[TANYA] Audi A series

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

addicted2turbo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:57

Re: [TANYA] Audi ..

Post by addicted2turbo »

mylandy wrote: Salam kenal, Om, pengalaman pake Q5 nya hampir sama. :big_deal:
Kalo boleh tahu, apakah si Q5 pernah minum selain RON 95? Trus cara bawanya gimana, apa suka gaspol rempol? :thanks:
Salam kenal juga om. Saya pake Q5 isi selalu pake RON95 (biasanya Shell V-Power). Kalo cara bawa-nya nggak gas-pol, tapi suka agresif sih emang kalo di jalan tol. Enak sih sebenarnya pake mobil ini, cuman emang kalo udah mulai rewel apalagi bagian dsg nya jadi was was juga
addicted2turbo
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 30
Joined: Fri Nov 06, 2015 1:57

Re: [TANYA] Audi ..

Post by addicted2turbo »

kemosabe wrote:yang paling menyeramkan dari Audi, berarti ECU terutama bagian transmisi apalagi yang sistem DSG ya pak bos?
dsg yang digunakan Audi apakah sama dengan yg di Golf?
Iya om, kalo menurut saya harus hati2 sama transmisi nya, terutama yg DSG. Tapi ini juga kelemahan dari semua transmisi dual-clutch sih (kayak yg digunakan sama Ford, Audi, VW, etc), karena kalo rusak biaya perbaikan-nya sangat mahal.

Untuk transmisi DSG nya, ada beberapa versi. Versi yg digunakan di Q5 itu tidak sama dengan yg di VW Golf kalo menurut service advisor di beres. Untuk VM Golf TSI, dia pake yg dry clutch, yg GTI pake wet clutch, dan Q5 juga pake yg wet clutch (mirip, tapi beda model kata nya dengan yg GTI)
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [TANYA] Audi A series

Post by mylandy »

kemosabe wrote:
mylandy wrote:
jivos wrote:turbo ver di audi adl varian/kasta t'tinggi, bandrol hrg br plg mahal, features plg lengkap.
Jd di non turbo, bbrp feature tdk lengkap.
Cth: transmisi dsg hanya di ksh di varia turbo sj.

Utk level kemudahan: cost/parts/reliability
Krn seri b6/c5 tdk hebat atopun bandel2 amat, disamping sec umur pemakian sdh lama, pribadi klo budget ada...sy lbh sarankan ke model yg br b7/c6. Utk cost+parts availibilty sama saja, reliability slightly lbh baik. Sy lupa2 ingat, itu yg a4 b7 2.tfsi transmisi klo ngga slh pk cvt, cb di cek n pastikan. klo di A3 sdh dsg..sharing plat n part dg golf gti mk5.
Nambahin info dari Om Jivos, selain mesin turbo, varian tertinggi itu yang tipe Quattro + S-Line package + panoramic. Biasanya untuk mobil bekas selisih harga antara versi standar dan komplit tidak terlalu besar, padahal harga barunya beda jauh. cmiiw...
pak bos ini nyimpan berapa audi, kalau boleh tau nih ?
Saya cuman keroco mumet, Om, jangan dipanggil bos... :wkkk:
Brand audi cuman piara satu2-nya, mudah2 an gak ada problem besar lagi. :big_peace:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [TANYA] Audi A series

Post by mylandy »

addicted2turbo wrote:
mylandy wrote: Salam kenal, Om, pengalaman pake Q5 nya hampir sama. :big_deal:
Kalo boleh tahu, apakah si Q5 pernah minum selain RON 95? Trus cara bawanya gimana, apa suka gaspol rempol? :thanks:
Salam kenal juga om. Saya pake Q5 isi selalu pake RON95 (biasanya Shell V-Power). Kalo cara bawa-nya nggak gas-pol, tapi suka agresif sih emang kalo di jalan tol. Enak sih sebenarnya pake mobil ini, cuman emang kalo udah mulai rewel apalagi bagian dsg nya jadi was was juga
Mungkin benar kata Om Jivos, bagaimanapun perlakuan kita ke mobil audi, transmisinya bakal kena duluan.
Waktu awal2, Q5 ini minim body roll, tapi sekarang lebih kerasa. Mungkin karena kaki2 mulai lemah. Kalau lagi pengen lari-lari di tol, biasanya langsung saya pindahin ke mode dynamic biar suspensi lebih kaku. Tarikannya memang menyenangkan, keliatan banget pas di tanjakan, langsung ninggalin yang lain. :mky_02:
kemosabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56

