Solar AKR Vs Dexlite

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: sh00t, akbarfit, avantgardebronze, Ryan Steele, r12qiSonH4ji

User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 May 2010, 09:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Solar AKR Vs Dexlite

Post by KelinciPutih047 »

Malam Smers...

Sudah dua minggu ini dibeberapa tempat Pom Bensin Langganan saya di Jaktim , Bio solar mulai hilang dan diganti dengan dexlite . Apakah ini memang strateginya Pertamina untuk menaikan harga Solar dan juga strategi pemerintah untuk mengurangi Penggunaan BBM ber Subsidi ? Sejauh ini saya pribadi tidak keberatan dengan proses ini , akan tetapi pertanyaannya apakah memang harga Dexlite memang sudah sesuai dengan kualitas nya ( Rp 6.450/Liter ) , sementara disisi lain ada Solar AKR yang harganya sama dengan Bio Solar tapi memiliki kualitas yang lebih baik ( dari Bio Solar karna kalau terhadap dexlite saya belum membandingkannya ) . Saya baru pakai Dexlite dua kali . Sejauh ini yg saya rasakan tarikan memang lebih enteng dari Bio Solar , kalau soal lebih irit belum punya data detailnya .

Silahkan input dari rekan- rekan Smers , mungkin para senior seperti om Turboman bisa kasih input juga, lebih baik mana Solar AKR vs Dexlite ?

Salam
B1335AM
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 279
Joined: 05 Sep 2013, 05:34
Location: Jakarta

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by B1335AM »

Bagus kalau mobil diesel nenggak Dexlite, at least mobil dikit lebih ngacir & lebih hemat.


Sesuai yang saya baca dari link berikut, Dexlite dijual dengan rentang Rp6000-Rp7000 dengan angka cetane 51 dan kadar blerang (sulfur) 1200ppm (masih cukup tinggi sebetulnya)
http://otomotif.liputan6.com/read/24823 ... tamina-dex

Pertanyaan : Ada ga dari kalian yang prnah ngehirup aroma Dexlite yang harusnya lbih tumpul ketimbang bio solar?

Tapi kalo mau tahu lebih lanjut soal Solar AKR (jujur, ane baru denger sekarang), klik aja link ini :
viewtopic.php?t=23281
I'm interested in diesel. It's an unique thing.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5442
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by nugroho bagor »

Wa mah bodho amat cetane,dex lite sering pakai,akr kalau pas ke jatim,tapi di rasakan pas cruising,enakkan AKR,harian ya biosol aja
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 432
Joined: 25 Nov 2012, 23:19

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by gaspol »

Ada rekan yg coba pakai akr di jatim gak lama injektor mampet..mobilnya captiva diesel non fl.
User avatar
nugroho bagor
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5442
Joined: 11 Mar 2011, 05:48
Location: All over the world
Daily Vehicle: Kijang Innova D4D

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by nugroho bagor »

Wah sama aja om,wa pertamina ya kuras tangki 2 kali,dapat solar jelek
User avatar
KelinciPutih047
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 282
Joined: 10 May 2010, 09:54
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Ford Everest

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by KelinciPutih047 »

Bulan lalu waktu liburan ke Bali juga tiap nemu AKR langsung isi..dan memang lebih yahud
gobale
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 596
Joined: 25 Sep 2008, 08:20

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by gobale »

Klu nyium baunya, dex plg wangi...kaya ada aroma serehnya. Dexlite kaya aroma nasi basi, bio solar bau minyak tanah....

Klu perhatiin belakangan ini dex makin kaya air putih warnanya...apakah sulfurnya makin dikit ?
omgenit
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: 14 Jul 2016, 11:50

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by omgenit »

Vote akr... Mesin lebih halus

Sent from my Redmi 3 using Seraya Motor mobile app
User avatar
marzoochi
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: 20 Apr 2010, 07:15
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Toyota MarkX

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by marzoochi »

Pengalaman di pajero sport diesel:
Shell Diesel suara mesin lebih halus, saat kickdown lebih lambat tarikannya. Konsumsi 1:10,4km
Pertamina Dex: suara mesin lebih kasar, tarikan saat kickdown lebih kencang, konsumsi 1:9,8km

Belum pernah coba Dexlite, tertarik buat coba AKR.
Udah bisa bayar pake kartu kredit oom di AKR?

Semua tanpa tanbahan additif Redline atau Schaeffer ya, kondisi tol dalkot
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21722
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by Turboman »

DEXLite vs AKR

AKR

:big_exellent:


DEXLite

:wkkk:
mr_mytplx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1255
Joined: 20 Apr 2009, 13:17

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by mr_mytplx »

wah busanya banyak y. :big_biglaugh:
elraedrew
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 363
Joined: 21 Mar 2014, 09:13

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by elraedrew »

kayaknya tergantung SPBU juga ya meski isinya dexlite..
domisili bekasi saya isi dexlite berasa paling ok itu di spbu 33 kalimalang..
kalau biosolar yang mantap di spbu 31 narogong (isinya siang aja, kalau pagi bareng truk sampah) dan spbu 31 di cakung dekat perempatan tipar cakung (skrg sudah jadi spbu pasti prima)

penampakan bio solar hasil buang dari pompa
biosolar.jpg
User avatar
TikusTampan
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 248
Joined: 30 Oct 2013, 11:21

