan mudah dicapai. Peredaman suara luar yang menembus ke kabin cukup signifikan berkat penggunaan alat peredam dobel.

Jika menginginkan performa sport, pengendara hanya perlu menggeser tangkai persneling dari huruf D (drive) ke huruf S (sport), dan mobil menjadi lebih responsif dalam mengikuti keinginan pengendara. Bila masih kurang puas, tinggal menekan tombol steermatic, dan melakukan pengoperan persneling secara manual tanpa kehadiran kopling dengan menekan tombol plus-minus di palang setir.

Saat pengendara mengoperasikan tombol steermatic, di samping indikator di dashboard, yang menunjukkan tangkai persneling berada di huruf D/R/N (netral)/S/L, muncul angka 1/2/3/4/5/6/7 yang menunjukkan gigi persneling tengah digunakan. Tombol positif ditekan untuk meningkatkan gigi persneling saat berakselerasi, sedangkan tombol negatif ditekan untuk menurunkan gigi persneling saat berdeselerasi.

Steermatic sangat diperlukan saat menyusuri tanjakan dan turunan di kawasan pegunungan. Dengan steermatic, Jazz dimungkinkan untuk melahap tanjakan dengan baik karena penggunaan gigi persneling yang tepat. Dan, saat menurun, laju kendaraan dapat dikontrol dengan menggunakan gigi persneling yang sesuai sehingga mobil tidak meluncur terlalu cepat. Penggunaan rem yang berlebihan di turunan dapat mengakibatkan rem rusak karena panas yang berlebihan.

Honda Jazz pun merupakan kendaraan yang aman. Mobil itu mendapatkan penghargaan lima bintang (perolehan tertinggi) dalam uji tabrakan (crash test) yang diadakan oleh Japan New Car Assessment Program (JNCAP).

Sosok Jazz yang mungil tidak berarti daya muatnya minim. Ruang dalam Jazz bisa dikatakan lega, mengingat kabinnya sangat efisien. Tangki bahan bakar diletakkan di tengah, membuat Jazz lebih lapang. Seperti yang diperkirakan oleh surat kabar The Australian edisi 12 Desember 2002, Honda Jazz memang menjadi kendaraan kecil keluaran Honda yang paling ”menggoda”.

”Belikan satu unit untuk anak Anda yang sedang belajar di universitas dan jangan harap ia mau meminjamkannya pada Anda,” tulis surat kabar Australia itu. Walaupun Honda Jazz bisa diterima oleh berbagai kalangan, tetapi tampaknya konsumen potensialnya adalah anak muda atau orang-orang yang berjiwa muda.

Honda Jazz VTEC yang menggunakan persneling manual dijual dengan harga on the road Jakarta Rp 147 juta. Sedangkan yang menggunakan persneling otomatik dijual dengan harga Rp 157 juta.(JL)
Image