Re: [TANYA] Audi ..

Post by kemosabe »

addicted2turbo wrote:
kemosabe wrote:yang paling menyeramkan dari Audi, berarti ECU terutama bagian transmisi apalagi yang sistem DSG ya pak bos?
dsg yang digunakan Audi apakah sama dengan yg di Golf?
Iya om, kalo menurut saya harus hati2 sama transmisi nya, terutama yg DSG. Tapi ini juga kelemahan dari semua transmisi dual-clutch sih (kayak yg digunakan sama Ford, Audi, VW, etc), karena kalo rusak biaya perbaikan-nya sangat mahal.

Untuk transmisi DSG nya, ada beberapa versi. Versi yg digunakan di Q5 itu tidak sama dengan yg di VW Golf kalo menurut service advisor di beres. Untuk VM Golf TSI, dia pake yg dry clutch, yg GTI pake wet clutch, dan Q5 juga pake yg wet clutch (mirip, tapi beda model kata nya dengan yg GTI)
dibanding CVT ongkos rawatannya kira kira berapa kali lipat pak bos?
ngeri ngeri sedap juga nih jadinya melamar si mbak audi, cuma senyuman mbak audi selalu kebayang kebayang..
kemosabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56

Re: [TANYA] Audi A series

Post by kemosabe »

mylandy wrote:
kemosabe wrote:
mylandy wrote: Nambahin info dari Om Jivos, selain mesin turbo, varian tertinggi itu yang tipe Quattro + S-Line package + panoramic. Biasanya untuk mobil bekas selisih harga antara versi standar dan komplit tidak terlalu besar, padahal harga barunya beda jauh. cmiiw...
pak bos ini nyimpan berapa audi, kalau boleh tau nih ?
Saya cuman keroco mumet, Om, jangan dipanggil bos... :wkkk:
Brand audi cuman piara satu2-nya, mudah2 an gak ada problem besar lagi. :big_peace:
:big_peace:
kemosabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56

Re: [TANYA] Audi A series

Post by kemosabe »

sepanjang pemahaman nubi, karena baru baca baca tentang DSG,
DSG ini berarti menggunakan double clutch (mekanikal) + programmable kontroller (computer),
ketika rusak pada di mech unit, ongkos perbaikannya menjadi sangat besar , ada nubi baca sampai ratusan juta
karena di mech unit ini ada komputer, maka komponennya adalah board (chips, microcontroller, ..) plus software pengendali yang ditanamkan ke chips/microcontroller tersebut.
setahu nubi, microcontroller (kosong) biasanya harganya tidak sampai ratusan jutaan, kontroller menjadi mahal apabila telah diisi instructions-set.
pertanyaan nubi,
1. fault pada kontrollernya kan bisa terjadi karena fault pada board sehingga harus replacement dengan board baru, atau fault pada softwarenya yang bisa diatasi dengan diinstall ulang, atau kombinasi fault keduanya yang menyebabkan musti diganti, apakah untuk software fault dikenakan biaya (beli lagi)?
2. pergantian/perawatan yang menjebol rekening sampai 100 jt tersebut untuk apa saja ya? di situs luar, nubi baca replacement mech unit biayanya USD 1,500 - USD 3,000
3. garansi software-software yang tertanam pada mobil ini apakah mengikuti garansi mobil, atau memiliki garansi lifetime, karena menurut nubi software pada dasarnya bisa diinstall ulang saja, atau diupdate dengan versi terbaru, sehingga jika fault pada software seharusnya zero-cost sebab bisa diinstall ulang (ya seperti beli windows sajalah, beli untuk lifetime, dan bisa diupdate selama masih ada support untuk versinya)


thank pak bos ya..
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [TANYA] Audi A series

Post by jivos »

Cb jawab ya om, klo ada yg miss tlg di koreksi.

