(ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Modifikasi umum akan suatu mobil / kendaraan tertentu. Silakan post disini...

Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze

lemonadelovers
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1553
Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42

(ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by lemonadelovers »

Yth. Rekan2 SM-ers,

langsung saja..

begini satu minggu yang lalu Innova D4D saya dilakukan purging di KM 78ribu.. pakai cairannya Liqui Moly Diesel Purge.. di bengkel tersebut metode purgingnya adalah selang masuk ke injector dan selang balik dari injector dilepas dari fuel filter dan kedua selang tersebut dimasukkan ke dalam botol obat purging (selang balik cairan purging disirkulasi di botol purging sampe habis dibakar mesin).. dibiarkan idle beberapa menit kemudian digeber hingga sekitar 2500 rpm hingga obat hampir habis.. Saat digeber tampak asap hitam tidak terlalu tebal keluar dari knalpot, kemudian sisa cairan purging dituang ke tangki BBM, prosesnya kira2 makan waktu 15 menit. kira2 begini picnya :

Image

Image

nah iseng iseng saya liat di youtube supaya next time bisa DIY Purging, tapi kok metode purgingnya berbeda ya (kebetulan di video tersebut pakai cairan purging yang berbeda), caranya selang inlet ke injector dimasukan ke botol purging tapi selang baliknya dituang ke botol lain untuk selanjutnya dibuang (ga disirkulasi masuk ke kaleng obat purging), hasil cairan dari selang balik tampak keruh dan proses purging sekitar 10 menitan, ini cuplikan picnya :

Image

video youtube nya:
[youtube]http://www.youtube.com/watch?v=FpViXMjp40A[/youtube]

kemudian ada juga cara yang lain, mekanisnmenya mirip yang pertama tapi dari botol purging ke selang inlet injector dikasih semacam fuel filter.. jadi meskipun cairan purging dari selang balik bersirkulasi ke selang masuk tapi kotorannya sudah disaring.. ini picnya:
Image

dan ini ada yg DIY:
Image

Nah yang jadi pertanyaan saya dari metode diatas, mana yang benar dan terbaik? yang menjadi ganjalan saya setelah liat video youtube, klo gitu cara kemarin saya purging d bengkel ga efektif dong ya karena cairan dari selang balik yang kotor dipaksa masuk lagi ke injector.. :big_bored:

klo memang kemarin purging saya salah, bolehkah jika dalam waktu dekat ini saya purging kembali?
skalian mau tanya kemarin purging botol LM kok kemasan plastik ya bukan kaleng, apa ini kemasan baru?

mohon pencerahannya dan terima kasih.. :big_deal:
V engine enthusiast:
V6: VQ35DE{|}CVT
V8: 1UR-FSE{|}8AT

predecessor
V6: 2GR-FE{|}6AT
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

Yg penting jangan digeber om, karena cairan purging itu "keset" / gak licin

sesekali di gas ke 2500 RPM trus lepas selang 5 menit sekali boleh

Bagusnya mmg dikasih filter kecil juga
User avatar
A7Corsair
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 374
Joined: Sun Sep 07, 2014 1:35

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by A7Corsair »

Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Wongsuroboyo
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 97
Joined: Tue May 10, 2016 6:45

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Wongsuroboyo »

Om turbo, kalo purging di masukkan di tangki solar, trus di bawa ke tol buat di geber2 boleh? Mohon info nya, trims
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »


kalo mobilnya pake elec fuel pump di tangki, purging pake tabung bertekanan
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Nugrohonug »

Turboman wrote: Thu Jan 19, 2017 1:52
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Thu Jan 19, 2017 1:52
A7Corsair wrote:Om Turbo ... kemaren pas servis 20K di beres, 4D56 saya cuman dikasih cairan purging mitsu langsung ke tanki bahan bakar.
Apakah ini efektif ?
Kira2 perlu purging yang langsung pake selang ke injektor gak ?
Bahan bakar selalu pertadex.

Thx
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 »

Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
suru aja Purging coba

kalo masi ngebul juga, suru bawa ke Unggul Jaya Diesel di Jatinegara
ginting
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4324
Joined: Sun Dec 08, 2013 16:05
Location: CIPUTAT
Daily Vehicle: ISUZU MU-X

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by ginting »

michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail

mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Om turbo
Maaf oot
Saya mau tanya, tetangga saya ada yang punya isuzu panther kotak, tahunnya saya kurang tahu, sekitar 95-96 an
Bodynya sudah di ganti ke model escudo sidekick
Pertanyaannya, kalau pagi mobil itu di panasin asapnya banyak banget, baunya kaya pengasapan di anti nyamuk om, selain itu suara mesinnya terlalu kasar untuk mesin diesel, saya pernah ada mobil kantor nyokap panther kotak '95 itu suaranya jauh lebih halus di bandingkan panther tetangga saya om. Kira2 apa yang bermasalah ya untuk bau yang menyengat itu? Nozzlenya? Bospomnya? Atau apa ya om?
:mky_01:
Dugaan saya nozzle sdh perlu dikalibrasi.
Mungkin pengabutan sdh jelek.
Suara keras
Asap banyak
Itu tetangga protes tuh


Sent from my K012 using Tapatalk

User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 »

Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 0:54
suru aja Purging coba

kalo masi ngebul juga, suru bawa ke Unggul Jaya Diesel di Jatinegara
Oke oke thanks om ntr saya ta blg ke tetangga saya.
Wah lokasi saya 10 jam mengemudi dari jakarta om :mky_01:
ginting wrote: Mon Mar 13, 2017 1:08 Dugaan saya nozzle sdh perlu dikalibrasi.
Mungkin pengabutan sdh jelek.
Suara keras
Asap banyak
Itu tetangga protes tuh


