Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Berita atau peristiwa yang berhubungan dengan dunia otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
User avatar
Fiz
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 332
Joined: Thu Feb 19, 2015 9:36

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Fiz »

g4ndalf wrote: Lautan luas ikannya banyak memang betul, saya setuju sama analoginya. Tapi, ikannya kecil2 - alias daya beli konsumen indo relatif lemah dibandingkan negara2 lain (per kapita). Dan ini cenderung menurun, bisa dilihat dari penjualan mobil, motor dan property yg menurun. Kalau penjualan makanan / barang2 konsumsi tdk bisa dijadikan patokan, karena kalau ndak makan ya mati.

Mungkin salah satu alasan taxi online uber, dll, sangat populer karena tarifnya murah. Balik lagi ke alasan daya beli. Nah, di sini negara kalau melarang sama aja menyengsarakan konsumen uber (yg saya bayangkan jumlahnya tdk sedikit).

Kalau dibilang pasar indo sangat menarik ya betul2 salah. Kalau memang begitu bagus tentunya pabrikan sekelas Ford nggak cabut donk? Trus kenapa juga FDI (investasi asing langsung, spt buka pabrik, buka lapak, etc) nggak terlalu bagus? Di sinilah problemnya, misal pemerintah terlalu saklek sama uber, buat mereka masih timbang2 apakah worth 'fighting' di Indonesia. Lain halnya klo itu eropa, atau amrik, mereka fight beneran karena kue di sana lebih gede.

Populasi indonesia emang gede, tapi gak semuanya berduit. Jadi kalo ekonomi model baru macem layanan berbasis aplikasi gini dilarang, yg menderita juga rakyat / konsumen. Harusnya bisa bayar murah... jadi mahal (klo dah gini apa bukan kartel?)

Waktu persh2 indukan ayam rame2 musnahkan parents stock, KPPU bergerak langsung nuduh kartel. Nah ini persh2 taksi (supirnya) demo - nuntut supaya layanan lain yg lebih murah diblokir, ini jelas kan mau bikin kartel, tapi KPPU diem aja?? Apa di negara ini semua yg demo2 harus diturutin kalo iya, bakal chaos nanti semuanya demo.... A***is bisa ditutup karena didemo ibu2 rumah tangga... wkwkwkwk
yah ampun om.. terlalu luas bahasnya.. dari aplikasi mobile online doang sampe bawa2 ford :big_slap:

tu om tau sendiri daya beli kecil.. aplikasi online cuma modal apa sih? smartphone kan? mayoritas masy indo punya smartphone, checked.
mayoritas punya akses internet, checked.
udah cuma sampe situ aja, smartphone+internet = aplikasi berbasis online bisa digunakan.
toh sy nyontohinnya fb dan netflix, trus skarang kasusnya uber dan grab, dan tu om juga tau klo uber dan grab bisa laku karna murah..

ngapain bawa2 ford yg notabene buat konsumen berduit.. dan udah tau sendiri regulasi pemerintah kita tentang pajak otomotif ribet dan memberatkan produsen dan konsumen..

udah sampe situ doang om, toh saya cuma meng-counter tulisan om yang "gmn klo wa fb dll nge ban indo blablabla, bisa apa kita blablabla"
the-mantal
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 526
Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
Location: jakarta

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by the-mantal »

‎Ikutan ah diskusinya

pro dan cons (walau kliatannya banyak yg pro uber N grab drpd pro pemerintah). Yg jelas salah itu regulasinya.

Kemenhub itu cmn jalanin tugas koq, sesuai regulasi.‎

Sesuai regulasi, jelas Mobil plat hitam ngangkut orang dg berbayar dan hitung km itu adalah taksi.‎ 

Tp di sisi lain, ada celah yg dipakai oleh uber N grab, yaitu Mobil mereka ini Mobil sewa point to point, jd secara legal ada pegangan hukumnya.
‎Saya dengar sih mobil2 uber yg ditangkap polisi kemarin2 semua dikeluarin lagi tanpa denda krn emg demikian celah hukum nya.

Nah regulasi ini yg harusnya dibenahin pemerintah. Yg saya heran, koq regulasi abu2 dibiarkan, dan penegakan jg setengah2.

Dulu waktu jokowi masih jd gub Jakarta, beliau bs koq ubah regulasi rumah tinggal boleh 3 Lantai drpd hrs membongkar rmh2 yg wkt itu menyalahi aturan (yg notabene udah banyak dibangun di daerah rmh org2 kaya, dg celah hukum rumah 2 Lantai + mezanine)‎.