1. Yup fault bs dr salah satu atopun keduanya.
Klo dr software bs install upgrade versionnya, klo board, bs ganti board/chipnya. Kendala nya diluaran ngga ada yg jual per partnya pisahnya.
Plg ada "set repair kit" nya saja.
* pernah cb utk repair ecu transmisi audi, dg cb panggil bbrp pentolan specialist ecu yg slama ini cukup piawai baik di jkt/bandung

Utk q5 mecha br nya kitaran 80jt skrg, klo beli repair kitnya sj di Sin di bwh 15jt, klo trima beres b'serta oli kurleb di 20jt saja.

2.sdh terjawab di point 1 ya, mahal krn ada replacement mecha, apalagi klo clutchnya ikut diganti jg krn gosong.

3. Garansi software..umumnya gratis mas, setiap ada update terbaru akan sugest di update, klopun mbl sdh tdk warranty, cost update sofware ngga seberapa.

Tambahan:
Klo cost rawat cvt sm saja, yg mahal klo rusak minta diganti harus satu set blok minta diganti.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [TANYA] Audi A series

Post by mylandy »

Ini pengalaman di beres ya, mungkin saja di non-beres bisa berbeda, untuk upgrade software tidak dikenakan biaya. Namun untuk keluhan apapun, bila kita ke beres akan dilakukan check/scan dulu (istilah mereka "guided function"), dan itu dikenakan biaya sekitar 500 rb. :big_slap:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [TANYA] Audi A series

Post by mylandy »

kemosabe wrote:
addicted2turbo wrote:
kemosabe wrote:yang paling menyeramkan dari Audi, berarti ECU terutama bagian transmisi apalagi yang sistem DSG ya pak bos?
dsg yang digunakan Audi apakah sama dengan yg di Golf?
Iya om, kalo menurut saya harus hati2 sama transmisi nya, terutama yg DSG. Tapi ini juga kelemahan dari semua transmisi dual-clutch sih (kayak yg digunakan sama Ford, Audi, VW, etc), karena kalo rusak biaya perbaikan-nya sangat mahal.

Untuk transmisi DSG nya, ada beberapa versi. Versi yg digunakan di Q5 itu tidak sama dengan yg di VW Golf kalo menurut service advisor di beres. Untuk VM Golf TSI, dia pake yg dry clutch, yg GTI pake wet clutch, dan Q5 juga pake yg wet clutch (mirip, tapi beda model kata nya dengan yg GTI)
dibanding CVT ongkos rawatannya kira kira berapa kali lipat pak bos?
ngeri ngeri sedap juga nih jadinya melamar si mbak audi, cuma senyuman mbak audi selalu kebayang kebayang..
Sedikit gambaran, ganti oli transmisi q5 7 liter, kena sekitar 5 jt-an. kalo A series mungkin jumlah oli lebih sedikit, bisa kurang dari itu. Tapi kalo gantinya di beres dan pake oli yang sama, biayanya tidak akan jauh beda. Ini berlaku untuk VW dan Audi. cmiiw...

Kalau suka banget, ya ambil aja Om, daripada selalu kebayang-bayang :big_love:
Tapi dengan segala resiko, kalau di kota Om TS tidak ada beres dan specialist yang paham banget mobil Audi, sebaiknya ambil brand sebelah saja.
kemosabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56

Re: [TANYA] Audi A series

Post by kemosabe »

mylandy wrote:
kemosabe wrote:
addicted2turbo wrote:
Iya om, kalo menurut saya harus hati2 sama transmisi nya, terutama yg DSG. Tapi ini juga kelemahan dari semua transmisi dual-clutch sih (kayak yg digunakan sama Ford, Audi, VW, etc), karena kalo rusak biaya perbaikan-nya sangat mahal.