Sent from my K012 using Tapatalk
Iya om asap banyak, suara kasar
Apalagi yang punya mobil rumahnya persis di sebelah rumah saya
Kalau manasi mobil kadang baunya masuk rumah saya, tapi positifnya malah serasa di fogging sih :wkkk:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 »

Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 2:49 Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 2:49 Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
Nah telpon aja si Dizzo (pak Wawan)

dia udah ada perwakilan di Solo belom

kalo Semarang kayaknya dah ada
User avatar
michaelgiri93
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1055
Joined: Sat Sep 03, 2016 13:25
Daily Vehicle: Galant + Mx King

Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by michaelgiri93 »

Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 4:11
michaelgiri93 wrote:
Turboman wrote: Mon Mar 13, 2017 2:49 Kalo posisi di JaTim

kalibrasi pompa injeksi bisa ke DIZZO di Sidoarjo

gugel aja
lebih tepatnya di surakarta posisinya om
tapi trims om turbo buat infonya :big_deal:
Nah telpon aja si Dizzo (pak Wawan)

dia udah ada perwakilan di Solo belom

kalo Semarang kayaknya dah ada
Oke2 om
Siappp
Thank you om :mky_02:
'98 new galant st black -5 mt
'15 mx king blue movistar - 5 mt
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Nugrohonug »

Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Thu Jan 19, 2017 1:52
Kalo gitu purging lah di bengkel yg ngerti cara purging
Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21985
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Turboman »

Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
Nugrohonug wrote: Om turbo,kalo penyebab asep mesin diesel bikin perih mata itu knp ya om ? Thx om turbo
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
periksa pompa injeksi di Unggul Jaya Diesel - Jatinegara

kayaknya mrk utk cek mesin juga bisa

utk mesin kalo tahun segitu ya cek kompresi dulu dah
Nugrohonug
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 193
Joined: Sat Sep 10, 2016 16:26
Daily Vehicle: D4-D and CRDi

Re: RE: Re: RE: Re: RE: Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Nugrohonug »

Turboman wrote: Tue Mar 14, 2017 3:07
Nugrohonug wrote:
Turboman wrote: Sun Mar 12, 2017 18:01
setahu ane yg bikin perih di mata itu emisi knalpot mesin bensin jika pembakaran nggak sempurna, akhirnya emisi HC tinggi

Btw utk kondisi anda tolong ceritakan scr detail


mobil apa

solarnya apa

kondisi mesin bagaimana

std / piggy
Maaf om baru reply,mobilnya truk colt diesel 100ps kalo ngga salah mesin 4d31 (koreksi om kalo salah) tahun 2002,km udh 400rban om,selalu solar biasa om dari baruu,kondisi mesin blm pernah turun mesin om dan mesin jg keadaannya kering om ngga ada rembes rembes oli, nah mulai akhir akhir ini ngga lolos emisi uji kir om karna asepnya banyak banget jelaga dan asepnya pedes banget dimata,udh coba di purging pake cairan diesel purge emng sih abis di purging asep berkurang jauh om tapi nanti 6 bln kemudian parah lg om asepnya :off_no: ,nah kira kira penanganannya harus gimana ya om ? Apa turun mesin buat ngebersihin kerak keraknya om ? Bengkel diesel yg rekomen buat nanganin ini dimana ya om ? Thx om turbo
periksa pompa injeksi di Unggul Jaya Diesel - Jatinegara

kayaknya mrk utk cek mesin juga bisa

utk mesin kalo tahun segitu ya cek kompresi dulu dah
Makasih banyak ya om turbo sarannya :big_exellent:
wa2nlinux
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 44
Joined: Tue Jun 17, 2008 1:05

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by wa2nlinux »

Ada yang pernah purging colorado 2012 kah ?
g4d1ng
Visitor
Visitor
Posts: 2
Joined: Tue Jun 07, 2011 10:07

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by g4d1ng »

Halo para suhu.. mau sedikit share.. ternyata purging sendiri sangat mudah..
Tonton youtube saya ya Gan.. Trims
https://www.youtube.com/watch?v=NAUidTIYLOY
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4571
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Profith83 »

Kalau mau beli selang untuk purging.

Seharusnya selang yang tahan panas yah? karena solar balik panas? sepanas apa yah?
Yang sudah pernah purging mungkin bisa share.
Kalau tidak terlalu panas harusnya selang biasa juga cukup

Selang merek apa dan ukuran berapa?
MSU
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1476
Joined: Sun Jan 06, 2019 2:51
Location: INA
Daily Vehicle: Diesel

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by MSU »

Profith83 wrote: Thu Jun 20, 2019 2:17 Kalau mau beli selang untuk purging.

Seharusnya selang yang tahan panas yah? karena solar balik panas? sepanas apa yah?
Yang sudah pernah purging mungkin bisa share.
Kalau tidak terlalu panas harusnya selang biasa juga cukup

Selang merek apa dan ukuran berapa?
saya malah cuma pake selang akuarium beli di toko bangunan wkwk...pilih yang paling tebal
nb : diesel jadul non commonrail
K8055PK
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 93
Joined: Wed May 14, 2014 3:40

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by K8055PK »

review diy purging 2kd pakai merk wurth

solar yang keluar dari selang balik jernih gak item seperti di tutorial, gak tau apakah kurang manjur obatnya atau memang injektor masih bersih, kondisi 15rb km dari terakhir service injector, bbm full bio solar + racun psdk / rl85.
Dieselmani4
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 145
Joined: Sun Apr 02, 2017 6:39
Location: bandung
Daily Vehicle: innova

Re: (ASK) Tata Cara Purging yang Benar

Post by Dieselmani4 »

Pengen diy purging sendiri, tapi kalo nyalain mesin diesel sampe 15 - 30 menit, takutnya diprotes sm tetangga