Knp skrg gak bisa hayo utk mengubah regulasi melegalkan ojek, dan transport online?‎

Btw, grup blue bird itu sbnrnya main 2 kaki loh, satu sisi blue bird taksi pada demo, tp sisi lain golden bird narik penumpang uber (ini rumor yg ane denger, tp blm bs dikonfirmasi). Hehehe.
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

goldenbird tidak
trac (serasi autoraya) ya

tapi goldenbird ... trac ... lakstrans (gamya) dan rental companies lain punya satu hal sama

fleet mrk (bukan bus atau microbus) pakai plaat itam dan keur tag tdk dipasang ... sy bekas regular client mrk dari 2006 sampai 2014 ... bahkan kijang yg pernah di sewa jokowi itu aslinya mobil trac plaat itam

jadi ada alasan u ketawa saat ada govt.official bilang ... ini n itu wajip plaat kuning
User avatar
Mastermax
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Wed Aug 21, 2013 17:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Mastermax »

newrubble wrote:goldenbird tidak
trac (serasi autoraya) ya

tapi goldenbird ... trac ... lakstrans (gamya) dan rental companies lain punya satu hal sama

fleet mrk (bukan bus atau microbus) pakai plaat itam dan keur tag tdk dipasang ... sy bekas regular client mrk dari 2006 sampai 2014 ... bahkan kijang yg pernah di sewa jokowi itu aslinya mobil trac plaat itam

jadi ada alasan u ketawa saat ada govt.official bilang ... ini n itu wajip plaat kuning
itu Govt.off....wajib di : :wkkk: :wkkk: :wkkk:
ZEXELGRIFONE
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 696
Joined: Wed Mar 21, 2007 9:49

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by ZEXELGRIFONE »

g1ng2 wrote:
ZEXELGRIFONE wrote:Setelah baca2 berita, yg dipermasalahkan rata2 seputar ilegal/legal.. pajak.. saingan dengan angkutan umum, dsb..
Ane jadi kepikiran nanya..

1. GrabCar/Uber itu... Apakah mereka perusahaan transportasi?

2. Kalau seandainya Grab/Uber itu perusahaan transportasi, berapa ratus/ribu mobil yg mereka miliki? Miliki dalam artian mobil atas nama perusahaan.. menjadi aset perusahaan.. bukan individual.
Menarik pertanyaan om, ternyata Uber itu diakui sebagai perusahaan transportasi... saya kutip dari forbes:

“Uber, the world’s largest taxi company, owns no vehicles. Facebook, the world’s most popular media owner, creates no content. Alibaba, the most valuable retailer, has no inventory. And Airbnb, the world’s largest accommodation provider, owns no real estate. Something interesting is happening.”
http://www.forbes.com/sites/oracle/2015 ... 1895c231dc

Walau dibilang om NR mungkin "konglomerat taxi indonesia", tapi jangan salah Uber juga sekarang ini perusahaannya dihargai 50billion USD. Tanpa negara ini kecipratan dari nilai yang fantastis itu..

menarik memang dari semua pro dan kontra ini, perusahaan taxi dipecut buat ber evolusi lebih cepat lagi, gak cuma di indonesia.. kalau nggak seperti industri majalah yang sudah tergusur oleh dunia digital..
Itu klo kata Forbes ya om?

Laen hal dengan kata mereka sendiri: http://megapolitan.kompas.com/read/2015 ... ansportasi
di Uber, manajemen hanya sebagai pihak ketiga melalui aplikasi, menyalurkan keinginan konsumen yang ingin menyewa kendaraan dari si penyewa, yaitu pemilik rental mobil.
Jadi bingung saya.. :D

newrubble wrote:goldenbird tidak
trac (serasi autoraya) ya

tapi goldenbird ... trac ... lakstrans (gamya) dan rental companies lain punya satu hal sama

fleet mrk (bukan bus atau microbus) pakai plaat itam dan keur tag tdk dipasang ... sy bekas regular client mrk dari 2006 sampai 2014 ... bahkan kijang yg pernah di sewa jokowi itu aslinya mobil trac plaat itam

jadi ada alasan u ketawa saat ada govt.official bilang ... ini n itu wajip plaat kuning
Saya jadi inget berita ini om :
http://www.merdeka.com/jakarta/pemprov- ... -dprd.html

Berarti apa mobil sewaan pemda/pemprov juga wajib plat kuning? :big_think:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Semoga akan segera terjadi revolusi / pembenahan besar2-an pada dunia transportasi umum yg selama puluhan tahun gak karu2-an

Microbus2 Zombie skg pelan2 mulai digempur A Hok dgn bus2 yg manusiawi

Image

Nti mestinya ada pooling ke publik mengenai taxi, apa yg disukai publik dan mengapa

Dan tinggal organda diperiksa ice cream deh.......xixixixiixixixixiixixixixi
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

ke depannya kalo ada demo2 supir taxi, hati2 pengguna mobil2 jenis tertentu
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by jwid »