Untuk transmisi DSG nya, ada beberapa versi. Versi yg digunakan di Q5 itu tidak sama dengan yg di VW Golf kalo menurut service advisor di beres. Untuk VM Golf TSI, dia pake yg dry clutch, yg GTI pake wet clutch, dan Q5 juga pake yg wet clutch (mirip, tapi beda model kata nya dengan yg GTI)
dibanding CVT ongkos rawatannya kira kira berapa kali lipat pak bos?
ngeri ngeri sedap juga nih jadinya melamar si mbak audi, cuma senyuman mbak audi selalu kebayang kebayang..
Sedikit gambaran, ganti oli transmisi q5 7 liter, kena sekitar 5 jt-an. kalo A series mungkin jumlah oli lebih sedikit, bisa kurang dari itu. Tapi kalo gantinya di beres dan pake oli yang sama, biayanya tidak akan jauh beda. Ini berlaku untuk VW dan Audi. cmiiw...

Kalau suka banget, ya ambil aja Om, daripada selalu kebayang-bayang :big_love:
Tapi dengan segala resiko, kalau di kota Om TS tidak ada beres dan specialist yang paham banget mobil Audi, sebaiknya ambil brand sebelah saja.
setelah nubi timbang timbang
akhirnya memang nubi putuskan beli saloon milik saudara tua
walau sebenarnya masih kepikiran kapan ya bisa punya audi
kendala terbesarnya memang itu bengkel dan teknisinya yang langka
walau jarak dari rumah nubi ke sawah cuma 15 kiloan maks (12 kilonya lurus, 3 kilo terakhir belok belok dengan lampu merah)
tapi tetap saja berasa serem kalau pulang malam dari sawah tiba tiba mogok dan harus nunggu teknisi dari negeri seberang

thanks untuk informasi informasi yang sudah diposting ya pak bos..
kemosabe
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 48
Joined: Thu Apr 07, 2016 2:56

Re: [TANYA] Audi A series

Post by kemosabe »

jivos wrote:Cb jawab ya om, klo ada yg miss tlg di koreksi.

1. Yup fault bs dr salah satu atopun keduanya.
Klo dr software bs install upgrade versionnya, klo board, bs ganti board/chipnya. Kendala nya diluaran ngga ada yg jual per partnya pisahnya.
Plg ada "set repair kit" nya saja.
* pernah cb utk repair ecu transmisi audi, dg cb panggil bbrp pentolan specialist ecu yg slama ini cukup piawai baik di jkt/bandung

Utk q5 mecha br nya kitaran 80jt skrg, klo beli repair kitnya sj di Sin di bwh 15jt, klo trima beres b'serta oli kurleb di 20jt saja.

2.sdh terjawab di point 1 ya, mahal krn ada replacement mecha, apalagi klo clutchnya ikut diganti jg krn gosong.

3. Garansi software..umumnya gratis mas, setiap ada update terbaru akan sugest di update, klopun mbl sdh tdk warranty, cost update sofware ngga seberapa.

Tambahan:
Klo cost rawat cvt sm saja, yg mahal klo rusak minta diganti harus satu set blok minta diganti.
thank you pak bos,
setelah nubi pikir pikir lagi akhirnya nubi pikir cukup riskan bawa Audi di kampung nubi
akal sehat nubi bilang begitu, tapi akal kurang sehat nubi tetep bilang ambil saja Audinya.. :big_grin:
kapan kapan diskus Audi lagi mudah mudahan pak bos tetap berkenan ya
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: [TANYA] Audi A series

Post by amfibi »

Sekedar penasaran, kenapa audi2 mesin 2.0T pada minum oli dr std nya ya mesinnya (yg per 2000km harus tambah 1L)? itu tuh tujuannya apa, heran soalnya mesin lain asa ga pada gitu ah hehe... Kok ini malah kaya vitara jlx 92 gitu :ungg:
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [TANYA] Audi A series

Post by mylandy »

Pernah komplain ke Beres, setelah cek kompresi, kata SA hasilnya normal. Tapi tetap saja kudu nambah sekitar 0,5 L tiap 750-an km (di buku manual tertulis 0,5 L per 1000 km).