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by TikusTampan »

om turbo..mau nanya om..emang busa solar itu bisa jadi indikator kualitas solar ya? yang bagus kalo busanya banyak atau sedikit?

maap kalo pertanyaan ane ga mutu..maklum masih nubie sekali di dunia per-solaran.. :mky_01:

waktu kecil sih sering main2 solar..buat disiram2in ke api yang sedang menyala :mky_08:
"Supermouse Use No Pedals..."
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21722
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by Turboman »

Kalo busanya banyak namanya BEER dan bukan solar om

:big_grin:

Coba aja isi DEX or Shell....liat busanya gimana
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1019
Joined: 17 Feb 2014, 15:41

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by vipere »

Sayangnya akr di mobil saya malah bikin suara kasar. Habis ngisi, baru hidupin mobil aja udah kedengaran kasarnya, padahal belum jalan.
Jadi sekarang balik ke bio solar, suara lebih halus.

Nanti kapan kapan mau coba lagi isi AKR, penasaran masih kasar atau jadi halus seperti teman2 di atas.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21722
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by Turboman »

di mobil saya sih jadi aluusss

juga mobil2 semua teman2 saya yg coba isi AKR

utk racun skg sy isi dosis minim aja, cuman sedikit psdk dan sedikit CRC cet booster

Solar AKR boleh kasih racun / boleh enggak.......gak spt Biosol yg WAJIB dikasih racun
iamwewe
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 775
Joined: 14 Jun 2012, 10:39
Location: jakarta

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by iamwewe »

Di innova 2012 sy jadi halus suaranya.. lari lebih kenceng sedikit dibanding biosol
undertaker2011
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 266
Joined: 26 Nov 2013, 08:35

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by undertaker2011 »

jakarta timur yang udah dexlite dimana ya?
nubie masih belom pernah ketamu ama spbu yang jual dexlite, padahal udah coba cari kemana2 ( maksud-na daerah yang kebetulan nubie lewatin aja)...

yang baru positive bilang bakal ada dexlite ( lagi dibangun atau conversi ke dexlite , cuman di spbu yang sebelah quiznos rawamangun ( deket Arion MAll)
yang laen malah belom tau kapan bakal ada dexlite. padahal di list pertamina musti-na udah ada dexlite (tanah abang 2, and cideng barat sebelom jembatan ke Pasar TAnah abang)

mau coba AKR, selalu udah tutup mulu kalo nubie ke daerah PIK ( diatas jam 5 malam, kebanykan jam 9 keatas)
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 902
Joined: 31 Oct 2012, 10:49

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by Rakean »

Cobain akr di lintas sumatera om, terutama spbu akr yg arah metro menuju bandar lampung (kalo dari palembang), mantap om (diesel nya kayak coklat susu)

Dexlite spbu 31 di tg barat, awal2 sih masih bening, eh skrg2 ini dah mulai berbusa, Walaupun gak separah biosolar busa nya

Icip2 dex di spbu 31 rasuna said, mantap, bening tanpa busa..

Icip2 akr di spbu alas roban menuju semarang, lumayan bersih walo ada busa2 dikit (mirip2 dexlite di spbu 31 tg barat kadar busa nya)
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - Present)
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 21722
Joined: 12 Dec 2005, 12:14

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by Turboman »

AKR KAPUK skg buka sampe jam 10 malam

tapi jalanan nya lagi di cor.....macet parah

mungkin 2 - 3 minggu lagi lah udah lancar......mungkinnn
honeycombat
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 54
Joined: 28 Feb 2016, 18:37

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by honeycombat »

Setelah cobain akr. Kmrn sempet udh mepet,trpaksa isi biosol. Langsung tarikan ngeden,mobil geter parah. Haduh gamau lagi balik ke biosol

Sent from my SM-N900 using Tapatalk
User avatar
kaos_oblong
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 269
Joined: 07 Sep 2010, 18:33

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by kaos_oblong »

barusan ngisi solar AKR kemaren siang, harga Rp.5.150/ltr (ga naik ya ?)
User avatar
k0b0chan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: 15 Feb 2016, 23:19
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Anki

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by k0b0chan »

kaos_oblong wrote:barusan ngisi solar AKR kemaren siang, harga Rp.5.150/ltr (ga naik ya ?)
Emang biosol skrg uda naik om? Uda lama ga isi ke pom soalnya. Hehehe
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 12 Jun 2013, 15:36

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by daffydoff »

Kalo AKR di ipah saya, jujur saya kurang peka soal feel tarikan dan suara
Tapi yang jelas habis isi AKR, knalpot baunya beda, jadi bau solar banget.
Apa saya pas dapet solar basi ya, isi di AKR kapuk
Tarikan standar, cenderung feeling lebih lemot dari biasanya
daffydoff
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 64
Joined: 12 Jun 2013, 15:36

Re: Solar AKR Vs Dexlite

Post by daffydoff »

Btw AKR skrg harga brp ya?
Apa sudah seharga dexlite / dex ya
Post Reply