Mastermax wrote:
newrubble wrote:goldenbird tidak
trac (serasi autoraya) ya

tapi goldenbird ... trac ... lakstrans (gamya) dan rental companies lain punya satu hal sama

fleet mrk (bukan bus atau microbus) pakai plaat itam dan keur tag tdk dipasang ... sy bekas regular client mrk dari 2006 sampai 2014 ... bahkan kijang yg pernah di sewa jokowi itu aslinya mobil trac plaat itam

jadi ada alasan u ketawa saat ada govt.official bilang ... ini n itu wajip plaat kuning
itu Govt.off....wajib di : :wkkk: :wkkk: :wkkk:
setelah mendarat di bandara juanda surabaya , mau cari taksi ternyata taksinya semua warna merah itu dan gak ada blue bird , akhirnya naik golden bird yang harganya udah ditentuin sebelum naik, bisa pilih naik avanza atau inova dan semuanya plat hitam tanpa keur tag

blue bird tidak boleh angkut penumpang dari bandara karena dilarang oleh pengelola bandara, hanya taksi merah yang notabene dibawah lingkup koperasi pengurus bandara yang boleh.

boleh saja sih kalo supir nekat bluebird coba coba angkut , paling kepala pecah
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by jwid »

pemerintah juga sudah "dididik" oleh utusan uber dan grab. pertamanya mereka main larang saja lalu kena "disekolahkan" sama utusan legal uber karena coba2 kandangin mobil seenaknya. sekarang mau larang lagi mereka pemerintah sadar , dasar hukumnya tidak kuat.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

aturan dia yg bikin sendiri n skrg dia yg bingung sendiri ... mau dihargain brapa

jaman sy smp skitar 1982 sampai fleet phased out th 1989 alm irawan sarpingi (4848) punya rental cars dg supir tentunya

W123 240d cactusgreen
volvo 244dl beige

tanpa taxi marking ... sama spt holden (1978-95) hj dan hq mrk (sblm pake daihatsu f60 lwb) ... tapi mudah liatnya ... plaat kuning ... keur tag .... sy tanya oom irawan knp tdk itam sj n dia bilang ... nultolerantie ...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Ahok Dukung Angkutan Berbasis Aplikasi Asal Ikut Aturan dan Bayar Pajak

https://news.detik.com/berita/3165947/a ... ayar-pajak
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Pengumuman! Taksi dkk Bakal Demo Lagi Lebih Besar Senin 21 Maret

http://news.detik.com/berita/3166883/pe ... n-21-maret
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Dari zaman dulu dunia taxi ini memang kental unsur premanisme, dan ini gak cuman di Indonesia

waktu saya kecil dulu, ada taxi2 yg ubahan Chevy Luv jadi sedan jejadian, President taxi kalo ga salah

Pernah sekali waktu ane mau naek taxi, nyamperin yg pada mangkal, ane mau naek dan mereka gak mau pake argo, gak lama ada taxi lain lewat en ane cegat, si taxi pake argo dan ane naik

Then taxi tsb dicegat oleh supir2 Taxi President di situ, diancam, sampe akhirnya tu supir nyuru ane turun, dia gak berani angkut, dan terpaksalah ane naek taxi kuning butut itu


Th 2006 di Shanghai

Di Shanghai Conv Centre - PuDong

Sehabis pulang dr pameran, ikut ngantri dgn puluhan orang lain nunggu taxi

Itu taxi2 di sana (yg warna merah kecoklatan) pada gak mau jalanin Argo, trus ada salah 1 supirnya nawarin ke orang2 yg nunggu dgn Inggris pas2-an, nawarin tarif 100 Renminbi utk perjalanan ke Down town shanghai, gak mau kurang, gayanya dgn ngasih unjuk 1 lembaran merah 100 renminbi....ckckck

Ane sih cuek, ee gak lama ada 2 orang Jepun naek tu taxi, bayar 100 renminbi

Padahal 10 - 15 menit kemudian datang taxi taxi ber argo en akhirnya ane dapat taxi yg jalanin Argo


Bangkok 2011

Kalo di Bangkok mah gaya-nya pura2 bego, tapi diem2 mrk muter2-in kita

Th 2011 lalu dimana ada urusan kerjaan ke sana, 3 hari berturut2 naek taxi dr hotel ke suatu tempat yg sama, tiap hari bayar ongkos taxi-nya beda2 & bedanya bisa agak lumayan jauh
:big_biglaugh:

Sampe ane hindari taxi yg warna pink itu, taxi yg warna kuning - hijau masi lebih cengli

:mky_01:
gogon344
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 141
Joined: Wed Dec 30, 2015 3:53