Baca-baca di consumer report, di luar malah ada class action terhadap Audi soal konsumsi oli ini. Tidak ada penjelasan teknis yang resmi. Audi lebih menganggap hal ini sebagai "issue" ketimbang "fault". Parahnya, Audi tidak sendirian. Brand lain seperti BMW dan Subaru juga mengalami hal sama di beberapa model yang dikeluarkan. :off_no:

Selengkapnya bisa dibaca di sini:
http://www.consumerreports.org/cro/maga ... /index.htm
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [TANYA] Audi A series

Post by octafiantos »

Kemarin ada yang nawarin Audi A4 2.6 tahun 98. Kondisi barang kalo lihat di foto sih mulus banget, jok Recaro. Sama bengkel cuma ditawar 35. Duit 35 kalo buat beli E30 aja masih kondisi jelek normalnya. Harga jualnya menyedihkan sekali.
Kavling kosong, bisa dikridit.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [TANYA] Audi A series

Post by jivos »

octafiantos wrote:Kemarin ada yang nawarin Audi A4 2.6 tahun 98. Kondisi barang kalo lihat di foto sih mulus banget, jok Recaro. Sama bengkel cuma ditawar 35. Duit 35 kalo buat beli E30 aja masih kondisi jelek normalnya. Harga jualnya menyedihkan sekali.
Iya om begitulah kondisinya.
Parts sulit n mahal di tambah mblnya rewel
Sukses bikin jeblok ni merk. Vw pun sepengamatan sy ketolong krn pk emblem VW yg identik dg merakyat atopun bandel....realitanya ngga jauh beda dg audi in terms of realibilty.

35jt asumsi sehat diatas itu, sy brani gambling dg om buat balikin ke std sehat n antisipasi cost pemakaian krg dr setahun bakal tembus di atas angka 80jt.

Lbh wani ambil e30 atopun 1seri e82 kondisi mesin girboks bermasalah drpd unit audi yg sehat.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: [TANYA] Audi A series

Post by octafiantos »

Gile, serius tu Om bakal tembus 80?
Girboks sebelumnya disebut bakal rontok duluan itu menurut saya aneh. Setahu saya A4 itu pake ZF5HP19 dengan perubahan untuk Audi, basisnya sama persis dengan milik E46. Berarti samting wong dengan requestnya? :e-think:
Kavling kosong, bisa dikridit.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [TANYA] Audi A series

Post by jivos »

octafiantos wrote:Gile, serius tu Om bakal tembus 80?
Girboks sebelumnya disebut bakal rontok duluan itu menurut saya aneh. Setahu saya A4 itu pake ZF5HP19 dengan perubahan untuk Audi, basisnya sama persis dengan milik E46. Berarti samting wong dengan requestnya? :e-think:
Xixixi.....serius om.

*Yup basis sama zf5hp19 tapi ada jeroan dlm ada yg di bedakan, Cth nya sized converter audi pernah sy cb pasang k e46 325 tdk bisa ..pdhl type transmisi sm. Lihat no spec memang beda ....lihat akhiran abjadnya beda utk bmw/audi.

*ini sy blm jg sampai setahun ganti, dan per sabtu kmrn b'mslh lagi...cek...belek...kudu ganti lagi...hadeuh....msh tranny simple blm era mecha aja begini, supplier gearboks yg sy ini pk zf 4at yg 5at supply dr mitsuba utk type A3, klo keluaran mbl baru supplied by haldex.

Image

Yap something wrong...
Faktor kesalahan mekanik/bengkel sy kesampingkan dl krn rawatan beres pun kejadiannya sama.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: [TANYA] Audi A series

Post by powerkid24 »

jivos wrote: Xixixi.....serius om.

*Yup basis sama zf5hp19 tapi ada jeroan dlm ada yg di bedakan, Cth nya sized converter audi pernah sy cb pasang k e46 325 tdk bisa ..pdhl type transmisi sm. Lihat no spec memang beda ....lihat akhiran abjadnya beda utk bmw/audi.

*ini sy blm jg sampai setahun ganti, dan per sabtu kmrn b'mslh lagi...cek...belek...kudu ganti lagi...hadeuh....msh tranny simple blm era mecha aja begini, supplier gearboks yg sy ini pk zf 4at yg 5at supply dr mitsuba utk type A3, klo keluaran mbl baru supplied by haldex.

Image

Yap something wrong...
Faktor kesalahan mekanik/bengkel sy kesampingkan dl krn rawatan beres pun kejadiannya sama.
wah, ini yang dibongkar gearbox-nya Audi A3 ya om? yang tahun brapa kah?
kebetulan saya 2 tahun ini pelihara A4 B7 2005.5 yang udah CVT (kayaknya) karena dia transmisinya udah S-tronic (pake manual paddle shift).
jadi ngeri juga nih untuk sering2 maenin sport atau manual transmisinya.

btw, kalau nonton di yutub, cara pengisian oli transmisi A4 B7 emang harus memperhatikan temperatur olinya ya om?
saya tinggalnya di Bandung. bisa minta tolong dibisikin spesialis/mechanic yang bisa dipercaya om untuk soalan Audi di Bandung.
udah pernah ke Ucok dan ke carvillage juga, masih agak kurang cocok buat saya (udah setahunan sih dari sana nya, ga tau kondisi skrg di sana).

Skarang mileage gerobak saya di 746xx. Rencana minggu depan mau ganti oli mesin. Maunya sih ganti sendiri, ga usah ke beres. tapi filter oli pake yang non ori.
Menurut om jivos gimana kah soal ini?

Terima kasih sebelumnya.
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [TANYA] Audi A series

Post by jivos »

powerkid24 wrote:
wah, ini yang dibongkar gearbox-nya Audi A3 ya om? yang tahun brapa kah?
kebetulan saya 2 tahun ini pelihara A4 B7 2005.5 yang udah CVT (kayaknya) karena dia transmisinya udah S-tronic (pake manual paddle shift).
jadi ngeri juga nih untuk sering2 maenin sport atau manual transmisinya.

btw, kalau nonton di yutub, cara pengisian oli transmisi A4 B7 emang harus memperhatikan temperatur olinya ya om?
saya tinggalnya di Bandung. bisa minta tolong dibisikin spesialis/mechanic yang bisa dipercaya om untuk soalan Audi di Bandung.
udah pernah ke Ucok dan ke carvillage juga, masih agak kurang cocok buat saya (udah setahunan sih dari sana nya, ga tau kondisi skrg di sana).

Skarang mileage gerobak saya di 746xx. Rencana minggu depan mau ganti oli mesin. Maunya sih ganti sendiri, ga usah ke beres. tapi filter oli pake yang non ori.
Menurut om jivos gimana kah soal ini?

Terima kasih sebelumnya.
* A3 turbo 2002 om
* B7 2005 nya yg 2.0T turbo om?
Mainin manual mode tdk apa2 malah lbh baik, sepanjang shifting dilakukan di range rpm ideal.
Lain dr itu jg dia melatih pressures/mechanical yg vakum jk terus pk D mode.

* klo mau ikutin manual booknya, betul penggantian oli transmisinya hrs memperhatikan temperature olinya. Repotnya hampir semua bengkel ngga ngerti beginian termasuk beres, ada aja yg ngeles n ngga ngerti sop nya gmn.