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by gogon344 »

yah yg begini nih, perusahaan besar moso tak inovasi hihi malu keles. yang demo pengemudinya, bosnya mah senyum" bae dari atas. :mky_07:

ga setuju, yg aplikasi enak, bisa liat tarif. kalau konvensional ga bisa liat tarif + di puter" tarif bengkak dll .
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by octafiantos »

Horeee, demo teruuus...
Tambah ga doyan naik taksi reguler nanti orang orang.
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

Turboman wrote:Dari zaman dulu dunia taxi ini memang kental unsur premanisme, dan ini gak cuman di Indonesia

waktu saya kecil dulu, ada taxi2 yg ubahan Chevy Luv jadi sedan jejadian, President taxi kalo ga salah

Pernah sekali waktu ane mau naek taxi, nyamperin ... :
bukan
itu koperasi taxi / kti (kosgoro ... koperasi serba guna gotong royong ... sebelum jadi kesatuan organisasi serba guna gotong royong) yg beda dgn kosti

jaman alm suhardiman taruh wang di garuda ma'mur u chevy luv-kb importation (1980-91)

body in pastel green ... roof n pillars in schokkende oranje dgn semi-digital motorolla taximeter (first launch in 1988 ...bodycoach by palapa)

thn 1992 semua units shipped to east timor n re-operated there until 1995 (ganti dgn daihatsu g102 notchback juga in kosgoro / koperasi taxi livery) ... sy ingat chevy luv-kb ada bbrp units yg underfloor driver's side dipasang h&k g3 maupun armalite ar-15 di dili maupun baucau n manatuto krn malam bgt byk supirtaxi jadi combatentes
jwid
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 426
Joined: Fri Apr 03, 2015 3:56

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by jwid »

newrubble wrote:aturan dia yg bikin sendiri n skrg dia yg bingung sendiri ... mau dihargain brapa
ahirnya hanya teriak teriak pokoknya harus bayar .... harus bayar ...! haha
lend3
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 188
Joined: Wed Oct 08, 2014 6:13

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by lend3 »

no service excellent, biar aja bubar dimakan jaman. toh dulu delman sama becak. juga pernah di posisi angkot dan taksi. roda berputar, slow to respond ya digilas roda perkembangan teknologi. kecuali rodanya mau bergerak mundur wkwkwkw. stay offline.
octafiantos wrote:Horeee, demo teruuus...
Tambah ga doyan naik taksi reguler nanti orang orang.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

yak yak betul Koperasi taxi :mrgreen:

Mobil2-nya juga dah kayak Zombie jalan

pernah sekali naek bareng om ane, panas mesin sepoi2 masuk ke kabin, kayaknya karet di firewall ada yg bocor
:wkkk:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

In reverse psikologi

Adanya demo2 spt ini scr tidak langsung membuat si Udak dan Grepe jadi mencuat namanya

Orang2 yg sebelumnya gak aware, mungkin jadi malah mau nyoba Udak......apalagi banyak testi2 positive dr byk user
:wkkk:
tumeng
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Mon Jan 25, 2016 13:46

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by tumeng »

Biarin aja, yang penting halal
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

buat sy bkn setuju / tdk ... tapi ... apa bisa ... a banana rep.govt to do that
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21987
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by Turboman »

Kalo saya sih berharap persh2 Taxi lokal segera berevolusi utk bisa survive menghadapi situasi spt skg ini

Jika banyak "provider" maka konsumen akan tetap diuntungkan

Jika para pemain mati, Once orang2 sudah "kecanduan" dgn layanan persh tertentu maka :

http://fortune.com/2016/02/01/uber-driv ... francisco/

http://ww2.kqed.org/news/2016/01/07/in- ... t-for-cabs

:big_grin:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by octafiantos »

Selama regulasi angkot* masih sama, rasanya sedikit hasil evolusinya.

*plat kuning, kir, trayek dkk. Beban ini mau tidak mu akan tetap jatuh ke rp/km yang dibayar penumpang taksi.

Service based apps sudah keniscayaan, wis wayahe. Last minute/immediate service request memang wilayahnya apps jadi mau dibendung kaya apa pasti bakal dateng. Belanja sayur aja ada pasarminggu.co dan sudah disuntik venture capital. Tutup mata aja anggap ini berhasil dibendung (baca: telco operator blok seluruh request ke url pemilik service) dan didown grade jadi sms based request, apa ya nanti bakal diblok lagi sama regulator :D

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
newrubble
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 7363
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Rencana pemblokiran angkutan berbasis aplikasi? Setuju atau tidak?

Post by newrubble »

bandar based taxi n app online shared transporter hrs nya bisa in synergy to eliminate standalone driver-in command ferries (angkot mikrolet)

tapi itu against politics of preserving poors n poverty ...

jadi silakan brantem n sy tggu rupiah di rp.25,000 - rp. 35,000 intersection ...