*Specialist bandung
Palingan org nya itu2 saja om di bandung, champion beres, ucok, eko, carvillage mlh br denger..klo ada nama mekaniknya mungkin sy kenal. Diluar mslh overhaul tranny si ucok msh ok, cm baiknya sblm datang k dia, sdh baca2 refrensi dl ttg penyakit mblnya, rada2 merasa sbg org plg tahu tentang audi ni org, Blm tentu benar atopun sesuai dg std manual book repair.
Skrg sy sdh ngga k dia, ada pembandingnya di jkt yg lbh logic analisanya he he he ...ex senior beres mechanic, & anak buahnya jg jebolan audi qatar, satu lighting sm SA audi surabaya yg rada2 tinggi stylenya, padahal mah.....

*DIY oli engine ok2 saja om, utk filter oli klo bisa jangan pake merk topran, minimal mehle ato merek lain yg msh buatan jerman sana.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
mylandy
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Sat Oct 18, 2014 16:17

Re: [TANYA] Audi A series

Post by mylandy »

Carvillage ini yang di tubagus ismail/cigadung bukan? beberapa bulan yang lalu mau coba pasang plat nomer akrilik buat si ipah, ternyata sudah tutup. :big_dunno:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [TANYA] Audi A series

Post by jivos »

mylandy wrote:Carvillage ini yang di tubagus ismail/cigadung bukan? beberapa bulan yang lalu mau coba pasang plat nomer akrilik buat si ipah, ternyata sudah tutup. :big_dunno:
Klo yg di tubagus cigadung itu, posisi kanan jalan klo masuk dr dago itu mah si eko om.
Avoid deh....ngga bener kerja....ngga bener nagihnya.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: [TANYA] Audi A series

Post by powerkid24 »

jivos wrote: * A3 turbo 2002 om
* B7 2005 nya yg 2.0T turbo om?
Mainin manual mode tdk apa2 malah lbh baik, sepanjang shifting dilakukan di range rpm ideal.
Lain dr itu jg dia melatih pressures/mechanical yg vakum jk terus pk D mode.

* klo mau ikutin manual booknya, betul penggantian oli transmisinya hrs memperhatikan temperature olinya. Repotnya hampir semua bengkel ngga ngerti beginian termasuk beres, ada aja yg ngeles n ngga ngerti sop nya gmn.

*Specialist bandung
Palingan org nya itu2 saja om di bandung, champion beres, ucok, eko, carvillage mlh br denger..klo ada nama mekaniknya mungkin sy kenal. Diluar mslh overhaul tranny si ucok msh ok, cm baiknya sblm datang k dia, sdh baca2 refrensi dl ttg penyakit mblnya, rada2 merasa sbg org plg tahu tentang audi ni org, Blm tentu benar atopun sesuai dg std manual book repair.
Skrg sy sdh ngga k dia, ada pembandingnya di jkt yg lbh logic analisanya he he he ...ex senior beres mechanic, & anak buahnya jg jebolan audi qatar, satu lighting sm SA audi surabaya yg rada2 tinggi stylenya, padahal mah.....

*DIY oli engine ok2 saja om, utk filter oli klo bisa jangan pake merk topran, minimal mehle ato merek lain yg msh buatan jerman sana.
yang saya punya 2.0T skrg ini. lebih riskan ya om utk transmisinya?

betul, kalo baca2 di forum2 kayak audizine dan sejenisnya, banyak sih DIY di sana dan mreka kebanyakan pake alat yg lumayan membantu dan tau SOP, tapi ya itu, special tools nya agak2 susah dicari di Indo (mungkin karena saya ga tau nama/sebutan awam tools tersebut di sini). mau beli manual repair book yang Bentley, mahal gila, US $99. hahaha. maklum, pendapatan masih jongos.

untuk spare part Audi, sulitnya itu hanya di ongkir dari luarnya. kurang ngerti, apa karena kebanyakan yg pakai adalah middle to top class consumer, makanya merasa no worry utk pakai Audi dan langsung ke beres aja, sehingga sangat sedikit yang berdagang slow & fast moving parts nya. apalagi untuk consumable (chemical dan liquid), kadang saya agak2 takut untuk pakai merk umum, meskipun merk tersebut bagus dan harganya cocok.

balik ke masalah spare part dan biaya kirim, banyak sih dari web2 luar yg harganya masih masuk akal, seperti europaparts dot com, fcpeuro dot com, dan ebay juga. tapi ya itu tadi, mahal di ongkos kirim kalo maen sendiri. hiks.

kalo soal transmisi, mau ga mau memang harus mulai mikirin dari skarang nih kayaknya ya, om Jivos.

wah, boleh lah capek2 ke Jkt kalo mekanik om Jivos yang di Jkt jauh lebih oke dari yang di Bandung
.
betul, eko itu di carvillage dan skarang memang udah pindah itu bengkel ke daerah ahmad yani, dekat rel kereta api (pasar apa tuh namanya, lupa. tempat jualan peralatan dan seragam aparat).
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: [TANYA] Audi A series

Post by jivos »

* iya om yg cvt rada2 rawan. Benar, hrs mulai perlakukan n rawat transmisinya dg baik. Tmn pk b7 sdh desperate jg, beli segeluntung bisa lbh dr hrg mobilnya, trakhir mw swap k manual blm berhasil. Ada nge jogrok di bengk bdg situ

*yup yg sized kecil n ringan bisa onlen beli di luar, cost ship yg mahal, tapi sec total cost msh lbh murah dr pd beli di lokalan toko/sm bengkel disini. Yg binun klo masukin barang yg dimensinya gede n berat semisal transmisi gt.
Trakhir beli onlen ecu matik dr luar. Ship cost bisa 1jetian sendiri.

*forum khusus lain bs cb ke audi-sport.net buat refrensi om.

*bengkel via pm aja ya om (tambah postingan om biar bs sy pm). Ane tdk teraffiliasi satupun dg semuanya. Tapi sdh pernah iseng cobaiin semua, sebagian mlh jd teman.

Oh ya krn ni mobil jg ngga bisa di bilang badak, tetap ada kemungk di setiap beres/specialist yg di datangi ngga bs selalu tuntas penyakitnya. Cm bedaiin mn yg lbh logic analisa n skillfull diantara mereka masih bisa khok. Di coba sj.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
powerkid24
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 17
Joined: Tue Jul 05, 2016 3:27

Re: [TANYA] Audi A series

Post by powerkid24 »

jivos wrote:* iya om yg cvt rada2 rawan. Benar, hrs mulai perlakukan n rawat transmisinya dg baik. Tmn pk b7 sdh desperate jg, beli segeluntung bisa lbh dr hrg mobilnya, trakhir mw swap k manual blm berhasil. Ada nge jogrok di bengk bdg situ

*yup yg sized kecil n ringan bisa onlen beli di luar, cost ship yg mahal, tapi sec total cost msh lbh murah dr pd beli di lokalan toko/sm bengkel disini. Yg binun klo masukin barang yg dimensinya gede n berat semisal transmisi gt.
Trakhir beli onlen ecu matik dr luar. Ship cost bisa 1jetian sendiri.

*forum khusus lain bs cb ke audi-sport.net buat refrensi om.

*bengkel via pm aja ya om (tambah postingan om biar bs sy pm). Ane tdk teraffiliasi satupun dg semuanya. Tapi sdh pernah iseng cobaiin semua, sebagian mlh jd teman.

Oh ya krn ni mobil jg ngga bisa di bilang badak, tetap ada kemungk di setiap beres/specialist yg di datangi ngga bs selalu tuntas penyakitnya. Cm bedaiin mn yg lbh logic analisa n skillfull diantara mereka masih bisa khok. Di coba sj.
siap om jivos. terima kasih atas bantuan informasinya, sangat membantu banget. :thanks: :big_deal: